Regional Kendal 2012

download Regional Kendal 2012

of 31

description

gds

Transcript of Regional Kendal 2012

BAB I PENDAHULUAN1.1. Latar BelakangKabupaten Kendal merupakan salah satu wilayah region Kawasan Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran (Baca Kabupaten Semarang), Salatiga, Semarang dan Purwodadi). Kabupaten Kendal yang merupakan wilayah hinterland dari Kota Semarang mempunyai akses ekonomi yang cukup menarik. Hal ini ditambah lagi dengan letak Kabupaten Kendal yang berada di jalur pantura merupakan peluang investasi yang cukup baik bagi perekonomian Kendal. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat. Mengingat letaknya yang strategis di jalur pantura maka daerah ini menjadi daerah tujuan investasi yang menarik bagi para investor.

Setiapdaerahmempunyai sektor

andalandalamkegiatan ekonominya. Begitu juga dengan Kabupaten Kendal, karena letaknya yang strategis di jalur pantura, bukan berarti sektor perdgangan dan jasa yang menjadi sektor andalan atau sektor basis, mungkin sektor-sektor lain yang menjadi andalan atau sektor basis Kabupaten Kendal. Di Kabupaten Kendal terdapatindustri-indusrti pengolahanyangcukupberkembangdisana diantaranya yaitu industri krupuk, furniture, industri konveksi, industri gerabah, dll. Selain sektor industri, di Kab. Kendal juga berkembang sektor pertanian. Komoditas sektor pertanian yang cukup berkembang adalah tanaman pisang, sawo dan jagung.

Kabupaten Kendal yang merupakan hinterland dari Kab. Semarang merupakan salah satu hinterland yang cukup pesat perkembangannya. Perkembangan di Kota Kendal yang cukup menyita perhatian adalah Kecamatan Weleri. Di kecamatan ini berkembang sektor perdagangan. Selain itu Kec. Weleri menjadi pusat persinggahan para pedagang dari Solo Semarang dan daerah lain dari Indonesia. Oleh karena banyaknya sektor yang

menjadikan Kab. Kendal menjadi maju, maka dengan makalah ini kami ingin mengetahui sektor manakah yang menjadi sektor basis di Kab. Kendal.

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu tolak ukur yang dapat dipakai untuk meningkatkan adanya pembangunan suatu daerah dari berbagai macam sektor ekonomi yang secara tidak langsung menggambarkan tingkat perubahan ekonomi. Menurut Sukirno (1994:10), pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat. Biasanya yang menjadi tongkat penyangga perekonomian suatu daerah adalah sektor basis di daerah tersebut. Sedangkan laju pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai kenaikan dalam PDRB tanpa memandang apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk dan apakah ada perubahan atau tidak dalam struktur ekonomi. Salah satu indikator untuk menunjukkan tingkat kemakmuran suatu daerah adalah data mengenai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga yang berlaku ataupun atas dasar harga konstan. Namun untuk menunjukkan tingkat pergeseran sektor dilihat melalui PDRB berdasarkan tingkat harga berlaku. Suatumasyarakatdipandangmengalamisuatupertumbuhandalam kemakmuran masyarakat apabila pendapatan perkapita menurut harga atau pendapatan terus menerus bertambah.

Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dilihat apakah sektor yang cukup berkembang di Kab. Kendal menjadi sektor basis atau bukan. Selain itudalammakalah ini akan diuraikanmengenai

sektor-sektoryang merupakan sektor basis dan sektor non basis yang mendukung pertumbuhan Kabupaten Kendal.Adanyaperkembanganpadasetiapsektor bisa menyebabkan bergesernya suatu sektor dari sektor non basis (sektor pendukung) menjadi sektor basis dan begitu juga sebaliknya. Dalam analisa ini digunakan alat Metode Location Quotient untuk membandingkan porsi lapangan kerja/nilai tambahan untuk sektor-sektor tertentu di wilayah tersebut dibandingkan dengan porsi lapangan kerja/nilai tambah untuk sektor yang sama secara nasional (nasional disini maksudnya adalah wilayah yang lebih tinggi jenjangnya).

1.2.Rumusan Masalaha) Berdasarkan data dari PDRB, sektor manakah yang menjadi sektor basis dannonbasisdikabupatenKendaluntukmenunjang perekonomian?

b) Apakah dalam kurun lima waktu terakhir apakah terjadi pergeseran sektor basis?

c) Bagaimanadampakdarisektorbasisterhadapkehidupan perekonomian masyarakat disana, ditinjau dari banyaknya tenaga kerja yang terserap?

d) Bagimana pertumbuhan ekonomi Kab. Kendal selama lima tahun terakhir?

1.3. Tujuan Penelitiana) Untuk mengetahui sektor manakah yang menjadi sektor basis dan non basis dalam Kabupaten Kendal.

b) Mengetahui besarnya sumbangan sektor tersebut dalam PDRB Kabupaten Kendal.

c) Untuk mengetahui apakah ada pergeseran sektor atau tidak (basis dan non basis di Kabupaten Kendal).

d) Untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan perekonomian di

Kabupaten Kendal dalam kurun lima tahun terakhir.

1.4.Manfaat Penelitiana) Untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan

b) Sebagai sumber informasi struktur perekonomian Kabupaten

Kendal

c) Untuk menambah pengetahuan mengenai Kabupaten Kendal itu sendiri

d) Untuk mengetahui apakah sektor yang berproduksi secara efisien merupakan sektor basis di daerah tersebut atau tidak.

e) Bahan masukan bagi peneliti lebih lanjut yang ingin lebih mengkaji masalah ini.

BAB II LANDASAN TEORI2.1.Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)Pengertian PDRB menurut Badan Pusat Statistik (2002:3) adalah jumlah nilai tambah yang dihasilkan untuk seluruh wilayah usaha dalam suatu wilayah atau merupakan jumlah seluruh nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan seluruh unit ekonomi disuatu wilayah. Untuk menghitung PDRB yang ditimbulkan dari satu daerah ada empat pendekatan yang digunakan (BPS 2002:5-6) yaitu :

1.Pendekatan Produksi, yaitu pendekatan untuk mendapatkan nilai tambah di suatu wilayah dengan melihat seluruh produksi netto barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh sektor perekonomian selama satu tahun.

2.Pendekatan Pendapatan, adalah pendekatan yang dilakukan dengan menjumlahkan seluruh balas jasa yang diterima oleh faktor produksi, meliputi :

a. Upah/gaji (balas jasa faktor produksi tenaga kerja)

b. Sewa tanah (balas jasa faktor produksi tanah)

c. Bunga modal (balas jasa faktor produksi modal)

d. Keuntungan (balas jasa faktor produksi wiraswasta/skill)

3.Pendekatan Pengeluaran, adalah model pendekatan dengan cara menjumlahkan nilai permintaan akhir dari seluruh barang dan jasa, yaitu:

a. Barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga, lembaga swasta yang tidak mencari untung (nirlaba) dan pemerintah.

b. Barang dan jasa yang digunakan untuk membentuk modal tetap bruto.

c. Barang dan jasa yang digunakan sebagai stok dan ekspor netto.

