RPL SMA TKB - Andita Ratih - BK A 2014

14
KOSONG

Transcript of RPL SMA TKB - Andita Ratih - BK A 2014

Ketertarikan Interpersonal

KOSONG

Kita bahas apa ya hari ini?

Belum ada tulisannya

video

KetertarikanInterpersonalBimbingan dan Konselingoleh Andita Ratih

Ketertarikan Interpersonaladalahsikap (positif/negatif) seseorang mengenai orang lain.

Ketertarikan meliputi evaluasi sepanjang waktu dimensi yang berkisar dari sangat suka hingga sangat tidak suka.

Tahap Awal :Kedekatan dan EmosiKetertarikan mengacu pada sikap positif dan negatif yang kita bentuk terhadap orang lain. Kontak awal antara dua orang sering kali berdasarkan pada kedekatan sebagai akibat dari aspek-aspek fisik lingkungan.Kedekatan menimbulkan repeated exposure di antara kedua individu. Repeated exposure biasanya menimbulkan afek positif, yang berkaitan dengan ketertarikan.Keadaan afektif positif dan negatif mempengaruhi ketertarikan baik langsung maupun tidak langsung. Efek langsung terjadi ketika orang lain berperan terhadap emosi yang terkait. Efek yang tak langsung terjadi ketika sumber emosi ada di tempat lain dan orang lain tersebut hanya terasosiasikan dengan keberadaannya.

Menjadi Kenal : Kebutuhan Afiliasi dan Akibat Karakteristik yang Dapat DiamatiIndividu yang kebutuhan afiliasinya tinggi, berlawanan dengan yang rendah, lebih mungkin untuk terlibat dalam membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal, dan mereka lebih terampil dalam berurusan dengan orang-orang. Pada keadaan yang tidak umum, seperti bencana alam, orang lebih mungkin untuk berafiliasi dengan orang lain. Tampaknya, perbandingan sosial adalah kekuatan pendorong pada tingkah laku ini, karena orang-orang ingin berinteraksi agar mengurangi kecemasan dengan menjelaskan apa yang terjadi dan dengan menjelaskan reaksi emosi mereka sendiri.Ketertarikan interpersonal dan penilaian interpersonal yang didasarkan pada stereotip, secara kuat dipengaruhi oleh berbagai macam karakteristik yang dapat diamati dari orang-orang yang kita temui, termasuk daya tarik fisik. Selain daya tarik, banyak karakteristik lainnya yang dapat diamati yang dapat mempengaruhi evaluasi interpersonal awal, termasuk fisik, berat badan, gaya perilaku, pemilihan makanan, nama depan, dan karakteristik lain yang superfisial.

Bergerak menuju Pertemanan : Kesamaan dan Rasa Suka Timbal BalikSalah satu faktor yang menentukan ketertarikan terhadap orang lain adalah kesamaan sikap, keyakinan, nilai-nilai, dan minat. Meskipun ketidaksamaan memiliki akibat yang lebih besar daripada kesamaan terhadap ketertarikan, kita berespons terhadap keduanya. Sehingga, semakin tinggi proporsi sikap yang sama, semakin besar ketertarikan. Respons afek positif terhadap kesamaan dan respons afek negatif terhadap ketidaksamaan yang telah dihipotesiskan, berdasar pada proses-proses perbandingan sosial yang mendorong terjadinya validasi konsensus. Penjelasan yang berbeda didasarkan pada keperluan adaptasi nenek moyang kita untuk bereaksi terhadap orang-orang asing yang tidak sama, dan memiliki potensi yang membahayakan, dengan rasa takut atau rasa marah. Kita juga menyukai orang lain yang menunjukan dalam kata-kata maupun tingkah laku bahwa mereka menyukai dan memberikan evaluasi positif kepada kita. Kita tidak menyukai orang-orang yang tidak suka dan memberikan evauasi negatif kepada kita.

Refleksi Diri Adakah seseorang yang dekat dengan kamu di kelas ini? Apa jenis kelaminnya? Perempuan atau laki-laki? Kapan saja kalian bertemu? Apa yang kamu rasakan atau kamu pikirkan tentang dia? Karakteristik apa yang sering kamu amati dari dia? Apakah kamu memiliki dorongan motivasi afisiliasi yang kuat? Mengapa?

Penentu Utama KetertarikanAfek(affect)IntensitasKuat/LemahArahPositif/Negatif

Tips Mempermudah Orang-orang yang Menyukai Anda Kendalikan faktor-faktor kedekatan Ciptakan afek positif Dekati orang lain pada situasi yang membangkitkan emosi Maksimalkan penampilan anda dan lihatlah lebih dari sekedar penampilan orang lain Tekankan kesamaan dan abaikan perbedaan Ingatlah untuk megekspresikan sentimen positif-bukan negatif

Terima kasiHOO