Rps sdn merak i 2010 2014

59
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Undang-Undang No. 22 tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2000 berimplikasi tentang kebijaksanaan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat sentralistik ke desentralistik. Pergeseran pengelolaan tersebut merupakan upaya pemberdayaan daerah dan sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan, terarah dan menyeluruh. Pengelolaan yang bersifat desentralistik mempertimbangkan beberapa hal diantaranya perencanaan dan pelaksanaan pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang meliputi Standar isi, standar proses, Standar Kopetensi Lulusan, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan dan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara orang tua, sekolah, masyarakat dan pemerintah baik pusat maupun daerah. Kondisi Ekonomi orang tua siswa SD Negeri Merak I sekitar 60% tingkat ekonominya lemah sedang sisanya 40 % bervariasi dari ekonomi rata-rata sampai menengah keatas. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Merak I, karena pendidikan yang bermutu disamping faktor pendidik yang kompeten juga membutuhkan dana yang besar untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan. Sehubungan dana pendidikan dari pemerintah terbatas maka perlu dukungan dana dari masyarakat. Tingkat partisipasi masyarakat dalam mendukung pendidikan anaknya dalam belajar masih sangat rendah hal ini disebabkan dari tingkat pendidikan orang tua yang juga rendah dan kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan anak masih kurang . Sehingga kualitas anak dalam belajar tidak bisa maksimal ditandai dengan Prestasi siswa yang kurang memuaskan. B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI 1

description

bila tidak bisa diunduh, silahkan kirimkan alamat e-mail anda ke [email protected]

Transcript of Rps sdn merak i 2010 2014

Page 1: Rps sdn merak i 2010 2014

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar BelakangUndang-Undang No. 22 tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah

No. 25 tahun 2000 berimplikasi tentang kebijaksanaan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat sentralistik ke desentralistik. Pergeseran pengelolaan tersebut merupakan upaya pemberdayaan daerah dan sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan, terarah dan menyeluruh.

Pengelolaan yang bersifat desentralistik mempertimbangkan beberapa hal diantaranya perencanaan dan pelaksanaan pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang meliputi Standar isi, standar proses, Standar Kopetensi Lulusan, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan dan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara orang tua, sekolah, masyarakat dan pemerintah baik pusat maupun daerah.

Kondisi Ekonomi orang tua siswa SD Negeri Merak I sekitar 60% tingkat ekonominya lemah sedang sisanya 40 % bervariasi dari ekonomi rata-rata sampai menengah keatas. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Merak I, karena pendidikan yang bermutu disamping faktor pendidik yang kompeten juga membutuhkan dana yang besar untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan. Sehubungan dana pendidikan dari pemerintah terbatas maka perlu dukungan dana dari masyarakat.

Tingkat partisipasi masyarakat dalam mendukung pendidikan anaknya dalam belajar masih sangat rendah hal ini disebabkan dari tingkat pendidikan orang tua yang juga rendah dan kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan anak masih kurang . Sehingga kualitas anak dalam belajar tidak bisa maksimal ditandai dengan Prestasi siswa yang kurang memuaskan.

B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Masalah pendidikan yang dihadapi saat ini adalah bagai mana meningkatkan mutu pendidikan dengan sumber daya pendidik, tenaga kependidikan, dan sumber dana yang terbatas terlaksana dengan baik.

Semenjak adanya dana BOS untuk SD berimplikasi kepada kurangnya partisipasi masyarakat dalam membatu pembiayaan di sekolah. Padahal dana BOS hanya bisa mencukupi standar minimal dalam penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri Merak I, sehingga banyaknya kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan terabaikan, misalnya sekolah tidak bisa membangun atau memperbaiki sarana olah-raga, kesenian dan

1

Page 2: Rps sdn merak i 2010 2014

lainnya, sebab orang tua siswa SD Negeri Merak I tidak dipungut biaya apapun semenjak adanya BOS.

Dari kualitas tenaga guru SD Negeri Merak I yang berjumlah 18 orang berkulifikasi S1 ada 5 orang, sedang melanjutkan ke SI 9 orang dan diploma 2 ada 4 orang dengan masa kerja rata-rata diatas 10 – 20 tahun dan sekitar 75 % mengajar sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Guru-guru yang sudah mengikut training CTL baik tingkat Propinsi maupun Nasional 40 % dan KBK sekitar 90 %. Hal ini dapat menunjang terciptanya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Merak I.

Prestasi siswa dalam bidang Akademik pada 3 tahun terakhir sampai tingkat kecamatan, Nilai rata-rata UASBN tahun 2007 ; 6,09. Dan tingkat DO sangat kecil. Prestasi siswa dalam bidang Non Akademik juga sampai tingkat propinsi Misalnya Tri Lomba mewakili Tangerang dalam olah raga pelajar. Juara Umum pekan Olah raga dan Seni tingkat gugus tahun 2007.

Sarana gedung SD Negeri Merak I saat ini baru sekitar 70 % yang memenuhi kelayakan pendidikan, misalnya tidak adanya ruang aula, laboratorium, kurangnya lapangan olah raga dan kurang lima ruang kelas untuk mencapai standar.

C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG

Pembangunan pendidikan yang dilakukan selama ini masih menghadapi sejumlah tantangan, baik yang terkait dengan kondisi internal sistem pendidikan nasional maupun yang bersumber pada perubahan dalam segala aspek kehidupan, ditingkat lokal, nasional, dan pada tantangan global. Kondisi tersebut menuntut adanya sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi. Pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang memadai. Untuk menjawab tantangan tersebut banyak faktor yang harus dipersiapkan diantaranya mempunyai suberdaya manusia yang meliputi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, Komite sekolah dan peserta didik yang handal.

Untuk mencapai dan menghadapi tantangan tersebut, maka manajemen sekolah di SD negeri MERAK I berorientasi pada manajemen mutu sekolah. Dengan manajemen yang beroirentasi pada mutu, maka SD Negeri MERAK I pada masa datang dapat memenuhi standar nasional pendidikan yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi, lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar pengelolaan pendidikan. Standar Kelulusan yang menjadi target di SD Negeri MERAK I pada masa mendatang mencapai 70, begitu pula prestasi akdemik dan non akademik lebih meningkat dari prestasi sebelumnya.

Mengingat dana yang tertuang dalam RAPBS yang telah berjalan selama ini belum sepenuhnya terpenuhi dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maka untuk menutupi kekurangan tersebut diperlukan pastisipasi aktif dari orang tua

2

Page 3: Rps sdn merak i 2010 2014

siswa yang mampu atau dari Komite Sekolah, supaya semua kegiatan/program yang sudah dicanangkan bisa berjalan lancar.

D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA EMPAT TAHUN KEDEPAN

No Program Kegiatan Kondisi saat ini

Kondisi yang diharapkan

(lima tahun ke depan)

Besarnya Tantangan

Nyata

A. PRESTASI SEKOLAH 1. Prestasi Akademika. Rata-rata UASBN 5,90 7.0 15,71 %b. Jumlah Lulusan

yang Melanjutkan95 % 100 % 5%

c. Tingkat DO 0.02 % 0 % 0.02 %d. Penguasaan ICT 30% menguasai 65% menguasai 35%e. Prestasi Bahasa

Inggris- Juara 1 Tk.

Kecamatan50%

f. Lomba Kreasi dan kreatifitas siswa

- Juara 1 Tk. Kecamatan

50%

g. SKL :AgamaPPKnBhs. IndoMatematikaIPAIPSSBKPenjasB. SundaB. Inggris

7,367,066,095,695,946,907,007,007,046,49

8,008,007,507,007,007,008,008,007,507,50

9,20 %12,5 % 18,8 %18,71 % 15,14 %1,42 % 12,5 %12,5 %6,13 %13,5 %

2. Prestasi Non Akademika. Tri Lomba Juara 1 Tk Kab.

TangerangJuara 1 Tk Prov 50%

b. PRAMUKA Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

Juara 1 Tk Kab. Tangerang

50%

c. Bulu Tangkis Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

25%

d. Atletik Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

50%

e. Renang Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

50%

f. Sepak Bola Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

50%

g. Lomba Cipta Seni Juara 2 Tk Kab. Tangerang

Juara 1 Tk. Kab. Tangerang

50%

3

Page 4: Rps sdn merak i 2010 2014

B. SUMBER DAYA MANUSIA 1.

Pengelolaan Calon Peserta Didik Baru

a. Penerimaan Calon Siswa Baru

Diadakannya seleksi akademis jumlah perkelas

40 orang

Diadakannya seleksi akademis

denagn meningkatkan kualitas seleksi dengan jumlah

perkelas 40 orang

25 %

b. Penyiapan Calon Peserta didik Baru memasuki kelas I

Baru diadakan MOS, belum

diadakan Martikulasi

Didakan materi martikulasi baca, tulis dan hitung

100 %

2.

Tenaga Pendidik (Guru)

