Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

172
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) No : 1 Sekolah : SMP Negeri 1 Petang Mata Pelajaran : IPA (Fisika) Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1 Materi Pokok : Besaran dan Satuan Standar Kompetensi 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda- benda alam dengan menggunakan peralatan. Kompetensi Dasar 1.1. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya Indikator Mengidentifikasi besaran – besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif) Menuliskan pengertian besaran pokok dan turunan. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat,rasa ingin tahu) Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu secara sederhana (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif) Menggunakan satuan internasional dalam pengukuran. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, teliti, tanggung jawab) Melakukan konversi satuan besaran turunan. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif) Waktu : 4 Jam Pelajaran (2x Pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat mengelompokkan dan menentukan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari ke dalam besaran pokok dan besaran turunan 2. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat mendefinisikan tentang pengertian besaran dan satuan 3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

description

Rpp IPA kls VIII

Transcript of Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Page 1: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )No : 1

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Fisika)Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1Materi Pokok : Besaran dan Satuan

Standar Kompetensi1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan

menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar1.1. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

Indikator Mengidentifikasi besaran – besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari (Nilai

pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif) Menuliskan pengertian besaran pokok dan turunan.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat,rasa ingin tahu) Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu secara sederhana

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif) Menggunakan satuan internasional dalam pengukuran.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, teliti, tanggung jawab) Melakukan konversi satuan besaran turunan.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif)

Waktu : 4 Jam Pelajaran (2x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat mengelompokkan dan menentukan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari ke dalam besaran pokok dan besaran turunan

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat mendefinisikan tentang pengertian besaran dan satuan

3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu

5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mengkonversi satuan luas, volume, dan kecepatan

B. Materi Pembelajaran: Besaran dan Satuan Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka-angka.

Ada dua macam besaran, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak dijabarkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok seperti telihat pada tabel berikut :

Tabel besaran Pokok dan satuannya dalam SINo. Besaran Satuan Lambang Satuan1.2.3.4.5.

PanjangMassaWaktuSuhuKuat arus

Meterkilogramsekonkelvinampere

mkgska

Page 2: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

6.7.

Intensitas cahayaJumlah zat

kandelamol

cdmol

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya berasal dari dua atau lebih satuan besaran pokok.

Tabel Besaran turunan dan satuannya dalam SINo. Besaran Satuan Lambang Satuan1.2.3.4.5.6.

7.8.

LuasVolumeKecepatanGayaUsahaMassa jenis

DayaTekanan

meter persegimeter kubikmeter per sekonnewtonjoulekilogram per meter kubikwattpascal

m2

m3

m/snjkg/m3

WPa

Satuan adalah segala sesuatu yang berfungsi sebagai pembanding pada suatu besaranAda dua jenis satuan, yaitu satuan baku dan satuan tidak baku.

Tabel satuan baku dan tidak baku dalam berbagai besaran tertentuNo. Besaran Satuan tidak baku Satuan baku1.2.3.

4.

PanjangMassaWaktu

Volume

Jengkal,hasta, lidiPikulSesaat, sepenak nasiSatu gelas, kaleng

mkg, grams, jam, menit

m3, liter

Satuan baku terdiri atas dua sistem, yaitu sistem cgs (cm, gram, sekon) dan sistem mks (m, kg, sekon). Sedangkan Satuan Internasional (SI) diadopsi dari satuan mks.Syarat-sayarat satuan :

- mudah ditiru- bersifat tetap- bersifat internasional

Pengukuran adalah proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain ( sejenis) yang dipakai sebagai satuan.Menggunakan satuan internasional dalam pengukuran, contohnya :Mengukur panjang meja dalam satuan meter, mengukur massa balok dalam satuan kg, mengukur suhu dalam satuan Kelvin.

C. Metode Pembelajaran: 1. Model : - Direc intruction (DI) - Kooperatif learning

2. Metode: - Diskusi informasi - Diskusi kelompok

D. Langkah- langkah Kegiatan :Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

10 menit

Page 3: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Besaran dan satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai besaran dan Satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum Besaran dan satuan pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan

tentang indentifikasi besaran-besaran fisika beserta satuannya (bahan diskusi tersedia), pengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan secara kreatif.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar, dan bersama-sama merumuskan pengertian besaran, satuan, besaran pokok dan besaran turunan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tentang macam-macam besaran pokok dan besaran turunan, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan dengan kreatif.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif,

15 menit

20 menit

15 menit

Page 4: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

dan tanggung jawab)- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok

yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Besaran dan Satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A no.1 – 10(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Besaran dan Satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Besaran dan satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum Konversi satuan pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

Page 5: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB

tentang konversi satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang besaran dan satuan pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang konversi satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, mandiri, kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajara. Buku siswab. LKSc. Buku Referensi

F. Penilaian Hasil Belajara. Teknik penilaian:

- Tes tertulis , tes unjuk kerja b. Bentuk instrumen:

- PG, Isian, pengamatan

Page 6: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

c. Contoh instrumen:

Tes Tertulis (Pilihan Ganda)

Pilih salah satu jawaban yang benar!1. Besaran di bawah ini merupakan besaran pokok, kecuali ……….

A. waktu dan suhu C. massa dan suhu B. luas dan volume D. panjang dan massa

2. Seseorang mengukur panjang ruang kelas. Artinya, orang tersebut membandingkan …..A. besaran volume dengan satuan meter

B. besaran panjang dengan satuan meter C. besaran meter dengan satuan panjang D. besaran luas dengan satuan meter3. Besaran turunan yang diturunkan dari besaran panjang dan waktu adalah

A. kecepatan C. volume B. tekanan D. massa jenis

4. Berikut ini yang merupakan kelompok besaran pokok, adalah ………. A. kecepatan, massa dan massa jenis B. kuat arus, panjang, dan suhu C. luas, kecepatan, dan waktu D. volume, panjang dan waktu

5. Komang dapat melakukan lompatan sejauh 3,6 meter. Pada pernyataan tersebut yang dimaksud dengan besaran adalah …..A. lompatan C. 3,6B. sejauh D. meter

6. Di bawah ini yang merupakan satuan besaran pokok dalam SI adalah A. m, kg, dan s C. m, g, dan sB. cm, g, dan s D. cm, kg, dan s

7. Besaran di bawah ini merupakan besaran turunan, kecuali ……….A. waktu C. volumeB. luas D. massa jenis

8. Diketahui panjang papan tulis 2,5 langkah kaki. Yang merupakan besaran adalah …..A. langkah C. panjangB. kaki D. 2,5

9. Besaran turunan kecepatan yang satuan dalam SI adalah …..A. m/s C. m/jamB. cm/s D. km/jam

10. Diketahui massa batu 1500 gram. Angka 150 dinamakan ……A. pengukuran C. besaran

B. satuan D. nilai besaran

Page 7: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN TES PILIHAN GANDAMATAPELAJARAN : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannyaKelas / Semester : VII / 1

       

   Butir soal dan skor perolehan Sk

orPero-lehan

NilaiKMM

Tun

tas

Tid

aktu

ntas

Ket1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 Skor

maksimum10

10 10 10 10 10 10 10 10 10 76

No Nama          

1              2              3              4              5              6              7              8              9              10              11              12              13              14              15              16              17              18              19              20              21              22              23              24              25              

Jumlah            Rata-rata              Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = jumlah skor perolehan

Tes Tertulis (Isian)

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Panjang jalan 3.725 cm, nilainya sama dengan ..........................m2. Satuan pengukuran panjang besarnya 7500 mm. Bila dinyatakan dalam satuan SI

nilainya sama dengan ........3. Satuan pengukuran waktu besarnya 5 menit. Bila dinyatakan dalam satuan SI

nilainya sama dengan ...............

Page 8: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

4. Satuan pengukuran massa besarnya 1500 mg, nilainya sama dengan ............. kg

5. Massa sebuah benda sebesar 1 ton.. Bila dinyatakan dalam satuan SI adalah nilainya sama dengan .....……

PENILAIAN TES ISIANMata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannyaKelas / Semester : VII / 1

Butir soal dan Skor perolehan

Jml s

kor

pero

leha

n

Nil

ai

Ket

unta

san Ketuntasan

1 2 3 4 5 Ya Tidak

Skor maksimum 20 20 20 20 20 70No Nama Siswa12345678910111213141516171819

JumlahRata-rata

Daya serapKetuntasanNilai : jumlah skor yang diperoleh

Tes Tertulis (Isian)Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Persegi mempunyai luas 1.500 cm2, nilainya sama dengan ...........m2.2. Volume bola basket 10 dm3, nilainya sama dengan ............m3

3. Luas bidang tanah 0,5 m2, nilainya sama dengan ...............cm2 4. Sebuah mobil mengangkut batu kapur kecepatan 60 km/jam, nilainya

sama dengan ...............m/s.5. Galon dapat menampung air mineral 18 liter sama dengan............. cm3

Page 9: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN TES TERTULIS (Isian)Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannyaKelas / Semester : VII / 1

No Nama Siswa

Butir soal dan Skor perolehan

Jml s

kor

pero

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aks

Ketuntasan

1 2 3 4 5 Ya Tidak

Skor maksimum 20 20 20 20 20 70123456789101112131415

JumlahRata-rataDaya serapKetuntasan

Nilai = jumlah skor perolehan

Uji Petik Kerja :Tujuan : Mengukur dengan satuan m, inchi, dan cmAlat :- penggaris dengan satuan m, inchi dan cmBahan :- Buku- Meja- Kursi- Papan absen- PensilCara Kerja :Ukurlah dengan mengunakan mistar panjang benda-benda yang ada di kelasmu seperti, buku, meja, kursi, pensil dan papan absen. Hasil pengukuran benda-benda tersebut kamu simpan di dalam tabel buku tagihanmu !

Nama benda Centimeter Inchi MeterBuku

Papan absenMejaKursiPensil

Page 10: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Bandingkan hasil pengukuranmu dengan hasil pengukuran temanmu !a. Apakah hasil pengukuranmu sama ?b. Satuan manakah yang paling praktis untuk kalian gunakan dalam kehidupan sehari-

hari ? Jelaskan alasanmu !Penilaian Uji Petik Kerja :

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r p

ero

lleha

n

Nila

i Ke

tun

tasa

n M

inim

um

Tu

ntas

Tid

ak

tunt

as

Keb

ers

amaa

n d

ala

m

kelo

mpo

k

Me

laku

kan

keg

iata

n d

enga

n

pros

edur

ya

ng

ben

ar

Me

mpe

role

h d

ata

dar

i pe

rcob

aan

Me

mbu

at k

esi

mpu

lan

de

nga

n be

nar

  Skor maksimum 20 20 20 40 100No Nama          

1              2              3              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap (%)             Ketuntasan            

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Besaran dan SatuanNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

12

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Page 11: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 12: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )No : 2

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Fisika)Kelas / Semester : VII (tujuh)/SemesterMateri Pokok : PengukuranWaktu : 4 Jam Pelajaran (4x Pertemuan)

Standar Kompetensi1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan

menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar 1.2 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan

alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Indikator 1. Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar

( Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, ingin tahu, percaya diri )2. Mengukur massa dan volume batu dengan alat yang sesuai

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin, tanggungjawab )Waktu : 4 Jam Pelajaran (4x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang pengukuran dengan satuan baku dan tak baku

2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat melakukan pengukuran dengan satuan baku dan satuan tak baku

3. Melalui praktek LAB, peserta didik dapat melakukan eksperimen untuk mengukur volume benda dengan alat ukur yang sesuai

4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran

B. Materi Pembelajaran: PengukuranMengukur adalah membandingkan suatu besaran dengan besaran lain.Pengukuran dengan satuan baku :1. Pengukuran panjang, contoh : meter, kilometer dengan menggunakan alat ukur

mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup2. Pengukuran massa, contoh : kilogram, gram dengan alat ukur neraca3. Pengukuran suhu, contoh : celcius dengan alat ukur termometer4. Pengukuran waktu, contoh : menit, jam dengan alat ukur stopwatch Pengukuran dengan satuan tidak baku :1. Pengukuran panjang, contoh : hasta, langkah kaki , jengkal2. Pengukuran massa, contoh : pikul3. Pengukuran waktu, contoh : jam pasir, matahari Pengukuran massa dan volume batu atau benda yang tidak beraturan, yaitu dengan menggunakan gelas ukur dan gelas pancur.

C. Metode Pembelajaran: 1. Model : - Direc intruction (DI) - Kooperatif learning

2. Metode: - Diskusi kelompok

Page 13: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Eksperimen - Demonstarsi

D. Langkah- langkah Kegiatan :

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pengukuran .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pengukuran pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan

pengertian pengukuran, satuan baku dan satuan tak baku, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru mempresentasikan pengukuran tentang satuan baku dan tak baku(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif,

15 menit

20 menit

15 menit

Page 14: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

dan tanggung jawab)- Guru mendemontrasikan cara menggunakan alat ukur

yang baku dan tak baku (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Setiap kelompok mempersiapkan beberapa alat ukur yang baku dan tak baku, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan alat ukur tersebut yang benar(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara menggunakan alat-alat yang telah disiapkan (penggaris, jengkal, pensil/bolpoint, dan buku)(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A no.1 – 10(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

10 menit

Page 15: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru memberikan motivasi tentang Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum Konversi satuan pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan ingin tahu)

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB tentang

konversi satuan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan ingin tahu)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan komunikatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan ingin tahu)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Pengukuran pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggungjawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan komunikatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

Page 16: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajara. Buku siswab. LKSc. Buku Referensid. Alat-alat praktikum

F. Penilaian Hasil Belajara. Teknik penilaian:

- Tes unjuk kerja- Tes sikap

b. Bentuk instrumen:- Uji petik kerja prosedur

c. Contoh instrumen: - Instrumen tes uji petik kerja prosedur:

LEMBAR KERJA SISWATes uji petik kerja prosedur

Konsep : Mengukur panjang suatu bendaAlat dan bahan :

1. meja belajar2. buku3. pensil/bolpoint4. jengkal tangan5. mistar

Urutan Kerja :1. Ukurlah panjang meja belajar siswa dengan menggunakan alat-alat ukur tersebut

satu demi satu!2. Catatlah hasil pengukuran ke dalam tabel berikut1

No Alat Ukur Hasil Pengukuran1234

buku tulispensil/bolpointjengkalmistar

........................................

