Rahasia dan kekuatan di balik papi kostick test

Click here to load reader

  • date post

    25-Dec-2014
  • Category

    Career

  • view

    11.809
  • download

    13

Embed Size (px)

description

FREE DOWNLOAD AT ; http://www.ziddu.com/download/23632982/RAHASIAdanKEKUATANDIBALIKPAPIKostickTest.pdf.html

Transcript of Rahasia dan kekuatan di balik papi kostick test

  • 1. Rahasia Kekuatan di Balik PAPIKostick Test Assessment and Recruitmen Perkembangan strategy perusahaan atas pengelolaan SDM mengalami kemajuan dengan pesat Decade saat ini dimana SDM Sumber Daya Manusia tidak lagi dipandang sekedar asset organisasi, namun lebih dari itu SDM telah menempati level yang sebenarnya ber-ebeL Human Capital Pada titik ini para pimpinan puncak setiap organisasi baik profit maupun non profit, telah sampai pada pemahaman bahwa tercapainya visi & misi organisasi sangat terkolerasi dengan personal-personal yang mengawal visi & misi tersebut ; nota bene adalah manusia-nya, orang, human, sdm, Karyawan CAPITAL tidak lagi diartikan dalam artian yang sempit; uang-bangunan-kendaraan dan sederet konsep pemahaman kuno atas capital Dengan personel yang tepat sederet Kebutuhan capital dalam BalanceSheet dapat di realisasikan pada waktu yang terukur dan relative singkat ; Keyword-nya ada pada ; personal yang tepat untuk setiap jobpost Akan banyak hal yang dapat di ceritakan bila di runut kisah Zero to Hero yang kesemuanya bermuara pada personal capacity Ternyata ini sepenuhnya telah disadari oleh pebisnis dan para management puncak Permasalahan yang muncul adalah bagaimana mendapatkan SDM yang berkualitas dan sesuai dengan filosofi bisnis kita ? PApiKostick Test Adalah jawabannya ; Sebelum kita melangkah jauh tentang rahasia dan kekuatan PAPIKostick ada rahasia kecil yang mari kita ketahui bersama;
  • 2. sampai dengan era 80an pejabat keuangan (divisi finance & accounting) adalah divisi ter- favorit, kondisi ini di sebabkan mindset para BOD kala itu masih pada pemahaman bisnis=uang. Artinya Apabila kita memiliki team/personal yang lihay di keuangan maka bisnis kita akan aman dan berkembang. Pergeseran cara pandang terjadi akhir era 90an dimana pejabat Sales & Marketing menjadi primadona. Kekuatan Divisi Sales & Marketing menjadi kekuatan utama dengan prolog ujung tombak yang menjadi anak emas setiap perusahaan, yang memang pada kenyataannya merekalah yang yang mengumpulkan pundi-pundi profit ke bottom line sisi kiri BalanceSheet Management. Situasi tersebut berbalik 1800 saat ini, ada rahasia kecil yang masih malu-malu di ungkap oleh para BOD, CEO dan Management puncak. Walau sudah ada yang terang-terangan merangkul erat divisi HRD dan recruitment team agar dapat melahirkan team-team dan personal player yang kuat dalam bisnis mereka, namun masih banyak yang malu untuk mengungkapkan itu bahwa : HUMAN RESOURCES DEPARTMENT adalah Pos ~ profit centre sesungguhnya (Cost Center). Rahasia kecil yang mengubah dunia. HRD adalah Department terpopular saat ini, rahasia kecil yang memegang peran besar. Segaris dengan kepopuleran-nya tersebut. HRD memiliki beban berat Menyediakan HUMAN sbg CAPITAL Bagaimana mendapatkan SDM-SDM yang handal? Ini PR berat yang harus di selesaikan, Cukup banyak ritual dan mantra (penggunaan alat test dan strategy interview) yang dilakukan untuk merekrut, memilih dan menetapkan kandidat2 setiap posisi dan level, Apakah telah menjawab PR yang di emban saat ini. Gaung HUMAN CAPITAL begitu manis terdengar, Setiap kandidat pencari kerja dan yang eksis bekerja berusaha untuk semaksimal mungkin memberikan kontribusi positif, terlepas banyak pula yang belum mencapai sukses. Ada polemic bagi si Human Pencari Kerja yang sering kali lelah dan bosan kala dihadapkan pada seabrek ritual test Human Resources DepartmenT. Efektif-kah ritual test saat ini sebagai pintu masuk ?
  • 3. @ cerita seorang Regional Sales Manager sebuah perusahaan Distribusi dengan perjalanan panjang, hapal setiap gang pasar tradisional sepanjang pulau jawa, berikut bau anyir khas pasar tradisional kala hujan datang. Membaca cyclelife product cukup dari design kemasan, harus tumbang saat test masuk perusahaan hanya karena model test yang enggan dia kerjakan. Capacity Psikology Manusia itu seperti Balon Secara umum Kemampuan setiap personal dapat di ibaratkan sebuah balon, berisi dan lentur. Secara alamiah dalam kepribadian manusia tidak semuanya menonjol. Tidak semua orang memiliki Kemampuan menjual, begitupun tidak semua orang memiliki tingkat ketelitian yang sama, tidak semua orang berani ada di depan untuk menjadi pemimpin ; Sampai disini kita akan sangat setuju bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. PAPIKostick mengibaratkan Kemampuan setiap person memiliki value yang sama, hanya penekanannya yang menonjol lebih kearah mana, Atau dengan kata lain PAPIKostick berbicara ; kita akan mencari kekuatan di bidang apa, dengan golongan dan level sejauh mana. Ilustrasi gambar di atas menggambarkan kekuatan sesungguhnya setiap person, value- value yang mengelilingi tiap sel dan sendi psikologis. Atas situasi tertentu kekuatan tersebut menyebar pada arah tertentu bergantung pada situasi apa yang dialami oleh individu tersebut. Gambaran diatas mengisyaratkan adanya penekanan dari atas, dengan landasan yang datar, mengakibatkan isi atau power menyebar ke arah kanan dan kiri.