4.Metode Alokasi, model pendekatan ini digunakan karena kadang-kadang dengan data yang tersedia tidak memungkinkan untuk mengadakan penghitungan pendapatan regional dengan menggunakan metode langsung seperti tiga cara di atas, sehingga dipakai metode alokasi atau metode tidak langsung. Sebagai contoh, bila suatu unit produksi mempunyai kantor pusat dan kantor cabang. Kantor pusat berada di wilayah lain sedangkan kantor cabang tidak mengetahui nilai tambah yang diperoleh karena perhitungan rugi-laba dilakukan di kantor pusat. Untuk mengatasi hal itu penghitungan nilai tambahnya terpaksa dilakukan dengan metode alokasi, yaitu dengan mengalokasikan angka-angka oleh kantor pusat dengan menggunakan indikator-indikator yang dapat menunjukkan seberapa besarnya peranan suatu kantor cabang terhadap kantor pusat.

Sedangkan cara penyajian PDRB dilakukan sebagai berikut:

a)PDRB Atas Dasar Harga Berlaku, yaitu semua agregat pendapatan dinilai atas dasar harga yang berlaku pada masing- masing tahunnya, baik pada saat menilai produksi dan biaya antara maupun pada penilaian komponen nilai PDRB.

b) PDRB Atas Dasar Harga Konstan, yaitu semua agregat pendapatan dinilai atas dasar harga tetap, maka perkembangan agregat pendapatan dari tahun ke tahun semata-mata karena perkembangan produksi riil bukan karena kenaikan harga atau inflasi. Dalam penelitian ini, PDRB yang digunakan untuk penelitian pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal adalah PDRB Atas Dasar Harga Konstan.

2.2. Teori Basis Ekonomi (Economic Base Theory)Teori basis ekonomi ini dikemukakan oleh Harry W. Richardson (1973) yang menyatakan bahwa faktor penentu utama pertumbuhan ekonomi suatu daerah adalah berhubungan langsung dengan permintaan akan barang dan jasa dari luar daerah (Arsyad 1999:116). Dalam penjelasan

selanjutnyadijelaskanbahwapertumbuhanindustri-industriyang menggunakan sumberdaya lokal, termasuk tenaga kerja dan bahan baku untuk diekspor, akan menghasilkan kekayaan daerah dan penciptaan peluang kerja (job creation). Asumsi ini memberikan pengertian bahwa suatu daerah akan mempunyai sektor unggulan apabila daerah tersebut dapat memenangkan persaingan pada sektor yang sama dengan daerah lain sehingga dapat menghasilkan ekspor (Suyatno 2000:146). Ada serangkaian teori ekonomi sebagai teori yang berusaha menjalankan perubahan- perubahan regional yang menekankan hubungan antara sektor-sektor yang terdapat dalam perekonomian daerah. Teori yang paling sederhana dan populer adalah teori basis ekonomi (economic base theory).

Menurut Glasson (1990:63-64), konsep dasar basis ekonomi membagi perekonomian menjadi dua sektor yaitu:

a) Sektor-sektor Basis, adalah sektor-sektor yang mengekspor barang-barang dan jasa ke tempat di luar batas perekonomian masyarakat yang bersangkutan atas masukan barang dan jasa mereka kepada masyarakat yang datang dari luar perbatasan perekonomian masyarakat yang bersangkutan.

b) Sektor-sektor Bukan Basis, adalah sektor-sektor yang menjadikan barang-barang yang dibutuhkan oleh orang yang bertempat tinggal di dalam batas perekonomian masyarakat bersangkutan. Sektor-sektor bukan basis ini tidak mengekspor barang-barang. Ruang lingkup mereka dan daerah pasar terutama adalah bersifat lokal.

Secara implisit pembagian perekonomian regional yang dibagi menjadi dua sektor tersebut terdapat hubungan sebab-akibat dimana keduanya kemudian menjadi pijakan dalam membentuk teori basis ekonomi. Bertambahnya kegiatan basis di suatu daerah akan menambah arus pendapatan ke dalam daerah yang bersangkutan sehingga menambah permintaan terhadap barang dan jasa yang dihasilkan, akibatnya akan menambah volume kegiatan bukan basis. Sebaliknya semakin berkurangnya kegiatan basis akan menurunkan permintaan terhadap produk dari kegiatan

bukan basis yang berarti berkurangnya pendapatan yang masuk ke daerah yang bersangkutan. Dengan demikian kegiatan basis mempunyai peran sebagai penggerak utama.

2.3Pengembangan Sektor PotensialBerdasarkan potensi sumber daya alam yang kita miliki, maka adanya sektor potensial di suatu daerah harus dikembangkan dengan seoptimal mungkin. Lincolin Arsyad (1999:165) mengatakan bahwa sampai dengan akhir dekade 1980-an, di Indonesia terdapat tiga kelompok pemikiran dalam kaitannya dengan langkah-langkah yang perlu diambil untuk memantapkan keberadaan sektor industri. Ketiga kelompok pemikiran tersebut adalah:

1. Pengembangan sektor industri hendaknya diarahkan kepada sektor yang memiliki keunggulan komparatif (comparative adventage). Pemikiran seperti ini boleh dikatakan diwakili oleh kalangan ekonom-akademis.

2. Konsep Delapan Wahana Transformasi Teknologi dan Industri yang di kemukakan oleh Menteri Riset dan Teknologi (Habibie), yang pada dasarnya memprioritaskan pembangunan industi-industri hulu secara serentak (simultan).

3. Konsep keterkaitan antar industri, khususnya keterkaitan hulu-hilir.

Konsep ini merupakan konsep menteri perindustrian (Tungki Ariwibowo). Sebagai indikator analisis evaluasi, metode klarifikasi dan validasi dari perencanaan yang telah disusun sesuai dengan tuntutan kerangka acuan kerja digunakan analisis SWOT. Analisis ini merupakan suatu metode untuk menggali aspek-aspek kondisi sektoral yang terdapat di suatu kawasan yang direncanakan untuk menguraikan berbagai potensi dan tantangan yang akan dihadapi dalam pengembangan sektoral tersebut.

