Radar Tegal 4 agustus 2014

24

description

Radar Tegal 4 agustus 2014

Transcript of Radar Tegal 4 agustus 2014

Page 1: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 2: Radar Tegal 4 agustus 2014

RADAR TEGAL SENIN, 4 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comJURNAL GURU2

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. SukronPemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: Muh. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy.Redaktur: Moch. Arifin, M. Fathurrohman, Khikmah Wati, M Saekhun, Embong Sriyadi. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: Laela Nurchayati,Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. K. Anam Syahmadani. Brebes: M Saekhun (Penanggung Jawab), Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: TeguhSupriyanto. Slawi: M. Fathurrohman (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno,M. Ridwan, Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Desain Iklan:A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi, Joko

Mulyono, Wahyu Suroto (Event/Off Print). Pemasaran: Sunarjo (Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, AstriPrayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004.Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta : Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks.Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 30.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 40.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000.Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT WahanaSemesta Tegal

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 087749871236, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan Bahasa Tegal. Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surattugas dan tidak dibenarkan meminta/menerima imbalan dalambentuk apapun dari narasumber.

BAGI para guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected] juga dengan foto pose santai.

Donge Aja Buru-buruOleh: Zuhlifar Arrisandy

TAHUN pelajaran 2014–2015 dihebohkandengan pemberlakuan kurikulum baru.Kemendikbud berharap kurikulum anyaryang dirilis tahun lalu itu mulai berlaku

serentak di seluruh tanah air pada musim ini.Tentu tujuannya baik yakni membuat sistempendidikan kita semakin baik. Harapan-nya, output dari sekolah-sekolah di Indo-

nesia juga semakin unggul dan berkualitas.Sayang, implementasi kurikulum baru terkesan dipaksakan.

Itu terbukti dengan munculnya satu demi satu masalah. Yangmengemuka adalah belum tersedianya buku-buku panduan.Masalah tersebut sangat krusial. Sebab, buku-buku itulahyang menjadi panduan pelaksanaan kurikulum baru.

"Donge tah ya kari durung siap segala sesuatune, ajadipaksakna. Jare wong tuwa, kabeh-kabeh dong dipaksaknahasile ora apik!"

Data dari Kemendikbud, buku yang disiapkan sebanyak240 juta eksemplar. Masalahnya, belum semuanya terdis-tribusi ke sekolah. Penyebabnya beragam. Versi Kemendik-bud, urusan distribusi buku bukan tanggung jawab mereka.Hal tersebut adalah kewenangan pihak percetakan.

Tapi, masalahnya tidak sesederhana itu. Buku-bukutersebut sesungguhnya juga belum sepenuhnya dicetak.Untuk level SMA, misalnya, baru 60 persen buku yang dice-tak. Dari jumlah itu, baru 20 persen yang didistribusikan kesekolah.

Masih soal buku, masalah lainnya adalah keenggananpihak sekolah untuk memesan. Padahal, Kemendikbudmengklaim bahwa harga buku tersebut jauh lebih murah.Harga miring ternyata belum cukup meyakinkan pihak sekolahuntuk memesan buku-buku itu. Ada kesan pihak sekolahmemang ogah-ogahan.

Mereka malas memesan buku-buku tersebut karena tidakmendapatkan ”bagian”. Sudah menjadi rahasia umum bahwaselama ini ada praktik kongkalikong yang saling mengun-tungkan antara sekolah dan penerbit. Pihak sekolah menda-patkan komisi dari pemesanan buku.

"Kiye sing kudu ditegasna maning daning sing kuasa. Gurukuwe gajine wis mambrah-mambrah, nganggone ya mobillaka sing nganggo pit onthel. Loken tesih kolu kaya kuwe?"

Ada baiknya Kemendikbud mengevaluasi lagi programtersebut. Kurikulum baru memang bertujuan baik. Tapi,mungkin belum siap untuk dijalankan pada tahun pelajaransekarang. Benahi dulu sistemnya. (*)

MESTINYA implementasikurikulum 2013 sudah harusterlaksana pada 14 Juli 2014.Tetapi karena bersamaan de-ngan masa orientasi sekolah(MOS) dan libur Lebaran, kuri-kulum baru akan mulai efektifSenin, 4 Agustus 2014. Denganpengunduran itu, sudah tentuada yang dikorbankan, yaknijam belajar menjadi berkurangdan para guru harus mengejartarget materi pada bulan-bu-lan berikutnya.

”Tambahan waktu” itu ter-nyata tidak bisa dimanfaatkandengan baik oleh Kemendik-bud. Terbukti, belum semuaguru selesai dilatih dan ba-nyak sekali sekolah yang be-lum menerima buku sepertiyang dijanjikan. Itu adalah se-rentetan beban Menteri Pen-didikan dan Kebudayaan M.Nuh di sisa waktu dua bulanke depan.

Tak pelak, persiapan yangkurang maksimal itu mulaimenuai kritik dan mungkinkian menjadi-jadi jika sampaiakhir Agustus tidak ada kema-juan yang berarti. Itu tentusaja mengganggu pikiran PakNuh dan membuatnya kurangtidur.

Orang mengatakan bahwaitu akibat dia terlalu memak-sakan target dan kurang mem-pertimbangkan realitas di la-pangan. Dia tahu itu tidakmudah. Tetapi, dia harus pa-tuh pada Rencana Pemba-ngunan Jangka MenengahNasional (RPJMN) 2010–2014

PertaruhanKurikulum Baru

Oleh: Mursyid Burhanuddin*)bahwa perbaikan kurikulumharus mencakup seluruhsekolah. Implementasi kuri-kulum 2013 juga harus berjalandengan syarat dan perantiyang lengkap.

Yaitu, seluruh guru harusterlebih dulu dilatih. Dalamhal penyediaan buku –me-minjam istilah Wakil MenteriPendidikan dan KebudayaanMusliar Kasim, buku-bukuharus sudah tersedia di seko-lah sebelum anak didik dudukmanis di bangku kelas. Apajadinya jika sampai TAB dimu-lai, keduanya belum kelar?Tentu pemerintah akan kelim-pungan dan mencari cara lainmeski publik mulai gemas dansekolah sudah tidak sabarmenunggu.

Cara pertama sudah dila-kukan. Yaitu, memperpanjangjadwal pelatihan dan mem-berikan kelonggaran kepadapenyedia barang untuk me-ngirim buku sampai 18 Agus-tus. Guru-guru yang belumdilatih juga akan mendapat-kan giliran, entah sampaikapan.

Untuk mengatasi keterlam-batan pengiriman buku, seko-lah dikirimi compact disk (CD)yang berisi konten buku ku-rikulum 2013. CD itu bisa di-gunakan oleh para guru untukmengajar dan dapat dicetakatau difotokopi sesuai ke-butuhan.

Masalah baru muncul. Sia-pa yang menanggung biayacetak atau biaya fotokopi? Pa-

dahal, biaya tersebut lebihmahal ketimbang harga bukuitu sendiri. Lalu, kalau terusdisuruh menunggu, siapayang bisa menjamin buku-buku itu pasti datang?

Bolehlah Kemendikbudmenjamin –dan itu sudah me-reka buktikan dengan berba-gai edaran serta Permendik-bud Nomor 53 Tahun 2014.Pak Nuh juga tidak bosan-bosan mendesak penyediabarang yang merupakan pe-menang lelang cetak e-cata-logue agar mereka bekerjacepat dan dirinya siap mem-bantu. Tetapi, hingga akhirJuli, perkembangannya seper-ti berjalan di tempat.

Tampaknya target 100 per-sen kian sulit dicapai. Apalagi,sukses tidaknya dropping-buku itu sepenuhnya bergan-tung pada kemampuan mere-ka dan pemerintah hanya bisamembuat aturan yang me-mudahkannya. Orang tidaktahu bahwa itu pekerjaan rak-sasa yang membutuhkan mo-dal sangat besar dengan tek-nik penanganan yang rumit.Jumlah buku yang dicetak ju-ga tidak main-main dan wak-tunya sangat pendek.

Itu tidak bisa dibandingkandengan jumlah lembar suratsuara KPU, misalnya. Sebab,245 juta eksemplar buku yangdicetak ekuivalen dengan 49miliar halaman jika setiap bu-ku memiliki ketebalan rata-rata 200 halaman. Buku-bukuitu harus dijilid dan terkirim di

hampir 270 ribu titik dengankelengkapan SPJ-nya.

Celakanya, logika penyediabarang tidak sesederhanayang dipikirkan oleh peme-rintah. Pemerintah hanya me-ngatakan bahwa buku-bukusudah selesai cetak dan akantiba di sekolah sesaat sebelumTAB. Padahal, mereka ber-harap sekolah mau membayarterlebih dulu sebelum mele-pas barang (dan itu sesuatuyang tidak mungkin terjadi).Mereka takut jika setelah bukuterkirim ternyata tidak segeradibayar oleh sekolah. Karenaitu, sebagian dari mereka sa-ngat bergantung pada ekspe-disi yang juga bertugas se-bagai juru tagih.

Bagi sekolah, perubahankurikulum sebenarnya adalahhal yang rutin saja. Biasanyamereka hanya dibekali pela-tihan dan tidak dijanjikan apa-apa, kecuali hanya dimintamelaksanakan secara ber-tahap dan tidak ada prasyaratyang mengikat.

Mereka juga tidak dijan-jikan menerima buku gratis.Dengan begitu, kurikulum ba-ru tetap bisa berjalan denganatau tanpa buku. Para guruatas prakarsa sendiri tetapbisa mengajar dengan meng-gunakan sarana yang ada danberbagai referensi sebagaisumber belajar. Itu berbedadengan kurikulum 2013.

Pada jenjang SD, kegiatanpembelajaran akan macet jikatidak ada buku. Sebab, model

pengajaran pada jenjang itumenggunakan pendekatantematik terpadu dan materipelajaran disusun sesuai de-ngan tema yang ditetapkanpemerintah. Para guru yangsudah mendapatkan pelati-han pun akan sulit me-ngembangkan pembelajaranjika tidak ada buku pegangan.

Ketika hanya berharap pa-da dropping buku, sekolahmenjadi tersandera. Jika akhir-nya buku-buku itu tidak da-tang, ia hanya bisa menggu-nakan peranti CD. Dari sudutitu, kondisi yang demikiantidak sesuai dengan tujuansehingga bisa disebut suatukemunduran. Dulu, pada za-man buku sekolah elektronik(BSE), sekolah masih bisamembeli BSE versi cetak ditoko buku, di samping e-bookyang dengan mudah bisa me-reka dapatkan dari internet.

Dengan hanya memerca-yakan urusan penyediaan bu-ku kepada pemenang lelang,pemerintah ibarat menaruhtelur dalam satu keranjang.Tetapi, jika lelang e-cataloguemasih diyakini sebagai sistemyang paling bagus, mestinyaakan efektif.

Karena itu, Pak Nuh beranimempertaruhkan reputasi-nya justru di penghujung ma-sa jabatannya. (**)

*) Direktur Penerbit danPercetakan Masmedia

Group

Luar Biasa MaceteKongkon ora macet sing ngendi

wong jembatan nggo ngetem ang-kudes, mikro, durung becake landokare. Apa maning pas jam kerja,luar biasa macete! Ngadepi arusmudik tulung dokare aja mlebupusat kota andon gawe macet tok.Diatur jam operasine lan ari ngetemaja pada sakepenake dewek. Elingkuwe dalan umum dudu duwenebiyunge, melasi pengguna dalanliyane. Menurute aku, Bumiayukota sing paling semrawud se-In-donesia.

081903206928

GaningBerkembang Bae?

Enyong lagi cilik dimein krungujare Indonesia kuwe negara ber-kembang. Lah saiki aku umure 40tahun ganing esih negara berke-bang bae, kapan ana wohe? Sabe-nere kembang apa donge sih ko oradadi-dadi woh?

085743606878

Nasib HonorerAku tah mlongo ning sekolahan.

Lah guru olih gaji, sertifikasi, olihmaning gaji ke-13, lah aku tenagahonorer, bayaran mung bisa nggotuku bensin tok. Aku karo bojomangan apa donge laka sing nggotuku. Mugane para pejabat singdimein amanat, aja mung kandamasalah kemausiaan, ning kenecoba dipikir nggo akal sehat.

085743606878

Taman Poci KumuhKarena pengunjung Taman Poci

tidak disiplin, buang sampah padatempatnya, sampah berserakan diTaman Poci. Tak sedap dipandangmata (kumuh). Harap pengunjungTaman Poci sadar, disiplin buangsampah di tong sampah yang telahdisediakan. Harap Pemkot Tegalmenambah tenaga tukang sapuditempatkan di Taman Poci. JugaDPU agar disiplin angkut sampahsetiap hari dari tong sampah TamanPoci. Jaga kebersihan Taman Poci.

085786799410

Asal Main TilangBapak-bapak polisi yang bertu-

gas di Jl. Kartini kalau pagi, tolongjangan asal main tilang. Please dehPak!

089667078492

Penerapan AmdalSeharusnya Kabupaten Tegal su-

dah menerapkan amdal secara me-nyeluruh. Karena amdal itu kajianakademis untuk segala aspek ter-masuk jalan dan lalu lintas.

085729580426

Warung LesehanMengganggu

Assalamualaikum wr. Wb. Kena-pa di sepanjang daerah Banjaranmasih banyak warung lesehan yangkerap mengganggu lingkungan ja-lan? Bagaimana itu? Apa nggak adapenertiban?

085786507101

Macet ParahK@ng Jon Enyong pan ngresula.

Bisane jalan dua sing neng Debongnggo lewat truk-truk gede? Dongen

pimen sih Kapolrese? Dalan singnggo bebas hambatan lewat motor-motor, saiki gadi macet nemen.Enyong ning mangkat kerja gaditelat terus. Tolong nggo Kapolrese,kuweh jalan dua nggo lewat motor,matur suwun Kang Jon.

082225578383

Jalan TembusDiperbaiki

Assalamualaikum wr.wb. BapakBupati Yth dan Kepala DPU Kabu-paten Tegal, tolong untuk jalanDesa Kaligayam utara perbatasanDesa Kademangaran (jalan kom-plek batu bata) segera diperbaiki.Karena jalan tersebut jalan satu-satunya untuk tembus ke Kota

Tegal. Padahal di daerah Kaliga-yam ada yang jadi anggota de-wan. Mohon segera diperbaikisegera. Terima kasih. Wassala-mualaikum wr.wb.

081901293841

Parkire Larang!Parkir ning RS DR Soeselo Slawi

larang yah. Wingi aku parkir sore-sore tarife Rp 2.000, terus barangpan balik kira-kira pas waktu sahursadurunge subuh dijaluki maningRp 2.000. Alesane karena nginep.

08156945717

Dalan Dr Wahidin KecamatanTaman Kabupaten Pemalang kahsenajan rusake parah tapi mungdiuruk krakal tok. Korban tiba wisakeh, apa maning motore wargadadi pada ambrol gara-gara dalankuee. Pajek motore tambah mun-dak, tapi dalan rusak main oraweruh.

087733444341

masyarakat Banjaran.085786507101

Kurang ProfesionalAssalamualaikum wr. Wb. Tolong

polisi yang mengatur lalu lintas diKlonengan Prupuk harus bersikapadil dan professional. Kalauberlakukan buka tutup diatur yangadil, bukan kendaraan yang dariJakarta diprioritaskan, tapi yangdari Purwokerto pun diberlakukansama. Jangan main tahan/bukatutup seenaknya tanpa adil. Semuapunya hak menggunakan jalan.Selamat bekerja yang professional,jadi tidak macet total. Terima kasihRadar Tegal.Dalan Diuruk Tok

Om Rateg, aku melu ngresula kiye.

Lesehan BanjaranDibiarkan

Kenapa tempat lesehan di KotaTegal pada dibubarkan, tapi di Ban-jaran kenapa tidak sekalian dibu-barkan. Bagaimana itu Satpol PPtugasnya. Padahal di Banjaranbanyak lesehan yang mengganggu 081548035391

Page 3: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 4: Radar Tegal 4 agustus 2014

AGENDA HOTELHOTEL KARLITA

Rabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

HOTEL BAHARI INN Tegal

- Setiap Hari

Live Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB

- Sabtu

Happy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

RIEZ PALACE HOTEL

- Senin sampai SabtuPick up service Gratis. Layanan antar jemput gratis setiaphari kerja. Dari atau ke Stasiun KA & Terminal Bus TegalSpesial menu “Afternoon Tea” tiap pukul 17.00-19.00 WIBdi Abunawas Resto lt.4

- Selasa, Rabu, Jumat & Sabtu

Live Music pukul 20.00-23.00

Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399

Hotel Karlita (0283) 358050

Orange Karaoke (0283) 322022

Riez Palace Hotel (0283) 353773, hunting (0283) 358978

Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284

Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo

- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331

- d’POSO resto (0283) 6144277

- Anggraeni Hotel (0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

- Anggraeni Hotel (0283) 6184090

JL.Raya Timur No.9 Jatibarang-Brebes

- Dian Hotel (0283) 877216

JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes

- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 342245

3. Polresta Tegal (0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal (0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 354695

8. Rumah Sakit Amanah Mahmudah (0283) 6183504

RADAR TEGAL SENIN, 4 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comINTERMEZO4

DUNIA hiburan Indonesiakehilangan salah satu pelawakterbaiknya. Mamiek Prakoso,salah satu pelawak Srimulat,dikabarkan meninggal duniapada siang ini, Minggu (3/8)siang ini.

“Innalillahi wainna IllaihiRoji`un, turut berduka citaatas meninggalnya saudarakita, Mamik Prakoso,” demi-kian pesan berantai yang dite-rima redaksi Rakyat MerdekaOnline.

Mamiek Prakoso mening-gal dunia di Rumah Sakit Bra-yat Solo. Menurut rencanajenazah almarhum akan dima-kamkan di Ngawi, Jawa Timur.

“Semoga arwahnya diteri-ma disisi Allah S.W.T sesuaiamal dan ibadahnya,” begituisi lanjutan pesan singkattersebut.

Dalam pesan berantai ter-

PelawakMamiekMeninggalDunia

tulis informasi mengenai wa-fatnya Mamiek Prakowodisampaikan Didi Kempot,penyanyi campursari yangmerupakan kakak kandungMamiek.

Mamiek Prakoso lahir di Sa-latiga, Jawa Tengah pada 6April 1961. Mamiek adalahpemeran dan pelawak Indo-nesia. Ia mengawali karier se-bagai pelawak melalui gruplawak Srimulat.

Mamiek tercatat pernahtampil dalam sejumlah filmantara lain ‘Kanan Kiri OK’(1989), ‘Makelar Kodok’(1989), ‘Mas Suka, MasukinAja’-’Besar Kecil I’ts Okay’(2008), dan ‘King’ (2009).

Dua filmografi terakhir Ma-miek adalah ‘Finding Srimu-lat’ (2013) dan ‘Air MataTerakhir Bunda’ (2013). (dem/rmo/jpnn)

ARTIS Angel Lelga kini telah memutuskanuntuk menutup auratnya dengan berhijab.

Gayanya menggunakan hijab yang takbiasa kerap ingin diikuti oleh masyara-kat, terutama ibu-ibu.

Janda Rhoma Irama ini bahkanmengaku kerap dimintai tolong olehibu-ibu untuk berdemo memeraga-kan gaya berhijabnya. “Kalau di jalan,saya suka ditanya ‘Mba Angel maudong pakein hijabnya kayak gimana’.Jadi aku kayak berdemo hijab di jalan,”ungkapnya di salah satu infotainment,Minggu (3/8).

Dari situlah maka kemanapun ia pergi,wanita berumur 30 tahun ini selalu me-

nyisipkan satu kerudung milik-nya di tas, untuk dijadikan

demo bila sewaktu-waktu ada yang me-mintanya. Sejauh

ini, ia merasa takterganggu bila

ada yangm e m i n -

tanyauntuk

meme-r a g a -kan ga-

ya hijab-nya.

“Makanya,sekarang kalauaku pergi ke ma-na-mana selaluaku selipin satukerudung. Ya se-neng aja, secaranggak lang-sung saya kanngajak orangberhijab,” tu-tur caleg PPPini. (chi/jpnn)

ANGEL LELGA

Sisipkan Satu Kerudung,Demo Hijab di Jalan

SALAH satu finalis Ameri-can Idol, Michael Johns me-ninggal dunia pada Jumat (1/8). Penyanyi yang juga penulislagu dari Australia tersebutmeninggal dunia dalam usia 35tahun.

Kabar duka ini dirilis olehTMZ pada 1 Agustus 2014.TMZ mengungkapkan bahwaMike meninggal akibat pem-bekuan darah.

Sehari kemudian, fan page,Michael Johns di Twitter

mengkonfirmasi kematianidola mereka. Namun merekatidak memberi keteranganpenyebab kematian finalisAmerican Idol Season 7 ter-sebut.

“Dengan berat hati kamimengkonfirmasi berlalunyateman kita Michael Johns. Tidakada rincian lainnya yang bisadiberikan. Dimohon untukmenghormati privasi Mike dankeluarga,” tulis fan page MichaelJohns di Twiter. (abu/jpnn)

MICHAEL JOHNS

Finalis American IdolMeninggal Dunia

PASANGAN selebritis Jenni-fer Lawrence dan NicholasHoult mengumumkan perpi-sahan mereka. Ini bukanlahkali pertama, sebab pasanganitu juga sempat mengu-mumkan peripisahannya di2012.

Hingga kini, belum diketa-hui penyebab putusnya hubu-ngan asmara itu. Namun se-hari sebelum pengumuman,Kristen Stewart dan Nicholaskepergok makan bersama disebuah restoran Sushi di Je-pang.

Seorang pengguna Twitterdengan akun @turducken09sempat mengabadikan makansiang bersama itu. @turduc-ken09 bahkan mengunggahfoto sebagai bukti Kristen danNicholas makan siang ber-sama.

Ada dua foto yang diunggah@turducken09. Foto pertamamemperlihatkan, Kristen danNicholas sedang asyik dudukbersama di meja. Sementara fotokedua memperlihatkan Kristendan Nicholas jalan bersamadengan posisi Kristen sedikitberada di depan. (abu/jpnn)

KRISTEN STEWART

Diduga Penyebab PutusnyaJennifer dan Nicholas Hoult

KIMBERLY Ryder tidak per-nah main-main menekuniprofesinya sebagai seorangaktris. Dari serial televisi, FTVhingga layar lebar, semuanyadilakoninya dengan mak-simal.

Bahkan, perempuan yangmemiliki nama lengkap Kim-berly Alvionella Ryder ini tidakpernah mengotak-kotakanperan yang didapatkannyaselama ini mulai dari peranantagonis hingga prontagonissemuanya ‘dilahapnya’.

