Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam...

18
2 Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”. Beberapa tafsiran mengatakan, bahwa yang dimaksud dengan kata ‘anakmu’ di sini bukanlah mengacu kepada pribadi Yesus, tapi lebih mengacu kepada murid-Nya yang ada bersama dengan Maria, yaitu Yohanes. Dan jika kita lihat pada ayatnya yang ke-27, Yesus kemudian berkata “Inilah ibumu!” Jelas sekali, kalimat ini ditujukan kepada Yohanes. Kita bisa melihat buah dari kedua kalimat ini, yaitu Yohanes menerima Maria di dalam rumahnya dan Maria bersedia masuk dan tinggal bersama-sama dengan Yohanes. Satu hal yang sangat menarik adalah Tuhan Yesus tidak menitipkan Maria, ibu-Nya, kepada saudara-saudara-Nya, tetapi kepada Yohanes, murid-Nya. Mengapa? Tidak lain adalah agar terciptanya suatu ‘keluarga baru’ dalam iman. Yohanes sebagai murid Yesus, membuka pintu rumahnya dan menerima Maria sebagai ibu; sementara itu, Maria menerima Yohanes sebagai anak di dalam keluarga baru ini. Ini merupakan contoh bagi kita sebagai gereja dan murid- Nya, bahwa kita harus membuka pintu dan menerima ‘Maria-Maria’ lain sebagai bagian dari anggota keluarga gereja. Pertanyaannya adalah, “Sudahkah kita membuka pintu dan menerima ‘Maria’ di dalam kehidupan kita?” Charles Spurgeon dalam salah satu kotbahnya menegaskan bahwa Tuhan Yesus tidak memilih sembarang murid pada saat Ia mengatakan hal ini dan menitipkan ibu-Nya. Ia menitipkan Maria, ibu-Nya, kepada murid yang dikasihi-Nya. Kembali Tuhan Yesus mengingatkan kita bahwa sebagai gereja- Nya, kita harus mengasihi jemaat yang dititipkan-Nya kepada kita, terutama para janda dan fakir miskin. Jangan sekali-kali kita mengatakan bahwa mereka adalah beban bagi kita - beban bagi pelayanan gereja - tetapi itu merupakan suatu kehormatan, karena Tuhan telah mempercayakan mereka kepada kita sebagai gereja-Nya, murid yang dikasihi-Nya. Dan haruslah kita berlaku sebagaimana Yohanes bertindak, di mana dia membuka pintu rumahnya dan menerima Maria untuk tinggal diam bersamanya. Marilah kita bukan hanya membuka pintu gereja, tetapi juga pintu hati untuk bisa menerima dan lebih mengasihi saudara-saudara yang ada di sekitar kita. Tuhan memberkati. Soli Deo Gloria.

Transcript of Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam...

Page 1: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

2

Renungan Minggu, 23 Maret 2014

“KASIH”

Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu,

inilah, anakmu”. Beberapa tafsiran mengatakan, bahwa yang dimaksud dengan kata ‘anakmu’ di sini bukanlah mengacu kepada pribadi Yesus, tapi lebih mengacu kepada murid-Nya yang ada bersama dengan Maria, yaitu Yohanes. Dan jika kita lihat pada ayatnya yang ke-27, Yesus kemudian berkata “Inilah ibumu!” Jelas sekali, kalimat ini ditujukan kepada Yohanes. Kita bisa melihat buah dari kedua kalimat ini, yaitu Yohanes menerima Maria di dalam rumahnya dan Maria bersedia masuk dan tinggal bersama-sama dengan Yohanes.

Satu hal yang sangat menarik adalah Tuhan Yesus tidak menitipkan Maria,

ibu-Nya, kepada saudara-saudara-Nya, tetapi kepada Yohanes, murid-Nya. Mengapa? Tidak lain adalah agar terciptanya suatu ‘keluarga baru’ dalam iman. Yohanes sebagai murid Yesus, membuka pintu rumahnya dan menerima Maria sebagai ibu; sementara itu, Maria menerima Yohanes sebagai anak di dalam keluarga baru ini. Ini merupakan contoh bagi kita sebagai gereja dan murid-Nya, bahwa kita harus membuka pintu dan menerima ‘Maria-Maria’ lain sebagai bagian dari anggota keluarga gereja. Pertanyaannya adalah, “Sudahkah kita membuka pintu dan menerima ‘Maria’ di dalam kehidupan kita?”