  • 4. Dari ilustrasi diatas, PAPIKostick menjelaskan bahwa value setiap person adalah sama, situasi tertentu membentuk ketajaman value pada tiap personal. Value apa yang paling menonjol pada diri seseorang ? PAPIKostick dengan tepat akan menjawab ; PAPIKostick juga sangat fleksible untuk digunakan pada semua jenis kelamin dan usia. Nilai maksimal tiap point pada papikostick adalah 9, dibagi pada dua sisi ROLE dan NEED yang masing-masing bernilai 45. Jadi sisi ROLE 45 point dan NEED 45 point ; tidak kurang dan tidak lebih Apakah alat test yang lain tidak demikian ? pada prinsipnya fungsinya sama. hanya pada kenyataannya ; masih terjadi level managerial dengan fungsi strategis amat jengkel dan merasa konyol manakala harus melakukan test berhitung 3 X cm = ? sama dengan berapa ? . Atau si ANI memilki kelereng sekian dan badu sekian, berapa kelereng badu? Level yang di test juga tidak tanggung-tangung ~ GM (General Manager) Posisi 100% penghasil profit , manusia 5 milyard perhari ; tidak lolos test recruitment karena tidak perduli pada sesi ukur-mengukur. Suatu ketika seorang calon GM gagal bergabung di sebuah perusahaan karena gagal di psikotest, saat ditanya mengapa kemarin gagal joint di perusahaan X ? jawabnya sederhana ; ngapain juga saya harus menjawab berapa kelereng si badu hem. si Calon GM dengan kapasitasnya gagal menghitung kelereng si badu atau lebih tidak perduli pada kelereng si badu. Sodoran ritual test dengan deret nomerik dan kolaborasi beberapa soal yang membuat para kandidat Malas untuk menjawab atau asal menjawab. Yang artinya profile real si calon kandidat jelas tidak terukur dengan sebenarnya. Dan ANDA yang bertugas melakukan recruitment tidak akan pernah menemukan kandidat yang tepat .
  • 5. Merekrut para professional Human Capital Papi Kostick merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang dilihat dari sejumlah aspek terutama dalam kaitannya dengan situasi kerja. terdiri dari 90 pernyataan yang bentuknya sangat ringkas dan pendek sehingga mudah dipahami oleh testee ; bahkan untuk se-level GM alat ukur personality ini cukup nyaman untuk dikerjakan, sehingga kecenderungan untuk memberikan informasi seakurat mungkin akan dapat terpenuhi. Ada 7 aspek yang di gali setiap testee pada PApi Kostick ini 1. Work Direction (Arah Kerja) 2. Leadership (Kepemimpinan) 3. Activity (Aktivitas Kerja) 4. Social Nature (Tingkat Sosialisasi) 5. Work Style (Gaya Bekerja) 6. Temperament ( Sifat Temperamental ) 7. Followership (Kecenderungan Sikap pada atasan bawahan dan aturan perusahaan ) Contoh hasil akhir penilaian atas Papi Kostick :
  • 6. Bagaimana cara membaca hasil test ini : Perhatikan! Dengan papi kostick, tidak akan mungkin terjadi seluruh point memiliki nilai menonjol. Format Exel untuk penilaian versi diatas, dapat anda download GRATIS pada link : PAPIKostick EXEL atau click link dibawah gambar. Seperti dikatakan sebelumnya bahwa psikologis manusia seperti balon, ada value yang mewakili nilai lebih dan value yang mewakili nilai kurang. Link : http://www.ziddu.com/download/23632644/PAPI_SCORING_version2.xlsx.html Or : http://www.ziddu.com/download/23632642/PAPIDIAGRAMSCORINGFIXEDversion2.xlsx.html (Apabila tidak dapat di download confirm ke [email protected] akan saya kirim GRATIS versi Exel) Contoh grafik Diagram Penilaian diatas adalah hasil test Seorang KEPALA PRODUKSI sebuah Manufacture Usia 34 tahun masa kerja 3 tahun Membaca analisa PAPIKostick PAPI Kostik di buat oleh Guru Besar Psikologi Industri asal Massachusetts, Amerika, Dr.Max Martin Kostick, pada awal tahun 1960-an. PAPI Kostick mengukur dinamika kepribadian (psychodynamics) dengan memperhatikan keterkaitan dunia sekitarnya (environment) termasuk perilaku dan nilai (values) yang diterapkan dalam suatu perusahaan / situasi kerja dalam bentuk motif (need) dan standar gaya perilaku menurut persepsi kandidat (role). Dengan pola test yang sama akan sangat berbeda hasilnya, hal tersebut dikarenakan setiap penilaian di sesuaikan dengan latar belakang tiap kandidat. Contoh : pada hasil test level staff customer service dan customer service manager : dimana keduanya memiliki hasil akhir yang tidak jauh berbeda atas variable LEADERSHIP : atau katakanlah sama.
  • 7. Atas hasil tersebut, anda harus perhatikan kebutuhan atas level terlebih dahulu, karena pada kenyataannya walau hasil test sama, level yang diambil berbeda ; level manager jelas berbeda tanggungjawabnya dengan level staff, bila terjadi hal seperti ini perhatikan pada point yang lain, pasti akan ada yang sangat menyolok perbedaanya. Kita asumsi kan hasil nya sama-sama memiliki average point 7 atas LEADERSHIP. Pertama-tama, perhatikan kedalaman dari LEADERSHIP ini yang terdiri dari point L-P-I Kedalaman atas tiga point pada LEADERSHIP akan sangat berbeda , (L)Kepemimpinan, (P)Mengontrol orang lain (bekerja menggunakan orang lain), (I)Inisiatif (kemudahan mengambil keputusan) dapat dipastikan akan berbeda. Dalam membaca kondisi ini, koridor kebutuhan atas posisi dan level memegang peran penting. Contoh kasus diatas diasumsikan si kandidat staff ternyata memiliki tingkat L-P-I yang berimbang, tidak terlalu menyolok. (contoh) tidak ada nilai 9 dalam L-P-I nya, rata-rata memang 7, its okey Kandidat ini cukup bagus dalam leadership-nya. Coba buka file aplikasinya, biasanya background kandidat seperti ini di level staff memiliki pengalaman organisasi yang baik. Minimal ketua UKM di kampusnya atau ketua karangtaruna di kampungnya. Namun., filosofi Papikostick perlu di ingat dan ingat selalu manusia seperti balon. Kapasitas seseorang constant, nilai atau value posisitf pada personal ini sebagian telah terserap pada LEADERSHIP point. Coba lihat point yang lain dan Job Speck serta Job Analys atas Staff Customer Service, saya yakin sebagian description job speck akan tertulis demikisn pada kolom keahlian dan ketrampilan yang harus di miliki ; adalah: - Berpenampilan menarik dan lookoffice - Memiliki kemampuan verbal yang baik - Memiliki kemampuan komunikasi yang baik - Mampu menangani complaint customer dan memberi solusi win-win solution - Memiliki kemampuan administrasi dan pencatatan - Bla-bla-bla Atas sebagian job speck tersebut, artinya seorang customer service harus memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik, mengorganisir pekerjaan dengan baik pula. karena beberapa hal ~ bahkan banyak hal harus dikomunikasi dengan department yang lain serta tahan atas maki-an pelanggan yang kadang membosankan. Untuk beban ini perhatikan SOCIAL NATURE nya , juga perhatikan WORK DIRECTION nya, kunci utama level staff yang biasanya saya rekrut harus lolos pada WORK DIRECTION, diman WD ini berbicara bagaimana kandidat ini bersikap atas beban tugas yang diberikan? apakah akan di selesaikan hingga tuntas? Apakah dia memandang kerja sebagai beban dan apakah si staff ini memiliki keinginan untuk maju~sukses A (Achievement).