........................................

........................................

........................................

Page 17: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Diskusikan!1. a. Bagaimanakah hasil pengukuran panjang meja dengan alat-alat tersebut?

Samakah hasilnya? Mengapa?b. Bandingkan hasil pengukuranmu dengan pengukuran temanmu1 Samakah!

Mengapa?2. Dari hasil perbandingan pengukuran tersebut, bedakan manakah yang merupakan

satuan baku dan satuan tidak baku!3. Sebutkan syarat-syarat satuan yang baik?4. Buatlah laporan dan kesimpulan dari hasil kegiatan kalian!

Rubrik :

No. Aspek Skor

1. Menggunakan alat dengan benar 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 40 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 20

Jumlah skor 100

PENILAIAN TES UJI PETIK KERJA PROSEDUR

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan

alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Kelas / Semester : VII / 1

Aspek

Sko

r P

erol

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Ketuntasan

Men

ggun

akan

ala

t den

gan

bena

r

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an p

rose

dur

yang

Mem

pero

leh

data

dar

i pe

rcob

aan

Mem

buat

kes

impu

lan

deng

an b

enar

Ya Tidak

Skor Maksimum 20 40 20 20No Nama Siswa1

2

3

4

5

6

7

8

9

Page 18: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

10

11

Jumlah

Rata-rata

Daya serap

Ketuntasan

Nilai = jumlah skor perolehan

LEMBAR KERJA SISWATes uji petik kerja prosedur

Konsep : Mengukur volume benda Alat dan Bahan :

1. penggaris atau meteran2. gelas berpancuran3. gelas ukur4. benda-benda padat di sekitar kalian5. alat tulis untuk mencatat

Urutan Kerja1. Ukurlah (panjang, lebar, tinggi atau diameter) benda-benda padat yang

beraturan. Catat baik-baik hasil pengukuran kalian.2. Ukurlah volume benda-benda padat yang tidak beraturan. Gunakan cara

mengukur volume benda dengan gelas berpancuran / gelas ukur yang telah disediakan.

3. Catat baik-baik hasil pengukuran kalian dalam tabel berikut:Benda Beraturan

No Nama Benda Volume1.2.3.4.5.6.

PenghapusLemariKotak kapurKardusKaleng roti.............

Benda Tidak Beraturan

No Nama Benda Volume1.2.3.4.5.6.

BatuPecahan gentingPecahan batu bataRanting pohonPotongan kayu.....................

Diskusi :1. Benda beraturan manakah yang volumenya paling besar?2. Benda beraturan manakah yang volumenya paling kecil?3. Benda tidak beraturan manakah yang volumenya paling besar?4. Benda tidak beraturan manakah yang volumenya paling kecil?5. Buatlah laporan dan kesimpulan dari hasil kegiatan kalian kemudian

prsentasikan di kelas.

Page 19: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Rubrik Penilaian :

No. Aspek Skor

1. Menggunakan alat dengan benar 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 40 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 20

Jumlah skor 100

PENILAIAN UJI PETIK KERJA PROSEDUR

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan

alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Kelas / Semester : VII / 1

Aspek

Sko

r P

erol

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

umKetuntasan

Men

ggun

akan

ala

t de

ngan

ben

ar

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an p

rose

dur

yang

be

nar

ben

ar

Mem

pero

leh

data

dar

i pe

rcob

aan

Mem

buat

kes

impu

lan

deng

an b

enar

Ya Tidak

Skor Maksimum 20 40 20 20 75No Nama Siswa1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Jumlah

Rata-rata

Daya serap

Ketuntasan

Nilai = jumlah skor perolehan

Page 20: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Rubrik penilaian sikap dalam praktek PengukuranNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 21: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )No : 3

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Fisika)Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1Materi Pokok : Suhu dan Pengukuran

Standar Kompetensi1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan

menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar1.3. Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

Indikator 1. Mendefinisikan suhu dan alat ukurnya serta menyebutkan 4 jenis termometer

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, ingin tahu) 2. Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, ingin tahu) 3. Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, disiplin) 4. Membandingkan skala termometer Celcius dengan termometer yang lain

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, ingin tahu) Waktu : 4 Jam Pelajaran (2x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu memahami dan menjelaskan pengertian suhu dan alat ukurnya

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan 4 jenis termometer 3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memahami cara menggunakan

termometer untuk mengukur suhu zat4. Melalui praktek LAB peserta didik mampu melakukan percobaan untuk membuat

termometer sederhana5. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membaca skala pada termometer

Celcius6. Melalui metode ceramah, peserta didik membandingkan skala pada termometer

Celcius dan termometer Fahrenheit

B. Materi Pembelajaran: Suhu dan PengukuranSuhu adalah derajat panas suatu benda. Alat ukur suhu yang teliti adalah termometer.

Berbagai macam alat pengukur Suhu, antara lain :- termometer klinik- termometer demam- termometer ruang- termometer maksimum-minimumBerdasarkan skalanya, termometerdibedakan menjadi empat jenis, yaitu :- termometer Celcius- termometer Reamur- termometer Fahrenhait- termometer KelvinMembandingkan skala termometer :

Page 22: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

C : R : (F-32) : K = 5 : 4 : 9 : 5Contoh : 35 oC =.........oF

F = = = 95oF

C. Metode Pembelajaran: 1. Model : - Direc intruction (DI) - Kooperatif learning 2. Metode: - Diskusi kelompok - Eksperimen D. Langkah- langkah Kegiatan :

Pertemuan I No.

Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Suhu dan Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Suhu dan Pengukuran .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pengukuran pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan

pengertian suhu, alat ukurnya serta 4 jenis termometer, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

15 menit

Page 23: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Setiap kelompok diberikan sebuah termometer suhu badan, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan termometer yang benar(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat termometer sederhana dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan (termometer tak berskala, gelas piala, kaki tiga + kassa, air, es batu, kompor spirtus)(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Suhu dan pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggungjawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggungjawab, mandiri)

20 menit

Pertemuan IINo.

Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin

10 menit

Page 24: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

dan peduli sosial)- Guru memberikan motivasi tentang Suhu dan

Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

2 Kegiatan Inti Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Suhu dan Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum Suhu dan pengukuran pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan komunikatif)

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB tentang

suhu dan pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Suhu dan Pengukuran pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan mandiri, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat 20 menit

Page 25: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

rangkuman hasil diskusi tentang Suhu dan Pengukuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajara. Buku siswab. LKSc. Buku Referensid. Alat-alat praktikum

F. Penilaian Hasil Belajara. Teknik penilaian:

- Tes tertulis - Tes unjuk kerja- Tes sikap

b. Bentuk instrumen:- Isian - PG- Uji petik kerja prossedur dan produk

c. Contoh instrumen: - Instrumen tes isian :

Jumlah soal : 5Skor per soal : 20Nilai : jumlah skor yang diperoleh

Tes Isian

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Ukuran panas-dinginnya suatu benda disebut ...................2. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu zat adalah ...................3. Suhu merupakan besaran fisika, termasuk dalam besaran ..............4. Satuan suhu dalam SI adalah ................5. Berdasarkan penemunya, kita mengenal berbagai jenis alat ukur suhu

yaitu .............., ..................., ................, dan ..........................

Page 26: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN TES ISIAN

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannyaKelas / Semester : VII / 1

No Nama Siswa

Butir soal dan Skor perolehan

Jml s

kor

pero

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Ketuntasan

1 2 3 4 5 Ya Tidak

Skor maksimum 20 20 20 20 20 701

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Jumlah

Rata-rata

Daya serap

Ketuntasan

Nilai = jumlah skor perolehan

Tes Tertulis PG

Pilih salah satu jawaban yang benar!1. Bila termometer Celcius menunjuk angka 25 derajat maka termometer Fahrenheit

menunjukkan angka ....a. 41 derajat F c. 45 derajat Fb. 45,3 derajat F d. 77 derajat F

2. Suhu suatu benda 10oc, jika dinyatakan dalam sistem internasional besarnya adalah .................

a. 212 K c. 273 Kb. 283 K d. 310 K

3. Suhu suatu benda 122oF. Bila diukur dengan skala celcius adalah ....a. 323oC c. 122 oCb. 50 oC d. 40 oC

4. Suhu es yang sedang mencair adalah 0oC, maka angka yang ditunjukkan oleh skala kelvin ...................

a. 273 K c. 300 Kb. 373 K d. 473 K

5. Suhu nol mutlak adalah sama dengan ....................a. 0 oC c. 273,15 oCb. -272 oC d. 36 oC

Page 27: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN TES TERTULIS (PG)

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannyaKelas / Semester : VII / 1

No Nama Siswa

Butir soal dan Skor perolehan

Jml s

kor

pero

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Ketuntasan

1 2 3 4 5 YaTida

k

Skor maksimum 20 20 20 20 20 701234567891011

JumlahRata-rata

Daya serapKetuntasan

Nilai = jumlah skor perolehan

LEMBAR KERJA SISWATes Uji petik kerja prosedur dan produk:

Konsep : Membuat Termometer SederhanaAlat dan Bahan :

1. botol erlenmeyer / gelas piala2. sumbat karet3. pipa kaca / termometer tak berskala4. air yang diberi pewarna

Urutan Kerja1. Siapkan alat-alat yang disebutkan di atas2. Isilah botol erlenmeyer dengan air berwarna, kemudian susunlah alat-alat

tersebut seperti gambar di bawah ini.

Pipa kaca

sumbat

rongga udara

Page 28: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Botol Erlenmeyer air berwarna

3. Tiuplah ujung pipa kaca, hingga udara di atas air termampatkan dan mendesak air dalam pipa kaca naik. Jadilah sebuah termometer sederhana.

4. Masukkan termometer itu ke dalam air dingin (air es), air hangat, dan air panas.

Diskusikan 1. Apa yang dapat kalian amati terhadap permukaan air dalam pipa kaca /

termometer tak berskala ketika dimasukkan air dingin, hangat dan panas ke dalam botol erlenmeyer?

2. Jelaskan cara kerja termometer kalian3. Telitikah alat tersebut? Mengapa?4. Buatlah laporan dan kesimpulan dari hasil kegiatan kalian kemudian

prsentasikan di kelasRubrik

No. Aspek Skor 1. Merangkai alat dengan benar 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 40 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 20

Jumlah skor 100

PENILAIAN TES UJI PETIK KERJA PROSEDUR DAN PRODUK

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannyaKelas / Semester : VII / 1

Aspek

Sko

r P

erol

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Ketuntasan

Men

ggun

akan

ala

t de

ngan

ben

ar

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an p

rose

dur

yang

be

nar

ben

arM

empe

role

h da

ta d

ari

perc

obaa

nM

embu

at k

esim

pula

n de

ngan

ben

ar

Ya Tidak

Skor Maksimum 20 40 20 20 75No Nama Siswa1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

Page 29: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

13

14

15

Jumlah

Rata-rata

Daya serap

Ketuntasan

Nilai = Jumlah Skor perolehan

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Suhu dan PengukuranNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 30: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)No. 4

Sekolah : SMPN 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Kelas / Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)Materi Pokok : Asam, Basa dan Garam

Standar Kompetensi :2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar :2.1. Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui

alat dan indikator yang tepat

Indikator : Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator

yang sesuai(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, ingin tahu)

Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, ingin tahu)

Menggunakan alat sederhana untuk menentukan keasaman dan kebasaan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, ingin tahu)

Waktu : 4 Jam Pelajaran (2x Pertemuan)

A. Tujuan pembelajaran1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan sifat atau ciri dari

asam, basa, garam 2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan nama kimia asam,

basa dan garam dari zat yang ada di sekitar kita.3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan nama senyawa

asam, basa dan garam yang terkandung pada bahan makanan atau pada bahan kimia rumah tangga.

4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membedakan zat yang bersifat asam, basa dan garam secara kimia

5. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam

6. Melalui pratikum LAB peserta didik mampu mengidentifikasi zat-zat yang ada disekitar kita ke dalam asam, basa dan garam dengan menggunakan indikator tertentu

7. Melalui pratikum LAB, peserta didik mampu menggunakan alat sederhana atau indikator alami untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan suatu zat

B. Materi Pembelajaran:Asam, Basa dan garamSifat-sifat asam antara lain :

1. memiliki rasa asam2. mengubah lakmus biru menjadi merah3. menghantarkan arus listrik4. menetralkan basa, membentuk garam5. bersifat korosif6. menghasilkan ion hidrogen dalam airSifat-sifat basa, antara lain :1. memiliki rasa pahit

Page 31: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

2. jika dipegang dengan jari terasa licin3. dapat mengubah lakmus merah menjadi biru4. dapat menghantarkan arus listrik5. bersifat kaustik (dapat merusak kulit)6. Jika dilarutkan dalam air melepaskan ion hidroksidaSifat-sifat garam, antara lain :1. memiliki rasa asin2. dapat menghantarkan arus listrik3. tidak mengubah warna lakmus merah maupun biruPengelompokan bahan-bahan sekitar yang mengandung asam, basa, dan garam :

No. Nama bahanKandungan dalam bahan

Asam Basa Garam1 Cuka X2 Anggur X3 Sabun X4 Obat maag X5 Garam dapur X6 Air laut X

Indikator alami untuk mengetahui sifat asam, basa atau garam dalam suatu zat :

Kubis ungu, kunyit, bungan kembang sepatu merah.Indikator buatan yang dapat digunakan untuk mengetahui sifat asam, basa, dan garam dalam suatu zat, yaitu kertas lakmus, pH meter, dan indikator universal.

