RPP KTSP Persamaan Garis Lurus

Click here to load reader

  • date post

    12-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    259
  • download

    54

Embed Size (px)

Transcript of RPP KTSP Persamaan Garis Lurus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)PERSAMAAN GARIS LURUS Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Oleh

Muryati

NIM 12030174062

Pendidikan Matematika 2012 C

Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jurusan Matematika

Universitas Negeri Surabaya

2015SilabusNama Sekolah

: SMP .........................Kelas

: VIIIMata Pelajaran: Matematika

Semester

: 1 (satu)Standar Kompetensi: 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.KOMPETENSI DASARMATERI PEMBELAJARANKEGIATAN PEMBELAJARANINDIKATORPENILAIANALOKASI WAKTUSUMBER BELAJAR

1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.Persamaan Garis Lurus Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dengan gradien tertentu Menentukan persamaan garis yang melalui dua titik Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar dengan garis lain Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan tegak lurus garis lain

Kognitif:1. Menentukan persamaan garis jika diketahui gradien dan koordinat satu titik yang dilalui2. Menentukan persamaan garis jika diketahui koordinat dua titik yang dilalui

Teknik:

Tes Tertulis

Bentuk:

Lembar kerja siswa

2 40menit Buku paket.

Buku referensi lain.

KOMPETENSI DASARMATERI PEMBELAJARANKEGIATAN PEMBELAJARANINDIKATORPENILAIANALOKASI WAKTUSUMBER BELAJAR

Afektif:Rasa Ingin Tahu

Teknik:

PengamatanBentuk:

Lembar penilaian perilaku berkarakter

Surabaya,April 2015 Mengetahui,

Kepala SMP (................................................ )

NIPGuru Mapel Matematika.

( ................................................ )

NIP.....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan: SMP ..Mata Pelajaran: Matematika

Kelas / Semester: VIII / 1 (satu)

Pertemuan ke

: 2Alokasi Waktu: 2 x 40 menitStandar Kompetensi:Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.Kompetensi Dasar: 1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.

Indikator: Kognitif1. Menentukan persamaan garis jika diketahui gradien dan koordinat satu titik yang dilalui.2. Menentukan persamaan garis jika diketahui koordinat dua titik yang dilalui. Afektif

Perilaku Berkarakter:Rasa ingin tahuI. Tujuan Pembelajaran Kognitif

1. Dengan memperhatikan penjelasan guru dan contoh soal siswa diharapkan dapat menentukan dengan benar persamaan garis jika diketahui gradien dan koordinat satu titik yang dilalui.2. Dengan memperhatikan penjelasan guru dan contoh soal siswa diharapkan dapat menentukan dengan benar persamaan garis jika diketahui koordinat dua titik yang dilalui. Afektif

Perilaku Berkarakter:

Dengan aktif bertanya dalam aktivitas pembelajaran, siswa diharapkan dapat menunjukkan perilaku ingin tahu II. Materi AjarPersamaan Garis Lurus (Lampiran 1)

Persamaan garis yang melalui satu titik dengan gradien tertentu. Persamaan garis yang melalui dua titik Persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar dengan garis lain Persamaan garis yang melalui satu titik dan tegak lurus garis lainIII. Model/Metode PembelajaranModel pembelajaran: Pembelajaran Langsung

Metode

: Ceramah, Pemberian tugas, Tanya jawabIV. Langkah-Langkah Pembelajarana. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)Fase 1: Klarifikasi tujuan dan memotivasi siswa1. Siswa dikondisikan untuk siap belajar dengan cara guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan apersepsi dan motivasi.Tujuan pembelajaran: Pada pertemuan ini kalian akan belajar tentang persamaan garis lurus. Setelah pembelajaran ini kalian diharapkan dapat menentukan persamaan garis lurus berdasarkan informasi yang diketahui.Apersepsi: Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu tentang gradien garis lurus dan sifat-sifatnya.Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang gradien garis lurus. Masih ingatkah kalian bagaimana menentukan gradien suatu garis? Bagaimanakah sifat-sifat gradien suatu garis?.

Motivasi: Persamaan garis lurus banyak diterapkan dalam bidang ilmu lain. Salah satunya adalah ilmu fisika. Beberapa formula dalam fisika dinyatakan dalam bentuk persamaan garis lurus.Contohnya kecepatan yang diformulasikan dengan v = vo+ at, merupakan bentuk persamaan garis lurus. Hukum Ohm yang menyatakan hubungan antara tegangan (V) dan arus listrik (I) juga dinyatakan dalam bentuk persamaan garis lurus, yaitu V=IR. Cobalah kalian cari contoh penggunaan bentuk persamaan garis lurus yang lainnya.b. Kegiatan Inti (60 menit)

Fase 2: Mempresentasikan pengetahuan atau mendemonstrasikan keterampilan1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang formula dan contoh untuk menentukan persamaan garis lurus jika diketahui gradien dan satu titik yang dilalui.2. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang formula dan contoh untuk menentukan persamaan garis lurus jika melalui dua titik.

3. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang formula dan contoh untuk menentukan persamaan garis lurus jika melalui suatu titik dan sejajar atau tegak lurus dengan garis lain yang diketahui persamaannya.

