Resume entrepreneurship kelas vii

download Resume entrepreneurship kelas vii

of 36

  • date post

    17-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    27
  • download

    11

Embed Size (px)

Transcript of Resume entrepreneurship kelas vii

  1. 1. 44 PRESUME ENTREPRENEURSHIP KELAS VII BAB I PENGERTIAN ENTREPRENEUR 1.1SEJARAH ENTREPRENEUR 1) Dunia mengenal Entrepreneur sejak Zaman Phoenicia kuno, sekitar abad ke-11 sebelum Masehi. 2) Entrepreneur saat itu banyak memperdagangkan Barang-barang dari berbagai wilayah dunia, seperti perak, besi dan kaleng dari Tunisia (spanyol), kayu eboni dan gading dari Afrika dan India, kain, wol, anggur, batu permata dari Syria, parfum, dari Dor, Are dan Juppa (Israel) dan Juda; produk garmen, border dab tali dari pelabuhan Mediterania (Tunisia). 3) Di Indonesia perdagangan intensive tercatat sejak Masa prakolonialisme, dimana kerajaan Hindu-Buddha, serta Islam di Jawa dan Sumatera mempraktikan perdagangan untuk dalam kehidupan perekonomian mereka. Kerajaan Taruma Negara di Jawa Barat, Majapahit di Jawa Timur, dan Sriwijaya di Sumatera yang hidup sekitar abad 4 hingga 14 Masehi meninggalkan bukti-bukti sejarah dalam bentuk prasasti maupun benda-benda peninggalan sejarah seperti keramik atau tembikar dari Cina. 4) Komoditas yang diperdagangkan saat itu di Indonesia berupa Cengkeh, pala, kapulaga, lada, pinang, kayu gaharu, kapur barus, gading, kayu cendana, timah, emas, perak, kayu hitam, kayu sapan, dan penyu, yang kemudian dipertukarkan dengan kain katun, kain sutra, dan porselen dari pedagang asing. 5) Beberapa produk yang dihasilkan sejumlah entrepreneur menjelang akhir kolonisasi Belanda dan masih ditemukan saat ini ialah Kecap saat ini masih kita temukan pada berbagai tempat sebagai pelengkap masakan. Kecap telah diproduksi sejak tahun 1920. Yang terkenal saat ini misalnya kecap benteng (Siong Hin). Pabriknya didirikan tahun 1920 di Tangerang oleh Lo Tjit Siong.
  2. 2. 45 6) Tak lama setelah Indonesia merdeka, salah satu Entrepreneur senior The Nin King mendirikan usaha Perdagangan tekstil tahun 1949. Yang berkembang menjadi beragam perusahaan terintegrasi di industri tekstil dan berbagai bisnis lainnya dibawa Argo manunggal group 1.2PERAN ENTREPRENEUR 7) Bill Bolton dan John Thompson mendefinisikan Entrepreneurship sebagai mindset atau pola pikir, yaitu Suatu seni dalam menemukan solusi yang menguntungkan dari suatu permasalaan. 8) Setiap Entrepreneur sukses adalah Seseorang yang telah mampu mengidentifikasi adanya suatu masalah dan lebih dulu menemukan solusi atas permasalahan tersebut dibandingkan dengan orang lain. 9) Entrepreneur sendiri didefinisikan Sebagai orang yang memilki kebiasaan menciptakan dan berinovasi untuk membangun sesuatu yang dipandang bernilai dari sekumpulan peluang yang ada. 10)Dari definisi di atas dapat dijabarkan dengan makna sebagai berikut a) Entrepreneur Dapat berupa individu, tim, atau bahkan organisasi yang memiliki mindset entrepreneurial. b) Orang Lebih menekankan kepribadian dari pada sebuah sistem c) Kebiasaan Menunjukkan bahwa seseorang entrepreneur tidak dapat berhenti melakukan kegiatan-kegiatan entrepreneurial. d) Menciptakan Menunjukkan kegiatan memulai dari awal dan menjadikan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya menjadi ada.