2.4Model Analisis dengan Metode Location QuotientMetode Location Quotient adalah metode dengan membandingkan porsi lapangan kerja/nilai tambah untuk sektor tertentu di suatu wilayah dibandingkan dengan porsi lapangan kerja/nilai tambah untuk sektor yang sama secara nasional (nasional yang dimaksud adalah wilayah yang lebih tinggi jenjangnya). Dalam bentuk rumus diperlihatkan dibawah ini :

LQKeterangan :

li / eLi / Eli = banyaknya lapangan kerja sektor i di wilayah analisis e = banyaknya lapangan kerja di wilayah analisis

Li = banyaknya lapangan kerja sektor i secara nasional

E = banyak lapangan kerja secara nasional

Dari persamaan diatas diketahui bahwa apabila LQ > 1 berarti porsi lapangan kerja sektor i di wilayah analisis terhadap total lapangan kerja wilayah adalah lebih besar dibandingkan dengan porsi lapangan kerja untuk sektor yang sama secara nasional. Maksud dari pernyataan ini adalah sektor i di wilayah tersebut secara proporsional dapat menyediakan lapangan kerja melebihi porsi sektor i secara nasional. LQ > 1 memberikan indikasi bahwa sektor tersebut adalah basis, sedangkan apabila LQ < 1 berarti sektor ini adalah nonbasis.

Teknik ini memiliki asumsi bahwa semua penduduk di suatu daerah mempunyai pola permintaan yang sama dengan pola permintaan nasional (regional). Bahwa produktivitas tiap pekerja di setiap sektor industri di suatu daerah adalah sama dengan produktivitas pekerja dalam industri nasional. Setiap industri menghasilkan barang yang homogen pada setiap sektor, dan bahwa perekonomian bangsa yang bersangkutan adalah suatu perekonomian tertutup. Digunakan analisis LQ karena analisis ini memiliki kelebihan-kelebihan, yakni merupakan alat analisis sederhana yang dapat menunjukkan struktur perekonomian suatu daerah dan industri substitusi impor potensial atau produk-produk yang bisa dikembangkan untuk ekspor dan menunjukkan industri-industri potensial (sektoral) untuk dianalisis lebih lanjut. Sedangkan kelemahannya antara lain merupakan indikator kasar yang deskriptif, merupakan kesimpulan sementara dan tidak

memperhatikan struktur ekonomi setiap daerah. Ini mengingat bahwa hasil produksi dan produktivitas tenaga kerja di setiap daerah adalah berbeda, juga adanya perbedaan sumber daya yang bisa dikembangkan di setiap daerah.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN3.1Pendekatan PenelitianDalam laporan ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatankuantitatifdanpendekatankualitatif.Pendekatansecara kuantitatif yaitu penghitungan secara formulasi dengan menggunakan metode LQ (Location Quotient), sedangkan pendekatan kualitatif dilakukan melalui studi literatur dan alat analisis terhadap fenomena yang terjadi khususnya yang berkaitan dengan permasalahan pada laporan ini.

3.2Definisi OperasionalDefinisi operasional merupakan batasan dan menjelaskan beberapa variabel yang terdapat pada hipotesis, sehingga penyusunan laporan ini dapat terarah pada pokok permasalahannya. Definisi operasional tersebut meliputi :

1. Pertumbuhan sektor ekonomi:

Definisi pertumbuhan sektor ekonomi adalah pertumbuhan nilai barang dan jasa dari setiap sektor ekonomi yang dihitung dari angka PDRB atas dasar harga konstan tahun 2000.

2. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB):

Pengertian PDRB disini mengacu pada pengertian PDRB menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Bila dipandang dari sudut produksi, PDRB merupakan jumlah nilai produksi neto barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi dalam satu region atau wilayah selama jangka waktu tertentu yaitu satu tahun. Unit-unit produksi tersebut dalam penyajian ini dikelompokkan menjadi 9 (sembilan) kelompok lapanganusaha(sektor).DalampenyajianiniPDRBdihitung

berdasarkan harga tetap (harga konstan), yaitu pada harga-harga barang yang berlaku di tahun dasar yang dipilih, yakni dengan tahun 2000 sebagai tahun dasar. Perhitungan berdasarkan harga konstan ini dilakukan karena sudah dibersihkan dari unsur inflasi. Sedangkan untuk mengetahi ada atau tidaknya pergeseran sektor dilihat berdasarkan PDRB atas harga berlaku.

3. Penduduk

BPS mendefinisikan bahwa yang dimaksud penduduk adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia selama

6 (enam) bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari

6 (enam) bulan tetapi bertujuan untuk menetap (dalam satuan jiwa).

4. Sektor-sektor ekonomi

Sektor-sektor ekonomi yaitu sektor pembentuk angka PDRB yang berperan dalam menentukan laju pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini BPS membagi sektor-sektor ekonomi tersebut menjadi sembilan sektor seperti sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor industri, sektor listrik, gas dan air, sektor konstruksi, sektor perdagangan, sektor komunikasi, sektor keuangan dan sektor jasa dan lainnya.

5. Pengembangan sektor ekonomi potensial

MenurutSchumpeter danHicksdalamJhingan(2002:4), Perkembangan ekonomi merupakan perubahan spontan dan terputus- putusdalamkeadaanstasioneryang senantiasamengubahdan mengganti situasi keseimbangan yang ada sebelumnya. Berdasarkan pengertian di atas yang dimaksud dengan pengembangan sektor potensial dalam penelitian ini adalah upaya untuk mengubah/menaikkan keadaan yang ada (mengganti keseimbangan yang telah ada) pada sektor-sektor ekonomi potensial (unggul, mampu, strategis), guna meningkatkan PDRB Kabupaten Kendal.

3.3Jenis dan Sumber DataPenelitian ini menggunakan data sekunder yang kami peroleh dari Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. Data yang digunakan adalah data PDRB Kabupaten Kendal tahun 2002 2007.

3.4Prosedur Pengumpulan DataProsedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi kepustakaan (Library Study), yaitu dengan mempelajari literatur-litaratur yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti kemudian dihubungkan satu sama lainnya sehingga dapat diperoleh hasil yang betul-betul akan membantu dalam menjawab permasalahan yang ada. Literatur-litertur yang digunakan adalah jurnal-jurnal yang berhubungan dengan permasalah tersebut dan buku ekonomi regional yang ada di perpustakaan.

