Renungan Minggu, 11 Maret 2018 - orpc.org.sg file5 TEMA KEBAKTIAN UMUM BULAN MARET 2018 TANGGAL...

18
2 Renungan Minggu, 11 Maret 2018 “Burung Elang dan Pemanah” Dwight L. Moody, seorang penginjil tersohor dari Amerika Serikat, pernah memberikan sebuah ilustrasi mengenai seekor elang yang iri hati kepada elang lainnya yang dapat terbang lebih cepat dan lebih tinggi daripadanya. Suatu hari si elang tersebut melihat seorang pemanah dengan busur dan anak panahnya, dan membujuk sang pemanah untuk memanah jatuh burung elang saingannya tersebut. Sang pemanah setuju dengan syarat ia mendapatkan beberapa bulu untuk anak panahnya agar dapat melesat tinggi. Elang yang iri hati tersebut mencabut satu bulunya dan memberikannya kepada sang pemanah. Namun anak panahnya tidak dapat mencapai apalagi mengenai elang saingannya tersebut yang terbang sangat tinggi. Dipenuhi dengan kedengkian, maka elang tersebut mencabut dan memberikan lebih banyak bulu-bulunya kepada sang pemanah tersebut, sampai-sampai ia sendiri tidak dapat terbang lagi karena ia sudah kehilangan banyak bulunya. Sang pemanah mengambil kesempatan dan berbalik membunuh elang tersebut. Moody memberikan aplikasi bahwa tatkala kita iri hati dan dengki terhadap orang lain, maka kita sendirilah yang paling disakiti oleh tindakan kita. Kedengkian adalah rasa marah (benci) karena iri yang amat sangat kepada keadaan orang lain. Iri hati berakar bukan dari keadaan kekurangan, melainkan dari sikap hati yang tidak puas dan tidak percaya akan kebaikan Allah. Nyatanya orang-orang yang dirasuki kedengkian adalah orang-orang yang tidak kekurangan secara harta, takhta, maupun kuasa. Contohnya: Raja Saul yang hendak membunuh Daud, atau Raja Daud yang menyiasati pembunuhan Uria untuk mendapatkan seorang Batsyeba. Pengakuan Iman Westminster mengatakan bahwa tujuan utama manusia diciptakan adalah untuk memuliakan Tuhan dan menikmati-Nya senantiasa. Apakah Yesus sudah menjadi satu-satunya sumber kenikmatan dan kepuasan kita, sehingga kita dapat mengatakan bahwa cukup dengan memiliki Yesus maka kita sudah terpuaskan? Apakah kita sedang mengejar dan mengusahakan untuk semakin mengenal Yesus yang patut menjadi sumber kepuasan kita, atau malah kita sedang sibuk mengejar hal-hal yang fana? Apakah kita masih kerap meragukan kebaikan Tuhan dalam hidup kita, sehingga kita sering merasa iri hati terhadap sesama dan tidak puas dengan apa yang Tuhan sudah berikan kepada kita?

Transcript of Renungan Minggu, 11 Maret 2018 - orpc.org.sg file5 TEMA KEBAKTIAN UMUM BULAN MARET 2018 TANGGAL...

2

Renungan Minggu, 11 Maret 2018

“Burung Elang dan Pemanah”