a. Kualifikasi Guru 38 % guru belum S1

100 % guru S1 62 %

b. Jumlah Guru 18 orang Minimal 50 orang 15 %c. Bidang Studi/

Latar Belakang Pendikan

25 % mengajar tidak sesuai dengan latar

belakang pendidikan

100 persen mengajar sesuai

dengan latar belakang

pendidikan

25 %

d. Sertifikasi 27,8 % orang guru sudah disertifikasi

100% guru disertifikasi

72,2 %

e. Kemapuaan menggunakan ICT

Baru mampu menggunakan

program komputer dasar sekitar 16,7 %

Semua guru mampu

menggunakan Komputer dengan berbagai macam

program

83,3 %

3. Kepala Sekolaha. Kualifikasi

PendidikanS1 S2 50 %

b. Sertifikasi Sudah sertifikasi mempertahankan sertifikasi

50 %

c. Kemampuaan menggunakan ICT

Baru program komputer dasar

Menguasai semua program komputer

50 %

e. Kompetensi Managerial

Cukup Baik 50 %

f. Kepemimpinan Cukup Baik 50 %g. Pengalaman Kerja Kurang Cukup 50 %

4. Tenaga Pendukung Sekolah4.1

Tenaga Tata Usaha

a. Kualifikasi Pendidikan

Minimal SLA 100 %

b. Bidang Keahlian 100 % sesuai keahlian

100 % sesuai keahlian

100%

4

Page 5: Rps sdn merak i 2010 2014

c. Kemampuan Menggunakan ICT

90 % menguasai berbagai macam

program komputer

100 % menguasai berbagai macam

program komputer

100 %

e. Jumlah TU 1 Orang 2 orang 50 %4.2

Pustakawan

a. Kualifikasi Pendidikan

SLA D3. Perputakaan 100 %

b. Bidang Keahlian Mengetahui administrasi perpustakan

100 %

c. Kemampuan Menggunakan ICT

Tingkat mahir 100 %

d. Jumlah TU Belum ada 2 orang 100%4.2

Laboran Belum ada Laboran

Ada laboran 2 orang

100 %

4.3

Teknisi Komputer

a. Kualifikasi Pendidikan

SLA Komputer S1 Komputer 50%

b. Bidang Keahlian 90 % 100 % 10 %c. Kemampuan

Menggunakan ICT90 % 100 % 10 %

d. Kemampuan Bhs. Inggris

Pasif Aktif 50%

e. Jumlah Teknisi 1 2 100 %5. Tim Pengembang

SekolahBelum maksimal

merumuskan program-

program sekolah

Mahir merumuskan

program program sekolah

50 %

C. KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)1. Pengembangan

KTSPPendidik belum maksimal dalam

pemahaman pengertian KTSP

Pendidik Unsur Pendidik ( Kepala

Sekolah dan Guru ) dapat menyusun/

merumuskan kandungan KTSP

30 %

2. Pengembangan Silabus Tiap Mata Pelajaran

Pendidik belum maksimal dalam membuat silabus

tiap mata pelajaran

Pendidik Dapat menyusun silabus dan mengetahui langkah strategis

agar pembelajaran dapat berhasil

30 %

3. Pengembangan Semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pendidik belum maksimal dalam membuat RPP

tiap mata pelajaran

Pendidik Dapat menyusun RPP dan

mengetahui langkah strategis agar

pembelajaran dapat berhasil

30 %

4. Pengembangan Pendidik belum Pendidik dapat 30 %

5

Page 6: Rps sdn merak i 2010 2014

Perencanaan Penilaian Hasil Belajar.

maksimal dalam membuat

Pengembangan Perencanaan

Penilaian Hasil Belajar tiap mata

pelajaran

membuat Pengembangan

Perencanaan Penilaian Hasil

Belajar tiap mata pelajaran dengan

baik5. Dukumen KTSP Pendokumenan

dan penataan KTSP masih

belum maksimal

Penataan yang baik (adanya katalog untuk

persub pendokumenen

KTSP)

30 %

D. PROSES BELAJAR MENGAJAR (KBM)1. Peningkatan

Perencanaan Pembelajaran

Pembuatan RPP baru

dilaksanakan pada masing-

masing rumpun mata pelajaran

Pembuatan RPP oleh guru mata

pelajaran masing-masing

50 %

2. Peningkatan Pelaksanaan Pembelajarana. Team Teaching Guru masih

mengajar secara individual

Guru mengajar dengan team

teaching

100 %

b. Proses Belajar Mengajar dengan strategi PAKEM

KBM dengan strategi Aktif,

Inovatif, Kreatif, efektif dan

menyenangkan (PAIKEM)

KBM dengan strategi Aktif,

Inovatif, Kreatif, efektif dan

menyenangkan gembira dan

berbobot (PAIKEM GEMBROT)

50 %

3. Pengembangan dan Peningkatan Bahan Ajar

Bahan Ajar masih

bersumber pada produk penerbit

Bahan ajar dihasilkan oleh MGMP rumpun mata pelajaran

100 %

4. Peningkatan dan Pengembangan Hasil KBMa. Pembelajaran

TuntasHasil

pembelajaran tuntas belum

maksimal

Hasil pembelajaran tuntas untuk setiap mata

pelajaran

30%

5. Peningkatan Pengawasan KBM

Pengawasan hanya dilakukan oleh Pengawas

bidang studi dan kepala Sekolah

Pengawasan dilakukan oleh

pengawas bidang studi , Kepala sekolah, PKS

kurikulum dan rekan sejawat

50 %

E SARANA DAN PRASARANA1 UMUM

6

Page 7: Rps sdn merak i 2010 2014

a. Luas Tanah 4.116 m2 4.116 m2 0 %b. Jumlah Ruang

Kelas8 12 0%

c. Jumlah Siswa Per kelas

46 28 40 %

d. Fasilitas ICT 3 Komputer 30 komputer 90 %e. Ruang Kepala

SekolahAda

Tapi belum representative

Representif 25%

f. Ruang Guru AdaTapi belum

representativeRepresentif 25%

g. Ruang Wakil Kep Belum adaAda

100%h. Ruang Tu Ada

Tapi belum representative

Ada 100%

2 Perpustakaan Ada Koleksi buku diperlengkap

100%

a. Luas Ruang 11 m X 14 m 11 m x 14 m 100%b. Rasio buku teks

dengan siswa4 :1 20 : 1 85%

c. Langganan , Jurnal, majalah, buletin, surat kabar

1 majalah, 2 buletin, 3 surat

kabar

5 jurnal, 3 majalah, 4 buletin,

5 suratKabar

75%

3. Laboratorium Belum ada Ada 100 %4. Sarana Olah Raga

a Lapangan Lapangan, volly masih jadi satu dan kondisinya

perlu di renovasi, lapangan tenis

meja tidak sebanding

dengan Jumlah siswa

Terdapatnya lapangan olah

raga yang representatif, baik

basket , Volly, atletik dan tenis

meja

50 %

b Fasilitas Bola Belum sebanding dengan jumlah

siswa

Jumlahnya sebanding dengan

jumlah siswa.

25 %

5. Ruang Kesehatan Masih bersatu dengan Koperasi

dan OSIS

Terpisah dari ruang lain, dan

Fasilitas terlengkapi

50 %

6. Ruang Kesenian Tidak ada Tesedianya ruang kesenian beserta

fasilitasnya

100 %

7. Toilet Jumlah WC 2 buah belum sebanding

dengan jumlah

WC minimal 22 buah

50 %

7

Page 8: Rps sdn merak i 2010 2014

siswa8. Ruang Kantin Kantin belum

ditata secara representatif

Ditata secara representatif dan

dilengkapi peralatannya

50 %

9. Ruang Koperasi masih bersatu dengan ruang UKS dan OSIS

Mempunyai Ruang tersendiri

80 %

10.

Tempat Ibadah Luasnya belum sebanding

dengan jumlah siswa

Luasnya ditambah (2 lantai)

50 %

F PENGEMBANGAN MANAJEMEN SEKOLAH1 Penerapan dan

Pelaksanaan MBSPelaksanaan MBS belum melibatkan

seluruh personil sekolah

Seluruh personil sekolah mampu

menata manajemen

sekolah sesuai dengan konsep

MBS yang sebenarnya

50 %

2 Pembuatan RPS Pembuatan RPS masih menjadi

tugas utama Kep Sek, belum melibatkan

semua warga sekolah

Pembuatan RPS melibatkan semua

warga Sekolah

3 Pemanfaatan ICT ICT belum sepenuhnya

menjadi media pembelajaran

oleh guru dalam proses

pembelajaran

ICT dijadikan sebagi media dalam proses pembelajaran

75 %

4 Kerja Sama dengan Pihak Lain

Kerjasama hanya sebatas dengan

hubungan kedinasan

Kerjasama melibatkan seluruh pelanggan internal

dan eksternal

50 %

5 Implementasi Prinsip Kemandirian

Kebijakan Opersional

sekolah sebagian masih

diintervensi oleh instansi terkait

Sekolah dapat menentukan

kebijakan operasional

sekolah sesuai dengan MBS

75 %

6 Peningkatan Monitoring dan Evaluasi

Pengawasan belum

melibatkan seluruh

komponen sekolah

Pengawasan dilakukan oleh

seluruh komponen sekolah

50 %

8

Page 9: Rps sdn merak i 2010 2014

G PENGEMBANGAN SUMBER DANA DAN PENDANAAN1 Sosialisasi

Pendanaan Pendidikan

Sudah ada kesadaran

orangtua siswa terhadap program

pendanaan pendidikan

Terciptanya partisipasi aktif dari orangtua siswa dalam

program pendanaan pendidikan.

30%

2 Penggalian Sumber Dana dari Luar Sekolah

Belum maksimal maksimal 100%

3 Penyusunan Anggaran Pendidikan

Kurangnya partisipasi warga sekolah terhadap

penyusunan RAPBS

Terbinanya partisipasi aktif warga sekolah

terhadap penyusunan

RAPBS

50 %

G PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN1 Perencanaan

Penilaan Berbasis Kelas

Belum maksimalnya perencanaan

penilaian berbasis kelas

Optimalnya penilaian berbasis

kelas

50 %

2 Pelaksanaan Penilaian Oleh Guru

Pelaksanaan penilaian oleh sebagian guru

sudah mencakup aspek kognitif,

afektif, psikomotor

Pelaksanaan penilaian oleh seluruh guru

mencakup aspek kognitif, afektif,

psikomotor

50 %

H PENGEMBANGAN LINGKUNGAN SEKOLAH1 Perencanaan

Program Lingkungan Sekolah

Belum terencana program

lingkungan sekolah dengan

baik

Terencananya Program

Lingkungan sekolah dengan

baik

50 %

2 Penataan Lingkungan Sekolah

Belum tertata dengan baik

Lingkungan sekolah tertata

dengan baik

50 %

3 Manajemen Lingkungan Sekolah

Belum optimalnya manajemen lingkungan

sekolah

manajemen lingkungan

sekolah dilaksanakan

secara Optimal

50 %

I PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH1 Perencanaan

Program Budaya Mutu

Kurang korelatif, kreatif dan

inovatif dalam mengembangakan potensi yang

dimilikinya

Tercapainya korelasi potensi kreatifitas dan inovasi yang

dimiliki oleh siswasecara optimal

50%

9

Page 10: Rps sdn merak i 2010 2014

secara optimal2 Peningkatan

Implementasi Budaya Mutu

Kurang kreatif /inovatif dalam

mengembangakan potensi yang

dimilikinya secara optimal

Tercapainya potensi

kreatifitas / inovasi yang dimiliki oleh

siswasecara optimal

50%

H PENGEMBANGAN KEGIATAN KESISWAAN1 Kegiatan Kesiswaan

a Pengembangan Kreatifitas/ inovasi

Kurang adanya kreatifitas/inovas

i dalam mengembangak

an potensi secara optimal

yang dimilikinya

Tercapainya potensi

kreatifitas/inovasi secara optimal

yang dimiliki oleh siswa

50%

b Pengembangan kesenian

Ketersedian Pelatih dan alat

belum mencukupi

Tenaga Pembina alat sesuai dengan

kebutuhan

30%

c. Pengembangan karya tulis

Kurang terprogramnya

pembinaan secara optimal

Program pembinaan karya

tulis tersusun dengan baik.