C. Metode Pembelajaran1. Model pembelajaran :

Kooperatif learningDirec Instruction (DI)

2. Metode : Pengamatan Diskusi informasi Identifikasi

D. Langkah – langkah kegiatan :

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang asam, basa dan garam.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan

10 menit

Page 32: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-

masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Asam, basa dan Garam.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pengukuran pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

asam, basa dan garam (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dan peserta didik mendiskusikan tentang kandungan asam, basa dan garam pada zat-zat yang ada di lingkungan kita.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ke peserta didik bahwa hari ini kita akan mengidentifikasikan zat yang bersifat asam, basa dan garam dari bahan-bahan yang tersedia(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan LKS tersebut (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Satu-dua kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil dikusinya dan kelompok lain diminta untuk menanggapinya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

Page 33: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Asam, Basa, dan Garam.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan BNilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Asam, Basa dan Garam.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai asam, basa, dan garam.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum asam, Basa dan garam pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB

15 menit

20 menit

Page 34: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

tentang Asam, Basa, dan Garam.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Asam, Basa dan Garam pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Asam, Basa dan Garam(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber belajar 1. Lingkungan sekitar sekolah atau rumah2. Buku referensi

F. Penilaian :1. Teknik penilaian:

Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes sikap

2. Bentuk instrumen: Tes PG Tes identifikasi Tes uji petik kerja prosedur

Page 35: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

3. Contoh Instrument :

Tes Pilihan Ganda

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!1. Berikut ini yangmerupakan sifat asam adalah .... a. bersifat korosif b. berasa pahit c. kertas lakmus menjadi biru d. kertas lakmus tidak berubah2. Senyawa kimia yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen

adalah...........a. Larutan homogen b. Larutan heterogenc. Larutan histrogen d. Larutan asam

3. Nama dari senyawa HNO3 yang benar.........a. Asam klorida b. Asam bromidac. Asam nitrat d. Asam cermium

4. Nama lain dari asam cuka adalah..........a. asam asetat b. Asam hesternat c. Asam iodidat d. Asam malerat

5. Senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion hidroksi adalah sifat dari .........a. larutan asam b. Larutan basa

c. larutan garam d. Larutan heterogen6. Nama lain dari senyawa NaOH yang benar adalah......

a. Natrium hidroksida b. Natrium bromidac. natrium nitram d. Natrium oksida

7. Senyawa basa yang biasa terdapat pada sabun adalah.....a. Nitrogen hidroksida b. Natrium kloridab. Asam formiat d. Natrium hidroksida

8. Berikut ini rumus kimia garam dapur yang benar adalah........a. NaBr b. BaNa c. Nacl d. Kcl

9. Senyawa yang terdapat pada garam yang berfungsi mencegah penyakit gondok adalh.......a. Iodida b. Iodium c. CH3COOH d. HCl

10. Senyawa asam yang terdapat pada semut adalah........a. Asam guanat b. Asam klorida c. Asam formiat d. Asam lakta

Page 36: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Nilai = jumlah skor perolehanLEMBAR KERJA SISWA

Tes Identifikasi

Tujuan : mengidentifikasikan zat ke dalam asam,basa dan garam dari berbagai larutan dengan indikator lakmus

Alat dan bahan: Plat tetes ( 1 buah ) Air sabun * Pipet tetes ( 10 buah ) Air abu * Kertas lakmus merah (5 lembar) Alkohol * Kertas lakmus biru (5lembar) Air jeruk * Air suling * Larutan HCl 1M * Larutan cuka * Larutan NaCl 1M * Air kapur * Larutan NaOH 1M * Air sumur * Larutan NaOH 1M * Air PAM *( * masing-masing larutan 10 ml )

Cara kerja : Siapkan alat dan bahan Dengan menggunakan pipet tetes tuangkan air suling pada lakmus merah dan

biru Amati perubahan warna yang terjadi Catat hasil pengamatanmu pada tabel Ulangi kegiatan di atas dengan larutan cuka (gunakan lakmus yang lain)

PENILAIAN TES PILIHAN GANDAMATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan

larutan garam melalui alat dan indikator yang tepatKELAS : VII

     

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

erol

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

aktu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

  Skor maksimum 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 70

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            10            

Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Page 37: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Amati perubahan warna yang terjadi dan catat hasil pengamatan dalam tabel) Ulangi kegiatan di atas dengan zat yang lain sampai larutan yang tersedia habis

Tabel pengamatan No Larutan Lakmus

merah Lakmus biru Sifat larutan

12345678910111213

Air sulingLarutan cukaAir kapurAir sumurAir PAMAIR sabunAir ABUAir jerukAlkoholLarutan gulaLarutan HClLarutan NaClLarutan NaOH

Kesimpulan : Berdasarkan hasil percobaan di atas :1. Bagaimanakah sifat dari larutan asam?2. Bagaimanakah sifat dari larutan basa?3. Bagaimanakah sifat dari larutan garam?4. Zat-zat apa saja yang termasuk asam, basa dan garam ?

PENILAIAN TES IDENTIFIKASIMATAPELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan

garam melalui alat dan indikator yang tepatKELAS :VII          

   

Aspek yang di nilai dan skor perolehan

Nil

ai K

etun

tasa

n m

inim

al

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Ket

epat

an m

engg

unak

anke

rtas

lakm

us

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

anpr

osed

ur y

g be

nar

Mem

pero

leh

data

dari

keg

iata

n

Mem

buat

kes

impu

lan

Jum

lah

skor

per

oleh

an

  Skor maksimum 30 20 20 30   75

No Nama            1              2              3              4              5              6              7              8              

Page 38: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

9              10              

JumlahRata-rataDaya serapKetuntasan

Nilai = jumlah skor perolehan

Page 39: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

LEMBAR KERJA SISWATes Uji petik kerja dan prosedur

Tujuan : Menentukan tingkat keasaman dan kebasaan suatu zat dengan indikator alami

Alat dan bahan: Kubis ungu tusuk gigi Pemanas air air sumur Gelas kimia 100 ml jus lemon Air suling larutan garam dapur Pipet tetes larutan tepung soda Gelas ukur 100 ml larutan cuka Larutan sabun larutan boraks Pembersih saluran Plat tetes

Cara Kerja: Potong kecil-kecil daun kubis ungu, dan masukkan ke dalam gelas kimia,

yang telah diisi air suling setinggi 30 ml. Letakkan gelas di atas pemanas, dan panaskan sampai air mendidih dan

berwarna unggu. Tuangkan ektrak kubis ungu tersebut ke dalam gelas kimia yang lain. Gunakan pipet untuk menuangkan 5 tetes air sumur pada lekukan 1, jus

lemon pada lekukan 2, larutan cuka dalam lekukan 3, larutan garam dapur dalam lekukan 4, larutan sabun dalam lekukan 5, larutan tepung soda dalam lekukan 6, larutan boraks dalam lekukan 7, dan pembersih Saluran dalam lekukan 8.Bersihkan pipet setiap kali berganti larutan.

Ke dalam masing-masing lekukan tambahkan 5 tetes larutan indikator. Aduk masing-masing larutan dengan tusuk gigi.Amati perubahan warna pada masing-masing lekukan.

Catat warna dan sifat larutan dalam tabel.

Tabel hasil pengamatan

Larutan Warna Sifat larutan

Air sumurJus lemonLarutan cukaLarutan HClLarutan garam dapur Larutan sabunLarutan tepung sodaLarutan NaOH

Kesimpulan:Berdasarkan hasil percobaan 1. Larutan manakah yang sifat keasamannya paling tinggi2. Larutan manakah yang sifat keasamannya paling rendah3. Larutan manakah yang sifat kebasaannya paling tinggi4. Larutan manakah yang sifat kebasaannya paling rendah

Page 40: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN UNJUK KERJA DAN PROSEDUR

MATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam

melalui alat dan indikator yang tepatKELAS : VII 

   

Aspek yang di nilai dan skor perolehan

Sko

r pe

roll

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

TU

NT

AS

Tid

ak t

unta

s

Ket

epat

an d

alam

pem

buat

an

laru

tane

kstr

ak k

ubis

ung

u

Ket

epat

an m

enua

ngka

n la

ruta

n ke

dala

m m

asin

g-m

asin

g le

kuka

n

Ket

epat

an m

enua

ngka

n la

ruta

n in

dika

tor

ke d

alam

leku

kan

yang

sud

ah te

risi

laru

tan

Mem

pero

leh

data

dar

iha

sil k

egia

tan

  Skor maksimum

30 20 20 30   75

No Nama          1              2              3              4              5              6              7              8              9              10              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            Nilai = Jumlah skor maksimum

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Asam, Basa, dan GaramNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik

Page 41: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

5=amat baikCatatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made Suastini NIP. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 42: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)No. 5

Sekolah : SMPN 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Kelas / Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)Materi Pokok : Sifat Asam, Basa dan Garam pada

Makanan

Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar : 2.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh

dalam kehidupan sehari-hari

Indikator : 1. Mengidentifikasi sifat asam basa dan basa pada bahan makanan

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, ingin tahu) Waktu : 2 Jam Pelajaran (1x Pertemuan

A. Tujuan Pembelajaran

Melalui praktek LAB, peserta didik mampu melakukan percobaan dengan kertas lakmus untuk mengetahui siafat asam, basa dan garam

Melalui praktek LAB, peserta didik mampu mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam pada bahan makanan

Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyimpulkan dan mempresentasikan hasil percobaan

B. Materi Pembelajaran Sifat Asam, Basa dan Garam pada bahan makanan.Untuk mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam pada bahan makanan dapat dilakukan dengan uji menggunakan :

1. Skala pH ( pH meter) dengan rentang skala 0 sampai 14. Sifat netral bila skala pH menunjukkan angka 7sedangkan kurang dari 7 menunjukkan sifat asam, lebih dari 7 menunjukkan sifat basa.

2. Indikator lakmus. Lakmus biru bila dicelupkan ke dalam larutan asam akan berubah menjadi merah, sedangkan lakmus merah bila dicelupkan ke dalam larutan basa akan berubah menjadi biru

3. Indikator alami ( kubis ungu kunyit, bunga mawar merah)

C. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran:Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Asam, Basa dan Garam pada bahan makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa

10 menit

Page 43: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

ingin tahu dan kreatif)- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Asam, Basa dan Garam pada Bahan makanan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pengukuran pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

asam, basa dan garam pada bahan makanan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru mengintrusikan agar peserta didik mengeluarkan bahan-bahan yang sudah disiapkan dari rumah untuk diidentifikasi sifat asam, basa dan garamnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan LKS dan kertas lakmus(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur pada Lembar kerja (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membimbing siswa dalam pengumpulan data(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Salah satu kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok lain(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah

15 menit

20 menit

Page 44: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Asam, Basa, dan Garam pada bahan makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

D. Alat, bahan dan sumber belajar:a. Alat : kertas lakmus ,papan tetes dan gelas kimiab. Bahan : air jeruk, air gula, air sumur, air mineral. Air garam, apel, coca-cola, air kapur dll.c. Sumber belajar : Buku referensi dan buku pegangan siswa

E. Metode pembelajaran:a. Model :

Kooperative learning b. Metode:

Diskusi kelompok Eksperimen Tanya jawab

F. Penilaian hasil belajara. Bentuk penilaian :

- Tes unjuk kerjab. Model instrumen :

- Tes uji petik kerjac. Contoh Instrumen :- Lembar Kerja Siswa

LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )Tes uji petik kerja

A. Tujuan: Mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam pada bahan makanan.

B. Alat dan bahan:1. Alat:

Pipet tetes

Page 45: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Kertas lakmus Papan tetes Gelas kimia

2. Bahan: Air gula - Air garam Air sumur - air mineral Laruatan cuka - Air PAM Air jeruk - Apel Dll

3. Prosedur eksperimen: Siapkan alat dahan bahan Letakkan kertas lakmus merah dan biru di atas papan tetes, kemudian teteskan

larutan cuka pada kedua lakmus tersebut amati perubahan warna yang terjadi pada kedua lakmus tersebut

Masukkan data hasil pengamatanmu ke dalam tabel Ulangi kegiatan di atas dengan bahan yang lain sampai bahan tersebut habis

Tabel hasil pengamatan

No Nama bahan Lakmus merah

Lakmus biru

Sifat bahan

123456789

Larutan cuka Air sumurAir PAMAir mineral Air kapurAir jerukApel Air gulaDll

C. Kesimpulan :1. Zat apa saja yang bersifat asam2. Zat apa saja yang bersifat basa3. Zat apa saja yang bersifa garam

PENILAIAN UNJUK KERJA DAN ROSEDURMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan

garam melalui alat dan indikator yang tepatKELAS : VII 

   

Aspek yang di nilai dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Kes

iapa

n ba

han

perc

obaa

n

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an

pros

edur

yg

bena

r

Mem

pero

leh

data

dar

i ke

giat

an

Mem

buat

kes

impu

lan

Ker

jasa

ma

kelo

mpo

k da

n ke

disi

plin

ana

Page 46: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

  Sekor maksimum

20 20 20 20  20 75

No Nama          

1            2            3            4            5            6            7            8            9            10            11            12            13            14            15            

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor maksimum

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made Suastini NIP. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 47: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)No. 6

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1Materi Pokok : Unsur dan Senyawa

Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar: 2.3. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Indikator: Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, ingin tahu) Menuliskan nama dan lambang unsur

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, ingin tahu) Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, ingin tahu) Menyebutkan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, ingin tahu) Waktu : 3 Jam Pelajaran (1x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

1) Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendefinisikan unsur2) Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan beberapa nama unsur3) Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menuliskan nama dan lambang

unsur4) Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendefinisikan senyawa5) Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan aturan penulisan

senyawa sederhana6) Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan nama dan rumus

senyawa kimia sederhana

B. Materi Pembelajaran : Unsur dan Senyawa.

Aturan penulisan lambang unsur adalah sebagi berikut :1. Setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf awal dari nama latin unsur tersebut

dan ditulis dengan huruf kapital.2. Unsur yang mempunyai huruf awal sama, lambangnya dibedakan dengan

menambahkan satu huruf lain dari nama unsur tersebut yang ditulis dengan huruf kecil.