Charles Spurgeon dalam salah satu kotbahnya menegaskan bahwa Tuhan

Yesus tidak memilih sembarang murid pada saat Ia mengatakan hal ini dan menitipkan ibu-Nya. Ia menitipkan Maria, ibu-Nya, kepada murid yang dikasihi-Nya. Kembali Tuhan Yesus mengingatkan kita bahwa sebagai gereja-Nya, kita harus mengasihi jemaat yang dititipkan-Nya kepada kita, terutama para janda dan fakir miskin. Jangan sekali-kali kita mengatakan bahwa mereka adalah beban bagi kita - beban bagi pelayanan gereja - tetapi itu merupakan suatu kehormatan, karena Tuhan telah mempercayakan mereka kepada kita sebagai gereja-Nya, murid yang dikasihi-Nya. Dan haruslah kita berlaku sebagaimana Yohanes bertindak, di mana dia membuka pintu rumahnya dan menerima Maria untuk tinggal diam bersamanya.

Marilah kita bukan hanya membuka pintu gereja, tetapi juga pintu hati

untuk bisa menerima dan lebih mengasihi saudara-saudara yang ada di sekitar kita. Tuhan memberkati. Soli Deo Gloria.

Page 2: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

3

Page 3: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

4

PETUGAS KEBAKTIAN

Petugas Kebaktian

Minggu Ini 23/03/2014

Pra – Paskah III

Minggu Depan 30/03/2014

Pra – Paskah IV

Pengkotbah Pdt. Johnny S. Hermawan Pdt Artomilka Lia

Tema

Seri 7 perkataan salib –

“Kasih” Yohanes 19: 26-27

Seri 7 perkataan salib –

“Penderitaan rohani” Matius 27: 46; Markus 15: 34

Liturgos Dkn. Anthon Simangunsong Dkn. Natalia

Pendamping Pnt. Jahja U. Sutjiutama Dkn. Yustina Satiyeni

Persembahan Pujian

PS. Eklesia VG Remaja

Persembahan & MJ Usher

Komisi Wanita Dkn. Natalia & Dkn. Hartono

Komisi Remaja Dkn. Albert & Dkn. Lily

Penyambut Tamu

Dkn. Yustina Satiyeni & Dkn. Januwar Hadi

Dkn. Hartono Kasman & Dkn. Ratna Suhendi

Pianis / Organis

Susan Kurniawati Fransiska L. Saputra

Pemimpin Pujian/Cantor

Dkn. Patrick Harjadi Antia Tampubolon

Penata Sound System

Willy Aswin & Jimmy Salim

Hendrik Tjang & Soetiady Chua

PERHATIAN:

Harap DATANG SEBELUM WAKTU ibadah, berdoa dan mempersiapkan hati kita secara pribadi sebelum menghadap DIA, Pencipta langit dan bumi

Harap MEMBAWA ALKITAB PRIBADI sebagai wujud nyata disiplin rohani kita

Harap NON AKTIF kan HP selama kebaktian, biarlah hati kita benar-benar difokuskan untuk mendengar suara Tuhan

Harap MENINGGALKAN RUANG KEBAKTIAN setelah IBADAH SELESAI

Jemaat diingatkan agar TIDAK MEROKOK dalam kawasan Gereja

Dilarang makan atau minum di dalam Sanctuary

Page 4: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

5

TEMA KEBAKTIAN UMUM BULAN MARET 2014

TANGGAL PERIKOP TEMA

02 Mar. 2014 Yohanes 1: 1-18 “Yesus Kristus, Firman yang

menjadi manusia” 09 Mar. 2014 Pra-Paskah I Lukas 23: 34 Seri 7 Perkataan salib–“Pengampunan”

16 Mar. 2014 Pra-Paskah II

Lukas 23: 43 Seri 7 perkataan salib–“Keselamatan”

23 Mar. 2014 Pra-Paskah III Yohanes 19: 26-27 Seri 7 perkataan salib – “Kasih”

30 Mar. 2014 Pra-Paskah IV

Matius 27: 46; Markus 15: 34

Seri 7 perkataan salib – “Penderitaan rohani”

KEGIATAN KOMISI-KOMISI DAN TIM KERJA MINGGU INI

Komisi Hari &

Tanggal Tempat &

Waktu Tema Pembicara

Remaja Minggu,

23/03/14 Chapel

Jam 14.15 “Bersama Tuhan,

BISA!” Pnt. Rusmin Satiawijaya

Pemuda Sabtu,

29/03/14

Dunman Basement 5 Jam 16.30

“One Family” Pdt. Donda

Simanjuntak

Wanita Selasa

25/03/14 Dunman Hall

Jam 14.00

KTB Jam 12.00

"Mengasihi tanpa batas"

(Mat.5:38-48)

Pdt. Chandra Koewoso

Maria Marta

Minggu, 23/03/14

Eastern B’ment

Jam 16.30 Rapat Pengurus & Lat. VG

Pelaut

Minggu, 23/03/14

Dunman Hall A

Jam 16.30

Mezbah Doa Pelaut dpo Welly Welliam Poly

Mohon kehadiran rekan-rekan Pelaut

Minggu, 30/03/14

Dunman Hall A&B

Jam 14.30

Ibadah: Lihat flyer di hal. 10

Musik Gerejawi

Minggu 23/03/14

SHK ’A’, Lt.2, jam 16.30

Latihan PS Eklesia

Page 5: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

6

Warta Minggu Ini

Persekutuan RAMAH TAMAH SESUDAH KEBAKTIAN MINGGU (REFRESHMENT): Setelah ibadah, jemaat sekalian diundang untuk menikmati refreshment sambil beramah tamah di Dunman Hall.

PELAYANAN FIRMAN TUHAN pada hari ini dibawakan oleh Pdt. Johnny S. Hermawan dari GSRI-Kartini, Jakarta. Majelis dan jemaat mengucapkan terima kasih atas pelayanannya. Tuhan kiranya memberkati pelayanan Bapak dan keluarga.

ORPC REDEVELOPMENT - Jemaat yang terkasih, Sehubungan dengan telah terlaksananya tender studi kelayakan yang diadakan pada bulan Agustus 2013, Session ORPC setelah mendoakan, mengevaluasi dan mendiskusikan maka pada tanggal 20 Desember 2013 kemarin telah memutuskan untuk menunjuk Forum Architects dan satu team konsultan yang terdiri dari ahli beberapa disiplin ilmu untuk mengadakan studi kelayakan remodelling dan peremajaan gedung gereja GPO.

Studi kelayakan ini akan memakan waktu beberapa bulan, dengan hasil akhir yang diharapkan bisa memberikan beberapa alternatif peremajaan gedung gereja, antara lain:

1. Peremajaan sebagian dari gedung gereja GPO melalui beberapa pekerjaan meliputi Penambahan dan Perubahan penggunaan gedung gereja

2. Peremajaan total gedung gereja GPO dan menjaga kelestarian beberapa bagian bangunan gereja sesuai dengan ketentuan yang berlaku

3. Peremajaan gedung gereja secara bertahap atau peremajaan dalam satu tahapan sekaligus

Studi kelayakan ini diharapkan dapat diselesaikan pada bulan April 2014 dan akan diadakan forum diskusi untuk saling tukar pikiran dengan anggota jemaat. Pada pertengahan tahun 2014 ini, juga akan diadakan Extraordinary General Meeting (EGM), dengan melibatkan anggota jemaat, untuk pengambilan keputusan mengenai kepastian pelaksanaannya.

Sejak ORPC didirikan pertama kalinya pada tahun 1856 dan dihadiri oleh 37 jemaat, hanya oleh karena kasih pernyertaan Tuhan, maka gereja kita bersama dengan Providence Presbyterian Church, telah berkembang menjadi gereja dengan anggota sebesar 3000 jemaat untuk keempat congregation didalamnya. Tuhan telah menempatkan gereja kita di lokasi

Page 6: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

7

yang sangat strategis dengan adanya sekitar 70,000 pelajar dan lalu lalang yang cukup ramai disekitarnya. Sangatlah penting bagi gereja kita untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan dan hal ini sesuai dengan misi ORPC, yaitu untuk membuat murid-murid yang bisa melakukan pemuridan.

Sesuai dengan Statutory Land Grant tertanggal 16 Agustus 1892, gedung gereja kita harus dijaga dan dirawat dalam keadaan baik. Ini persyaratan utama untuk penggunaannya sebagai tempat ibadah. Bilamana kita lalai ataupun gagal memenuhinya, makan bangunan gereja ini harus dikembalikan ke pemerintah. Sejak renovasi besar - meliputi penambahan gedung dan ruangan - yang dilakukan sekitar 30 tahun yang lalu, ada beberapa hal penting yang harus segera diatasi. Salah satunya adalah tanah di bagian belakang gedung gereja, dengan bahaya erosi pada saat hujan besar, yang mana bisa menyebabkan pohon rubuh dan menimpa ruang ibadah utama (Sanctuary) dan ‘Pipe Organ’. Selain itu juga masalah rayap dan juga fondasi gedung gereja yang sudah mulai rapuh karena dimakan usia. Fondasi ini perlu diperkokoh dan diperkuat sehingga generasi penerus dapat beribadah di gedung gereja ini.

Demikian pemberitahuan ini dan mari terus kita dukung dan bawakan dalam doa. Soli Deo Gloria.

PenatalayananLITURGI ONLINE. Untuk mempermudah jemaat dalam mengikuti ibadah, GPO menyediakan fasilitas liturgi online yang jemaat bisa akses melalui smartphone, iPhone, Blackberry, dan tablet. Alamat liturgi online adalah: http://m.gporchard.org/mobile. Kami menunggu masukan dari jemaat sekalian untuk peningkatan liturgi online ini. Terima kasih untuk mengirimkan masukan ke: [email protected]. Kiranya ibadah kita semakin menyenangkan hatiNya.

PelayananPELAWATAN JEMAAT: Bagi jemaat yang membutuhkan pelayanan dan pelawatan mohon dapat menghubungi Pdt. Chandra Koewoso atau Pdt. A. R. Persang atau kantor Sekretariat GPO pada jam kerja (Senin – Jumat : 10.00 –17.00), Tel : 63368829, 63376681, email : [email protected].

Page 7: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

8

Komisi Anak JADWAL Tema Ibadah Komisi Anak untuk tgl 23 Maret 2014 sbb:

KELAS Umur Tempat Tema Bahan

Musa 6-20 bulan

Study Room 6 God Made Me Mazmur 95: 3-7

Samuel 21-36 bulan

Study Room 1

Philips and The Ethiopian

Kisah Para Rasul 8 : 26-40

Daniel 3-4

tahun Study Room 2

Benyamin K1 Study Room 4

Yusuf K2 Study Room 3

Daud P1 Meeting Room 1 The Great Banquet

Lukas 14: 1, 16–24 Yonatan P2 Meeting Room 4

Timotius P3-P4 Dunman B’ment 4 Lost and Found Lukas 15: 1–10

Paulus P5-P6 Dunman B’ment 3 The Good Shepherd

Yohanes 10: 1-30

Persekutuan Wilayah

PW Tanggal Tempat

East (East Coast)

Jumat, 28 Maret 2014

Jam 19.00

Bpk. Raymond & Ibu Eva

Central (Bishan)

Jumat, 28 Maret 2014

Jam 19.00

Bpk. Felix & Ibu Phebe

West (Lakeside)