Fase 3 : Memberi latihan terbimbing4. Siswa mengerjakan latihan awal/latihan terbimbing (Lampiran 2)

5. Beberapa siswa mengejakan di papan tulis dengan bimbingan guru.Fase 4 : Mengecek pemahaman dan memberi umpan balik6. Siswa mengerjakan LKS (Lampiran 3) secara individu.7. Siswa diberi umpan balik mengenai pemahaman tentang materi yang sedang dipelajari.8. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya.9. Siswa diberi penjelasan kembali apabila ada materi yang belum dipahami.Fase 5 : Memberi latihan lanjutan dan transfer10. Siswa diberi latihan lanjutan berupa pekerjaan rumah (Lampiran 4).11. Kegiatan Penutup (10 menit)1. Siswa bersama guru melakukan refleksi tentang proses pembelajaran yang telah dilakukan.2. Siswa diberikan informasi tentang materi pertemuan selanjutnya yaitu sistem persamaan linier dua variabel.V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber:

1. Dris, J dan Tasari. 2011. Matematika Jilid 2 SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.

2. Buku referensi lain. Alat

Laptop, LCDVI. Penilaian KognitifLKS (Lampiran 3) AfektifLembar penilaian perilaku berkarakter (Lampiran 5)

Surabaya, April 2015

Lampiran 1Materi Ajar

Persamaan Garis Lurus

Setelah kalian mengetahui cara menentukan gradien suatu garis, sekarang kalian akan dikenalkan dengan cara menentukan persamaan suatu garis. Untuk itu, coba kalian perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini.1. Persamaan Garis dengan Gradien m dan Melalui (x1,y1)Gambar di samping menunjukkan sebuah garis lurus dengan gradien m dan melalui titik (x1,y1). Untuk menentukan persamaan garisnya, tentukanlah sebarang titik (x,y) yang terletak pada garis tersebut. Melalui kedua titik itu, gradien garisnya dapat ditentukan sebagai berikut.

Bentuk aljabar di atas dapat diubah menjadi seperti berikut.

Bentuk inilah yang merupakan persamaan garis lurus dengan gradien m dan melewati titik (x1,y1).Contoh:

Tentukanlah persamaan garis yang melalui P(3, 6) dengan gradien 5.

Penyelesaian:

P (3, 6) dan gradien 5 disubstitusikan ke y y1 = m (x x1), diperolehy y1 = m (x x1)y ( 6) = 5 (x 3)y + 6 = 5x 15

y = 5x 15 6

y = 5x 21Bentuk persamaan garis lurus di atas dapat disederhanakan menjadi seperti berikut.y y1 = m (x x1)y = mx + y1 mx1Perhatikan bahwa y1, m, dan x1 merupakan suatu bilangan (konstanta). Dengan demikian, nilai y1 mx1 dapat digantikan dengan konstanta misalkan c. Sehingga persamaannya menjadi y = mx + c. Bentuk persamaan y = mx + c juga dapat digunakan untuk mencari persamaan garis yang melalui titik (x1,y1) dengan gradien m.Contoh:

2. Persamaan Garis yang Melalui Titik A(x1,y1) dan B(x2,y2)Untuk menentukan persamaan garis yang melalui titik A(x1,y1) dan B(x2,y2) dapat ditentukan dengan menentukan gradiennya terlebih dahulu, kemudian menggunakan aturan y y1 = m (x x1). Jika gradien AB disubstitusikan ke m pada persamaan y y1 = m (x x1) maka didapat persamaany y1 = m (x x1) ;

Persamaan di atas dapat ditulis:

Inilah rumus persamaan garis yang melalui titik A(x1,y1) dan B(x2,y2).

Contoh:

3. Persamaan Garis yang Melalui (x1,y1) dan Sejajar Garis y = mx + c Pada subbab terdahulu telah dijelaskan bahwa dua garis sejajar memiliki nilai gradien yang sama. Gambar di samping memperlihatkan dua garis dengan persamaan y = m1x + c1 dan y = m2x + c2. Apabila kedua garis itu sejajar maka m1= m2. Misalkan kita ingin menentukan persamaan garis yang melalui titik (x1,y1) dan sejajar dengan garis k. Persamaan garis yang ingin kita cari pasti memiliki gradien yang sama dengan garis k, yaitu m1 karena kedua garis sejajar. Dengan demikian, kita dapat sebuah titik (x1,y1) dan gradien m1. Melalui sebuah titik dan gradien, kita dapat menentukan persamaan garisnya dengan menggunakan persamaan yang telah dijelaskan sebelumnya.Contoh:

4. Persamaan Garis yang Melalui (x1,y1) dan Tegak Lurus Garis y = mx + c

Pada subbab sebelumnya telah dijelaskan bahwa dua garis akan saling tegak lurus apabila perkalian gradiennya sama dengan 1. Gambar di samping memperlihatkan dua garis dengan persamaan y = m1x + c1 dan y = m2x + c2. Apabila kedua garis tersebut saling tegak lurus maka memenuhi hubungan berikut.

Misalkan kita ingin mencari persamaan garis yang melalui titik (x1,y1) dan tegak lurus garis k. Persamaan garis yang akan kita cari pasti memiliki gradien . Dengan demikian, kita dapati sebuah titik (x1,y1) dan gradien . Melalui sebuah titik (x1,y1) dan gradien kita dapat menentukan persamaan garisnya menggunakan perumusan yang telah di