Nama dan lambang unsur : oksigen (O), Hidrogen (H), Karbon (C), Tembaga (Cu), dan lain-lain.Nama dan rumus kimia sederhana : Air ( H2O), karbondioksida (CO2)Nama dan rumus senyawa sederhana : Magnesium Oksida (MgO), Kalium Bromida (KBr)

C. Metode Pembelajaran : 1. Model Pembelajaran

Kooperatif learning Direct Intruction ( DI )

2. Metode

Page 48: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Pengamatan Diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Unsur dan Senyawa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Unsur dan senyawa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum Unsur dan Senyawa pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

Unsur dan senyawa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Setiap kelompok dengan bimbingan guru mendiskusikan pengertian unsur dan senyawa serta aturan penulisan lambangnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk bertanya tentang hal yang belum dimengerti.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan LKS kepada setiap kelompok(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

15 menit

20 menit

Page 49: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Peserta didik mendiskusikan LKS tersebut(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Unsur dan senyawa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar : Buku siwa, buku refrensi

F. Penilaian : a. Teknik penilaian

Tes tertulis Tes unjuk kerja

b. Bentuk instrumen Tes identifikasi Tes uraian

c. Contoh Instrument : Lembar keja siswa

Page 50: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)Tes Identifikasi

Dari hasil diskusi tadi Kelompokkanlah zat-zat dalam tabel di bawah ke dalam unsur dan senyawa

Tabel

No Nama unsur Unsur Senyawa1345678910

Hidrogen Oksigengas oksigencarbon monolksidaIodidaEmas Garam Aircarbon

Kesimpulan:1. Manakah dari unsur- unsur di atas yang termasuk unsur2. Manakah dari unsur-unsur di atas yang termasuk senyawa3. Bagaimanakah penulisan lambang oksigen4. bagaimanakah penulisan lambang gas oksigen

PENILAIAN UNJUK KERJA DAN ROSEDURMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana KELAS : VII 

 

Aspek yang di nilai dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Kes

iapa

n ba

han

perc

obaa

n

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an

pros

edur

yg

bena

r

Mem

pero

leh

data

dar

i ke

giat

an

Mem

buat

kes

impu

lan

Ker

jasa

ma

kelo

mpo

k da

n ke

disi

plin

ana

  Sekor maksimum

20 20 20 20  20 75

No Nama          

1            2            3            4            5            6            7            8            9            10            

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor maksimumTes Isian

Page 51: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Kerjakanlah soal-soal di bawah ini! 1. Apakah yang dimaksud dengan unsur

2. Sebutkan 10 nama unsur dan penulisan lambang unsur tersebut 3. Apakah nama unsur penyusun senyawa:

a. H2O b. NaOH c. H2SO4

PENILAIAN TES ISIAN DAN SIKAPMATAPELAJARAN : IPA KOPETENSI DASAR : Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana KELAS : VII 

   

Aspek dan skor perolehan

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

T

unt a

s

Tid

ak tu

ntas

Soa

l no

1

Soa

l no

2

Soa

l no

3

Ked

isip

lina

n da

lam

m

enge

rjak

an tu

gas

Sko

r pe

role

han

  Skor maksimum 20 40 20 20 70

No Nama

1             2             3            4             5             6             7             8             9             10             

Jumlah             Rata-rata            Daya serap            Ketuntasan           

Nilai = jumlah skor perolehan

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 52: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012
Page 53: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP)No. 7

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Kelas / Semester : VII (tujuh) / 1Materi Pokok : Unsur dan Senyawa

Standar Kompetensi :2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar :2.4. Membandingkan sifat unsur dan senyawa

Indikator: Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, rasa ingin tahu) Menggambarkan bagan klasifikasi materi secara sederhana

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, tanggung jawab) Mengklasifikasikan an zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen

dalam kehidupan sehari-hari(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, rasa ingin tahu)

Alokasi waktu : 3 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan pembelajaran : Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian unsure Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian senyawa Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian campuran Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membedakan sifat senyawa dan

campuran Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membuat bagan klasifikasi materi

sederhana Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membedakan antara campuran

homogen dengan campuran heterogen Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memberi dua contoh campuran

homogen Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memberi dua contoh campuran

heterogen Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan dua jenis campuran

heterogen Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu membedakan antara koloid dan suspensi

B. Materi Pembelajaran: Unsur dan Senyawa

Unsur adalah zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana. Senyawa adalah gabungan dua unsur atau lebih secara kimia dengan perbandingan tertentu. Senyawa memiliki sifat-sifat kimia yang berbeda dengan sifat unsur-unsur penyusunnya. Campuran adalah gabungan dari beberapa zat yang perbandingan komposisinya tidak tetap. Campuran homogen adalah campuran dengan susunan pada seluruh bagiannya sama, contoh : larutan. Campuran heterogen adalah campuran yang perbandingan susunan di setiap bagiannya tidak sama. Campuran heterogen dibagi menjadi dua, yaitu : koloid dan suspensi.

Page 54: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

B. Metode Pembelajaran1. Metode pembelajaran a. Cooperative Learning ( CL ) b. Derect Intruction ( DI )

B. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Unsur dan Senyawa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Unsur, Senyawa dan Campuran .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

Unsur, Senyawa dan Campuran (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dari kajian pustaka siswa mendiskusikan pengertian unsur senyawa dan campuran, sehingga siswa dapat membedakan antara unsur, senyawa dan campuran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan LKS dan lembar soal isian kepada masing-masing kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

20 menit

Page 55: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan LKS tersebut(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Masing-masing kelompok menpresentasikan hasil diskusinya dan guru berperan sebagai moderator.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Kelompok lain diminta untuk menanggapinya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Unsur, Senyawa dan Campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Unsur, Senyawa, dan campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk

10 menit

Page 56: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Unsur, Senyawa dan campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja mengenai unsur, senyawa dan campuran pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Dari kajian pustaka siswa mendiskusikan perbedaan

antara campuran homogen dengan campuran heterogen sehingga siswa dapat membedakan antara campuran homogen dengan campuran heterogen serta memberikan contohnya masing-masing(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan LKS dan lembar soal isian kepada masing-masing kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan LKS tersebut(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Masing-masing kelompok menpresentasikan hasil diskusinya dan guru berperan sebagai moderator.

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang unsur, Senyawa dan campuran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

20 menit

Page 57: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

B. Sumber belajar: Buku siswa kelas VII Buku referensi

B. Penilaian hasil belajar:1. Model penilaian: Tes tulis, Tes unjuk kerja2. Metode: Tes uraian, Tes unjuk kerja prosedur3. Intrumen penilaian: Lembar kerja siswa

LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )

I. Tes identifikasi Tujuan : Membedakan sifat antara senyawa dengan campuran Cara kerja : Diskusikanlah dengan kelompokmu, untuk menemukan perbedaan antara senyawa dan campuran, kemudian lengkapi tabel di

bawah ini.

Tabel perbedaan antara senyawa dan campuran

Hal Senyawa Campuran

Proses pembentukan

Sifat komponen penyusunKomposisi komponen penyusun

Pemisahan komponen penyusun

Page 58: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN IDENTIFIKASIMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Membandingkan sifat unsur dan senyawa KELAS : VII 

 

Aspek yang di nilai dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Ket

epat

an m

enje

lask

an p

rose

s

pem

bent

ukan

sen

yaw

a at

au

mpu

ran

Ket

epat

an m

enje

lask

an s

ifat

kom

pone

n pe

nyus

un s

enya

wa

atau

cam

pura

n

Ket

epat

an m

enje

lask

an k

ompo

sisi

ko

mpo

nen

peny

usun

sen

yaw

a at

au

cam

pura

n

Ket

epat

an m

enje

lask

an c

ara

pem

isah

an

kom

pone

n pe

nyus

un s

enya

wa

atau

ca

mpu

ran

Ked

isip

lina

n da

n ke

rjas

ama

elom

pok

 Skor

maksimum20 20 20 20  20 75

No Nama          1              2              3              4              5              6              7              8              9              10              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor perolehan

II. Tes isian:1) Apakah perbedaan antara unsur dan senyawa? 2) Apakah yang dimaksud dengan campuran? Berikan lima contoh campuran3) Berilah bukti bahwa sifat senyawa berbeda dengan unsur pembentuknya4) Buatlah/lengkapilah bagan klasifikasi materi di bawah ini

Page 59: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN TES ISIANMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Membandingkan sifat unsur dan senyawa KELAS : VII

   

Aspek dan skor perolehanS

kor

pero

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Soa

l no

1

Soa

l no

2

Soa

l no

3

Soa

l no

4

Ked

isip

lina

n

  Skor maksimum 20 20 20 20 20 70

No Nama          

1              2              3              4              5              6              7              8              9              10              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor perolahan

Materi

Zat tunggal ………………….

……………….………………………

. Homogen ……………………

Page 60: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

LEMBAR KERJA SISWATes identifikasi

Disediakan macam-macam zat seperti di dalam tabel, diskusikan dan kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen

Tabel pengamatanNo Nama zat Campuran homogen Campuran

heterogen1 Larutan gula 2 Campuran semen cor3 Sayur sup4 Emas putih5 Kuningan6 Udara7 Tanah8 Alkohol 70 %

KesimpulanDari hasil diskusi lengkapilah pertanyaan di bawah ini!

1) Zat-zat apa saja yang termasuk campuran homogen?2) Zat-zat apa saja yang termasuk campuran heterogen?3) Bagaimana sifat campuran homogen?4) Bagaimana sifat campuran heterogen?

PENILAIAN IDENTIFIKASIMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Membandingkan sifat unsur dan senyawa KELAS : VII 

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Par

tisi

pasi

dal

am k

elom

pok

Ket

epat

an m

enge

lom

pokk

an z

at

ke d

alam

cam

pura

n ho

mog

en

Ket

epat

an m

enge

lom

pokk

an z

at

ke d

alam

cam

pura

n he

tero

gen

Mem

buat

kes

impu

lan

  Skor maksimum 20 20 20 40 75

No Nama        1          2           3          4           5           6          7           8        9          10          11        

Page 61: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

12          13          14          15          

JumlahRata-rata           

Daya serap           Ketuntasan           

Nilai = Jumlah skor maksimum

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 62: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )No. 8

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Fisika)Kelas / Semester : VII (tujuh) / Semester 1Materi Pokok : Wujud Zat

Standar Kompetensi 3 Memahami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi Dasar3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya

dalam kehidupan sehari-hari

Indikator : Menunjukkan perubahan wujud zat

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggung jawab, rasa ingin tahu) Membandingkankan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui

penalaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, rasa ingin tahu)

Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, rasa ingin tahu)

Mencontohkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggung jawab, rasa ingin tahu)

Alokasi waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan jenis wujud zat2. Melalui kajian pustaka, peserta didik menjelaskan macam-macam perubahan

wujud zat3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan faktor-faktor

penyebab perubahan wujud zat4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik menyimpulkan wujud zat cair, padat, gas

berdasarkan susunan dan gerak partikelnya5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan peristiwa terjadinya

meniskus cembung, meniskus cekung berdasarkan keadaan molekulnya6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan peristiwa

kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran: Wujud ZatZat adalah sesuatu yang memiliki massa daan menempati ruang. Menurut wujudnya zat dibedakn menjadi :- zat padat- zat cair- zat gasPerbedaan susunan partikel-partikel zat :

Wujud zat Susunan partikel Jenis partikel Gerak partikel Gaya partikelPadat Teratur Sangat berdekatan Tidak bebas KuatCair Tidak teratur Berdekatan Agak bebas Kurang kuatGas Tidak teratur Berjauhan bebas Lemah

Page 63: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Gaya tarik antar partikel dibagi menjadi dua, yaitu kohesi dan adhesi. Gaya kohesi adalah gaya tarik menarik ntara partikel yang sejenis sedangkan gaya adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel-partikel yang tidak sejenis.Kapilaritas adalah peristiwa naik turunnya zat cair dalam pipa kapiler (pembuluh kapiler). Gejala kapiler dibuktikan dengan 2 pipa bejana kapiler yang diisi dengan zat cair. Contoh peristiwa kapiler : naiknya minyak tanah melaui sumbu kompor.Adanya adhesi dan kohesi menyebabkan bentuk permukaan zat cair (miniskus). Miniskus cembung terjadi karena kohesi zat cair lebih besardaripada adhesi zat cair dengan dinding pipa sedangkan miniskus cekung terjadi karena adhesi lebih besar daripada kohesi.

C. Metode Pembelajaran: 1. Model : - Direc intruction (DI) - Kooperatif learning 2. Metode : - Diskusi informasi

- Diskusi kelompok

D. Langkah- langkah Kegiatan :Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang wujud Zat.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai wujud Zat.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

Wujud Zat. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

Page 64: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tentang jenis wujud zat dan macam-macam perubahan wujud zat, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar, dan bersama-sama menyelidiki perubahan wujud zat dengan melakukan percobaan sesuai petunjuk yang ada dalam LKS.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Setelah melakukan percobaan, secara kelompok peserta didik mengamati dan mencatat data yang diperoleh ke dalam LKS, kemudian didiskusikan untuk membuktikan bahwa wujud zat dapat berubah dari satu wujud menjadi wujud yang lain, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Masing-masing kelompok menpresentasikan hasil diskusinya dan guru berperan sebagai moderator.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Kelompok lain diminta untuk menanggapinya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Wujud Zat.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Page 65: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Wujud Zat.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai wujud Zat.

- Guru membagikan prosedur kerja mengenai unsur, senyawa dan campuran pada anggota masing-masing kolompok.

Elaborasi ( Menelusuri )- Melalui diskusi kelas, guru memberikan informasi

jelas tentang pengertian kohesi dan adhesi beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas untuk mendefinisikan pengertian kapilaritas, meniskus cembung, meniskus cekung, kemudian membuat hasil diskusi sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar, dan bersama-sama mengkaitkan peristiwa kapilaritas, meniskus cembung, meniskus cekung dalam peristiwa kehidupan sehari-hari.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Secara kelompok peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki perbedaan kohesi dan adhesi dengan melakukan percobaan sesuai petunjuk yang ada dalam LKS.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Setelah melakukan percobaan, secara kelompok

15 menit

20 menit

Page 66: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

peserta didik mengamati dan mencatat data yang diperoleh ke dalam LKS, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Masing-masing kelompok menpresentasikan hasil diskusinya dan guru berperan sebagai moderator.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang unsur, Senyawa dan campuran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajara. Buku siswab. LKSc. Buku Referensi

F. Penilaian Hasil Belajara. Teknik penilaian:

- Tes tertulis - Tes unjuk kerja

b. Bentuk instrumen:- Isian- Uraian- PG- Uji petik kerja

a. Contoh instrumen: - Instrumen tes Uji Petik Kerja :

Page 67: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Lembar Kerja SiswaTes Uji Petik Kerja

Kegiatan IKonsep : Perubahan wujud zat padat menjadi zat cairAlat dan Bahan :

1. gelas kimia2. alat pemanas3. kaki tiga4. termometer5. statis6. s batu

Cara Kerja :a. Susunlah alat-alat seperti gambar di samping!

b. Masukkan pecahan es batu ke dalam gelas kimia dan catatlah suhunya!c. Panaskan gelas kimia tersebut hingga es melebur, catatlah suhunya!d. Bila es sudah melebur, panaskan sampai air mendidih, amatilah suhunya sehingga air

dapat menguap!e. Tulislah data hasil pengamatan ke tabel di bawah ini!

