Raspberry Pi

download Raspberry Pi

of 16

  • date post

    08-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    84
  • download

    0

Embed Size (px)

description

pengenalan dan cara instalasi raspberry pi

Transcript of Raspberry Pi

Pengertian

Raspberry Pi (RasPi) merupakan sebuah Single Board Computer (SBC) dengan ukuran 8.6cm x 5.4cm, Raspberry Pi ini merupakan sebuah komputer mini yang dikembangkan oleh Yayasan Raspberry Pi yang bertempat di UK (United Kingdom). Yayasan tersebut juga menyediakan distribusi Debian dan Arch Linux ARM untuk siap diunduh. Juga disediakan beberapa tools untuk mendukung pemrograman bahasa utamaPython, yang mendukungBBC BASIC(menggunakan tiruan Brandy Basic) dan Perl. Pada awalnya Raspberry Pi ini dikembangkan untuk memicu proses pengajaran ilmu komputer dasar di sekolah-sekolah dengan biaya yang minim.Hardware Raspberry Pi tidak memiliki real-time clock, sehingga OS harus memanfaatkan timer jaringan server sebagai pengganti. Namun komputer yang mudah dikembangkan ini dapat ditambahkan dengan fungsi real-time (seperti DS1307) dan banyak lainnya, melalui saluran GPIO (General-purpose input/output) via antarmuka IC (Inter-Integrated Circuit).Dalam Raspberry Pi ini sudah dilengkapi dengan prosesor ARM1176JZF-S 700 MHz, RAM sebesar 256 MB dan juga sebuah GPU VideoCore IV. Dan untuk penyimpanan data, Raspberry Pi tidak menggunakan Hard Disk namun Raspberry Pi dapat menggunakan SD Card untuk menyimpan data, baik itu data Operating System ataupun untuk media penyimpanan data jangka panjang.Raspberry Pi bersifat open source (berbasis Linux), Raspberry Pi bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Sistem operasi utama Raspberry Pi menggunakan Debian GNU/Linux dan bahasa pemrograman Python. Salah satu pengembang OS untuk Raspberry Pi telah meluncurkan sistem operasi yang dinamai Raspbian, Raspbian diklaim mampu memaksimalkan perangkat Raspberry Pi. Sistem operasi tersebut dibuat berbasis Debian yang merupakan salah satu distribusi Linux OS.Dengan harga yang terjangkau, mesin kecil yang sepenuhnya dibangun dengan semangat Open Source dan ditenagai oleh sistem operasiLinuini, dalam waktu singkat telah digandrungi oleh lebih dari satu juta pengguna, baik untuk pengembangan hobi, maupun untuk merealisasikan proyek-proyek profesional.Hal yang paling menarik dari fenomena Raspsberry Pi adalah kemampuannya untuk menyambungkan komunitas awam dengan komunitas para penggemar penggemar atau hobi ngoprek dalam memuluskan ide-ide mereka menjadi sebuah realita.

Sebagai sebuahIoT (Internet of Things), dengan cepat dan mudah Raspsberry Pi dapat start-up dan berselancar di internet, atau untuk menulis program seperti layaknya sebuah kit pengembanganSDK (Software Development Kit)untuk alat tersebut, untuk mengontrol perangkat eksternal atau menjalankan robot dan seperti tujuan awal dari proyek Raspsberry Pi ini, yaitu untuk membangkitkan daya tarik bagi anak-anak sekolahan agar aktif menggeluti dunia teknologi informatika.

PenerapanPenerapan raspberry pi sangat luas,raspberry pi dapat di terapkan di berbagai bidang,antaralain robotika,jaringan,pemrograman,database,desain,dan lain-lain.Berikut beberapa contoh proyek menggunakan raspberry pi :1. Raspberry Pi Based Micro Arcade Cabinet

Seperti halnya dengan platform Arduino, yang memungkinkan kita dapat mengeksplorasi berbagai kemungkinan dengan menggabungkan bit dan atom. Hal ini berarti kita dapat memodifikasi dan mengembangkan desain secara fisik maupun virtual. Proyek Raspberry Pi Micro Arcade Cabinet ini adalah salah satu contoh pengembangan dari Rasberry Pi yang terinspirasi oleh permainan arcade klasik. Dalam websitenya dihttp://spritesmods.com/?art=rpi_arcade&f=yt, kamu dapat melihat langkah-langkah pembuatannya, serta software dan desain casing yang dapat didownload.

2. Raspberry Pi Beet Box

BeetBox adalah sebuah instrumen sederhana yang memungkinkan penggunanya memainkan ketukan drum dengan menggunakan sentuhan tangan. Alat musik yang terlihat sedikit aneh ini menggunakan teknologi sensor sentuh dan pengeras suara serta casing yang terbuat dari kayu. Dalam video dibawah ini kamu akan melihat bagaimana orang-orang memainkan beetbox dengan menyentuh sayuran untuk menghasilkan suara-suara ketukan drum. Beetbox dibuat dengan desain sesederhana mungkin, dimana komponen-komponen elektronik tidak terlihat. Untuk mengetahui bagaimana beetbox dibuat dapat dilihat pada halaman websitehttps://github.com/scottgarner/BeetBox.