  3. 3. 46 e) Berinovasi Mampu mengatasi rintangan yang dianggap penghalang oleh kebanyakan orang, mengubah masalah dan resiko menjadi peluang, menghasilkan- mewujudkan ide-ide dalam aplikasi. f) Membangun sesuatu Menggambarkan output dari proses penciptaan dan inovasi g) Nilai Mewakili nilai-nilai secara ekonomis, komersil, social atau estetik h) Peluang Menangkap peluang dan mengeksploitasi ide yang mungkin original atau tidak bagi entrepreneur, melihat sesuatu yang diabaikan orang lain. 11)Peran Entrepreneurship dalam kemajuan ekonomi suatu bangsa, setidaknya ada empat hal yaitu a. Solusi bagi dirinya sendiri, karena tidak perlu menjadi penganggur, mereka adalah pencipta kerja bagi dirinya sendiri. b. Solusi bagi sesama, karena dari pekerjaanya mereka juga menciptakaan pekerjaan bagi orang lain c. Solusi bagi komunitasnya, karena dari daya inovasinya ia akan mengubah kekayaan alam dan budaya menjadi produk yang dibutuhkan dunia. d. Solusi bagi Negara. Karena dari hasil karyanya para entrepreneur beragam pajak dapat dipungut untuk membiayai pemerintahan dan kelangsungan pembagunan 12)Menciptakan sebanyak mungkin Entrepreneur, setidaknya memiliki alasan a) Solusi bagi dirinya sendiri Solusi bagi dirinya sendiri, karena tidak perlu menjadi penganggur, mereka adalah pencipta kerja bagi dirinya sendiri. b) Solusi bagi sesamanya Solusi bagi sesama, karena dari pekerjaanya mereka juga menciptakaan pekerjaan bagi orang lain
  4. 4. 47 c) Solusi bagi komunitasnya Solusi bagi komunitasnya, karena dari daya inovasinya ia akan mengubah kekayaan alam dan budaya menjadi produk yang dibutuhkan dunia. d) Solusi bagi Negara Solusi bagi Negara. Karena dari hasil karyanya para entrepreneur beragam pajak dapat dipungut untuk membiayai pemerintahan dan kelangsungan pembagunan 13)Produk-produk Entrepreneur Indonesia banyak di konsumsi oleh masyarakat manca Negara antara lain Sepeda buatan Indonesia merek Polygon di produksi di Sidoarjo, Jawa Timur di ekspor ke Belgia, Inggris, Portugal, Denmark dan Jepang. 14)Produk-produk karya anak bangsa yang telah memperoleh penghargaan dunia internasional a) Tas unik merek Mimsy Buatan Christyna Theosa , sering muncul di event-event internasional di New York, Las Vegas, Jepang, Kanada, Sidny, Dubai, dan Madrid b) Butik Bin House Didirikan oleh Josephine Komara atau Obin di tahun 1986, merambah pasar dunia Singapura, Jepang, Amerika Serikat, Eropa, Hongkong, Thailand dan Malaysia. c) Inovasi Cocona Produk spa dan kecantikan hasil panduan virgin coconut oil dengan bahan- bahan alami berkasiat seperti kopi dan teh hijau dari PT Trimatari Bio Persada Recovery telah diekspor ke Singapura, Eropa Timur, dan Finlandia. d) Essenza Merek keramik kelas atas. Produk PT Inti keramik Alam Sari Industri Tbk. Ditangerang sejak tahun 2003 sebagai keramik kualitas dunia punya ukuran 60 x 60 Cm. e) Radio kayu asli Indonesia Buatan Singgih Susilo Kartono, dengan merek Monggo dipasarkan ke Jepang, Amerika Serikat, Finlandia, Inggris, dan Perancis.
  5. 5. 48 f) Furnitur Knock down merek Olympic Juga memproduksi merek Albotros, Procella, Olympia, dan Audio Pro telah diekspor ke lebih dari 100 negara.
