Rahasia Kedokteran

download Rahasia Kedokteran

If you can't read please download the document

  • date post

    27-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    72
  • download

    22

Embed Size (px)

description

Rahasia Kedokteran

Transcript of Rahasia Kedokteran

  • Rahasia Kedokterandr.Ery Suhaymi, SH

  • Latar BelakangPada permulaan sejarah manusia telah diketahui adanya hubungan kepercayaan di antara sesama manusia. Dunia medis, khususnya bidang kedokteran juga mengenal hubungan kepercayaan yang berwujud transaksi terapi antara dokter dan pasien. Taraf kesehatan yang ideal dalam masyarakat dapat terwujud apabila masyarakat yang sedang sakit dapat segera ke dokter dan dengan ikhlas mengemukakan segala keluhan yang dialaminya sehingga dokter dapat memberi terapi yang tepat dan layak.

  • Latar Belakang.Kewajiban memegang teguh rahasia jabatan merupakan syarat yang senantiasa harus dipenuhi untuk menciptakan suasana percaya mempercayai yang mutlak diperlukan dalam hubungan dokter-pasien

  • The Hippocratic Oath (469-399 SM)Apa yang saya lihat atau dengar sewaktu menjalankan praktik atau tidak, yang menyangkut kehidupan seseorang yang seharusnya tidak diungkapkan akan saya perlakukan sebagai rahasia

  • PP No. 26 Tahun 1960 Ttg Lafal Sumpah Dokter Indonesia: Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan karena keilmuan saya sebagai dokter.

  • KODEKI Pasal 12Setiap dokter wajib merahasiakan segala sesuatu yg diketahuinya tentang seorang pasien bahkan juga setelah pasien itu meninggal dunia

  • Pengertian Rahasia KedokteranKamus lengkap bahasa Indonesia, Rahasia = hal yang tak boleh diketahui orang lain yang tidak diberitahu secara sengaja.

    Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 1966 tentang Wajib Simpan Rahasia Kedokteran, Pasal 1 menyatakan bahwa yang dimaksud dengan rahasia kedokteran ialah: Segala sesuatu yang diketahui oleh orang-orang tersebut dalam Pasal 3 pada waktu atau selama melakukan pekerjaannya dalam lapangan kedokteran.

  • Segala sesuatu yang diketahui maksudnya : segala fakta yang didapat dalam pemeriksaan penderita, interpretasinya untuk menegakan diagnosis dan melakukan pengobatan, hal tersebut mencakup dari anamnesis, pemeriksaan jasmaniah, pemeriksaan dengan alat-alat kedokteran dan sebagainya. Juga termasuk fakta yang dikumpulkan oleh pembantu-pembantunya.

  • Pasal 3 PP No.10 Tahun 1966Yang diwajibkan menyimpan rahasia yang dimaksud dalam Pasal 1 ialah: Tenaga kesehatan menurut Pasal 2 Undang-Undang tentang Tenaga Kesehatan (Lembaran Negara tahun 1963 No. 78).Mahasiswa kedokteran, murid yang bertugas dalam lapangan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan, dan orang lain yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

  • Tenaga KesehatanUndang-Undang No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan :

    Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

  • Tenaga medis (dokter dan dokter gigi).Tenaga keperawatan (perawat dan bidan)Tenaga Kefarmasian (apoteker, analisis farmasi dan asisten apoteker)Tenaga kesehatan masyarakat (epidemiolog kesehatan, entomolog kesehatan, mikrobiolog kesehatan, penyuluh kesehatan, administrator kesehatan dan sanitarian)Tenaga gizi (nutrisionis dan dietisien)Tenaga keterapian fisik (fisioterapis, okupasiterapis dan terapis wicara)Tenaga keteknisian medis (radiographer, radioterapis, teknisi gigi, teknisi elektromedis, analisis kesehatan, refraksionis optisien, otorik prostetik, teknisi transfusi dan perekam medis)

  • Perilaku dokter dalam memahami rahasia jabatan yang ditinjau dari sudut hukum kedalam dua bagian yaitu:Perilaku yang bersangkutan dengan pekerjaan sehari-hari.Perilaku dalam keadaan khusus.

  • Perilaku yang bersangkutan dengan pekerjaan sehari-hari.Sanksi hukum yang diterapkan sehubungan dengan pembukaan rahasia kedokteran dapat ditinjau dari segi pidana dan perdata. Dari segi pidana pembukaan rahasia jabatan dapat diancam oleh Pasal 322 KUHP.