Hanya saja, dari beragamgenre film yang dimainkanyaitu, artis yang mendapat bakatakting dari sang ayah, NigelRyder, yang berkewarganega-raan Inggris, dan urusan mod-eling dari sang bunda, IrvinaRyder yang juga seorang mo-del senior itu masih merasa

‘haus’ akan dunia peran.Pasalnya, ada genre yang

sampai saat ini belum kesam-paian. ”Yang belum kesam-paian sampai sekarang itu laga.Aku ingin banget main action,”ujar Kimberly di kawasan Se-tiabudi, Jakarta Pusat, bebe-rapa pekan lalu.

Semua genre film yang di-mainkanya memang cukupmenantang. Namun karena‘doyan’ mengkonsumi filmbergenre action. Terbesit ke-inginan dari perempuan kela-hiran Jakarta, 6 Agustus 1993tersebut untuk mewujudkandalam film yang diperankan-

nya.”Aku itu senang banget non-

ton action. Dan banyak bangetfilm action yang aku suka salahsatunya ‘The Raid’,” ujar Kim-berly.

Rupanya, sebagai perem-puan berparas cantik dengankulit yang mulus, bermain filmlaga bukanlah hal yang sulitbaginya. Bahkan jika ada ke-sempatan dirinya ingin ber-main film seperti halnya ‘TheRaid’.

”Bukannya aku hobi beran-tem. Tetapi banyak yang tidakbisa aku lakukan di dunia nya-ta bisa aku lakukan di dunia

akting,” ceritanya.Dengan alasannya itu, Kim-

berly memilih akting sebagaijalan hidupnya. Dan itu bukanhanya karena alasan materi,akan tetapi ada satu kepua-saan saat karyanya di duniaperan dinikmati banyak pe-nonton. ”Semakin banyakyang terhibur kian semangatkita berkarya,’ jelasnya.

Oleh karena itu, untuk me-matangkan kemampuannyadi dunia seni peran, artis yangtengah disibukkan denganproses syuting film terbaru-nya, Marry Riana tersebut be-rencana melanjutkan pendi-

dikan kuliah ke luar negeridengan mengambil jurusanakting.

Sudah ada tiga universitasyang telah menjadiincarannya di antaranya RoyalAcademy of Dramatic Art diInggris, Guildhall di Inggris,dan Screenwise di Australia.”Ketiga universitas itumemiliki kualitas terbaik dijurusan akting,” jelasnya.

Dengan berbekal kemam-punnya berbahasa Inggris,Kimbely berharap usai luluskuliah bisa menembus pasarinternasional. Salah satunyaHollywood.

Ini seperti sejumlah pemainsenior lain, sebut saja JoeTaslim dengan film ‘Fast Furi-ous 6’ atau Aryo Bayu denganfilmnya ‘Seranggoon Road’.(ash/jpnn)

KIMBERLY RIDER

Bidik Market Hollywood

KEMARIN menjadi harispesial bagi Sari Ater Hotel &Resort, Subang, Jawa Barat,yang kedatangan tamu isti-mewa artis papan atas AnangHermansyah bersama istri,Ashanti, serta kedua anaknyaTitania Aurelie Nurherman-syah dan Azriel Akbar Her-mansyah.

Anang yang merupakan ca-leg PAN terpilih menjadi ang-gota DPR RI dari dapil IV JawaTimur ingin menikmati masaliburan bersama keluarganya.Apa saja kegiatannya?

Kedatangan keluargaAnang sekitar pukul 13.00 WIBdisambut kalungan bungadari Public Relations Sari AterHotel & Resort H Yuki Azuania.Kegiatan ini juga menjadi per-hatian para pengunjung yangmemadati objek wisata alamitu. “Ini mengisi waktu liburanLebaran kali ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Saya dankeluarga berkeliling ke ber-bagai tempat wisata di Indo-nesia. Salah satunya Sari AterSubang ini. Memiliki keunikandan sangat lengkap denganwahana rekreasi di dalamnya.Sehingga sangat tepat berliburbersama keluarga, terutamabagi anak-anak yang senangbermain outbond,” kataAnang, Sabtu (2/8).

Dijelaskannya, Subang me-rupakan salah satu kota yangpaling unik yang berada di

Jawa Barat. Sebab, satu-satu-nya kolam pemandian air pa-nas yang mengagumkan ha-nya ada di Kota Subang. Seha-rusnya kata dia, Sumber DayaAlam (SDA) yang dimiliki inidijaga dengan sebaik-baiknya.Perlu dorongan semua pihak,tidak hanya pemerintah.

“Jadi salah satu kekayaanalam ini harus dijaga bersama-sama. Jangan sampai tidakterawat. Semua elemen harusterlibat di dalamnya. Terlebih,jika saya masuk ke Senayannanti mudah-mudahan sayabisa memajukan tataran para-wisata di seluruh Indonesia,”tegasnya.

Anang mengaku menge-tahui keberadaan Sari Ater dariistri tercintanya Ashanti. Sejakpertama kali hingga saat inidirinya ketagihan dan tidakingin melewatkan waktu libu-rannya ke Sari Ater.

“Yang pasti saya juga men-dengarkan keinginan istri dananak-anak. Yang pasti Sari Atersangat disukai, terutama out-bond bagi anak saya,” papar-nya. Sementara Ashanti me-ngaku, dirinya pun merasasenang dan enjoy ketikaberada di Sari Ater tersebut.Terutama bisa menikmatiliburan setelah perayaan hariraya idul Fitri. Untukmenghilangkan rasa suntukdan penat ketika berada diKota Jakarta. (*/man)

ANANG HERMANSYAH

Ketagihan ke Subang

Page 5: Radar Tegal 4 agustus 2014

SENIN, 4 AGUSTUS 2014 5

BidandanPasienDekatkanBELAJAR tidak hanya dilakukan

oleh murid maupun mahasiswa saja.Ini juga seharusnya dilakukan olehibu hamil (bumil) untuk mengetahuikondisinya dan apa yang harus dila-kukan selama kehamilannya. Mulaidari awal kehamilan hingga ketikamelahirkan dan menyusui nanti.

’’Kegiatan belajar ini dilakukan dikelas hamil, agar mereka bisa belajardan bisa menerapkannya selama ma-sa kehamilan,’’ ungkap Etty Rach-mawati SKM, Ketua Ikatan Bidan In-donesia (IBI) Kota Tegal.

Dengan kelas bumil ini, sekaligusmendekatkan antara bumil dan bi-dan. Sehingga rasa nyaman dan amanakan membuat bumil lebih tenangmenghadapi persalinan. Pasalnya,pengaruh psikologis bumil sangatbesar bagi kesehatannya. Apalagiketika menjelang persalinan, harustetap tenang dan merasa nyamansehingga proses kelahiran lancar.

’’Berdasarkan pengalaman sayamenjadi bidan, bumil yang kekha-watirannya lebih besar bisa menye-babkan kesulitan saat melahirkannanti,’’ katanya.

Ketika bumil gelisah, takut dankhawatir, maka akan berpengaruhjuga pada proses persalinan. ’’Maka-nya bumil tidak boleh digalakin, se-mentara masih ada image bidan galakdi masyarakat,’’ katanya. Ini sangatdisayangkan, karena pada dasarnyatidak seperti itu.

Yang harus diketahui oleh ibu hamiljuga adalah sebaiknya rutin memerik-sakan kehamilannya baik di bidanmaupun di dokter kandungan. Ken-dati menurut aturan minimal 4 kali

selama masa kehamilan, namun itujauh dari cukup. Setidaknya satu bu-lan sekali. Bahkan, tak jarang yangdatang dua kali dalam sebulan karenamasalah seputar kehamilan yangdideritanya. ’’Ada pasien yang kadangdua minggu sudah datang lagi,’’ ka-tanya. Jadi, lebih dari 9 kali bumilmemeriksakan kandungan, baik ke-tika ada masalah maupun sekedar cekkondisi kesehatannya saja.

Selain itu, bumil juga harus mengon-sumsi makanan yang bergizi. Bukan

sekedar dari jumlahnya yang ditam-bah, namun lebih tepatnya kandu-ngan gizinya yang harus lebih leng-kap. Istirahat yang cukup serta pikiranyang tenang menjadi kebutuhan se-lanjutnya yang harus dipenuhi. Ter-kait makanan, tidak ada pantanganbagi bumil. Yang terpenting tidakterlalu banyak, misalnya makan du-ren, makan makanan pedas dan kecutserta lainnya.

Pihkanya juga sudah bekerjasamaserta ada komitmen dengan dokter

kandungan. Jika ada kondisi daruratdan sudah hampir waktunya me-lahirkan, maka langsung lapor kedokter untuk mendapatkan instruksilangsung. Namun, jika masih me-mungkinkan langsung dibawa ke ru-mah sakit untuk mendapatkan pe-nanganan lebih lanjut dan lengkap.

’’Yang terpenting ibu terus me-mantau kesehatannya sendiri denganrutin periksa, makan makanan yangberigizi, serta istirahat dan relaks,’’pungkasnya. (ela)

BIODATANama : Etty RachmawatiLahir : 3 Juni 1957Suami : (alm) Hariyanto

ANAK:

1. Sulung Pramedis2. Dwi Ratih Dewanti3. Bunga Pradisti

PENDIDIKAN:

- SPK Muhammadiyah Bandung- D1 Kebidanan Pekalongan- D3 Kebidanan Panti Wiloso Semarang- S1 FKM Stikes Cirebon- D4 Kebidanan Politeknik Cirebon

ORGANISASI:

- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tegal- TP PKK Kota Tegal- Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tegal- Dosen Politeknik Harapan Bersama- Dosen Akper Pemkot Tegal

ASUPAN gizi yang seimbangsudah pasti akan memberikanmanfaat kesehatan bagi tubuhAnda, tidak terkecuali denganasupan mineral yang cukup,dalam arti tidak berlebihanatau kekurangan. Salah saturisiko kesehatan yang Andaalami ketika kekurangan salahsatu mineral bernama zat besiadalah anemia.

Namun bagaimana jika An-da mengalami kelebihan asu-pan zat besi? Belum terpikirpenyakit apa yang akan meng-hantui Anda jika zat besi ber-ada di dalam tubuh Anda da-lam jumlah banyak, benar be-

gitu? Berdasarkan kutipan dariwww.healthcentral.com, se-buah penelitian menunjuk-kan jika Anda mengalami kele-bihan zat besi, hal ini dapatmenyebabkan beberapa pro-tein di dalam tubuh menjadiberacun.

Para peneliti tersebut berang-gapan bahwa protein beracunkemudian membangun areahippocampus di dalam otakuntuk menghancurkan jari-ngan dan mengganggu sistempengiriman dan penerimaansinyal antara neuron otak. Halini bisa berakibat hilang mun-culnya ingatan dan kebingu-

ngan pada orang yang men-derita.

Dengan gejala tersebut, seka-ligus juga mengindikasikanadanya potensi besar terjadi-nya Alzheimer.

Penyakit Alzheimer sangatberhubungan erat dengansyaraf otak dan hubunganantar neuron otak.

Jika Alzheimer semakin pa-rah, maka akan banyak me-mori yang hilang dari ingatanpenderita karena beberapaneuron otak secara perlahanmati atau tidak bisa menerimasinyal lagi, dan hal ini tidakbisa diobati. (hkc)

TUGAS orang tua bukanhanya memberikan nafkahsecara lahir saja. Memenuhikebutuhan pangan, sandangdan papan semata. Yang lebihpenting lagi adalah mendidikmereka menjadi generasi ber-kualitas. Termasuk juga mem-berikan modal kepada buahhati bukan sekedar materi be-laka. Justru yang lebih utamaadalah bekal ilmu pengeta-huan dan pendidikan.

Hal ini juga yang diterapkanEtty Rachmawati kepada ke-tiga anaknya hingga sekarang.Bahkan, putri bungsunya punterus didorong untuk melan-jutkan sekolah ke jenjang yanglebih tinggi selagi masih adakesempatan. ’’Banyak yangmenawarkan deposit bank,namun saya lebih memilih de-posit ilmu sebagai modal anak-anak kedepan,’’ katanya.

Pendidikan ini benar-benarditekankan Etty kepada anak-anaknya, karena manusiayang berilmu akan ditinggikanderajatnya dan insya Allah bi-sa survive di dunia dan ak-herat. Sehingga, jauh lebihutama dibandingkan denganmateri ataupun harta melim-pah.

Pentingnya pendidikan ini

sangat dirasakan setelah ke-pergian suaminya sekitar limatahun yang lalu. Dukunganpenuh suami agar dirinya me-lanjutkan pendidikan lagi be-nar-benar ada hikmahnya saatini. Terlebih ketika memulaiusahanya membuka klinik ber-salin sekitar tahun 2000 lalu.

’’Saya bergelut di bidangkesehatan memang sejak daribawah, mulai dari SPK danmengabdi di RSUD Kardinah

Kelebihan Zat BesiSebabkan Alzheimer

sebagai perawat,’’ katanya.Dilanjutkan pendidikan D1Kebidanan di Pekalongan,serta lebih mendalam lagi padajenjang D3 Kebidanan di PantiWiloso Semarang.

’’Dulu bapak juga mendo-rong untuk melanjutkan ke S1,karena waktu itu saya kebe-tulan menjadi dosen di poli-teknik dan akper,’’ tambahnya.Menurutnya, tidak lucu jugaketika D3 mengajar mahasis-

wa D3 juga. ’’Sayangnya, be-lum sempat melihat prosesiwisuda, bapak sudah dipang-gil Yang Maha Kuasa,’’ kenang-nya. Takdir inipun diterimadengan tabah oleh Etty, danbisa mengambil hikmahnyadengan baik pula. ’’Ternyatamemang semuanya sudah di-atur, dan kita harus yakin iniyang terbaik dan pasti ada se-suatu yang indah setelahnya,’’ujarnya. (ela)

Beri Bekal Ilmu Pengetahuan

Waspadai Pre Eklampsia pada BumilKEHADIRAN buah hati adalah hal

yang dinantikan setiap pasangan suamiistri. Proses persalinan menjadi salahsatu tahapan yang ditunggu-tunggu ibuhamil, sekaligus menjadi momen yangpaling mendebarkan. Melahirkan men-jadi sesuatu yang menyenangkan karenasi kecil yang telah berada sembilan bulandi dalam kandungan akan meramaikanhari-hari keluarganya.

Akan tetapi di sisi lain persalinan jugamenjadi mendebarkan khususnya bagicalon ibu baru, dimana terbayang prosespersalinan yang menyakitkan, menge-luarkan energi yang begitu banyak, dansebuah perjuangan yang cukup mele-lahkan. Proses persalinan juga meru-pakan perjuangan antara hidup dan matibaik sang ibu maupun jabang bayi.

‘’Sehingga harus dipersiapkan denganbenar, serta dipantau oleh petugas kese-hatan secara teliti,’’ ungkap Etty Rah-mawati. Sehingga tidak muncul angkakematian ibu (AKI) melahirkan atauangka kematian bayi (AKB) baru lahir.

Dosen Kebidanan Politeknik HarapanBersama ini menjelaskan, banyaknyakematian ibu melahirkan ini sebagianbesar disebabkan oleh pre eklampsia.Tekanan darah tinggi pada ibu hamilmenyebabkan perdarahan hebat dankejang sehingga mengakibatkan kema-tian.

’’Sampai saat ini penyebab utamanyabelum diketahui, sehingga bidan sebagaiujung tombak harus bisa mendeteksi

dini ketika ada resiko tinggi pada ibuhamil,’’ katanya.

Ketika ada diagnosa yang mengarahpada resiko tinggi tersebut, langsungdirujuk ke dokter obgyn atau dokterkandungan untuk segera ditindak lan-juti. Sehingga, bumil resti ini terus dipan-tau dan mendapatkan terapi ataupunpenanganan yang bagus hingga per-salinan nanti. Pengaruh psikologis jugacukup tinggi pada bumil. Sebaiknya,bumil harus tenang dan rileks serta cukupistirahat.

Tekanan darah tinggi ini biasanyaterjadi pada trimester 3, padahal padatrimester 1 dan 2 kondisi bumil baik-baik

saja.’’Pada ibu hamil, hormon dalam tubuh

mereka berbeda dengan kita yang nor-mal. Dan pengobatannya adalah de-ngan melahirkan, maka tekanan darahtinggi tersebut akan dengan sendirinyaturun,’’ terangnya.

Hanya saja, 24 jam pertama masih da-lam pengawasan. Jika bisa dideteksi dariawal, maka pengelolaan baik dan bumilresti bisa tertolong. Kematian yang terjadi,sebagian besar karena mereka terlambatsaat dibawa ke rumah sakit. Itulah me-ngapa deteksi dini bumil resti harus lebihditingkatkan sehingga kematian ibu me-lahirkan tidak semakin tinggi. (ela)

Page 6: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 7: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 8: Radar Tegal 4 agustus 2014

CMYKCMYK

BISNIS8SENIN, 4 AGUSTUS 2014 website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com

CMYK

TEGAL – Kebutuhan ma-syarakat yang beragam danterus berkembang membuatKospin Jasa Syariah hadir de-ngan sederet produk terbaik.Masing-masing produk ataulayanan yang ada bisa diman-faatkan secara maksimal agarkebutuhan di tengah masya-rakat dapat dipenuhi.

Kepala Cabang Kospin JasaSyariah Tegal Eti menuturkan,produk yang dapat diman-faatkan oleh masyarakat ataunasabah diantaranya Simpa-nan Harkop Syariah. Melaluiproduk ini, simpanan nasabahakan aman dan hadiahnyaberlimpah setiap kelipatan Rp25 ribu nasabah akan men-dapatkan 1 poin. Adapun ha-diah yang pertama berupabiaya perjalanan ibadah haji

untuk 2 orang, hadiah ke-2biaya perjalanan ibadah um-rah untuk 2 orang, hadiah ke-3 berupa 3 unit sepeda motor.Sementara hadiah ke-4 be-rupa 10 televisi 21’, hadiah ke-5 berupa 10 mesin cuci, hadiahke-6 berupa 10 lemari es. Un-tuk hadiah ke-7 berupa 10 minicompo dan hadiah ke- 8 10 ricecooker.

Kospin Jasa Syariah jugamemiliki produk lain yaitu Sim-panan Keluarga Sejahtera JasaSyariah (Sikersa). Dengan se-toran Rp 25 ribu per bulan,nasabah akan berkesempatanmendapatkan hadiah. Apa-bila nasabah menyetor uangtabungan rutin setiap bulansesuai ketentuan, maka no-mor tabungan akan diikutkandalam penyaringan untuk

mendapatkan pengembaliansimpanan dan nasabah akandibebaskan dari setoran-se-toran berikutnya. Terdapatpula grand bonus berupa 1LCD TV 32’, 1 LCD TV 22’, 1lemari es, 1 Hp Nokia, 1 DVDplayer dan 1 magic com.(gun)

BERI JAWABANKehadiran New Satria F150 Black Fire,diharapkan bisa memberikan jawabanserta pilihan bagi masyarakat yangmembutuhkan sepeda motor tangguhdengan desain terbaik dan hargakompetitif agar bisa mendukung kegiatansehari-hari.

TEGAL – Untuk menjawab kebu-tuhan konsumen akan sepeda mo-tor yang gagah dan bertenaga sertadilengkapi sederet teknologi ter-baru, Suzuki kembali hadir denganvarian terbaru yaitu New Satria F150Black Predator.

Ganeral Manager Indo SaranaMotor Tegal Lolong Suharjito me-ngatakan, New Satria F150 BlackPredator dilengkapi new striping.Striping dikemas lebih dinamis danagresif yang membuat tampilannyamenjadi lebih sangar dan bikin ciutnyali lawan. Disokong mesin DOHC150 cc 4 valve, New Satria F150 BlackPredator memberikan tenga ekstrimdan tarikan mantap yang membuat-nya semakin sulit dibalap.

New Satria F150 Black Predatordilengapi DOHC 6 speed, transmisi 6percepatan, ekselerasi lebih spon-tan. Terdapat pula Suzuki AdvanceCooling System (SACS) yang mem-buat sistem mesin selalu maksimaldan siap dipacu kapanpun dibu-tuhkan. New Satria F150 Black Firedilengkapi dengan security alarm,black muffler, blue headlamp danteknologi terbaru yang ada di dalam-nya.

Bagi masyarakat Tegal dan seki-tarnya yang masih penasaran daningin melihat dari dekat varianterbaru keluaran Suzuki tersebut.Tidak perlu ragu untuk datang keshowroom Indo Sarana Motor.Pihaknya juga menghadirkan pro-

gram spesial berupa potonganhingga 5 kali untuk pembeliansecara kredit. Untuk harga sendiri,New Satria F150 Balck Predatordibanderol Rp 21.125.000, on theroad (OTR) untuk wilayah Tegaldan sekitarnya.

Kehadiran New Satria F150 BlackFire, jelasnya, diharapkan bisa mem-berikan jawaban serta pilihan bagimasyarakat yang membutuhkansepeda motor tangguh dengan de-sain terbaik dan harga kompetitifagar bisa mendukung kegiatan se-hari-hari.

“Dapatkan New Satria F150 BlackPredator dan nikmati semua kecang-gihan serta ketangguhan yang ada didalamnya,” ajaknya. (gun)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

VARIAN TERBARU – Suzuki meluncurkan New Satria F150 Black Predator dengan dominasi warna hitam.

SuzukiNewSatria F150BlackPredator

MAKIN GAGAHDAN BERTENAGA

Indonesia Digital Homeatau IndiHome dari Telkom

memberikan banyakpilihan bagi pelanggan

setianya. Layanan tersebutbisa dimanfaatkan dengan

memaksimalkan Speedyagar semakin banyak

pilihan berkualitas yangdapat dinikmati pelanggan.

KAKANDATEL TegalPungkas Untea mengatakan layanan

IndiHome bisa dimanfaatkanpelanggan Speedy untuk me-nont on Usee TV. Banyak fiturterbaru yang akan memberi-kan pilihan kepada pelang-gan. Diantaranya adalah me-nikmati siaran televisi yangsudah disiarkan hingga 7 harisebelumnya. Layanan ter-sebut dilengkapi dengan EPGsehingga pengguna bisa men-cari jadwal siaran yang telah

berl alu. Fasi litas la in yang bisadidapatkan adalah requestlagu dan berkaraoke.

Saat ini, terdapat beberapapaket IndiHome yang bisadipilih. Diantaranya Silveryang bisa digunakan untuktelpon dan internet. Ada pulapaket Gold yang bisa diguna-kan untuk telepon, internetserta menikmat i Usee TV. Se-mentara paket Platinum bisadigunakan untuk telepon,internet, Usee TV dan bebe-rapa layanan lainnya. Paketlainnya adalah Titanium yangbisa mendapatkan semua pa-ket di atas plus home office.Semua bisa disesuaikan de-ngan kebutuhan masing-ma-sing pelanggan.