Dwight L. Moody, seorang penginjil tersohor dari Amerika Serikat, pernah memberikan sebuah ilustrasi mengenai seekor elang yang iri hati kepada elang lainnya yang dapat terbang lebih cepat dan lebih tinggi daripadanya. Suatu hari si elang tersebut melihat seorang pemanah dengan busur dan anak panahnya, dan membujuk sang pemanah untuk memanah jatuh burung elang saingannya tersebut. Sang pemanah setuju dengan syarat ia mendapatkan beberapa bulu untuk anak panahnya agar dapat melesat tinggi. Elang yang iri hati tersebut mencabut satu bulunya dan memberikannya kepada sang pemanah. Namun anak panahnya tidak dapat mencapai apalagi mengenai elang saingannya tersebut yang terbang sangat tinggi. Dipenuhi dengan kedengkian, maka elang tersebut mencabut dan memberikan lebih banyak bulu-bulunya kepada sang pemanah tersebut, sampai-sampai ia sendiri tidak dapat terbang lagi karena ia sudah kehilangan banyak bulunya. Sang pemanah mengambil kesempatan dan berbalik membunuh elang tersebut. Moody memberikan aplikasi bahwa tatkala kita iri hati dan dengki terhadap orang lain, maka kita sendirilah yang paling disakiti oleh tindakan kita. Kedengkian adalah rasa marah (benci) karena iri yang amat sangat kepada keadaan orang lain. Iri hati berakar bukan dari keadaan kekurangan, melainkan dari sikap hati yang tidak puas dan tidak percaya akan kebaikan Allah. Nyatanya orang-orang yang dirasuki kedengkian adalah orang-orang yang tidak kekurangan secara harta, takhta, maupun kuasa. Contohnya: Raja Saul yang hendak membunuh Daud, atau Raja Daud yang menyiasati pembunuhan Uria untuk mendapatkan seorang Batsyeba. Pengakuan Iman Westminster mengatakan bahwa tujuan utama manusia diciptakan adalah untuk memuliakan Tuhan dan menikmati-Nya senantiasa. Apakah Yesus sudah menjadi satu-satunya sumber kenikmatan dan kepuasan kita, sehingga kita dapat mengatakan bahwa cukup dengan memiliki Yesus maka kita sudah terpuaskan? Apakah kita sedang mengejar dan mengusahakan untuk semakin mengenal Yesus yang patut menjadi sumber kepuasan kita, atau malah kita sedang sibuk mengejar hal-hal yang fana? Apakah kita masih kerap meragukan kebaikan Tuhan dalam hidup kita, sehingga kita sering merasa iri hati terhadap sesama dan tidak puas dengan apa yang Tuhan sudah berikan kepada kita?

4

PETUGAS KEBAKTIAN

Petugas Kebaktian

Minggu ini 11/3/2018

Pra-Paskah V

Minggu Depan 18/3/2018

Pra-Paskah VI

Pengkotbah Pdt. Johnny S. Hermawan Pr. Yudi Jatmiko

Tema “Busuk Hati” (Yakobus 3: 16)

“Mulutmu Harimaumu” (Yakubos 3: 1-12; 4: 11-12)

Liturgos Dkn. Martin Gunawan Dkn. Yuli Wungkana

Pendamping Pnt. Indra Goenadibrata Dkn. Siani Indarwati

Persembahan Pujian

PS Eklesia PS Komisi Keluarga Muda

Kolektan & Usher

Komisi Maria Marta Dkn. Maria & Yustina

Komisi Pemuda Januwar & Pnt. Jahja

Penyambut Tamu

Dkn. Boaz Y. Wibowo & Dkn. Ratna Suhendi

Pnt. Sahala Sianipar & Dkn. Boaz Y. Wibowo

Pianis / Organis

Finalia Renandya & Ensamble Gitar

Stefanie Pasaribu

Singer PS Eklesia Monica Boenawan

Tim Audio

Visual

Jimmy Salim & Dkn. Michael Halim

Pingkan Juliatrixe

Oloan Manurung & Andy Julius

Vania Trixie Patty

PERHATIAN:

Harap DATANG SEBELUM WAKTU ibadah, berdoa dan mempersiapkan hati kita secara pribadi sebelum datang ke hadirat-Nya

Harap MEMBAWA ALKITAB PRIBADI sebagai wujud nyata disiplin rohani kita

Harap NON AKTIF-kan HP selama kebaktian, biarlah hati kita benar-benar difokuskan untuk mendengar suara Tuhan

Harap MENINGGALKAN RUANG KEBAKTIAN setelah IBADAH SELESAI Buletin Warta Jemaat HARAP dibawa pulang atau dikumpulkan di meja penyambut tamu

Jemaat diingatkan agar TIDAK MEROKOK dalam kawasan Gereja

Dilarang makan atau minum di dalam Sanctuary

5

TEMA KEBAKTIAN UMUM BULAN MARET 2018

TANGGAL PERIKOP TEMA

4 Maret 2018 Pra-Paskah IV

Mat 23: 27-28 “Singkapkan Topengmu”

11 Maret 2018 Pra-Paskah V

Yakobus 3: 16 “Busuk Hati”

18 Maret 2018 Pra-Paskah VI

Yakubos 3: 1-12; 4: 11-12

“Mulutmu Harimaumu”

25 Maret 2018 Pra-Paskah VII

Roma 3: 9-20 “Helpless and Hopeless”

29 Maret 2018 Kamis Putih

Markus 14: 32-42 “Jangan Lupa Getsemani”

30 Maret 2018 Jumat Agung

Yesaya 53: 1-12 “Hamba Tuhan yang

Menderita”

KEGIATAN KOMISI-KOMISI DAN TIM KERJA MINGGU INI

Komisi Hari &

Tanggal Tempat & Waktu

Tema Pembicara

Remaja Minggu,

11/3/2018 Camp Komisi Remaja di D’Kranji Farm Resort

Pemuda Sabtu,

17/3/2018

Dunman Basement 5 Pk. 16.30

“Dwarfed by Discontentment”

GI Johan Setiawan

Wanita Selasa,

13/3/2018 Dunman Hall

Pk. 14.00 “Kuakui Dosaku”

Pdt. Johnny S. Hermawan

Maria Marta

Minggu, 11/3/2018

Eastern Basement Pk. 16.30

Latihan VG

Pelaut Minggu,

11/3/2018 Dunman Hall

Pk. 16.30

Mezbah Doa Pelaut dipimpin oleh: Bpk. Redi Tibuluji

(Mohon kehadiran rekan-rekan Pelaut)

Tim Ibadah

Minggu, 11/3/2018

Su Han Kuen Pkl 16.30

Latihan PS Eklesia

6

Komisi Anak JADWAL Tema Ibadah Komisi Anak untuk tgl 11 Maret 2018 sbb:

Kelas Usia Tempat Tema Bahan

Musa 6-20 bulan

Study Room 6 “God Made Me” Mzm 95: 3-7

Samuel 21-36 bulan

Study Room 1

“Barnabas Shares” Kis 4: 32-37 Daniel 3-4

tahun Study Room 2

Benyamin K1 Study Room 4

Yusuf K2 Study Room 3

Daud P1 Meeting Room 1 “Enemy’s Surprise” 2 Raj 6: 8-23

Yonatan P2 Meeting Room 4

Timotius P3-P4 Dunman B’ment 4 “Blind Bartimaeus” Luk 18: 35-43

Paulus P5-P6 Dunman B’ment 3 “Bread of Life” Yoh 6: 1-15,

25-51

7

8

9

10

11

Warta Minggu Ini

Persekutuan RAMAH TAMAH (REFRESHMENTS) SESUDAH KEBAKTIAN MINGGU: Setelah ibadah, jemaat sekalian diundang untuk menikmati refreshments sambil beramah tamah di Dunman Hall.

WAKTU KEBAKTIAN UMUM UNTUK HARI MINGGU, 1 APRIL 2018. Dimohon perhatiannya kepada Jemaat GPO bahwa Kebaktian Umum pada hari Minggu, 1 April 2018 akan diadakan pada pk. 12.00 siang dikarenakan Kebaktian Umum berbahasa Mandarin akan menggunakan Sanctuary dan Dunman Hall untuk perayaan HUT kongregasi Mandarin pada pk. 14.30.

SAKRAMEN BAPTISAN DAN SIDI akan dilaksanakan pada hari, Minggu, 25 Maret 2018. Adapun nama-nama yang akan di Baptis/Sidi adalah sbb:

Baptis Anak: 1. Asael Matheo Han, putra dari Bpk. Handy Dwi Dharma Putra dan Ibu Suci

Natalia. 2. Faye Ivanka Tirtaatmadja, putri dari Bpk. Tobias Tirta Atmadja dan Ibu

Sherly. 3. Thaddeus Fidelio Fang, putra dari Bpk. Edy Panyun dan Ibu Natalia. 4. Tiffany Liona Susilo, putri dari Bpk. Albert Susilo dan Ibu Jenifer Yunita

Kosasih.

Baptis Dewasa: 1. Cindy Tionata

Sidi: 1. Maura Vinsensa 2. Isabela Clarissa 3. Marni Lodia Banoat 4. Orni Banfatin 5. Yohannes Hendry Yulian Winata

PROSES LICENSING PDT. PETRUS BUDI SETYAWAN - Puji syukur kepada TUHAN atas selesainya proses perolehan lisensi bagi Pdt. Petrus untuk menjadi anggota Hamba Tuhan "English Presbytery (EP)", yakni sinode yang menaungi Gereja-Gereja Presbyterian di Singapura. Pada hari Kamis, 22 Februari 2018 telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan di hadapan Komite Eksekutif EP. Segenap Majelis Jemaat dan Jemaat GPO mengucapkan selamat kepada Pdt. Petrus atas selesainya proses lisensi ini.