  • Pasal 322 KUHP..a.Barangsiapa dengan sengaja membuka rahasia yang wajib disimpannya karena jabatannya atau mata pencaharianya, baik yang sekarang maupun yang dahulu akan diancam hukuman pidana penjara paling lama 9 (sembilan) bulan atau denda paling banyak Rp. 600,- (enam ratus rupiah).b.Jika kejahatan itu dilakukan terhadap seseorang tertentu, maka perbuatan itu hanya dapat dituntut atas pengaduan orang itu.

  • Perilaku dalam keadaan khusus.Seseorang yang mempunyai keahlian dapat juga dipanggil sebagai saksi ahli. Maka dapat terjadi bahwa seorang dokter dipanggil sebagai saksi, sebagai ahli atau sekaligus sebagai saksi (expert witness). Sebagai saksi atau saksi ahli, mungkin sekali dokter diharuskan memberi keterangan tentang seseorang (umpamanya terdakwa) yang sebelum itu pernah menjadi pasien yang ditanganinya. Ini berarti dokter tersebut seolah-olah melanggar rahasia jabatannya.

  • Hal tersebut dapat dihindarkan karena adanya hak undur diri (verschoningsrecht) dimana dokter tersebut mendapat perlindungan hukum berdasarkan Pasal 170 KUHP yang berbunyi:a.Mereka yang karena pekerjaan, harkat martabat atau jabatannya diwajibkan menyimpan rahasia, dapat minta dibebaskan dari kewajiban untuk memberi keterangan sebagai saksi yaitu tentang hal yang dipercayakan kepada mereka.b.Hakim menentukan sah atau tidaknya segala alasan untuk permintaan tersebut, maka pengadilan negeri memutuskan apakah alasan yang dikemukakan oleh saksi atau saksi ahli untuk tidak berbicara itu layak dan dapat diterima.

  • Beberapa pasal KUHP yang melindungi dokter yang terpaksa melakukan pelanggaran rahasia jabatan tersebut adalah sebagai berikut:Pasal 48Pasal 50Pasal 51

  • Pasal 48Barangsiapa melakukan perbuatan karena pengaruh daya paksa, tidak dipidana.

  • Pasal 50Barangsiapa melakukan perbuatan untuk melaksanakan ketentuan undang-undang tidak dipidana

  • Pasal 51 Barangsiapa melakukan perbuatan untuk melaksanakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang, tidak dipidana.

  • Dari beberapa ketentuan peraturan hukum tersebut, dapat memberikan gambaran bahwa profesi dokter tidak selalu terikat dengan rahasia jabatan sebab dalam keadaan tertentu untuk kepentingan yang lebih tinggi, rahasia jabatan kedokteran atau wajib simpan rahasia kedokteran ini dapat dikesampingkan.

  • Pengungkapan RahasiaBenhard Knight (1972) pengungkapan rahasia professional dapat dilakukan dalam kondisi:1.Adanya persetujuan pasien.2.Berdasarkan perintah hukum3.Berdasarkan perintah pengadilan4.Kepentingan umum menyangkut masalah kesehatan dan keselamatan umum.

  • Diluar kondisi yang diutarakan diatas maka pengungkapan rahasia kedokteran dapat dianggap perbuatan yang melawan hak dan karenanya pada beberapa keadaan dapat digugat.

  • Penanganan terhadap pelanggaran wajib simpan rahasia kedokteran.Penanganan pelanggaran etik Penanganan pelanggaran disiplin kedokteran.Penanganan pelanggaran hukum

  • KesimpulanWajib simpan rahasia kedokteran dari segi medis sangat dijunjung tinggi. Dalam menjalankan kewajiban profesinya seorang dokter diwajibkan untuk merahasiakan setiap apa yang ia ketahui tentang pasiennya bahkan sampai pasien itu meninggal dunia. Kewajiban dokter dalam menjaga rahasia kedokteran tersebut tercantum dalam sumpah dokter dan Kode Etik Kedokteran Indonesia. Sedangkan dari segi hukum pidana, profesi dokter tidak selalu terikat dengan rahasia jabatan sebab dalam keadaan tertentu untuk kepentingan yang lebih tinggi, rahasia jabatan kedokteran atau wajib simpan rahasia kedokteran ini dapat dikesampingkan.

  • Penegakan hukum terhadap pelanggaran wajib simpan rahasia kedokteran dilaksanakan melalui lembaga atau majelis sesuai yurisdiksinya karena masalah rahasia kedokteran di dalam praktik kedokteran mengandung aspek etik profesi, disiplin profesi dan aspek hukum. MKEK merupakan majelis yang mempunyai wewenang menyelesaikan masalah etik profesi kedokteran, sedangkan MKDKI mempunyai wewenang menyelesaikan masalah disiplin profesi kedokteran dan peradilan umum mempunyai wewenang menyelesaikan perkara pidana yang ditimbulkan akibat pelanggaran wajib simpan rahasia kedokteran.

  • TERIMA KASIH