Khusus untuk masyarakatTegal, saat i ni l ebih banyakmenggunakan paket Gold de-ngan biaya Rp 205.000 perbulan. Te lko m, jelasnya, de-

ngan berbagai layanan yangada senantiasa menghadirkansesuatu yang baru bagi ma-syarakat dan pelanggan se-tianya. Bagi calon pelangganyang berminat tetapi masihbingung dalam menentukanpilihan, bisa datang langsungke Pl asa Telkom dan se muaakan dijelaskan secara ter-perinci.

Dengan dukungan saranadan prasarana yang senan-tiasa diperbaharui, maka apayang menjadi kebutuhan ma-syarakat di era digital sepertisekarang menjadi lebih mu-dah dengan banyaknya pili-han melalui sederet produkdari Telkom Group.

”Telkom Group senantiasahadir dengan beragam produkyang memberikan kelelua-saan bagi pelanggan untukmemilih sesuai kebutuhanyang ada,” jelasnya. (gun)

IndiHome

PilihanLengkapdari Telkom

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

BANYAK PILIHAN – IndiHome dari Telkom menghadirkan beragam pilihan bagi pelanggan.

TEGAL – Mendapatkan la-yanan mulai dari sales, serviceserta spare part (3S) tentumenjadi dambaan setiap kon-sumen. Inilah yang diberikanVenus Copierindo Tegal untukmemberikan layanan satu tem-pat agar apa yang dibutuhkankonsumen bisa diberikan se-cara maksimal.

Pemilik Venus CopierindoIbnu Kuswardono menutur-kan, konsumen tidak sekedarmembutuhkan mesin foto-kopi saja melainkan bagai-mana perawatan hingga per-gantian suku cadang apabilasewaktu-waktu mengalamikendala. Dengan layanan 3Smaka semua kegiatan yang

dilakukan konsumen diha-rapkan bisa berjalan denganlancar. Apabila ada kendala,maka akan segera ditanganimekanik handal yang sudahberpengalaman. Termasuk saatkonsumen membutuhkan su-ku cadang, bisa didapatkandengan cepat sehingga mesinfotokopi bisa segera diguna-kan seperti biasanya.

“Layanan lain yang diberi-kan adalah rental mesin foto-kopi baik untuk perusahaanmaupun instansi lainnya se-suai kebutuhan masing-ma-sing,” katanya.

Melalui layanan tersebut,jelasnya, maka konsumen ti-dak perlu ragu untuk datang

TRAFIK Telkomsel padaHari Raya Idul Fitri 1435 Hmencatat kenaikan. Terutamadi layanan data yang menjadipilihan utama pelanggan un-tuk merayakan dan berbagi dihari kemenangan dibanding-kan dengan layanan suara (voi-ce) dan SMS. Di wilayah JawaTengah dan DIY, jika diban-dingkan dengan tahun 2013,penggunaan layanan data dihari Lebaran 2014 melonjaksignifikan.

GM ICT Operation Tel-komsel Jateng-DIY Hafiddu-din Triatmojo mengatakanpihaknya melakukan peman-tauan trafik dan pemeliharaankinerja perangkat secara ketatselama masa puncak Rama-dan dan Lebaran selama 24jam.

“Di wilayah Jawa Tengahdan DIY, tingkat kenaikan peng-gunaan data mencapai hinggalebih dari 157 persen menjadi68.5 Terabytes, dibandingkandengan periode yang sama ditahun 2013,” terangnya.

Dari hasil traffic perpinda-han pelanggan, menunjukkanbahwa lebih dari 11.5 juta pe-langgan di Jateng DIY terla-yani dengan baik oleh jari-ngan Telkomsel. Telkomselmencatat pelanggan yang

mudik ke wilayah Jateng danDIY tahun ini mencapai 2.5juta.

Adapun tingkat keberha-silan koneksi data mencapailebih dari 99.8 persen. Semen-tara tingkat keberhasilan pe-ngiriman SMS mencapai 100persen. Sedangkan tingkatkesuksesan panggilan men-capai lebih dari 98.6 persenyang artinya tidak ada masa-lah yang berarti dan secaraumum pelanggan dapat me-nikmati layanan dengan nya-man.

KESIAPAN JARINGANGuna mengantisipasi lonja-

kan trafik mendekati puncakmasa Ramadan dan Lebaran2014, Telkomsel telah mela-kukan optimalisasi seluruhelemen jaringan dan penam-bahan kapasitas yang lebihbesar. Hal ini meliputi upgrad-ing kapasitas core networkVLR (Visitor Location Regis-ter), SMSC (Short Message Ser-vice Center), MMSC (Multi-media Message Service Cen-ter) , HLR (Home Location Re-gister), dan SGSN (Serving

GPRS Support Node).Kapasitas VLR di tahun ini

ditingkatkan menjadi 213 juta,sedangkan HLR sebesar 330juta subscribers. KapasitasSMS ditingkatkan sekitar 11persen dari tahun sebelumnyamenjadi 116.211 SMS/detikdengan kapasitas volume tra-fik 2.94 milyar SMS. Telkomseljuga menambah kapasitas MMSmenjadi 200 MMS per detikatau setara dengan 4.32 jutaMMS per hari. Sedangkankapasitas SGSN ditambah men-jadi 54 nodes SGSN denganSAU (Simultaneously Attac-hed Users) sebanyak 161 jutasubscriber data.

Dari sisi kapasitas jaringan2G dan 3G, saat ini Telkomseltelah memiliki lebih dari 79.000BTS (Base Transceiver Sta-tion), dimana sebanyak lebihdari 34.000 di antaranya me-rupakan BTS 3G (Node-B)yang mampu melayani band-width Internet sebesar 114Gbps (Giga bit per second)termasuk bandwidhth laya-nan Blackberry sebesar 14 Gbps.

Telkomsel juga telah mengi-dentifikasi sebanyak 762 hots-pot area PREMIUM (Public Ser-vice, Religion Areas, Mall & In-door Center, Uniqueness Ar-eas, Massive Areas). (*/ima)

dan melihat beberapa tipemesin fotokopi yang ada. Baikbagi mereka yang akan me-mulai usaha fotokopi dan lain-nya. Semua akan dilayani se-cara profesional sehingga se-mua kebutuhan bisa didapat-kan di satu tempat tanpa ha-rus jauh-jauh ke luar kota.Semua itu, lanjutnya, merupa-kan salah satu upaya untukmemberikan kemudahan agarapa yang dibutuhkan olehkonsumen bisa segera diper-oleh. “Kami terus berupayamemberikan pelayanan ter-baik sehingga apa yang dibu-tuhkan konsumen semuanyabisa diberikan secara opti-mal,” tandasnya. (gun)

Venus Copierindo, SolusiKebutuhan Fotokopi

Banyak Pilihan di Kospin Jasa Syariah

DOK.ISTIMEWA

PANTAU TRAFIK - GM ICT Operation Telkomsel Jateng DIY(dua dari kiri) saat melakukan pemantauan trafik.

CEKJARINGANGuna mengantisipasi lonjakan trafikmendekati puncak masa Ramadan danLebaran 2014, Telkomsel telah melakukanoptimalisasi seluruh elemen jaringan danpenambahan kapasitas yang lebih besar.Tampak pengecekan jaringan tengahdilakukan.

Trafik Data Telkomsel Jadi Primadona, Naik 157%

PLASATELKOMBagi calon pelanggan yang ber-minat dengan layanan IndiHometetapi masih bingung dalam me-nentukan pilihan, bisa datanglangsung ke Plasa Telkom dansemua akan dijelaskan secaraterperinci.

Page 9: Radar Tegal 4 agustus 2014

METROPOLISRADAR TEGAL

SENIN, 4 AGUSTUS 2014

website : radartegal.com,epaper : epaper.radartegal.com

HOT LINE BERLANGGANAN(0283) 323383, 400500Hp. 0854323231234

9BACA HAL. 11

Sebanyak 117.480Ranmor Melintas

TERCATAT 117.480 kendaraan bermotor, padaH+6 dan H+7 Lebaran, melintasi jalan PanturaKota Tegal. Jumlah pemudik yang mulai kembalike ibukota atau sejumlah kota besar lain,terhitung sekitar pukul 07.00 sampai 17.45.

Ajak Ribuan PemudikSenam Kecil

INOVASI yang dilakukan anggota Kepo-lisian Resort Tegal Kota, dalam memberikanpelayanan dan mengajak ketertiban pemu-dik, agar selamat dalam perjalanan, ternyatabanyak caranya.

BACA HAL. 15

Mudik dan Balik Gratis Menggunakan Kapal Ro-Ro

Biar Waktu Tempu Lama, Terpenting Aman dan NyamanUntuk kali pertama

pemerintahmemfasilitasi mudik dan

balik gratis bagipemudik asal Tegal dan

sekitarnyamenggunakan moda

transportasi laut.Seperti apa cerita para

pemudik yangmemanfaatkan program

pemerintah tersebut?

LAPORAN: ADI MULYADI

SOHIRIN (49) warga MejasemBarat, Kramat, Kabupaten Tegalnampak tergopoh-gopoh mem-bawa barang bawaannya saathendak memasuki Kapal Ro-RoMenumbing Raya yang terparkirdi kolam Pelabuhan Tegal, Sabtu(2/8) siang. Setelah diperiksa pe-

Nelayan ResahkanPembatasan Solar Subsidi

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

TRADISI - Ziarah makam keluarga jadi tradisi bagi sebagian masyarakat, saat Lebaran tiba.

MANFAATKAN LEBARANsebagai Momentum

Ziarah, Sebuah Tradisi yang Masih Bertahan

Ziarah ke makan keluarga saat Lebaran, masih menjadi tradisi tahunandi tengah masyarakat. Apa saja yang mereka lakukan ketika momen

tersebut tiba?

PEMANDANGAN di seba-gian besar Tempat PemakamanUmum (TPU) saat Lebaran,berbeda dari biasanya. Ribuanwarga rela berdesakan me-ngunjungi serta membersihkanmakam anggota keluarga ter-cinta.

Tidak lupa, dengan balutanbaju baru, peziarah nampakkhusuk memanjatkan doa pa-

da Sang Pencipta. Di sisi lain,keramaian TPU jadi berkah ter-sendiri bagi tukang parkir, pen-jual bunga, pedagang maka-nan atau minuman, hinggawarga yang menawarkan jasamembersihkan makam dari re-rimbunan rumput liar.

PEMERINTAH mengeluarkankebijakan baru terkait pemba-tasan penggunaan soal bersubsidiyang dilaksanakan mulai Agustusini. Hal tersebut membuat paranelayan di Kota Tegal resah, lanta-ran pembatasan juga berlaku un-tuk kuota solar nelayan.

Sekadar diketahui, berdasarkanUU No. 12 Tahun 2014 tentangAPBN-P 2014. Pemerintah danDPR sepakat untuk memangkaskuota BBM subsidi dari 48 juta kilo-liter menjadi 46 juta kiloliter. Gunamenjaga supaya konsumsi BBMbersubsidi tidak lebih dari kuota

tersebut, telah diterbitkan SuratEdaran BPH Migas Nomor: 937/07/Ka BPH/2014 tanggal 24 Juli2014, tentang pengendalian kon-sumsi BBM bersubsidi.

Dalam SE tersebut tertuang em-pat cara yang ditempuh, untukpengendalian. Di antaranya pe-niadaan solar bersubsidi di JakartaPusat mulai 1 Agustus. Pemba-tasan waktu penjualan solar ber-subsidi di seluruh SPBU di Jawa,Sumatera, Kalimantan, dan Balimulai tanggal 4 Agustus 2014.Penjualan dibatasi dari pukul18.00 sampai dengan pukul 08.00.

Tidak hanya itu. Alokasi solarbersubsidi untuk Lembaga Pe-nyalur Nelayan (SPBB/SPBN/SPDN/APMS) juga akan dipang-kas 20 persen dan penyalurannyamengutamakan kapal nelayan dibawah 30GT.

Ketua Paguyuban Nelayan KotaTegal (PNKT) Eko Susanto me-ngatakan, adanya informasi pem-batasan solar bersubsidi sangatmeresahkan nelayan. “Ada kabarkuota solar untuk nelayan akandikurangi, ini membuat kami kua-watir,” katanya kemarin.

ADI MULYADI/RATEG

ANTRI SOLAR - Petugas SPBN Tegalsari sedang mengisijeriken-jeriken solar milik nelayan.

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 1

GunakanAngkutan GratisKapal Ro-Ro

PULUHAN pemudik ber-motor asal Tegal dan sekitar-nya batal memanfaatkan ang-kutan balik gratis menggu-nakan Kapal Roll On Roll Off(Ro-Ro) yang disediakan pe-merintah. Mereka (pemudik)tidak hadir hingga KMP Me-numbing Raya diberangkat-kan dari Pelabuhan Tegal, Sab-tu (2/8), tepat pukul 15.00.

Pelepasan kapal mudik danbalik gratis dari PelabuhanTegal itu ditandai dengan pe-nyerahan dokumen kapaloleh Kepala KSOP Tegal AgusArifianto kepada Wakil WaliKota Nursholeh. Kemudianoleh Nursholeh, dokumendiserahkan ke Nahkoda KMPMenumbing Raya, Iskandar

Puluhan PemudikBatal Balik Via Laut

Alam.Menurut Kepala Dinas Per-

hubungan Komunikasi danInformatika (Dishubkominfo)Kota Tegal, Khaerul Huda,pendaftaran balik gratismenggunakan kapal Ro-Rodibuka sejak 25 Juli lalu. Jum-lah pendaftar yang tercatatsebanyak 226 orang dengankendaraan sepeda motor se-jumlah 98 unit.

Namun, hingga KMP Me-numbing Raya diberangkat-kan, jumlah pemudik yangdiangkut hanya 167 orang dan71 unit sepeda motor. Pada-hal, petugas Dishubkominfosudah berusaha mengkon-firmasi ulang menggunakanpesan singkat dan teleponduajam menjelang keberangka-tan. Tetapi, sebanyak 59 orangtetap tidak hadir hingga kapaldiberangkatkan.

ke hal 15 kol 1

ADI MULYADI/RATEG

SERAHKAN DOKUMEN - Usai menerima dokumen Kapal Ro-Ro, wakil wali kota menyerahkannya pada nahkoda kapal.

Aktivitas LelangIkan Masih Sepi

USAI Lebaran, kegiatan Tempat PelelanganIkan (TPI) di pelabuhan sebelah timur mau-pun sebelah barat, atau Pelabuhan PerikananPantai (PPP) Jongor, Kelurahan Tegalsari Ke-camatan Tegal Barat, hingga kemarin nampaksepi dan lengang. Lokasi yang biasanya dipe-nuhi tumpukan ikan. Setelah tujuh Hari RayaIdul Fitri masih sepi, belum ada aktivitas.

ABIDIN ABROR/RATEG

LENGANG - Ratusan kapal ikan, sementaraistirahat dan belum kembali melaut.

NELAYAN

KANCA BATIRDrs Toto Subagyo

Mulai DipersiapkanPEMERINTAH

Kota Tegal melaluiSekretaris Dewan(Sekwan), kinimempersiapkanagenda pelantikancalon anggota legis-latif terpilih periode2014 - 2019, sesuairencana tanggal 21Agustus menda-tang. “Memang su-

dah kami jadualkan. Termasuk anggarandalam proses sebelum pelantikan,” ucapSekretaris DPRD Drs Toto Subagyo.

Menurutnya, dana yang disiapkan Rp290juta. Antara lain dialokasikan untuk membeli,atau mengadakan pakaian dinas 30 anggotalegislatif baru.

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 5

LEBARAN

ABIDIN ABROR/RATEG

RAMAI - Terminal bus yang biasanya le-ngang, memasuki arus balik mulai ramai.

Penumpang ArusBalik Meningkat

RIBUAN orang dengan berbagai tujuan,kemarin, memadati Terminal Bus Tegal. Ke-padatan penumpang arus balik tujuan Jakarta,terjadi pagi hingga siang hari. Jumlah armadayang mengangkut pemudik mencapai ra-tusan, antara lain PPD dan Bus Mayasari.Selanjutnya, secara bergiliran langsung me-ngangkut penumpang menuju Jakarta dankota di sekitarnya.

ke hal 15 kol 5

CMYK

ADI MULYADI/RATEG

PEMBERANGKATAN - Para pengantar pemudik melambaikantangan saat kapal Ro-Ro mulai meninggalkan pelabuhan.

tugas, dia segera menaiki lantai 2kapal untuk mencari tempat du-duk dan meletakan barang bawa-annya. Dia pun kembali turun un-tuk memarkirkan sepeda motor-nya di lantai 1 kapal. “Hufff.....Akhirnya beres semua. Sekarangtinggal santai menikmati suasanalaut,” ujarnya.

Dia mengaku, hendak balik keJakarta tidak bersama istri dananaknya. Sebab, istri masih harusmelanjutkan bersilaturahmi de-ngan keluarga di Tegal. Sedang-kan anaknya masih libur sekolah,sehingga memilih tidak balik keJakarta bersamanya. “Saya terpak-sa balik ke Jakarta sendiri, karenaSenin (4/8) sudah masuk kerja.Kalau anak masih libur, jadi di-tinggal.”

Sohirin pun menceritakan pe-ngalaman pertamanya mudik dariJakarta-Tegal menggunakan ang-

kutan gratis kapal Ro-Ro. Menurutdia, pada arus mudik tahun-tahunsebelumnya selalu menggunakansepeda motor. Namun, tahun inidia lebih memilih ikut angkutanmudik gratis yang disediakan pe-merintah.

Alasannya, perjalanan menjadilebih aman dan nyaman. “Me-mang mudik menggunakan kapalRo-Ro perjalannya jauh lebih la-ma. Sebab Jakarta-Tegal ditempuhdalam waktu 20 jam lebih. Tapidibanding menggunakan sepedamotor, resikonya lebih kecil meng-gunakan kapal Ro-Ro,” akunya.

Pada arus mudik lalu, dia me-ngaku tidak turun di PelabuhanTegal, tetapi di Cirebon. Sohirinberkilah, pada mudik lalu adasedikit masalah dengan perjala-nan kapal Ro-Ro, sehingga pilihturun di Cirebon.

ke hal 15 kol 1

Page 10: Radar Tegal 4 agustus 2014

RADAR TEGAL SENIN, 4 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comPEMALANG10

PENTOL RAH Buka Tutup 1 JamBanding 10 Menit

COMAL – Arus balik lebarantahun 2014 sudah berlang-sung sejak H+1 kemarin, na-mun puncaknya terjadi padaSabtu (02/08) yang lalu. Haaltersebut menjadi perhatianKapolda Jawa Tengah untukmeninjau dan mengetahui se-cara langsung situasi terkiniarus balik lebaran di jalur Pan-tura. Oleh karenanya padaMinggu (03/08), Kapolda JawaTengah dengan mengguna-kan helikopter mendarat dipos Blandong Comal untukmemantau langsung kondisiarus balik.

Secara umum arus balik le-baran terlihat padat merayapmulai dari Desa Lowa hinggake pos Blandong Comal. Ken-daraan pribadi maupun mo-tor tampak antri begitu masukdi pos Blandong, karena aruslalulintas khusnya di Jemba-tan Comal diberlakukan sis-tem buka tutup secara total.

Buka tutup jalur tersebutuntuk mengantisipasi me-numpuknya kendaraan diatasjembatan Comal yang hanyadifungsikan pada sisi sebelahutara saja dan dipergunakan

untuk dua jalur dari timur danbarat.

Kapolda Jawa Tengah IrjenPol Drs, Noor Ali dalam wa-wancara beberapa media ce-tak dan elektronik menyam-paikan bahwa pada saat inijalur Pantura Comal diber-lakukan sistem buka tutupdengan melihat situasi kepa-datan arus dari kedua arah.“Mekanisme buka tutup dijalur Pantura ini saya serahkanKapolres Pemalang untuk me-ngaturnya,” jelas Kapolda.

Dikatakan oleh Kapolda,bahwa puncak arus balik ter-jadi pada hari sabtu (02/08)kemarin, namun demikianmasih terdapat beberapa titikmacet di wilayah Jawa Tengahyaitu jalan raya Prupuk Kabu-paten Brebes.

“Untuk jalan raya Prupukmenuju Pejagan diberlakukanjalan satu arah,” ujarnya.

Disamapikan pula, bahwasecara umum kondisi arus ba-lik di wilayah Jawa Tengahterpantau lancar walaupunterlihat padat merayap teru-tama pada ruas-ruas tertentuyang hal tersebut tidak sampai

menimbulkan penumpukankendaraan yang terlalu lama.

Sementara itu Kapolres Pe-malang, AKBP Dedi Wiratmo,SIK melalui Kasatlantas, AKPDavis Busin Siswara, SIK me-nyampaikan, buka tutup dijembatan Comal mengguna-kan perbandingan 1 jam ban-ding 10 menit,

artinya setiap kendaraanyang lewat dari arah timur se-lama 1 jam, sesudahnya ken-

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

PANTU POS BLANDONG – Kapolda Jawa Tengah didampingiKapolres Pemalang dan Dandim 0711/ Pemalang memantau.

daraan yang dari barat diper-bolehkan lewat selama 10 me-nit, setelah itu kembali ke se-mula. Hal tersebut untukmemberikan prioritas kepadakendaraan yang berasal daritimur (arus balik) agar lebihlancar. “Ini prioritas bagi ken-daraan dari arah timur agarlancar,” kata Davis.

Disampaikan pula bahwakendaraan dari arah timursejak Sabtu mengalami pe-

ningkatan yang cukup sig-nifikan, sehingga kendaraanterlihat padat merayap. Na-mun sejak Minggu (03/08)pukul 10.00 WIB, kendaraansudah bisa diurai sehinggaterpantau sampai dengan Pe-tarukan dan pertigaan Gan-dulan kendaraan sudah tidakterlalu padat lagi dan terpan-tau lancar.

Namun kendaraan kembalimengalami penumpukan dipertigaan Pagaran Pemalang,karena di ruas jalan tersebutmerupakan pertemuankendaraan yang melalui jalurlingkar utara (Jalingkut)dengan kendaraan yang mele-wati jalur dalam kota.

Kendaraan dari arah timuryang melalui jalingkutbertemu di pertigaan Pagarandnegan kendaraan dari arahselatan yang melalui kota Pe-malang.

Namun kepadatan terse-but tidak sampai menimbul-kan kemacetan yang panjang,kendaraan berangsur-angsurjalan kea rah barat secarapelan-pelan hingga kondisinormal kembali (rid)

PDAMKembangkan Usaha diMogaPEMALANG – Kerja keras jajaran PDAM Trita Mulia Pemalang

dalam mengembangkan usahanya dalam melayani air bersihkepada masyarakat nampaknya cukup berhasil. Kali iniperusahaan air minum milik daerah Kabupaten Pemalang initelah mengembangkan usahanya di wilayah Kecamatan Moga.