3. Raspberry Pi Bartendro

Bartendro merupakan mesin pembuat minuman otomatis yang didesain dapat dipindah dari suatu acara ke acara lainnya. Mesin minuman otomatis sangat praktis dan cocok untuk digunakan pada suatu acara jamuan atau pesta. Sesuai dengan namanya, mesin ini bekerja seperti layaknya seorang bartender. Bartendro dapat membuat berbagai variasi minuman koktail hanya dalam waktu 10 detik dan 200 minuman koktail dalam satu malam. Mesin ini menggunakan prosesor yang sama dengan Arduino dan terhubung pada komputer Raspberry Pi melalui konektor RJ-45. Proyek Bartendro telah mendapatkan dukungan dana melaluiKickstartersehingga dapat diproduksi secara masal. Informasi teknis mengenai Bartendro dapat dilihat dihttps://github.com/partyrobotics/bartendro.

4. Mobile Raspberry Pi Computer

Proyek Mobile Raspberry Pi-To-Go ini dibuat oleh Nathan Morgan yang juga berprofesi sebagai teknisi komputer. Pengalamannya sebagai teknisi komputer sepertinya berhasil dimanfaatkan dengan baik untuk membuat sebuah komputer portabel berbasis Raspberry Pi. Komputer portabel ini dilengkapi dengan layar dan keyboard, kartu penyimpanan SSD berkapasitas 64GB, bluetooth dan wireless. Baterai yang digunakan adalah baterai laptop yang mampu bertahan selama lebih dari 10 jam. Mobile Raspberry Pi-To-Go ini tampaknya seperti versi portabel komputer Linux. Dalam blognyahttp://blog.parts-people.com/2012/12/20/mobile-raspberry-pi-computer-build-your-own-portable-rpi-to-go/, ia juga menjelaskan dengan baik langkah-langkah pembuatannya.

5. Raspberry Pi LED Matrix

Membuat lampu LED Matrix juga dapat dilakukan dengan Raspberry Pi. Proyek LED Matrix ini menunjukkan bagaimana Raspberry Pi dan konsep open source dapat digunakan untuk membuat berbagai hal kreatif. Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan lampu LED Matrix ini dapat dilihat di webhttp://www.instructables.com/id/Make-a-24X6-LED-matrix/?ALLSTEPS.

6. Raspberry Pi Black Stripes V-Plotter

Proyek ini menunjukkan bagaimana teknologi dan seni dapat dipadukan. Dengan mengubah foto berwarna menjadi mural hitam putih berukuran besar, alat yang dinamakan Black Stripes didukung dengan Raspberry Pi. Dalam video berikut kamu dapat melihat bagaimana alat ini bekerja mencetak gambar dengan cara yang mengagumkan. Meskipun proyek ini tidak sepenuhnya open source, karena pengembang tidak memberikan source code secara gratis, namunBlack Stripesmampumenunjukkan bagaimana kehebatan Raspberry Pi dalam membuat banyak hal.Spesifikasi

ModelVersi AVersi B

ChipBroadcom BCM2835 SoC full HD multimedia applications processorBroadcom BCM2835 SoC full HD multimedia applications processor

CPU700 MHz Low Power ARM1176JZ-F Applications Processor700 MHz Low Power ARM1176JZ-F Applications Processor

GPUDual Core VideoCore IVMultimedia Co-ProcessorDual Core VideoCore IVMultimedia Co-Processor

Memory256MB SDRAM512MB SDRAM

Ethernetnoneonboard 10/100 Ethernet RJ45 jack

USB 2.0Single USB ConnectorDual USB Connector

Video OutputHDMI (rev 1.3 & 1.4) Composite RCA(PAL and NTSC)HDMI (rev 1.3 & 1.4) Composite RCA (PAL and NTSC)

Audio Output3.5mm jack, HDMI3.5mm jack, HDMI

Onboard StorageSD, MMC, SDIO card slotSD, MMC, SDIO card slot

Operating SystemDebian GNU/Linux, Fedora, Arch Linux ARM, RISC OSDebian GNU/Linux, Fedora, Arch Linux ARM, RISC OS

Dimensi8.6cm x 5.4cm x 1.5cm8.6cm x 5.4cm x 1.7cm

Daya300mA (1.5W)700mA (3.5W)

Komponen

Keterangan :SD Card Slot = slot untuk memasukan SD Card (Sebagai media penyimpan data).RCA Video Out = Port untuk menghubungkan ke Analog TV (PAL).Audio Out = Port untuk audio.USB 2.0 = digunakan untuk slot USB (dipake buat keyboard dan Mouse).Ethernet Out = Digunakan untuk menghubungkan jaringan internet.HDMI Out = Port HDMI.Micro USB Power = digunakan sebagai port power pada raspberry (Bisa menggunakan charger hp untuk mengisi daya).