  • 8. Kembali pada staff customer service diatas, bagaimana kondisi WD nya , mengingat beberapa point tinggi telah terserap pada LEADERSHIP, ini untuk mengukur level staff- nya. Sedang untuk posisi atau jabatan sebagai customer service bagaimana dengan SOCIAL NATURE nya , apakah XSBO terpenuhi, bagaimana bila ternyata S=8 , dimana kandidat tersebut adalah orang yang suka ngobrol, parahnya lagi bila ternyata sang kandidat memiliki nilai I=7 dan S=8 bisa dipastikan pelanggan dan supplier anda akan hilang satu persatu ?, Mengapa ? Level staff yang jelas belum pernah di level Managerial (level managerial minimal telah memiliki tanggungjawab dan memahami korelasi take and give). Level staff Jelas belum punya tanggungjawab lebih, dengan kecenderungsn psikologis atas kemampuan komunikasi yang baik ~ cenderung ember S=8, dikombinasikan kemampuan pengambilan keputusan yang tinggi I=7 akan banyak informasi yang harusnya tidak disampaikan kemungkinan besar akan disampaikan, Contoh kasus ringan berkomunikasi : - iya pak.. harga2 kita emang tinggi, - nggak tau dehc, biasanya sering telat gitu sich delivery-nya Apakah pernyataan ini akan mungkin terlontar ? jawabnya ya ! Hasil PAPIKostick mengisyaratkan itu, staff customer service tersebut memandang pelanggan seperti teman, level S=8 sangat riskan untuk customer service staff, dimana pekerjaan akan menjadi nomor dua secara tidak sadar per-teman-nan akan menjadi lebih penting. Ini akan diperparah bila hasil N-G-A (WD) di angka 4 Analisa diatas untuk membedakan bahwa persamaan nilai hasil test level staff dan manager pada nilai yang sama di point LEADERSHIP, Akan terjadi penilaian terbalik pada level managerial, bila WD nya bernilai 5 misalnya, sedang LEADERSHIP tetap di average 7, pengalaman analisa biasanya nilai akan ter-split ke WS, nilai rendah di WD menjadikan nilai R pada WS meningkat, level managerial ini biasanya atau harus memiliki kemampuan konseptual, ini jelas tertulis pada job speck ; kemampuan mem-visual-kan ide pemikiran dan harus mampu di sampaikan pada bentuk proposal serta di presentasikan. Hem Akan terlalu panjang membahas analisa hasil papikostick ini satu persatu, semoga sekilas uraian diatas dapat membantu anda bagaimana cara membaca hasil PAPIKostick Test ini. Sehingga fungsi team recruitment sebagai Tambang Human Capital secara real dapat di terwujud.
  • 9. Diatas adalah versi manual Pada versi lain ini penilaian menggunakan sebuah software dengan output dalam dua bahasa : Indonesia dan English. Versi English biasanya digunakan karena akan lebih merefleksikan maksud dari hasil test dalam hal interpretasi . Dengan software ini anda akan sangat dibantu dalam melakukan interpretasi Contoh sederhana, perhatikan hasil test ini : Kelapa Produksi usia 34 masa kerja 3 tahun N7: (+) Pekerja ulet, bertahan dengan satu tugas hingga tuntas. (-) Berpikir cenderung satu arah. Tak kenal kompromi. Disini jelas nilai N=7 menggerus nilai yang lain, ingat konsep balon, analisa atas nilai ini mengisyaratkan bahwa sebagai pekerja beliau cukup bagus ~ its okey.., namun perlu di perhatikan bahwa beliau di posisi kepala produksi yang dituntut berfikir beberapa arah. Dari hasil test ini bias di pastikan si kepala produksi hanya memikirkan divisinya saja, atau secara detail dapat saja hanya akan focus pada project-project tertentu atau pesanan customer tertentu atau item product tertentu. Lalu bagaimana mengatasinya? Salah satu point penting papikostick test ini adalah sebagai pencerahan untuk management, jadi bukan sebagai alat untuk men-judgment. Lakukan konseling ! Mengingat sisi usia dan massa kerja atas personal ini, atasan atau Plan Manager atau Factory Manager atau General Manager lebih mengetahui kondisi sub ordinatnya, sikap yang diambil bukan memecat sang kepala produksi, namun lebih pada pengarahan, dan secara regular melakukan control dan atas aktifitas si kepala produksi. Hem kelihatannya atasan si kepala produksi ini menghadapi tugas berat karena point berikutnya tidak kalah menantang. X2: (+) Polos. Tidak terkesan menonjolkan diri. ( -) Pemalu; cenderung menutupi kemampuan diri. Si kepala produksi ini ternyata orang yang tertutup, atasan harus mempunyai trik khusus untuk melakukan pendekatan secara personal. F2: (+) Bekerja baik tanpa dipaksa atau butuh pujian orang lain. (-) Kurang menanggapi keberadaan atasan. Rawan akan ketakpatuhan . Bah genap sudah penderitaan dan beban atasan, profil ini rawan pada ketidak patuhan dan kurang menanggapi keberadaan atasan. Semoga atasannya tidak pada point E=2 hasil Papikostick-nya, Type temperamental
  • 10. Disinilah RAHASIA KEKUATAN PAPIKostick dimana kedalaman setiap variable utama akan di bongkar Hasil PAPIKostick ini juga meliputi seluruh aspek kebutuhan team recruitment dan HR atas kebutuhan development dari level Staff hingga level Director. PERLU di PAHAMI Human dapat diarahkan, di Didik-dilatih dan di kembangkan ! Dengan mengetahui sisi mana yang harus di develop mudah bagi HR dan Superior/atasan untuk membentuk personal dan team yang SOLID Secara teori strategi HR salah satunya adalah proses assessment pada karyawan, yang di lakukan 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, pada kenyataannya di banyak company proses ini jarang dilakukan ! Beberapa rekan menjawab memang tidak melakukan hal tersebut, proses penilaian dilakukan pada saat terjadi masalah atau saat performa karyawan yang benar-benar terjun bebas. Kebanyakan alasan mereka adalah waktu ~ susah mencari waktu diantra kesibukan aktifitas kerja, hanya 1 rekan yang menjawab jujur bahwa karyawan enggan untuk menjalani serangkaian ritual assessment. Kalaupun ada yang mau menjalani proses assessment ~Meraka terlihat dalam kondisi terpaksa dan tertekan PAPIKostick menjawab permasalahan ini !