BAB IVHASIL DAN PEMBAHASAN4.1Hasil Penelitian4.1.1KependudukanJumlahpendudukKabupatenKendaltahun2003 berdasarkan hasil registrasi penduduk akhir tahun 2003 adalah sebesar

891.166 jiwa. Penduduk yang bekerja pada tahun 2003 sebesar

417.627jiwa,hal inimenggambarkanbahwa hampirseparuh penduduk Kab. Kendal bekerja di sektor basis. Pada tahun 2004 jumlah penduduk Kendal sebanyak 899.211 jiwa dan yang bekerja sebanyak 403.044 jiwa. Pada tahun 2005 jumlah penduduk Kab. Kendal 905.541 jiwa dan yang bekerja sebesar 445.515 jiwa. Pada tahun 2006 jumlah penduduk Kab. Kendal sebesar 918.945 jiwa dan yang bekerja sebesar 465.682 jiwa. Dari uraian data kependudukan dan tenaga kerja dapat dilihat bahwa setiap tahun rata-rata terjadi kenaikan jumlah penduduk dan tenaga kerja di Kab. Kendal.

Grafik: Alokasi tenaga kerja persektor di Kab. Kendal

Sumber: BPS Jateng, Susenas

Berdasarkan grafik di atas, bila dilihat bahwa tenaga kerja banyak terserap pada sektor pertanian. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar penduduk di Kab. Kendal bekerja di sektor pertanian. Setelah itu disusul oleh sektor perdagangan. Hal ini ditunjang letak Kab. Kendal yang berada di jalur pantura sehingga cocok untuk perdagangan. Perdagangan di Kab. Kendal cukup berekembang terutama di Kecamatan Weleri. Setelah sektor perdagangan disusul oleh sektor industri. Di Kendal, sektor industri yang berkembang adalah sektor industri non migas yaitu sektor industri pengolahan seperti industri furniture, kerupuk , petis, bordir, pengolahan hasil laut, dan lain-lain. Setelah sektor industri, kemudian disusul sektor kontruksi, komunikasi, pertambangan, listrik dan gas, keuangan dan lainnya.

Berikut tabel alokasi tenaga kerja persektor di Kab.Kendal

Sektor20022003200420052006

Pertanian204.157217.987181.707215.550218.090

Prtmbngn4971.6686482.6651.448

Industri52.49647.16948.54045.16062.336

Listrik, gas &

air99429200362

Konstruksi15.96620.39718.34821.89014.782

Prdgangan72.07872.61986.70392.85085.082

Komnksi13.92418.67619.58120.38024.028

Keuangan4.9281.5654.0595.3303.926

Jasa42.06536.03242.81040.39554.626

Lainnya4971.2226481.2951.002

Jumlah407.602417.627403.044445.515465.682

Sumber: BPS Jateng, Susenas

4.1.2Perekonomian DaerahStrukturperekonomianmenggambarkanperananatau sumbangan dari masing-masing sektor dalam pembangunan PDRB yang dalam konteks lebih jauh akan memperhatikan bagaimana suatu perekonomian mangalokasikan sumber-sumber ekonomi di berbagai sektor. Nilai PDRB Kabupaten Kendal selalu mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh jumlah nominalnya yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dalam kurun waktu 4 tahun(2004 2007) tahun terakhir, sektor industri pengolahan masih merupakan sektor yang menjadi andalan terbesar di Kabupaten Kendal. hal ini ditandai dengan sumbangannya terhadap total PDRB Kabupaten Kendal yaitu berkisar di atas 34 persen, paling tinggi dibanding dengan sektor lain. Selanjutnya yang memberikan sumbangan terbesar setelah sektor Industri Pengolahan adalah sektor Pertanian dan sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran. Secara keseluruhan, dalam 4 tahun terakhir. tidak terjadi pergeseran struktur ekonomi yang berarti, masing-masing sektor masih dalam posisi yang sama.

4.2AnalisisPotensiSektorEkonomi,KeterkaitanWilayahdanPengembangan Sektor PotensialPenulisan makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekonomi Kabupaten Kendal sehingga sektor-sektor strategis yang potensial tesebut dapat dikembangkan untuk meningkatkan PDRB kemudian sektor- sektorpotensialyangteridentifikasitersebutdianalisislebihlanjut bagaimanakekuatan,

kelemahan,

peluang,ancaman/tantangan pengembanganya sehingga dapat dirumuskan strategi apa yang bisa diterapkan dalam rangka pengembangan sektor potensial tesebut. Selain itu,

juga dicari seberapa jauh keterkaitan Kabupaten Kendal dengan daerah sekitarnya dalam satu kawasan.

Untuk mengetahui potensi sektor-sektor ekonomi yang mendukung PDRB Kabupaten Kendal maka digunakan alat analisis LQ yaitu untuk mengetahui apakah sektor ekonomi tersebut termasuk sektor basis atau non basis.

4.3Analisis Potensi Sektor Ekonomi dengan Model Location Quotient (LQ)Analisis Location Quotient (LQ) digunakan untuk mengetahui sektor-sektor ekonomi manakah yang termasuk kedalam sektor basis (basic sector) atau berpotensi ekspor dan manakah yang bukan merupakan sektor basis (non basic sector). Apabila hasil perhitungannya menunjukkan angka lebih dari satu (LQ > 1) berarti sektor tersebut merupakan sektor basis. Sebaliknya apabila hasilnya menunjukkan angka kurang dari satu (LQ < 1) berarti sektor tersebut bukan sektor basis. Hasil perhitungan Location Quotient (LQ) Kabupaten Kendal selama 5 tahun terakhir (dari tahun 1999

2003) selengkapnya dapat dilihat pada table berikut :

Hasil Perhitungan Indeks Location Quotient (LQ) berdasarkan atas harga berlaku di Kabupaten Kendal 2003 2007SektorTahun2003

Tahun2004

Tahun2005

Tahun2006

Tahun2007Petanian1,1681,1951,231,2451,25

Petambangan &galian1,110,71,071,11,11Industri pengolahan1,1661,1361,111,0791,18

Listrik, gas, airbersih1,311,1671,251,451,55Bangunan0,780,6790,640,690,62

Perdang, hotel,restoran0,8550,5850,890,860,85Pengankutan &komunikasi0,480,450,480,550,56Keu.persewaan &jasa persuasi0,670,730,770,930,8Jasa-jasa0,860,90,960,970,93

Hasil Perhitungan Indeks Location Quotient (LQ) berdasarkan atas harga konstan berlaku di Kabupaten Kendal 2003 2007SektorTahun2003

Tahun2004

Tahun2005

Tahun2006

Tahun2007Pertanian1,141,171,141,161,18

Pertambangan& galian0,8990,910,90,960,96Industripengolahan1,241,21,251,241,25Listrik, gas, airbersih1,631,641,31,381,43Bangunan0,640,50,480,50,49

Perdag, hotel,restoran0,850,870,880,90,92Pengankutan& komunikasi0,49820,490,490,49Keu.persewaan& jasa perushn0,640,680,70,690,71Jasa-jasa0,790,80,790,790,79

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode LQ di atas dapat dilihat bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir belum ada pergeseran sektor. Dimana yang dimaksud pergeseran sektor disini yaitu pergeseran dari sektor basis ke sektor non basis dan begitu pula sebaliknya. Selain itu, dalam perhitungan ini dapat diketahui bahwa yang menjadi sektor basis adalah sektor pertanian; industri pengolahan; listrk, gas, dan air bersih. Sektor non basis adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran; bangunan; keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan. Adanya urutan sektor non basis seperti hal tersebut sangatlah tepat dengan keadaan perekonomian di Kab. Kendal. Dimana seperti yang kita tahu bahwa sektor-sektor non basis tersebut sangat mendorong terus berkembanya sektor basis di Kab. Kendal.