  6. 6. 49 BAB 2 ENTREPRENEUR SUKSES . 1) Salah satu contoh adalah keluarga Sosrodjojo tahun 1940, telah mengembangkan Tahun 1940 mendirikan sebuah perusahaan dengan produksi utamanya ialah teh kering. Karena dalam perjalanan usaha teh kering banyak kendala dengan inovasinya produknya tidak hanya teh kering melainkan melainkan minuman dalam kemasan dan yang sukses dan terbesar di Indonesia. 2) Tahun 1953, teh diperkenalkan dengan cara Untuk mengenalkan produknya diawali dengan menyedu pada tempat yang luas/panci namun tidak praktis. 3) Pada akhir tahun 1969, muncul ide yang berlian Membuat kemasan teh dalam botol dalam bentuk ready to drink. 4) Tahun 1974 berdiri PT Sinar Sosro yang merupakan Berdirilah PT Sinar Sosro merupakan perusahaan minuman teh botol pertama di Indonesia dan Dunia. 5) Tokoh Entrepreneur yang datang dari dunia percetakan Bapak Jacob Oetama, pendiri Kompas Gramedia, hingga saat ini tetap konsisten dengan kiprahnya di dunia percetakan dan penerbitan. 6) Bapak Djoenaedi Joesoef pendiri PT Konimex, yang sukses dibidang Sukses memproduksi beragam obat yang laris dan diterima olah berbagai kalangan masyarakat. 7) PT Konimex saat ini telah berkembang dan memproduksi Tidak berhenti hanya memproduksi farmasi saja tetapi telah berkembang di Industri permen dan makanan ringan. 8) Pengusaha mudah yang telah berhasil mendapat penghargaan internasional, menyulap yang bekas menjadi berkelas yaitu Didi Diarsa Adiana, 36 tahun, bermarkas di Cimanggis menghasilkan furniture berkelas dani bahan barang-barag bekas.
  7. 7. 50 9) Menurut Renee Martin terdapat 10 strategi yang harus diperhatikan untuk meminimalisir kegagalan a. Mencari pasar khusus yang belum tergarap Identifikasikan sebuah pangsa pasar khusus (niche market) yang kebutuhan utamanya belum terpenuhi oleh competitor. Bangun sebuah sepesialisasi yang anda tahu merupakan keunggulan dari perusahaan anda. Ingat bahwa perusahaan besar sekalipun dan bertaraf internasional tak bisa memuaskan semua orang. b. Peka terhadap tren terbaru berani memulai Carilah kebutuhan dan keinginan terbaru dari konsumen yang tumbuh dari berubahan tren disegi cultural, ekonomi, teknologi yang menjadi sinyal kesempatan pasar baru. Bergeraklah yang cepat dengan tidak menunda- nunda. c. Lakukan Berhenti membuat alasan-alasan. Waktu paling sempurna untuk meluncurkan bisnis tak pernah bisa diprediksi secara tepat dan pasti. Jangan biarkan calon compertitir mencuri start dari bisnis yang sebenarnya bisa anda mulai terlebih dulu. Mulailah bergerak . Ciptakanlah gol-gol pendek dan deadline yang membawa anda lebih dekat untuk membuka lahan bisnis baru. d. Hindari kata-kata yang mematahkan semangat Abaikan orang-orang yang berkata itu tak akan berhasil menjauh dari anggapan yang menurunkan semangat dan aturan aku bisa membantu anda untuk meraih kesuksesan. e. Eksplorasikan kelemahan competitor Ambil pandangan kritis terhadap kompetisi anda dari perspektif konsumen. Dengarlah baik-baik akan kebutuhan dan complain dari konsumen prospektif saat melakukan telepon sales. Hal ini akan membantu mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan competitor. Carilah cara untuk menutup kekurangan dari servis dan produk anda sendiri, lalu perbaiki hal tersebut.
  8. 8. 51 f. Isi kekosongan Pusatkan pandangan anda di area yang lupa ditutupi kompetitor anda. Pelajari bagaimana mengantisipasi area baru bisa anda isi dengan servis atau bisa memposisikan bisnis anda lebih cepat dari kopetitor anda. g. Tenar dengan dana minim Pikirkan cara bagaimana agar lebih dikenal dengan dana seminim mungkin. Jangan terlalu menutup diri, jadilah kreatif, beranikan diri untuk makin dikenal banyak orang tetapi (untuk alasan yang baik). Tukar ide dengan orang-orang terdekat anda h. Percaya kemampuan