Wujud Zat Suhu (oC)Es

Es mulai melebur

Air mulai mendidih

……………………..

……………………..

…………………….

f. Mengapa es dapat melebur?Jawab : …………………………………………….

g. Bagaimana suhu air saat mendidih dan masih diberi kalor?Jawab : …………………………………………….

h. Jelaskan urutan proses perubahn yang terjadi bila es dipanasi sampai menjadi uap!Jawab : …………………………………………….

i. Kesimpulan apakah yang dapat diperoleh dari kegiatan tersebut!Jawab : …………………………………

Kegiatan IIKonsep : Perubahan wujud zat cair menjadi gasAlat dan Bahan :

a. Gelas kimiab. Alat pemanasc. Kaki tigad. Air 50 ml

Page 68: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Cara Kerja :a. Susunlah alat-alat seperti pada gambar!

5 10 ml

b. Masukkan air ke dalam gelas kimia, kemudian nyalakan alat pemanas!c. Panaskan beberapa saat, dan amati apa yang terjadi!

Jawab : ………………………………………………d. Setelah panas selama beberapa menit, bagaimanakah volume air tersebut?

Jawab : ………………………………………………e. Letakkan telapak tangamu di ats gelas kimia, lalu rasakan apa yang terjadi pada

telapak tangan?Jawab : ………………………………………………

f. Kesimpulan apakah yang diperoleh dari kegiatan tersebut?Jawab : ………………………………………………

Kegiatan III Konsep : Perubahan wujud zat padat menjadi cair

Alat dan Bahan :a. Gelas kimiab. Alat pemanasc. Kaki tigad. Lilin

Cara Kerja :a.Susunlah alat-alat seperti pada gambar!

b. Masukkan lilin ke dalam gelas kimia, kemudian panaskan!c.Setelah beberapa saat, dan amati apakah yang terjadi pada lilin!d. Biarkan sampai seluruh lilin mencair, kemudian matikan alat pemanas dan tunggu

beberapa saat. Amati apa yang terjadi pada lilin tersebut!e.Bagaimanakah kesimpulan dari kegiatan tersebut?

Rubrik :

No. Aspek Skor 1. Kebersamaan dalam kelompok 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 20 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 40 Jumlah skor 100

Page 69: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN UJI PETIK KERJAMATAPELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya

dalam kehidupan sehari-hariKELAS : VII

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Tun

tas

Tid

ak t

unta

s

Keb

ersa

maa

n da

lam

kel

ompo

k

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an

pros

edur

yan

g b

enar

Mem

pero

leh

data

dar

i pe

rcob

aan

Mem

buat

kes

impu

lan

deng

an

bena

r

  Skor maksimum 30 20 20 30   75No Nama          

1              2              3              4              5              6              7              8              9              10              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor maksimum

Lembar Kerja SiswaTes Unjuk Kerja dan Prosedur

Konsep : Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan Alat dan bahan :

1. tabung reaksi2. air3. raksa4. bejana5. dua buah pipa kapiler (diameter berbeda)

Cara Kerja 1 :1. Isikan air ke dalam tabung reaksi!

a. Bagaimana bentuk permukaannya? Jawab : …………………………b. Basahkah dinding tabung reaksi tersebut?

air Jawab : …………………………c. Mengapa hal itu terjadi?

Jawab : …………………………

Page 70: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

2. Isikan raksa ke dalam tabung reaksi!

a. Bagaimana bentuk permukaannya? Jawab : …………………………b. Basahkah dinding tabung reaksi tersebut? Jawab : …………………………

raksa c. Mengapa hal itu terjadi? Jawab : …………………………

Cara Kerja 2 :1. Isilah bejana dengan air, kemudian celupkan kedua pipa kapiler ke dalam logam!

air

2. Perhatikan permukaan air pada kedua pipa itu!3. Apakah tinggi permukaan pada pipa kapiler sama dengan tinggi permukaan air dalam

bejana? Jawab: ……………………………………………………..4. Apakah tinggi permukaan air di dalam kedua pipa kapiler sama? Mengapa?5. Ulangi kegiatan di atas dengan bejana yang berisi raksa!6. Apakah permukaan raksa dalam bejana tingginya sama dengan permukaan raksa

dalam kedua pipa? Jawab: ……………………………………………..7. Bagaimanakah keadaan tinggi permukaan raksa dalam pipa? Mengapa demikian?

Jawab : ………………………………………………………..

Diskusi :1. Apakah yang dimaksud dengan adhesi? Jawab: …………..2. Apakah yang dimaksud dengan kohesi? Jawab: …………………..3. Bagaimanakah bila percobaan itu dihubungkan dengan asas bejana berhubungan?

Berlakukah hukum asas itu? Jawab : ………………………

Rubrik :No. Aspek Skor

1. Kebersamaan dalam kelompok 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 20 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 40 Jumlah skor 100

Page 71: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN UNJUK KERJA (UJI PETIK KERJA)MATAPELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya

dalam kehidupan sehari-hari KELAS : VII

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r pe

roll

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Tun

tas

Tid

ak t

unta

s

Keb

ersa

maa

n da

lam

kel

ompo

k

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an

pros

edur

yan

g b

enar

Mem

pero

leh

data

dar

i pe

rcob

aan

Mem

buat

kes

impu

lan

den

gan

bena

r

  Skor maksimum 30 20 20 30   75No Nama          

1              2              3              4              5              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor mak

Page 72: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

TES TERTULIS (ISIAN)

Jawablah pertanyaan di bwah ini dengan benar!1. Apakah yang dimaksud kapilaritas?2. Sebutkan 4 macam peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat?3. Sebutkan masalah-masalah yang ditimbulkan kapilaritas!4. Mengapa pada musim hujan tembok-tembok menjadi basah? Jelaskan15. Mengapa tumbuh lumut pada tembok-tembok yang lembab?

PENILAIAN TES ISIAN

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam

kehidupan sehari-hari Kelas / Semester : VII / 1

No Nama Siswa

Butir soal dan Skor perolehan

skor

per

oleh

an

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Ketuntasan

1 2 3 4 5 Ya

Tid

ak

Skor maksimum 20 20 20 20 20 70123456789

10JumlahRata-rataDaya serapKetuntasan

Nilai = jumlah skor yang diperoleh

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 73: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP)No. 9

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Fisika)Kelas / Semester : VII (tujuh) / Semester 1Materi Pokok : Massa Jenis Zat

Standar Kompetensi 3 Memahami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi Dasar3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

Indikator 1. Menjelaskan konsep massa jenis zat

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial)

2. Menghitung massa jenis zat(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, teliti)

3. Mendeskripsikan massa jenis suatu zat(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, )

4. Menerapkan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial)

Alokasi waktu : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan konsep massa jenis zat2. Melalui metode ceramah, peserta didik mampu menghitung massa jenis zat3. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendeskripsikan massa jenis suatu zat4. Melalui diskusi keompok, peserta didik mampu menerapkan konsep massa jenis

dalam kehidupan sehari-hari melalui pratikum di LAB

B. Materi Pembelajaran: Massa Jenis ZatMassa jenis adalah perbandingan antara massa benda dan volum benda. Dua buah

benda yang memiliki massa sama belum tentu memiliki volum yang sama, dan dua benda yang memiliki volum yang sama belum tentu memiliki massa yang sama.Massa jenis dapat dihitung dengan persamaan :

ρ = satuan dalam cgs gr/cm3 sedangkan dalam SI kg / m3

m = satuan gr atau kgv = satuan cm3 atau m3

C. Metode Pembelajaran: 1. Model : - Direc intruction (DI) - Kooperatif learning 2. Metode : - Diskusi kelompok - Eksperimen

D. Langkah- langkah Kegiatan :

Page 74: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang massa jenis.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai massa jenis zat.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum massa jenis pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Siswa melaksanakan pratikum di LAB tentang massa

jenis.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Siswa membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengerjakan soal tentang massa jenis pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.

15 menit

20 menit

Page 75: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang massa jenis.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 1 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10

20 menit

I. E. Alat / Bahan / Sumber BelajarAlat : Neraca, gelas ukur, air dan alat tulisBahan : lembar bahan diskusi ,kubus besi, silinder besi, kubus aluminium,

silinder aluminiumSumber Belajar : Sukses belajar IPA VII PT. Tiga Serangkai, Mari Belajar Ilmu Alam

Sekitar, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

II. PENILAIANa. Teknik Penilaian : Tes , Penilaian sikap, Unjuk kerjab. Bentuk instrumen : pilihan ganda, pengamatanc. Instrumen:

Tes tertulis Pilihan Ganda

1. Massa jenis adalah besaran turunan, besaran ini diturunkan dari besaran ….A. massa dan panjang C. massa dan volumeB. massa dan waktu D. massa dan suhu

2. Jika massa benda (m), volume (V) dan massa jenis benda (ρ) maka hubungan ketiganyadapat ditulis …………….A. ρ = m/VB. ρ = V / m

C. ρ = m . VD. ρ : V = m

3. Sebatang aluminium massanya 10 gram, volumenya 25 cm3 . Maka massa jenisnya adalah ……………..A. 0,4 kg/m3

B. 0,4 gr/cm3 C. 2,5 kg/m3

D. 250 kg/m3

4. Massa jenis suatu zat merupakan ……………antara massa dan volumenya.A. PengukuranB. Perbandingan

C. penjumlahanD. perkalian

Page 76: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

5. Di bawah ini merupakan simbol massa jenis zat adalah ………………..A. Beta (β)B. Delta (∆)

C. rho (ρ)D. alfa (α)

6. Gabus bermassa 2 kg mempunyai massa jenis 0,6 kg/m3. Volume gabus tersebut adalah ………………….A. 1,2 m3

B. 0,3 m3C. 3,3 m3

D. 1,4 m3

7. Sepotong besi massa jenisnya 4,5 kg/m3. Jika volume 0,2 m3, massa besi tersebut adalah …………………A. 0,44 kgB. 0,25 kg

C. 2,25 kgD. 0,9 kg

8. Satuan massa jenis dalam sistem MKS adalah ……………….A. kg/cm3

B. kg/m3C. kg/m2

D. kg.m3

9. Semakin kecil massa suatu zat, massa jenisnya makin ……………………..A. KecilB. sama

C. besarD. bertambah

10. sebuah kubus besi dan kubus aluminium mempunyai ukuran sama, tetapi setelah ditimbang dengan neraca, massanya berbeda. Hal ini disebabkan karena …………………A. bentuk bendaB. tempat benda

C. jenis bendanyaD. alat ukurnya

PENILAIAN TES PILIHAN GANDA

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari

hariKELAS / SMT : VII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 Skor

maksimum10

10

10 10  10 10 10 10 10 10100

75

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          

Page 77: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Nilai = jumlah skor yang diperoleh

LEMBAR KERJA SISWATES UJI PETIK KERJA DAN PROSEDUR

Konsep : Massa jenis zat padatAlat :

1. Neraca2. Kubus besi3. Silinder besi4. Kubus aluminium5. Silinder aluminium6. Gelas ukur7. Air

Bahan :1. Kubus besi2. Silinder besi3. Kubus aluminium4. Silinder aluminium

Cara Kerja :a. Timbanglah massa benda dengan neraca, dan catatlah hasilnya ke dalam tabel!b. Ukurlah volume masing-masing benda dengan menggunakan gelas ukur yang sudah

berisi air. Catat hasil pengamatan ke dalam tabel!

Tabel :

No Nama BendaMassa (gram)

Volume (cm3)

Massa (gram) Volume (cm3)

1234

Kubus besiSilinder besiKubus aluminiumSilinder aluminium

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

c. Hitunglah massa jenis setiap benda dengan membandingkan massa dengan volumenya!

Rumus : Massa jenis = Massa (gram) Volume (cm3)

Diskusi :1. Bagaimanakah nilai massa jenis untuk :

a. Kubus besi dan silinder besiJawab : ………………………………………………….

b. Kubus aluminium dan silinder aluminiumJawab : ………………………………………………….