Sabtu, 29 Maret 2014

Jam 18.00

Bpk. Kurniawan & Ibu Susan

Page 8: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

9

**********************************************************

Page 9: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

10

Page 10: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

11

Page 11: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

12

Page 12: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

13

Pokok Doa Minggu Ini

Sakit, Pemulihan & Hamil DOAKAN UNTUK YANG SAKIT: Ibu Lany Elisa Marlina Setyoso (Tante dari Sdr. Ronald), Ibu The Mie Lin (Ibu dari Ibu Lim Sioe Lien), Adik Daniel Gautama, Ibu Molyta Kwan, Bpk. Mahawie Djaja, Ibu Mina Maria, Bpk. Binsar Sianipar (Bapak dari Bpk. Partogi/Dkn. Sahala Sianipar), Bpk. Henry Wijaya Ong, Ibu (Oma) Tan Thiam Hok, Ibu Lim Jurianti (Ibu dari Bpk. Lee Setiaman), Bpk. Adjie Winoto (Bapak dari Ibu Sherli Merli Winoto), Ibu Theresia, Ibu Lily David Lontoh, Ibu Pritam Kaur (Ibu mertua dari Ibu Caroline Maengkom), Bpk. Simon Yeo, Ibu Lie Phin Kho.

DOAKAN UNTUK YANG DALAM MASA PEMULIHAN: Adik Abraham Reinhardt, Ibu Ng Suan Sim (Ibu dari Angell dan Juve), Ibu Jeany Chew, Ibu Satiawati, Ibu Cari Muli Sembiring, Ibu Rosa Marlina, Bpk. Andreas Agung Pribadi, Ibu Jeanny Cheong, Ibu Hermina, Ibu Lydia Machfoedy, Ibu Yow Chui Wah (Ibu mertua dari Ibu Lianawati), Ibu H. Louise Supit, Bpk. Arman Malua, Dkn. Lily Tjaoew, Ibu Sjeni Watulangkow, Ibu Lianita Gunawan (Ibu mertua dari Dkn. Albert Susilo).

DOAKAN UNTUK IBU-IBU YANG HAMIL: Herlina Kurniawati, Shinta Tanudjaja, Pdt. Artomilka Lia, Stephanie Kam, Veronika Manurung, Suwarti, Marissa Meilina, Elvin Monica S.

Gereja & Kondisi Jemaat DOAKAN UNTUK PARA PELAYAN TUHAN GPO (Pengerja, MJ, Komisi, Tim kerja dan Aktifis) agar memiliki hubungan yang selalu dekat dengan Tuhan dan terus bertumbuh dalam kehidupan rohaninya sebagai murid Kristus.

BERDOA UNTUK PROSES STUDI: Pdt. Chandra Koewoso yang sedang mengambil program Doctor of Ministry di Singapore Bible College Kiranya di dalam studinya, lebih diperlengkapi dan dapat dipakai lebih maksimal didalam pelayanannya.

DOAKAN UNTUK BAPAK-BAPAK PELAUT & TENAGA KERJA PRAMUWISMA, agar dimampukan menjadi saksi Kristus dimana pun mereka ditempatkan dan diberikan kekuatan extra untuk bisa menjaga komunikasi dan keharmonisan dengan keluarga yang mereka tinggalkan di Indonesia.

BERDOA bagi Panitia Paskah 2014 agar Tuhan beri kekuatan dalam mempersiapkan rangkaian peringatan Pra-Paskah sampai Paskah (20 April 2014).

Pelayanan Misi Pelayanan Yayasan Domba2 Kristus Visi: Agar setiap siswa SLTA di Indonesia, minimal sekali dalam hidupnya, pernah membaca atau mendengar berita Injil dan memiliki kesempatan untuk meresponi berita Injil 1. Berdoa dalam pergumulan bagaimana menjangkau remaja yang sepertinya

semakin tidak peduli dengan kerohanian. 2. Bersyukur Tuhan buka cara lewat ide kamp masa depan yang diadakan

bersama dengan YOUR ministry dan YASUMA. Berdoa untuk rencana kamp ini akan diadakan lagi pada Mei 2014 dengan sasaran sekolah-sekolah negeri di Jakarta Utara. Doakan tim yang sedang menggodok dan mempersiapkan acara

Page 13: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

14

dengan lebih baik. Doakan kebutuhan dana sekitar 10 juta untuk bisa menjangkau sekitar 85 orang.