REKRUTMEN CALON PENGERJA GPO. Menindaklanjuti proses pencarian Pengerja kedua GPO, dalam rapat Majelis Jemaat GPO pada awal Februari 2018 telah dibentuk Tim Pencari Pengerja baru (TPP 2018). Kami mohon dukungan doa jemaat untuk proses rekrutmen ini. Kiranya Tuhan yang memimpin dan menyediakan calon Pengerja bagi gereja-Nya.

12

Penatalayanan LITURGI ONLINE. Untuk mempermudah jemaat dalam mengikuti ibadah, GPO menyediakan fasilitas liturgi online yang dapat diakses melalui smartphone dan tablet. Alamat liturgi online adalah: http://m.gporchard.org/mobile. Untuk peningkatan liturgi online ini, silahkan mengirim saran/masukan via email ke: [email protected].

Pelayanan ANGGOTA BARU. Telah diterima sebagai Anggota Baru GPO melalui surat permohonan, sbb:

1. Sdr. Johannes Marvin dari GKI Gunung Sahari, Jakarta. 2. Bpk. Lioe Sen Fei dari Gereja Kristen Baptist Jakarta – Samanhudi dan

Ibu Fenny Anggraeni Santoso beserta anak-anak: Kaycee El Vella, Karen El Mozza dan Kairos El Varro dari GKI Samanhudi, Jakarta

3. Adik Sarah Magdalena Manurung dari GKI Maulana Jusuf, Bandung 4. Bpk. Victor Indrawan Kamil dari GKI Anugerah, Bandung. 5. Sdri. Sylfanny dari GKI Cinere, Jakarta

Majelis dan jemaat mengucapkan selamat bergabung di GPO. Kiranya Bapak/ibu dan saudara dapat ikut aktif didalam kegiatan-kegiatan GPO.

PELAWATAN JEMAAT: Bagi jemaat yang membutuhkan pelayanan dan pelawatan mohon dapat menghubungi Pdt. Petrus Budi Setyawan atau kantor Sekretariat GPO pada jam kerja (Senin s/d Jumat: 10.00–17.00), Tel: 63368829, 63376681. Email: [email protected].

WAKTU KEGIATAN GEREJA. Diberitahukan kepada seluruh jemaat GPO bahwa waktu kegiatan gereja (Orchard Road Presbyterian Church) adalah sbb: Hari Senin: LIBUR, hari Selasa s/d Sabtu: pk. 09.00–21.30 dan hari Minggu: Pk 09.00–20.30. Diharapkan perhatian dan kerja sama jemaat untuk tidak memarkir kendaraan di lingkungan gereja di luar waktu kegiatan gereja.

Tim Misi MEDICAL TRIP. Tim Misi akan mengadakan Medical Trip – Pelayanan Kesehatan di SD Barelang, Batam pada hari Sabtu, 31 Maret 2018. Bagi Jemaat yang hendak berpartisipasi dapat mendaftar kepada Bpk. Dwi R. Kasman – HP 9090 4253 dengan biaya sekitar S$50 – S$80/per orang. Pendaftaran terbatas hanya untuk 15 jemaat.

13

POKOK DOA MINGGU INI

Sakit, Pemulihan & Hamil DOAKAN UNTUK YANG SAKIT: Bpk. Mahawie Djaja, Ibu Theresia, Bpk. Simon Yeo, Ibu Lie Phin Kho, Ibu Suzanna Hiu, Christie Lim, Bpk. Yudianto Purnomo, Bpk Tjie Tiauw Wan, Bpk. Yan Kiong Dion, Bpk. Toni Wijaya (paman dari Bpk. Andreas Raharso), Alexandre Benedict Pasaribu (anak dari Pnt. Bonar Pasaribu), Bpk. Eugene Hugo Diepenhorst (papa dari Ibu Eugenie Deany Diepenhorst/Noni), Sdr. Jerry Sinsuw, Ibu Pritam Kaur (mama mertua dari ibu Carolina Maengkom).