Sebagai buktinya baru saja meresmikan pengembanganKantor PDAM Cabang Moga yang ditandai dengan syukuranpemotongan tumpeng. Acara pemotongan tumpeng dilakukanoleh Direktur PDAM Tirta Mulai Pemalang Aji Setya Budi SE MSiAkt. Hadir dalam acara itu Muspika Moga, Dewan PengawasPDAM, Kepala Desa Moga, Kepala Desa Banyumudal, BPD,tokoh agama dan masyarakat serat pejabat struktural PDAMdan panitia zakat.

Direktur PDAM Tirta Mulai Pemalang Aji Setya Budi SE MSiAkt dalam sambutanya pegembangan PDAM di wilayah Mogasekarang ini kapasitasnya sudah mulai meningkat, sehingganantinya akan menjadi Kantor Cabang yang jumlah pelang-gannya cukup banyak yaitu bisa mencapai 5000 SR (SambunganRumah) dan untuk saat ini baru mencapai 3.500 SR.

Menurutnya upaya pengembangan yang masih terusdilakukan, awalnya untuk di wilayah atas mata air yang belumtersentuh oleh PDAM namun sekarang sudah dapat dilayanitermasuk di Desa Sima yang posisinya diatas mata air.

“Untuk bisa melayani air kepada seluruh masyarakat, saat inikami masih terus berupaya sehingga kedepan kebutuhan airbersih semua dapat terlayani dengan baik,”katanya.

Aji Setya Budi dalam kesempatan itu pula menyampaikanbanyak terima kasih atas kerja sama dan jalinan silaturahmiyang sudah baik dengan semua tokoh masyarakat, tokoh agamadan Muspika setempat yang telah memberikan arahannya dalamupaya pengembangan PDAM khususnya di wilayah KecamatanMoga.

“Ketika PDAM itu berkembang bukan karena kerja saya danteman-teman saja, tapi tanpa dukungan dari semua pihak tidakmungkin PDAM ini bisa berkembang,”tandasnya.

Dalam rangkaian acara syukuran juga saat itu ada pembagianzakat kepada warga kurang mampu yang ada di wilayahKecamatan Moga. Acara penyerahan zakat dilakukan secarasimbolis oleh Direktur PDAM Tirta Mulia H Aji Setya Budi SE MSiAkt di Kantor PDAM Cabang Moga. (apt)

AGUS P/RADAR PEMALANG

MEMOTONG TUMPENG - Direktur PDAM Tirta MulaiPemalang Aji Setya Budi memotong tumpeng.

Takut TerjebakMacet di JalanPantura

PEMALANG – Arus balikkendaraan memasuki lebaranH+6 di jalur alternatif Kabu-paten Pemalang ramai dipa-dati kendaraan. Kendaraanyang banyak melintasi jalur al-ternative tersebut rata-ratakendaraan pribadi berplat Byang hendak ke Jakarta. Me-reka memilih jalur alternativekarena takut terjebak macet diJalan Pantura utamanya diJembatan Comal karena aruskendaraan belum lancar, aki-bat rusaknya jembatan terse-but.

Berdasarkan pantau Radar,di Jalur Alternatif yaitu di JalanBojongbata Kecamatan Pe-malang , Petarukan hinggaAmpelgading dan KecamatanBodeh sejak Jembatan Comalrusak mengalami kepadatankendaraan yang luar biasa.Baik untuk arus mudik mau-pun balik.

Meskipun saat ini, Jemba-tan Comal sudah mulai dibuka dalam kondisi daruratuntuk jalur utara dan dapatdilalui dua jalur baik dari arahbarat maupun timur. Namunmasih mengalami kemacetanyang cukup panjang, karenasering terjadi penumpukankendaraan di jembatan ter-sebut. Sebab sistem buka tu-tup hanya untuk menguraiarus kendaraan agar tidak ter-jadi kemacetan. Sehingga jaluralternative masih saja difung-sikan bahkan tetap saja digu-nakan untuk mengatasi terja-dinya kemacetan.

Bahkan di saat sekarang iniarus balik mulai ramai, jaluralternative masih menjadipilihan warga khususnya yangakan kembali ke Jakarta. Ke-banyak mereka itu memilihjalur alternative, meskipunjarak tempuhnya sangat jauh

harus memutar dan memasukiperkampungan, namun ba-ginya tidak masalah, karenajika melewati jalan panturatakut terjebak macet.

Sukirman warga Kabupa-ten Kendal ia bersama ang-gota keluarganya akan kem-bali ke Jakarta saat kepula-ngan ke Jakarta saat di Pema-lang tidak melewati JembatanComal karena takut terjebakmacet sehingga mencari jalanalternatif agar perjalanannyalancar tidak kerna macet. De-ngan melintasi jalur alterna-tive Kencamatan Bodeh hing-ga Pemalang meskipun jauhnamun lancar.

“Alhamdulillah lewat jalanalternatif lancar tapi jauh, ka-rena jika lewat jalan panturatakut macet,”katanya, kema-rin.

Jalur alternative dari Comal, Bodeh , Ampelgading hinggaPemalang , sejak JembatanComal mengalami rusak men-jadi pusat pengamanan pe-tugas. Bahkan saat terjai arusmudik hingga sekarang arusbalik, sejumlah petugas masihsaja di siagakan untuk men-jaga keamanan di jalan alter-natif tersebut.

Mereka di sejumlah pos jagaselain menjaga keamanan ju-ga membantu untuk menga-tur arus kendaraan sepertiyang terlihat di Pertigaan Jalandepan Pabrik Gondorukem.

Menurut salah satu petugasjaga, arus kendaraan di jaluralternatif sejak tanggal 21 Julihingga sekarang masih padat,karena masih dilalui kendara-an baik arus mudik dan balik.Sehingga pengamanan masihsaja dilakukan.

Sementara itu, ada sejum-lah pos jaga yang sudah mulaiditinggalkan kosong petugasseperti di pertigaan di JalanLingkar Selatan tepatnya diBanjardawa Taman. Pos jagaitu sudah tidak ada satupunpetugas.(apt)

Jalur AlternatifPilihan Arus Balik

Sosok AlmarhumBriptu Dwi AdiLaksana

PEMALANG – Anggota UnitPatroli dan Pengawalan Sa-tuan Lalu Lintas KepolisianResor Pekalongan Kota, Briga-dir Polisi Satu Dwi Adi Laksanayang meninggal dunia akibatkecelakaan saat bertugas di-naikan pangkatnya setingkatlebih tinggi yaitu menjadi Bri-gadir Anumerta. Penganu-gerahan kenaikan pangkat itudisampaikan langsung olehKapolres Pekalongan KotaAKBP Rifki SH SIK saat me-mimpin upacara pemakamandi Desa Jebed Utara Keca-matan Taman, Kabupaten Pe-malang, kemarin.

Kapolres Rifki selaku ins-pektur upacara dalam upa-cara pemakaman membaca-

kan apel persada yang isinya,atas nama negara, bangsa dankepolisian RI, ia mempersem-bahkan kepada ibu pertiwi,jasad dan raga almarhum DwiAdi Leksana SH pangkat Bri-gadir Anumerta .

“Sehingga jabatan terakhiradalah Brigadir Polisi SatlantasKesatuan Polres PekalonganKota dan ia meninggal duniaJumat 1 Agus tus 2014 pukul07.04 WIB karena kecelakaandalam menjalankan tugas,”ka-tanya.

Dalam pesan apel persada,Kapolres Rifki berharap jasaAlmarhum dan darma bahk-tinya selama ia bertugas agardapat menjadi syuri tauladanbagi semua. Orang tua Almar-hum Dwi Adi Laksana, Sumar-yono, dengan adanya penga-nugerahan kenaikan pangkatkepada putranya yang me-ninggal dunia saat sedang ber-

AGUS P/RADAR PEMALANG

APEL PERSADA –Kapolres Pekalongan Kota AKBP Rifki SH SIK membacakan apel persada.

Pernah Tangkap PelakuPenggelapan Mobil Sendirian

tugas mengurai arus lalulintasjuga telah disampaikan sebe-lumnya.

Bahkan penganugerahanpangkat itu nampknya cukupmembuatnya sedikit banggameskipun dalam hati yang se-dang berduka. Apalagi keper-gian putranya meninggal du-nia dalam bertugas sebagaiabdi negara sehingga patutdihargai. Penghargaan pang-kat setingkat lebih tinggi yangdiberikan kepada almarhumDwi Adi Laksana juga olehKapolres, menurut Sumar-yono, karena almarhum putrabangsa yang terbaik dankinerjanya telah diakui sangatbaik oleh Kapores sendiri.

Bahkan sebelumnya ia ju-ga telah berhasil menang-kap pelaku penggelapanmobil yang keluarganya Ka-polres Kalimantan dengansendirian. (apt)

LINTASTradisi Tahunan, Khaul ke-46dengan Baca Alqur�an 30 JuzPETARUKAN - Khaul umum yang diselenggarakan oleh

masyarakat Desa Klareyan Kecamatan Petarukan melaluikepengurusan Ta’mir Masjid Ukhuwah Islamiyah berjalan dengansukses dan lancar. Rangkaian kegiatan Khaul yang diantaranyadiisi dengan pembacaan Alqur’an 30 juz yang dilakukan padapagi hari sebelum chaul digelar, kali ini dilaksnakaan pada malamhari.

Pembacaan Alqur’an 30 juz dilaksanakan pada Jum’at malam(01/08) di dalam ruangan cungkup yang diikuti oleh 46 pembacaAlqur’an yang terdiri dari pengurus masjid, musholla, tokohagama dan para asatidz tersebut berlangsung hidmat hinggapukul 23.30 WIB.

Ta’mir masjid Ukhuwah Islamiyah Desa Klareyan, HA. Mustajimengatakan, Khaul ke-46 agar beda dalam pelaksanaannya,khususnya pada pelaksanaan pembacaan Al-qur’an. Jikasebelumnya dilaksanakan pada pagi hari sebelum pelaksanaankhaul, saat sekarang dilakukan pada malam sebelum digelaracara khaul. Tidak itu saja, petugas pembaca Alqur’an jugadisesuaikan dengan jumlah bilangan khaul pada tahun sekarangyaitu 46 orang.

“Jumlah yang membaca Al-qur’an ada 46 orang sesuai dengan46 tahun khaul umum maqbaroh Desa Klareyan,” kata Mustaji.

Disampaikannya, seperti biasa sebelum pembacaan Al-qur’andimulai, dibacakan daftar shohibul khaul dari urutan nomorpertama hingga terakhir lengkap dengan bin atau binti (orangtua almarhum). Diawali oleh sesepuh atau tokoh kyai setempat,kemudian oleh ta’mir masjid, disusul anggota pengurus lainnyasecara bergantian hingga selesai. Karena jumlah shohibul chaulyang cukup banyak, hingga pukul 22.00 lewat masih terusberlangsung pembacaan daftar shohibul chaul dan begituselesai, diteruskan dengan pembacaan Al-qur’an sejumlah 30juz yang dibaca oleh 46 orang.

Salah satu panitia, Eko Siswoyo mengatakan, bahwashohibul chaul yang mendaftar tercatat ada 1.500an lebih.Menurut Eko, pelaksanaan chaul dari tahun ke tahun selalumengalami peningkatan terutama dari segi anggota yangmengikutinya. Hal tersebut salah satu bukti, bahwa masyarakatsudah sadar betapa pentingnya mendoakan orang tua. (rid)

PEMALANG – Pengunjungobyek wisata di Pantai Widuriterutama di Widuri Water Parkmengalami penurunan akibatpengaruh rusaknya JembatanComal. Meskipun terjadi pe-nurunan yaitu berkurangnyapengunjung dari sejumlahdaerah-daerah wilayah timur,namun tidak secara drastiskarena jumlah pengunjungmasih stabil seperti lebarantahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kebudayaandan Pariwisata KabupatenPemalang Drs Sapardi MSimengatakan pengunjung ob-yek wisata WWP Pantai Wi-duri Pemalang di saat lebarantahun ini secara kuatitas ma-sih stabil. Namun demikianada penurunan pengunjungdari sejumlah daerah wilayah

timur sebagai akibat JembatanComal rusak.

“Secara kuantitas jumlahpengunjung stabil, namun ru-saknya Jambatan Comal tetapada pengaruhnya,”kata dia disela-sela kesibukannya me-mantau perkembangan situa-si pengunjung di obyek wisataWWP , Sabtu (2/8) .

Menurut Sapardi, pengaruhJambatan Comal sangat tera-sa meskipun tidak besar,se-hingga pengunjung yang se-mula bisa diharapkan banyakyang datang baik dari KotaPekalongan, Kabupaten Pe-kalongan Batang, bahkan dariKendal sekarang berkurangmeskipun ada namun sedikit.Justru sekarang banyak pe-ngunjung yang datang dariwilayah barat seperti Kota

Tegal, Kabupaten Tegal, Beb-res bahkan Ceribon.

Dijelaskan , jumlah pengu-jung saat lebaran mengalamikelonjakan yaitu puncaknyadi hari ke tiga setelah lebaran .Untuk jumlahnya dipekirakanlebih dari 10 ribu pengunjung.Dan untuk rata-rata antara 8ribu hingga 10 ribu dan hariberikutnya terus berkurang.Sapardi sendiri sebelumnyatelah memperkirakan untukpengunjung WWP saatlebaran tahun ini akan naiknamun karena ada musibahnasional yaitu JembatanComal yang rusak. maka harusdi maklumi jika ada penga-ruhnya terhadap jumlah pe-ngunjung. Namun demikian iatetap bersyukur masih banyakpengunjung. (apt)

Pengunjung WWP Turun

Page 11: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 12: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 13: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 14: Radar Tegal 4 agustus 2014

RADAR TEGAL SENIN, 4 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR BREBES14

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/889548

RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani No. 57 Brebes (0283) 672145/672525

- IGD/Ambulance (0283) 3287503

TELEPON PENTING

KECELAKAAN

AJIB AH...

HARVIYANTO/RADAR BREBES

MEMBELI – Pemudik yang akan kembali ke Jakartatampak menyempatan diri untuk membeli telor asin dipusat oleh-oleh di Pebatan, Brebes.

Pusat Oleh Oleh Diserbu PemudikBREBES – Lantaran tak mau menyia-nyiakan kesempatan

untuk bisa menikmati telor asin khas Brebes, sejumlah pemudikyang akan kembali lagi ke Jakarta menyempatkan diri untukmembeli telor asin di pusat oleh-oleh yang ada di sekitar JalanDiponegoro, Pebatan, Jenderal Sudirman, serta PanturaKlampok.

Banyaknya kendaraan yang parkir di sepanjang jalan itu,membuat arus kendaraan dari arah timur tersendat. Selainbanyaknya kendaraan yang parkir, kemacetan juga diperparahdengan semakin banyaknya kendaraan yang melintas. Lantarankerap menyebabkan kemacetan cukup panjang, Polres Brebeskemudian mengantisipasinya dengan rekayasa jalan.

Haryono (41), pemudik yang baru saja menempuh perjalanandari Tuban, Jawa Timur ini mengaku menyempatkan waktunyauntuk singgah di Brebes. Selain untuk membeli oleh-oleh berupatelur asin, kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk beristirahatsejenak setelah menempuh perjalanan jauh. “Katanya telor asinkhas brebes rasanya lebih enak dari daerah lain, makanyakami sekeluarga menyempatkan untuk membeli untuk oleh-olehtetangga,”ujar dia.

Sementara dari hasil pantauan Radar minggu (3/8),kendaraan berjalan mengular beriringan dari Tegal hinggamasuk Kabupaten Brebes. Raditya, salah satu petugas dariDishubkominfo Brebes menyebut, kepadatan kendaraan sudahterjadi sejak kamis kemarin. Dan sampai dengan hari ini jumlahkendaraan arus balik terus mengalami peningkatan.

“Kalau dilihat dari hitungan hari, kemungkinan puncak arusbalik terjadi Minggu malam,dengan rata-rata kendaraan yangmasuk dari wilayah jalur Selatan Bumiayu masuk Pejagan Toldan dari jalan Pantura Brebes menuju arah barat (Jakar-ta),”terangnya. (har)

SudiroTakSadarkanDiriBREBES – Sudiro (65), warga asal Desa Wangandalem RT

03 RW 03 Kecamatan Brebes, berbaring tak sadarkan diri diRSUD Brebes. Kakek yang hendak mengarit rumput untuk makanternak kambinganya harus mendapatkan perawatan medissetelah diterjang sepeda motor jumat kemarin.

Kecelakaan itu berlangsung saat Sudiro hendak mencarirumput di sekitar Islami Center desa Pasarbatang. Untukmenempuh lokasi dirinya menggunakan kendaraan becak.Namun nahas, baru sampai di jalan raya, tepatnya di depanGedung Nasional, ia di terjang motor yang melaju dari arahtimur.

Akibat terjangan motor itu, becak yang dikayuhnyaterjerembab hingga Sudiropun terjatuh dan tidak sadarkan diri.Oleh petugas kepolisian yang kebetulan berjaga di pos yangtak jauh dari lokasi kejadian, kemudian Sudiro langsung di bawake RSUD Brebes.

Dokter Spesialis Tulang, dr Mulki Yasin SPOT saat dikonfirmasisoal luka yang di derita korban mengatakan, korban terluka disekitar kepala sehingga tidak sadarkan diri. Selain itu, dari telingakanannnya juga mengeluarkan darah. “Untuk korban akan diCT Scan dulu agar lebih pasti diagnosa luka yang di deritanya,”ujar dr Mulki

Reja, keluarga korban saat ditemui mengaku kalau dirinyasudah bertemu dengan pengendara yang menabrak kakakkandungnya hingga tak sadarkan diri. Dari informasi yangditerima, pengemudi yang diketahui bernama Didi itu akan pergike Tasikmalaya, Jawa Barat untuk keperluan ziarah. Namunnaas, belum sampai tujuan, warga asal Ulujami, Pemalang iniharus berurusan dengan pihak kepolisian. (har)

KPMDBKPMDBGelarHalalBihalal

BREBES- Keluarga Pelajar Dan Mahasiswa Daerah Brebes(KPMDB) menggelar Halal Bihalal di kantor Sekretariatnya JalanUstad Abbas Brebes, Minggu (3/8). Kegiatan ini dihadiri sejumlahalumi dan pengurus KPMDB dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, juga digelar temu alumni sertaseminar membahas tentang kemahasiswaan daerah yangmenghadirkan salah satu narasumber, yakni alumni KPMDBYogyakarta, Drs Atmo Tan Sidik. Dia berharap anggota KPMDBagar tetap berkiprah dan memberi konstribusi kepada lingkungandan daerahnya.

Ketua KPMDB Pusat, M Asy’ari mengatakan, acara halal bihalalmerupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan meningkatkankeakraban diantara KPMDB wilayah-wilayah yang ada di Jawa,sekaligus menjadikan silathurohmi antara pengurus KPMDBpusat yang ada di Brebes dengan beserta pengurus KPMDB diwilayah-wilayah. “Selain itu juga sebagai upaya untukkonsolidasi organisasi, karena KPMDB Pusat merupakankordinator bagi KPMDB wilayah-wilayah di Jawa,” ujar Asy’ari.

Dia menyampaikan, lembaganya telah melaksanakan sejumlahprogram. Bahkan, saat ini tengah berjalan program pem-berdayaan masyarakat Bina Desa yang mengambil DesaPamulihan Kecamatan Larangan sebagai pilot project. (ism)

BrebesDikepung Macet

BREBES - Sepakan setelahLebaran, pemudik yang hen-dak kembali ke kota besarmenguasai sepanjang jalurPantura Brebes. Volume ken-daraan pemudik berplat Jabo-databek dan sekitarnya me-ngalami peningkatan signi-fikan, semanjak dua hari ter-akhir. Akibatnya, arus lalu lin-tas di Kabupaten Brebes me-ngalami kemacetan di sejum-lah titik.

Kendaraan menuju arah Ja-karta sudah itu terlihat takputus selama tiga hari terakhir.Bahkan pantuan Minggu (3/8), antrian kendaraan mengu-lar hingga puluhan kilometer.Sejumlah titik yang menjadikerawanan kemacetan beradadi depan pasar Induk Brebes,Alun-alun, sentra telur asin

hingga titik lain yang terdapatpenyempitan arus maupunakibat hilir mudik masyarakatmenyebrang di sejumlah pu-taran. Data Traffic countingDinas Perhubungan Komu-nikasi Informasi (Dishubko-minfo) Kabupaten Brebes, men-catat kepadatan kendaraanmulai terasa sejak hari Jumat(1/8) hingga kemarin (3/8).Namun, puncak kepadatanterjadi pada hari Sabtu (2/8)lalu. Kabupaten Brebes bah-kan di kepung kemacetan dijalur tengah maupun Pantura.

Karena banyaknya kenda-raan petugas kepolisian be-kerja ekstra keras, mengatasikepadatan hingga kendaraanbisa berjalan landai denganmenerapkan contra flow. Yak-ni, pola 3 lajur dari arah timurke barat dan satu lajur untukarus kendaraan dari barat. Po-la 3-1 bahkan diterapkan ham-pir di sepanjang jalur Pantura,

Pemudik KuasaiJalur Pantura

dari Alun-alun hingga perti-gaan Pejagan sekitar 20 kilo-meter. Namun begitu, arus ken-draan dari arah barat masuk kewilayah kota juga mengalamikemacetan hingga 5 kilometer,hingga Klampok, Wanasari.

“Arus balik tahun 2014 inilebih padat ketimbang tahunkemarin, kalau kemarin sis-tem buka tutup hanya diper-lakukan di sejumlah titik. Mung-kin para pemudik mengejartarget bisa sampai jakarta se-belum hari Senin karena me-reka mulai berangkat bekerja,”ujar Kepala Pospam Alun-alun,IPTU Suharti di sela tugasnya.

Sebelumnya Kapolres Bre-bes, AKBP Ferdy Sambo kepa-da wartawan mengungkap-kan, titik rawan antrean pan-jang terjadi di Alun-alun Bre-bes hingga pusat oleh-olehtelur asin di Desa Pebatan,Kecamatan Wanasari. Di titikitu rawan macet karena ba-nyaknya kendaraan pemudikyang parkir untuk membelioleh-oleh. “Di titik ini, kamiakan menerapkan pola 3:1 ke-tika terjadi kepadatan arus,”tandasnya.

