Raport Online

download Raport Online

of 18

  • date post

    12-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.107
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Raport Online

SISTEM INFORMASI APLIKASI PENGOLAH HASIL ULANGAN SISWA (RAPOR) SD NEGERI IV WONOSARI BERBASIS PHP

Tugas Akhir

Disusun oleh Bhakti Wijaya Dika Jipatasia 07.01.2353 07.01.2361

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA 2011

System Information Processing Report In SD Negeri IV Wonosari Based In PHP Sistem Informasi Pengolah Rapor Siswa SD Negeri IV Wonosari Berbasis PHP Bhakti Wijaya Dika Jipatasia Jurusan Teknik Informatika STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA ABSTRACT In this Final Project the author discusses the making of an application processing student test scores. Assessment of learning outcomes to students in education is one very important factor, because with the assessment of learning outcomes, it will show clearly the level of success of an education provider (school) in educating their students. The existence of learning outcomes assessment, will also give a clear picture of student achievement of learning outcomes, either individually or overall. The Elementary School Wonosari IV is one of the organizers of education (primary school) in the city Wonosari (Gunung Kidul). Currently, the provision of learning outcomes to students still manual, which is still use the report card as a medium, and teachers process the data from these tests are still using a variety of applications such as Microsoft Word and Excel, so that the data processing of student can take a long time . The solution of problem solving such cases is to create an application processing value-based student test php so that processing of student data more quickly, accurately and the information generated will be higher quality and value.

Keyword : raport, aplication, php

1.

Latar Belakang Masalah Sejalan dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan seperti

pada saat ini, kebutuhan masyarakat akan kemudahan proses pada segala bidang kerja semakin meningkat, komputer yang salah satunya memiliki banyak kelebihan diantaranya kecepatan, keakuratan serta efisiensi dalam pengolahan data dibandingkan dengan sistem manual. Pengolaahan data penilaian hasil ujian sebelumnya dilakukan dengan manual untuk dikembangkan sehingga menjadi sistem pengolahan data dalam penilaian hasil ujian. Melihat keadaan ini, mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang pengolahan data penilaian hasil ujian yang akan dilanjutkan untuk pembuatan tugas akhir yang akan diberi judul Sistem Informasi Pengolah Raport Siswa SD Negeri IV Wonosari Berbasis PHP. Dengan adanya sistem pengolahan hasil ujian ini diharapkan dapat mempermudah dalam pengisian nilai rapor. 2. 2.1 Landasan Teori Konsep Dasar Sistem Sistem adalah suatu sekumpulan komponen yang saling bekerja. Sistem merupakan sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan. Sistem juga mempunyai karakteristik yaitu mempunyai elemen-elemen (subsistem), batasan (boundary), lingkungan luar (envirounments), penghubung (interface), dan masukan (input).

2.1.1 Klasifikasi Sistem Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya dipandang sebagai berikut: 1. Sistem Abstrak (Abstract System) dan Sistem Fisik (Physical System) Sistem abstrak merupakan sistem yang berupa gagasan atau konsep yang tidak tampak secara fisik, misalnya teologia yang berupa pemikiranpemikiran tentang hubungan manusia dengan Tuhan. Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, misalnya sistem komputer, sistem akuntansi, dan sebagainya. 2. Sistem Alamiah (Natural System) dan Sistem Buatan Manusia (Human Made System) Sistem Alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat manusia, misalnya sistem perputaran planet terhdap matahari. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia, misal sistem informasi. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin disebut human-machine system atau man-machine system. 3. Sistem Tertentu (Deterministc System) dan Sistem Tak Tentu (Probabilistic System) Sistem tertentu merupakan sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, misalnya sistem komputer yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program yang dijalankan. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.

4.

Sistem Tertutup (Closed System) dan Sistem Terbuka (Open System) Sistem Tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya atau bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluar. Secara teoritis sistem tertutup ini ada, tetapi pada kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup). Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem terbuka ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau subsistem yang lainnya. Karena sistem ini sifatnya terbuka dan terpengaruh oleh lingkungan luarnya, maka sistem ini harus mempunyai suatu sistem pengendalian yang baik.

