Rpp Bhs. Inggris

download Rpp Bhs. Inggris

of 13

  • date post

    26-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    145
  • download

    13

Embed Size (px)

description

MANTAP

Transcript of Rpp Bhs. Inggris

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Nama satuan pendidikan:SMA MuhammadiyahMata Pelajaran:Bahasa InggrisKelas/ Semester:X/1Materi Pokok: Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap.Alokasi Waktu:2 x 2 JPA. Kompetensi Inti (KI)KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan duniaKI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.2. 2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.3.1.1 Mengidentifikasi ungkapan ucapan selamat bersayap dalam dialog yang diperdenngarkan.3.1.2 Menjelaskan fungsi ungkapan ucapan selamat bersayap.3.1.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan ucapan selamat bersayap.3.1.4 Merespon ungkapan ucapan selamat bersayap.4 4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks. 2 3 4 4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 4.5.1 Menyusun kartu ucapan selamat dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat bersayap.

C. Tujuan PembelajaranMelalui proses mendengarkan, membacam menanyakan, mencoba, dan menalarkan peserta didik diharapkan mampu:1. Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman untuk memberi ucapan selamat bersayap (extended).2. Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang memberi ucapan selamat bersayap (extended).3. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended). 4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended).5. Menyusun kartu ucapan selamat dengan menggunakan ungkapan selamat dengan tepat.

D. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended)FaktaUngkapan ucapan selamat bersayap (extended)

KonsepFungsi sosial:Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.

PrinsipUnsur kebahasaanPengucapanPenulisan

Prosedur(1) Kosa kata adjektiva terkait dengan kualitas pekerjaan.(2) Tata bahasa: simple past tense, simple present tense, present perfect continuous tense.(3) Penggunaan ungkapan baku ucapan selamat dari sumber-sumber otentik.(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi(5) Ejaan dan tanda baca(6) Tulisan tangan

E. Metode PembelajaranPendekatan:Scientific ApproachModel:Communicative LearningTeknik:Guessing Game dan Role Play

F. Media, Alat, dan Sumber Belajar1. Media: VCD dan Power Point Presentation2. Alat: Laptop, LCD, dan Speaker Active3. Sumber Belajar: Buku Bahasa Inggris, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; www.dailyenglish.com, http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files, http://learnenglish.britishcouncil.org/en/G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

KEGIATANDESKRIPSIALOKASI WAKTU

Pendahuluan1. Orientasia. Guru membuka kelas dengan salam pembuka dan berdoa sebelum memulai pembelajaran.b. Guru memeriksa kehadiran peeserta didik sebagai sikap disiplin.c. Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan member salam.

2. ApersepsiGuru melakukan apersepsi tentang hal-hal yang terkait dengan materi yang akan dipelajari.

3. Motivasia. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.b. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk meyelesaikan latihan-latihan dalam proses pembelajaran.

10 menit

IntiMengamati Peserta didik memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari berbagai sumber (a.l. film, tape, surat kabar, majalah). Peserta didik secara sukarela menyatakan ungkapan ucapan selamat dari sumber yang ditayangkan. Peserta didik membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar. Peserta didik menirukan contoh-contoh ungkapan ucapan selamat dengan ucapan, intonasi, tekanan, dengan benar dan lancar. Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan(questioning) Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. Peserta didik menanyakan informasi tertentu dan informasi rinci dari dialog tersebut.

Guiding questions, antara lain: Who are the speakers? Where does the dialog take place? What are they talking about?

Peserta didik menanyakan perbedaan ungkapan ucapan selamat yang digunakan dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

Mengeksplorasi Peserta didik secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber Peserta didik bergantian membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat Peserta didik mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.70 menit

Penutup Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran:

Thank you very much for your participation. You did a good job today. Im very happy with your activity in the class. How about you? Did you enjoy my class?

Guru melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individu untuk menulis surat dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat bersayap (extended). Peserta didik melakukan refleksi dengan menuliskan permasalahan dalam menggunakan ungkapan ucapan selamat bersayap (extended). Menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.10 menit

Pertemuan 2KEGIATANDESKRIPSIALOKASI WAKTU

Pendahuluan1. Orientasia. Guru membuka kelas dengan salam pembuka dan berdoa sebelum memulai pembelajaran.b. Guru memeriksa kehadiran peeserta didik sebagai sikap disiplin.c. Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan member salam.

2. ApersepsiGuru melakukan apersepsi tentang hal-hal yang terkait dengan materi yang akan dipelajari.

3. Motivasia. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.b. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk meyelesaikan latihan-latihan dalam proses pembelajaran.

10 menit

IntiMengasosiasi Peserta didik membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya. Peserta didik melengkapi percakapan yang telah disediakan dengan menggunakan pilihan kata yang benar. Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. Mengkomunikasikan Peserta didik berkreasi membuat percakapan ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback. Peserta didik secara berpasangan diminta untuk bergantian tampil di depan kelas dan mempresentasikan dialog ucapan selamat yang telah disiapkannya. Peserta didik memperoleh feedback dari guru dan teman sejawat70 menit

Penutup Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran:

Thank you very much for your participation. You did a good job today. Im very happy with your activity in the class. How about you? Did you enjoy my class?

Guru melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individu untuk membuat kartu ucapan selamat dengan menggunakan ungkapan selamat bersayap dengan benar. Peserta didik melakukan refleksi dengan menuliskan permasalahan dalam menggunakan ungkapan ucapan selamat. Menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.10 menit

H. Penilaian

1. Jenis/teknik peenilaian

SIKAP Observasi Jurnal

PENGETAHUAN PenugasanKETERAMPILAN Praktik Portofolio

2. Bentuk instrument dan instrument (terlam