Di samping itu, lanjutnya,potensi juga ada di simpang tigaDermoleng Ketanggungan. Jikaterjadi penumpukan, pihaknyaakan menyiapkan langkah pe-ngalihan arus di titik tersebut.Kerawanan juga terjadi di ExitTol dan pertigaan Pejagan yangmenjadi pertemuan arus. “Un-tuk jalur selatan yang rawanmacet akibat adanya perlin-tasan KA di Klonengan Prupuk,Kabupaten Tegal. Kami telahberkoordinasi dengan PolresTegal untuk melakukan pe-narikan arus ketika terjadi ke-padatan,” katanya. (ism)

TERMINAL Bumiayu me-ngalami puncak kenaikan pe-numpang arus balik sepan-jang Sabtu (3/8) hingga Ming-gu (3/8). Suasana Terminalbumiayu pada H+5 Lebaranatau Jumat (24/8), mulai dira-maikan oleh ratusan pemudikyang akan kembali kedaerahtujuan. Mereka berebut ang-kutan, untuk bisa sampai kedaerah tujuan.

Ratusan penumpang sudahmulai terlihat memadati termi-nal pada jam-jam pemberang-katan, baik pagi maupun sorehari. Tak sedikit calon penum-pang yang menunggu dari pa-gi hari sampai sore atau malamhari, dan baru bisa berangkat.Bahkan sejumlah calon pe-numpang memilih pulang kem-bali, karena tidak mendapattiket untuk berangkat.

Kepala terminal Bumiayu,Nurul Ismet melalui staf Termi-nal Edi Suswanto mengata-kan, terjadi kenaikan jumlahpenumpang sejak memasukiakhir pekan yang juga meru-pakan akhir libur lebaran ta-hun ini. “Jumlah penumpangterlihat meningkat setiap hari-nya, rata-rata armada mem-berangkatkan dalam kondisipenuh yakni sebanyak 59 pe-numpang,” jelas Edi.

Dari data yang ada di kantorTerminal Bumiayu, pada hariSabtu kemarin telah mem-berangkatkan sebanyak 1.633penumpang, dengan tujuansejumlah daerah di wilayah

DKI dan Jawa Barat.“Penumpang diberangkat-

kan dengan 20 bus regulerserta 4 bus bantuan, yang telahada,” imbuhnya.

Meski terjadi peningkatanjumlah penumpang, namundia menyatakan sebagian be-sar penumpang dapat terang-kut oleh bus reguler, yang ber-operasi dan bus bantuan yang

di berangkatkan.“Puncak arus balik di termi-

nal Bumiayu, di perkirakanakan berlangsung pada akhirpekan ini. Untuk itu, kami telahmelakukan koordinasi ter-masuk kesiapan anggota danjuga agen-agen bus yang adadisini,” jelasnya.

Guna lebih memaksimal-kan pelayanan dan kelan-

caran masyarakat selama da-lam perjalan, DinhubkominfoKabupaten Brebes melakukanpengecekan terhadap setiapbus yang akan di berangkat-kan dari Terminal Bumiayu.

Menurut petugas Dinhub-kominfo Bambang Supriyadi,pengecekan kelaikan kondisibus tersebut akan dilakukanterhadap kondisi fisik bus se-

perti kondisi ban, rem, spionserta pengecekan kelengka-pan administrasi bus sepertisurat KIR.

“Kalau hasil pengecekanbus tidak laik, maka kami la-rang untuk berangkat. Namunhingga saat ini, hasil pemerik-saan bus angkutan lebaranlaik jalan,” paparnya. (teguhsupriyanto)

Calon Penumpang Tumblek Blek di Terminal

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

BERANGKAT - Sejumlah calon penumpang diTerminal Bumiayu, ketika akan menaiki bus yang akan memberangkatkanpemudik ke kota tujuan saat berlangsungnya arus balik lebaran tahun ini.

BREBES – Bagi masyarakatjawa, lebaran kupat meru-pakan tradisi yang selalu di-peringati sepekan paska leba-ran idhul fitri. Dilebaran itu,masyarakat berbagai sajianmakanan dihidangkan de-ngan menu utama ketupat.Sajian ketupat dengan laukutama opor ayam juga tampakdalam perayaan lebaran kupatyang diselenggarakan BupatiBrebes Hj Idza Priyanti SE diPendapa Brebes, Mingu (3/8).

Tampak bupati bersama de-ngan keluarga serta beberapatamu undangan lahap me-nyantap sajian ketupat leng-kap dengan menu pendukung,yang tersedia dimeja makan.Lebaran Kupat diadakan un-tuk menikmati kupat setelahmenunaikan puasa syawal se-lama 6 hari di bulan syawalsebagai ungkapan rasa syukurpada Allah SWT.

“Lebaran Kupat, sebagaiungkapan rasa bersalah untuk

sama-sama ngaku lepat diha-dapan sesama manusia atassegala nikmat Allah SWT,” tu-tur Idza. Acara tersebut jugasekaligus sebagai halal bihalalkeluarga bupati dengan peja-bat di lingkungan PemkabBrebes dan masyarakat se-kitar.

“Kami sangat berterima ka-sih kepada seluruh warga ma-syarakat yang telah menyem-patkan hadir ke pendopo,”ucapnya usai bersalaman de-ngan masyarakat.

Menurut Sekda Brebes HEmasthoni Ezam SH MH, halalbihalal lebaran kupat digelaruntuk mengakomodir masya-rakat yang pada saat hari IdhulFitri belum sempat datang.“Kesempatan kedua ini malahdihadiri lebih dari tiga ribu or-ang,” tuturnya. Sebelumnya,Bupati dan jajaran pejabat pem-kab Brebes telah melakukanopen house di gubernuransemarang. (har)

HARVIYANTO/RADAR BREBES

MENIKMATI – Bupati Brebes Hj Idza PriyantiSE bersamasejumlah tamu dan warga menikmati hidangan ketupat.

Ribuan WargaLebaran KupatBareng Bupati

BREBES - Bupati Brebes, HjIdza Priyanti SE mengaku pri-hatin dengan tingginya angkawarganya yang merantau keluar kota. Arus urbanisasi dariKabupaten Brebes ke kotabesar itu akan menjadi per-hatian serius bagi Pemda se-tempat.

“Jumlah warga yang meran-tau atau bekerja di Jakartamemang cukup tinggi. Kamiberharap agar semua wargabisa bekerja di daerah nan-tinya,” ujar Idza di sela halalbihalal dengan masyarakat dipendopo, Minggu (3/8).

Pihaknya berjanji akan mem-fasilitasi pengadaan lapangankerja bagi masyarakat Brebesdi daerah secara bertahap.

Dirinya menyatakan akan te-rus berupaya mewujudkankomitmennya untuk mem-buka lapangan kerja lokal.Sehingga, para lulusan di Bre-bes tidak perlu lagi merantauke Jakarta atau kota besar lainuntuk mencari kerja, tetapicukup di Brebes. “Salah satucara yang sedang kami tem-puh adalah dengan menarikinvestor untuk membuka usa-ha di Brebes, sehingga bisamenciptakan lapangan kerja.Ini cara kami untuk menekanurbanisasi,” katanya.

Idza mengemukakan, pihak-nya telah membuka seluas-luasnya peluang bagi investoruntuk mendirikan usaha diwilayahnya. (ism)

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

TIGA LAJUR - Kendaraan para pemudik memakan tiga lajurjalan menuju arah barat. Contraflow itu terpaksa diterapkanakibat tingginya volume kendaraan dari timur.

Bupati BrebesMengaku Prihatin

Page 15: Radar Tegal 4 agustus 2014

SAMBUNGAN 15RADAR TEGAL SENIN, 4 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

“Toh perjalanan Cirebon-Tegal tidak lama, hanya 2 jam.Jadi saya turun di Cirebonsaja,” tuturnya.

Adapun kembali memilihbalik ke Jakarta dengan kapalRo-Ro, alasannya tidak jauhberbeda dengan saat mudik,yakni aman dan nyaman. “Bi-arpun waktu tempuhnya la-ma, yang penting resikonyakecil,” pungkasnya.

Alasan sama disampaikanpemudik asal Brebes, Sugeng(41). Bapak dua anak itu me-milih kembali ke Jakarta de-

ngan memanfaatkan angku-tan balik gratis via laut. “Sayabareng dengan dua keluargaadik saya,” tutur pria yang me-ngaku baru akan merasakanperjalanan laut itu.

Pada arus mudik lalu, Sugengmengaku pulang kampungmenggunakan sepeda motor.Sebab, waktu itu dia tidak me-ngetahui ada program mudikgratis pakai kapal Ro-Ro. “Pada-hal permukiman saya dekatdengan Pelabuhan Tanjung Pri-ok, tapi tidak tahu ada programini. Kalau tahu pasti saya mudikpakai kapal Ro-Ro,” tegasnya.

Dari informasi yang diteri-

ma, sambung Sugeng, perja-lanan Tegal-Jakarta menggu-nakan kapal Ro-Ro, bisa 20 jamlebih. Namun itu tidak mem-buat niatnya surut. Sebab dialebih memilih balik ke Jakartadengan aman dan nyaman.“Perjalanan lama bukan ma-salah, yang penting aman dannyaman. Tidak seperti meng-gunakan sepeda motor,” uraidia sembari berharap tahundepan ada lagi program mudikdan balik gratis via laut.

Sementara itu Nahkoda Ka-pal Ro-Ro Menumbing RayaIskandar Alam membeberkan,pada arus balik lalu perjalanan

kapal Jakarta-Tegal terganggucuaca. Selain itu, perjalanan-nya juga menantang arus, se-hingga waktu tempuhnyamenjadi lebih dari 20 jam.

Untuk pemberangkatan dariPelabuhan Tegal menuju Tan-jung Priok, Jakarta, Iskandarmengklaim waktu tempuhnyabakal lebih cepat. Dasarnya,arah angin atau tidak menan-tang arus. Dia memperkirakanperjalanan kurang dari 20 jam,paling lama 21 jam. “Kami ber-harap perjalanan lancar tidakada kendala dan, Minggu (3/8)siang sampai di Tanjung Priok,Jakarta,” tuturnya. (*)

Biar Waktu Tempu Lama, Terpenting Aman...dari halaman 9

Fadholi (53) seorang pezi-arah mengaku jika tradisi nye-kar seperti ini, sudah dilaku-kan turun-temurun. Usai SalatIdul Fitri dan bersalaman de-ngan anggota keluarga, sau-dara atau tetangga, dia be-serta keluarga besarnya lang-sung menuju TPU Panggung,untuk ziarah ke makam orangtua maupun anggota keluargayang telah mendahului.

Meski harus berdesakandengan ribuan warga lain, dia

mengaku bila momen sepertiitu, menjadi sebuah penga-laman sekaligus bagian dariperayaan Lebaran di kam-pung halaman.

Menurut bapak 4 anak dan8 cucu yang sehari-hari me-netap di Jakarta. Berkunjungke makam keluarga saat Le-baran, sebuah tradisi positifyang sampai sekarang diper-tahankan, walau kemajuanjaman berjalan pesat. Men-doakan dan membersihkanareal makam, juga salah satuagenda tahunan yang terus

diwariskan pada anak cucu.“Ini menjadi momen tahunanyang akan terus kami jaga, danturunkan pada generasi se-lanjutnya.”

Peziarah lain, H Mukhidin(43) mengungkapkan, tradisinyekar ke makam orang tua,atau anggota keluarga ketikaHari Raya Idul Fitri, merupakanwaktu yang dinanti-nanti. Disini, seluruh anggota keluargaberkumpul, dan mengunjungimakam bersama-sama untukberdoa pada Yang Maha Kuasa.

Tradisi seperti ini juga dia

ajarkan pada anak-anaknya.Sehingga kelak bisa tetap di-lestarikan, dan menjadi bagiandari perayaan ketika Lebaran.Dia ikut berbagi rejeki denganfakir miskin, di sekitar makamsebagai sebuah upaya berbagikebahagiaan.

Baginya, tradisi seperti itubisa menjadi sarana positif.Sehingga sampai saat ini dila-kukan oleh sebagian besarwarga. “Bisa dilihat sendiri,ribuan orang berbondong-bondong ke makam saat Le-baran,” tandasnya. (gun)

Manfaatkan Lebaran sebagai Momentumdari halaman 9

Nelayan Resahkan Pembatasan Solar Subsididari halaman 9

Kalau kabar tersebut benar,sambung dia, maka dapat di-pastikan nelayan akan sema-kin sulit mendapatkan solar.Sebab, tanpa pembatasan,nelayan sudah cukup kesu-litan mendapatkan solar jikahendak melaut. “Kondisi se-karang saja untuk mendapat-kan solar, nelayan harus antriberhari-hari untuk membe-linya di SPBN.”

Eko berharap, seharusnyapemerintah bukan melakukan

pembatasan, tetapi justru me-nambah kuota solar di SPBNTegalsari. Melalui penamba-han tersebut nelayan tidakperlu antri berhari-hari diSPBN.

Disinggung kondisi nelayansaat ini, Eko membeberkan,hingga H+6 Lebaran belummulai melaut kembali. Seba-gian besar masih memilih me-maksimalkan suasan Lebarandengan bersilaturahmi ke sa-nak saudara masing-masing.

“Namun ada pula yang su-dah mulai mempersiapkan

perbekalan untuk melaut,” ka-tanya, sembari mengungkap-kan, diperkirakan nelayan mu-lai melaut kembali satu pekansetelah Lebaran.

Seorang pemilik kapal Tam-bari Gustam membenarkan,para nelayan mulai melaut se-telah Syawalan. Disebutkan,para nelayan tulakan juga be-lum ada yang melaut. Sebabalur sungai untuk perlintasanprahu kecil jenis arad, masihterhalang kapal-kapal can-trang parkir.

Prakirawan Stasiun Meteo-

rologi Tegal Laylya Isnaini me-nuturkan, tinggi gelombang diperairan Laut Jawa masihaman untuk melaut. Keting-gian gelombang berkisar an-tara 0,5 – 2,5 meter.

Kaitan dengan kondisicuaca secara umum, Laylyamengungkapkan, tidak adagangguan tropis. “Cuaca disebagian besar daerah Pan-tura diprakirakan cerah-be-rawan. Angin bertiup dariarah Tenggara-Selatan de-ngan kecepatan 5–25 kmperjam,” tuturnya. (adi)

Puluhan Pemudik Batal Balik Via...dari halaman 9

“Hasil konfirmasi, dua or-ang memberikan alasan pem-batalan. Kemudian 1 orangbatal balik lantaran meninggaldunia. Sementara 56 oranglainnya membatalkan tanpaada alasan jelas,” katanya se-saat sebelum kapal Ro-Ro di-berangkatkan.

Khaerul mengaku, sosia-lisasi balik gratis mengguna-kan kapal Ro-Ro sudah gencardisosialisasikan melalu mediamassa. Kendati begitu, karenaprogram ini baru kali pertamaada di Tegal, dan pemudikbelum terbiasa naik kapal.Peminat angkutan balik gratiskapal Ro-Ro masih kurangmaksimal. “Mungkin tahundepan, jumlah peminatnyaakan lebih banyak lantaran

tahun ini sudah berhasil di-langsungkan dengan sukses.”

Seorang pemudik yang me-manfaatkan angkutan gratiskapal Ro-Ro, Sugeng (41), war-ga Ginting, Bulakamba, Bre-bes menuturkan, dia bersamadua keluarga adiknya pilih ikutprogram balik gratis via laut.Alasannya, kalau memaksa-kan gunakan sepeda motorlewat Pantura akan terjebakmacet. “Selain itu, lewat Pan-tura juga banyak resikonya.Kalau pakai kapal saya rasalebih aman dan nyaman,”ujarnya.

Sugeng mengaku menge-tahui ada angkutan balik gartisgunakan kapal Ro-Ro seharisebelum kapal diberangkat-kan. Info tersebut diperolehmelalui kabar di televisi dan in-ternet. “Sosialisasinya sangat

kurang. Saya baru tahu adaprogram ini sehari sebelumpemberangkatan. Makanyasaya baru mendaftar Sabtupagi, pukul 08.00,” tandasnya.

Sementara itu NahkodaKMP Menumbing Raya, Is-kandar Alam menguraikan,perjalanan dari PelabuhanTegal menuju Tanjung PriokJakarta memakan waktu 21jam. Sebab kecepatan maksi-mal sesuai ketentuan adalah11 knot.

Adapun daya tampung ka-pal milik ASDP ini 500 orangdan 300 unit sepeda motor.“Kalau untuk mengankut mo-bil mampu 36 unit. Sedangkanangkut truk bisa 16 unit,” ung-kapnya, sembari menuturkanbaru kali pertama mengen-darai kapal dari Jakarta keTegal. (adi)

Aktivitas Lelang Ikan Masih Sepidari halaman 9

Menurut seorang pelaku usa-ha, Narto, hal itu karena seba-gian besar nelayan menikmatisuasana Lebaran. Sebagian be-sar kapal ukuran besar, sepertiphursine dan dogolan, bersiap-saip untuk melaut.

“Sementara belum ada yangberoperasi. Mungkin setelahsatu minggu, kapal berangkat

melaut. Keadaan ini bisa di-maklumi, sebab sekarang da-lam suasana Syawalan.”

Berdasarkan pantauan Ra-dar, keadaan kolam dermagapelabuhan sebelah timur danbarat, penuh sesak oleh ra-tusan kapal. Hal itu menye-babkan harga ikan basah (ikanlaut), atau ikan tambak misal-nya bandeng serta mujahermengalami lonjakan cukup

tinggi. Sehingga banyak kon-sumen beralih membeli ikankering (asin). Tak sedikit yangmencari ikan air tawar, atautelur ayam dan daging.

“Setelah Lebaran, harga ba-han kebutuhan bukannyaturun, malah melonjak. Tidakcuma ikan, termasuk ayampotong. Per kilo harganyamencapai Rp38 ribu,” tuturkonsumen, Anah. (din)

Penumpang Arus Balik Meningkat

Menurut awak bus, Kasnadi,PPD dan Mayasari tujuan Tegal-Jakarta per penumpang dikenaitarif Rp150 ribu. Bus lokal yangbiasa mangkal di terminal, un-tuk AC tujuan ibukota mema-tok tarif jauh lebih murah, yakniRp120 ribu. Khusus bus non-ACtujuan sama, tarifnya mencapaiRp80 ribu.

“Sebelumnya, puluhan PPDdan Bus Mayasari mengangkutribuan penumpang dari Tegalmenuju ibukota. Keadaannyapenuh ramai. Penumpanglumayan membludak, tarif perorang Rp150 ribu.”

Gelombang penumpangarus balik di terminal tujuan

dari halaman 9Jakarta, selain terjadi siang, di-prediksi juga malam hari.

Membludaknya penum-pang karena Senin (4/8), seba-gian pemudik mulai bekerja,termasuk kembalinya aktivi-tas belajar di sekolah. Setelahlama menikmati liburan, parapelajar sudah kembali be-rangkat menuntut ilmu.

Melonjaknya jumlah pe-numpang arus balik, juga ter-lihat di terminal angkutan an-tarkota. Terminal mini busyang pada hari biasa nampaklengang, kini penuh ramai.

Puluhan kendaraan ke-luar masuk mengangkutpenumpang berbagai tu-juan. Sebagian memadatiterminal angkutan antar-

kota tujuan Brebes, Pema-lang, dan obyek wisata mau-pun pusat perbelanjaan.Tak ketinggalan ada yangberniat keliling kota.

Sementara Safrudin, yangsehari-hari berjualan di termi-nal bus menuturkan, seiringperkembangan peminat ang-kutan bus makin berkurang.Mereka lebih tertarik memakaikereta api. Di lain sisi, orangcenderung memanfaatkankendaraan pribadi.

“Minat naik bus menurun,dan penumpang memilih ke-reta api. Lihat saja di jalan raya,kesempatan mudik dan arusbalik, ribuan orang memilihmemakai sepeda motor,” tan-dasnya. (din)

“Ya, angka tersebut hanyauntuk pengadaan pembuatanpakaian 5 setel, bagi 30 wakilrakyat. Nantinya, anggotaDPRD baru, masing-masingmemperoleh 5 setel pakaian,

Mulai Dipersiapkandari halaman 9

termasuk jas yang akan di-pakai dalam pelantikan,” be-bernya.

Sementara pengadaan ma-kan minum, cetak undangan,dan pengamanan pada waktuacara berlangsung, tidak ma-suk dalam anggaran baru. Se-

bab masuk agenda dana rutinrapat paripurna. “Juga ang-garan tempat, kami dapatmenghematnya. Karena loka-si pelantikan bulan Agustus,digelar di gedung dewan.”

Toto berharap, agenda pe-lantikan berjalan aman dan

terkendali, dengan dilibat-kannya aparatur terkait. “Se-moga pelantikan berjalanaman. Kami berharap anggotaDPRD periode 2014 - 2019,benar-benar mengembanamanah rakyat yang memilihmereka,” jelasnya. (gus)

Ajak Ribuan PemudikSenam Kecil

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

SENAM - Petugas Kepolisian Resort Tegal Kota, mengajak pemudik menggerakkan badan atau senam kecil.

INOVASI yang dilakukananggota Kepolisian ResortTegal Kota, dalam membe-rikan pelayanan dan mengajakketertiban pemudik, agar sela-mat dalam perjalanan, ternya-ta banyak caranya. Termasukpemudik yang tengah berhentidi titik lampu merah atau tengahsantai, diajak melakukan geraktangan, serta kepala yangdikemas dalam senam kecil.

Hal ini dilakukan personilPos Pelayanan Pasar AnyarKota Tegal. Ribuan pemudikyang harus berhenti, karenalampu merah, oleh polisi yangbertugas melakukan pam Le-baran, diajak menggerakkan

badan, tangan hingga kepala,meski dalam waktu singkat.Hal ini dimaksudkan, supayapemudik yang berjam-jammengemudikan sepeda motoratau mobil, kembali bersema-ngat dan tidak lelah.

“Kota Tegal termasuk titiklelah para pemudik di jalurPantura. Makanya, harus adainovasi dari kami, dengan me-ngajak

mereka melakukan senamkecil, mengerakkan badanatau tangan, agar staminakembali segar,” ucap HumasPolres Tegal Kota AKP EviWijayatni, kemarin.

Menurutnya, walau ajakan

senam kecil berlangsung se-kitar 1 menit, bertepatan lam-pu merah perempatan PasarAnyar, paling tidak gerakanyang dilakukan, bisa mem-bangkitkan gairah atau badan,yang berjam-jam tegang me-ngemudikan kendaraan. “Ha-rapannya, kondisi fisik mau-pun konsentrasi para pemudiktetap terjaga, sehingga sela-mat sampai tujuan.”

Sementara pemudik yangsempat dimintai keteranganRadar, Joko (38), asal Banyu-manik Semarang, mengakumendadak fresh saat mela-kukan gerakan, yang diajarkanpetugas kepolisian. “Perjala-

nan jauh membuat tubuh, ta-ngan, dan mata kita hinggakepala tegang. Tapi, gerakankecil yang kami lakukan, de-ngan meniru gaya Pak Polisi,ternyata bisa membuat semuabadan mendadak segar,”akunya.

