RPP Fisika SMP

Click here to load reader

download RPP Fisika SMP

of 32

  • date post

    24-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    423
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of RPP Fisika SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan: SMP Mata Pelajaran : IPA Fisika Kelas/Semester : IX/2 Materi Pokok : 15.1.Tata Surya Sub Materi Pokok : 15.1.1. Planet Alokasi Waktu : 1x 45 MenitI.

STANDAR KOMPETENSI didalamnya.

: 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi

II. KOMPETENSI DASAR

: 5.1 Mendiskripsikan karakteristik sistem tata surya.

III. INDIKATOR-

Mendiskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari. Menjelaskan bahwa ada gaya tarik di antara matahari dan bulan yang disebut gravitasi, jarak semakin jauh, semakin kecil gravitasinya. Mendiskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya. Mendiskripsikan perbandingan antara planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dsb menggunakan tabel..

-

IV. Tujuan Pembelajaran

: :

Pemahaman dan Penerapan Konsep Siswa dapat: Menjelaskan pengertian tata surya.

Bahwa semua anggota tata surya berputar mengelilingi matahari ( Matahari sebagai pusat tata surya). Menyebutkan urutan tata surya. Menjelaskan mengapa planet dapat terlihat. Mengngmabarkan bentuk orbit planet. Menjelaskan hokum Kepler.

-

Menjelaskan mengapa planet-planet bergerak mengelilingi matahari. Menjelaskan perbandingan antar planet. Kinerja Ilmiah Siswa dapat : :

1. Bekerja sama 2. Jujur dalam mengemukakan hasil percobaan 3. Menghargai pendapat teman dalam diskusi 4. Mengikuti KBM dengan disiplin (Tepat waktu) 5. Dapat membuat model tata surya

V. Materi Pokok

:

Tata Surya VI. Langkah Pembelajaran: VI.1.Pendahuluan (Awal) : Modivikasi :

Atas dasar apakah bumi dikatakan mengelilingi matahari ? Mengapa planet-planet termasuk bumi mengelilingi matahari ? Pengetahuan Prasyarat: Pernah melihat matahari, bulan, bintang

VI.2. Kegiatan inti Secara kelompok siswa diminta untuk diskusi Pengertian Tata Surya sampai kepada satelit alamiah halaman buku Sains Fisika SMP Kelas 3A Penerbit Erlangga.-

Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan dari kegiatan diatas.

VI.3. Penutup: Melalui diskusi, disimpulkan:

a.

Tata surya adalah suatu system dengan matahari sebagai pusat dikitari oleh planet-planet dan benda-benda antar planet seperti asteroid, komet, dan meteorid. Planet adalah benda gelap yang mengorbit sebuah bintang yaitu matahari. Planet dapat terlihat karena planet memantulkan cahaya yang diterima dari matahari. dan Jupiter, sedangkan planet Saturnus, Uranus, Neptunus,dan Pluto harus menggunakan teleskop untuk dapat dilihat.

b. c.

d. Planet dapat dilihat langsung tanpa teropong : Markurius, Venus, Bumi, Mars

e.

Bentuk orbit planet : Menurut Johannes Kepler berdasarkan perhitungan matematis: Hukum I Kepler : Setiap planet bergerak dalam orbit membentuk elips mengitari Matahari, dengan matahari berada di salah satu fokusnnya. Kelajuan gerak planet pada orbitnya bertambah besar ketika mendekatai Matahari dan bertambah kecil ketika menjauhi Matahari.

f.

Di titik Perihelium kelajuan planet mengitari Matahari= 30,2 km/s. Dititik Aphelium kelajuan planet mengelilingi Matahari= 29,2 km/s.

g.

Planet-planet bergerak mengelilingi matahari, karena adanya gravitasi. Oleh karena massa matahari sangat besar (300.000 kali massa bumi), maka planet-planet merasakan gravitasi Matahari sangat kuat. Gravitasi Matahari inilah yang menyebabkan planet-planet tidak menempuh garis lurus, melainkan bergerak mengelilingi matahari. Planet-planet tidak akan bertabrakan karena:- Tiap planet jaraknya terhadap matahari berbeda

- Orbit tiap planet berbeda - Lintasan planet dalam orbitnya selalu tetaph. Revolusi adalah gerak planet mengelilingi Matahari, makin jauh jaraknya terhadap

Matahari makain besar period planet tersebut. i. Planet selain berevolusi juga berotasi (berputar pada porosnya).

j. Perbandingan antar planet :

Jari-jari Ukuran Massa Massa Jenis Periode Rotasi Periode Revolusi

Terkecil Markurius Pluto Pluto Saturnus Jupiter Markurius

Terbesar Pluto Jupiter Jupiter Bumi Venus Pluto

k. Satelit benda kecil yang mengitari sebuah planet sebagai pengiring.

VII. Penilaian ;

7.1 Pemahaman dan Penerapan Konsep : Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan nomor Fisika SMP Kelas 3A Penerbit Erlangga. PR :

halaman

buku Sains

- Menjawab soal PG nomor halaman dan soal Essay nomor halaman buku Sains Fisika SMP Kelas 3A Penerbit Erlangga.

7.2 Kinerja Ilmiah : - Pengamatan selama kegiatan belajar berlangsung dilihat dari sikap, kejujuran, kedisiplinan, kemauan dst. - Pengamatan ketika siswa membuat model tata surya.

VIII.