  • 11. Dengan PAPIKostick Mereka tidak akan merasa tertekan dan terbebani dalam mengerjakan proses assesment, dibandingkan alat dan ritual HR yang lain. beberapa keunggulannya adalah dapat disajikan kapanpun karena - Waktu pengerjaan yang tidak terbatas, tidak ada acara saling mencotek serta mudah di kerjakan - Dengan menggunakan forced choice format pada pasangan-pasangan pernyataan yang setara (disini sangat sulit untuk melakukan faking / manipulasi). - Karakter bebas dan membentuk komponen dasar kepribadian. - Item-item pendek, ringkas. - Administrasi, skoring, dan analisis konfigurasinya mudah. - Interpretasi logik dan spesifik sehingga dapat difahami dengan jelas oleh tester maupun testee. Setelah proses selesai, bersama atasan atau HR dept sendiri dapat melakukan diskusi dengan karyawan terkait, Memberikan umpan balik pada yang bersangkutan dan mendiskusikannya. Karena Hasil tes menyediakan banyak informasi bagi tester/ pemberi kerja untuk berdiskusi dengan responden secara terbuka, jujur dan tidak men-judgment. Diskusikan untuk feedback, ini adalah elemen kunci proses mendapatkan Assesment serta recruitment. dan...PAPIKostick Memberikan jawaban atas kebutuhan ini. Easy for counseling!
  • 12. OUTPUT ANALISA SOFTWARE PAPIKostick . N a m a : HERI STYADI KEPALA PRODUKSI Tanggal : 21/02/14 Hasil Test : N G A L P I T V X S B O R D C Z E K F W 7 6 5 4 6 3 3 3 2 6 5 4 4 6 6 5 4 4 2 5 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ A. HIGH-LOW SCORE N7: (+) Pekerja ulet, bertahan dengan satu tugas hingga tuntas. (-) Berpikir cenderung satu arah. Tak kenal kompromi. X2: (+) Polos. Tidak terkesan menonjolkan diri. (-) Pemalu; cenderung menutupi kemampuan diri. F2: (+) Bekerja baik tanpa dipaksa atau butuh pujian orang lain. (-) Kurang menanggapi keberadaan atasan. Rawan akan ketakpatuhan . B. ADJACENT TRAITS C6 D6: Bekerja baik dengan detail. Eksak, metodis. C. OPPOSITE TRAITS - D. MIDDLE RANGE SCORE N7: Tekun. Komitmen tinggi terhadap tugas. G6: Peningkatan derajat penekanan terhadap kerja keras. A5: Mencerminkan ketidakpastian tujuan. Juga kemandegan. P6: Tingkat dari kebutuhan bertanggungjawab bagi orang lain. I3: Berhati-hati sampai menjadi bimbang. I3: Menghindari situasi dimana dia dituntut memutuskan. T3: Berhati-hati hingga bimbang. T3: Bimbang dalam mengambil keputusan. V3: Penurunan tingkat keaktivan sampai pada kemandegan. X2: Cukup polos, bersahaja. Kadang-kadang butuh diperhatikan. S6: Peningkatan tingkat percaya diri dalam hubungan sosial. S6: Pergaulan lebih didahulukan daripada tugas. B5: Kebutuhan untuk diterima dan diakui, namun tidak vulgar. O4: Peduli dengan orang lain, namun menjaga jarak. R4: Kurang penekanan -- praktis. D6: Peningkatan minat dalam menangani detail. C6: Peningkatan pada rasa kuat untuk mengatur diri. Z5: Mampu beradaptasi. E4: Emosi seimbang. Dapat dicurahkan, dapat terkendali. K4: Lebih suka lingkungan yang tenang, menghindari konflik. F2: Otonom. W5: Butuh pengarahan dan pengharapan yang jelas. E. AREAS FOR DEVELOPMENT D6: Terlalu tertarik bekerja dengan detail. Kurang delegatif. F. WHEN S IS HIGH/LOW -
  • 13. ENGLISH VERSION N a m a : HERI STYADI Tanggal : 21/02/14 Hasil Test : N G A L P I T V X S B O R D C Z E K F W 7 6 5 4 6 3 3 3 2 6 5 4 4 6 6 5 4 4 2 5 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------- A. HIGH-LOW SCORE N7: (+) Strong desire to complete a task. Often prefers doing one job at a time. Tenacious. (-) Has a single-track mind. Tends to be uncompromising about personal convictions. Has poor tolerance for interruptions. Possibly overlooks side issues. X2: (+) Is sincere, modest. Does not misrepresent self. Unobtrusive. Does not seek to upstage others. (-) Shy; tends to undersell own capabilities. May not display self-assuredness. F2: (+) Works well without prodding from others. Motivated more by the task than by praise from persons in authority. (-) Questions authority. Prone to discontentment. B. ADJACENT TRAITS C6 D6: Works well with details, exact, methodical. C. OPPOSITE TRAITS D. MIDDLE RANGE SCORE N7: Persistence, high commitment to task, tunnel minded. G6: Increasing degree of emphasis on hard work. A5: Reflects uncertainly about goals, e.g. as a result of recent promotion or changed job structure. Also reflects contentment in a job: no need to continue striving for success. L4: He is not actively trying to work through people. P6: Degree of need to assume responsibility for people, to be the man in charge. I3: Caution into hesitancy. I3: Hesitation into procrastination or avoidance of decision- making situation. T3: Caution into hesitancy. T3: Does things at his own pace. Hesitation into procrastination or avoidance of decision- making situation. V3: Decreasing level of activity down to " sitability". X2: Quite modest, sincere. Does some ocassional need to be noticed. S6: Increasing level of confidence in social relationships; enjoys social interaction. S6: Move concern about people as an important post of building a relationship in work situation. B5: A certain need for acceptance and approval, but not too vulnerable to the group. O4: Aware of individuals but able to detach himself from them. More selective, does not seek to be close but not avoid closeness. R4: Caution into hesitancy. R4: Less emphasis - practical. D6: Increasing interest in personally handling details. C6: Increasing to very high sense of personal order.
  • 14. Z5: Adaptable. E4: Balanced emorional approach, able to react and to restrain feelings. Good balance, can either react or remain controller. K4: Enough drive and aggression when necesarry. K4: Prefers a calm environment, avoids conflict, tends to postpone problems. F2: Autonomous. W5: Direction and expectations need to be defined for him. E. AREAS FOR DEVELOPMENT D6: He has too much interest in personally working with details. This may affect his ability to delegate and to distinguish important details from the unimportant ones. F. WHEN S IS HIGH/LOW ---------------------------------------------------------------------------------------------- Software PAPIKostick Tampilan Awal ID dan Password Menu terdiri dari menu entri (testing score) dan seluruh parameter (sudah terisi)
  • 15. Menu utility untuk kebutuhan backup data, restore dan menggati Password Dengan Ctrl F10 Hasil test dapat di view melalui 3 model a. Scren View b. Printer / di print ; printer menggunakan Type Epson LX-LQ all series c. Apabila tidak menggunakan printer tersebut Bisa Print by File yang outputnya dalam file score.ddf Print View dengan pilihan Scren Versi Bahasa Indonesai
  • 16. Print View dengan pilihan Scren Versi Bahasa English Parameter. Manual untuk membaca PAPIKostick a. Work Direction (Arah Kerja) Need to finish task (N) Kebutuhan menyelesaikan tugas secara mandiri Skor < 3 : menunda atau menghindari pekerjaan Skor 3-4 : berhati hati atau ragu dalam bekerja Skor 4-6 : cukup bertanggung jawab pada pekerjaan Skor 6-9 : tekun , tanggung jawab tinggi Hard intense worked (G) Peran pekerja keras atau kecenderungan pekerja keras Skor 3-4 : bekerja untuk kesenangan saja , bukan hasil optimal Skor 4-7 : kemauan bekerja keras tinggi Need to achieve (A) Kebutuhan berprestasi Skor 0-5 : ketidakpastian tujuan , kepuasan dalam suatu pekerjaan , tidak ada usaha lebih Skor 6-9 : tujuan jelas , kubutuhan sukses dan ambisi tinggi b. Leadership (Kepemimpinan) Leadership role (L) Peran kepemimpinan ; Skor 5-9 : yaitu tingkat dimana seseorang memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin - suatu tingkat dimana ia mencoba menggunakan orang lain untuk mencapai tujuannya. ; Skor 4-0 : cendurung tidak secara aktif menggunakan orang lain dalam bekerja Need to control others (P) Kebutuhan mengatur orang lain ; Skor 5-9 : tingkat kebutuhan untuk menerima tanggung jawab orang lain, menjadi orang yang bertanggung jawab. Skor 4-0 : menurunnya keinginan untuk bertanggung jawab pada pekerjaan dan tindakan orang lain.
  • 17. Ease in decision making (I) Peran membuat keputusan Skor 0-2 : ragu menolak mengambil keputusan Skor 3-4 : berhati hati membuat keputusan Skor 5-7 : berhati hati lancar dan mudah mengambil keputusan Skor 8-9 : tidak ragu dalam mengambil keputusan c. Activity (Aktivitas kerja) Pace (T) Peran sibuk Skor < 4 : melakukan segala sesuatu menurut kemauannya sendiri Skor 4-6 : tergolong aktif secara internal dan mental Vigorous type (V) Peran penuh semangat Skor < 5 : cenderung pasif Skor 5-7 : aktif secara fisik, cenderung sportif d. Social Nature (Relasi sosial) Need for closeness and affection (O) Kebutuhan kedekatan dan kasih sayang Skor < 3: tidak suka hubungan perorangan Skor 3-4 : sadar akan hubungan perorangan , tapi tidak terlalu tergantung Skor 5-9 : sangat tergantung , butuh penerimaan diri Need to belong to groups (B) Kebutuhan diterima dalam kelompok Skor 0-3 : selektif Skor 4-5 : butuh diterima, tapi tidak mudah dipengaruhi kelompok Skor 6-9 : butuh disukai dan diakui , mudah dipengaruhi Social extension (S) Peran hubungan social Skor < 6 : perhatian rendah terhadap hubungan social , kurang percaya pada orang lain Skor 6-9 : kepercayaan tinggu dalam hubungan social, suka interaksi social Need to be noticed (X) Kebutuhan untuk diperhatikan Skor < 2 : cenderung pemalu Skor 2-3 : rendah hati, tulus Skor 4-5 : memiliki pola perilaku yang unik Skor 6-9 : membutuhkan perhatian nyata e. Work Style (Gaya Kerja) Organized type (C) Peran mengatur Skor 0-2 : fleksibel tidak teratur Skor 3-5 : teratur tetapi tidak tergolong fleksibel Skor 6-9 : keteraturan tinggi cenderung kaku Interest in working with details (D) Peran bekerja dengan hal hal rinci Skor 0-3 : menyadari kebutuhan akan kecermatan , tetapi tidak berminat bekerja detail Skor 4-9 : minat tinggi untuk bekerja secara detail Theoretical type (R) Peran orang yang teoritis Skor 0-4 : kurang perhatian , bersifat praktis Skor 5-9 : nilai nilai penalaran tergolong tinggi
  • 18. f. Temperament (Sifat temperamen) Need for change (Z) Kebutuhan untuk berubah Skor 0-2 : tidak suka berubah Skor 3-4 : tidak suka perubahan jika dipaksakan Skor 5-6 : mudah menyesuaikan diri Skor 6-7 : membuat perubahan yang selektif , berfikir jauh kedepan Skor 8-9 : mudah gelisah , frustasi , karena segala sesuatu tidak berjalan fantastis Emotional resistant (E) Peran pengendalian emosi Skor < 2 : terbuka , cepat bereaksi , tidak normative Skor 2-3 : terbuka Skor 4-6 : punya pendekatan emosional seimbang ,mampu mengendalikan Skor > 6: sangat normative , kebutuhan pengendalian diri yang berlebihan Need for Defensive Aggressiveness (K) Kebutuhan untuk agresif Skor 0-2 : menghindari masalah , menulak , untuk mengenali situasi sebagai masalah Skor 3-4 : suka lingkungan tanang , menghindari konflik Skor 5 : keras kepala Skor 6-7 : agresi berhubungan dengan kerja , dorongan semangat bersaing Skor 8-9 :agresif, cendering defensive c. Followership (Posisi atasan-bawahan) Need to support authority (F) Kebutuhan membantu atasan Skor 6-9 : bersikap setia dan membantu , kemungkinan bantuannya bersifat politis Skor 4-5 : setia terhadap perusahaan Skor 2-3 : mengurus kepentingan sendiri Skor < 2 : cenderung egois , kemungkinan bisa memberontak Need for rules and supervision (W) Kebutuhan mengikuti aturan dan pengawasan Skor < 4 : berorientasi pada tujuan, mandiri Skor 4-5 : kebutuhan akan pengarahan dan harapan yang dirumuskan untuknya Skor 6-9 : meningkatnya orientasi terhadap tugas dan membutuhkan instruksi yang jelas CARA MELAKUKAN SKORSING dengan MANUAL PENILAIAN Menghitung skor peran, yaitu dengan menjumlahkan anak panah yang dilingkari, baik yang horizontal maupun vertical sesuai dengan arah tanda panah. Menuliskan jumlah skor pada masing masing kotak skor dibawah huruf G, L, I, T, V, S, R, D, C, E yang telah tersedia pada lembar jawab. Menghitung jumlah skor pada seluruh kotak skor peran secara horizontal, dan jumlah skor harus 45. Menghitung skor kebutuhan yaitu dengan menjumlahkan anak panah yang dilingkari baik yang horizontal maupun yang vertical sesuai dengan arah tanda panah.