50%

d. Pengembangan olah raga

Ketersediaan Pelatih/Pembina

belum mencukupi

Tenaga Pembina/pelatih sesuai dengan

kebutuhan

30%

e. Pengembangan keagamaan

Kurang terprogramnya

pembinaan secara optimal

Program pembinaan

tersusun dengan baik.

50%

2 Pengembngan Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH)

Pelaksanaan Program PKH

belum Maksimal

Pelaksanaan Program PKH

Maksimal

50%

I Pengembangan Pendidikan Teknologi Dasar (PTD)Pelaksanaan Program PTD

belum Maksimal

Pelaksanaan Program PTD

Maksimal

50%

E. VISI DAN MISI

VISI :

“Menciptakan SD Negeri Merak I bermutu dalam ilmu yang berorientasi pada kecakapan hidup”.

Indikator :a. Cerdas Intelektual

10

Page 11: Rps sdn merak i 2010 2014

b. Cerdas Emosional c. Cerdas Spiritual

MISI :

1. Meningkatkan mutu pendidikan agar setiap siswa dapat berkembang secara optimis sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

2. Menyusun program kerja yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan.

3. Meningkatkan kualitas belajar mengajar.4. Menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai elemen masyarakat.5. Menciptakan hubungan yang harmonis antarpersonil sekolah, sekolah dan

masyarakat, dan intansi terkait.6. Membekali siswa dengan pengetahuan agama dan budi pekerti sehingga

memiliki akhlak yang baik.7. Mendorong murid agar lebih mencintai budaya bangsa sendiri, sehingga dapat

melestarikan kebudayaan.

F. TUJUAN SEKOLAH 1. Cerdas Intelektual : Terlaksananya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Meningkatnya budaya Inovasi guru dalam penggunaan berbagai

variasi metode mengajar dengan penerapan CTL Terlaksananya pengembangan Silabus dan Rencana

Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tercapainya Budaya Inovasi Guru dan Siswa dalam pelaksanaan

proses pembelajaran aktif, Inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan Gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT)

Terlaksananya Sistim Penilaian Sesuai dengan SNP Terbinanya siswa melalui jalur-jalur pembinaan kesiswaan dalam

kegiatan perlombaan dan kejuaraan yang bersifat akademik maupun non-akademik

2. Cerdas Emosional : Tumbuhnya persaingan sehat dan semangat keunggulan kepada

warga sekolah dalam era globalisasi, Meningkatnya kebersamaan dalam menyelesaikan tugas dan

masalah yang dihadapi dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab,

Terbangunnya komunikasi yang harmonis dalam lingkungan sekolah (Internal) maupun di luar sekolah (Eskternal),

Tumbuhnya keberanian guru dan tenaga kependidikan untuk melakukan perubahan secara profesional,

Tertanamnya budaya disiplin belajar, mengajar, bekerja dan berkarya bagi seluruh warga sekolah,

Terciptanya lingkungan belajar yang aman, sehat, rapih, bersih, asri dan indah.

3. Cerdas Spiritual

11

Page 12: Rps sdn merak i 2010 2014

“Meningkatnya keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, melalui kegiatan ibadah yang berorientasi kepada prakteknya, pengajian bulanan, peringatan Hari Besar Islam dan baca tulis Al-Qur’an.”

G. PROGRAM STRATEGIS Meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Penerapan dan pelaksanaan MBS Inovasi dalam proses pembelajaran Mengembangkan Silabus dan RPP Mengembangkan Sistem Penilaian Sesuai dengan SNP Mencapai Standar Nilai Kelulusan 70 dengan kelulusan 100 % Berprestasi dalam lomba bidang Akademik dan Non Akademik Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Memiliki Lingkungan yang nyaman, asri dan kondusif untuk

kegiatan belajar mengajar. Menjalin Kerjasama dengan Stake holders. Meningkatkan budaya disiplin.

H. STRATEGI PELAKSANAAN / PENCAPAIAN

Menjalin Kerjasama dengan Stake holder dalam melaksanakan Workshop , lokakarya, seminar, in house trainning untuk menghasilkan Sumber daya dan Perangkat Pendukungnya untuk terlaksananya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Memberdayakan potensi sekolah untuk tercapainya kondisi proses pembelajaran yang memiliki budaya inovatif, aktif, kreatif dan menyenangkan, dalam kegiatan akademik dan non-akademik,

Menciptakan budaya disiplin, tanggungjawab, berorientasi kepada semangat keunggulan dan kebersamaan dalam melakukan perubahan secara profesional

Mengkondisikan perilaku Civitas Akademika sesuai dengan norma agama yang dianut, berbudaya dan berbudi pekerti luhur, serta terwujudnya kegiatan keagamaan secara kontinyu dan konseptual,

Menata lingkungan belajar agar tercipta suasana yang aman, sehat, rapih, bersih, asri dan indah

I. HASIL YANG DIHARAPKAN

Terlaksananya Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Merak I

Tersedianya Silabus dan RPP berdasarkan KTSP Tersedianya dokumen sistem penilaian sesuai dengan SNP Terlaksananya metoda, dan strategi pembelajaran yang

inovatif.

12

Page 13: Rps sdn merak i 2010 2014

Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas.

Terpenuhinya berbagai sumber pelajaran yang menunjang KBM

Tercapainya Standar Nilai kelulusan 65 dengan kelulusan 100%

Tercapainya prestasi dalam lomba akademik dan non akademik tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Terpenuhinya lulusan yang hidup mandiri dan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Terjalinnya kerja sama dengan Stake holder Terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan yang

memadai

J. RENCANA OPERASIONAL (RENOP) SEKOLAH SATU TAHUN

1. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH

Dengan ditunjuknya SD Negeri MERAK I sebagai sekolah Potensial untuk menjadi Sekolah standar nasional (SSN) hal ini menunjukkan bahwa SD Negeri MERAK I memiliki kekurangan atau kelemahan untuk memenuhi kriteria sekolah yang sesuai dengan SNP namum masih memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk mencapai SNP sehingga menjadi sekolah Standar Nasional.

Seiring dengan harapan dari masyarakat maupun pemerintah yang menginginkan peningkatan prestasi yang bermuara pada kualitas lulusan yang dihasilkan tetap dilain pihak, pemenuhan fasilitas sekolah sarana-prasarana, kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan serta dukungan dana dari masyarakat dan pemerintah masih perlu di tingkatkan dan dikembangkan.

2. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI

Keberadaan sekolah SD Negeri MERAK I saat ini belum sesuai dengan yang diharapkan, seperti masih kurangnya tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi mata pelajaran maupun dengan rasio jumlah siswa.

Pendanaan kegiatan yang selama ini berjalan, mulai melibatkan partisipasi orang tua dan masyarakat (belum maksimal), dan lebih mengandalkan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta dana lainnya yang berasal dari pemerintah.

Kegiatan akademik maupun non akademik yang sudah dilakukan belum sesuai dengan yang diharapkan, seperti masih adanya kegiatan ekstrakurikuler yang belum berjalan secara optimal karena kendala sarana maupun prasarana serta kurangnya tenaga pembina yang sesuai dengan kegiatan tersebut.

13

Page 14: Rps sdn merak i 2010 2014

3. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SATU TAHUN KEDEPAN

Keberadaan sekolah SD Negeri MERAK I satu tahun ke depan diharapkan memiliki tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi mata pelajaran maupun dengan rasio jumlah siswa.

Pendanaan kegiatan yang akan dilakukan satu tahun ke depan, lebih melibatkan partisipasi orang tua dan masyarakat dan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta dana lainnya yang berasal dari pemerintah.

Kegiatan akademik maupun non akademik yang akan dilakukan satu tahun ke depan diharapkan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, agar kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan secara optimal dengan pemenuhan sarana maupun prasarana serta tenaga pembina yang sesuai dengan kegiatan tersebut.

4. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU TAHUN

No Program Kegiatan Kondisi saat ini

Kondisi yang diharapkan

(lima tahun ke depan)

Besarnya Tantangan

Nyata

A. PRESTASI SEKOLAH 1. Prestasi Akademika. Rata-rata UASBN 6.09 7.0 9.1%b. Jumlah Lulusan

yang Melanjutkan85 % 100 % 15%

c. Tingkat DO 0.02 % 0 % 0.02 %d. Penguasaan ICT 60% menguasai 85% menguasai 25%e. Prestasi Bahasa

Inggris- Juara 1 Tk.

Kecamatan50%

f. Lomba Kreasi dan kreatifitas siswa

Juara 1 Tk. Kecamatan

Juara 1 Tk. Kabupaten

50%

g. SKL :AgamaPPKnBhs. IndoMatematikIPAIPSSBKPenjasB. SundaB. Inggris

70606560606065706565

80707570707070807575

10%10%10%10%10%10%10%10%10%10%

2. Prestasi Non Akademika. Tri Lomba Juara 1 Tk Kab.

TangerangJuara 1 Tk Prov 50%

b. PRAMUKA Juara 1 Tk Kec. Juara 1 Tk Kab. 50%

14

Page 15: Rps sdn merak i 2010 2014

Sukamulya Tangerangc. Tenis Meja Juara 1 Tk Kec.

Sukamulya25%

d. Atletik Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

50%

e. Renang Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

50%

f. Sepak Bola Juara 1 Tk Kec. Sukamulya

50%

B. SUMBER DAYA MANUSIA 1.

Pengelolaan Calon Peserta Didik Baru

a. Penerimaan Calon Siswa Baru

Diadakannya seleksi akademis jumlah perkelas

40 orang

Diadakannya seleksi akademis

denagn meningkatkan kualitas seleksi dengan jumlah

perkelas 40 orang

25 %

b. Penyiapan Calon Peserta didik Baru memasuki kelas I

Baru diadakan MOS, belum

diadakan Martikulasi

Didakan materi martikulasi baca, tulis dan hitung

100 %

2.