Alat dan Bahan : - Tabel tentang data-data planet

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 1 Baktiya Barat

Sampoyniet, Guru Mata Pelajaran

Hj. NASRIAH, S.Pd, M.Pd NIP. 196112311985012008

AFRIANI, S.Pd NIP. 19604091985122001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan: SMP Mata Pelajaran : IPA Fisika Kelas/Semester : IX/2 Materi Pokok : 15.1.Tata Surya Sub Materi Pokok : 15.1.1. Benda Antar Planet Alokasi Waktu : 1x 45 MenitI.

STANDAR KOMPETENSI didalamnya.

: 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi

II. KOMPETENSI DASAR

: 5.1 Mendiskripsikan karakteristik sistem tata surya.

III. INDIKATOR-

Menunjukkan persamaan dan perbedaan perilaku benda langit Komet dan Asteroid.

IV. Tujuan Pembelajaran

: :

Pemahaman dan Penerapan Konsep Siswa dapat:-

Menyebutkan benda-benda yang termasuk benda planet. Menjelaskan bagaimana benda antar planet terbentuk. Menjelaskan mengapa ekor komet memanjang ketika mendekati matahari. Menjelaskan bagaimana komet terbentuk Membedakan antara meteor, meteorit, dan meteorid. Kinerja Ilmiah Siswa dapat : :

-

1. Bekerja sama

2. Jujur dalam mengemukakan hasil percobaan 3. Menghargai pendapat teman dalam diskusi 4. Mengikuti KBM dengan disiplin (Tepat waktu)

V. Materi Pokok Tata Surya

:

VI. Langkah Pembelajaran: 6.1 Pendahuluan (Awal) Modivikasi : :

Apakah ada benda diantara planet-planet yang juga mengelilingi matahari ? Pengetahuan Prasyarat: Pengetahuan tata surya,bintang, bumi dan planet.

6.2 Kegiatan inti- Secara kelompok siswa diminta untuk diskusi Benda antar planet halaman

s/d

buku Sains Fisika SMP Kelas 3A Penerbit Erlangga. - Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan dari kegiatan diatas.

6.3 Penutup: Melalui diskusi, disimpulkan: a. Benda antar planet adalah benda-benda yang bidang edarnya di antara planet dan mengelilingi matahari. b. Benda antar planet al : Asteroid Komet

-

Meteorid

c. Asteroid (planetoid) Terletak diantara planet Mars dan Jupiter, jumlahnya sekitar 100.000 dalam sabuk Asteroid. d. Asterioid terbentuk ada beberapa pendapat : - Salah satu satelit Jupiter meledak membentuk bongkahan bongkahan. - Para ilmuan beranggapan asteroid terbentuk dari sisa-sisa bahan dasar pembentukan planet. e. Komet adalah benda antar planet berupa bongkahan es dan debu yang meluncur sangat cepat melintasi tata surya. f. Ekor komet memanjang karena panas matahari meleburkan bahan-bahan permukaan inti. gas-gas yang lolos membawa debu halus membaur kedalam koma. Gas-gas ini kemudian dihalau menjauh matahari oleh angin dan tekanan matahari, sehingga ekor komet selalu menjauhi matahari. g. Ekor komet adlah gas bercahaya yang terbentuk ketika komet didekat matahari. h. Komet dikelompokkan menjadi : - Komet periodic (penampakannnya dapat dilihat dalam selang waktu yang teratur). - Komet non periodic (tidak dapat diperkirakan karena periodenya sangat lama). i. Komet sewaktu-waktu akan musnah selamanya. j. Komet terbentuk dari bagian kecil yang tertinggal ketika tata surya terbentuk. k. Meteor,meteorid dan meteorit : - Meteorid adalah benda-benda langit yang berupa batuan-batuan. - Meteor adalah meteorid yang memasuki atmosfir bumi. Karena gesekan dengan atmosfir bumi meteorid menjadi panas dan berpijar maka disebut meteor (bintang jatuh). - Meteorit adalah sisa-sisa meteorid yang sampai ke permukaan bumi. l. Hujan meteor Ketika komet dan asteroid mendekati matahari terjadilah sublimasi (penguapan), akibatnya disepanjang orbit bumi penuh dengan debu-debu peninggalan komet dan asteroid. Inilah yang disebut hujan meteor.

VII. Penilaian ;

7.1 Pemahaman dan Penerapan Konsep : - mengerjakan kegiatan 3.2, membuat kliping halaman Kelas 3A Penerbit Erlangga. - siswa diminta untuk menjawab pertanyaan nomor Fisika SMP Kelas 3A Penerbit Erlangga. PR :- Menjawab soal PG nomor

buku Sains Fisika SMP halaman buku Sains

halaman

halaman dan soal Essay nomor buku Sains Fisika SMP Kelas 3A Penerbit Erlangga.

7.2 Kinerja Ilmiah: - Pengamatan selama kegiatan belajar berlangsung dilihat dari sikap, kejujuran, kedisiplinan, kemauan dst. - Guru menilai kliping tentang hujan meteor.

VIII.

Alat dan Bahan : Koran bulan November 2001 dan bulan Desember 2001

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 1 Baktiya Barat

Sampoyniet, Guru Mata Pelajaran

Hj. NASRIAH, S.Pd, M.Pd NIP. 196112311985012008

AFRIANI, S.Pd NIP. 19604091985122001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan: SMP Mata Pelajaran : IPA Fisika Kelas/Semester : IX/2 Materi Pokok : 15.1.Matahari dan Bumi Sub Materi Pokok : 15.1.1. Matahari Alokasi Waktu : 1x 45 Menit I. STANDAR KOMPETENSI didalamnya. : 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi

II. KOMPETENSI DASAR sebagai salah satu planet.

: 5.1 Mendiskripsikan Matahri sebagai bintang dan bumi

III. INDIKATOR Mendeskripsikan Matahri sebagai salah satu bintang. Mengenali sumber pembentukan energ