Pelayanan Staff Kartidaya, Karyadi 1. Beryukur buat dua kelompok bahasa dari tim penerjemah kami di Kalimantan

Tengah (Bahasa Dayak Siang dan Dayak Delang) boleh melakukan cek konsultan untuk Kisah Para Rasul. Tim Bahasa Delang bisa menyelesaikan seluruh kitab Kisah Para Rasul dan juga Galatia pasal pertama. Sedangkan untuk tim Bahasa Siang bisa menyelesaikan kitab Kisah Para Rasul pasal 15-28 dan pasal 1-7.

2. Berdoa untuk Tim Bahasa Daerah Banggai dalam menerjemahkan naskah film Yesus.

3. Berdoa untuk pembentukan Tim Penerjemah Bahasa Dayak Tewoyan supaya Panitia Pengurus dapat kerja sama dengan gereja lokal untuk mendapatkan orang-orang yang betul-betul terbeban melayani dibidang penerjemahan ini.

Doa Peduli Bangsa BERDOA bagi persiapan PEMILU Indonesia 2014. Berdoa agar rencana Tuhan bagi kepemimpinan Negara kita terjadi sesuai dengan kehendakNya dan pemilu legislative ini berlangsung dengan aman. Bagi WNI di Singapura perlu mendaftarkan diri melalui link berikut ini: www.pplnsingapura.org/registrasi.

BERDOA untuk bangsa Indonesia, berdoa untuk kesatuan dan persatuan Indonesia dan upaya perbaikan perekonomian di berbagai lini, keamanan masyarakat, pengurangan kemiskinan, kesinambungan alam dan penegakan hukum. Berdoa untuk upaya perbaikan dan peningkatan akses layanan dan prasarana pendidikan dan kesehatan yang berkualitas di Indonesia baik oleh pemerintah, pihak swasta, gereja dan lembaga masyarakat terkait lainnya. Berdoa untuk setiap pengambil keputusan di Indonesia dari tingkat nasional sampai ke desa. Dan kiranya hikmat dan rasa takut akan Tuhan tercurah kepada setiap pengambil keputusan di tingkat eksekutif, legislatif dan yudikatif di Indonesia sehingga mereka dimampukan untuk mengelola pemerintahan dengan baik dan benar sesuai dengan rencana Tuhan.

BERDOA untuk kelompok2 keagamaan – baik Kristen maupun non-Kristen, yang terus ditindas dan diganggu oleh kelompok2 tertentu; kiranya Tuhan memberikan ketabahan. Doakan juga aparat keamanan dan pemerintah agar dapat bersikap tegas terhadap kelompok pengganggu masyarakat.

BERDOA untuk bencana yang terjadi dibeberapa daerah, seperti Gunung Sinabung yang meletus di Kabanjahe-Karo, banjir di Jakarta, Menado, Semarang dan Gunung Kelud kiranya Tuhan Yesus Kristus campur tangan didalam aparat Pemerintah Indonesia menanggulangi/mengatasi musibah ini dan kiranya Tuhan juga melindungi masyarakat dan menganugerahkan kekuatan dan penghiburan bagi mereka yang kehilangan dan memulihkan keadaan mereka.

Dunia BERDOA untuk ketegangan politik di Thailand: Doakan agar pihak yang bertikai tidak saling mengeraskan hati sehingga rakyat yang menderita.

Page 14: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

15

Catatan pokok-pokok inti khotbah di Kebaktian Umum Minggu Pra Paskah kedua, 23 Maret 2014 ===================================================

Seri khotbah: 7 Perkataan Yesus di kayu salib - “KASIH” “Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!" Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.." (Yoh 19:26-27)

Kasih Allah kepada manusia adalah suatu hal yang terindah. Allah tidak hanya adil tetapi Allah adalah kasih. Sebab itu ketika manusia sudah jatuh dalam dosa dan menjadi manusia yang berdosa, Allah dalam kasih yang kekal telah memberikan Janji kasih akan datangnya Sang Mesias yaitu Yesus Kristus yang yang tersalib di bukit Golgota.