Tenaga Pendidik (Guru)

a. Kualifikasi Guru 20 % guru belum S1

100 % guru S1 6 %

b. Jumlah Guru 25 orang Minimal 50 orang 50 %c. Bidang Studi/

Latar Belakang Pendikan

25 % mengajar tidak sesuai dengan latar

belakang pendidikan

100 persen mengajar sesuai

dengan latar belakang

pendidikan

75 %

d. Sertifikasi 30% orang guru sudah

disertifikasi

100% guru disertifikasi

70%

e. Kemampuaan menggunakan ICT

Baru mampu menggunakan

program komputer dasar

sekitar 50 %

Semua guru mampu

menggunakan Komputer dengan berbagai macam

program

50%

3. Kepala Sekolaha. Kualifikasi

PendidikanS1 S2 50 %

b. Sertifikasi Sudah sertifikasi mempertahankan sertifikasi

50 %

c. Kemapuaan menggunakan ICT

Baru program komputer dasar

Menguasai semua program komputer

50 %

e. Kompetensi Managerial

Baik Istimewa 50 %

15

Page 16: Rps sdn merak i 2010 2014

f. Kepemimpinan Baik Istimewa 50 %g. Pengalaman Kerja

4. Tenaga Pendukung Sekolah4.1

Tenaga Tata Usaha

a. Kualifikasi Pendidikan

SLA S1 100 %

b. Bidang Keahlian 100 % menguasai IT, Multimedia,

design grafis & Programer

100 % menguasai IT, Multimedia, design grafis &

Programer

0%

c. Kemampuan Menggunakan ICT

100 % menguasai

berbagai macam program komputer

Lebih menguasai berbagai macam

program komputer

0 %

e. Jumlah TU 1 orang 2 orang 50 %4.2

Pustakawan

a. Kualifikasi Pendidikan

SLA D3. Perputakaan 100 %

b. Bidang Keahlian Mengetahui administrasi perpustakan

100 %

c. Kemampuan Menggunakan ICT

25 % menguasai dasar program

komputer

Tingkat mahir 75 %

d. Jumlah TU Belum ada 2 orang 100%4.2

Laboran Belum ada Laboran

Ada laboran minimal 2 orang

100 %

4.3

Teknisi Komputer

a. Kualifikasi Pendidikan

SLA S1 Komputer 50%

b. Bidang Keahlian Teknis Komputer Teknis Komputer 0 %c. Kemampuan

Menggunakan ICT100 % mahir Lebih mahir lagi 0 %

d. Kemampuan Bhs. Inggris

75 % aktif 100 % Aktif 25%

e. Jumlah Teknisi 1 2 100 %5. Tim Pengembang

SekolahBelum maksimal

merumuskan program-

program sekolah

Mahir merumuskan

program program sekolah

50 %

16

Page 17: Rps sdn merak i 2010 2014

C. KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)1. Pengembangan

KTSPPendidik belum maksimal dalam

pemahaman pengertian KTSP

Pendidik Unsur Pendidik ( Kepala

Sekolah dan Guru ) dapat menyusun/

merumuskan kandungan KTSP

30 %

2. Pengembangan Silabus Tiap Mata Pelajaran

Pendidik belum maksimal dalam membuat silabus

tiap mata pelajaran

Pendidik Dapat menyusun silabus dan mengetahui langkah strategis

agar pembelajaran dapat berhasil

30 %

3. Pengembangan Semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pendidik belum maksimal dalam membuat RPP

tiap mata pelajaran

Pendidik Dapat menyusun RPP dan

mengetahui langkah strategis

agar pembelajaran dapat berhasil

30 %

4. Pengembangan Perencanaan Penilaian Hasil Belajar.

Pendidik belum maksimal dalam

membuat Pengembangan

Perencanaan Penilaian Hasil

Belajar tiap mata pelajaran

Pendidik dapat membuat

Pengembangan Perencanaan

Penilaian Hasil Belajar tiap mata pelajaran dengan

baik

30 %

5. Dukumen KTSP Pendokumenan dan penataan KTSP masih

belum maksimal

Penataan yang tertata baik

( adanya katalog untuk persub

pendokumenen KTSP)

30 %

D. PROSES BELAJAR MENGAJAR (KBM)1. Peningkatan

Perencanaan Pembelajaran

Pembuatan RPP baru

dilaksanakan pada masing-

masing rumpun mata pelajaran

Pembuatan RPP oleh guru mata

pelajaran masing-masing

50 %

2. Peningkatan Pelaksanaan Pembelajarana. Team Teaching Guru masih

mengajar secara individual

Guru mengajar dengan team

teaching

100 %

b. Proses Belajar Mengajar dengan strategi PAKEM

KBM dengan strategi Aktif,

Inovatif, Kreatif, efektif dan

menyenangkan (PAIKEM)

KBM dengan strategi Aktif,

Inovatif, Kreatif, efektif dan

menyenangkan gembira dan

berbobot (PAIKEM GEMBROT)

50 %

17

Page 18: Rps sdn merak i 2010 2014

3. Pengembangan dan Peningkatan Bahan Ajar

Bahan Ajar masih

bersumber pada produk penerbit

Bahan ajar dihasilkan oleh MGMP rumpun mata pelajaran

100 %

4. Peningkatan dan Pengembangan Hasil KBMa. Pembelajaran

TuntasHasil

pembelajaran tuntas belum

maksimal

Hasil pembelajaran tuntas untuk setiap mata

pelajaran

30%

5. Peningkatan Pengawasan KBM

Pengawasan hanya dilakukan oleh Pengawas

bidang studi dan kepala Sekolah

Pengawasan dilakukan oleh

pengawas bidang studi , Kepala sekolah, PKS

kurikulum dan rekan sejawat

50 %

E SARANA DAN PRASARANA1 UMUMa. Luas Tanah 4.116 m 4.116 m 0 %b. Jumlah Ruang

Kelas8 12 0%

c. Jumlah Siswa Per kelas

42 28 40 %

d. Fasilitas ICT 3 40 komputer 90 %e. Ruang Kepala

SekolahAda

Tapi belum representative

Representif 25%

f. Ruang Guru AdaTapi belum

representativeRepresentif 25%

g. Ruang Wakil Kep Belum adaAda

100%h. Ruang Tu belum ada

Ada 100%

2 Perpustakaan AdaTapi belum

representative

Representatif 100%

a. Luas Ruang 11 m X 14 m 11 m x 14 m 100%b. Rasio buku teks

dengan siswa4 :1 20 : 1 85%

c. Langganan , Jurnal, majalah, buletin, surat kabar

1 majalah, 2 buletin, 3 surat

kabar

5 jurnal, 3 majalah, 4 buletin,

5 suratkabar

75%

3. Laboratorium Belum ada ada 100 %4. Sarana Olah Raga

a Lapangan Lapangan basket , volly

masih jadi satu dan kondisinya

Terdapatnya lapangan olah

raga yang representatif, baik

50 %

18

Page 19: Rps sdn merak i 2010 2014

perlu di renovasi, lapangan tenis

meja tidak sebanding

dengan Jumlah siswa

basket , Volly, atletik dan tenis

meja

b Fasilitas Bola Belum sebanding dengan jumlah

siswa

Jumlahnya sebanding dengan

jumlah siswa.

25 %

5. Ruang Kesehatan Masih bersatu dengan Koperasi

dan OSIS

Terpisah dari ruang lain, dan

Fasilitas terlengkapi

50 %

6. Ruang Kesenian Tidak ada Tesedianya ruang kesenian beserta

fasilitasnya

100 %

7. Toilet Jumlah WC 7 buah belum sebanding

dengan jumlah siswa

WC minimal 20 buah

50 %

8. Ruang Kantin Kantin belum ditata secara representatif

Ditata secara representatif dan

dilengkapi peralatannya

50 %

9. Ruang Koperasi masih bersatu dengan ruang UKS dan OSIS

Mempunyai Ruang tersendiri

80 %

10.

Tempat Ibadah Luasnya belum sebanding

dengan jumlah siswa

Luasnya ditambah 50 %

F PENGEMBANGAN MANAJEMEN SEKOLAH1 Penerapan dan

Pelaksanaan MBSPelaksanaan MBS belum melibatkan

seluruh personil sekolah

Seluruh personil sekolah mampu

menata manajemen

sekolah sesuai dengan konsep

MBS yang sebenarnya

50 %

2 Pembuatan RPS Pembuatan RPS masih menjadi

tugas utama Kep Sek, belum melibatkan

semua warga sekolah

Pembuatan RPS melibatkan semua

warga Sekolah

3 Pemanfaatan ICT ICT belum menjadi media pembelajaran

ICT dijadikan sebagi media dalam proses

75 %

19

Page 20: Rps sdn merak i 2010 2014

oleh guru dalam proses

pembelajaran

pembelajaran

4 Kerja Sama dengan Pihak Lain

Kerjasama hanya sebatas dengan

hubungan kedinasan

Kerjasama melibatkan seluruh pelanggan internal

dan eksternal

50 %

5 Implementasi Prinsip Kemandirian

Kebijakan Opersional

sekolah sebagian masih

diintervensi oleh instansi terkait

Sekolah dapat menentukan

kebijakan operasional

sekolah sesuai dengan MBS

75 %

6 Peningkatan Monitoring dan Evaluasi

Pengawasan belum

melibatkan seluruh

komponen sekolah

Pengawasan dilakukan oleh

seluruh komponen sekolah

50 %

G PENGEMBANGAN SUMBER DANA DAN PENDANAAN1 Sosialisasi

Pendanaan Pendidikan

Sudah ada kesadaran

orangtua siswa terhadap program

pendanaan pendidikan

Terciptanya partisipasi aktif dari orangtua siswa dalam

program pendanaan pendidikan.

