Rpp Sejarah Peminatan Kelas x1 Semester 1

download Rpp Sejarah Peminatan Kelas x1 Semester 1

of 70

  • date post

    04-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    150
  • download

    12

Embed Size (px)

description

RPP

Transcript of Rpp Sejarah Peminatan Kelas x1 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP : 01)SEKOLAH : SMA N 1 PADANG SAGOMATA PELAJARAN : Sejarah KELAS / SEMESTER : X1 / IMATERI POKOK Kerajaa-Kerajaan Besar Indonesia Pada Masa Kekuasaan Hindu Buddha Dan Islam

ALOKASI WAKTU : 1 x pert (4x45 menit)

A. Kompetensi Inti :

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar1.1Menghayati nilai-nilai peradaban dunia yang menghargai peradaban sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa2.1Mengembangkan sikap jujur,rasa ingin tahu,tanggung jawab,peduli,santun,cinta damai,dalam mempelajari peristiwa sejarah sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.2.2Menunjukan sikap cinta tanah air ,,nilai-nilai rela berkorban,dan kerja sama yang dicontohkan para pemimpin pada masa pergerakan nasional,meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia3.1Menganalisis sistem pemerintahan,sosial,ekonomi,dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Budha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini.

Indikator

1Pengaruh sistem politik pemerintah kerajaan-kerajaan Hindu-Budha bagi kehidupan Bangsa Indonesia,2Pengaruh sistem perekonomian kerajaan-kerajaan Hindu-Budha bagi kehidupan Bangsa Indonesia.3.Pengaruh sistem sosial budaya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha bagi kehidupan Bangsa Indonesia.

C. Tujuan PembelajaranMelalui mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat :1. Sikap1. Menerima pengaruh sistem politik pemerintah kerajaan-kerajaan Hindu-Budha bagi kehidupan Bangsa Indonesia2. Menerima pengaruh sistem perekonomian kerajaan-kerajaan Hindu-Budha bagi kehidupan Bangsa Indonesia.3. Menerima pengaruh sistem sosial budaya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha bagi kehidupan Bangsa Indonesia.2. Pengetahuan1.Menyebutkan nama-nama kerajaan besar Hindu-Buddha di Indonesia dengan tepat2.Peserta didik dapat menguraikan perkembangan kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha di Indonesia dengan baik dan benar.3Pesertadidik dapat menjelaskan aspek-apek politik pemerintah masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan .besar Hindu-Buddha di Indonesia dengan benar4.Peseta didik dapat menjelaskan kehidupan ekonomi,sosial dan budaya masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha di Indonesia dengan benar5.Peserta didik dapat mendeskripsikan pengaruh kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha di Indonesia pada masa sekarang dengan benar.3. Ketranpilan

1.Membuat laporan tertulis tentangPengaruh Kerajaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan Bangsa Indonesia,

D. Materi PembelajaranPengaruh Kerajaan Hindu-Buddha Terhadap Kehidupan Bangsa Indonesia.

E. Metode, Pendekatan, dan Strategi Pembelajaan

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasanPendekatan : SaintifikStrategi : Diskusi bebas

F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran1. Media : LCD : Internet, : Spidol dan white board2. Alat dan Bahan :

3. Sumber Pembelajaran :

a. Syukur, Abdul, Rudi Gunawan, Nana Supriyatna, dan Achmad Sunyayadi. (2013).Modul Sejarah Peminatan SMA kelas X1. Tangerang : Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Dirjen Kebudayaan , Kemendikbud.b. Notosusanto, Nugroho.2006. Mengerti Sejarah.Jakarta : UI-Press.c. Suparmin,Indah Sawitri,Tri Yunianto,Sejarah X1 Peminatan,Mediatama

G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan : 1 (satu)

KegiatanDekripsiAlokasi Waktu

Pendahuluan Mengucapkan salam, berdoa bersama, dan mengabsen kehadiran siswa,

Memberi Motivasi peserta didik dengan menayangkan gambar-gambar tentang yang berhubungan dengan budaya peninggalan-peninggalan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha.

Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan 1 yaitu ; Melalui mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat (1) mendeskripsikan pengaruh sistem politik pemerintahan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha bagi kehidupan bangsa Indonesia, (2) Mendeskripsikan pengaruh sistem perekonomian kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha bagi kehidupan Bangsa Indonesia. (3) mendeskripsikan pengaruh sistem sosial budaya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha bagi kehidupan Bangsa Indonesia.

Menyampaikan teknis pembelajaran pertemuan 1, yaitu diskusi bebas dengan teman sebangku dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan tertib dan penugasan individu dalam bentuk catatan hasil diskusi.30menit

KegiatanIntiMengamati Membaca buku teks sejarah kelas X1 peminatan tentang ;Pengaruh Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha Terhadap Kehidupan Bangsa Indonesia.

peserta didik melihat tayangan gambar-gambar tentang penelitian dan pengalian situs-situs sejarah

Menanya

Dalam kegiatan diskusi siswa bertanya dengan teman sebangku, atau teman sekelas lainya tentang materi yang disajikan

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai sistem pemerintah,sosial,ekonomi dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada masyarakat indonesia masa kini,melalui bacaan dan sumber lain yang tersedia.

Mengasosiasikan Menganalisis informasi dan data yang didapat dari bacaan dan sumber lain yang terkait mengenai sistem pemerintahan,sosial,ekonomi dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyakat Indonesia masa kini.

MengkomunikasikanMembuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan atau media lain mengenai sistem pemerintahan,sosial,ekonomi dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

120menit

Penutup Siswa dengan guru meberikan penekanan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan materi yang dipelajari dalam pembelajaran

Memberikan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran pertemuan I, terutama hal-hal yang kurang berkenan sebagai masukan untuk perbaikan dalam pertemuan 2.

Memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan 2 adalah membahas tentang sejarah sebagai seni, fiksi dan mitos dalam sejarah dan tema kajian ilmu sejarah.30menit

H. Penilaian1. Jenis / teknik Penilaiana. Tes : Uraian ( soal terlampir )b. Non Tes : Observasi, Tugas, Portopolio, ( lihat lampiran )

lampiran 1 : Instrumen Penilaian1. Proses PembelajaranNo.Nama Siswa Aspek yang Dinilai

Tanggungjawab Keuletan Toleransi Kerjasama Gagasan

1ALFIN ARINDI

2ALFONSIUS SANTOSA

3AMELIA FRANSISKA

4ANDRE MUHAR NUGRAHA

5ARIF FUDANI

6\AYOUNG ANRI

7BENARDI WIRANATA

8CINDY AULIA BHENNY

9DITA KURNIATI

10EFRONI ZEBUA

11FERRY ELI

12GEOFANNY RAHMA S

13JANURIANTI

14KRISTIAN HARTANTO

15NATALIA ANITA DAWOLO

16OKTAVIANDRA LAOLI

17RISKY FERNANDO

18SENDU MAI LALA

19TOMMI RUSADI

20WULAN RIZKY ANGGYNA

21TITIK SUNDARI

22ILHAM EFFENDI

23MONA MAIZOLA YOLANDA

24WILLY AULIA RAMLI

25KUDUS SELAMAT

Kriteria Penilaian: Rentang nilai skala 1 -4 1 = kurang2 = cukup3 = baik4 = sangat baik

1. TesJawablah pertanyaan dibawah ini dengan ringkas dan tepat !1.Jelaskan proses lahirnya agama Hindu Dan Buddha !2.Jelaskan kitab dan ajaran-ajaran agama Hindu dan Buddha!.1. Jelaskan pengaruh sitem politik pemerintahan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha bagi kehidupan bangsa Indonesia.2.Jelaskan ciri-ciri perekonomian pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia3. Uraikan kehidupan sosial masyarakat pada masa kerajaan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Padang Sago, juli 2014Mengetahi,Pendidik Mata Pelajaran Kepala sekolah

Drs.EdwarMukhlis,S.PdNIP. 195607211980031008NIP. 197303132006041005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP : 01)SEKOLAH : SMA N 1 PADANG SAGOMATA PELAJARAN : Sejarah KELAS / SEMESTER : X1 / IMATERI POKOK Kerajaa-Kerajaan Besar Indonesia Pada Masa Kekuasaan Hindu Buddha Dan Islam

ALOKASI WAKTU : 1 x pert (4x45 menit)

F. Kompetensi Inti :

1.Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.3.Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan proced