Golgota adalah tempat saksi kasih Allah kepada manusia di dalam Yesus Kristus. Di sana Salib menjulang, di sana kasih terbukti, aliran darah kudus, mengalir deras tertumpah sebagai karya pengorbanan kasih Ilahi. Derita tak terperikan adalah jalan Salib dari Yesus Kristus. Salib adalah satu-satunya jalan yang disediakan Allah untuk menyatakan kasih-Nya menebus dosa manusia.

Golgota juga adalah saksi kasih Yesus Kristus kepada Ibu-Nya.Yesus Kristus tidak hanya memikirkan diri sendiri. Di tengah Puncak penderita-Nya Ia masih mengiat dan memperhatikan Ibu, yang telah berjasa yang mengiatkan kita semua betapa Yesus sangat memperhatikan kasih dalam keluarga.

Dialog personal dan fundamental di bukit Golgota Tuhan Yesus menyatakan bahwa kepada Ibu dan murid yang yang dikasihi bahwa tanggung jawab selanjutnya yang akan membantu ibunya adalah murid yang dikasihi-Nya

o Banyak orang menyadari akan kasih Yesus akan manusia yang berdosa, namun sekalipun demikian masih mengabaikan kabar baik untuk dikabarkan.kapada mereka.

o Orang yang meneladani kasih Kristus tidak akan mengabaikan keluarga dengan berdalih sibuk melayani dan melakukan sesuatu.

Tanggung jawab kita sebagai sebagai orang percaya marilah kita mengasihi

Tuhan, Mengasihi sesama juga mengasihi keluarga. dimana saja, sehingga orang yang belum mengerti dan tidak mau menerima keselamatan, pada akhirnya juga diselamatkan.

Selamat menghayati karya kasih dan keselamatan Allah

di minggu-minggu Pra Paskah – HOSIANA!

Page 15: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

16

CATATAN:

Seri 7 perkataan salib– “KASIH (Yohanes 19: 26-27) _____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

_____________________________________________________________________

Page 16: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

17

LAPORAN KEUANGAN KAS GEREJA

Budget Juli’13– Juni’14

Minggu lalu 16 Maret 2014

Penerimaan hingga 16 Maret 2014

Persembahan

S$ 532,000.00

S$ $4,746.90 IDR235,000/-RM10/-

US$210/-

S$370,444.70 Perpuluhan S$ 1,580.00

Komisi Anak S$ $2,026.60 RM10/-

Misi Agt 2013 – July 2014

Komitmen

S$ 131,568.00 S$ 420.00 S$84,710.65

Persembahan berupa cek harap ditujukan ke “ORCHARD ROAD PRESBYTERIAN CHURCH” dengan disertai keterangan lengkap.

KEGIATAN GEREJA

KEHADIRAN JEMAAT

Jumlah jemaat yang hadir tgl 16 Maret 2014 – 359 orang Jumlah rata2 pengunjung bulan Februari 2014 – 421 orang / Minggu

Jumlah rata2 pengunjung bulan Januari 2014 – 464 orang / Minggu

Pelayanan Oikumenis

Hari Waktu Tempat

Ibadah Minggu Minggu 14.30 Sanctuary

Kebaktian Anak-anak Minggu 14.30 Lantai 2

Kebaktian Remaja Minggu 14.15 Chapel

Persekutuan Pemuda Sabtu 16.30 Dunman Basement 5

Persekutuan Wanita Selasa 14.00 Dunman Hall

Persekutuan Maria Marta

Minggu III 14.30 Eastern Basement

PA Pelaut Minggu 13.00 – 14.00 Meeting Room 1 lt. 3

Persekutuan Pelaut Minggu IV 14.30 Dunman Hall

Malam Puji dan Doa Jum’at III 19.00 Chapel

Latihan Paduan suara Minggu 16.30 – 18.30 Su Han Kuen Hall A

Page 17: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

18

KONTAK PELAYANAN Gereja Presbyterian Orchard (G.P.O.)