Berkembangnya sektor basis seperti hal tersebut sangat cocok dengan wilayah Kab. Kendal dimana pada wilayah dataran tinggi seperti di Kendal Selatan sangat cocok untuk kegiatan pertanian. Sektor pertanian yang juga merupakan sektor basis banyak berkembang di wilayah Kec. Boja, Kec. Patean dimana pada wilayah ini berkembang sektor perkebunan yang merupakan subsektor dari sektor pertanian. Sedangkan di wilayah dataran rendah berkembang sektor indusrti. Sektor industri yang banyak berkembang di sini adalah sektor industri pengolahan pengolahan furniture yang berorientasi ekspor ke Eropa, Amerika dan negara-negara lainnya.

Selain itu juga berkembang sektor pengolahan hasil laut, industri kecil konveksi dan dll. Berkembangnya sektor ini di wilayah dataran rendah Kab. Kendal karena adanya kemudahan dalam memperoleh bahan baku untuk memproduksi hal tersebut.

Meskipun sektor basis merupakan sektor yang paling potensial untuk dikembangkan dan untuk memacu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal, akan tetapi kita tidak boleh melupakan sektor non basis. Karena dengan adanya sektor basis tersebut maka sektor non basis dapat dibantu untuk dikembangkan menjadi sektor basis baru. Tidak hanya itu saja, tanpa adanya sektornonbasis yang diperhatikanmaka kegiatan perekonomian di sektor yang lain tidak akan bisa berkembang.Berdasarkan perhitungan diatas dapat diketahui bahwa selama lima tahun terakhir tidak terjadi pergeseran sektor basis di Kab. Kendal. jadi disini bisa dilihat bahwa setiap sektor selama kurun waktu lima tahun terakhir posis setiap sektor sama.4.4Pengembangan Sektor Basis di Kabupaten Kendal berdasarkan atas dasar harga berlaku dan atas harga konstan tahun 2003 2007Setelah melakukan analisis dengan menggunakan analisis LQ, maka dapat diketahui masing-masing sektor basis dan non basis ekonomi Kabupaten Kendal. Setelah diketahui potensi tiap sektor, selanjutnya diharapkan adanya pengelolaan yang lebih terfokus pada sektor yang lebih mampu mendorong perkembangan ekonomi Kabupaten Kendal. Dengan menitik beratkan pada sektor-sektor yang mempunyai pengaruh yang besar pada perekonomian sehingga diharapkan hasilnya dapat optimal.

Dalam penelitianini analisis pengembangan sektor basis di Kabupaten Kendal berdasarkan PDRB atas harga berlaku yaitu sektor industri pengolahan terutama industri non migas, sektor pertanian dan sektor listrik, gas, dan air bersih. Berikut akan di bahas sektor yang menjadi sektor basis di Kab. Kendal.

4.4.1Sektor Industri dan Pengolahana. Sentra Industri Kecil Mebel dari Kayu/Furniture

Di Kabupaten Kendal banyak terdapat kegiatan industri mebel kayu/furniture yang lokasinya tersebar di pelosok daerah, baik yang mengelompok dalam satu pedesaan/sentra maupun yang terpencar antara 1 hingga 4 perusahaan dari yang berskala kecil maupun besar.

Bahan yang digunakan berupa kayu jati yang berasal dari Perum Perhutani maupun jati tanaman rakyat, juga kayu non jati (sengon, mahoni, kalimantan, dan lain-lain) yang persediaannya cukup banyak di pasaran. Walaupun perkembangan furniture kurang begitu cepat, namun usaha ini berjalan cukup lancar dalam melayani kebutuhan mebelair dan bahan bangunan serta produksi lain yang dibutuhkan masyarakat, perkantoran, keperluan pabrik tekstil, dan lain-lain. Seperti disebutkan di atas bahwa di Kabupaten Kendal terdapat industri furniture dan pengolah kayu menengah dan besar namun dengan produk berorientasi pasar ekspor ke negara-negara Eropa, Amerika dan negara lainya dengan jenis produk antara lain kayu olahan dan mebelair seperti Hartco di Kecamatan Patean, dan sebagainya.

b. Sentra Industri Kecil Emping Melinjo

Tanamanmelinjo

banyaktumbuhdiKecamatan Pageruyung,PlantungandanKecamatanPatebon

sehingga beberapa desa di kecamatan tersebut merupakan daerah sentra industri kecil pembuatan emping melinjo. Sentra emping melinjo berada di Kecamatan Plantungan, Kecamatan Pageruyung dan Patebon yang merupakan usaha turun temurun dari nenek moyang mereka dan masih dikerjakan dengan peralatan yang sederhana.

Jumlah industri kecil emping melinjo pada tahun 2007 mencapai 152 unit usaha dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 169 orang. Salah satu kendala yang dihadapi oleh

pengrajin industri kecil pembuatan emping melinjo di sentra adalah penyimpanan pasca panen buah melinjo sebagai bahan bakunya, sementara ini buah melinjo yang dipanen apabila permintaan emping melinjo berkurang maka buah melinjo tadi dijual ke tengkulak. Emping melinjo di sentra industri pembuatan emping melinjo di Kecamatan Plantungan sudah banyak dikenal oleh masyarakat Kabupaten Kendal bahkan di luar Kabupaten, misalnya Semarang, Magelang, Pekalongan, dan Batang. Untuk produksi emping melinjo Kabupaten Kendal bentuknya agak pulen dan tidak retak apabila ditumbuk.

c. Sentra Industri Kecil Konveksi

Industrikecil

pembuatanpakaian

jadi/konveksidi Kabupaten Kendal mempunyai perkembangan yang cukup baik. Keberadaan industrikecilinimenyebarmeratadidaerah, sedangkan untuk sentra industri kecil pembuatan pakaian jadi diantaranya adalah di Desa Kutoharjo, Krajan Kulon, dan Desa ProtomulyoKecamatan Kaliwungu serta di

Desa Cepiring dan Pandes Kecamatan Cepiring. Jumlah industri kecil pembuatan pakaian jadi/konveksi pada tahun 2007 mencapai 70 unit usaha dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 230 orang.