Page 78: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

2. Bagaimanakah kesimpulan yang dapat diperoleh dari kegiatan tersebut mengenai massa jenis zat?

Jawab : ………………………………………………………………

Rubrik Penilaian unjuk kerja :

No. Aspek Skor 1. Kebersamaan dalam kelompok 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 20 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 40 Jumlah skor 100

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r p

ero

lleha

n

Nila

i Ke

tun

tasa

n M

inim

um

Tu

ntas

Tid

ak

tunt

as

Keb

ers

amaa

n d

ala

m

kelo

mpo

k

Me

laku

kan

keg

iata

n d

enga

n

pros

edur

ya

ng

ben

ar

Me

mpe

role

h d

ata

dar

i pe

rcob

aan

Me

mbu

at k

esi

mpu

lan

de

nga

n be

nar

  Skor maksimum 20 20 20 40   84No Nama          

1              2              3              4              5              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap (%)             Ketuntasan            

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Massa Jenis ZatNO

NAMASISWA

PERILAKU NILAI KET

TANGGUNGJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baik

Page 79: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Nilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 80: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)No. 10

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Fisika)Kelas / Semester : VII (tujuh) / Semester 1Materi Pokok : Pemuaian Zat

Standar Kompetensi 3 Memahami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi Dasar3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

Indikator 1. Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, percaya diri)

2. Melakukan percoban sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan gas

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, percaya diri)

3. Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, percaya diri)

Alokasi waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat menjelaskan pengertian pemuaian zat padat, cair dan gas

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat merumuskan persamaan pemuaian zat padat, cair dan gas

3. Melalui pratikum LAB, peserta didik dapat mengamati dan menyimpulkan percobaan pemuaian zat cair dan gas

4. Melalui diskusi kelompok menganalisis muai volum bebagai jenis zat padat

B. Materi Pembelajaran: Pemuaian ZatPemuaian adalah pertambahan ukuran suatu benda karena mengalami perubahan suhu

(kenaikan suhu).1. Pemuaian zat padat

Bila zat padat diberi panas sehingga suhunya naik, pada umumnya zat padat akan memuai. Muai yang dialami zat padat adalah muai panjang, muai volum, dan muai luas.a. Muai panjang dapat diukur mengunakan alat MUSSCHENBROEK. Persamaan untuk menghitung muai panjang :Δl = lo α ∆tl = lo (1+α Δt)dengan ∆l = perubahan panjang = l – lo (m)

Δt = perubahan suhu = t – to (oC)lo = panjang mula-mula (m)l = panjang akhir (m)α = koefisien muai panjang (/oC)

Page 81: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

b. Muai Luas persamaan yang berlaku :

ΔA = Alo β ∆tA = Ao (1+β Δt)dengan ∆A = perubahan luas = A – Ao (m2)

Δt = perubahan suhu = t – to (oC)Ao = luas mula-mula (m2)A = luas akhir (m2)β = 2α = koefisien muai luas (/oC)

c. Muai Volum persamaan yang berlaku : ΔV = Vo ∆t

V = Vo (1+ γ Δt)dengan ∆V = perubahan volum = V – Vo (m3)

Δt = perubahan suhu = t – to (oC)Vo = volume mula-mula (m3)V = volum akhir (m3)γ = 3α = koefisien muai volum (/oC)

2. Pemuaian zat cair Muai zat cair lebih besar daripada muai volum zat padat. Pada air, pemuaian tidak terjadi pada suhu 0oC – 4oC karena pada suhu ini zat cair menyusut yang dikenal dengan anomali air.3. Pemuaian gas

Gas hanya memiliki muai volum seper ti halnya zat cair. Koefisien muai gas adalah

/ oCManfaat pemuaian dalam kmehidupan sehari-hari :1. teknik pemasangan roda ban baja lokomotif2. pengelingan pelat logam3. keping bimetal pada lampu tanda arah mobil

C. Metode Pembelajaran: 1. Model : - Direc intruction (DI) - Kooperatif learning 2. Metode : - Diskusi kelompok - Eksperimen

D. Langkah- langkah Kegiatan :Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pemuaian.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan

10 menit

Page 82: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-

masing.- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan,

komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)2 Kegiatan

IntiEksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pemuaian Zat .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

Pemuaian Zat (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dari kajian pustaka siswa mendiskusikan pengertian Pemuaian zat sehingga siswa dapat lebih memahami perbedaan pemuaian zat padat, cair dan gas(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tentang pemuaian zat, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar, dan bersama-sama merumuskan persamaan pemuaian suatu zat (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Masing-masing kelompok menpresentasikan hasil diskusinya dan guru berperan sebagai moderator.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Kelompok lain diminta untuk menanggapinya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Pemuaian Zat.

20 menit

Page 83: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , menghargai prestasi, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pemuaian zat.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai pemuaian Zat.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja mengenai pemuaian Zat pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan ingin tahu)

Elaborasi ( Menelusuri )- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan

tentang percobaan sederhana pemuaian zat cair dan gas, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.

15 menit

20 menit

Page 84: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Secara kelompok peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki pemuaian zat cair dan gas dengan melakukan percobaan sesuai petunjuk yang ada dalam LKS.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Setelah melakukan percobaan, secara kelompok peserta didik mengamati dan mencatat data yang diperoleh ke dalam LKS, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Pemuaian Zat(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, menghargai prestasi dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajara. Buku siswab. LKSc. Buku Referensi

Page 85: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

F. Penilaian Hasil Belajara. Teknik penilaian:

- Tes tertulis , Tes unjuk kerjab. Bentuk instrumen:

- Isian, - Uraian, - PG, - Uji petik kerja c. Contoh instrumen: Pilihan Ganda :

TES TERTULIS PILIHAN GANDA

Pilih salah satu jawaban yang benar!1. Peristiwa yang menunjukkan bahwa pemuaian zat lebih besar daripada zat padat adalah

A. gelas kimia yang berisi air penuh, bila dipanaskan akan menguapB. gelas kimia yang berisi air penuh, sebagian air akan tumpah ketika mendidihC. gelas yang berisi air dan es, ternayata es akan berada di atas / terapungD. gelas yang berisi air dan es, bila es melebur tidak yang tumpah

2. Pada umumnya zat yang dipanaskan akan memuai. Perubahan yang terjadi bila zat memuai adalah ………………….A. volume bertambah, massa tetap, massa jenis bertambahB. volume bertambah, massa tetap, massa jenis berkurangC. volume bertambah, massa bertambah, massa jenis tetapD. volume bertambah, massa bertambah, massa jenis bertambah

3. Pemasangan kawat telepon atau jaringan listrik tidak dibuat terlalu tegang dengan tujuan ……………..A. tidak putus jika memuaiB. memberi kesempatan pemuaianC. tidak putus jika menyusutD. agar melengkung jika memuai

4. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat padat adalah ………….A. musschenbroekB. dilatometerC. labu didihD. bejana kaca

5. Jika suatu zat dipanaskan sehingga mengalami kenaikan suhu maka zat yang memuai terbesar adalah ………….A. Zat padatB. Zat cairC. GasD. bimetal

6. Rel kereta api diberi jarak sambungan untuk menghindari pembengkokan akibat dari A. Muai tekananB. Muai ruangC. Muai panjangD. Muai bidang

7. Ban sepeda dapat meletus ketika dipanaskan. Hal ini membuktikan bahwa …A. Gas mengalami muai panjangB. Gas mengalami muai bidangC. Gas mengalami muai volumeD. Gas mengalami muai penyusutan

8. Sebuah bimetal terbuat dari logam kuningan dan tembaga. Koefisien muai panjang kuningan 0,000020/oC dan tembaga 0,000014/oC. JIka bimetal dipanaskan maka A. Akan melengkung ke arah kuninganB. Akan melengkung ke arah tembagaC. Akan melengkung ke arah ruang yang kosongD. Tetap lurus walaupun sampai suhu yang tinggi

9. Penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari dapat berupa seperti berikut, kecuali A. Bimetal untuk thermometerB. Pengelingan untuk menyambung 2 lempeng besi dengan kuatC. Pemasangan bingkai besi, kaca jendela, dan rel kereta apiD. Pemasangan thermometer, barometer dan manometer

10. Mengapa pada pengelingan, pelat logam keeling perlu dipanaskan?

Page 86: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

A. Supaya keeling mudah ditempaB. Keling yang panas menyusut setelah dinginC. Agar sanbungan menjadi kauat setelah dinginD. Untuk mempermudah penyambungan

PENILAIAN TES PILIHAN GANDAMATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-

hari KELAS : VII

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

erol

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

  Skor maksimum 10 10 10 10  10 10 10 10 10 10 75

No Nama          

1            

2          3          4          5          6          

Jumlah          Rata-rata          

Daya serap          Ketuntasan          

         

Nilai = jumlah skor perolehan

Lembar Kerja Siswa

Page 87: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Tes Uji Petik Kerja Prosedur

Konsep : Pemuaian Zat CairAlat dan Bahan :

1. bejana kaca2. labu didih berpipa3. air4. alcohol5. pembakar apritus

Cara Kerja :a. Isilah labu I dengan air dan labu II dengan alcohol! Usahakan agar tinggi

permukaanya sama.b. Celupkan kedua labu ke dalam bejana yang berisi air!

I II

air

c. Panaskan bejana tersebut sehingga air dalam bejana mencapai suhu tertentu!d. Tunggu beberapa saat, kemudian perhatikan permukaan kedua zat cair dalam pipa!e. Apakah permukaan zat cair mengalami kenaikan?

Jawab : ……………………………………………………………..f. Apakah tinggi permukaan kedua zat cair dalam pipa sama? Mengapa?

Jawab : ………………………………………………………………

Konsep : Pemuaian GasAlat dan Bahan :

a. Dilatometerb. Bejanac. Aird. Es

Cara Kerjaa. Masukkan dilatometer dengan keadaan terbalik ke dalam bejana berisi air (ujung pipa

masuk ke dalam air) sehingga air akan naik melalui pipa sampai ketinggian tertentu!

air

b. Gosok-gosoklah labu kaca dengan tangan agar suhu udara dalam dilatometer naik!

Amatilah ketinggian air dalam pipanya!

Page 88: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Bagaimanakah ketinggiannya? Mengapa?Jawab : ………………………………………………………

c. Kemudian ulangi kegiatan itu dengan mengosok-gosokkan labu kaca menggunakan kompres air es! Amati pula ketinggian air dalam pipanya!Apakah ketinggian air berubah? (naik atau turun)? Mengapa?Jawab .: …………………………………………………………..

Diskusi :1. Apakah yang dimaksud memuai?

Jawab .: …………………………………………………………..2. Bilamana sebuah benda zat dikatakan memuai? Jelaskan!

Jawab .: …………………………………………………………..3. Apakah semua zat bisa mengalami pemuaian? Sebutkan contohnya!

Jawab .: …………………………………………………………..4. Sebutkan peristiwa pemuaian yang bermanfaat, yang biasa anada alami sehari-hari?

Jawab .: …………………………………………………………..

Rubrik :

No. Aspek Skor 1. Kebersamaan dalam kelompok 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 40 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 20 Jumlah skor 100

Page 89: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN UJI PETIK KERJA DAN PROSEDURMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari KELAS : VII 

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Tid

as

Tid

ak t

unta

s

Keb

ersa

maa

n da

lam

kel

ompo

k

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an p

rose

dur

yang

be

nar

Mem

pero

leh

data

dar

i per

coba

an

Mem

buat

kes

impu

lan

deng

an b

enar

  Sekor maksimum 20 40 20 20   75

No Nama

         

1            2            3            4            5            6            7            8            9            10            

Jumlah            Rata-rata            

Daya serap            Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor maksimum

Page 90: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

TES TERTULIS (ISIAN)

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Bagaimakah sifat bimetal?2. Sebutkan salah satu kegunaan bimetal?3. a. Mengapa ketika kalian menyetrika baju dengan strika listrik lampu indicator dapat mati

sendiri?b. Apakah nama alat yang mengatur indicator tersebut?

c. Coba jelaskan prinsip kerja alat tersebut pada setrika liastrik

PENILAIAN TES ISIANMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian Dalam kehidupan sehari-hari KELAS : VII 

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r P

erol

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

T

unt a

s

Tid

ak tu

ntas

Soa

l no

1

Soa

l no

2

Soa

l no

3 a

Soa

l no

3 b

Soa

l no

3 c

  Skor maksimum 20 20 20 20  20 70

No Nama

1             2             3            4             5             6             7             8             9             

10             Jumlah             Rata-rata            Daya serap            Ketuntasan           

Nilai = jumlah skor perolehan

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Pemuaian ZatNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik

Page 91: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

5=amat baikCatatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 92: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)No. 11

Satuan Pendidikan : SMPN 1 PetangKelas/Semester : VII / 1 (Satu).Mata Pelajaran : IPA.(Fisika)Materi Pokok : Kalor

Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahan

Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu

benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :1. Menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud suatu benda

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis)

2. Menyebutkan 3 faktor yang dapat mempercepat penguapan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis)

3. Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu suatu benda(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis)

4. Menyelidiki kalor yang diperlukan pada saat mendidih dan melebur(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis)

5. Menerapkan hubungan Q = m.c.∆t , Q = m.L, Q = m.u untuk menyelesaikan soal sederhana.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, teliti)

Alokasi waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran:Siswa dapat :1. Melalui eksperimen, peserta didik melakukan percobaan pengaruh kalor terhadap

suhu dan wujud zat suatu benda2. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat menyebutkan minimal 3 faktor yang

dapat mempercepat penguapan3. Melalui diskusi kelompok,peserta didik mampu menyatakan banyaknya kalor

yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda secara kualitatif berdasarkan pengamatan.

4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyatakan banyaknya kalor yang diperlukan pada saat mendidih dan melebur secara kualitatif berdasarkan pengamatan

5. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menggunakan hubungan Q = m.c.∆t , Q = m.L, Q = m.U untuk menyelesaikan soal sederhana

B. Materi Pembelajaran :KalorKalor adalah salah satu bentuk energi yang dapat berpindah dari suhu tinggi ke suhu yang rendah. Dalam SI, kalor dinyatakan dalam satuan Joule (J). 1 kal = 4,2 J atau 1 J = 0,24 kal.Kalor dapat mengubah suhu suatu zat , apabila suatu zat menyerap kalor , maka suhu zat itu akan naik sebaliknya apabila zat itu melepaskan kalor, suhunya akan

Page 93: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

turun.Jumlah kalor yang diserap atau dilepaskan zat sebanding dengan massa zat, kalor jenis, dan kenaikan atau penurunan suhu zat itu.Q = m. c. ∆tKalor jenis adalah bilangan yang menyatakan banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kg (1000 gram) zat sebesar 1oC.Kalor lebur adalah banyaknya kalor yang digunakan 1 kg zat untuk melebur pada titik lebur. Kalor yang diserap atau dilepaskan = m . LKalor uap banyaknya kalor yang digunakan 1 kg zat untuk menguap pada titik didihnya. Kalor yang diserap atau dilepaskan = m . U

C. Model dan Metode Pembelajaran Model : Direct Intruction ( DI ) Cooperative learning ( CL ) Metode : Diskusi dan eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Kalor.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Kalor .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

Kalor (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

15 menit

20

Page 94: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru memberi informasi kepada peserta didik untuk mendiskusikan mengenai tentang pengertian kalor, kalor jenis, kapasitas kalor.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru bersama peserta didik mempersiapkan alat dan bahan pratikum untuk melaksanakan kegiatan/eksperimen sesuai prosedur yang ada di LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru mengamati peserta didik dalam melakukan kegiatan/eksperimen(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengamati dan menulis data kegiatan/eksperimen ke dalam LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil kegiatannya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru menunjuk satu dua kelompok untuk mempresentasikan hasil kegiatannya dan kelompok lain menaggapinya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Kalor.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Page 95: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Kalor.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Kalor.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)Guru membagikan prosedur kerja mengenai pemuaian Zat pada anggota masing-masing kelompok (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru memberi informasi kepada peserta didik untuk

mendiskusikan mengenai proses penguapan, mendidih dan melebur.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru membagikan lembar tes kepada kelompok peserta didik(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru bersama peserta didik membahas hasil tes(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang kalor(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan,

20 menit

Page 96: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

komunikatif, tanggung jawab)- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk

kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

Pertemuan III

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Kalor.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Kalor .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menginformasikan sedikit tentang konsep

Kalor (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan penggunaan persamaan Q = m.c. , Q = m.L

Q = m . u untuk menyelesaikan soal sederhana(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin

15 menit

20 menit

Page 97: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

tahu, kreatif, dan tanggung jawab)- Guru mendampingi peserta didik dalam berdiskusi

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menunjuk salah satu kelompok untuk maju kedepan mengerjakan penyelesaian soal-soal di papan tulis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang penggunaan persamaan yang telah dibahas.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A dan B (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar Buku siswa dan Buku referensi Alat – alat eksperimen

F. Penilaian Hasil Belajar Teknik Penilaian : Tes tertulis Tes unjuk kerja Bentuk intrumen : Tes Uji petik kerja prosedur Tes uraian Contoh Instrumen :

- Instrumen tes uji petik kerja prosedur

Page 98: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Lembar Kerja SiswaTes Uji Petik Kerja Prosedur

Konsep : Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu Benda

Alat dan Bahan :1. gelas kimia2. pemanas3. statif4. kaki tiga dan asbes5. stop watch6. thermometer7. air8. minyak goreng

Kegiatan ICara Kerja

a. Ambillah 50 ml air, lalu tuangkan ke dalam gelas kimia I (pertama) dan 100 ml air tuangkan ke dalam gelas kimia II (kedua).

b. Catatlah suhu air mula-mula!c. Kemudian panaskan kedua air dalam gelas kimia di atas pembakar spirtus dengan

nyala api dan waktu yang bersamaan!d. Amati dan catalah suhu masing-masing setelah dipanasi selam 10 menit!e. Tulislah data hasil pengamatanmu!

WaktuSuhu air (oC)

Gelas kimia I Gelas kimia II

Menit awal

Menit ke-10………………………..

………………………..

………………………..

………………………..

Diskusi :

1. Apakah setelah menit ke-10, suhu air dalam kedua gelas kimia sama?Jawab : …………………………………………………………

2. Jika Tidak sama, mengapa? Jelaskan!Jawab : …………………………………………………………

Kegiatan IICara Kerja :

1. Isilah gelas kimia I dengan 50 ml air dan gelas kimia II dengan 50 ml minyak goring!2. Kemudian panaskan kedua gelas kimia di atas pembakar spirtus dengan menyalakan

api yang sama dan waktu yang bersamaan!3. Catatlah waktu yang diperlukan kedua zat cair untuk kenaikan suhu sampai 30oC ke

dalam tabel!Gelas kimia Jenis zat waktu

I

II

……………………..

……………………..

……………………..

……………………..

Diskusi :a. Apakah untuk mencapai suhu yang sama, kedua zat cair memrlukan waktu yang

sama?Jawab : ……………………………………………………………

b. Apakah yang neyebabkan demikian?Jawab : ……………………………………………………………

Dari kedua kegiatan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut ;1. Semakin besar kenaikan suhu benda, maka kalor yang diperlukan ……….

Page 99: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

2. Semakin besar massa benda, kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda makin ………………

3. Jika dua jeniis zat yang dipanskan secar bersamaan, maka banyaknya kalor yang diperlukan untuk mencapai suhu yang sama adalah …………

4. Banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu suatu benda ditentukan oleh5. Jika maasa benda (m), kalor jenis benda (c), dan perubahan suhu ( t), maka

banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda (Q) dapat dirumuskan ………………………………..

Rubrik :

No. Aspek Skor 1. Kebersamaan dalam kelompok 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 20 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 40 Jumlah skor 100

PENILAIAN UJI PETIK KERJA PROSEDURMATAPELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu

benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hariKELAS : VII 

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r pe

roll

ehan

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Tun

tas

Tid

ak t

unta

s

Keb

ersa

maa

n da

lam

kel

ompo

k

Mel

akuk

an k

egia

tan

deng

an

pros

edur

yan

g b

enar

Mem

pero

leh

data

dar

i pe

rcob

aan

Mem

buat

kes

impu

lan

deng

an

bena

r

  Skor maksimum 30 20 20 30   75

No Nama          

1              2              3              4              5              6              7              8              9              

10              Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor maksimum

Tes Tertulis Pilihan Ganda

Page 100: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

1. Ada beberapa cara mempercepat penguapan seperti berikut, kecuali ………A. Pemanasan atau menaikkan suhuB. Memperluas permukaan atau bidang penguapanC. Meniupkan udara di atas permukaanD. Menambah tekanan di atas permukaan

2. Kalor uap adalah kalor yang diperlukan oleh ……………A. 1 kg zat cair untuk menguapB. 1 gr zat cair untuk menguapC. 1oC zat cair untuk menguapD. 1oK zat cair untuk menguap

3. Perhatikan tabel kalor uap pada beberap zat!Zat Alkohol Air raksa Tembaga

Kalor uap (U) (J/kg) 1,1x106 2,27x106 7,35x106

Maka zat yang paling cepata menguap adalah …………A. AirB. AlcoholC. RaksaD. tembaga

4. Kalor yang diberikan pada saat air mendidih digunakan untuk ………..A. Mendekatkan patikel-partikel airB. Menjaga suhu air tetapC. Proses penguapanD. Menaikkan suhu air

5. Bila alcohol diteteskan ke kulit tangan, maka tangan akan terasa dingin sebab A. Alcohol meresap ke kulitB. Alcohol melepaskan kalor ke kulit kitaC. Alkohol menguap sambil memberi kalor ke kulit kitaD. Alcohol menguap setetlah menyerap kalor dari kulit kita

6. Banyaknya kalor yang diperlukan selama mendidih bergantung pada …….A. Berat dan kalor uapB. Berat jenis zat dan kalor embunC. Massa zat dan kalor uapD. Massa jenis zat dan kalor embun

7. Zat cair dikatakan mendidih apabila ……….A. Terbentuk gelembung-gelembung uap dan meninggalkan zat cairB. Terbentuk asap sebagai gas yang terbentuk dari air dan meninggalkan zat cairC. Terbentuk uap dan mencapai suhu tertentuD. Terbentuk uap, gas dan asap yang meninggalkan zat cair

8. Suhu ketika zat melebur disebut ………….A. Titik leburB. Titik dinginC. Titik bekuD. Titik uap

9. Air diberi kalor sehingga mendidih dan mengeluarkan gas disebut …….A. MengembunB. MenguapC. MeleburD. mencair

10. Kalor lebur adalah kalor yang diperlukan oleh ………….A. 1 kg zat padat untuk meleburB. 1 kg zat cair untuk meleburC. 1 gr zat cair untuk meleburD. 1 gr zat padat yang mencapai suhu 0oC

Page 101: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN TES PILIHAN GANDAMATA PELAJARAN : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda

serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hariKelas / Semester : VII / 1

 

Butir soal dan skor perolehan

Sk

orP

erol

ehan KK

M

Tu

nta

s

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Skor maksimum

10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 75

No Nama12345678910

JumlahRata-rataDaya serapKetuntasan

Nilai = jumlah skor yang diperoleh

Tes Tertulis IsianJawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Berapa kalor yang diperlukan untuk memanaskan 2,5 kg besi dari suhu 5oC menjadi 35oC? (kalor

jenis besi 0,11 kkal/kgoC)2. Hitunglah banyaknya kalor yang diperlukan untuk melebur 1,5 kg es, jika kalor leburnya sebesar

80 kal/gr?3. Berapa kalor yang dibutuhkan untuk menguapkan 0,5 kg air, bila kalor uap air 2258 kJ/kg)?4. Hitunglah banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan 5 kg air dari suhu 15oC menjadi

70oC? (kalor jenis air 4200 J/kgoC)5. Hitunglah banyaknya kalor yang diperlukan untuk melebur 2 kg es, bersuhu 0oC menjadi air

15oC! (jika kalor lebur es 80 kal/gr dan kalor jenis air 1 kal/gr0C)

Page 102: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

PENILAIAN TES ISIAN

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hariKelas / Semester : VII / 1

Butir soal dan Skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Ketuntasan

1 2 3 4 5 Ya

Tid

ak

Skor maksimum 20 20 20 20 20 70No Nama Siswa12345678910

JumlahRata-rataDaya serapKetuntasan

Nilai = jumlah skor yang diperoleh

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 103: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)No. 12

SMP : SMPN 1 PetangMata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Kelas/Semester : VII / 1 (Satu).

Materi Pokok : Perubahan Fisika dan Kimia

Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan Fisika dan perubahan Kimia.

Kompetensi Dasar : 4.1. Membandingkan sifat Fisika dan sifat Kimia

Indikator: 1. Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial)

2. Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, komunikatif)

3. Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan kimia(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif)

Alokasi waktu : 3 jam pelajaran ( 1 x pertemuan)

A. Tujuan pembelajaran:1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat mendefinisikan perubahan fisika dan

perubahan kimia2. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat membedakan perubahan fisika dan

perubahan kimia3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan dua contoh perubahan

fisika dan perubahan kimia4. Melalui pengamatan, peserta didik mampu mengklasifikasikan antara perubahan

fisika dengan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi pembelajaran: Perubahan fisika dan perubahan kimia

1. Ciri-ciri perubahan fisika :- terjadi perubahan wujud, contoh mencair, membeku- air dan gas mempunyai bentuk sesuai dengan wadahnya- terjadi perubahan ukuran- terjadi perubahan volum

2. Ciri-ciri perubahan kimia :- terjadinya pembentukan gas terkadang dengan bau yang khas- terjadi perubahan warna- terjadi endapan- terjadinya perubahan suhu saat reaksi berlangsung.

C. Metode pembelajaran:

1. Model : Cooperative Learning (CL) Direct Information (DI)

2. Metode : Diskusi kelompok

Page 104: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Pengamaatan

D. Langkah – langkah kegiatanPertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang perubahan fisika dan perubahan kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

20 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia.

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB

tentang Perubahan Fisika dan Perubahan kimia.- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di

masing-masing kelompoknya.- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi

kelompok untuk dilaporkan.- Peserta didik mengerjakan soal tentang Perubahan

fisika dan Perubahan Kimia pada LKS yang diberikan guru.

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

40 menit

20 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Perubahan fisika dan Perubahan Kimia.

20 menit

Page 105: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi kepada peserta didik ulangan pada pertemuan berikutnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, dan tanggung jawab)

E. Sumber belajar : - Buku siswa - Buku referensi

F. Penilaian hasil belajar:1. Teknik penilaian :

Tes unjuk kerja Tes Tertulis

2. Bentuk instrumen: Uji petik kerja dan prosedur Pilihan ganda

3. Contoh Instrumen : - Instrumen tes uji peti kerja dan prosedur

LEMBAR KERJA SISWA ( LKS)Tes unjuk kerja

A. Tujuan: Mengelompokkan zat yang mengalami perubahan fisika dan perubahan kimia dari hasil pengamatan.

B. Alat dan bahan: Alat:

pemanas spretus kaki tiga gelas kimia

Bahan: es cube kertas kembang api korek

C. Prosedur: Siapkan alat dan bahan yang diperlukan Masukkan potongan es ke dalam gelas kimia, kemudian dipanaskan dan amati

perubahan yang terjadi Zat apakah yang terjadi dan termasuk peritiwa apakah kegiatan di atas Masukkan data hasil pengamatanmu ke dalam tabel Ulangi kegiatan di atas dengan membakar kertas dan kembang api Buatlah kesimpulan dari data hasil pengamata.

Page 106: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

D. Tabel pengamatan

No Zat yang diamati Zat yang tebentuk Jenis perubahan 1 Es dipanaskan

2 Kertas dibakar

3 Kembang api dibakar

E. Kesimpulan: 1. Dari data di atas, sebutkanlah ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan

kimia.

PENILAIAN UNJUK KERJA DAN PROSEDURMATAPELAJARAN : IPA KOPETENSI DASAR : Membandingkan sifat Fisika dan sifat Kimia KELAS : VII 

   

Aspek yang di nilai dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Ket

erli

bata

n da

lam

dis

kusi

ke

lom

pok

Ked

isip

lina

n da

lam

keg

iata

n

Mel

akuk

an k

egia

tan

ses

uai

deng

an p

rose

dur

Ket

epat

an d

alam

pe

ngum

pula

n da

ta

Mem

buat

kes

impu

lan

 Skor

maksimum20 20 20 20  20 75

No Nama          

1              2              3              4              5              6              7              8              9              

10              11              12              13              14              15              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap             Ketuntasan            

Nilai = Jumlah skor maksimumMengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 107: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP)No. 13

Sekolah : SMPN 1 PetangKelas/Semester : VII / 1 (Satu).Mata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Materi Pokok : Perbedaan Perubahaan Fisika dan KimiaWaktu : 3 Jam Pelajaran (1x Pertemuan)

Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan Fisika dan perubahan Kimia.