DOAKAN UNTUK YANG DALAM MASA PEMULIHAN: Adik Abraham Reinhardt, Ibu Rosa Marlina, Ibu Hermina, Bpk. Arman Malua, Ibu Satiawati, Sdri. Dexa Mustika, Bpk. Bangun (papa dari ibu Mita Raharso), Bpk. Benedict de Souza (suami dari ibu Anneke Taroreh), Pnt. Jeanny Cheong, Bpk. Siauw Hin Sang, Bpk. Tjandra Tandjung (papa dari Ibu Eva L. Tandjung), Ibu Iliana Salim (mama dari Sdri. Leny Salim), Ibu Warsiki Muda (mama dari Dkn. Yuli Wungkana), Rev. Joseph Teng (Pendeta ORPC), Sdr. Franko Wangko, Ibu Tutty Raharso (mama dari Bpk. Andreas Raharso), Bpk. Sunandar Amin (papa dari Sdr. Sugeng Amin), Bpk. Suwandi Lie (papa dari Ibu Lianawati), Ibu Yohana Sunarni (mama dari Ibu Prasetyaningsih).

DOAKAN UNTUK IBU YANG HAMIL: Fielny Phionesgo, Mima Ginting.

Gereja & Kondisi Jemaat DOAKAN UNTUK PARA PELAYAN TUHAN GPO. Berdoa kiranya Tuhan senantiasa memberkati dan memimpin Pendeta, Penatua, Diaken, para Pembina, guru-guru Sekolah Minggu, pengurus Komisi dan Tim, anggota Paduan Suara/Vocal Group, serta setiap aktivis pelayan di GPO.

DOAKAN UNTUK BAPAK-BAPAK PELAUT & TENAGA KERJA PRAMUWISMA, TUHAN menjaga dan melindungi mereka dalam tugas dan pekerjaan, serta memberkati kehidupan mereka dan keluarga mereka di Indonesia. Berdoa untuk para pelaut yang sedang menjalani proses updating dan upgrading ijazah dan sertifikat.

Pelayanan Misi

1. Berdoa untuk Sekolah Misi bagi Bangsa Barelang supaya bisa dikelola dengan baik, agar murid-murid mendapat pendidikan budi pekerti dan rohani dengan baik, para guru boleh mengajar dengan baik.

2. Berdoa untuk pengelolaan dan penyaluran dana janji iman ke badan-badan dan yayasan yang didukung jemaat GPO, supaya boleh dikelola dengan baik dan dipakai dengan maksimal untuk pekerjaan Tuhan.

3. Berdoa untuk keluarga, tim, individual yang didukung GPO lewat dana janji iman supaya mereka boleh tekun mengerjakan pelayanan mereka, supaya GPO sebagai satu gereja boleh mendukung mereka bukan hanya dalam dana tapi juga mengingat mereka dalam doa kita masing-masing.

14

Doa Peduli Bangsa BERDOA UNTUK INDONESIA 1. Berdoa untuk para Pemimpin, mulai dari Bapak Presiden, anggota Kabinet

Kerja sampai dengan para pemimpin di daerah-daerah, kiranya TUHAN senantiasa memberikan hikmat agar dapat memimpin rakyat, mewujudkan damai dan sejahtera dalam takut akan TUHAN.

2. Berdoa untuk kehidupan berbangsa dan bermasyarakat di Indonesia yang majemuk agar setiap kebijakan yang diambil senantiasa berlandaskan kepatuhan hukum dan keadilan social demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

3. Berdoa untuk setiap anak-anak TUHAN yang telah dan akan mendedikasikan dirinya di pemerintahan atau lembaga politik national/daerah agar TUHAN senantiasa memberkati, memimpin dan menjaga mereka dimanapun mereka berada.

4. Berdoa untuk Indonesia, dari kota besar sampai ke desa dan pedalaman termasuk masyarakat Indonesia yang terkena dampak bencana alam yaitu korban letusan Gunung Agung di Bali dan Gunung Sinabung di tanah Karo, tanah longsor dan banjir bandang yang terjadi di Sumatera Barat, Jawa Tengah dan ibukota Jakarta. Kiranya TUHAN memelihara dan memberkati seluruh rakyat Indonesia.