  • 19. Menjumlahkan jumlah skor pada masing masing kotak dibawah huruf N, A, P, X, B, O, Z, K, F, W yang telah tersedia pada lembar jawaban. Mengitung jumlah skor pada seluruh kotak skor kebutuhan secara vertical, dan jumlah skor harus 45. Memindahkan setiap skor pada lembar jawaban ke lembar scoring sesuai dengan setiap huruf pada aspek peran dan kebutuhan dengan cara melingkari angka di dalam lingkaran. Membuat garis penghubung antara angka yang satu dengan angka lainnya sehingga terbentuklah sebuah diagram pada lembar psikogram yang telah tersedia. Laporan hasil tes dalam bentuk visual (berupa cakram). Laporan ini akan memudahkan pengguna (user) mengenali potensi dirinya secara komprehesif, namun tetap mudah dipahami. Lembar Jawab PAPIKostick
  • 20. SOAL PAPIKostick PETUNJUK PENGISIAN 1. Dalam Lembar ini terdapat 90 pertanyaan. 2. Semua pilihan dalam lembar ini bukanlah bersifat BENAR atau SALAH, jadi TIDAK ADA JAWABAN YANG SALAH 3. Anda harus memilih dengan milingkari memberi jawaban a atau b dari dua pernyataan yang terdapat dalam 90 pernyataan tersebut. 4. Pernyataan yang dimaksud adalah pernyataan paling dominant atau paling mencerminkan diri anda atau menggambarkan perasaan anda saat ini. 5. Terkadang anda akan menemukan pernyataan yang keduanya tidak mencerminkan atau anda tidak sesuai dengan kedua perntaan tersebut, dalam hal ini anda tetap harus memilih salah satu pernyataan tersebut yang paling mencermikan diri anda. 6. Dalam kasus yang lain anda akan menemukan pernytaan yang keduanya mencerminkan diri anda, dalam hal ini anda harus tetap memilih salah satu dari kedua pernytaan tersebut yang paling mencerminkan diri anda. 7. Cara menjawabnya anda harus memberikan pernyataan a atau b dari setiap nomor yang terdapat pada pernyataan. 8. Sebagai contoh ; a. Saya Seorang Pekerja Giat b. Saya Bukan seorang pemurung .. bila anda merasa bahwa pernyataan pertama Saya seorang pejerja giat lebih mencerminkan diri anda saat ini ketimbang pernyataan kedua Saya Bukan seorang pemurung .. maka tulislah a dengan huruf Kapital (A) pada lembar jawab no 1 begitu pula sebaliknya. Bila salah dan ingin mengganti pernyataan beri tanda X apda jawaban , kemudian tulis jawaban yang sesuai dengan diri anda. Perhatian ; seluruh pertanyaan harus di jawab. Perhatikan lagi dengan seksama. 1. a. Saya seorang pekerja giat b. Saya Bukan Seorang Pemurung 2. a. Saya suka bekerja lebih baik dari yang lain b. Saya melakukan pekerjaan hingga tuntas 3 a. Saya suka memberi orang petunjuk bagaimana melakukan sesuatu. b. Saya senang memberitahukan orang apa yang harus dikerjakan 4 a. Saya suka melakukan atau mengatakan hal-hal lucu. b. Saya senang memberitahukan orang apa yang harus dikerjakan 5 a. Saya suka menggabungkan diri dalam kelompok b. Saya ingin diperhatikan dalam kelompok. 6. a. Saya suka Menjalin persahabatan b. Saya suka menggabungkan diri dalam suatu kelompok 7 a. Jika saya rasa perlu, saya bisa cepat menyesuaikan diri b. Saya berusaha Menjalin persahabatan
  • 21. 8 a. Saya akan membalas jika saya di sakiti b. Saya suka melakukan hal-hal baru dan berbeda 9 a. Saya ingin atasan menyukai saya b. Saya suka memberitahukan orang jika mereka bersalah. 10 a. Saya suka mengikuti petunjuk yang di berikan kepada saya b. Saya suka membuat atasan senang 11 a. Saya berusaha keras sekali b. Saya seorang yang rapih 12 a. Saya dapat membuat orang melakukan apa yang saya inginkan b. Saya tidak mudah marah. 13 a. Saya suka memberitahu kelompok apa yang harus mereka kerjakan. b. Saya selalu melakukan pekerjaan sampai tuntas. 14 a. Saya ingin menjadi orang yang menarik dan mengasyikan. b. Saya ingin menjadi orang yang sangat berhasil 15 a. Saya ingin dapat menyesuaikan diri dengan kelompok-kelompok b. Saya suka membantu orang mengambil keputusan 16 a. Saya cemas bila seseorang tidak menyukai saya b. Saya suka orang memperhatikan saya 17 a. Saya suka mencoba hal-hal baru b. Saya lebih suka bekerja sama daripada bekerja Sendiri 18 a. Kadang-kadang saya menyalahkan orang lain jika ada yang tidak beres. b. Saya merasa terganggu bila ada yang tidak menyukai saya. 19 a. Saya suka menyenangkan atasan b. Saya suka mencoba pekerjaan pekerjaan yang baru dan berbeda. 20 a. Saya menyukai petunjuk-petujuk yang rinci dalam menyelesaikan pekerjaan b. Akan saya katakan kepada orang-orang yang bersangkutan bila mereka menjengkelkan saya 21 a. Saya selalu berusaha keras b. Saya suka Melaksanakan Setiap langkah dengan hati-hati 22 a. Saya akan menjadi seorang pemimpin yang baik b. Saya dapat mengorganisir suatu pekerjaan dengan baik. 23 a. saya mudah tersinggung b. Saya lambat dalam membuat keputusan 24 a. Saya suka mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus b. Bila saya dalam kelompok, saya lebih sering sebagai pendengar. 25 a. Saya sangat senang bila mendapat undangan b. Saya ingin lebih baik dari yang lain dalam mengerjakan sesuatu. 26 a. Saya suka Menjalin persahabatan b. Saya suka menasehati orang lain 27 a. Saya suka melakukan hal-hal baru dan berbeda b. Saya suka memberitahu bagaimana saya berhasil dalam melakukan sesuatu 28 a. Bila pendapat saya benar, saya akan pertahankan b. Saya ingin diterima dan diakui dalam kelompok
  • 22. 29 a. Saya tak mau menjadi lain dari yang lain b. Saya berusaha dekat dengan orang-orang 30 a. Saya senang memberitahu orang bagaimana melakukan suatu pekerjaan b. Saya berusaha dekat dengan orang orang 31 a. Saya bekerja keras b. Saya banyak berfikir dan membuat perencanaan 32 a. Saya memimpin kelompok b. Saya tertarik dengan hal-hal yang lebih detail 33 a. Saya mengambil Keputusan dengan mudah dan cepat b. Saya menyimpan barang-barang dengan rapih dan teratur 34 a. Saya melakukan pekerjaan dengan cepat b. Saya tidak sering marah atau sedih 35 a. Saya ingin menjadi bagian dari kelompok b. Saya hanya ingin melakukan pekerjaan pada satu waktu 36 a. Saya berusaha Menjalin persahabatan b. Saya berusaha keras menjadi yang terbaik 37 a. Saya suka mode terbaru untuk pakaian b. Saya suka di beri tanggungjawab. 