Rahasia Dhuha

download Rahasia Dhuha

of 16

  • date post

    05-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    4
  • download

    0

Embed Size (px)

description

dhuha

Transcript of Rahasia Dhuha

  • RAHASIASHALAT DHUHA

  • Rahasia Shalat DhuhaAllah SWT dalam beberapa ayat bersumpah dengan waktu dhuha. Dalam pembukaan surat 91. Asy Syams, Allah SWT berfirman:

    1. Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,

    Dalam pembukaan surat 93. Adh Dhuhaa ayat 1, Allah SWT berfirman :

    1. Demi waktu matahari sepenggalahan naik

  • Rahasia Shalat DhuhaImam Arrazi menjelaskan bahwa Allah SWT setiap bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukkan hal yang agung dan besar manfaatnya. Bila Allah bersumpah dengan waktu dhuha, berarti waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Benar, waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Hal ini tercermin di antara doa Rasulullah SAW: Allahumma baarik ummatii fii bukuurihaa. ''Ya Allah berilah keberkahan kepada umatku di waktu pagi.''

  • Rahasia Shalat DhuhaIni menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif dan bangun di waktu pagi (waktu subuh dan dhuha) untuk beribadah kepada Allah dan mencari nafkah yang halal, ia akan mendapatkan keberkahan. Sebaliknya, mereka yang terlena dalam mimpi-mimpi dan tidak sempat shalat Subuh pada waktunya, ia tidak kebagian keberkahan itu.Abu Dzar meriwayatkan sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda, ''Bagi tiap-tiap ruas anggota tubuh kalian hendaklah dikeluarkan sedekah baginya setiap pagi. Satu kali membaca tasbih (subhanallah) adalah sedekah, satu kali membaca tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, satu kali membaca takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh berbuat baik adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat Dhuha.'' (HR Muslim).

  • Rahasia Shalat DhuhaAisyah menceritakan bahwa Rasulullah SAW selalu melaksanakan shalat Dhuha empat rakaat. Dalam riwayat Ummu Hani', ''Kadang Rasulullah SAW melaksanakan shalat Dhuha sampai delapan rakaat.'' (HR Muslim). Imam Attirmidzi dan Imam Atthabrani meriwayatkan sebuah hadis yang menjelaskan bahwa bila seseorang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu ia berdiam di tempat shalatnya sampai tiba waktu dhuha, kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha, ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umrah diterima. Para ulama hadis merekomendasikan hadis ini kedudukannya hasan.

  • Rahasia Shalat DhuhaShalat Dhuha sangat penting bagi orang beriman. Penting bukan karena seperti yang banyak dipersepsikan--shalat Dhuha ada hubungannya dengan mencari rezeki, melainkan ia penting karena sumpah Allah SWT dalam Alquran. Oleh karenanya, sungguh bahagia dan beruntunglah orang-orang beriman yang memulai waktu paginya dengan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu dilanjutkan dengan iktikaf, dzikir dan shalat Dhuha.

  • Hadist Tentang Shalat DhuhaAisyah berkata ; sesungguhnya rasulullah meninggalkan amal padahal beliau senang untuk mengamalkannya karena takut manusia mengamalkannya, lalu difardhukan atas mereka, saya tidak pernah melihat rasulullah melakukan shalat sunnah seperti shalat sunnah dhuha, dan sesungguhnya saya mengerjakannya (HR bukhari)

    Dari Abu Hurairah r.a, katanya: "Kekasihku - yakni Nabi Muhammad s.a.w. telah memberikan wasiat padaku untuk melakukan puasa sebanyak tiga hari dalam setiap bulan, juga dua rakaat sunnah Dhuha dan supaya saya Shalat witir dulu sebelum tidur." (Muttafaq 'alaih) Penjelasan : Melakukan shalat witir sebelum tidur itu hanyalah disunnahkan bagi seseorang yang tidak mempercayai dirinya akan dapat bangun pada akhir malam. Tetapi sekiranya dapat mempercayai dirinya, Maka pada akhir malam adalah lebih utama lagi.

  • Hadist Tentang Shalat DhuhaDari Abu Zar r.a. dari Nabi s.a.w., sabdanya: "Setiap ruas tulang dari seseorang di antara engkau semua itu harus ada sedekahnya pada saban pagi harinya, maka setiap sekali tasbih - bacaan Subhanallah - adalah sedekah, setiap sekali tahmid - bacaan Alhamdulillah - adalah sedekah, setiap sekali tahlil - bacaan La ilaha ilallah - adalah sedekah, setiap sekali takbir - bacaan Allahu Akbar - adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah dan yang sedemikian itu dapat dicukupi oleh dua rakaat yang dilakukan oleh seseorang dari shalat Dhuha." (Riwayat Muslim)

    Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya: "Rasulullah s.a.w. itu bersembahyang Dhuha empat rakaat dan menambahkan dari jumlah itu sekehendak hatinya." (Riwayat Muslim)

  • Hadist Tentang Shalat Dhuha5. Dari Ummu Hani' iaitu Fakhitah binti Abu Thalib radhiallahu 'anha, katanya: "Saya pergi ke tempat Rasulullah s.a.w. pada hari pembebasan - kota Makkah, lalu saya temui beliau s.a.w. sedang mandi. Setelah selesai beliau s.a.w. mandi, lalu bersembahyang sebanyak delapan rakaat. Itulah shalat Dhuha." (Muttafaq 'alaih)

  • (..dan dirikanlah Shalat Dhuha)Baik di rumahAtaupun Di Masjid2

  • (..dan dirikanlah Shalat Dhuha)atau di tengah perjalanan

  • Biasakanlah Shalat DhuhaHingga tuaDewasaSejak masih anak2.

  • Biasakanlah Shalat Dhuhamulai dari sekarang juga

  • Semoga BermanfaatWassalamualaikum.wr.wbIPH