Bapak 2 anak yang bekerjasebagai karyawan pabrik diJakarta itu mengaku, awalnyasempat kaget, ketika berada dilampu merah, lalu disetop polisi,dan mendadak memerintah-kan para pemudik. Karena dirin-ya mengira akan ditilang. Na-mun ternyata, petugas menga-jak melakukan gerak badan,atau senam kecil. (gus)

SEPEKAN setelah meraya-kan Hari Kemenangan, umatIslam di beberapa daerah,menggelar Syawalan atau Le-baran Ketupat.

Ketupat termasuk makanankhas di Hari Raya Idul Fitri.Budaya Syawalan biasa dise-but Lebaran Ketupat. OrangJawa menyebutnya denganLebaran Kopat atau Syawa-lan. Syawal nama bulan dalamkalender Islam.

Tradisi ini bagi masyarakatJawa, menjadi ritual rutin yangdigelar sepekan setelah IdulFitri, atau usai menjalankanpuasa Syawal selama enamhari. Secara harfiah, ketupatjenis makanan yang dibuatdari pembungkus pelepahdaun janur berbentuk hati, didalamnya berisi beras dalamkeadaan matang.

Ketupat hanyalah bentuksimbolisasi yang bermaknahati putih, yang dimiliki sese-orang yang kembali suci. Ke-tupat dalam bahasa Jawa di-terjemahkan dengan ‘LakuLepat,’ di dalamnya mengan-dung empat makna. Yakni le-bar, lebur, luber, dan labur.

Lebar artinya luas, leburartinya dosa atau kesalahanyang diampuni, luber makna-nya pemberian pahala yangberlebih, dan labur artinyawajah ceria. Secara keselu-ruhan dapat dimaknai sebagaisuatu keadaan yang palingbahagia, setelah segala dosayang sedemikian besar terse-

Usai Lebaran, DilanjutkanBudaya Syawalan

but diampuni, untuk kembalijadi orang suci, serta bersih.

Berbagai kelompok masya-rakat di sejumlah daerah, khu-susnya di Pulau Jawa, mem-punyai ciri atau cara masing-masing, dalam memaknai Le-baran Ketupat. Masyarakatyang tinggal di Kaliwungu,Kendal, Jawa Tengah. Seharimenjelang Lebaran Ketupat,yang jatuh tanggal 8 Syawaltiap tahun, beramai-ramai me-nyerbu pasar untuk membeliberbagai keperluan bahanpembuat ketupat.

Bila berkesempatan ke sa-na, setiap rumah pasti me-nyediakan ketupat. Masya-rakat setempat mengawaliprosesi Lebaran Kopat atauSyawalan, dengan mengun-jungi atau menziarahi makamulama maupun tokoh agama,yang sangat disegani atau di-hormati. Setibanya di makam,mereka melakukan ritual kea-gamaan dengan doa bersama,sekaligus memperingati wa-fatnya sang tokoh serta po-puler disebut haul.

Koentjaraningrat dalamKebudayaan Jawa (1984: 328)menerangkan, salah satu tra-disi dan budaya Islam Jawayang masih hidup, adalahadanya penghormatan kepa-da makam-makam orang suci.Baik ulama atau kiai. Setelahdoa, mereka bersama-samamenikmati sajian hidanganyang tersedia dengan menuutama berupa ketupat.

Sementara masyarakat De-sa Krapyak, Pekalongan Utara,Kota Pekalongan, Jawa Te-ngah memperingati Syawalandengan membuat lopis rak-sasa, ketinggian sekitar duameter berdiameter 150 cm.Tradisi ini sudah ada sejak 1855M, yang pertama kalinya digelarKH Abdullah Sirodj, keturunandari Kiai Bahu Rekso.

Kegiatan itu sebagai saranamenciptakan kerukunanumat muslim. Disamping me-dia syiar agama Islam. Ribuanwarga rela berdesakan, dansaling berebut mendapatkanpotongan lopis raksasa. Se-tiap tahun kue lopis bertam-bah besar, karena banyaknyawarga yang terlibat.

Sedangkan masyarakat diJepara, menyebut Syawalandengan Lomban. Prosesinyadiawali dari kawasan pele-langan ikan, Ujung Batu,Jepara. Di sana masyarakatmenyediakan sesaji, berupasatu kepala kerbau dihiasi per-nak-pernik makanan dan sayu-ran. Usai doa bersama dipimpinseorang kiai, seluruh sesajidiletakkan di atas kapal kecil,untuk dilarung di tengah laut.

Pada waktu itulah sesaji ja-di rebutan para nelayan atauwarga sekitar. Tradisi ini seba-gai bentuk ungkapan syukur,atas perlindungan dan berkatyang diterima masyarakat Je-para selama satu tahun, danmemohon perlindungan ataurejeki berlimpah untuk satutahun mendatang. Tradisi ter-sebut hingga kini terus diper-tahankan.

Berbeda dengan daerah lain.Tradisi Syawalan hingga kinidipertahankan dan ber-langsung meriah. Di Kota Tegaldan sekitarnya, tujuh harisetelah Lebaran, masyarakatkembali pada aktivitas semula.Bahkan sebagian besar pe-mudik kembali ke Jakarta. Me-reka disibukkan dengan urusanekonomi dan kepentingan lain.

Pemerhati sosial Atmo TanSidik menuturkan, dengan Sya-walan maka amal ibadah se-seorang makin meningkat. Ter-masuk kepedulian pada se-same, setelah menjalan ibadahpuasa sebulan penuh, diharap-kan kian bertambah. (din)

ABIDIN ABROR/RATEG

KETUPAT - Makanan khas ketupat, salah setu menuutama pada Syawalan dan Hari Raya Idul Fitri.

Page 16: Radar Tegal 4 agustus 2014

SENIN, 4 AGUSTUS 2014 16RADAR TEGAL

PATROLI

1WARGA sekitar Jalan Mar-toloyo atau sebelah timur lam-pu merah Pasar Anyar, Sabtu(2/8) siang, geger menyusuladanya kabar salah seorangtamu Wisma Raharjo ditemu-kan tewas di kamarnya. Dike-tahui, korban adalah You-giarto (44) warga Pala 11, DesaMejasem Barat, KecamatanKramat, Kabupaten Tegal.

Diperoleh informasi, kor-

ban yang menghuni kamarnomor 6 ditemukan tewasoleh Arif Setiawan (24) wargaDesa Jebet Utara, KabupatenPemalang, karyawan wisma.Sekitar pukul 12.00, saksi me-ngecek kamar untuk diber-sihkan. Arif lalu mengetuk pin-tu kamar nomor 6 yang dihunikorban. Korban sebelumnyachekin ke Wisma Raharjo, Ju-mat (1/8) pukul 15.00.

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

DIEVAKUASI - Jenazah Yougiarto dievakuasi petugas ke rumah sakit. Diduga, korban tewas akibat penyakit jantungnya kambuh.

Pria Paruh Baya Tewas di WismaNamun saksi terkejut ka-

rena saat dibangunkan ter-nyata korban sudah tak ber-nyawa. Tak pelak hal itu mem-buat penghuni wisma geger.Begitu juga warga sekitar.Pengelola wisma selanjutnyamelaporkan temuan tersebutke polisi.

‘’Sebelumnya korban da-tang sendirian. Korban me-mesan kamar Jumat (1/8) pu-

kul 15.00. Seperti biasa, pukul12.00 saya bersih-bersih ka-mar, saat melongok ke kamarnomor 6, korban sudah terbu-jur kaku di atas tempat tidur,’’terang Arif.

Terpisah, Kapolsek TegalTimur, Kompol HM Syahri SH,membenarkan kejadian terse-but. Di TKP petugas menga-mankan sebuah kunci motor,jaket kulit warna coklat, dan

sisa minuman ringan.“Kami tidak menemukan

adanya tanda-tanda bekastindak kekerasan di tubuh kor-ban,’’ katanya. Menurutnya,berdasarkan keterangan istridan anggota keluarganya,korban memang memilikiriwayat penyakit jantung.

“Dugaan sementara korbantewas akibat penyakit jantung-nya kambuh,” ujarnya. (gus)

INSIDEN pengeroyokanyang dilakukan warga DesaWuwur kepada Ngadio (46)salah satu warga di Desa Kara-ban, Kecamatan Gabus, ma-sih dikembangkan aparat Pol-res Pati. Setidaknya, ada 8pelaku yang diamankan petu-gas. Mereka terdiri tujuh orangwarga Wuwur dan seorangwarga Karaban.

Kapolres Pati AKBP BudiHaryanto melalui Kasatres-krim AKP Agung Setyo Budimembenarkan telah menga-mankan delapan orang. Me-reka diciduk dalam waktu dantempat yang berbeda.

”Sebanyak tujuh orang Wu-wur tersebut, berinisial EK 1,EK 2, WW, SN, SG, AM dan BH.Kemudian satu wargaberinisial AG dari Desa Kara-

ban,” katanya pada Jawa PosRadar Kudus kemarin.

Kasus pengeroyokan ter-sebut bermula dari dendamsejak Juni 2014 lalu. Saat itu,warga Desa Karaban yangberinisial AG memukul salahseorang warga di Desa Wuwur.Karena tersulut dendam, war-ga Wuwur yang berinisial WWmencari AG. Namun tidakketemu.

Akhirnya, kekesalan mere-ka dilampiaskan pada Ngadiowarga Desa Karaban hinggamengalami luka dan dilarikanke RSUD Pati Selasa (29/7) lalu.Atas insiden tersebut, petugaskeamanan dari Polres Pati,Brimob dan TNI Kodim Patimelakukan pengamananlangsung di dua perbatasandesa tersebut, lantaran kedua

Bentrok, 8 Orang Diciduk Aparatdesa saling bersebelahan. Halitu, untuk menjaga kondu-sivitas, agar tidak kembali ter-jadi aksi tawuran atau bentro-kan serupa.

Kasatreskrim menambah-kan, untuk tawuran yang terja-di di Dukuh Dowan denganwarga Desa Wegil, KecamatanSukolilo, pada malam takbiranlalu, prosesnya sama dengankasus bentrok antara DesaWuwur dengan Desa Karaban.

Setidaknya sebanyak dela-pan orang pemicu tawuranjuga telah diamankan. Insin-den tawuran tersebut, me-mang tidak memakan korbanjiwa namun akibat aksi tawu-ran yang dilakukan puluhanwarga tersebut, membuat saturumah warga di Dukuh Do-wan rusak. (ery)

SalingTuduhSelingkuhRUMAH TANGGA

Ismail (39)—bukannama sebenarnyadan Hemas (40)—juga bukan namasebenarnya—dariMalang ini benar-

benar sepertiperangnya Israel

melawan Hamas diJalur Gaza. Gara-garasaling tuduh bermain

selingkuh, perang sirambensin pun terjadi. Tapi pada

akhirnya Ismail yang kalah danmati terbakar, sehingga tak

sempat menggugat ke MK dan PTUN.Rumah tangga yang sakinah pastilah terbebas dari

isu perselingkuhan. Sebab, baik suami maupun istri tahuakan perannya masing-masing. Suami bertang-gungjawab memberikan nafkah bagi keluarganya, danistri bertanggungjawab mengelola keuangan darisuaminya, jangan sampai bocor ke mana-mana.Kalaupun bocor ke mertua dan adik ipar, itu hanyasekedarnya dan sepatutnya. Sebab bagaimana pun juga,menantu yang baik haruslah punya perhatian padamertua dan para adik iparnya.

Bagi keluarga Ismail (39)—bukan nama sebenarnya—dari Desa Pagedangan, Kecamatan Turen, KabupatenMalang, Jawa Timur, soal kebocoran anggaran yang mengalirke keluarga mertua tak dirisaukan benar. Sebab ekonomimereka cukup mapan. Rumah bagus, mobil juga keluarantahun terakhir. Bahkan semua kegiatan di sudut-sudut rumahsemua bisa dipantau dari kamera CCTV. Jadi kalau adaorang lagi njengking atau nungging, semua bisa dipantau.

Sayangnya, meski Allah SWT telah memberikankarunia bergitu berlebih, rumahtangga itu nyaris hebohsepanjang hari karena tak pernah lepas dari isuperselingkuhan. Hemas menuduh suaminya punya WIL,dan gantian Ismail menuduh istrinya lah yang punyagendakan. ”Angger aku gelem, aku nduwe bukti akeh,”kata Ismail menantang istrinya.

Siapa yang benar-benar selingkuh, sebetulnya takpernah jelas. Tapi sebagai suami, Ismail terasa palingkenceng menuduh istrinya seperti itu. Ketika ada SMS mesradi HP-nya, dia berkilah itu pekerjaan hacker dari Korselyang ingin merusak rumah tangga. Namun di kesempatanlain, Ismail juga menyelidiki istrinya bahwa memang benar-benar punya PIL.

Ismail memang lelaki temperamental. Seminggu laludia nekad menyiram istrinya dengan bensin bersubdisi,byurrr! Bayangkan, bensin yang diperjuangkan Pak SBYagar bisa terbeli oleh rakyat, oleh Ismail hanya dihambur-hamburkan untuk memandikan istrinya. Tentu sajaHemas sakit hati, sehingga dia ingin pula sekali waktumembalasanya. Pokoknya sudah seperti perang di JalurGaza. Baik Ismail maupun Hemas saling cari kelengahanlawan, bagaikan Israel lawan Hamas.

Beberapa hari lalu, di rumah Ismail mendengar istrinyaterima SMS. Langsung saja dia minta HP itu untuk disensorapa isinya. Padahal isinya bukan ajakan janjian dari PIL,melainkan penawaran KTA (Kredit Tanpa Agunan) daribank swasta. “Untung mung SMS kaya kiye, angger ajakanmojok kowen tak bakar temenanan,” ancam Ismailbersungut-sungut.

Sikap suaminya inilah yang membuat Hemas dendam.Diam-diam dia membeli bensin subsisi sebanyak limaliter. Suami yang sedang tidur di kamarnya, tahu-tahudiguyur bensin dan dilempar geretan. Tentu saja Ismailkobongan dan api merembet ke segala ruangan. Wargapun geger berusaha menyelamatkan rumah danpenghuninya.

Tapi sayang, nyawa Ismail tak terselamatkan karenamengalami luka bakar hingga 75 persen. Warga danpolisi awalnya menduga murni kebakaran. Tapi setelahmelihat rekaman di CCTV, tahulah mereka akan latarbelakang peristiwa tersebut. Mau tak mau Hemasdigelandang polisi untuk mempertanggungjawabkanperbuatannya. Katanya di depan polisi, Ismail selalumenuduh dirinya selingkuh. “Padahal asline kae singselingkuh. Kuwe curang,” jelas Hemas.

Angger curang lapor MK karo nggawa bawa bukti 10truk! (wan/jpnn)

10 hari, 22 LakalantasSELAMA Operasi Ketupat Candi Lebaran di Kabupaten

Pati tahun ini, setidaknya ada 22 kecelakaan lalu lintas(lakalantas) yang terjadi selama 10 hari pelaksanaan operasi.Berdasarkan data lakalantas Polres Pati, hingga H+5Lebaran, pelaksanaaan Operasi Ketupat Candi dari 22kejadian kecelakaan tersebut, satu korban di antaranyameninggal dunia, tiga orang mengalami luka berat, dan 33orang luka ringan.

Kasatlantas Polres Pati AKP Dex Emmanuelle SamsonsManuptty melalui Kanitlaka Ipda Daffid Paradhi menga-takan, angka kecelakaan tersebut mengalami penurunandari tahun lalu. Tahun lalu kecelakaan pada Operasi KetupatCandi Lebaran merenggut lima korban jiwa.

Sementara itu, secara keseluruhan selama Juli telah terjadi70 lakalantas yang merenggut 10 korban jiwa. Tiga korbandi antaranya mengalami luka berat dan 92 orang mengalamiluka ringan.

Angka ini juga turun dibandingkan Juli 2013 lalu, karenadari 76 kejadian kecelakaan, 19 korban meninggal dunia,satu luka berat, dan 78 korban luka ringan. ”Dibandingkandengan peristiwa serupa tahun lalu, kecelakaan lalu lintassaat arus mudik dan arus balik lebaran di Kabupaten Patimemang terbilang menurun. Kesadaran masyarakat dalamberkendaraan yang aman sudah mulai meningkat dan halitu memang harus terus ditingkatkan,” terangnya.

Ia menambahkan, di Pati ada dua titik rawan kecelakaandi sepanjang jalur Pantura, yaitu di sepanjang pantura turutKecamatan Margorejo dan serta jalur Pati-Juwana. (ery)

ARUS mudik dan balik dijalan raya mulai H-7 sampaiH+7 di wilayah KabupatenGrobogan masih memakanbanyak korban. Hal ini, karenaadanya faktor kelalaian pe-ngendara yang tidak mema-tuhi rambu lalu lintas dan pa-datnya arus kendaraan di jalanraya.

”Dari catatan kami selamaarus mudik dan balik masihada 30 kejadian kecelakaan.Satu meninggal, empat lukaberat, dan 47 pengendara luka

ringan,” kata Kapolres Grobo-gan AKBP Langgeng Purnomomelalui Kasatlantas AKPArianto Salkery.

Dijelaskan, angka kecelaka-an lalu lintas tersebut palingbanyak didominasi oleh pe-ngendaraan kendaraan sepe-da motor. Sisanya kendaraanbus, truk, dan mobil pribadi.Menurutnya, masih banyak-nya kecelakaan di jalan rayasaat arus mudik dan balik Le-baran dikarenakan kurangpengendara berhati-hati. Dari

total kecelakaan selama arusmudik dan balik Lebaran keru-giannya sebesar Rp 25, 7 juta.

Sementara, data angka ke-celakaan di wilayah hukumPolres Grobogan pada 2013lalu angka kecelakaan arusmudik dan balik Lebaran ada35 kejadian, dengan korbanmeninggal 1 orang, korbanluka berat 2 orang, serta kor-ban luka ringan 48 orang. De-ngan jumlah kerugian Rp 8,8juta. Sedangkan pada 2012lalu, angka kecelakaan

Angka KematianNelayan Meningkat

SISI keselamatan kerjanelayan Kabupaten Jeparamemang perlu menjadiperhatian khusus dari ba-nyak pihak. Ini karena, da-lam tiga tahun terakhir ka-sus kematian menimpa ne-layan karena kecelakaanlaut selalu meningkat.

Pada 2012 kasus kema-tian nelayan mencapai 36nelayan. Pada 2013 lebihbesar lagi, kasus kematianmencapai 66 nelayan. Se-dangkan tahun ini per Juni,kasus kematian nelayansudah mencapai 35 orang.Dari data tersebut, rata-rata kematian mencapaitujuh orang. Padahal padatahun sebelumnya, rata-rata kasus kematian hanyalima orang nelayan.

Pengawas Ketenagaker-jaan Dinas Sosial Kentana-gakerjaan dan Transmig-rasi (Dinsosnakertrans)Kabupaten Jepara Muktiatimenerangkan, pihaknyamelalui Kemenakertrans RItelah menyumbangkan1.295 paket peralatan kese-lamatan kerja bagi nelayan.

Muktiati mengatakan,penyerahannya dilakukanpada Juli lalu. Pemberianperalatan bantuan disa-lurkan secara proporsionalsesuai jumlah anggota dari37 kelompok nelayan.

Bantuan tersebut me-mang terbilang masih kecil

jika dibanding jumlah se-luruh nelayan Jepara. Se-bab, jumlah total nelayandi Jepara ada sekitar 13 ribu.Sedangkan yang aktif terga-bung dalam HimpunanKelompok Nelayan Selu-ruh Indonesia (HKNSI) ada3 ribu orang.

”Tiap paket di antaranyaberisi lampu, helm, sepatubot, celana antiair, dan jaketpelampung. Dengan esti-masi tiap paket senilai Rp 5juta,” papar Muktiati kepadaJawa Pos Radar Kudus.

Untuk itu, nelayan diha-rapkan segera mendaftar-kan diri sebagai pesertaBPJS Ketanagakerjaan. Ne-layan harus membayarkaniuran senilai Rp 13 ribu per-bulan.

Saat ini nelayan yang su-dah mendaftarkan diri da-lam program BPJS Ketana-gakerjaan ada 250 orang.Nantinya dari pembayaranBPJS Ketenagakerjaan ituakan memberikan premikematian kepada nelayansebanyak 0,3 persen dansatu persen jaminan kece-lakaan.

Muktiati menambah-kan, nelayan merupakanprofesi nonupah yang perlumendapatkan perlin-dungan keselamatan kerja.Dengan demikian nelayandapat berkerja denganaman dan nyaman. (him)

Diduga KorbanTabrak Lari

SEORANG nelayan dika-barkan hilang pada Sabtu (2/8) sore lalu di kawasan perai-ran Pulau Panjang. Nelayantersebut diketahui bernamaRumain (42) warga RT 13 RW4, Kelurahan Jobokuto, Keca-matan Jepara.

Perangkat kelurahan setem-pat Urip Sumaidi mengatakan,Rumain berangkat melaut pa-da Sabtu dini hari sekitar pukul03.00. Dirinya berangkat dariKali Wiso yang tak jauh daritempat tinggalnya.

Rumain berangkat mencariikan menggunakan perahusopek. Biasanya pulang darimelaut sore hari sekitar pukul15.00.

Sabtu (2/8) dini hari Rumainpergi melaut. Alih-alih mem-bawa hasil tangkapan. Ru-main sore harinya justru tidakdiketahui keberadaannya.

Puluhan nelayan yang ter-gabung dalam Himpunan Ne-layan Seluruh Indonesia(HNSI) Kabupaten Jeparasegera melakukan pencarian.Disampaikan Urip, sekitar duabelas perahu nelayan dike-rahkan untuk melakukan pen-carian.

”Para pencari hanya mene-mukan perahu sopek Rumainyang terapung dalam jarak 12mil dari Pulau Panjang. Se-mentara Rumain sendiri hing-ga kini belum ditemukan,” kataUrip kepada Radar.

Upaya pencarian, kata Urip,telah dilakukan dua kali. Pen-carian pertama pada Sabtuatau saat kejadian, namunsaat itu hanya menemukanperahu Rumain. Sedangkanbapak tiga anak ini belumberhasil ditemukan.

Sementara, pencarian ke-dua dilakukan pada Minggu(3/8) pagi. Hasil pencarian kalikedua itu masih nihil. (him)

Rumain Hilang di Laut

Satu Meninggal saat Arus Mudik dan Balikmencapai 54 kejadian dengandelapan orang meninggal,korban luka berat delapan or-ang, dan korban luka ringan 65orang. Jumlah kerugian men-capai Rp 29, 1 juta.

Menurut kasatlantas, per-soalan yang dihadapi padaOperasi Ketupat tahun initidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni ke-macetan serta tidak seim-bangnya personel jaga de-ngan ruas yang dikondisikan.