30%

2 Penggalian Sumber Dana dari Luar Sekolah

Belum maksimal maksimal 100%

3 Penyusunan Anggaran Pendidikan

Kurangnya partisipasi warga sekolah terhadap

penyusunan RAPBS

Terbinanya partisipasi aktif warga sekolah

terhadap penyusunan

RAPBS

50 %

G PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN1 Perencanaan

Penilaan Berbasis Kelas

Belum maksimalnya perencanaan

penilaian berbasis kelas

Optimalnya penilaian berbasis

kelas

50 %

2 Pelaksanaan Penilaian Oleh Guru

Pelaksanaan penilaian oleh sebagian guru

sudah mencakup aspek kognitif,

afektif, psikomotor

Pelaksanaan penilaian oleh seluruh guru

mencakup aspek kognitif, afektif,

psikomotor

50 %

H PENGEMBANGAN LINGKUNGAN SEKOLAH1 Perencanaan Belum terencana Terencananya 50 %

20

Page 21: Rps sdn merak i 2010 2014

Program Lingkungan Sekolah

program lingkungan

sekolah dengan baik

Program Lingkungan

sekolah dengan baik

2 Penataan Lingkungan Sekolah

Belum tertata dengan baik

Lingkungan sekolah tertata

dengan baik

50 %

3 Manajemen Lingkungan Sekolah

Belum optimalnya manajemen lingkungan

sekolah

manajemen lingkungan

sekolah dilaksanakan

secara Optimal

50 %

I PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH1 Perencanaan

Program Budaya Mutu

Kurang korelatif, kreatif dan

inovatif dalam mengembangakan potensi yang

dimilikinya secara optimal

Tercapainya korelasi potensi kreatifitas dan inovasi yang

dimiliki oleh siswasecara optimal

50%

2 Peningkatan Implementasi Budaya Mutu

Kurang kreatif /inovatif dalam

mengembangakan potensi yang

dimilikinya secara optimal

Tercapainya potensi

kreatifitas / inovasi yang dimiliki oleh

siswasecara optimal

50%

H PENGEMBANGAN KEGIATAN KESISWAAN1 Kegiatan Kesiswaan

a Pengembangan Kreatifitas/ inovasi

Kurang adanya kreatifitas/inovas

i dalam mengembangak

an potensi secara optimal

yang dimilikinya

Tercapainya potensi

kreatifitas/inovasi secara optimal

yang dimiliki oleh siswa

50%

b Pengembangan kesenian

Ketersedian Pelatih &

alat/instrumen belum

mencukupi

Tenaga Pembina & alat/instrumen sesuai dengan

kebutuhan

30%

c. Pengembangan karya tulis

Kurang terprogramnya

pembinaan secara optimal

Program pembinaan karya

tulis tersusun dengan baik.

50%

d. Pengembangan olah raga

Ketersediaan Pelatih/Pembina

belum mencukupi

Tenaga Pembina/pelatih sesuai dengan

kebutuhan

30%

e. Pengembangan keagamaan

Kurang terprogramnya

pembinaan

Program pembinaan

tersusun dengan

50%

21

Page 22: Rps sdn merak i 2010 2014

secara optimal baik.2 Pengembngan

Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH)

Pelaksanaan Program PKH

belum Maksimal

Pelaksanaan Program PKH

Maksimal

50%

I Pengembangan Pendidikan Teknologi Dasar (PTD)Pelaksanaan Program PTD

belum Maksimal

Pelaksanaan Program PTD

Maksimal

50%

5. TUJUAN SITUASIONAL / SASARAN

Berdasarkan kondisi dan tantangan nyata yang terdapat di sekolah, maka pada akhir tahun pelajaran 2010/2011 diharapkan

a) Tersedianya Sumber Daya Manusia HandalSasaran : Mempersiapkan persera didik sebelum duduk di kelas I

dengan Matrikulasi Pengetahun dasar (baca,tulis dan hitung)

Pendidik dan Tenaga Pendidikan menguasai Program ICT Optimalnya Kerja Tim Pengembang Sekolah

b) Terlaksananya Pengembangan KTSPSasaran : Mempunyai pedoman dan arah dalam proses belajar

mengajar yang dituangkan dalam KTSP; Mengerti akan tugas dan kewajiban yang harus dilakukan

dalam pembelajaran; Terkondisikan proses belajar mengajar yang kundusif

c. Pengembangan Proses Belajar MengajarSasaran : Sosialisasi dan diseminasi strategi pembelajaran bagi

setiap guru. Peningkatan perencanaan proses belajar mengajar. Peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar. Peningkatan dan diversifikasi penilaian proses belajar

mengajar. Pengembangan dan penganekaragaman bahan ajar

sebagai penunjang proses belajar mengajar. Peningkatan pengawasan (supervisi) dalam proses belajar

mengajar.

d. Tersedianya Sarana dan Prasarana Memadai Untuk Menunjang KBM

Sasaran : Adanya Maket Pengembangan Gedung SD Negeri Merak I Jaringan Internet (berlangganan) Tersedianya alat dan bahan Praktikum IPA

22

Page 23: Rps sdn merak i 2010 2014

Tersedianya Buku, Modul, dan Jurnal serta lengkapnya administrasi Perpustakaan

Tersedianya tempat penyimpanan alat peraga. Tersedianya instrumental kesenian (tradisional & modern) Tersedianya laboratorium komputer (Lab PTD) Tersedianya gedung serbaguna (ruang kesenian)

e. Terlaksananya dengan baik Manajemen Berbasis Sekolah

Sasaran :Pelatihan manajemen keuangan.Penyempurnaan penyusunan RPS Sosialisasi RPS.

f. Tergalinya Sumber Dana dan PendanaanSasaran :Mensosialisasikan program sekolah;Meningkatkan pastisipasi masyarakat;Meningkatkan kerjasama dengan stake holder; Menciptakan sekolah yang mandiri; danMenanggulangi pembiayaan sekolah

g. Terlaksananya Sistem Penilaian yang berdasarkan BSNP

Sasaran: Memahami konsep dasar penilaian termasuk didalamnya

penilaian pengertian, penilaian berbasis kelas, penilaian otentik, dan manfaat penilaian.

Mampu mengidentifikasi bentuk dan jenis penilaian berbasis kelas sesuai dengan materi.

Mampu mengembangkan instrumen berbagai jenis penilaian berbasis kelas.

Mampu melaksanakan penilaian secara otentik dan objektif. Mampu membuat bank soal

h. Tertatanya Lingkungan Sekolah yang Nyaman dan Asri

Sasaran: Pengerasan halaman kelas sebagai berikut :

1) Tempat istirahat siswa dengan nyaman 2) Tempat kegiatan ekstra kurikuler di lingkungan sekolah.3) menambah nilai estetika/keindahan sekolah

Penanaman pohon bunga berkayu sebagai berikut :1) Menjaga kerindangan kelas. 2) Menjaga kenyamanan belajar3) Menjaga resapan air.4) Menambah estetika/keindahan sekolah.

i. Terciptanya Budaya Sekolah Yang UnggulSasaran :

23

Page 24: Rps sdn merak i 2010 2014

Pembentukan dan Optimalisasi Tutor Sebaya di kalangan Siswa

Pelaksanaan praktik ibadah secara langsung Pemahaman PTD lebih menyeluruh

j. Terlaksananya berbagai kegiatan Kegiatan Kesiswaan

Sasaran :Siswa berkesempatan berlatih, berkarya dan berprestasi,

melalui kegiatan pembinaan kesiswaanMeningkatkan unjuk kerja (Performance) dan keyakinan diri

siswa dalam mengembangkan potensi dirinyaSiswa berprilaku baik dan berbudi pekerti luhur.

k. Terlaksananya Pengembangan Pengembangan Teknologi Dasar (PTD)

Sasaran : Mengembangkan Pendidikan Tehnologi Dasar Mempunyai Laboratorium PTD yang memadahi Menambah bekal Keterampilan Siswa

l. Terlaksananya Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills education)

Sasaran : Memberdayakan peserta didik agar mampu dan memiliki

kecakapan hidup atau life skill untuk mendukung dan mengembanglkan kualitas hidup mereka

Membekali peserta didik memiliki kecakapan hidup yang dapat membantu dirinya dalam menghadapi tantangan dan perubahan

Membekali pesrta didik dengan berbagai kemampuan keterampilan hidup yang dapat diandalkan.

6. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI/ KOMPONEN/ URUSAN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARANDalam mencapai sasaran tersebut di atas, fungsi-fungsi yang memegang peran penting yaitu:

a) Tersedianya Sumber Daya Manusia HandalSasaran 1 Mempersiapkan Peserta Didik Sebelum duduk di

kelas IKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Dana

Pemerintah, Masyarakat, Komite dan Dana

Sasaran 2 : Tenaga Pendidik dan Kependidikan menguasai program ICT

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor

:

:

Kepala Sekolah. Guru, TU, Sarana pendukung

Pemerintah , Komite dan Dana

24

Page 25: Rps sdn merak i 2010 2014

Eksternal Sasaran 3 Optimalnya Tim Pengembang Sekolah

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

Kepala Sekolah, Guru, Tu, dana

Pemerintah, masyarakat dan Dana

b) Terlaksananya Pengembangan KTSPSasaran 1 Tersosialisasinya Kurikulum KTSPKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Pemendiknas, Kepala Sekolah, Guru, TU, dan Tutor

Pemerintah,Pemerintah daerah dan Lingkungan Masyarakat

Sasaran 2 : Tersusunnya KTSPKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, Guru, TU, Pemendiknas

Pemerintah,Pemerintah daerah dan Lingkungan Masyarakat

Sasaran 3 : Pengembangan Silabus dan RPPKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, Guru, Pemendiknas

Pemerintah,Pemerintah daerah dan Lingkungan Masyarakat

c) Terlaksananya Proses Belajar Mengajar Dengan BaikSasaran 1 Penguasaan strategi Pembelajaran bagi setiap

guru mata pelajaranKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, Guru, Ketersediaan sarana prasarana penunjang KBMTenaga Ahli yang kompeten dalam bidang strategi KBM

Sasaran 2 : Penguasaan Perencanaan KBM bagi setiap guru mata pelajaran

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal b. Faktor Eksternal

::

Kepala sekolah, Guru, Silabus, RPPKomite, Tenaga Ahli, Pengawas

Sasaran 3 Kemampuan guru mata pelajaran dalam melaksanakan KBM sesuai dengan perencanaan dan strategi KBM

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal : Manajemen pribadi masing-masing guru mata

pelajaranMGMP Rumpun mata pelajaran

25

Page 26: Rps sdn merak i 2010 2014

b. Faktor Eksternal

:Pengayaan dari para ahli yang kompeten dalam bidang Pelaksanaan KBM

Sasaran 4 : Peningkatan dan diversifikasi penilaian proses belajar mengajar.

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Manajemen Kepala sekolah, PKS kurikulum, rekan sejawatPengawas mata pelajaran

Komite, Tenaga Ahli, Pengawas

Sasaran 5 Kemampuan guru mata pelajaran untuk memnuhi kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing.