38 a. Saya menyukai perdebatan b. Saya senang mendapat perhatian 39 a. Saya suka menyenangkan atasan b. Saya tertarik menjadi bagian dalam kelompok 40 a. Saya sangat memperhatikan peraturan b. Saya ingin orang mengenal saya dengan baik 41 a. Saya berusaha keras sekali b. Saya sangat ramah 42 a. Orang berpendapat saya memimpin dengan baik b. Saya berfikir lama dan berhati hati 43 a. Bila ada kesempatan, saya akan memanfaatkan nya. b. Saya senang menangani hal-hal kecil 44 a. Orang berpendapat bahwa saya bekerja cepat b. Orang berpendapat bahwa saya rapi dan teratur 45 a. Saya senang mengikuti pertandingan dan berolahraga. b. Saya memiliki kepribadian yang menyenangkan 46 a. Saya senang jika orang dekat dan bersahabat dengan saya b. Saya selalu berusaha menyelesaikan sesuatu yang telah saya mulai 47 a. Saya senang bereksperimen dan mencoba hal-hal baru b. Saya suka mengerjakan pekerjaan yang sulit-sulit 48 a. Saya suka diperlakukan dengan adil b. Saya suka memberitahu orang lain bagaimana Melaksanakan sesuatu. 49 a. Saya suka melakukan apa yang diharapkan orang dari saya. b. Saya suka jika orang perduli terhadap saya
  • 23. 50 a. Saya suka diterangkan tugas saya sedetail-detailnya b. Saya senang berada bersama orang-orang 51 a. Saya selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. b. Orang mengatakan bahwa saya hampir-hampir tidak pernah lelah. 52 a. Saya tipe pemimpin b. Saya mudah bergaul 53 a. Saya gunakan kesempatan b. Saya banyak sekali berfikir 54 a. Saya bekerja dengan tempo yang tinggi dan mantap b. Saya senang menangani detail suatu pekerjaan 55 a. Saya memiliki banyak tenaga untuk kegiatan dan berolah raga. b. Saya mengatur dan menyimpan barang dengan teratur dan rapi. 56 a. Saya dapat bergaul baik dengan semua orang b. Saya orang yang berwatak tenang 57 a. Saya ingin bertemu dengan orang-oarang baru dan melakukan hal-hal baru. b. Saya selalu ingin menyelesaikan pekerjaan yang telah saya mulai 58 a. Saya biasanya mempertahankan pendapat yang saya yakini. b. Saya biasanya suka bekerja keras. 59 a. Saya menyambut baik saran-saran dari orang yang saya kagumi. b. Saya suka bertanggung jawab terhadap orang lain 60 a. Saya membiarkan diri saya dipengaruhi dengan kuat oleh orang lain b. Saya senang bila memperoleh banyak perhatian 61 a. Biasanya saya bekerja keras sekali. b. Biasanya saya bekerja cepat 62 a. Apabila saya bicara, kelompok diam dan mendengarkan b. Saya trampil menggunakan perkakas 63 a. Saya lambat dalam membuat persahabatan b. Saya lambat dalam mengambil Keputusan 64 a. Biasanya saya makan dengan cepat b. Saya suka membaca 65 a. Saya suka pekerjaan Dimana saya banyak bergerak b. Saya suka pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan hati-hati 66 a. Saya mudah membuat sebanyak mungkin teman b. Saya mudah menemukan kembali barang-barang yang saya simpan 67 a. Saya membuat rencana jauh-jauh sebelumnya b. Saya selalu menyenangkan 68 a. Saya menjunjung tinggi nama baik saya b. Saya terus menekuni suatu masalah sampai tuntas 69 a. Saya suka menyenangkan orang-orang yang saya kagumi b. Saya ingin sukses 70 a. Saya suka orang lain mengambil Keputusan untuk kelompok b. Saya suka mengambil Keputusan untuk kelompok
  • 24. 71 a. Saya selalu berusaha keras b. Saya mengambil Keputusan secara cepat dan mudah 72 a. Kelompok biasanya melakukan apa yang saya inginkan b. Saya biasanya bekerja cepat-cepat 73 a. Saya sering merasa lelah b. Saya lambat dalam mengabil Keputusan 74 a. Saya bekerja cepat b. Saya mudah berteman 75 a. Saya biasanya mempunyai gairah dan tenaga b. Saya banyak menghabiskan waktu untuk berfikir 76 a. Saya sangat ramah terhadap orang b. Saya suka pekerjaan yang memerlukan ketelitian 77 a. Saya banyak berfikir dan membuat perencanaan b. Saya menyimpan sesuatu pada tempatnya 78 a. Saya suka pekerjaan yang menuntut perhatian terhadap hal detail. b. Saya tidak mudah marah 79 a. Saya suka menuruti orang yang saya kagumi b. Saya selalu menyelesaikan pekerjaan yang saya telah saya mulai 80 a. Saya suka petunjuk petunjuk yang jelas b. Saya suka bekerja keras. 81 a. Saya mngejar apa yang saya inginkan b. Saya seorang pemimpin yang baik 82 a. Saya dapat membuat orang lain bekerja keras b. Saya adalah type orang yang tak kenal susah 83 a. Saya mengambil Keputusan dengan cepat b. Saya bicara dengan cepat 84 a. Rasanya saya bekerja secara tergesa-gesa b. Saya berolah raga secara teratur 85 a. saya tidak suka bertemu kebanyakan orang b. Saya cepat merasa lelah 86 a. Saya mempunyai banyak sekali teman b. Saya banyak menghabiskan waktu untuk berfikir 87 a. Saya suka bekerja dengan teori b. Saya suka menangani detail suatu pekerjaan 88 a. Saya suka menangani detail suatu pekerjaan b. Saya Suka mengorganisir pekerjaan saya 89 a. Saya menaruh barang pada tempatnya b. Saya selalu menyenangkan 90 a. Saya suka diberitahu apa yang perlu saya kerjakan b. Saya harus menyelesaikan pekerjaan yang telah saya mulai
  • 25. 1. a. I am a hackney b. I Am Not A morose 2. a. I like to work better than others b. I did the work to its conclusion 3 a. I like to give people a clue how to do something. b. I am happy to tell people what to do 4 a. I like doing or saying funny things. b. I am happy to tell people what to do 5 a. I like to join in group b. I would like to be considered in the group. 6. a. I love Establishing friendship b. I like to join in a group 7 a. If I feel necessary, I can quickly adjust b. I tried to Establish friendship 8 a. I will reply if I am hurt b. I love doing new things and different 9 a. I wanted boss likes me b. I like to tell people if they are guilty. 10 a. I like to follow the instructions given to me b. I like to make the boss happy 11 a. I try hard at all b. I am a neat 12 a. I can make people do what I want b. I am not easily angered. 13 a. I like to tell the group what they have to do. b. I always do the job through to completion. 