Upaya penekanan kece-

lakaan berlalu lintas (lalin) dijalan raya juga dengan mela-kukan rekayasa lalu lintas disejumlah ruas jalan utama.Terutama di Pasar Purwodadidan Godong. Rekayasa lalulintas dijalankan saat terjadikepadatan. Untuk titik Go-dong, arus yang datang dariarah Grobogan menujuSemarang akan dibelokkan kejalan kampung lalu keluar dijalan utama menuju Semarangtanpa melalui Pasar Godongdan Simpang Tiga. (mun)

Page 17: Radar Tegal 4 agustus 2014

ALL SPORTSHalaman 18

PILIHSTRATEGIBERTAHANALL SPORTSHalaman 19

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR TEGAL, SENIN 4 AGUSTUS 2014 17

HABISKANRP537M

NICE - Menghadapi klubsekelas Nice, tim yang menga-khiri Ligue 1 musim 2013-2014di ambang zona degrasi seha-rusnya bukan menjadi perkarasulit bagi Barcelona. ApalagiBlaugarana (julukan Barce-lona)kali ini juga memainkandua pemain baru mereka, bekJeremy Mathieu dan penjagagawang Marc-Andre ter Ste-gen.

Meskipun menguasai 64persen penguasan bola, Bar-celona harus kecolongan ter-lebih dahulu pada menit ke-21

David Ramos/Getty Images

PILIH BERTAHAN - Kehadiran Xavi Hernandez di lini tengah Barcelona masih menjadi kartu truf permainan Blaugrana.

UNTUNG ADA XAVIsetelah Dario Cvitanich suk-ses mengeksekusi tendanganpenalti setelah dirinya dido-rong Gerard Pique di kotakpenalti. Adalah seorang XaviHernandez, pemain veteranyang membuat kedudukanmenjadi imbang bagi Barce-lona.

Tendangan penaltinya dimenit ke-68 membuat kedu-dukan imbang sekaligus me-nyelamatkan tim asuhan LuisEnrique itu dari kekalahanperdana dalam pertandinganpra musim ini. Sebelumnya,

Enrique memimpin skuadnyadalam pertandingan melawanRecreativo Huelva yang be-rakhir dengan keunggulanBarcelona (1-0).

Xavi yang masuk menggan-tikan Sergi Roberto pada me-nit ke-46 membuat permainanBarcelona mulai kembali me-ngalir. Terlebih, performa Xaviini kembali menjadi kekuatantersendiri bagi Barcelona sete-lah dikabarkan bakal heng-kang dari Nou Camp musimpanas ini.

"Kami salah, di babak perta-

ma, kami tidak menemukancelah. Kami tampil lebih bagusdi pro kedua, saya sangat se-nang akan hal itu," ujar Enri-que sebagaimana yang di ku-tip Football Espana.

Mantan pelatih AS Roma itumenyambut baik keputusanyang diambil Xavi untuk ber-tahan bersama timnya. Menu-rutnya, permainan jendral linitengah Blaugarana itu sejauhini cukup bagus. "Bahwa Xavimemutuskan untuk tetaptinggal adalah kabar yangmenggembirakan bagi kami.

Dia berada dalam kondisi ter-baiknya, baik fisik maupunmentalnya, dia bisa memban-tu kami," terangnya.

Sementara itu, penampilanMathieu dan Ter Stegen cukupbagus dalam debutnya ber-sama tim asal Catalan itu. Te-kanan jelas diterima dua pe-main ini, mengingat perannyayang akan dibutuhkan bagiBarcelona musim depan. Ter-lebih bagi Ter Stegen, mantankiper Borussia Muncheng-ladbach itu diplot untukmenggantikan posisi Victor

Valdes di bawah mistar Blaug-rana.

"Secara umum, kami ber-main cukup bagus, dan ter-lihat adanya perbaikan, untukmengentahui setiap pemainberkomunikasi dengan pe-main lain demi menunjukkanpeningkatkan secara tim,"jelasnya.

Ivan Rakitic juga turut ber-main bagi Barcelona saatmenggantikan tempat MartinMontoya pada menit ke-39.Seperti yang dilaporkan DailyMail Andoni Zubizarreta Di-

rektur Olahraga Barcelonamemuji penampilan Mathieu.Kecepatan yang ditunjukkanpemain Prancis yang musimlalu berseragam Valencia itumembuat rasa aman di linipertahanan Blaugrana.

Terlebih dengan posturnyayang cukup ideal, sekitar 190cm membuatnya menjadi sa-lah satu andalan Barcelona dilini krusial bersama Pique.Mengingat saat ini belum adalagi bek tangguh bagi tim Ca-talan sepeninggal Carlos Pu-yol. (nap/zul/jpnn)

RIVALITAS Bayern Muen-chen dan Borussia Dortmundtelah berlangsung puluhantahun dalam sejarah panjangsepak bola Bundesliga. Keduaraksasa sepak bola Jerman initidak hanya saling jegal dalamperebutan gelar, tapi juga ber-saing ketat untuk mengusungbintang di dalam lapangan.

Empat musim terakhir,Dortmund berhasil menyulapstriker asal Polandia RobertLewandowski sebagai salahsatu mega bintang di Jerman.Lewi (panggilan akrab Lewan-dowski) langsung setel de-ngan Dortmund ketika ditran-sfer dari Lech Poznan, klubasal di Liga Polandia pada2010 silam.

Ketika itu, Lewi menyabetsederet gelar individu ber-sama tim dengan julukan DieBorussen itu. Mulai dari pe-main terbaik Jerman, pence-tak gol terbanyak DFB-Pokaldan yang terbaru sebagai topscorer Bundesliga (kompetisitertinggi) Jerman musim lalu,20 gol.

Pemain berusia 25 tahun itujuga menjadi bagian terpen-ting ketika Dortmund dua kalikeluar sebagai juara beruntunBundesliga, musim 2011 dan2012. Setelah puas merasakansemua gelar bersama tim yangidentik dengan warna kuningini, Lewi memilih untuk men-cari tantangan baru dan me-

milih hengkang ke BayernMuenchen, seteru abadiDortmund.

Nah, setelah ditinggal Le-wandowski tersebut, Dort-mund langsung bergerak ce-pat untuk mencari pengganti.Keputusannya, mereka me-rekrut Ciro Immobile dari To-rino, tim kontestan di Seria-AItalia. Immobile digadang-gadang akan menjadi bintangbaru dan bersinar bersama timbesutan Juergen Klopp ini.

Musim lalu, striker asal Italiaini memang memiliki performayang sangat menonjol. Meskimembela Torino, tim dengantitel medioker di kompetisitertinggi di Italia, namun Im-mobile berhasil meraih meraihgelar Capocannoniere aliastop scorer dengan 22 gol.

Di depan sejumlah mediamasa di Jerman belum lamaini, Immobile menegaskanbahwa, dia sudah sangat siapuntuk menggantikan posisiyang ditinggalkan oleh Le-wandowski tersebut. Terma-suk dengan berusaha ber-juang mati-matian untuk bisamemberikan kontribusi se-perti yang pernah dia lakukandi Italia.

"Lewandowski adalah ma-sa lalu, dan saya adalah masadepan," ujar striker berusia 24tahun itu seperti yang dikutipoleh Goal Espana. "Saya akanberusaha keras untuk menun-

jukan kepada kalian (fansDrotmund, Red) bagaimanacara melupakan Lewandow-ski," tegasnya.

Menurut Immobile, Lewan-dowski sejatinya adalah pe-main besar yang pernah dimi-liki oleh Drotmund. Namun,mantan penggawa Juventusini menegaskan bahwa diamemilki kualitas yang lebihbagus dan bisa memberikanlebih kepada tim yang ber-markas di Stadion Iduna Parkini.

"Saya akan mencoba untukmelakukan yang terbaik. Ke-mudian kita akan melihat apa-kah saya bisa membuat lebihbanyak gol atau kurang dariyang pernah dia (Lewi, Red)lakukan. Saya sangat senangtelah datang ke klub besarseperti Dortmund," tegas pe-main timnas Italia ini. (dik/zul/jpnn)

Immobile: Lewi Masa Lalu

Valerio Pennicino/Getty Images

ON FIRE - Ciro Immobile siap mengganti peran Robert Lewandowski di Borussia Dortmund.

Gara-Gara Visa BodohLIVERPOOL - Amerika Serikat ada-

lah salah satu negara atau mungkinnegara paling menjengkelkan dalam

soal yang berkaitan dengan imi-grasi. Sudah umum terjadi,

bahwa tidak mudahbagi otoritas negeri

Paman Sam un-tuk memberi-

kan visa ke-pada or-

a n gasing.

B e ktengah

a n y a rL i v e r -pool De-jan Lov-

ren menga-laminya. Pemain yang baru dida-tangkan dari Southampton se-harga GBP 20 juta (Rp 396,630miliar) tersebut gagal berang-kat ke AS dan bergabung de-

ngan tim barunya. Dia gagalmendapatkan visa untuk terbang

ke AS.Lovren mengungkapkan

kekesalannya lewat

akun Twitter pribadinya kemarin."Saya kecewa karena tidak bisa ber-sama tim. #stupidvisa #YNWA," cuitLovren.

Pemain 25 tahun kelahiran Zenica,Yugoslavia itu sudah mengajukanpermohonan visa di Kedutaan BesarAS di London. Namun keinginanuntuk secepatnya memeroleh visaditolak. Dia harus menunggu sampai10 hari. Dalam jangka waktu itu, Liver-pool sudah kembali ke Inggris dari turpramusimnya di AS.

Karena tidak jadi berangkat, pemilik28 caps untuk Tim Nasional Kroasiatersebut akan berlatih bersama Tim U-21. Kepada Koran Olahraga KroasiaSportske Novosti, Lovren mengung-kapkan keluhannya.

"Sayang sekali saya tidak bisa men-dapatkan Visa itu. Artinya, saya tidakbisa bergabung dengan rekan setim-nya di AS. Saya sedih karena itu," ucapLovren.

"Tentu saja, situasi ini tidak baguskarena saya tidak bisa bergabungdalam tim ini dalam per-

siapan diA S .B r e n -d a nR o d -g e r s

(ManajerLiverpool)

akan mengirim-kan program lati-

han kepada saya,"imbuhnya. (nur/zul/jpnn)

Shaun Botterill/Getty Images

GAGAL DEBUT - Dejan Lovren (kiri) rekrutananyar Liverpool dari Southampton, gagalbergabung dengan skuad The Reds di AS.

Page 18: Radar Tegal 4 agustus 2014

RADAR TEGAL SENIN, 4 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comALL SPORT18

HABISKAN RP 537 Msebagai akhir dari rangkaian turmereka.

Bergabungnya pemain yangpernah berkostum Fiorentina ini,menjadi pemain ke-enam yangdirekrut oleh Juventus dalam jen-dela transfer musim ini. Selain itu,masuknya Romulo tersebutmembuat total uang yang diha-biskan oleh Juventus dalam bursatransfer musim ini mencapai EUR34 Juta (Rp 537 Miliar).

Sebelumnya, tim yang sudah30 kali menjuarai Serie-A Italia initelah menggaet sejumlah pemainhebat untuk memperkuat skuadmereka. Mereka adalah StefanoSturaro dari Genoa, Luca Mar-rone (Sassuolo), Kingsley Coman(Paris Saint-Germain)”lvaro Mo-rata (Real Madrid) dan PatriceEvra dari Manchester United.

Selain Juventus, salahsatu raksasa sepak bola Italia, In-ter Milan sukses mendatangkanamunisi baru, Gary Medel dari

Cardiff City.Itu setelahI Nera-zzurri”ju-l u k a nInter”ha-

rus menyetujui persyaratandengan Cardiff yang memintaharga EUR 7,5 Juta (Rp 118, 6Miliar) selama empat musim.

Selain itu, Inter harus mem-bayar bonus sebesar EUR 1 Juta(Rp 15,8 Miliar) bila Inter berhasilmenjuarai Serie-A atau LigaChampions. Menurut barita yangdipublikasikan oleh Sport Me-diaset, kesepakatan tersebut di-capai secara pribadi oleh PresidenInter Milan Erick Thohir dan pe-milik Cardiff Vincent Tan, tadimalam.

“Tapi, jika Inter tidak mencapaitarget tersebut, maka bonus yangdiberikan kepada Medel hanyasebesar EUR 0,5 Juta (Rp 790 Ju-ta),” ucap Fernando Felicevichagen dari Medel. (dik)

Rekor The Big House

TURIN - Juventus terus me-maksimalkan kekuatan merekajelang kompetisi Serie-A musimini. Info teranyar, juara bertahanSerie-A tiga kali beruntun ter-sebut baru saja mendatangkanwinger asal Hellas Verona, Ro-mulo dengan status pinjamanselama satu musim kedepan.

Meski dengan status pinjaman,tim dengan julukan I Bianconeriini harus menguras kantong sebe-sar EUR 1 Juta (Rp 15,8 Miliar).Nah, bila Juventus ingin memper-manenkan status Romulo, me-reka harus kembali menambahmahar sebesar EUR 6 Juta (Rp 94,8Miliar).

“Itu adalah kesepakatan ber-sama yang sudah mencakupklausul buy-out bagi Juventus.Dan, kesepakatan tersebut akanberlaku secara otomatis bila Ro-mulo setidaknya dimainkan se-banyak 60 persen dari semua per-tandingan resmi Juventus musim

ini,” ujar salah satu staf Juv-

entuskepada football Ita-

lia kemarin.Pemain berusia 27 tahun ini

telah menjalani tes medis bebe-rapa saat setelah mencapai kese-pakatan dengan manajemen Ju-ventus. Dia bahkan telah dima-sukan ke daftar rombongan ketikaLa Vechia Signora (Nyonya Tua)(julukan lain Juve) menjalaniperjalanan ke Asia dan Australiadalam tur pra musim mereka.

Indonesia termasuk salah satunegara yang masuk dalam jadwalperjalanan panjang tim besutanMassimiliano Allegri ini. Setelahitu, mereka akan terbang ke Sing-paura kemudian akan melan-jutkan perjalanan ke Australia

ANN ARBOR - ScoreboardMichigan Stadium, Ann Arbordengan gagah mengumum-kan bahwa penonton pertan-dingan antara ManchesterUnited melawan Real Madridmenembus 109.318. Semuaorang lantas terhenyak. Me-reka kagum. Sejarah telah lahir.Inilah pertandingan denganmassa terbanyak dalam sejarahsepak bola di Amerika Serikat!

Rekor sebelumnya dipegangoleh Rose Bowl Stadium di Pa-sadena pada Final Sepak BolaOlimpiade 1984. Ketika itu,pertandingan antara Prancismelawan Brasil disaksikan101,799 penonton.

Jumlah penonton lebih dari109 ribu jelas merupakan sen-sasi. Apalagi pertandinganyang dimenangkan United de-ngan skor 3-1 tersebut hanya-lah partai persahabatan. Teta-pi ini membuktikan bahwabaik United dan Real memangpantas menyandang gelar se-bagai tim terbesar di dunia.

Walau menduduki peringkatketujuh musim lalu, Unitedjelas membuktikan bahwa me-reka adalah tim berpengaruh.Selain soal ledakan penonton,

United juga mengumukansponsor baru di jersey jelangmusim ini.

General Motors denganbrand Chevrolet jadi sponsorutama. Perusahaan multina-sional Amerika Serikat yangberbasis di Detroit tersebutmembayar United sehargaUSD 559 juta (Rp 6,5 triliun)untuk tujuh tahun deal spon-sorship. Logo Chevrolet me-nggusur perusahaan asuransiAON di jersey United.

Bagi banyak penonton A-merika, kemenangan Unitedjuga pantas dirayakan. Sebab,pada final Guinness Interna-tional Champions Cup 2014,United akan berhadapan de-ngan Liverpool di Sun Life Sta-dium, Miami Gardens, Floridabesok WIB (5/8). Liverpoolsendiri memiliki banyak fansfanatik di AS. Salah satu sebab-nya adalah The Reds dimilikiJohn W. Henry,.

Penonton sendiri sangat an-tusias dengan pertandinganini. Salah satunya adalah SamRichards. Dia berkendara sela-ma lima jam untuk menontonpemain idolanya CristianoRonaldo. (nur/zul/jpnn)

Larang Iniesta cs Daki Gunung

main.Dulu, Pep pernah melarang Messi

untuk mengonsumsi daging merah.Tetapi, semenjak ditangani oleh Tata,sang megabintang bebas untuk me-nyantap apapun. Kondisi yang dite-ngarai memberikan dampak terhadappenurunan performa Messi sepanjangmusim lalu. (apu/dns/jpnn)

NIHIL gelar musim lalu menjadi 'dosa'yang tak terampunkan bagi klub sebesarBarcelona. Karena itu, perubahan besarpun diusung Barca (sebutan Barcelona)melalui entrenador baru Luis Enrique.Yang paling menyolok adalah perihalkedisiplinan.

Menurut Enrique, pelatih Barca mu-sim lalu, Gerardo 'Tata' Martino meru-pakan pribadi yang lemah. Karena itu,Enrique pun membuat sederet aturanyang harus dipatuhi oleh setiap pemainBarca. Di antaranya mulai jam keda-tangan latihan, saat makan bersama,hingga saat berinteraksi di dunia maya.

Tapi, salah satu item aturan yangkabarnya memicu kontroversi adalahterkait larangan Enrique bagi LionelMessi cs untuk mendaki gunung. Dalampandangan Enrique, mendaki gunungtermasuk aktivitas berisiko, meski me-ngasyikkan bagi sebagian orang.

“Tidak ada lagi Pegunungan Alpenbagi pemain Barca,” sindir Sport.es dalamtulisannya kemarin.

Aturan yang dibuat Enrique pun tegas.Jika pemain melakukan pelanggaran,sanksi awal adalah denda. Besarnyadenda bervariasi. Enrique menetapkandenda minimal adalah EUR 1.000 (Rp15,8 juta) sampai yang paling besar men-capai EUR 6 ribu (Rp 94,8 juta).

Nantinya, denda-denda tersebut ti-dak akan masuk kas klub atau malahdibuat traktiran. Melainkan akan dibe-rikan untuk yayasan ataupun yayasanamal. Enrique juga me-warning pemain

yang melanggar beberapa aturan bisasaja dipecat dari klub.

Aturan kedisplinan di Barca saat inisejatinya bukan sesuatu yang baru.Dengan kata lain, itu merupakan warisandari era kepelatihan Pep Guardiola(2008-2012). Namun, masih ada itematuran yang belum ”dijamah” oleh Enri-que seperti berkaitan dengan diet pe-

Chris Brunskill/Getty Images

DISIPLIN TINGGI - Pelatih Barcelona, Luis Enrique (kanan) menerapkan aturanketat untuk menjaga kebugaran dan performance pemainnya.

ROMA - Pembenahan yangdilakukan AS Roma musim inibenar-benar menyeluruh. Pe-main yang mereka datangkankomplit dari semua posisi pe-main.

Mulai dari kiper, bek, hinggagelandang. Geliat mereka dibursa transfer semakinkomplit, karena striker SamuelEto'o hendak didatangkansetelah berstatus free transferdari Chelsea.

Kabar kedatangan Eto'o keibukota Italia itu diungkapmedia Portugal O Jogo. Ka-barnya, striker Kamerun 33tahun itu sudah menyatakanoke. Kini Roma tinggal fina-lisasi kontrak terhadap man-tan bomber Inter Milan, Barce-lona, dan Chelsea tersebut.Namun, Roma membantahkabar tersebut.

"Tidak ada negosiasi apa-pun," tegas perwakilan resmiRoma yang dikonfirmasi LaGazzetta dello Sport.

Klub asuhan Rudi Garcia itumemang membawa ambisibaru musim ini. Setelah musimlalu hanya sanggup menjadirunner up, mereka kini benar-

benar ngotot membangun timjuara. Roma menjadi klub de-ngan pemain anyar terba-nyak. Dengan kehadiranEto"o, total sudah ada sem-bilan pemain anyar.

Allenatore Roma Rudi Gar-cia rupanya ingin menambahkekuatan di lini depan. Mere-ka memang sudah memilikiMattia Destro yang musimlalu menjadi top scorer klubdengan 13 gol di Serie A danGervinho (9 gol Serie A). Na-mun, karena musim ini mere-ka kembali berkiprah di LigaChampions, kedalamanskuad sangat dibutuhkan.Apalagi, Eto"o pernah me-ngangkat si kuping besar (julu-kan piala Liga Champions)dua kali. Yakni bersama InterMilan dan Barcelona.

Eto'o juga tidak asing de-ngan Serie A. Justru dia per-nah berjaya dengan mengan-tar Inter Milan menjuarai treblewinner pada 2009-2010. Diajuga adaptif. Meski banyakdipasang sebagai striker tung-gal, dia juga tidak sulit bermainsebagai penyerang sayap.(aga/zul/jpnn)

Eto'o Kembali ke Serie A

Mike Hewitt/Getty Images

KAYA PENGALAMAN - Samuel Eto'o (tengah) bisa menjadimentor AS Roma saat berkompetisi di Liga Champions.

Mulai Buru Pasar AsiaBEIJING - Paris Saint-Ger-

main (PSG) memang menjadiandalan Ligue 1 untuk menge-ruk keuntungan dan mem-buka pasar seluas-luasnya keluar negeri. Benua mana lagiyang menjadi sasarannya se-lain Asia.

Untuk itulah, untuk kalipertama, Piala Super Prancisalias Trophée des Championsterhelat di Asia. Tepatnya diThe Workers Stadium, aliasGongti, Beijing, Tiongkok.

Memang sejak 2009, Tro-phée des Champions rutinmemanggungkan pertandi-ngan di luar Eropa. Dua kali dibenua Amerika yakni di Olym-pic Stadium, Montreal (2009)dan Red Bull Arena, Harrison,New Jersey, US (2012).

Sedangkan tiga kali, ajangini dilangsungkan di benuaAfrika yakni tahun lalu di Staded'Angondjé, Libreville, Gabon

lantas Stade de Tanger, Tanger,Morocco (2011) dan Stade 7Novembre, Tunis, Tunisia(2010).

PSG yang bertabur bintangmemang menjadi lokomotifLigue 1 untuk mengembang-kan pasar seluas-luasnya. Asiayang menjadi benua denganpertumbuhan ekonomi sa-ngat pesat sekarang menjaditarget utama.

“Ini adalah kesempatanyang luar biasa bagi Prancisuntuk dikenal di Asia danTiongkok,’’ kata FredericThiriez, Presiden Liga Prancis(LFP) kepada Xinhua.

“Ligue 1 meraih nama se-cara luas di dunia interna-sional dan sudah membuatlompatan dan kemajuan yangbesar. Terimakasih kepadaperkembangan PSG dan Mo-naco,’’ imbuhnya. (nur/zul/jpnn)

Claudio Villa/Getty Images

PILAR ANYAR - Romulo didatangkan Juventus dengan status pemain pinjaman.