Instalasi

Ada beberapa kompinen yang perlu disiapkan sebelum melakukan instalasi Operating System(OS) pada raspberry pi,antara lain:

Visual OutputHDMI

High-Definition Multimedia Interface(HDMI) adalah salahsatu antarmuka(interface)peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, sapertiset-top box,pemutar DVDataupenerima AVsertaaudio digitaldan/atau monitor video yang cocok, sapertitelevisi digital(DTV).Di sini kita akan menggunakan HDMI untuk menghubungkan raspberry ke monitor melalui HDMI Out yang ada pada Raspberry pi agar kita dapat memenerima keluaran(Output) secara visual.

RCA ConnectorSelain menggunakan HDMI,kita juga dapa menerima keluaran(Output) secara visual melalui televisi dengan cara menghubungkannya menggunakan RCA Connector.RCA connector, atau di sebut juga denganphono connectorataucinch connector, merupakan konektor elektrik yang biasa digunakan untuk mengirim sinyal audio dan vidio.Nama RCA di ambil dariRadio Corporation of America,yang memperkenalkan desain konektor tersebut pada tahun 1940 an.

>4GB SD Card

Secure Digital(SD) adalah sebuah formatkartu memoriflash. Dia digunakan dalam alat portabel, sepertiPDA,kamera digitaldantelepon genggam. Kartu SD dikembangkan olehSanDisk,Toshiba, danPanasonicberdasarkanKartu Multi Media(MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar.Kita akan menggunakan SD card sebagai perangkat penyimpanan(storage device).SD card merupakan media penyimpanan utama pada raspberrypi,tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan USB Disk/Flash Drive sebagai media penyimpanan,namun kita harus memberi perangkat tambahan seperti USB HUB atau dengan melakukan konfigurasi pada sistem raspberry itu sendiri.Micro USB Power

Micro USB Power merupakan sumber energi pada raspberry,kita memerlukan minimal 700mA 5V atau mungkin pada charger akan tertulis 0,7A.USB Keyboard Dan Mouse

Pada raspberry pi tidak tersedia port PS/2,karena itu kita akan menggunakan keyboard dan mouse usb sebagai media input kita.Pada raspberry pi tipe A hanya tersedia 1 port USB,agar dapat menggunakan keyboard dan mouse usb secara bersamaan kita harus menggunakan perangkat tambahan yaitu USB Hub untuk menambah jumlah port usb.

Operating System Images

Ada banyak operating system yang bisa kita gunakan pada raspberry,diantaranya,Raspbian,Pidora,Openelec,Raspbmc,dan Risc OS.Di sini yang akan kita gunakan adalah Raspbian OS.Raspbian OS dapat di unduh melalui http://www.raspberrypi.org/downloads/ .Selain itu kita juaga membutuhkan aplikasi Win32 Disk Imager untuk melakukan penulisan OS Image pada SD card agar menjadi bootable. Win32 Disk Imager dapat di unduh melalui http://sourceforge.net/projects/win32diskimager/ .

Proses Instalasi

Masukkan SD Card ke pc atau laptop melalui port SD Card atau menggunakan Card Reader. Ekstrak Image raspbian dan Win32 Disk Imager jika masih berupa file arsip(.zip). Buka Win32 Disk Imager,jika menggunakan Windos 7/8 klik kanan pilih Run As Administrator. Jika SD Card tidak terdeteksi secara otomatis oleh aplikasi,klik drop down menu yang ada pada bagian kanan atas dengan label Device ,pilih dari daftar yang tersedia. Di samping Device ada Image File,klik browse button,lalu cari image raspbian yang telah di ekstrak(.img). Klik button write pada bagian bawah untuk memulai penulisan data pada SD Card,pastiakan untuk tidak membatalkan proses penulisan data,karena dapat menyebabkan Corrupt Memory pada SD Card. Setelah Proses penulisan selesai eject SD Card,pasang pada raspberry. Hubungkan rasp berry dengan mouse,keyboard,LCD/TV,dan Micro USB power. Jika sudah maka lampu indikator pada raspberry akan menyala. Nyalakan monitor,tunggu hingga selesai booting.

Expand Filesystem : Melakukan pembagian partisi pada OS raspbian.Change User Password : Mengubah password dan username(default username=pi ; password=raspberry).Enable Boot to Desktop/Scratch : Memilih untuk boot ke desktop atau comand line.Internationalisation Options : Mengatur lokasi, bahasa, dan zona waktu.Enable Camera : Mengaktifkan kamera,agar dapat bekerja pada pi.Add to Rastrack : Menambahkan pi ke online Raspberry Pi Map (Rastrack).Overclock: Konfigurasi overclock pada pi.Advanced Options : Configurasi lebih lanjut.About `raspi-config` : Informasi tentang configuration tool ini.Setelah selesai,pilih Finish.Raspberry akan me reboot dan mulai mengkonfigurasi.

Log in dengan username pi dan password raspberry.Untuk masuk ke desktop ketikan startx lalu tekan enter.