Replikasi DNA

download Replikasi DNA

of 15

  • date post

    09-Jan-2017
  • Category

    Science

  • view

    262
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Replikasi DNA

Replikasi DNA

Replikasi DNA

WHAT?Proses penyalinan DNA untuk menghasilkan dua molekul DNA identikWHERE and WHEN?Sel-sel muda saat interfase pada pembelahan mitosis.HOW LONG?Prokariotik: 1000 nukleotida/ detikEukariotik: 50 nukleotida/ detik

Three Postulated Methods of DNA ReplicationTeori Konservatifdouble helix yang lama tidak berubah dan langsung membentuk double helix baruTeori Dispersifdouble helix lama terpotong-potong, lalu potongannya akan membentuk potongan baru yang akan bersambungan dengan yang lama.Teori SemikonservatifDua pita double helix memisahkan diri dan masing-masing mendapatkan pasangan baru.

Components of DNA ReplicationHelikaseMembuka double helix menjadi 2 rantai tunggal.PolimeraseMenggabungkan deoksiribonukleosida trifosfat.PrimaseMengkatalis sintesis primer untuk memulai replikasi DNA dan menempelkan nukleotida pertama pada untaian DNA baru.GiraseMemutar untaian DNA sehingga ketegangan pilinannya menurun.

SSB (Single Stranded Binding Protein)Menstabilkan untaian DNA yang sudah terbuka agar tidak kembali tertutup.LigaseMenyambung bagian-bagian rantai tunggal yang baru terbentuk.

STEPS OF DNA REPLICATION

Replikasi DNA dimulai dari lokasi spesifik, yaitu asal replikasi. Lokasi ini memiliki urutan tertentu yang dapat dikenali oleh DnaA.

Inisiasi

Sintesis Primer

Primase menyediakan nukleotida bebas.

Sintesis Leading Strand

Sintesis untaian awal oleh DNA polimerase III dengan arah 5 ke 3 secara kontinu.

Sintesis Lagging Strand

Sintesis untaian yang bersebrangan dengan leading strand oleh DNA polimerase III dengan arah 3 ke 5 secara diskontinu. Untaian ini disintesis dalam bentuk segmen-segmen yang disebut Okazaki fragment.

Penghapusan Primer

Penggantian RNA primer dengan DNA oleh enzim DNA Polimerase I melalui 5 ke 3.

Ligasi

Penyumbatan celah antarfragmen Okazaki oleh enzim ligase dengan menciptakan ikatan fosfodiester antara 5 fosfat dan 3 gugus hidroksil.

Terminansi

Lokasi akhir replikasi diidentifikasi oleh protein tus. Saat helikase bertemu tus, helikasi akan jatuh bersama SSB.

Terima Kasih