14 a. I want to be interesting and exciting. b. I want to be very successful 15 a. I want to be able to adjust to the groups b. I love to help people make decisions 16 a. I worry when someone does not like me b. I love the attention I 17 a. I love trying new things b. I prefer to work together instead of working Yourself 18 a. Sometimes I blame other people if anything goes wrong. b. I get annoyed when there are not like me. 19 a. I love to please a superior b. I love trying to work - new and different jobs. 20 a. I love the detailed instructions-petujuk in completing the work b. I would say to the people concerned when they annoying me 21 a. I always try hard b. I love Implement Every step with caution 22 a. I'm going to be a good leader b. I can organize a good job. 23 a. I am easily offended b. I was slow in making decisions 24 a. I love doing several jobs at once b. When I was in the group, I more often as a listener. 25 a. I was very pleased when an invitation b. I want to be better than others in doing something. 26 a. I love Establishing friendship b. I like to advise others 27 a. I love doing new things and different b. I like to tell how I succeed in doing something 28 a. If I am right, I will keep b. I want to be accepted and recognized in the group 29 a. I do not want to be different from others b. I tried to close with people 30 a. I am happy to tell people how to do a job b. I tried to get close to people - people 31 a. I work hard b. I do a lot of thinking and planning 32 a. I led the group b. I am interested in things that are more detailed 33 a. I took the decision easily and quickly b. I store items neatly and orderly 34 a. I do the job quickly b. I do not often get angry or sad 35 a. I want to be part of a group b. I just want to do the job at a time 36 a. I tried to Establish friendship b. I strive to be the best 37 a. I love the latest fashions for clothing b. I love given responsibility.
  • 26. 38 a. I love the debate b. I am happy to receive attention 39 a. I love to please a superior b. I am interested in being part of the group 40 a. I am very concerned about regulations b. I want people to know me well 41 a. I try hard at all b. I'm very friendly 42 a. I was the lead person with good b. I thought long and careful - careful 43 a. If there is a chance, I will take advantage of it. b. I am happy to handle the little things 44 a. People found me work faster b. People found my neat and orderly 45 a. I am pleased to follow the game and exercise. b. I have a pleasant personality 46 a. I'm happy if people close and friendly with me b. I always try to finish something I started 47 a. I'm happy to experiment and try new things b. I like doing difficult work-hard 48 a. I like to be treated fairly b. I like to tell others how to Implement something. 49 a. I like to do what people expect of me. b. I love when people care about me 50 a. I love my job described great detail b. I love being with people 51 a. I always try to finish the job perfectly. b. People say that I hardly ever tired. 52 a. I'm the type of leader b. I am easy to get along 53 a. I use the opportunity b. I think a lot of 54 a. I work with a high tempo and steady b. I am happy to handle the details of a job 55 a. I have a lot of energy to activities and exercise. b. I organize and store items organized and neat. 56 a. I can get along well with everyone b. I am a calm person 57 a. I want to meet with the new JV and doing new things. b. I always wanted to finish the job I started 58 a. I usually maintain my opinion believe. b. I usually like to work hard. 59 a. I welcome suggestions from people I admire. b. I like to be responsible for another person 60 a. I let myself be influenced strongly by others b. I love to get a lot of attention 61 a. Usually I work hard. b. Usually I work fast 62 a. When I talk, the group quietly and listen b. I am skilled use of a tool 63 a. I was slow in making friendship b. I was slow in taking decision 64 a. I usually eat quickly b. I love to read 65 a. Where I work I like a lot of moving b. I like the work to be carried out with caution 66 a. I am easy to make as many friends b. I easily found the back of my goods store 67 a. I make plans far in advance b. I always pleasant 68 a. I uphold the good name of my b. I continue to pursue a matter through to completion 69 a. I like fun people who I admire b. I want to be successful 70 a. I like someone else take the decision to group b. I like to take a decision for the group 71 a. I always try hard b. I took a decision quickly and easily 72 a. Groups usually do what I want b. I usually work quickly 73 a. I often feel tired b. I am slow to take good decision 74 a. I work fast b. I make friends easily 75 a. I usually have the passion and energy b. I spent a lot of time to think
  • 27. 76 a. I am very friendly to people b. I like work that requires precision 77 a. I do a lot of thinking and planning b. I save something in place 78 a. I like work that requires attention to detail. b. I do not easily get angry 79 a. I like to follow people who I admire b. I always finish my work I have started 80 a. I love the hint - clear instructions b. I like to work hard. 81 a. I mngejar what I want b. I am a good leader 82 a. I can get other people to work hard b. I am a type of person who does not know the hard 83 a. I took the decision quickly b. I spoke quickly 84 a. I think I worked hastily b. I exercise regularly 85 a. I do not like to see most people b. I feel tired 86 a. I have a lot of friends b. I spent a lot of time to think 87 a. I love working with the theory b. I like to handle the details of a job 88 a. I like to handle the details of a job b. I Like to organize my work 89 a. I put stuff in place b. I always pleasant 90 a. I like to be told what I need to do b. I have to finish the job I started ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- anda tertarik memiliki softwarenya? cukup ganti ongkos kirim dan burning CDnya hanya senilai Rp 120.000,- Software ini akan menjadi senjata utama Anda Anda akan memiliki ASSET pribadi atas Profesi Anda Kesesuaian personal yang anda referensikan merupakan Value Anda dalam profesi anda sebagai HR Proses Regular Assesment yang selama ini sulit dilakukan, akan terwujud dengan mudah Konfirmasikan pemesanan ke : . [email protected] . Dengan Subject : PAPIKostick cara PEMESANAN dan PASSWORD akan saya informasikan