Rahasia dan kekuatan di balik papi kostick test

download Rahasia dan kekuatan di balik papi kostick test

of 27

  • date post

    25-Dec-2014
  • Category

    Career

  • view

    11.725
  • download

    9

Embed Size (px)

description

FREE DOWNLOAD AT ; http://www.ziddu.com/download/23632982/RAHASIAdanKEKUATANDIBALIKPAPIKostickTest.pdf.html

Transcript of Rahasia dan kekuatan di balik papi kostick test

  • 1. Rahasia Kekuatan di Balik PAPIKostick Test Assessment and Recruitmen Perkembangan strategy perusahaan atas pengelolaan SDM mengalami kemajuan dengan pesat Decade saat ini dimana SDM Sumber Daya Manusia tidak lagi dipandang sekedar asset organisasi, namun lebih dari itu SDM telah menempati level yang sebenarnya ber-ebeL Human Capital Pada titik ini para pimpinan puncak setiap organisasi baik profit maupun non profit, telah sampai pada pemahaman bahwa tercapainya visi & misi organisasi sangat terkolerasi dengan personal-personal yang mengawal visi & misi tersebut ; nota bene adalah manusia-nya, orang, human, sdm, Karyawan CAPITAL tidak lagi diartikan dalam artian yang sempit; uang-bangunan-kendaraan dan sederet konsep pemahaman kuno atas capital Dengan personel yang tepat sederet Kebutuhan capital dalam BalanceSheet dapat di realisasikan pada waktu yang terukur dan relative singkat ; Keyword-nya ada pada ; personal yang tepat untuk setiap jobpost Akan banyak hal yang dapat di ceritakan bila di runut kisah Zero to Hero yang kesemuanya bermuara pada personal capacity Ternyata ini sepenuhnya telah disadari oleh pebisnis dan para management puncak Permasalahan yang muncul adalah bagaimana mendapatkan SDM yang berkualitas dan sesuai dengan filosofi bisnis kita ? PApiKostick Test Adalah jawabannya ; Sebelum kita melangkah jauh tentang rahasia dan kekuatan PAPIKostick ada rahasia kecil yang mari kita ketahui bersama;
  • 2. sampai dengan era 80an pejabat keuangan (divisi finance & accounting) adalah divisi ter- favorit, kondisi ini di sebabkan mindset para BOD kala itu masih pada pemahaman bisnis=uang. Artinya Apabila kita memiliki team/personal yang lihay di keuangan maka bisnis kita akan aman dan berkembang. Pergeseran cara pandang terjadi akhir era 90an dimana pejabat Sales & Marketing menjadi primadona. Kekuatan Divisi Sales & Marketing menjadi kekuatan utama dengan prolog ujung tombak yang menjadi anak emas setiap perusahaan, yang memang pada kenyataannya merekalah yang yang mengumpulkan pundi-pundi profit ke bottom line sisi kiri BalanceSheet Management. Situasi tersebut berbalik 1800 saat ini, ada rahasia kecil yang masih malu-malu di ungkap oleh para BOD, CEO dan Management puncak. Walau sudah ada yang terang-terangan merangkul erat divisi HRD dan recruitment team agar dapat melahirkan team-team dan personal player yang kuat dalam bisnis mereka, namun masih banyak yang malu untuk mengungkapkan itu bahwa : HUMAN RESOURCES DEPARTMENT adalah Pos ~ profit centre sesungguhnya (Cost Center). Rahasia kecil yang mengubah dunia. HRD adalah Department terpopular saat ini, rahasia kecil yang memegang peran besar. Segaris dengan kepopuleran-nya tersebut. HRD memiliki beban berat Menyediakan HUMAN sbg CAPITAL Bagaimana mendapatkan SDM-SDM yang handal? Ini PR berat yang harus di selesaikan, Cukup banyak ritual dan mantra (penggunaan alat test dan strategy interview) yang dilakukan untuk merekrut, memilih dan menetapkan kandidat2 setiap posisi dan level, Apakah telah menjawab PR yang di emban saat ini. Gaung HUMAN CAPITAL begitu manis terdengar, Setiap kandidat pencari kerja dan yang eksis bekerja berusaha untuk semaksimal mungkin memberikan kontribusi positif, terlepas banyak pula yang belum mencapai sukses. Ada polemic bagi si Human Pencari Kerja yang sering kali lelah dan bosan kala dihadapkan pada seabrek ritual test Human Resources DepartmenT. Efektif-kah ritual test saat ini sebagai pintu masuk ?
  • 3. @ cerita seorang Regional Sales Manager sebuah perusahaan Distribusi dengan perjalanan panjang, hapal setiap gang pasar tradisional sepanjang pulau jawa, berikut bau anyir khas pasar tradisional kala hujan datang. Membaca cyclelife product cukup dari design kemasan, harus tumbang saat test masuk perusahaan hanya karena model test yang enggan dia kerjakan. Capacity Psikology Manusia itu seperti Balon Secara umum Kemampuan setiap personal dapat di ibaratkan sebuah balon, berisi dan lentur. Secara alamiah dalam kepribadian manusia tidak semuanya menonjol. Tidak semua orang memiliki Kemampuan menjual, begitupun tidak semua orang memiliki tingkat ketelitian yang sama, tidak semua orang berani ada di depan untuk menjadi pemimpin ; Sampai disini kita akan sangat setuju bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. PAPIKostick mengibaratkan Kemampuan setiap person memiliki value yang sama, hanya penekanannya yang menonjol lebih kearah mana, Atau dengan kata lain PAPIKostick berbicara ; kita akan mencari kekuatan di bidang apa, dengan golongan dan level sejauh mana. Ilustrasi gambar di atas menggambarkan kekuatan sesungguhnya setiap person, value- value yang mengelilingi tiap sel dan sendi psikologis. Atas situasi tertentu kekuatan tersebut menyebar pada arah tertentu bergantung pada situasi apa yang dialami oleh individu tersebut. Gambaran diatas mengisyaratkan adanya penekanan dari atas, dengan landasan yang datar, mengakibatkan isi atau power menyebar ke arah kanan dan kiri.
  • 4. Dari ilustrasi diatas, PAPIKostick menjelaskan bahwa value setiap person adalah sama, situasi tertentu membentuk ketajaman value pada tiap personal. Value apa yang paling menonjol pada diri seseorang ? PAPIKostick dengan tepat akan menjawab ; PAPIKostick juga sangat fleksible untuk digunakan pada semua jenis kelamin dan usia. Nilai maksimal tiap point pada papikostick adalah 9, dibagi pada dua sisi ROLE dan NEED yang masing-masing bernilai 45. Jadi sisi ROLE 45 point dan NEED 45 point ; tidak kurang dan tidak lebih Apakah alat test yang lain tidak demikian ? pada prinsipnya fungsinya sama. hanya pada kenyataannya ; masih terjadi level managerial dengan fungsi strategis amat jengkel dan merasa konyol manakala harus melakukan test berhitung 3 X cm = ? sama dengan berapa ? . Atau si ANI memilki kelereng sekian dan badu sekian, berapa kelereng badu? Level yang di test juga tidak tanggung-tangung ~ GM (General Manager) Posisi 100% penghasil profit , manusia 5 milyard perhari ; tidak lolos test recruitment karena tidak perduli pada sesi ukur-mengukur. Suatu ketika seorang calon GM gagal bergabung di sebuah perusahaan karena gagal di psikotest, saat ditanya mengapa kemarin gagal joint di perusahaan X ? jawabnya sederhana ; ngapain juga saya harus menjawab berapa kelereng si badu hem. si Calon GM dengan kapasitasnya gagal menghitung kelereng si badu atau lebih tidak perduli pada kelereng si badu. Sodoran ritual test dengan deret nomerik dan kolaborasi beberapa soal yang membuat para kandidat Malas untuk menjawab atau asal menjawab. Yang artinya profile real si calon kandidat jelas tidak terukur dengan sebenarnya. Dan ANDA yang bertugas melakukan recruitment tidak akan pernah menemukan kandidat yang tepat .
  • 5. Merekrut para professional Human Capital Papi Kostick merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang dilihat dari sejumlah aspek terutama dalam kaitannya dengan situasi kerja. terdiri dari 90 pernyataan yang bentuknya sangat ringkas dan pendek sehingga mudah dipahami oleh testee ; bahkan untuk se-level GM alat ukur personality ini cukup nyaman untuk dikerjakan, sehingga kecenderungan untuk memberikan informasi seakurat mungkin akan dapat terpenuhi. Ada 7 aspek yang di gali setiap testee pada PApi Kostick ini 1. Work Direction (Arah Kerja) 2. Leadership (Kepemimpinan) 3. Activity (Aktivitas Kerja) 4. Social Nature (Tingkat Sosialisasi) 5. Work Style (Gaya Bekerja) 6. Temperament ( Sifat Temperamental ) 7. Followership (Kecenderungan Sikap pada atasan bawahan dan aturan perusahaan ) Contoh hasil akhir penilaian atas Papi Kostick :
  • 6. Bagaimana cara membaca hasil test ini : Perhatikan! Dengan papi kostick, tidak akan mungkin terjadi seluruh point memiliki nilai menonjol. Format Exel untuk penilaian versi diatas, dapat anda download GRATIS pada link : PAPIKostick EXEL atau click link dibawah gambar. Seperti dikatakan sebelumnya bahwa psikologis manusia seperti balon, ada value yang mewakili nilai lebih dan value yang mewakili nilai kurang. Link : http://www.ziddu.com/download/23632644/PAPI_SCORING_version2.xlsx.html Or : http://www.ziddu.com/download/23632642/PAPIDIAGRAMSCORINGFIXEDversion2.xlsx.html (Apabila tidak dapat di download confirm ke toniwijaya10@gmail.com akan saya kirim GRATIS versi Exel) Contoh grafik Diagram Penilaian diatas adalah hasil test Seorang KEPALA PRODUKSI sebuah Manufacture Usia 34 tahun masa kerja 3 tahun Membaca analisa PAPIKostick PAPI Kostik di buat oleh Guru Besar Psikologi Industri asal Massachusetts, Amerika, Dr.Max Martin Kostick, pada awal tahun 1960-an. PAPI Kostick mengukur dinamika kepribadian (psychodynamics) dengan memperhatikan keterkaitan dunia sekitarnya (environment) termasuk perilaku dan nilai (values) yang diterapkan dalam suatu perusahaan / situasi kerja dalam bentuk motif (need) dan standar gaya perilaku menurut persepsi kandidat (role). Dengan pola test yang sama akan sangat berbeda hasilnya, hal tersebut dikarenakan setiap penilaian di sesuaikan dengan latar belakang tiap kandidat. Contoh : pada hasil test level staff customer service dan customer service manager : dimana keduanya memiliki hasil akhir yang tidak jauh berbeda atas variable LEADERSHIP : atau katakanlah sama.