Industri kecil pembuatan pakaian jadi ini sebagian besar dikerjakan dengan peralatan sederhana, mesin jahit dikerjakan dengan tenaga manusia atau manual dan belum menggunakan tenaga mekanis/tenaga listrik. Adapun jenis produk yang dihasilkan antara lain kemeja pria, celana panjang, pakaian anak-anak dan pakaian wanita.

d. Sentra Industri Kecil Gerabah

Pada tahun 1970-an jumlah pengrajin industri kecil gerabah di Kabupaten Kendal lebih dari 200 unit usaha yang terdapat di Kecamatan Kota Kendal dan Kecamatan Weleri. Namun dengan

kemajuan peradaban manusia sekarang ini banyak diproduksi barang substitusi sehingga jumlah industri gerabah mengalami penurunan drastis menjadi 40 unit usaha pada tahun 2007. Dari sejumlah 40 unit usaha tersebut dikerjakan oleh orang-orang yang sudah tua, sedangkan generasi muda sudah tidak tertarik pada kegiatan kerajinan gerabah. Jumlah tenaga kerja yang terserap oleh industri kecil gerabah sebanyak 52 orang.Barang-barang yang dibuat antara lain periuk, cobek, tungku, wajan dan barang-barang bersifat seni seperti aneka pot/vas bunga, barang hiasan ruang tamu, hiasan taman, dan lain-lain yang dipesan oleh penggemar barang seni.

e. Sentra Industri Kecil Bata Merah

Guna memenuhi kebutuhan bahan bangunan daerah lokal dandaerahsekitarnya,masyarakatKabupatenKendal memanfaatkan potensi tanah dari lokasi yang kurang subur (tanah tadah hujan, berem sungai, tanah kebun, tanah urugan) untuk pembuatan bata merah.

Sentra industri bata merah di Kabupaten Kendal sebanyak

185 unit usaha yang tersebar di berbagai kecamatan, yaitu Desa Kebonadem, Desa Rejosari Kecamatan Brangsong; Kelurahan TunggulrejoKecamatanKotaKendal;DesaBanjarejodan Kaligading Kecamatan Boja; Desa Merbuh Kecamatan Singorojo; Desa Karangsuno, Mulyosari, Botomulyo, Gondang, dan Pandes Kecamatan Cepiring; Desa Tambaksari Kecamatan Rowosari; serta Desa Karanganom dan Payung Kecamatan Weleri. Jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 634 orang.

f.Sentra Industri Kecil Genteng

Sentraindustrikecilgentengletaknyatersebardi Kabupaten Kendal, desa yang potensial penghasil genteng press / non press adalah Desa TamanGede Kecamatan Gemuh, Desa

Meteseh Kecamatan Boja, Desa Kaliputih - Singorojo dan Tegorejo - Pegandon. Usaha genteng di daerah sentra merupakan usaha yang di kelola secara turun temurun dengan peralatan yang sederhana / tradisional.

Daerah pemasaran produk industri genteng berbeda-beda antara daerah sentra yang satu dengan daerah sentra yang lain karena masing-masing sentra mempunyai pangsa pasar tersendiri. Produk industri genteng Meteseh dan produk industri genteng Taman Gede pemasarannya sudah merambah ke luar Kabupaten Kendal dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Sedangkan produk industri genteng non press yang dihasilkan oleh sentra genteng dari Desa Tegorejo sasaran pemasarannya adalah untuk kelas menengah ke bawah.

g. Sentra Industri Kecil Gula Aren

Salahsatuindustriyangberkembangdi Kecamatan Limbangan adalah industri pembuatan gula aren. Pembuatan gula aren ini dikelola oleh hampir setiap warga di tiap-tiap desa di Kecamatan Limbangan. Tanaman aren yang ber kembang ini tidak lepas dari daya dukung sumber daya alam, tanaman aren sebagai bahan baku pembuatan gula aren tumbuh tersebar di daerah / wilayah Kecamatan Limbangan.

Pada umumnya desa yang menjadi sentra gula aren di Kecamatan Limbangan sifatnya home industri walaupun sebagian adajugayangsudahdiusahakanskalasedangmaupun penampungan dari pengrajin-pengrajin setempat.

Pemasaran hasil produksi selama ini dilakukan oleh para pedagang yang langsung membeli ke pengrajin dengan cara memesan atau meminjami dulu uang untuk modal tambahan. Daerah pemasar an gula aren di sentra Kecamatan Limbangan meliputi Kabupaten Kendal serta Semarang dan sekitarnya.

h. Sentra Industri Kecil Bordir

BordirdiKabupatenKendalyangpotensialdan berkembang adalah daerah Kecamatan Kaliwungu. Produk industri kecil bordir di daerah ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Kecamatan Kaliwungu sendiri tidak terlepas dari sebutan Kota Santri dimana banyak terdapat pesantren dan sarana pendidikan keagaman Islami yang mana santri-santrinya berasal dari seluruh nusantara.

Pembuatan bordir di Kecamatan Kaliwungu cukup baik perkembangannya. Hal ini dilihat dari perkembangan selama ini yaitu dengan adanya Koperasi Bordir Mekar Sari. Koperasi ini menampung bordir yang diusahakan secara home industri. Produk yang paling banyak diproduksi adalah busana muslim, hal ini disebabkan banyaknya pesanan baik yang datang dari lokal maupun dari luar daerah misal Jakarta, Surabaya, Bali, bahkan Australia. Tempat sentra Bordir terdapat di dekat area masjid Kaliwungu yaitu Desa Krajankulon, Sarirejo, Protomulyo dan Kutoharjo.

i.Sentra Industri Kecil Pengolahan Hasil Laut

Terinasimerupakansalahsatukomoditiekspordi Kabupaten Kendal yang mempunyai prospek yang cukup baik. Sentra industri terinasi di Kec. Cepiring pengelolaannya ditangani dengan mana- jemen yang baik, karena usaha ini sudah merupa kan perusahaan sehingga mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Terinasi hasil olahan memang mempunyai spesifikasi khusus, karena memang sebagian besar untuk konsumsi ekspor sehingga kualitas produk sangat diperhatikan. Pada umumnya spesifikasi itu adalah warnanya bersih, tidak menggumpal, dan besarnya hampir seragam. Hasil produk pengolahan teri nasi diekspor ke Jepang, Taiwan, dan sedang dijajaki ke negara-negara di Asia dan Eropa.

j.Sentra Industri Kecil Terasi

Terasi adalah produk makanan yang terbuat dari nener. Terasi digunakan untuk penyedap bumbu makanan di Indonesia. Di Kabupaten Kendal sentra industri skala rumah tangga pembuatan terasi yang potensial adalah di Desa Korowelang Anyar Kecamatan Cepiring, Gempolsewu - Rowosari, Karangsari - Kendal, Desa Wonorejo - Kaliwungu, Desa Pidodo Wetan dan Pidodo Kulon Kecamatan Patebon, serta Kec. Kangkung. Nener merupakan bahan baku utama pembuatan terasi yang hidup baik di perairan laut maupun perairan darat (tambak), yang pada musim tertentu nener banyak berkembang sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap produksi terasi.

Dalam proses pembuatan terasi sebagian industri-industri kecilbelummenggunakanperalatanteknologitepatguna melainkan masih menggunakan peralatan yang sederhana yaitu alat penumbuk. Pemasaran terasi dari sentra-sentra ini sebagian besar masih di sekitar Kabupaten Kendal..

k. Sentra Industri Kecil Kerupuk

Industri kerupuk merupakan bagian dari industri kecil yang ada di Kabupaten Kendal. Ketika terjadi krisis ekonomi, industri kecil kerupuk di Kabupaten Kendal mampu bertahan bahkan berkembang cukup baik dan menggembirakan. Hal ini terlihat dengan adanya pertumbuhan unit usaha dan penyerapan tenaga kerja. Melihat kondisi sekarang ini industri kecil kerupuk yang potensial untuk berkembang adalah industri kecil kerupuk di Desa Sarirejo, Protomulyo, Krajan kulon Kec. Kaliwungu, Kelurahan Kebondalem, Langenharjo, Tunggulsari dan Sijeruk Keca-matan Kota Kendal, Desa Gemuh Blanten Kecamatan Gemuh, Desa Boja Kecamatan Boja, Desa Kertosari Kecamatan Singorojo, Desa Lanji,

Sukolilan dan Kebonharjo Patebon, Desa Karangsuno - Cepiring, dan Desa Parakan Sebaran Kecamatan Pageruyung.

Industri kecil pembuatan kerupuk sebagian besar dikelola secara tradisional oleh ibu-ibu rumah tangga/home industri. Kualitasprodukkerupukdisentra-sentrainimasihperlu ditingkatkan lagi agar mampu bersaing dengan produk sejenis dari daerah lain. Adapun jenis produksi kerupuk yang dihasilkan antara lain kerupuk udang, kerupuk coklat (kerupuk rembulung), kerupuk petis, dan kerupuk goreng pasir.

4.4.2. Sektor PertanianSesuai kondisi wilayah dan iklimnya, maka sektor yang paling berkembang di kabupaten ini adalah sektor pertanian yang meliputi subsektor pertanian tanaman pangan, subsektor perkebunan, subsektor peternakan, serta subsektor kelautan dan perikanan dan sektor pertambangan dan energi.

a)Pertanian Tanaman Pangan

Mengingat kondisi wilayahnya sangat dipengaruhi oleh iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi, maka pertanian tanaman pangan menjadi salah satu sektor unggulan di kabupaten ini. Komoditinya sebagian besar adalah buah-buahan segar di samping bawang merah, cabe, jahe, kunyit, kacang-kacangan dan ubi jalar.Secara rinci luas lahan dan jumlah produksi masing- masing komoditi dapat dilihat pada tabel berikut.

NoKomoditiLuas Lahan (Ha)Produksi (Ton)

1Durian92514.047

2Mangga2.31110.933

3Rambutan8935.283

4Pisang19.50017.514

5Sawo12.9411.528

6Bengkoang10,54.345

7Kacang pajang9873.787

8Bawang merah6836.026

9Jahe10,51,4

10Jangung11.54558.926

11Ubi jalar3256.066

12Kacang tanah4.1904.710

13Kacang hijau1.0391.070

14Kunyit10,4-

Sumber: BPS Jateng, Kendal dalam Angka

b) Perkebunan

Pada subsektor perkebunan prospeknya cukup bagus. Berbagai jenis komoditi perkebunan tersebar secara merata di seluruh kecamatan, meliputi cengkeh, kapuk, jambu mete, tebu, karet, aren, kapulogo, kemukus, vanili, lada, kemiri, teh, kelapa dalam, kelapa hibrida, kopi robusta, kopi arabika dan tembakau.

Komoditi cengkeh, aren dan teh potensinya banyak terdapat di Kecamatan Plantungan, Sukorejo, Patean serta Limbangan. Sementara untuk jenis komoditi kapuk, kemukus, kopi arabika, kopi robusta, lada, kemiri dan kelapa hibrida potensi terbesarnya terdapat di Kecamatan Patean dan Singorojo. Komoditi kapulogo, lada, vanili, kopi arabika dan kelapa juga banyak ditemui di KecamatanBoja.Khususproduksikaretterkonsentrasidi Kecamatan Limbangan, yang juga memiliki potensi untuk jenis komoditi seperti : aren, kapulogo, kemukus, kemiri, lada, vanili, kopi arabika dan robusta.

c) Peternakan

Potensi pada subsektor ini meliputi ternak sapi, kerbau, kambing, domba dan ayam. Setiap tahunnya kabupaten ini mampu menghasilkan produksi daging sapi sebesar 447,515 ton, kerbau 1,8 ton, kambing 160,897 ton, domba 57,758 ton serta ayam sebesar

2.077,717 ton. Di sisi lain produksi telur tiap tahunnya juga cukup besar yaitu mencapai 17.546,707 ton.

d) Perikanan

Potensi pada subsektor terdapat di Kecamatan Rowosari danKecamatanKotaKendal,meliputiperikananlautdan perikanan air tawar. Kedua wilayah ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai sentra perikanan yang didukung oleh produktifitas yang tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hasil produksi perikanan air tawar antara lain: ikan lele, bandeng dan udang, sementara dari perikanan laut produksi unggulannya berupaterinasi.Untukmelengkapitingginyaproduktifitas perikanan, saat ini telah terdapat empat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yaitu TPI Tawang, TPI Bandengan, TPI Tanggul Malang, TPI Sendang Sekucing.

e) Listrik, gas, dan air bersih

Listrik, gas, dan air bersih merupakan salah satu sektor basis di Kab. Kendal. Hal ini bisa terjadi karena pada Kab. Kendal salah satu sektor basis adalah industri pengolahan dimana pada sektor ini listrik, gas, dan air bersih merupakan subsektor yang mendukungkelangsungansektor ini.Sehingga secara tidak langsung keberadaan sektor industri ini mempengaruhi jumlah penerimaan pada PDRB. Salah satu sub sektor yang paling berkembang dalam hal ini adalah sub sektor listrik, dimana pada tahun2003

sebesar78.121,13;pada

tahun2004sebesar

72.7674,30; pada tahun 2005 sebesar 86.329,04; pada tahun 2006 sebesar 102.551,94; pada tahun 2007 sebesar 126.592,09.

4.5.Pengaruh Sektor Basis terhadap Kehidupan PerekonomianMasyakatPengaruh sektor basis(pertanian) terhadap perekononomiandi

26

Kab. Kendal cukup besar, hal ini bisa dilihat dari banyaknya tenaga kerja yang terserap ke sektor tersebut cukup banyak dan mengalami peningkatan setiap tahunnya walaupun pada tahun 2004 sempat mengalami penurunan yang sangat tajam. Dari adanya alokasi tenaga kerja yang cukup banyak ini bisadilihatbahwaperekonomianrakyatberkembangdenganbaik. Banyaknya tenaga kerja yang terserap dapat menimbuklan tingginya tingkat produktivitas tenaga kerja di daerah tersebut. Akibat dari adanya hal tersebut, produksi barang dan jasa semakin meningkat sehingga hal ini bisa memberikan income yang memadai bagi para pekerja khususnya penduduk yang bekerja di masing-masing sektor baik itu basis maupun non basis. Dengan semakin banyaknya atau meningkatnya produktivitas di tiap sektor bisa menyababkan semakin meningkatnya perekonomian daerah tersebut yang kemudian berdampak pada semakin meningkatnya perekonomian masyarakat lewat naiknya pendapatan perkapita mereka.

4.6.Pertumbuhan Ekonomi Kab. Kendal dilihat dari PDRB selama tahun 2003 2007Pertumbuhan perekonomian Kab. Kendal selama lima tahun terakhir, berdasarkan PDRB harga konstan tahun 2000 mengalami kenaikan yang cukup tajam. Kenaikan ini dapat dilihat dengan meningkatnya PDRB Kab. Kendal dengan atau tanpa migas pada tahun 2003 sebesar 4.061.726,90; padatahun2004sebesar4.167.626,21;padatahun2005sebesar

4.277.354,27; pada tahun 2006 sebesar 4.433.799,54 dan pada tahun 2007 sebesar4.623.577,98.

Dari

pertumbuhan PDRBdisamping dapat di ketahui bahwa selama

lima

tahun terakhir perekonomian Kab.Kendal

mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Sedangkan untuk PDRB perkapita baik tanpa atau dengan menggunakan

migas mengalamikenaikan yang cukup signifikan. Padatahun

2003 besarnya

PDRB

perkapita sebesar 4.569.133,77; pada tahun 2004 sebesar 4.645.763,55; pada tahun 2005 sebesar 4.737.587,18; pada tahun 2006 sebesar 4.886.278,72 dan pada tahun 2007 sebesar 5.072.827,59.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN5.1 KesimpulanBerdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode LQ dapat diketahui bahwa yang menjadi sektor basis adalah sektor pertanian, industri pengolahan , dan listrk, gas, dan air bersih. Sektor non basis adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran ;bangunan; keuangan,;persewaan; persewaan jasa perusahaan. Adanya urutan sektor non basis seperti hal tersebut sangatlah tepat dengan keadaan perekonomian di Kab. Kendal. dimana seperti yang kita tahu bahwa sektor-sektor non basis tersebut sangat mendorong terus berkembanya sektor basis di Kab. Kendal. Selain itu, dapat di lihat bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir belum ada pergeseran sektor. Dimana yang dimaksud pergeseran sektor disini yaitu pergeseran dari sektor basis ke sektor non basis dan begitu pula sebaliknya.

Pengaruh sektor basis terhadap perekononomian di Kab. Kendal cukup besar. Dari adanya alokasi tenaga kerja yang cukup banyak ini bisa

dilihat bahwa perekonomian rakyat berkembang dengan baik. Banyaknya tenaga kerja yang terserap dapat menimbulkan tingginya tingkat produktivitas tenagakerjadidaerahtersebut.Dengansemakinbanyaknyaatau meningkatnya produktivitas di tiap sektor bisa menyababkan semakin meningkatnya perekonomian daearh tersebut yang kemudian berdampak pada semakin meningkatnya perekonomian masyarakat lewat naiknya pendapatan perkapita mereka.

Selama lima tahun terakhir (2003 2007) Kabupaten Kendal mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan jika dilihat dari PDRB harga konstan tahun 2000. Kenaikan ini dapat dilihat dengan meningkatnya PDRB Kab. Kendal dengan atau tanpa migas pada tahun 2003 sebesar 4.061.726,90; pada tahun 2004 sebesar 4.167.626,21; pada tahun

2005 sebesar 4.277.354,27; pada tahun 2006 sebesar 4.433.799,54 dan pada tahun 2007 sebesar 4.623.577,98. Sedangkan untuk PDRB perkapita baik tanpa atau dengan menggunakan migas mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada tahun 2003 besarnya PDRB perkapita sebesar 4.569.133,77; padatahun2004sebesar4.645.763,55;padatahun2005sebesar

4.737.587,18; pada tahun 2006 sebesar 4.886.278,72 dan pada tahun 2007

sebesar 5.072.827,59.5.2 Saran

Saran yang dapat kami berikan dalam meningkatkan perekonomiandi Kabupaten Kendal antara lain:

Kabupaten Kendal pada saat mengembangkan sektor-sektor basis dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonominya hendaknya juga tidak mengabaikan peran sektor yang tergolong non basis. Karena dengan pengembangan sektor basis diharapkan akan dapat merangsang pertumbuhan sektor non basis sehingga menjadi sektor basis yang pada akhirnya semua sektor ekonomi bersama-sama mendukung peningkatan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal

Pemerintah kabupaten diharapkan mampu mengalokasikan anggaran untuk belanja pemerintah yang proporsional sehingga mampu memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi regional, suatu alokasi anggaran belanja pemerintah yang tidak terkesan boros ataupun pelit.

Pemerintahkabupaten/kotadiharapkanmampu menumbuhkan dan memelihara sikap kompetitif dan kooperatif antar daerah, sehingga pada saat perekonomian sedang sulit seperti krisis ekonomi maka dapat saling bahu membahu mengatasinya secara bersama-sama.

DAFTAR PUSTAKAArsyad, Lincolin. 1999. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: Bagian Penerbitan

STIE YKPN.

BPS Jawa Tengah. Kendal dalam Angka 2003 2007.

, Susenas 2002 2006.

Glasson, John. 1990. Pengantar Perencanaan Regional. Terjemahan Paul

Sitohang. Jakarta: LPFEUI.

Sukirno, Sadono. 1994. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Suyatno, 2000. Analisa Econimic Base terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Tingkat II Wonogiri : Menghadapi Implementasi UU No. 22/1999 dan UU No. 25/1999. Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 1. No. 2. Hal. 144-159. Surakarta: UMS.

Tarigan, Robinson. 2005. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. PT Bumi Aksara.

Jakarta www.kabupatenkendal.go.id