Rpp sejarah xii peminatan bab 4 sejarah

download Rpp sejarah xii peminatan bab 4 sejarah
  • date post

    13-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    1.680
  • download

    31

Embed Size (px)

Transcript of Rpp sejarah xii peminatan bab 4 sejarah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Sekolah: SMA Mata Pelajaran: SejarahKelas/Semester: XII/2Materi Pokok: Perjuangan Mempertahankan Integritas Negara Kesatuan Republik IndonesiaWaktu: 6 x 4 JP

A. Kompetensi Inti 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, dan damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar 1. Mengevaluasi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal kemerdekaan sampai dengan tahun 1950. 2. Mengevaluasi secara kritis peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada awal-awal kemerdekaan. 3. Mengevaluasi secara kritis hubungan kausalitas kebijakan politik dan pemberontakan antara tahun 1948 1965. 4. Menyajikan informasi dalam bentuk tulisan tentang kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal kemerdekaan sampai dengan tahun 1950. 5. Merekonstruksi hubungan kausalitas secara kritis hubungan antara kebijakan politik dan pemberontakan antara tahun 1948 1965, dalam bentuk tulisan.

C. Tujuan PembelajaranSetelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:1. Memahami tentang proses integrasi dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.2. Menjelaskan upaya mempertahankan integrasi NKRI melalui kekuatan bersenjata dan diplomasi, serta3. Menjelaskan sejumlah tantangan dan hambatan dalam bentuk pemberontakan dalam negeri yang mengancam integritas Negara.

D.Materi Pembelajaran :1. Proses Integrasi dan Pembentukan Negara Republik IndonesiaProses integrasi Indonesia diawali dengan pernyataan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Setelah berlangsungnya kemerdekaan, segera dibentuklah kelengkapan Negara seperti kabinet, Komite nasional Indonesia Pusat, dan Badan Keamanan Rakyat melalui siding-sidang PPKI yang berlangsung secara terus menerus sejak 18 hingga 21 Agustus 1945.2. Mempertahankan Integritas dan kedaulatan Negara republik IndonesiaSalah satu faktor penghambat proses integrasi Negara Republik Indonesia adalah besarnya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang merongrong keutuhan dan persatuan bangsa.3. Hubungan Kausalitas Kebijakan Politik dan Pemberontakan antara Tahun 1945-1950Hal-hal yang menjadi pemicu dari terjadinya pemberontakan antara tahun 1945-1950 karena didorong oeh adanya kelompok-kelompok yang ingin membentuk Negara sendiri terlepas dari Negara kesatuan Republik Indonesia, mempertahankan bentuk Negara federal, dan keengganan kesatuan tentara APRIS dibeberapa Negara bagian untuk bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia.4. Revolusi SosialRevolusi ini umumnya terjadi sebagai bentuk pelampiasan amarah atau kebencian-kebencian terhadap kaum bangsawan (pangreh praja) dan polisi yang dinilai sebagai antek penjajah.

E. Metode Pembelajaran Metode pembelajaran yang digunakan adalah:1. Diskusi2. Tanya Jawab3. Penugasan (membuat resume/rekonstruksi yang sudah dipelajari)

F. Media, Alat, Sumber Pembelajaran 1. Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII 2. Buku-buku penunjang yang relevan3. Media massa cetak/ elektronik4. Gambar peristiwa PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI/Permesta, G-30-S/PKI 5. Peta Indonesia 6. Media/sumber lain yang tersedia

G. Karakter Kebangsaan1. Cinta Tanah AirKemerdekaan yang didapat dan dipertahankan dengan susah payah dapat membuat siswa menghargai arti sebuah kemerdekaan. Sikap menghargai kemerdekaan dapat ditunjukkan oleh siswa dengan cinta terhadap tanah iar. Contohnya menjaga kelestarian alam Indonesia dan belajar dengan giat agar dapat membangun tanah air menjadi Negara yang maju tanpa menghilangkan kepribadian bangssa yang berbudaya, ramah, dan santun.2. Rasa NasionalismePerjuangan mempertahankan kemerdekaan memotivasi rasa nasionalisme siswa. Rasa nasionalisme sangat berperan agar siswa dapat mencintai bangsa dan membuat karya yang nantinya akan membanggakan bangsa dan Negara.

H. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan IKEGI-ATANURAIAN KEGIATANALOKASI WAKTU

Kegiatan GuruKegiatan Siswa

PENDAHULUAN Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.

Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan.

Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya.

Memberikan motivasi tentang pentingnya belajar sejarah.

Guru menggali pengetahuan siswa mengenai Perjuangan Mempertahankan Integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.

Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.

Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas.

Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.

Siswa mencoba mengomunikasikan pengetahuannya mengenai Perjuangan Mempertahankan Integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia. 15 menit

INTI Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) buku text tentang Proses Integrasi dan Pembentukan Negara Republik Indonesia

Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

Guru menugaskan siswa untuk membuat analisis mengenai Proses Integrasi dan Pembentukan Negara Republik Indonesia.

Guru meminta siswa untuk memaparkan hasil analisisnya di depan kelas.

Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa. Siswa mengamati buku text tentang Proses Integrasi dan Pembentukan Negara Republik Indonesia.

Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi mengenai Proses Integrasi dan Pembentukan Negara Republik Indonesia.

Siswa mengomunikasikan dengan cara memaparkan hasil analisisnya di depan kelas.

Siswa menyimak dan memahami dengan baik mengenai umpan balik yang diberikan oleh guru.

150 menit

PENUTUP Guru memberikan penguatan mengenai materi yang sedang dipelajari.

Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi yang sedang dipelajari.

Guru meminta siswa untuk memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran.

Guru memberikan pekerjaan rumah individu.

Guru menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini. Siswa menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian.

Siswa menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajara ini (postes).

Siswa mencoba mengkomunikasikan hasil pengetahuannya mengenai materi yang sudah dipelajari.

Siswa mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini. 15 menit

Pertemuan IIKEGI-ATANURAIAN KEGIATANALOKASI WAKTU

Kegiatan GuruKegiatan Siswa

PENDAHULUAN Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar.

Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.

Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat.

Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan.

Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya.

Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang pertemuan sebelumnya. Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.

Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.

Siswa memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.

Siswa menyimak dan menanyakan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti.