Referat Spondilitis TB

Click here to load reader

  • date post

    18-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    31
  • download

    5

Embed Size (px)

description

referat

Transcript of Referat Spondilitis TB

1. Anatomi SpinalKolom vertebral terletak di garis tengah, sebagai bagian posterior dari tubuh. Tulang belakang terdiri dari serangkaian 26 tulang tersendiri yang tidak teratur disebut vertebrae dipisahkan oleh diskus intervertebralis fibrokartilaginosa dan diamankan satu sama lain oleh prosessus yang saling terkunci dan ligamen yang terikat. Ada 7 servikal, 12 torakal, 5 lumbal, 5 sakral yang menyatu, dan 4-5 tulang coccygeal yang menyatu. Vertebra yang berada di tiga regio teratas dari kolumna diketahui sebagai veterbra sejati atau dapat bergerak. Vertebra tertutup dan melindungi sumsum tulang belakang, mendukung kepala dan ekstremitas atas sementara memungkinkan kebebasan bergerak, mengartikulasikan dengan tulang rusuk, dan menyediakan tempat untuk menempel berbagai otot dan organ viseral. Diskus intervertebralis fibrokartilaginosa memberi fleksibilitas untuk kolumna vertebral dan menyerap syok yang datang secara vertikal. Susunan struktur ini memungkinkan gerakan terbatas antara vertebra yang berdekatan dan gerakan yang luas untuk kolom tulang belakang. Bagian antara vertebra yang terbuka di lateral disebut foramen intervertebralis yang memungkinkan lewatnya saraf tulang belakang.1,2Kolumna vertebral berisi beberapa lengkung anatomi penting. Dilihat dari lateral, leher, toraks, lengkung lumbal dibentuk oleh jenis tulang veterbra yang ada. Lengkung servikal dimulai dari apeks prosessus odontoid berlanjut hingga tengah vertebra torakal kedua. Lengkung torakal dimulai dari hingga tengah vertebra kedua dan terus hingga ke tengah vertebra torakal 12. Lengkung lumbal dimulai pada pertengahan vertebra torakal terakhir, berakhir di sudut sacrovertebral. Lengkung panggul (lengkung sakrum) dibentuk oleh bentuk sakrum dan tulang ekor. Lengkung tersebut memainkan peran fungsional penting dalam meningkatkan kekuatan dan menjaga keseimbangan bagian atas tubuh. Lengkung tulang belakang juga memungkinkan sikap bipedal. Empat lengkung tulang belakang tidak ada pada bayi. Pertama, lengkung servikal mulai berkembang sekitar 3-4 bulan. Lengkung lumbal berkembang sebagai seorang anak mulai berjalan. Kanalis vertebralis mengikuti lengkung yang berbeda dari kolumna vertebralis.1,2Fungsi spinal antara lain :1,21- Untuk mengirimkan semua informasi sensorik (kecuali saraf kranial) yang berasal dari tubuh.2- Untuk mengirimkan rangsangan somatomotor dari ensefalon ke organ target.3- Untuk memberikan persarafan otonom.4- Respon Reflex: rangsangan yang dihasilkan pada reseptor di otot, sendi atau kulit diproses di sumsum tulang belakang tanpa transmisi ke tingkat yang lebih tinggi dan respon motorik yang diaktifkan sebagai hasil dari ini disebut refleks tulang belakang. Ini dapat berupa monosinaptik atau polisinaps tergantung pada jumlah interneuron yang terlibat.

Metode evalusi foto Tulang belakang 4Proyeksi AP- Lihat sejajar atau tidak vertebra- Pada setiap tingkatan vertebrae harus berada pada satu garis lurus atau hanya sedikit melengkung- Lihat dari masing masing corpus vertebrae. Lakukan dengan teliti, pada bagian ini processus transverses dan pedicle berbentuk oval putih- Kemudian lihat dari diskus intervertebralis. Pada daerah cervical dan lumbal cari sendi paravertebral- Periksa aligment berupa garis kontinu sepanjang tepi belakang corpus vertebrae- Pastikan ada atau tidak penyempitan pada diskus inetrvertebralisProyeksi Lateral- Bagian posterior vertebrae. Lengkungan disini harus rata tanpa ada perubahan yang mendadak- Perhatikan masing masing corpus vertebra, dalam setiap region bentuk dan ukuran haruslah kurang lebih sama, lihat celah intervertebralis, celah ini kurang lebih besarnya sama. Jika menyempit,perhatikan bentuk dan densitas dari corpus vertebrae sekitarnya.CT-SCAN

MRI

DAFTAR PUSTAKA1. Tank PW Grants Disector 33th Edition. In: Tank PW (Ed.) The Back. Lippincott Williams & Wilkins. Baltimore. 20052. Van De Graaf K. Human Anatomy. Sixth Edition. In: Van De Graaf K. (Ed.) Unit IV. Support and Movement, Chapter 6. Skeletal System: Introduction and the Axial Skeleton. The McGraw-Hill Companies, NewYork, 2001.3. David AL. Imaging for Students. 4th Edition. Hodder Arnold. 2012.4. P.E.S. Palmer, W.P. Cockshott, V. Hegedus, E. Samue.Petunjuk Membaca Foto Untuk Dokter Umum. ECG.Jakarta. 141 142.5. Peter F, Jorgen T. Anatomy in Diagnostic Imaging. 3rd Edition. Wiley Blackwell. UK. 2014.6. Gaurav J, Bryan P. Normal Spinal Anatomy on Magnetic Resonance Imaging. Magn Reson Imaging Clin N Am 19 (2011) 475488.