Kompetensi Dasar : 4.2. Menyimpulkan perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan percobaan

sederhana

Indikator: 1. Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan

percobaan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis)

2. Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan kimia(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis)

Alokasi waktu: 3 jam pelajaran ( 1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat membandingkan karakteristik

perubahan fisika dan perubahan kimia2. Melalui eksperimen, peserta didik dapat membuat kesimpulan hasil percobaan

perubahan fisika dan perubahan kimia

B. Materi Pembelajaran:Perbedaan perubahan Fisika dan perubahan kimiaPerbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia adalah :

No. Perubahan Fisika Perubahan Kimia1 Tidak terbentuk zat baru Terbentuk zat baru2 Reversibel (dapat memperoleh

kembali zat semula)Irreversibel (tidak memperoleh kembali zat semula)

3 Tidak terjadi reaksi kimia Terjadi reaksi kimia yang ditandai dengan adanya pembentukan gas, endapan, warna, dan perubahan energi)

C. Metode pembelajaran:

1. Model ; Direct intruction Cooperative learning (CL )

2. Metode: Diskusi Informasi Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan:

Page 108: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

20 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB

tentang membuat kesimpulan tentang perbedaan Perubahan Fisika dan Perubahan kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Perubahan fisika dan Perubahan Kimia pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi

20 menit

40 menit

20 menit

Page 109: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Perbedaan Perubahan fisika dan Perubahan Kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi kepada peserta didik ulangan pada pertemuan berikutnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar: - Buku siswa,- Buku referensi

F. Penilaian Hasil Belajar:1. Tehnik penilaian:

Tes unjuk kerja

2. Bentuk penilaian: Tes unjuk kerja, sikap dan prosedur

3. Contoh Intrument: Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan

kimia,

LEMBAR OBSERVASI

A. Tujuan: Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan kimiaB. Alat dan Bahan:

Alat: Pemanas spretus Kaki tiga Gelas kimia Sendok pengaduk

Bahan: Air mineral Gula pasir

Page 110: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Garam Tepung kanji Singkong rebus Tape singkong

C. Prosedur: Siapkan bahan dan alat Cicipi sedikit gula dan rasakan Masukkan 1 sendok makan gula ke dalam setengah gelas air dan aduk

sampai gula larut semuanya, kemudian dicicipi dan rasakan Bandingkan rasa gula dengan rasa air gula Cicipi sedikit garam dan rasakan Masukkan setengah sendok makan garam ke dalam setengah gelas air dan

aduk sampai gula larut semuanya, kemudian dicicipi dan rasakan. Bandingkan rasa garam dengan rasa air garam Makanlah dedikit singkong rebus dan makakanlah sedikit tape singkong Bandingkan rasa singkong rebus dengan tape singkong Masukkan ¼ sendok makan tepung kanji ke dalam setengah gelas kimia

air, kemudian dipanaskan sambil diaduk-aduk sampai matang. Amati perubahan yang terjadi.

D. Kesimpulan:1. Apakah ada perbedaan antara rasa gula dengan air gula....2. Mengapa.............3. Termasuk perubahan apakah peristiwa tersebut..........4. Apakah ada perbedaan antara rasa garam dengan air garam......5. Mengapa..............6. Termasuk perubahan apakah peristiwa di atas.........7. Apakah ada perbedaan antara singkong rebus dengan tape singkong.....8. Mengapa..........9. Termasuk perubahan apakah peristiwa di atas.........10. Apakah ada perbedaan antara tepung kanji denga lem kanji11. Mengapa...........12. Termasuk perubahan apakah peristiwa di atas.......

PENILAIAN IDENTIFIKASIMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Menyimpulkan perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan perubahan

sederhanaKELAS : VII 

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Ked

isip

lina

n da

lam

mel

akuk

an k

egia

tan

Ker

ja s

ama

dala

m

kelo

mpo

k

Mel

akuk

an k

egia

tan

sesu

ai p

rose

dur

Mem

buat

kes

impu

lan

  Sekor maksimum 20 20 20 40 75

No Nama          1            2             

Page 111: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

3            4             5             6            7             8          9            10            

Jumlah             Rata-rata            Daya serap            Ketuntasan           

Nilai = Jumlah skor maksimum

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 112: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP)No. 14

Satuan Pendidikan : SMPN 1 PetangKelas/Semester : VII / 1 (Satu).Mata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Materi Pokok : Pemisahan Campuran

Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan Fisika dan perubahan Kimia.

Kompetensi Dasar : 4.3. Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat

fisika dan sifat kimia

Indikator: 1. Menjelaskan cara-cara pemisahan campuran berdasarkan ukuran kristal dan

cara kristalisasi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial)

2. Melakukan percobaan pemisahan garam dari pasir(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif)

3. Merancang alat sederhana dan Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih (penyaringan,

destilasi, penguapan dan sublimasi )(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif)

Alokasi waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan)

A. Tujuan pembelajaranPeserta didik diharapkan mampu:1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan dasar pemisahan campuran

berdasarkan ukuran partikel2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan dasar pemisahan campuran

berdasarkan perbedaan titik didih3. Melalui eksperimen, peserta didik melakukan percobaan pemisahan garam dari pasir4. Melalui pratikum LAB, peserta didik mampu merancang alat sederhana untuk

menjernihkan air

B. Materi pembelajaran : Pemisahan campuranCampuran dapat dipisahkan berdasarkan :

1. Ukuran partikel penyusunnya2. Perbedaan titik didih

Macam-macam metode pemisahan campuran :1. Penyaringan (filtrasi)

Merupakan pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel.2. Penguapan

Adalah suatu teknik untuk memisahkan suatu larutan yang zat penyusunnya berupa padatan dan cairan.

3. Penyulingan (destilasi)Adalah proses pemisahan campuran zat cair melalui proses penguapan dan pengembunan

4. SublimasiAdalah proses pemisahan campuran yang digunakan pada zat-zat yang dapat menyublim.

5. Kromatografi

Page 113: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Digunakan untuk memisahkan berbagai zat yang mempunyai warna berbeda-beda dengan menggunakan kertas kromatografi.

6. Kristalisasi Adalah proses pembentukan kristal untuk memisahkan zat padat dari larutannya dengan jalan didinginkan, sehingga zat terlarut akan mengkristal.

C. Metode Pembelajaran:1. Model : Direct Information ( DI ), Cooperative learning (C L )

2. Metode : Dikusi kelompok, Eksperimen

D. Langkah-langkah kegiatan

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pemisahan campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pemisahan Campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB

tentang pemisahan campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Secara berkelompok siswa mendiskusikan cara-cara pemisahan campuran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan

10 menit

20 menit

Page 114: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)- Menginformasikan kepada siswa bahwa hari ini kita

akan mencoba memisahkan garam dari pasir(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Pemisahan Campuran pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

10 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Pemisahan Campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan informasi kepada peserta didik ulangan pada pertemuan berikutnya. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

15 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pemisahan campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa

10 menit

Page 115: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

ingin tahu dan kreatif)- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pemisahan Campuran.

- Guru membagikan prosedur kerja mengenai Penjernihan air pada anggota masing-masing kolompok.

- Guru membagikan alat -alat eksperimen dan LKSElaborasi ( Menelusuri )- Siswa melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur- Guru membimbing siswa dalam melakukan kegiatan- Salah satu kelompok mendemontrasikan cara

menjernihkan airKonfirmasi- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pemisahan Campuran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

10 menit

20 menit

10 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Penjernihan Air(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi ulangan pada pertemuan berikutnya (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

15 menit

Page 116: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

E. Sumber belajar: - Buku siswa - Buku referensi

F. Penilaian hasil belajar:1. Teknik penilaian

Tes tertulis Unjuk kerja

2. Bentuk penilian Tes urain Tes uji petik kerja

3. Contoh Instrument

LEMBAR OBSERVASI

A. Tujuan : Memisahkan garam dari pasirB. Alat dan bahan:

Kertas saring - pemanas Corong - kaki tiga Gelas kimia - Pasir Garam biasa - Air

C. Prosedur kerja: Campurlah 1 sendok makan pasir dengan 1 sendok makan garam dalam gelas

kimia Tuangkan ¼ gelas air kedalam campuran tersebut Aduk campuran tersebut hingga garam larut Saring campuran tersebut dengan kertas saring, sehingga didapat larutan garam Panaskan larutan tersebut, sehingga larutan semakin pekat dan dan sampai lewat

jenuh Perhatikan apa yang terjadi................... Apa nama zat yang terbentuk............... Apakah nama cara pemisahan campuran di atas .........

D. Rubrik & penilaian

PENILAIAN IDENTIFIKASIMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdsarkan sifat fisika dan

sifat kimiaKELAS : VII

    Aspek dan skor perolehan S N i

Page 117: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

kor

pero

leha

n

lai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Ker

jasa

ma

dan

kedi

sipl

inan

da

lam

mel

akuk

an k

egia

tan

Mel

akuk

an k

egit

an s

esua

i de

ngan

pro

sedu

r

Has

il y

ang

dipe

role

h

Mel

engk

api p

erta

nyaa

n

  Sekor maksimum 20 30 20 30 75

No Nama          

1            2             3            4             5             

Jumlah            Rata-rata            Daya serap            Ketuntasan           

Nilai = Jumlah skor maksimum

Rubrik penilaian sikap dalam praktek pemisahan campuranNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

Page 118: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP)No. 15

Satuan Pendidikan : SMPN 1 PetangKelas/Semester : VII / 1 (Satu).Mata Pelajaran : IPA (Bio/Kim)Materi Pokok : Reaksi Kimia)

Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan Fisika dan perubahan Kimia.

Kompetensi Dasar : 4.4. Mengidentifikasikan terjadinya reaksi kimia melalui percobaan Sederhana

Indikator :1. Mendefinisikan reaksi kimia

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif)2. Mereaksikan dua zat untuk menunjukkan perubahan warna atau suhu

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif)3. Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggungjawab, kreatif)

Alokasi waktu : 3 jam pelajaran ( 1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik diharapkan mampu:

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendefinisikan reaksi kimia2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menulis persamaan reaksi kimia

dengan benar3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mereaksikan dua zat untuk

menunjukkan perubahan suhu dan terjadinya endapan4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat memberikan contoh reaksi kimia

yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran : Reaksi kimiaDalam reaksi kimia, terjadi penyusunan atom-atom kembali untuk membentuk zat kimia yang baru. Bahan-bahan dasar dalam suatu reaksi kimia dinamakan reaktan (pereaksi), yang bereaksi membentuk hasil (produk). Reaksi kimia yang mengeluarkan panas disebut eksotermik, misalnya pembakaran panas. Reaksi kimia yang membutuhkan panas disebut endotermik, misalnya reaksi antara gas hidrogen dengan oksigen.cara menuliskan persamaan reaksi kimia : Larutan asam klorida yang terdiri atas satu atom hidrogen (H) dan satu atom klorin (Cl) ditambah dengan larutan natrium hidroksida yang terdiri atas satu atom natrium (Na) dan satu molekul hidroksida (OH), menghasilkan

Satu molekul natrium klorida berbentuk larutan.HCl(aq) + NaOH(aq) + NaCl(aq) + H2O(l)

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi :- faktor suhu- faktor permukaan luas kontak- faktor konsentrasi senyawa- faktor katalis

C. Metode Pembelajaran: Model ; DI, CL

Page 119: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

Metode : - Diskusi kelompok- Eksperimen - tanya jawab

D. Langkah- langkah kegiatan

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pertumbuhan reaksi kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

20 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 1, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai reaksi Kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB

tentang Reaksi Kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang reaksi Kimia pada LKS yang diberikan guru.

20 menit

40 menit

Page 120: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan

terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Reaksi Kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi kepada peserta didik ulangan pada pertemuan berikutnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar: - Buku –pegangan siswa- Buku referensi - Bahan kimia

F. Penilaian hasil belajar:1. Teknik Penilaian :

- Tes tertulis - Tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : - Tes Uji petik kerja - Tes isian

3. Contoh Instrument :

LEMBAR OBSERVASI A. Tujuan : Mengamati adanya kenaikan suhu dan terjadinya endapan pada pada reaksi antara air

dengan kapur gampingB. Alat dan bahan :

Gelas kimia Kapur gamping Air mineral termometer Sendok pengduk

Page 121: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

C. Prosedur: Tuangkan air kedalam gelas kimia sebanyak 200 ml Ukur suhu air tersebut dan catat hasilnya Masukkan kapur gamping kedalam gelas kimia tersebut Aduk sampai rata Ukur suhu campuran tersebut dan catat hasinya Bandingkan suhu sebelum adanya reaksi dengan suhu setelah reaksi Simpulkan hasil pengamatanmu

PENILAIAN TES OBSERVASIMATA PELAJARAN : IPA KOMPETENSI DASAR : Mengidentifikasikan terjadinya reaksi kimia melalui percobaan

sederhana KELAS : VII 

   

Aspek yang di nilai dan skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n m

aksi

mum

Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

Ker

jasa

ma

dan

kedi

sipl

inan

da

lam

mel

akuk

an k

egia

tan

Mel

akuk

an k

egit

an s

esua

i de

ngan

pro

sedu

r

Has

il y

ang

dipe

role

h

Mem

buat

kes

impu

lan

  Skor maksimum 20 30 20 30 75

No Nama          1            2             3            4             5             6            7             8          9            

10            11          12            13            14            15            

 Jumlah             Rata-rata            Daya serap            Ketuntasan           

Nilai = Jumlah skor perolehan

Tes Tertulis (Isian)

1. Apakah definisi dari reaksi kimia2. sebutkanlah ciri-ciri terjadinya reaksi kimia3. Tuliskan persamaan reaksi antara:

a. satu molekul hidrogen dengan satu molekul oksigenb. natrium direaksikan dengan air

4. Apakah yang kamu ketahui tentang reaktan dan produk dalam reaksi kimia

Page 122: Rpp Ipa Kls Vii Smt 1 2011-2012

5. Berikan dua contoh kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

PENILAIAN TES ISIAN

Mata Pelajaran : IPA FisikaKompetensi Dasar : Mengidentifikasikan terjadinya reaksi kimia melalui percobaan

sederhana Kelas / Semester : VII / 1

Butir soal dan Skor perolehan

Sko

r pe

role

han

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um

Ketuntasan

1 2 3 4 5 Ya

Tid

ak

Skor maksimum 20 20 20 20 20 70No Nama Siswa

12

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

JumlahRata-rataDaya serapKetuntasan

Nilai = jumlah skor

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd.M.M.Pd Dra. Ni Made SuastiniNIP. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007