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

ATK, Literatur, CD, VCD dan film-film yang relevan dengan mata pelajaran sebagai bahan untuk membuat abahan ajarKebijkan depdiknas dalam mempermudah pembuatan bahan ajar oleh guru mata pelajaran

Sasaran 6 : Pengawasan terpadu kegiatan KBMKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Manajemen Kepala sekolah, kurikulum, rekan sejawatPengawas, upt.

d) Tersedianya Sarana dan Prasarana yang memadai untuk menunjang KBM

Sasaran 1 : Adanya Maket Pengembangan Gedung SD Negeri MERAK I

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebutSasaran 2 : Tersedianya alat dan bahan Praktikum IPA Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Lab , Guru, Dana

Pemeritah, komite

Sasaran 3 Tersedianya Buku, Modul, dan Jurnal serta lengkapnya administrasi Perpustakaan

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Pustakawan, Ruang Perpustakan, siswa, guru, Tu

Pemerintah, komite

Sasaran 4 Tersedianya tempat penyimpanan alat peraga.Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut

26

Page 27: Rps sdn merak i 2010 2014

a. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Guru, Alat Peraga, Kelas, dana

Pemerintah,komite

Sasaran 5 : Terhubungnya Ruang, Kep, Guru, TU, dan Perpustakan dengan jaringan internet

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Komputer,Kepala Sekolah ,Guru, TU, Siswa, Pustakawan, Daya ListrikJaringan Teklom, PLN

e) Terlaksananya dengan baik Manajemen Berbasis Sekolah

Sasaran 1 Pelatihan tentang manajemen keuanganKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, guru dan TU

Tenaga Ahli, Masyarakat dan Komite

Sasaran 2 : Penyempurnaan penyusunan RPSKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah. Guru, TU dan Dana

Masyarakat/Orang tua siswa dan Komite

Sasaran 3 : Sosialisasi RPS.Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah. Guru, TU dan Dana

Masyarakat/Orang tua siswa dan Komite

f) Tergalinya Sumber Dana dan PendanaanSasaran 1 sosialisasikan program sekolahKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal b. Faktor Eksternal

::

Kepala Sekolah, guru, TU dan danaKomite Sekolah, Masyarakat, Stakeholder, pengusaha

Sasaran 2 Meningkatkan pastisipasi masyarakatKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, guru, TU dan dana

Komite Sekolah, Masyarakat, Stakeholder, pengusaha

Sasaran 3 Meningkatkan kerjasama dengan stake holderKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor

:

:

Kepala Sekolah, guru, TU dan dana

Stakeholder, pengusaha

27

Page 28: Rps sdn merak i 2010 2014

Eksternal Sasaran 4 Menciptakan sekolah yang mandiriKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal b. Faktor Eksternal

::

Kepala Sekolah, guru, TU dan danaKomite Sekolah, Masyarakat, Stakeholder, pengusaha

Sasaran 5 Menanggulangi pembiayaan sekolahKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal b. Faktor Eksternal

::

Kepala Sekolah, guru, TU dan danaKomite Sekolah, Masyarakat, Stakeholder, pengusaha

g) Terlaksananya Sistem Penilaian yang berdasarkan BSNPSasaran 1 Sosialisasi sistem PenilaianKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala sekolah dan guru

Pengawas

Sasaran 2 : Peningkatan perencanaan penilaian berbasis kelas

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala sekolah, Guru, Komputer dan Kurikulum

Pengawas

Sasaran 3 Peningkatan pelaksanaan penilaian oleh guruKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

Kepala sekolah, Guru, Komputer dan Kurikulum

Pengawas

Sasaran 4 Peningkatan MONEVKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut a. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

Kepala sekolah, Guru, Komputer dan Kurikulum

Pengawas

Sasaran 4 Peningkatan Manajemen penilaian Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut a. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

Kepala sekolah, Guru, Komputer dan Kurikulum

Pengawas

h) Tertatanya Lingkungan Sekolah yang Nyaman dan AsriSasaran 1 Pengerasan halaman kelas.Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal : Kepala Sekolah,guru,staff,siswa dan dana

28

Page 29: Rps sdn merak i 2010 2014

b. Faktor Eksternal

: masyarakat,komite,pemerintah dan dana

Sasaran 2 : Penanaman pohon bunga berkayuKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah,guru,staff,siswa dan dana

masyarakat,komite,pemerintah dan dana

i) Terlaksananya berbagai kegiatan Kegiatan KesiswaanSasaran 1 : Siswa berkesempatan berlatih, berkarya dan

berprestasi, melalui kegiatan pembinaan kesiswaan

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Tata Tetib

Orang Tua Siswa, Masyarakat

Sasaran 2 : Meningkatkan unjuk kerja (Performance) dan keyakinan diri siswa dalam mengembangkan potensi dirinya

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, Guru, Pembina, Siswa, Program, DanaPemerintah, Masyarakat, Orang Tua

Sasaran 3 : Siswa berprilaku baik dan berbudi pekerti luhurKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

Kepala Sekolah, Guru, Pembina, Siswa

Pemerintah, Even-even Kegiatan

j) Terlaksananya Pengembangan Pengembangan Teknologi Dasar (PTD)

Sasaran 1 Pemebentukan Team work Pendidikan Tehnologi Dasar

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal b. Faktor Eksternal

::

Kepala Sekolah, Guru. TU, SiswaPemerintah, Komite Sekolah dan Stake holder

Sasaran 2 : Pelatiahan PTD bagi Team WorkKomponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Kepala Sekolah, Guru, dan anggota Team work

Tenaga Ahli sebagai Instruktur

Sasaran 3 Work Shop bagi Team Work untuk membuat program PTD

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal Kepala Sekolah, Guru, Team Work

Tenaga Ahli sebagai Instruktur

29

Page 30: Rps sdn merak i 2010 2014

b. Faktor EksternalSasaran 4 Penyiapan Sarana dan prasarana Lab PTD

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut a. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

Tenaga, dan semua sarana yang di butuhkan

Dukungan dari Komite Sekolah dan stake holder dan Pemerintah

k) Terlaksananya Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills education)

Sasaran 1 Memiliki Kecakapan Hidup yang dapat membanti siswa dalam menghadapai tantangan dan perubahan

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebuta. Faktor Internal

b. Faktor Eksternal

:

:

Guru, TU, Siswa, Kurikulum, Dana, tenaga Ahli

Komite, Pemerintah, Masyarakat, Orang Tua Siswa

7. ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN PERSOALAN

a) Tersedianya Sumber Daya Manusia Handal Sasaran :

Mempersiapkan persera didik sebelum duduk di kelas VII dengan Matrikulasi Pengetahun dasar (baca,tulis dan hitung)

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1 Siswa Belum Meratanya kemampuan baca tulis dan berhitung

Diadakan materi matrikulasi

Pendidik dan Tenaga Pendidikan menguasai Program ICT

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1 Guru dan TU Belum menguasai pengoperasian computer

Pelatihan Komputer

Optimalnya Kerja Tim Pengembang Sekolah

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1 Kepala Belum optimal Pelatian Pembuatan RPS

30

Page 31: Rps sdn merak i 2010 2014

Sekolah, Guru ,TU dan Komite Sekolah

dalam pembuatan RPS

b) Terlaksananya Pengembangan KTSPSasaran :1. Menyamakan Persepsi dalam pemahaman pengertian KTSP

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1

2

3

4

Kepala Sekolah

Guru

TU

Komite Sekolah

Kurang memahami pengertian KTSPKurang memahami pengertian KTSPKurang memahami pengertian KTSPKurang memahami pengertian KTSP

Sosialisasi KTSP

Sosialisasi KTSP

Sosialisasi KTSP

Sosialisasi KTSP

i. Tersusunnya KTSP

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1

2

3

4

Kepala Sekolah

Guru

TU

Komite Sekolah

Belum menguasai dalam penyusunan KTSPBelum menguasai dalam penyusunan KTSPBelum terlibat dalam penyusunan KTSPBelum terlibat dalam penyusunan KTSP

Workshop Penyusunan KTSP

Workshop Penyusunan KTSP

Workshop Penyusunan KTSP dengan melibatkan TUWorkshop Penyusunan KTSP dengan melibatkan Komite Sekolah

Terlaksananya Proses Belajar Mengajar Dengan BaikSasaran :1. Penguasaan strategi Pembelajaran bagi setiap guru mata pelajaran

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Internal :Guru Guru Belum menguasai

sepenuhnya strategi pembelajaran

Memberikan pengayaan bagi guru tentang strategi pembelajaran

31

Page 32: Rps sdn merak i 2010 2014

Sarana prasarana

Belum tersedianya sarana dan prasana penunjang KBM yang memadai

Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana penunjang KBM secara bertahap

2. Penguasaan Perencanaan KBM bagi setiap guru mata pelajaran

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1 Internal :Guru

RPP

Guru Belum menguasai sepenuhnya cara pembuatan perencanaan pembelajaran dengan baikBelum tersedianya RPP untuk masing-masing guru mata pelajaran

Memberikan pengayaan bagi guru tentang Perencanaan pembelajaran

Pembuatan RPP melalui MGMP Rumpun Mata Pelajaran

ii. Kemampuan guru mata pelajaran dalam melaksanakan KBM sesuai dengan perencanaan dan strategi KBM

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Internal :Guru

Prasarana

Belum meratanya kemampuan seluruh guru dalam melaksanakan KBM dengan baik

Belum tersedianya sarana dan prasana penunjang KBM yang memadai

Memberikan pengayaan bagi guru tentang Pelaksanaan pembelajaran yang baik

Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana penunjang KBM secara bertahap

3. Kemampuan guru mata pelajaran untuk memnuhi kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan mata pelajarannya masing-masin

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Internal :Guru

Eksternal :Kebijakan Depdiknas dalam memberikan

Masih adanya ketergantungan kepada buku-buku hasil terbitan penerbit

Belum adanya keberpihakan dari depdiknas dalam memberikan kemudahan

Memberikan pelatihan bagi guru tentang cara pembuatan bahan ajar sesuai mata pelajarannya masing-masing

Koordinasi dengan dinas pendidikan setempat

32

Page 33: Rps sdn merak i 2010 2014

kemudahan bagi guru dalam penerbitan bahan ajar

bagi guru dalam pembuatan dan penerbitan bahan ajar

4. Pengawasan terpadu kegiatan KBM

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Internal :Kepala sekolah

Guru

Belum adanya jadwal yang baku dalam pelaksanaan pengawasan

Belum siapnya guru-guru dalam mengadapi sistem pengawasan yang terpadu

Pembuatan jadwal pengawasan yang terpadu

Pembiasaan pengawasan yang taerapadu bagi guru

1. Tersedianya Sarana dan Prasarana Memadai Untuk Menunjang KBM

Sasaran : Adanya Maket Pengembangan Gedung SD Negeri Merak I Tersedianya alat dan bahan Praktikum IPA Tersedianya Buku, Modul, dan Jurnal serta lengkapnya

administrasi Perpustakaan Tersedianya tempat penyimpanan alat peraga per mata

pelajaran untuk mendukung program moving class Terhubungnya Ruang, Kep, Guru, TU, dan Perpustakan

melalui Link dan dengan jaringan internet.

