Rpp sejarah xii peminatan bab 7 sejarah

download Rpp sejarah xii peminatan  bab 7 sejarah

of 22

  • date post

    13-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    2.633
  • download

    37

Embed Size (px)

Transcript of Rpp sejarah xii peminatan bab 7 sejarah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Sekolah: SMA Mata Pelajaran: SejarahKelas/Semester: XII/2Materi Pokok: Revolusi Teknologi Abad Ke-20Waktu: 4 x 4 JP

A. Kompetensi Inti 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, dan damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar 1. Membuat rekonstruksi sejarah tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia, dalam bentuk tulisan atau media lain.2. Mengevaluasi perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia.3. Membuat rekonstruksi sejarah tentang perkembangan Revolusi Hijau dan Lingkungan Hidup pada zaman Orde Baru dan Reformasi, dalam bentuk tulisan atau media lain.4. Mengevaluasi perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia

C. Tujuan PembelajaranSetelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:1. Mendeskripsikan perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau,2. Menjelaskan dampak dari revolusi teknologi abad ke-20,3. Menganalisis perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dari sudut pandang sejarah, dan4. Menganalisis perkembangan revolusi hijau dari masa Orde Baru dan Reformasi.

D. Materi Pembelajaran:1. Revolusi teknologi Revolusi teknologi adalah perubahan sosial secara drastis dalam struktur-struktur penting yang terjadi secara relatif cepat sebagai akibat dari penemuan teknologi baru. 2. Revolusi teknologi dalam lintasan sejarahRevolusi teknologi dimulai ketika warga Mesopotomia belasan ribu tahun yang lalu mengenal sistem pertanian, kemudian ditemukan mesin cetak Gutenberg dan renaisans yang memicu lahirnya revolusi ilmiah masa renaisans dan abad pencerahan. Setelah itu muncul abad eksplorasi yang dipelopori Vasco da Gaama dan kawa-kawan dalam rangka berdagang. Terjadi perubahan revolusi dalam sistem produksi barang dan jasa (industri) yang terjadi di Inggris yang meninggalkan cara manual menjadi mesin.

3. Perkembangan revolusi teknologi abad ke-20Perkembangan revolusi teknologi berkembang pesat di abad ke-20, sehingga memunculkan inovasi baru yang memberi perubahan yang cukup signifikan bagi perkembangan sejarah peradaban manusia, diantaranya sinar laser, PLTN, serat optic, telivisi, transitor, teknologi nirkabel, penerbangan luar angkasa, radar, jaringan global (ATM), satelit komunikasi, rekayasa genetika, media digital, dan transplansi organ.4. Perkembangan IPTEK di IndonesiaPemetintah Indonesia mendirikan lembaga-lembaga penelitian sebagai salah satu indicator kesungguhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, antara lain Badan Tenaga Atom Nasional (Batan), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Standarisasi Nasional (BSN).5. Dampak revolusi teknologi abad ke-20Dampak revolusi teknologi bagi masyarakat Indonesia sangat terasa sejak abad ke-20, terutama ketika dunia memasuki era baru, era perang dunia, dan perjuangan kemerdekaan di berbagai wilayah. 6. Dampak revolusi teknologi bagi kehidupan manusiaPerkembangan revolusi teknologi yang sangat cepat membawa manfaat yang luar bagi kemajuan peradaban manusia. Segala jenis pekerjaan yang sebelumnya mengandalkan tenga manusia kini diganti oleh perangkat mesin yang canggih dan otomatis. Formulasi baru ini memiliki kapasitas yang seolah mampu menggeser kapasitas kerja otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan kegiatan manusia.7. Revolusi hijauRevolusi hijau adalah perubahan secara drastic dalam sistem pertanian, baik metode maupun jumlah produksi pertanian selama periode 1950-an hingga 1980-an. Revolusi hijau membawa pengaruh positif bagi Negara-negara berkembang yang terlihat dari meningkatnya produksi pertanian di negara-negara tersebut. Namun, revolusi hijau mengakibatkan petani sangat ketergantungan terhadap pupuk kimia dan zat kimia pembasmi hama.

E. Metode Pembelajaran Metode pembelajaran yang digunakan adalah:1. Diskusi kelompok2. Tanya jawab3. Eksplorasi

F. Media, Alat, Sumber Pembelajaran 1. Buku teks pelajaran Sejarah untuk SMA/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial2. Buku-buku penunjang dan peraturan yang relevan3. Gambar-gambar pemanfaatan IPTEK4. Peta Indonesia dan Dunia5. Media massa, cetak/elektronik

G. Karakter Kebangsaan

1. Bertanggung jawabMengajarkan siswa untuk memiliki rasa tanggung jawab agar bijaksana menggunakan teknologi untuk kegiatan yang lebih bermanfaat, misalnya mengakses informasi.2. Giat belajarAkses informasi informasi yang mudah dengan menggunakan teknologi harus member motivasi siswa untuk semakin giat belajar. Peran guru dan orang tua yakni mengawasi segala kegiatan belajar siswa.

H. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan IKEGI-ATANURAIAN KEGIATANALOKASI WAKTU

Kegiatan GuruKegiatan Siswa

PENDAHULUAN Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.

Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan.

Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya.

Memberikan motivasi tentang memahami perkembangan IPTEK di Indonesia saat ini.

Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau. Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.

Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.

Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.

Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.

Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran.15 menit

INTI Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) konsep perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau.

Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan konsep perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau.

Guru meminta siswa untuk melakukan ekplorasi mengenai konsep perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau.

Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan konsep-konsep yang telah dipelajari.

Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa. Sisiwa mengamati gambar-gambar pemanfaatan IPTEK di Indonesia.

Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau.

Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan mengumpulkan informasi dan membuat laporan terkait konsep perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau (mengasosiasi).

Siswa mengomunikasikan dengan cara menyajikan hasil laporan dan eksplorasi terkait konsep perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau.

Siswa menyimak dengan baik setiap umpa balik yang dierikan oleh guru.150 menit

PENUTUP Guru memberikan penguatan pada konsep perkembangan revolusi teknologi abad ke-20 dan revolusi hijau.

Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi dalam materi pembelajaran tersebut.

Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran

Guru memberikan pekerjaan rumah (kelompok)

Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini. Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian.

Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajaran ini (postes).

Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru.

Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.15 menit

Pertemuan IIKEGI-ATANURAIAN KEGIATANALOKASI WAKTU

Kegiatan GuruKegiatan Siswa

PENDAHULUAN Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk memotivasi belajar siswa.

Guru memin