Pendeta Chandra Koewoso, (K) 63368829 ext. 124; (HP) 93805649 e-mail: [email protected]

Pendeta Abraham Ruben Persang, (K) 63368829 ext. 126; (HP) 9270 6439 e-mail: [email protected]

Ibu Ratna Lie - Kantor Sekretariat GPO, (K) 63368829 ext. 110, 63376681; (F) 63391979 e-mail: [email protected]

WARTA JEMAAT GPO juga dapat dilihat di http://www.orpc.org.sg/indonesian/

Komisi-Komisi dan Tim

Komisi & Tim Nama Kontak

Pelayanan

Anak Anna Theresia Sutarjo 9821 5670

Remaja Ivan Hendra Wijaya 8686 0915

Pemuda Paulina Elena Salim 9821 8293

Wanita Yuliana Avianti Muda 9732 8234

Maria Marta Lydia Sejabat 9883 0309

Pelaut Yusuf Rama 9354 6414

Keluarga Muda Handy Dwi Dharma 8299 9780

Ibadah Dian Perdana 9398 8422

Malam Puji dan Doa (MPD)

Timothy Goenadibrata

9796 4795

Gema Boaz Y. Wibowo 8242 3637

Pemerhati Ratna Lie 6336 8829 ext 110

Sisfo Lee Setiaman 9655 7396

Misi Edy Panyun 9327 1725

Page 18: Renungan Minggu, 27 September 2009 - orpc.org.sg Renungan Minggu, 23 Maret 2014 “KASIH” Dalam Yohanes 19:26, Tuhan Yesus berkata kepada Maria ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu”.

19

Sejarah Singkat Jemaat G.P.O.

Tanggal 9 Mei 1976 adalah ibadah perdana Persekutuan Umat Kristiani Berbahasa Indonesia (PUKBI) di GPO. Persekutuan ini di motori oleh para pelaut, guru-guru, pelajar dan mahasiswa, pegawai dan professional lainnya. Para pengunjung terdiri dari beberapa anggota gereja, antara lain : GKI, GPdI, HKBP, GPIB, Queenstown Lutheran Church, Singapore, GEMINDO, GKST, Gereja Kristen Pasundan, GMIM, Gereja Roma Katolik, GMIH, Gereja Protestan Bali dan Gereja Betel Indonesia. Pada tanggal 14 Mei 1995, dengan adanya Memorandum Of Understanding maka PUKBI berkembang menjadi Gereja Presbyterian Orchard dan menjadi anggota penuh Orchard Road Presbyterian Church (ORPC). Tanggal 20 Agustus 1995, jemaat GPO membuka cabang di Gereja Presbyterian Bukit Batok (GPBB) dan telah diresmikan menjadi gereja mandiri pada tanggal 21 Juli 2013.

Dasar Iman & Keanggotaan Sebagai Gereja Presbyterian yang menerima Pengakuan Iman Westminster, maka kami mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Kami mengakui Alkitab sebagai Firman Allah yang berwibawa dan sebagai dasar dari pengakuan iman dan dasar dalam praktek bergereja. Kami menyambut dalam persekutuan kami setiap orang yang mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Keanggotaan Gereja kami terbuka untuk semua bangsa, ras, status sosial dan ekonomi. Menjadi anggota Gereja kami dapat diperoleh melalui baptisan (anak-anak dan dewasa), sidi, atestasi masuk dari Gereja asal dan melalui kelas Bina Iman.

Pengakuan Iman Rasuli Aku percaya kepada Allah Bapa yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi; dan kepada Yesus Kristus, anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung daripada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun kedalam kerajaan maut. Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke sorga, duduk disebelah kanan Allah, Bapa yang Mahakuasa, dan dari sana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Aku percaya kepada Roh Kudus; gereja yang kudus dan am; persekutuan orang kudus; pengampunan dosa; kebangkitan daging; dan hidup yang kekal.

Doa Bapa Kami Bapa kami yang di sorga. Dikuduskanlah nama-MU. Datanglah Kerajaan-MU. Jadilah kehendak-MU di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini, makanan kami yang secukupnya, dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. Karena ENGKAU lah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. AMIN.