2. Terlaksananya dengan baik Manajemen Berbasis SekolahSasaran 1. Guru mampu menata manajemen sekolah sekolah sesuai

dengan konsep MBS

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Guru Belum menguasai konsep MBS

Melakukan Workshop tentang MBS dengan mengundang tenaga Ahli

Sasaran 2. Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah

33

Page 34: Rps sdn merak i 2010 2014

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Guru Belum terlibat dalam penyusunan RPS

Membentuk tim kerja penyusunan RPSRapat kerja penyusunan RPS

3. Tergalinya Sumber Dana dan PendanaanSasaran 1. Menggali sumber dana dari orang tua siswa dan stakeholder.

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Orang tua siswa

Terhambat oleh peraturan Bupati

Membentuk Komite Sekolah yang handal, inovasi, kolaboratif,dan profesional untuk menggali dana dari masyarakat, stakeholder dan Pemda.

Sasaran 2. Membuat unit usaha

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

2. Sarana dan prasarana

Belum tersedia sarana dan prasarana

Bekerjasama dengan koperasi sekolah.

4. Terlaksananya Sistem Penilaian yang berdasarkan BSNPSasaran 1. Pengembangan sistem penilaian yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1.

2.

Instrumen penelitian

Guru

Belum tersedianya instumen penelitian yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik

Kesiapan guru dalam pengembangan penilaian yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik belum maksimal

Menyediakan instrumen penilaian yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik

Mengadakan pelatihan pembuatan dan penerapan instrumen penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik

5.Tertatanya Lingkungan Sekolah yang Nyaman serta Asri

34

Page 35: Rps sdn merak i 2010 2014

Sasaran 1. Penataan Linggkungan Sekolah

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Tenaga ahli pertamanan

Belum mengetahui jenis tanaman yang cocok untuk taman sekolah

Mencari literatur dan bantuan konsultasi pada dinas yang terkait.

Sasaran 2. Perbaikan Drainase

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Lingkungan sekitar sekolah

Melibatkan tanah di lingkungan sekolah.

Berkoordinasi dengan RT di sekitar sekolah yang terlalui drainase

Sasaran 3. Pembuatan tempat duduk di luar kelas

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Tanaman yang rindang.

Belum tersedianya tanaman yang rindang.

Menanam jenis tanaman yang rindang untuk peneduh.

Sasaran 4 : Pembuatan/penempatan tanda/rambu lalu lintas di depan sekolah

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Rambu lalu lintas

Belum tersedianya rambu lalu lintas

Menempatkan rambu lalu lintas di depan sekolah

6.Terlaksananya berbagai kegiatan Kegiatan KesiswaanSasaran : 1. Siswa mampu melaksanakan tatatertib dengan baik

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1 siswa Belum terlaksananya tatatertib secara baik dan menyeluruh

Menyempurnakan tatatertib yang ada dan mensosialisasikannya kepada siswa

Sasaran : 2. Mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa

35

Page 36: Rps sdn merak i 2010 2014

Dalam kegiatan pengembangan ekskul

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1 Sarana dan prasarana

Masih kurangnya alat dan lapangan Volly serta Tenis meja.

Pengadaan alat dan lapangan Volly Ball serta Meja tenis

2 Tenaga ahli/pelatih

Kurangnyatenaga pelatih sesui dengan yang dibutuhkan

Pengadaan tenaga pelatih

7. Terlaksananya Pengembangan Pengembangan Teknologi Dasar (PTD)

Sasaran : 4Penyiapan Sarana dan Prasarana Lab. PTD

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1 Ruangan Belum mempunyai ruangan Lab PTD

Mengalih Fungsikan ruangan yang memungkinkan menjadi Lab PTD

2. Sarana / prasarana

Belum mempunyai Sarana / Prasarana yang menunjang Lab. PTD

Menguasahakan Pembelian dari dana Blok Grand, BOS, dan sumber dana lain yang memungkinkan

8. Terlaksananya Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills education)

Sasaran : Siswa memiliki keterampilan kecakapan hidup cetak sablon

No

Komponen / Faktor yang Tidak Siap

Persoalan Pada Komponen atau

Faktor

Alternatif Pemecahan Persoalan

1. Siswa Belum optimal pemberbadayan life skill nya

Diberikan pelatihan life skill pada siswa (cetak sablon)

2 Sarana prasarana

Tidak tersedianya alat dan bahan

Pengadaan alat dan bahan cetak sablon

3 Tenaga ahli Belum ada Mengadakan tenaga ahli

8. KUNCI KEBERHASILAN TIAP PROGRAM

a. Peningkatan Sumber Daya ManusiaASPEK-ASPEK DARI

PROGRAM OPERASIONAL (TAHUNAN)

TONGGAK-TONGGAK KUNCI KEBERHASILAN

1. Mempersiapkan peserta didik sebelum duduk dikelas VII

Siswa mengusai baca, tulis dan berhitung dengan baik

2. Pelatihan Komputer tenaga Mampu mengoperasikan komputer

36

Page 37: Rps sdn merak i 2010 2014

Pendidik dan kependidikan dengan baik3. Pelatihan Pembuatan RPS Mampu menghasilkan RPS b. Pengembangan KTSP1. Sosialisasi KTSP Memahami Pengertian dan

kandungan/isi yang terdapat dalam KTSP serta mampu menyusunnya

2. Penyusunan KTSP Mempunyai pedoman pembelajaran yang dituangkan dalam KTSP

3. Penyusunan Silabus dan RPP Mempunyai perangkat pembelajaran ( silabus dan RPP )

c. Pengembangan KBM1. Pengembangan strategi KBM Guru Menguasai strategi

pembelajaran dengan baik2. Pengambangan Perencanaan KBM

Guru mampu dalam pembuatan RPP dengan baik

3. Pengembangan Pelaksanaan KBM

Guru berkemampuan baik dalam melaksanakan KBM di kelasnya masing-masing

4. Pengembangan Pembuatan bahan ajar

Menghasilkan bahan ajar untuk seluruh mata pelajaran

5. Pengembangan Pengawasan KBM

Terciptanya budaya pengawasan yang terpadu

d. Pengembangan Sarana dan Prasaranae. Pengembangan Manajemen Sekolah1. Workshop MBS Mampu dan terlibat secara

langsung untuk melaksanakan tugas dalam manata manajemen sekolah sesuai konsep MBS

2. Pembentukan tim penyusunan RPS

Mampu menyusun RPS

f. Pengembangan Sumber Dana dan Pendanaan1. Sosialisasi program sekolah 1. Terbentuknya kesepahaman

antara sekolah, orang tua siswa tentang program sekolah.

2. Membentuk Komite Sekolah yang handal, inovatif, kolaboratif, dan profesional.

2. Terbentuknya komite sekolah yang handal, inovatif, koilaboratif dan profesional hasil musyawarah.

3. Memotivasi orang tua siswa, masyarakat dan stake holder dalam pembiayaan pendidikan

3. Terkumpulnya sejumlah dana untuk membiayai kekurangan dana untuk membiayai program sekolah.

4. Membuat unit usaha yang dikelola oleh sekolah secara profesional untuk membantu pembiayaan pendidikan.

4. Terbentuknya satu unit usaha di sekolah.

g. Pengembangan Sistem Penilaian1. Sosialisasi pengembangan

sistem PenilaianPenerapan instrumen penilaian

yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor

37

Page 38: Rps sdn merak i 2010 2014

2. Penggunaan sistem penilaian dengan ICT

Penerapan sistem penilaian dengan ICT dalam setiap evaluasi

h. Pengembangan Lngkungan Sekolah1. Penataan Taman Sekolah Terbentuknya tim adiwiyata yang

peduli terhadap kebersihan dan keindahan sekolah

2. Perbaikan Drainase Masih tersedianya lahan untuk penampungan air disaat musim hujan

3. Pembuatan tempat duduk di luar kelas

Selain di taman, tempat duduk dapat dibuat di selasar setiap kelas

i. Pengembangan Budaya Sekolah1. English Day Guru, TU dan siswa melaksanakan

English Day di sekolah sesuai konsep

2. Tutor Sebaya Siswa mampu dan terlibat secara langsung untuk melaksanakan tutor sebaya sebagai bentuk pengimbasan dan transfer Ilmu Pengetahuan terhadap sesama.

3. Sholat Dzuhur berjamaah Siswa melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah di Mushola SD Negeri MERAK I

j. Pengembangan kegiatan kesiswaan1. Sosialisasi tentang tatatertib

dankegiatan ekskul

1. Warga sekolah memahami program kegiatan ekskul dan tatatertib yang diberlakukan

2. IHT bagi pembina/pelatihkegiatan pengembangan Ekskul

Pelatih dapat memahami programkegiatan pelaksanaan pengembangan kegiatan ekskul secara profesional

3. Pengembangan pembuatan program pelaksanaan.

3. Pembina/pelatih berkemampuan baik dalammelaksanakankegiatan ekskul

4.Meningkatkan pengawasan pelaksanaan tatatertib dan kegiatan ekskul

4. Terlaksananya program sesuaidenganyang direncanakan.

k.Terlaksananya Pengembangan Pengembangan Teknologi Dasar (PTD)

1. Pembentukan Team Work Pendidikan Tehnologi Dasar

1. Mempunyai Team Work PTD

2. Pelatihan bagi tenaga Team Work PTD.

2. Mempunyai Tenaga guru yang terlatih di bidang PTD

3. Work Shop bagi Team Work PTD.

3. Mempunyai Program PTD,Kurikulum dan Silabus

4. Penyiapan Sarana Prasarana Laboratorium PTD.

4. Mempunyai Laboraturium PTD.

5. Sosialiasai Program PTD. 5. Seluruh Warga Sekolah (guru,siswa,TU.) Komite Sekolah

38

Page 39: Rps sdn merak i 2010 2014

l.Terlaksananya Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education )1.Sosialisasi tentang PKH Pendidik dan peserta didik

memahami arti penting PKH2. Penyusunan program PKH 2. Memiliki program,kurikulum dan

silabus PKH3. Pengadaan sarana dan prasarana PKH

3. Mempunyai tenaga ahli, dan sarana prasarana PKH

4. Implementasi PKH. 4. Menghasilkan dan memiliki tenaga terampil yang siap pakai dan siap terjun ke dunia kerja

5. Pelaksanaan Monet hasil PKH. 5. Mengetahui manfaat dan faedah PKH

9. PENGEMBANGAN PROGRAM , KEGIATAN, DAN RINCIAN KEGIATAN TIAP SASARAN

a) Sumber Daya ManusiaSasaran 1: Mempersiapkan persera didik sebelum duduk di kelas IProgram : Mengadakan Kegiatan Matrikulasi bagi siswa baruKegiatan : Membentuk Tim Pengajar Matrikulasi Mempersiapkan Bahan Matrikulasi Pemberian Matrikulasi Tes hasil Matrrikulasi Menempatkan Siswa pada kelas yang homogen berdasarkan tes

hasil matrikulasi

Sasaran 2 : Pendidik dan Tenaga Pendidikan menguasai Program ICT

Pragram : Pelatihan KomputerKegiatan : Mempersiapkan tenaga Ahli komputer Menyusun Jadwal Pertemuan Pelaksanaan Pelatihan Komputer Evaluasi

