Rahasia sakit

download Rahasia sakit

of 21

  • date post

    14-May-2017
  • Category

    Documents

  • view

    248
  • download

    14

Embed Size (px)

Transcript of Rahasia sakit

  • RAHASIA SAKIT

    By Setiadi

    Pendahuluan

    Banyak hal yang sebenarnya perlu dikaji dalam kehidupan kita, terutama kondisi yang menyertai proses berjalanya waktu ada yang sakit, ada yang sehat, ada yang sedih, dan ada yang bahagia. Yang menjadi pertanyaan saudaraku adalah mengapa semua hal ini terjadi, mengapa kok tuhan tidak menjadikan kita sehat semua, atau bahagia semua, atau kaya semua. Maka jawaban sementara yang mungkin bisa kita pikirkan adalah bahwa tuhan punya cerita atau rahasia atau yang lebih intelek adalah hokum keseimbangan.

    Saudaraku marilah kita pikir, sesaaat seandanya semua manusia dibikin kaya semua, maka kayaknya dunia yang kita tempati ini tidak bisa berjalan alias macet, kok bisa ya, ya bisa kalo semua kaya nanti siapa ya yang menjadi kuli bangunan, siapa ya menanam padi untuk makanan kita. Jadi sebenarnya sehat sakit menderita bahagia itu memamng harus ada didunia ini agar dunia yang kita tempati ini berjalan sesuai kaidah.

    Dalam topic kajian buku ini saya akan menyampaikan bagan yang akan dibahas dibawah ini:

  • Bagian I

    Kedudukan Sakit

    A. Sakit bisa merupakan ujian, cobaan, teguran atau bahkan siksaan

    Sakit dan penyakit adalah suatu peristiwa yang selalu menyertai hidup manusia sejak zaman Nabi Adam sampai akhir zaman, karena Sakit merupakan bagian dari kehidupan manusia. Jadi kita diminta siap tatkala Allah sudah memberi cobaan dalam bentuk rasa sakit. Pada proses perjalanan hidup kita, ada peristiwa yang alamiah dan terus berjalan seperti tidak pernah berhenti ada yang sakit, ada yang sehat, ada yang sedih, dan ada yang bahagia, yang menjadi pertanyaan saudaraku adalah mengapa semua hal ini terjadi, mengapa kok tuhan tidak menjadikan kita sehat semua, atau bahagia semua, atau kaya semua. Maka jawaban sementara yang mungkin bisa kita pikirkan adalah bahwa tuhan punya cerita atau rahasia atau yang lebih intelektual adalah sedang terjadi hukum keseimbangan alam.

    Saudaraku marilah kita pikir, sesaat seandainya semua manusia dibikin kaya, maka kayaknya dunia yang kita tempati ini tidak bisa berjalan alias macet, kok bisa, ya bisa kalo semua kaya nanti siapa ya mau menjadi kuli bangunan, siapa yang mau menjadi petani untuk menanam padi sebagai bahan makanan kita, siapa yang mau memelihara kambing sebagai bahan protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Saya kira tidak akan ada yang mau menjadi susah karena memang kita sudah kaya semua. Dan mungkin sama Jika semua orang sehat maka mungkin apotik tidak akan ada, dokter tidak diperlukan, perawat tidak dibutuhkan, laborat tidak usah ada, dan puncaknya rumah sakit kosong.

    Jika kita mau berfikir sebentar saja, maka kita bisa ambil kesimpulan bahwa sehat, sakit, menderita, bahagia itu memang harus ada didunia ini agar dunia yang kita tempati ini berjalan sesuai kaidah dan norma dan semua itu pasti ada hikmah, imbalan, balasan dan aturanya dari dari Allah SWT, yang disesuaikan dengan kondisi yang dialaminya atau dalam bahasan ini ya orang yang sakit pasti mendapat imbalan yang banyak daripada orang yang sehat, kayaknya seperti itulah pendekatan dengan rasio manusia.

    Dalam kaidah agama Islam ada empat hal penting dalam segala kejadian kehidupan manusia yaitu ujian, cobaan, teguran dan siksaan. Apapun yang terjadi pada diri seseorang apa itu sakit, sehat, miskin, kaya, dan sebagainya pasti kalau tidak ujian, ya cobaan, atau teguran dan mungkin yang paling parah adalah siksaan. Misalnya anak kita sakit, mungkin ini ujian jika kita sedang berjuang untuk menegakan agama Allah, tapi ini juga mengkin cobaan jika Allah sedang mau memilih kita menjadi hambanya yang terbaik, dan bisa jadi ini teguran karena kita mungkin baik tapi kemasukan barang haram karena kecintaaan Allah maka Allah mengeluarkan rejeki itu dengan cara anak kita sakit dengan tujuan agar kita bertobat tidak lupa dan agar kita mendapatkan pahala untuk pengganti dosa kita sewaktu korupsi. Dan mungkin juga ini siksaan karena kita banyak melakukan kesalahan sehingga siksaan ini dicicil di dunia agar kita tidak terlalu berat pada saat nanti diakhirat, dan sekaligus sebagai bahan pelajaran bagi orang lain agar dijadikan i`tibar dalam kehidupan.

    1. Sakit dalam ranah ujian

    Ketika Allah menakdirkan sakit pada diri atau keluarga kita, kerap timbul dalam pikiran kita bermacam prasangka kepada Allah. Padahal Allah mempunyai rahasia dan Allah sedang membentuk kita.

    "Barangsiapa yang akan memperoleh limpahan kebaikan dari Allah, terlebih dahulu ia akan diberi cobaan." (HR. Bukhari-Muslim dari Abu Hurairah)

  • Sebagai contoh SaudarakuTahukah engkau bahwa cangkir cantik yang dipampang ditoko itu berasal dari barang yang tidak berguna (seonggok tanah liat). Tanah liat itu dilempar oleh pengrajin ke sebuah roda berputar kemudian dipuat-putar sampai halus, seandainya kita mendengar maka tanah itu berteriak pusing, pusing, pusing. Bahkan lebih buruk lagi sewaktu tanah liat sudah terbentuk maka ia dimasukan dalam perapian, seandainya kita mendengar maka tanah itu berteriak panas, panas, panas. setelah padat dan kering cangkir diangkat dari perapian dan dibiarkan sampai dingin. Setelah dingin , maka cangkir yang kasar mulai diwarnai dengan asap yang memualkan, seandainya kita mendengar maka tanah itu berteriak mual, mual, mual. Dan setelah warna kelihatan maka cangkir kasar itu dimasukan lagi keperapian yang lebih panas dari sebelumnya, seandainya kita mendengar maka cangkir itu berteriak tolong hentikan penyiksaan ini, sambil menangis berteria-teriak sekuanya.

    Saudarakutapi pengrajin itu tidak peduli dan terus melakukan pembakaran dan akhirnya setelah puas maka mulai cangkir itu didinginkan. Dan setelah benar benar dingin seorang wanita cantik mengangkat dan menempatkan cangkir cantik itu didekat kaca, dan sekarang si cangkir kelihatan sangat cantik bahkan menakjubkan, semua orang melihat kepingin menyentuh dan memilikinya

    SaudarakuSeperti itulah tuhan membentuk kita, sakit, penderitaan , air mata, teriakan adalah sarana tuhan untuk mengubah kita menjadi cantik. Maka anggaplah sebagai suatu kebahagiaan apabila saudara jatuh dalam berbagai cobaan sebab saudara harus tahu bahwa ujian akan menghasilkan ketekunan. Dan biarkan ketekunan itu memperoleh buah yang matang supaya anda menjadi sempurna.

    Rosululloh bersabda : Barang siapa yang dikehendaki oleh Allah jadi orang yang baik/orang yang besar, selalu diuji dengan macam-macam cobaan. Ingat saudaraku tuhan sedang membentuk anda

    Jadi jika Allah memberikan kejadian tidak ada yang sia-sia, pasti ada manfaat dan hikmahnya. Sehingga jikalau Allah sedang menguji dengan sakit, kita sebagai orang muslim hendaknya memunculkan sikap baik sangka (husnudhan) kepada Allah dalam dalam kaitan syariah ucapkanlah lnna lillihi wa innA ilaihi rajiun.

    B. Keutamaan sakit dalam kajian agama

    Kita sebagai seorang hamba harus memahami bahwa segala hal yang terjadi dan setiap kejadian yang menimpa makhluknya sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Pemahaman terhadap kedua hal di atas akan mengantarkan kita kepada sikap ridha terhadap ketentuan-ketentuan Allah SWT.

    Ada beberapa keutamaan sakit dalam kajian agama islam antara lain :

    1. Dihapus dosa-dosanya oleh Allah

    Allah akan menghapuskan kesalahan (dosa-dosa) hamba-Nya, sebagaimana hadist rasullulloh SAW :

    Ketika Rasulullah menjenguk orang Badui saat dia sakit, Rasulullah mengatakan "Laa baa'sa thahurun insya Allah." ""Tidak apa-apa dengan sakitmu, mudah-mudahan penyakit ini menjadi pencuci dosa insya Allah." (HR. Bukhari dari lbnu Abbas )

    "Tidak ada satu musibah pun yang menimpa diri seorang muslim, baik berupa kesusahan dan penderitaan, kesedihan dan kedukaan, maupun penyakit, bahkan sepotong duri yang menusuk kecuali Allah menghapuskan sebagian kesalahan-kesalahannya." (HR. Bukhari-Muslim)

    "Tidaklah seorang muslim yang ditimpa kesakitan kecuali Allah hapuskan dengannya kesalahan kesalahannya seperti ranting yang menggugurkan daun-daunnya."' (HR. Bukhari dari lbnu Mas'ud)

  • Tidak ada seorang muslim yg tertimpa suatu musibah/penyakit/kegundahan/kesedihan / marabahaya, hingga duri mengenai dirinya kecuali Allah pasti akan mengampuni sebagian kesalahan-kesalahannya.

    Tidak ada seorang muslim yang tertimpa penderitaan melainkan Allah akan mengugurkan dosa-dosanya seperti gugurnya dedaunan dari pohon

    2. Di kasih sayangi oleh Allah

    Tatkala seorang pasien dan keluarganya memaknai sakit ini sebagai rasa sayang dari Allah, tentu sikapnya berupaya mengikuti tuntunan sesuai sunnah. Mereka dapat mengoptimalkan peluang-peluang yang Allah berikan kepadanya dengan menyesuaikan perilakunya dengan perilaku para penghuni surga. Mereka mensyukuri dengan ikhlas terhadap sakit yang dialaminya.

    Sabda nabi :

    Barang siapa yang dikehendaki oleh Allah jadi orang yang baik, selalu diuji dengan macam-macam cobaan

    Sungguh bagi seorang muslim adalah kedudukan yang paling amat mulia ketika ia sedang dicoba sakit oleh Allah, kalau saja mereka tahu hal itu, tentu mereka ingin sakit sepanjang masa

    3. Orang yang sakit doanya diterima

    Apabila anda menjenguk orang sakit, maka mintahlah ia mendoakanmu, karena doa orang yang sakit itu seperti doanya para malaikat.

    4. Seorang yang sakit Amal Ibadahnya tetap dicatat

    Bagiku janjiku untuk memberikan pahala atas cobaan sakitnya, dan bginya semua pahala amal-amal yang biasa mereka lakukan ketika sehat dahulu.

  • C. Hak dan Kewajiban sewaktu sakit

    Kewajiban orang sakit

    Banyak diantara kita tidak siap ketika menderita sakit dan hanya siap ketika dalam kondisi senang dan tidak kekurangan. Padahal sesungguhnya sehat dan sakit adalah sama-sama karunia Allah dan hanya hamba yang memasrahkan kepada Allahlah orang-orang yang akan mendapatkan ridhonya, sehingga seorang muslim yang sedang sakit