BERDOA UNTUK SINGAPURA DAN DUNIA 1. Berdoa untuk Singapura 2. Berdoa untuk beberapa negara yang mengalami peristiwa/bencana. 3. Berdoa untuk keamanan dan kerukunan hidup masyarakat dunia,

khususnya dari ancaman dan tindakan brutal bahkan pembunuhan dari gerakan-gerakan separatis agama/golongan yang militan, juga kondisi krisis ekonomi.

15

Outline khotbah Kebaktian Umum GPO Minggu, 11 Maret 2018 Tema: “Busuk Hati” - (Yakobus 3: 16)

"Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat."

================================================================

PENDAHULUAN I. DOSA KEBUSUKAN HATI (Iri, Dengki, Cemburu, atau Envy) tidak asing bagi

kita semua. Menurut Billy Graham, envy adalah dosa yang paling banyak dilakukan manusia dan envy ini adalah dosa tertua. Kebusukan hati adalah dosa yang mematikan. Busuk hati akan membuka pintu bagi iblis untuk masuk ke dalam kehidupan kita. Petrus dalam suratnya. "Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." (1 Petrus 5:8)

II. APAKAH AKIBAT KEBUSUKAN HATI.

Kebusukan hati berdampak merusak relasi dengan Tuhan. Ketika Adam dan Hawa terjebak iri hati, mereka jatuh dalam dosa. Demikian halnya Kain, Miryam dan Harun, dll. Yak 4: 2 - “Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa”.

III. BAGAIMANA MENCEGAH KEBUSUKAN HATI. Hati yang selalu bersyukur. (1 Tes 5:16-18). Dan Rasa Cukup. (1 Timotius 6:6). Hati yang penuh kasih kepada Tuhan dan Sesama. Hati yang memiliki kasih memiliki ciri tidak iri hati/cemburu (1 Kor 13:4).

16

LAPORAN KEUANGAN

Jenis Persembahan

Periode Anggaran

Jan – Des 2018

Penerimaan 4 Mar 2018

Penerimaan Kumulatif

s/d 4 Mar 2018

Persembahan Umum

S$ 571,500.00

S$3,187.25 Rp450,000/-US$500/-

S$95,352.20 Perpuluhan

S$9,983.00 US$500/-

Komisi Anak S$2,623.70

Rp20,000/-

LAPORAN JANJI IMAN

Periode Anggaran Komitmen Penerimaan 4 Mar 2018

Penerimaan Kumulatif

s/d 4 Mar 2018

Jan – Des 2018 S$ 201,130.00 S$5,560.00 S$68,510.20

Persembahan dalam bentuk cek harap ditujukan ke “ORCHARD RD PRESBYTERIAN CHURCH” dengan disertai keterangan lengkap.

KEGIATAN GEREJA

KEHADIRAN JEMAAT

Jumlah jemaat yang hadir tgl 4 Mar 2018 – 406 orang Jumlah rata-rata pengunjung bulan Februari 2018: 331 orang/minggu Jumlah rata-rata pengunjung bulan Januari 2018: 423 orang/minggu

Pelayanan Oikumenis

Hari Waktu Tempat

Ibadah Minggu Minggu 14.30 Sanctuary

Kebaktian Anak-anak Minggu 14.30 Lantai 2

Kebaktian Remaja Minggu 14.15 Chapel

Persekutuan Pemuda Sabtu 16.30 Dunman Basement 5

Persekutuan Wanita Selasa 14.00 Dunman Hall

Persekutuan Maria Marta Minggu III 14.30 Eastern Basement

Mezbah Doa Pelaut Minggu II - V 16.30 – 17.00 Dunman Hall

Persekutuan Pelaut Minggu I 14.30 Dunman Hall

Malam Puji dan Doa Jum’at III 19.00 Chapel

Latihan Paduan suara Minggu 16.30 – 18.30 Su Han Kuen Hall A

17

KONTAK PELAYANAN - Gereja Presbyterian Orchard (G.P.O.)