Sasaran 3 : Optimalnya Kerja Tim Pengembangan SekolahProgram : Pelatihan Pembuatan RPSKegiatan : Pembentukan Tim Pengembang Sekolah Pembuatan Jadwal Pelatihan Pelaksanaan Pelatihan Evaluasi

b) Terlaksananya Pengembangan KTSPSasaran : Unsur Pendidik Memahami Pengertian dan kandungan yang terdapat dalam KTSP

39

Page 40: Rps sdn merak i 2010 2014

Program : Sosialisasi KTSPKegiatan :

Menentukan Narasumber sebagai Tutor KTSP Menentukan Jadwal pelaksanaan KTSP Pelaksanaan Sosialisai termasuk cara

penyusunan KTSP Evaluasi

Sasaran 2 : Lembaga pendidikan mempunyai pedoman dalam pembelajaran yang dituangkan dalam KTSPProgram : Penyusunan KTSPKegiatan : Membentuk tim inti untuk pembuatan KTSP Menentukan buku referensi Menentukan Jadwal pelaksanaan penyusunan Pelaksanaan penyusunan KTSP EvaluasiSasaran 3 : Tersusunnya Silabus dan RPP Program : Penyusunan KTSPKegiatan : Membentuk rumpun pelajaran sebagai koordinator dalam

penyusunan KTSP Menentukan Referensi Menentukan Jadwal Pelaksanaan Penyusunan Pelaksanaan Penyusunan Silabus dan RPP Evaluasi

Sasaran 4 : Terdokumentasikannya semua perangkat pembelajaranProgram : Pendokumentasian KTSP dan Perangkat PembelajaranKegiatan : Menentukan/ membuat tempat sebagai sarana

pendokumentasian Melakukan Pedokumentasian KTSP dan Perangkat Pembelajaran Evaluasi

c. Pengembangan proses belajar mengajar (KBM )Sasaran 1: Penguasaan strategi Pembelajaran bagi setiap guru

mata pelajaranProgram : Sosialisasi Strategi pembelajaranKegiatan :

Menentukan nara sumber ( tenaga ahli ) Jadwal pelaksanaan Sosialisasi Pelaksanaan Sosialisasi Evaluasi

Sasaran 2 : Perencanaan KBM bagi setiap guru mata pelajaran dan penggunaan strategi dalam pelaksanaan KBMProgram : KKG Guru Kegiatan :

Menentukan Nara sumber Menentukan jadwal KKG Mempersiapkan perangkat untuk KKG

40

Page 41: Rps sdn merak i 2010 2014

Pelaksanaan KKG Evaluasi

Sasaran 3 : Kemampuan guru mata pelajaran untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing.Program : Mencari/menentukan bahan ajar yang sesuai dengan

materi pelajaranKegiatan :

Memepelajari silabus dan RPP sebagai pedoman menentukan bahan ajar

Menentukan dan mencari bahan ajar yang sesuai Evaluasi

Sasaran 4 : Pengawasan terpadu kegiatan KBMProgram : Penyusunan Draf untuk supervisiKegiatan :

Membentuk Tim penyusun Draf Supervisi Menentukan Referensi untuk pembuatan draf supervisi Melakukan penyusunan Draf Supervisi Evaluasi

d. Tersedianya Sarana dan Prasarana Memadai Untuk Menunjang KBM

Sasaran : Adanya Pengembangan Gedung SD Negeri Merak I Tersedianya alat dan bahan Praktikum IPA Tersedianya Buku, Modul, dan Jurnal serta lengkapnya

administrasi Perpustakaan Tersedianya tempat penyimpanan alat peraga mata pelajaran.

c) Terlaksananya dengan baik Manajemen Berbasis Sekolah

Sasaran 1. Guru mampu menata manajemen sekolah sesuai konsep MBSProgram : Workshop MBSKegiatan : Mempersiapkan tenaga ahli sebagai nara sumber Menentukan jadwal kegiatan Melakukan kegiatan Workshop

Sasaran 2. Penyusunan RPS oleh guruProgram : Menyusun RPSKegiatan : Membentuk tim penyusun RPS Rapat Kerja menganalisis kebutuhan sekolah Rapat kerja penyusunan RPS Pelaporan hasil penyusunan RPS

d) Tergalinya Sumber Dana dan Pendanaan

41

Page 42: Rps sdn merak i 2010 2014

Sasaran : Tersusunnya RAPBS, Komite Sekolah dan Unit Usaha sekolah sesuai dengan Kebutuhan

Kegiatan : Sosialisasi RAPBS Visualisasi RAPBS Optimalisasi Komite Sekolah Optimalisasi Unit Usaha Sekolah

e) Terlaksananya Sistem Penilaian yang berdasarkan BSNP

Sasaran 1 : Pengembangan sistem penilaian yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor

Program : Sosialisasi Sistem penilaian

Kegiatan : Pengembangan instrumen penilaian Penilaian berbasis kelasf) Tertatanya Lingkungan Sekolah yang Nyaman dan AsriSasaran 1 : Penataan taman sekolahProgram : Membuat taman sekolahKegiatan : Merancang bentuk pagar taman dan anggaran Memilih jenis tanaman Membuat kapling taman untuk masing-masing kelas Membuat pagar taman Menanam tanaman Pemeliharaan taman

Sasaran 2 : Perbaikan DrainaseProgram : Memperbaiki drainase yang kurang lancarKegiatan : Merancang gambar dan anggaran Mengkordinasikan perbaikan drainase dengan masyarakat

sekitar Memperbaiki drainase Pemeliharaan drainase

Sasaran 3 : Pembuatan tempat duduk di luar kelasProgram : Pembuatan tempat duduk di koridor kelasKegiatan : Merancang gambar dan anggaran Pembuatan tempat duduk di luar kelas Pengecatan pemeliharaan bersama warga sekolah

g) Terlaksananya berbagai kegiatan Kegiatan KesiswaanSasaran : 1. Mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dalam kegiatan ekstra KurikulerKegiatan : Mensosialisasikan program eskul kepada warga sekolah Pengadaan tenaga pelatih/pembina Mengadakan Workshop bagi pelatih/pembina

42

Page 43: Rps sdn merak i 2010 2014

Menyusun jadwal progam kegiatanSasaran : 2. Meningkatkan prilaku siswa yang baik/berbudi pekerti

luhur Kegiatan :

a. Menyusun tim penyusun tata tertibb. Mensosialisasikan tata tertib kepada warga sekolahc. Menyusun tim pengawas pelaksanaan tata tertib

h) Terlaksananya Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills education)

Sasaran : Mempersiapkan Pendidik dan Peserta didik untuk memiliki kemampuan dan ketrampilan

Program : Mengadakan Work Shop,Seminar,Rapat dan Pelatihan PKH

Kegiatan : Sosialisasi tentang PK Penyusunan program PKH Pengadaan sarana prasarana PKH Implementasi/ Pelaksanaan PKH Pelaksanaan Monet Hasil PKH

10. RENCANA MONITORING DAN EVALUASI (MONEV)a. Tujuan Monitoring dan Evaluasi

1) Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi kinerja guru2) Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Tenaga

Administrasi3) Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Kepala

Sekolah4) Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Kesiswaan5) Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Unsur-unsur

sekolah lainnya6) Melaksanakan Supervisi klinis oleh sekolah7) Melaksanakan Kerjasama dengan pihak lain.

b. Komponen utama Monitoring dan Evaluasi1) Komponen Input

a) Aspek tenaga guru dan kependidikanb) Aspek kesiswaanc) Aspek sarana dan prasaranad) Aspek peran masyarakat

2) Komponen Prosesa) Aspek kurikulum dan bahan ajarb) Aspek belajar mengajarc) Aspek Penilaiand) Aspek manajemen dan kepemimpinan

3) Komponen Outputa) Aspek Prestasi belajar siswab) Aspek belajar guru dan kepala sekolahc) Aspek prestasi sekolah

c. Pelaksanaan Monev

43

Page 44: Rps sdn merak i 2010 2014

1) Internala) Kepala sekolahb) Wakil Kepala Sekolahc) Tim Monev sekolah

2) Eksternala) Komite sekolahb) Dinas Pendidikan Kota/Provinsic) Banwas Kota/Provinsid) Direktorat Pembinaan SDe) Irjen Depdiknas, BPKP dan BPK

d. Waktu Pelaksanaan 1) Monitoring

a) Internal dilaksanakan 4 kali setahunb) Eksternal sesuai dengan jadwal monitoring

2) Evaluasia) Internal dilaksanakan 2 kali setahunb) Eksternal sesuai dengan jadwal Evaluasi

e. Sumber Data1) Dokumen2) Hasil Pengamatan3) Instrumen

f. Metode Pengumpulan Data1) Metode Dokumentasi2) Metode Wawancara3) Metode Observasi4) Metode Kuisioner

g. Rincian Kegiatan1) Pembentukan Monev sekolah2) Menyusun jadwal Monev3) Menyusun Instrumen Monev4) Melaksanakan Monev5) Menganalisis jasil Monev dan Tindak lanjut

44

Page 45: Rps sdn merak i 2010 2014

11. RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH

(RAPBS)

45

KLIK HERE FOR RAPBS

Page 46: Rps sdn merak i 2010 2014

SD NEGERI MERAK I

PERIODE (2011-2014)

DISUSUN OLEH:TIM PENYUSUN

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS)SD NEGERI MERAK I

UPT PENDIDIKAN KECAMATAN SUKAMULYADINAS PENDIDIKAN KEBUPATEN TANGERANG

BANTEN

46