2.2

Konsep Dasar Informasi Informasi (information) adalah data yang sudah diolah sehingga berguna

untuk membuat keputusan. Sumber dari informasi adalah data. Data adalah representasi atau wakil suatu objek. Data diciptakan untuk mempermudah komunikasi dan pemrosesan data. Kualitas dari suatu informasi (qualify of information) yaitu akurat, tepat waktu, relevan, lengkap, dan jelas. 2.3 Konsep Dasar Sistem Informasi Sistem informasi yang baik adalah sistem informasi yang (dengan sengaja) dirancang perusahaan untuk mengolah data menjadi informasi. Dalam sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti input, model, output, teknologi, database, dan control.

Sistem pengolahan data rapor merupakan kegiatan pengolahan data-data penilai untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi siswa tersebut. Sistem informasi didefinisikan sebagai sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama baik secara manual ataupun berbasis komputer dalam melaksanakan pengolahan data yang berupa pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan data untuk menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna bagi pengambil keputusan.

2.4

Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Metodologi Pengembangan Sistem Informasi adalah metode-metode,

prosedur-prosedur, konsep-konsep pekerjaan, aturan-aturan dan postulat-postulat yang akan digunakan untuk mengembangkan suatu sistem informasi. 2.4.1 Functional Decomposition Methodologies 2.4.2 Data-oriented Methodologies Metode ini menekankan pada karakteristik dari data yang akan diproses. Metodologi ini dapat dikelompokkan menjadi: 1. Data-flow Oriented Methodologies Yang termasuk dalam metodologi ini adalah: a. SADT (Structure Analysis and Design Techniques) Pengembangan sistem menggunakan suatu alat yang berbentuk grafik dan terstruktur yang disebut DFD (Data Flow Diagram). Beberapa simbol yang digunakan di DFD untuk maksud mewakili:

External entity (kesatuan luar) atau boundary (batas sistem) Data flow (arus data) Diberi simbol suatu panah ( ). Arus data ini mengalir

diantara proses (process), simpanan data (data store) dan kesatuan luar (external entity). b. Composite Design c. SSAD (Structure System Analysis and Design) 2. 3. 2.5 Data Structure Oriented Methodologies Prescriptive Methodologies Perangkat Lunak yang Digunakan PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. 1. 2. Basic Syntax Komentar (// ) untuk satu baris. Dan kita bisa menggunakan (/*) dan diakhiri dengan (*/ )untuk blok. 3. Variabel digunakan untuk menampung nilai seperti teks string, angka atau array. Ketika suatu varibel diset, maka bisa digunakan secara berulang pada script kita. Semua variabel dalam PHP menggunakan ($). 4. 5. Operator Struktur Kontrol IF, WHILE, FOR, SWITCH, REQUIRE, dan INCLUDE

2.5.1 MySQL MySQL adalah database server relasional multiuser yang gratis dan open source. MySQL dikembangkan oleh MySQL AB, sebuah perusahaan komersil yang membangun layanan bisnisnya melalui database MySQL.

3.

Gambaran Umum Dari hasil rapor siswa dapat mengetahui sejauh mana prestasi siswa yang

ditempuh selama kegiatan belajar mengajar disekolah. Akan tetapi dalam proses pelaporan nilai siswa yang dilakukan guru kepada wali kelas masih dilakukan secara manual, hal ini dapat memakan banyak waktu. Diagram Alir (Flowchart) sistem yang berjalan pada SD Negeri IV Wonosari adalah sebagai berikut:Siswa Mencatat Data Nilai Mencatat Data

Buku Siswa

Buku Nilai

Pembuatan Laporan Laporan nilai siswa (Rapor)

Diagram Alir (Flowchart) sistem yang sedang berjalan pada SD Negeri IV Wonosari

4. 4.1.

Pembahasan Sistem yang Diusulkan Tujuan dari rancangan sistem secara umum adalah untuk menggambarkan

suatu tahapan penyelesaian masalah secara sederhana, rapi dan jelas dengan menggunakan simbol-simbol yang standar. 4.1.1 Data Flow Diagram yang Diusulkan Data Flow Diagram (DFD) merupakan gambaran sistem secara logika. Gambaran ini tidak tergantung pada perangkat keras, perangkat lunak dan struktur data Adapun Data Flow Diagramnya adalah sebagai berikut:

DFD Level 0 Admin adalah Wali Kelas User adalah sebagai : Guru Kepala Sekolah Orang Tua Tata usaha

4.1.2 Sistem flowchart yang diusulkan Sistem flowchart merupakan diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan untuk proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut. Adapun gambar rancangan flowchart tersebut adalah sebagai berikut:Data Th_ajar Data semester Data Data Kelas I