Pendeta Petrus Budi Setyawan, (K) 63368829 ext. 124; (HP) 9649 2304

e-mail: [email protected]

Ibu Ratna Lie - Kantor Sekretariat GPO, (K) 63368829 ext. 110, 63376681; (F) 63391979 e-mail : [email protected]

WARTA JEMAAT GPO dapat dilihat di: http://www.orpc.org.sg/indonesian/

Komisi-Komisi dan Tim

Komisi & Tim Nama Kontak

Pelayanan

Anak Sony Sutandhi 9610 0579

Remaja Kaycee El Vella 8498 2185

Pemuda Michael Liawatimena 9787 6153

Wanita Eva Liana Tandjung 9060 3978

Maria Marta Marlenia Louru Peda 8166 2726

Pelaut Herlan Balirante 9796 6672

Keluarga Muda Ivo Jorris Graad

Pinem 8687 7029

Keluarga Dewasa Martin Hutagalung 9108 4529

Tim Ibadah Dian Perdana 9398 8422

Tim Malam Puji dan Doa

(MPD) Jessica Wijana 8502 8410

Tim Gema Pnt. Jahja U. Sutjiutama

9863 7796

Tim Pemerhati Ratna Lie 6336 8829 ext 110

Tim Misi Hartono Kasman 9792 6787

18

Gereja Presbyterian Bukit Batok (G.P.B.B.)

21 Bukit Batok St. 11, Singapore 659673 Telp. 65694365 Fax. 65690693 (http://indonesia.bbpc.org.sg)

Waktu Kebaktian Umum Minggu I & II: Minggu, pukul 09:00 & 11.00 pagi

Pendeta-pendeta: Pendeta Joseph Theo, (K) 65694365 ext 105; (HP) 9710 6295 e-mail: [email protected]

Preacher Yudi Jatmiko, (K) 65694365 ext 113; (HP) 9115 0859 e-mail: [email protected]

Kantor Sekretariat: Ibu Ingrid Tanudjaya, (K) 65694365; (HP) 96455046 e-mail: [email protected]

CATATAN: Tema: “Busuk Hati” - (Yakobus 3: 16) ______________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

19

Sejarah Singkat Jemaat G.P.O. Tanggal 9 Mei 1976 adalah ibadah perdana Persekutuan Umat Kristiani Berbahasa Indonesia (PUKBI) di GPO. Persekutuan ini di motori oleh para pelaut, guru-guru, pelajar dan mahasiswa, pegawai dan professional lainnya. Para pengunjung terdiri dari beberapa anggota gereja, antara lain: GKI, GPdI, HKBP, GPIB, Queenstown Lutheran Church Singapore, GEMINDO, GKST, Gereja Kristen Pasundan, GMIM, Gereja Roma Katolik, GMIH, Gereja Protestan Bali dan Gereja Betel Indonesia. Pada tanggal 14 Mei 1995, dengan adanya Memorandum Of Understanding maka PUKBI berkembang menjadi Gereja Presbyterian Orchard dan menjadi anggota penuh Orchard Road Presbyterian Church (ORPC). Tanggal 20 Agustus 1995, jemaat GPO membuka cabang di Gereja Presbyterian Bukit Batok (GPBB) dan telah diresmikan menjadi gereja mandiri pada tanggal 21 Juli 2013.

Dasar Iman & Keanggotaan Sebagai Gereja Presbyterian yang menerima Pengakuan Iman Westminster, maka kami mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Kami mengakui Alkitab sebagai Firman Allah yang berwibawa dan sebagai dasar dari pengakuan iman dan dasar dalam praktek bergereja. Kami menyambut dalam persekutuan kami setiap orang yang mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Keanggotaan Gereja kami terbuka untuk semua bangsa, ras, status sosial dan ekonomi. Menjadi anggota Gereja kami dapat diperoleh melalui baptisan (anak-anak dan dewasa), sidi, atestasi masuk dari Gereja asal dan melalui kelas Bina Iman.

Pengakuan Iman Rasuli Aku percaya kepada Allah Bapa yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi; dan kepada Yesus Kristus, anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun kedalam kerajaan maut. Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke sorga, duduk disebelah kanan Allah, Bapa yang Mahakuasa, dan dari sana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Aku percaya kepada Roh Kudus; gereja yang kudus dan am; persekutuan orang kudus; pengampunan dosa; kebangkitan daging; dan hidup yang kekal.

Doa Bapa Kami Bapa kami yang di sorga. Dikuduskanlah nama-MU. Datanglah Kerajaan-MU. Jadilah kehendak-MU di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini, makanan kami yang secukupnya, dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. Karena ENGKAU lah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. AMIN.