Page 19: Radar Tegal 4 agustus 2014

ALL SPORTSRADAR TEGAL SENIN, 4 AGUSTUS 2014website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 19

PILIH STRATEGI BERTAHANLini BelakangAroma Juara ISLU-21

JAKARTA - Timnas U-21 terusmematangkan diri menjelangkeberangkatan ke Spanyol untukmengikuti turnamen COTIF pa-da 10-20 Agustus mendatang.Dengan materi dan waktu yangtak panjang, Pelatih Rudy Keltjesmemilih strategi bertahan de-ngan materi pemain bertahandidominasi pemain belakangasal Sriwijaya FC U-21

Dengan dua skema 4-5-1 dan3-5-2 yang diusung, pelatih 60tahun itu menyebut sengaja un-tuk lebih defensif. Rudy sadarbetul jika lawan yang akan diha-

dapi di COTIF nanti bukanlahtim sembarangan.

Meski nanti juga akan mela-wan dua klub lokal disana, Rudymenyebut tak mudah baginyauntuk mencoba menerapkanpermainan menyerang yang men-jadi idolanya.

“Kami main nanti bertahanuntuk menyerang. Ini gaya sepakbola saat ini. Saya merasa per-siapan yang mepet ini tidak cu-kup untuk membangun polapermainan yang ofensif,” tegas-nya.

Tapi, kalau nanti di Spanyolkita sudah paham karakter lawandan ternyata materi kita ngatasi,ya pasti kami akan ofensif, tam-bah mantan pelatih PSM Ma-kassar tersebut.

Sampai sesi latihan kemarin (2/8), Rudy memang belum menen-tukan siapa pemain yang bakaldijadikan starting line up. Hanya,dari sesi latihan, terlihat dia me-miliki karakteristik tersendiri un-tuk menentukan komposisi, khu-susnya di lini belakang.

Dengan mengasah formasi 4-5-1, Rudy terlihat memasang empatpemain Sriwijaya FC di belakang.Mereka adalah Zalnando, RudolfYanto, Firmansyah dan GafriIbrahim secara bersamaan. Se-sekali Eriyanto yang bertipikaldefensif dicoba untuk beradap-tasi dengan seniornya.

Mengapa harus pemain Sri-wijaya FC. Rudy menilai per-forma lini belakang Sriwijaya FCsudah seharusnya lebih baik di-

banding mencoba komposisibaru. Sebab, pemain-pemain itusudah terbiasa tampil bersama dikompetisi ISL U-21 dan sebe-lumnya merupakan juara ber-tahan.

Kalau begitu dari kekompa-kan, kesolidan dan komunikasiantar pemain tidak perlu dicarilagi. Kan sudah terbiasa, tinggaldiasah dan diarahkan sesuai de-ngan strategi tim ini. “Saya nggakmungkin nyoba-nyoba,” ung-kapnya.

Di bawah Mistar, Jufrianto, Rang-ga dan Reza Pratama bergantiandipantau performanya oleh Ru-dy. Dari tiga pemain itu, besarkemungkinan Jufrianto akan men-jadi pilihan utama. Itu jika me-ngacu kepada siapa pemain yang

pernah menjadi penjaga gawangSriwijaya FC U-21 di kompetisiISL U-21.

Sementara itu, Zalnando yangditemui terpisah menuturkanbahwa dirinya sedang berusahakeras memahami strategi dariRudy. Beruntung, dia sudah bia-sa bekerja dan berlatih bersamadengan rekan-rekannya sesamaSFC U-21.

“Sejauh ini saya merasa nya-man dan perlahan memahamiyang diinginkan pelatih. Se-mua menjadi tidak terlaluberat karena kami juga se-belumnya satu tim. Kamiharus kerja keras danmenunjukkan yang ter-baik untuk timnas,”tegas dia. (aam/ko)

Rudy Keltjes

Hanya 11 PemainIkuti Latihan

MEDAN - Dihari kedua latihan,Pasca liburan Lebaran Idul Fitri 1435H hanya diikuti 11 orang pemainsaja. Dari total seluruh 23 pemainyang dimilik PSMS Medan, yangmelakukan latihan di Stadion Ke-bun Bunga di Jalan Candri Boro-budur Medan, Sabtu (2/8) sore.

Sementara pada latihan hari per-tama, kemarin. Yang lebih ironis lagi,Pemain yang hadir dalam latihanhanya 6 orang saja.”Sekarang sudah11 orang yang datang seluruhnyapemain yang datang anak Medan,ada beberapa pemain diluar kotaMedan belum juga tidak hadir la-tihan atau kembali dari kam-pung,”ujar Kepala Pelatih, Legirinsaat memimpin latihan, kemarinsore.

Dalam latihan ini, Legirin hanyamelakukan latihan Fisik pemainmelihat selama liburan lebaran.Banyak fisik pemain yang menurun.

Jadi, perlu pemulihan fisik pe-main.”Hanya latihan fisik kita la-kukan, saya melihat ada penurunpada pemain,”tuturnya.

Dirinya mengatakan untuk pe-main yang belum bergabung latihanpada hari itu, kemungkinan akanmengikuti latihan pada hari Senin(4/8) besok. Namun, Legirin tidakmemberikan sangsi pada pemainyang dua hari absen dalam latihanrutin yang dilakukan.

Latihan yang dilakukan ini, untukmempersiapkan klub berjulukanayam kinantan itu, menghadapiPSPS, Riau pada tanggal 11 Agustusmendatang. Legirin optimis padapertandingan lanjutan di Divisi Uta-ma Liga Indonesia itu. Anak-anakbisa bermain maksimal dan me-nyapu bersih poin.”Optimis lah, bisamampu melakukan terbaik untuktim sebesar PSMS di kota Medanini,”harapnya.

Melihat kondisi PSMS Medanpaling buncit diklasmen sementaraGrup I Divisi Utama. Dirinya sedikitpesimis melihat tim asuhannyamampu

berajak dari zona degradasi itu.”-Iya lah, tinggal menunggu Muzijattuhan saja. Kita inginkan PSMSMedan menang dalam empat lagaterakhir,”sebut Legiri dengan tegas.

Pertandingan sebelumnya,PSMS Medan tidak memberikanpermainan yang maksimal, malahsebaliknya PSMS dipencundangilawan-lawannya sehingga PSMSMedan menduduki peringkat ke-delapan dengan 9 poin yang diko-leksi sampai saat ini. Hal itu, menjadicatat buruk bagi PSMS Medan yangmengikuti kompetisi musim ini.Untuk itu, Legirin keinginan mem-bangkitkan tim asuhnya keluar dariketerpuruk tim diurutan klasmensaat ini.”Apa pun ceritanya pemainharus semangat bermain dan ber-

tanggungjawab kepada tim untukbisa bermain maksimal serta men-dapatkan hasil yang baik,”ujar Le-girin.

Ditanyakan, apa menjadi catatanpelatih dalam latihan mempersiaptim menghadapi PSPS, Riau?. Le-girin mengatakan lini depan yangkurang bermain baik, jadi tidak adapenyelesaian yang menciptakanklub berkostum hijau itu.”Lini de-pan terus menjadi evaluasi. Jadiperlu dilakukan perbaik agar bisa timbermain maksimal dan kerjasamatim sangat diperlukan saat ini,”jelas-nya.

Legirin menyembutkan kekuranglini depan bisa ditutupi. Bila pemainmampu menerapkan arahan daripelatih. Mengingat pada dua lagaterakhir saat PSMS Medan bertan-

dang melawan Pro Duta FC hanyabermain sama mata dan melawanPS Bintang Jaya, PSMS Medan ha-nya mampu berbagai nilai denganskor 0-0 juga. Melihat itu, bahwa linidepan bermain kurang maksimaluntuk penyelesaian akhir.

Sementara dari permain PSPSRiau melakoni laga dengan PSMS,Medan. Legirin memprediksi PSPSRiau hanya memperkuat pertahandilini bawa. Pasalnya, PSPS Riauakan mau mencuri 1 poin saat mela-wan klub yang menjadi kebanggaanmasyarakat kota Medan.”Kita lihatnanti cara permaian PSPS saat mela-wan Produta tanggal 8 Agustus.Jadi, bisa kita cara permainannyadan menjadi evaluasi tim nanti caripermainan PSPS,”jelasnya.

Namun, kembali bagaimana cara

pemainan PSMS Medan untuk meng-hadapi PSPS, Riau. Begitu juga, ma-sih banyak pemain yang belum ber-gabung latihan membuat persiaptim belum maksimal untuk meng-hadapi Asykar Bertuah itu. “Tunggusemua datang dan mengikuti lati-han baru kita lakukan. Paling latihandiutamakan fisik, game-game danevaluasi lini serta pemain untukmemperbaik pemain tim,”tandas-nya.

Terpisah, banyaknya tidak hadir-nya pemain PSMS Medan padalatihan perdana usai liburan le-baran Idul Fitri tahun ini, yang tidakdiketahui alasan yang pasti disam-paikan. Salah satu pemain PSMSMedan, Rahmad mengatakan ti-dak hadir dirinya dalam latihantersebut. (gus)

PSMS Medan Tunggu Mukjizat Tuhan

RAKYAT ACEH / ZULKARNAINI

DUEL - Pemain PSMS Medan membayangi gelandang tengah Persiraja Banda Aceh, dalam Liga Utama.

NEW YORK – Petenis putrirangking dua dunia, Li Na,terpaksa menarik diri dari se-mua turnamen musim panastahun ini lantaran di bekapcedera lutut. Beberapa tur-namen besar yang tak dapat iaikuti antara lain Rogers Cup diMontreal, Western & South-ern Open di Cincinnati sertayang paling disayangkan ada-lah ia juga tak bisa berkom-petisi di turnamen bergengsidi Grand Slam Amerika SerikatTerbuka.

Petenis asal Tiongkok itutahun lalu sukses menembusbabak empat besar dalam tigaturnamen di atas. Kabar initentu sangat mengejutkan ba-gi para penggemar tenis dunia,terutama fans Li Na. Pasalnyapetenis pujaan mereka belum

pernah sekalipun mundur dariturnamen dalam lima sete-ngah tahun terakhir, semenjakAustralia Terbuka tahun 2009.

Ketika itu ia tak bisa turunbertanding di Melbourne lan-

taran menderita cedera lututyang sama. Padahal musimini, petenis putri terbaik Asiaitu sedang menjalani salahsatu musim terbaiknya. Ia bu-kan hanya berhasil duduk se-

bagai peringkat kedua dunia,di bawah Serena Williams, te-tapi juga salah satu yang ter-baik dalam rangkaian tour WTA.

Saat ini Li Na duduk di po-sisi ketiga dalam daftar pe-ringkat WTA Finals di Singa-pura. Perolehan poin Li Nayang berhasil menjuarai GrandSlam Australia Terbuka tahunini, hanya kalah dari MariaSharapova dan Simona Ha-lep. Li Na saat ini memiliki3.970 poin, sementara Mashayang bertengger di puncakpunya 4.881 poin, menyusulkemudian Halep dengan 4.869poin.

Walaupun berat, Li Na ber-usaha tegar menjalani pemu-lihan cedera lututnya agar bisatampil lebih maksimal dipenghujung musim atau a-

wal musim depan. “Saya inginpara penggemar saya tahubahwa sayang sekali saya ha-rus mundur dari turnamenWTA terdekat di Montreal,Cincinnati, begitu juga Ame-rika Serikat Terbuka,” ujar LiNa lewat akun facebook pri-badinya, dilansir dari situsresmi WTA.

“Sejak bulan Maret, sayaberjuang menahan sakit di lu-tut dan itu membuat saya takbisa bermain di level tertinggiyang saya inginkan. Tim dok-ter saya menyarankan agarberistirahat total agar prosespenyembuhan cedera lututini berjalan lebih sempurna.Saya sangat menantikan saatkembali ke lapangan secepat-nya di Wuhan dan Beijing nan-ti,” pungkas Li Na. (dim)

Li Na Didera Cedera Lutut, Minta Dukungan

BANDUNG - Persib Ban-dung sudah kembali memulaisesi latihan pasca libur IdulFitri pada 1 Agustus kemarin.Demi mengintensifkan per-siapan menuju bigmatch ISL2014 melawan Persija Jakarta,coach Persib Djadjang Nur-djaman menambah tensi lati-han bagi para penggawanya.

Djanur-sapaannya- bahkansampai-sampai memberikandua kali gelaran sesi latihansetiap harinya, mulai kemarin(2/8). Latihan serupa renca-nanya juga masih akan dila-kukan hari ini (3/8), denganwaktu pelaksanaan latihanpagi dan sore hari.

“Ada dua latihan pagi dansore. Pagi ini (kemarin) ma-terinya lebih banyak ke fisikdan latihan sore masuk ketaktikal,” ungkap Djanur, ke-marin.

Program latihan tersebutdiakui Djanur, sebagai lang-kah persiapan Persib dalammelanjutkan ISL 2014, denganjadwal laga terdekat bertan-dang ke markas Persija Jakarta(10/8).

Selain sesi latihan rutin, Fer-dinand Sinaga cs juga akandiberikan sekali gelaran lagauji coba yang direncanakandihelat 5 Agustus. “Dua hari inikita latihan dua kali (dalamsehari, red), dan di hari Selasa(5/8) ada satu kali uji coba,untuk lawannya belum pasti,”terangnya.

Djanur mengatakan, untukmenunjang performa pasu-kannya untuk mengatasi pa-

datnya jadwal kompetisi, ma-ka dia meningkatkan inten-sitas latihan. “Ya, memang kitalakukan sesuai program, hariini (kemarin) kita naikkan inten-sitas latihan,” ucapnya lagi.

Disinggung bagaimana ke-siapan skuadnya sebelum me-lawan ‘Macan Kemayoran’sejauh ini, menurut hemat-nya, seluruh pemain sudahsiap tampil, kecuali FerdinandSinaga yang mesti absen ka-rena terkena hukuman aku-mulasi kartu kuning.

“Sampai sekarang semua-nya ready, semua siap kecualiFerdinand yang tidak bisa tam-pil karena akumulasi, yanglainnya kita persiapkan. Dankita akan terus pantau per-kembangannya sampai akhir,”imbuhnya.

Sebagai nahkoda tim ke-banggaan Bobotoh, Djanuroptimistis skuadnya akan me-ngantongi hasil positif dariduel tandang kontra mesintempur Benny Dolo. Dia jugaberharap bisa menularkanrasa optimisnya kepada pe-main. “Harus optimis. Saya se-bagai pelatih harus optimis su-paya diikuti oleh pemain. Ar-tinya, pemain juga harus op-timis,” katanya.

Menilik calon lawannya yangdiputaran ke dua menambahamunisinya, dengan adanyaPonaryo Astaman dan BoakayEdie Foday, Djanur menegas-kan, tak gentar. “Pemain yangditakuti enggak ada, kalauyang diwaspadai pasti ada,”pungkasnya. (yan)

SAN ANTONIO - Kebersa-maan San Antonio Spurs de-ngan Tony Parker masih akanberlangsung lama. Itu setelahSpurs memperpanjang kon-trak Parker untuk tiga tahun kedepan.

Seperti dilansir ESPN, Par-ker yang sudah 13 musim mem-bela Spurs menyatakan sa-ngat bersemangat untuk me-lanjutkan karirnya di San An-tonio. “Saya sangat senang.Spurs seumur hidup,” kata Par-ker, Minggu (3/8).

Musim lalu, point guardberusia 32 tahun itu berhasilmenyumbangkan 16,7 poinserta 5,7 assist per pertan-dingan. Parker juga berhasilmempersembahkan empatgelar juara, yakni pada musim2003, 2005, 2007 dan 2014.

Demi Parker, Spurs juga ha-rus menggelontorkan danasebesar USD 45 juta atau se-kitar Rp 531 miliar (USD= Rp11.518). Parker merupakanpenggawa kelima yang ber-hasil dipertahankan Spurs.

Sebelumnya, Spurs juga suk-ses memperpanjang kontrakPatty Mills, Boris Diaw andMatt Bonner dan pelatih Gre-gg Popovich. Bagi Spurs, ke-sepakatan itu tentu sangatmelegakan jika menilik per-forma yang ditunjukkan Par-ker. (abu/jpnn)

Ingin Seumur HidupBersama Spurs

Tony Parker

KHARIZAL MARIS/RADAR BANDUNG

LATIHAN PERDANA - Skuad Persib Bandung menggelar sesilatihan rutin perdana pascalibur Idul Fitri di LapanganSidolig, Jalan Ahmad Yani, Bandung.

Jelang Hadapi Persija,Persib Genjot Latihan

Daftar peringkat Road toWTAFinalsSingapore2014:

1. Maria Sharapova (Rusia) 4.881 poin2. Simona Halep (Rumania) 4.869 poin3. Li Na (Tiongkok) 3.970 poin4. Eugenie Bouchard (Kanada) 3.606 poin5. Serena Williams (Amerika Serikat) 3.397 poin6. Petra Kvitova (Rep. Ceko) 3.344 poin7. Agnieszka Radwanska 3.159 poin8. Ana Ivanovic (Serbia) 2.990 poin9. Angelique Kerber (Jerman) 2.786 poin10. Dominika Cibulkova (Slovakia) 2.740 poin

Page 20: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 21: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 22: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 23: Radar Tegal 4 agustus 2014
Page 24: Radar Tegal 4 agustus 2014

HALAL BI HALALRADAR TEGAL

SENIN, 4 AGUSTUS 2014 website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com 24

MARGASARI (31/7), di pela-taran rumah milik Mukro (pen-siunan Perhutani) malam ituramai sekali. Sesungguhnyakemeriahan sudah terciptasejak siang hari dengan pe-nampilan band dari Grup Zol-la Studio dengan lagu-lagureligi dan tradisi nuansa pesi-siran dan Pentas Tarian Endelserta Tarian Bali oleh penariserba bisa dari Wonosobo.Nah, malam itu ratusan pe-ngunjung kembali memadatihalaman hingga luber ke jala-nan. Di hadapan mereka ter-dapat panggung berukuran 6x 9 meter dengan ketinggiankira-kira 60 cm. Di sisi pang-gung besar yang masih ko-song itu terpampang bannerberukuran raksasa dengantulisan ‘Halal Bil Halal Sedup-rak Nusantara-Nguja, Ngaji,Ngajeni’.

Gelaran Halal bil Halal kaliini merupakan kali kedua sete-lah tahun 2013 lalu. Kegiatankesenian yang di pentaskanadalah musik calung, puisi,teater, band, dan kasidah,serta tari. Sementara kegiatandakwah mereka mengundangKH Abdulloh Wong asal Jati-rokeh. Pada deretan penampilkesenian terdapat nama-na-ma seperti Apito Lahie (aktor-Tegal), Golla Go (pemusiktradisi-Bandung), Julis NurHussein (penyair-Tegal), Fai-zal Muhaimin (Teater Gem-blong-Tegal), Bambang Yunus(penari-Salatiga) dan lain-lain.

Tampil berdua di awal acaraJulis Nur Hussein memba-cakan sajaknya dalam BahasaTegal dengan judul ‘Ehh, Je-bule’ sementara Apito Lahiredengan sajak ‘Ibu’ karya D.Zawawi Imron. Keduanya tam-pil kompak dengan gaya ma-sing-masing. Julis dengan gayakocaknya sedang Apito de-ngan gaya teatrikal yang me-nawan ratusan pengunjung.Pembacaan puisi itu sendiridiiringi alat musik tiup yangterbuat dari bambu oleh GolaGo, pemusik tradisional dariBandung yang mampu mem-beri efek kontemplasi. Mem-buat audiens tersentuh apa-lagi setelah keduanya selesaimembawakan puisi masing-masing muncul menyambungtanpa jeda anak-anak TeaterGemblong memainkan lakonberjudul ‘Lang Ling Lung’ yangpenuh simbol dan dikemas

dalam bentuk teater gerakyang minim dialog.

Lakon ini mengisahkan ke-gamangan masyarakat ter-hadap penetrasi budaya asingyang seakan tak mengenalruang, waktu dan mangsa.Sehingga menimbulkan krisisjati diri di semua kalangan ma-syarakat dan kita sebagaibangsa menjadi linglung ataubingung mengenali dirinyasendiri. Kehadiran Teater Gem-blong yang memainkan lakondengan penghayatan maksi-mal tak urung semakin me-nguatkan aura Seduprak Nu-santara di Desa Jatilaba, Mar-gasari. Teater Gemblong ada-lah sekumpulan anak mudakreatif yang bermarkas di Der-masandi Kecamatan Pang-kah. Mereka terus melakukanpentas di segala ruang publikuntuk mengasah kemampuandiri mereka di bidang akting.

Sementara dalam tausiyah-nya, KH Abdulloh Wong, dai

muda yang berpenampilannyentrik itu menyatakan “Kullumauludi ala fitroh, bahwasetiap yang dilahirkan dalamkeadaan suci. Pemahaman-nya adalah suci batiniah. Se-hingga Idul Fitri berarti kem-bali ke kesucian batiniah seba-gaimana saat pertama manu-sia dilahirkan. Sedangkan Ha-lal bil Halal merupakan jem-batan untuk menusia menjadibersih dari dosa dengan se-sama manusia, dan puasa itusendiri sebagai sarana menujukesucian diri dari dosa kepaAlloh SWT,” paparnya mantap.

Lebih jauh dai berambutpanjang itu menyerukan agarmasyarakat mau kembalimenggeluti budaya tradisi danperilaku-perilaku njawani se-perti bercocok tanam denganmenggunakan kerbau, mena-nak nasi dengan panci dan kayubakar agar senantiasa kita elingterhadap siapa yang mengge-yong kita. Dan itulah salah satu

budaya tradisi yang mencer-minkan bahwa bangsa Indone-sia itu bangsa yang telaten dansabar, dan bukan bangsa yangkedubag-kedubug penuh de-ngan kegugupan.

Menanggapi format kegia-tan Halal Bil halal yang dise-lenggarakan Seduprak Nu-santara, Tamsir, salah seorangpengunjung menyampaikanrasa kagum sekaligus banggadan menikmati sajian-sajianacara yang ada.

“Pementasan seni dan dak-wah jika dipadukan ternyatasangat luar biasa. Saya dibuatenjoy tanpa kehilangan keseri-usan sepanjang waktu menyak-sikan semua ini. Dan saya sangatbangga dengan kiprah Sedup-rak Nusantara yang konsenterhadap persoalan-persoalanmasyarakat,” katanya puas.

Di sisi lain, Subekti selakupanitia penyelenggara merasasangat kewalahan dengan an-tusias masyarakat. “Kami ke-

walahan, padahal kami me-nyediakan 150 kursi. Namunlihatlah, pengunjung yangterpaksa berdiri hampir sepa-rohnya,” ungkapnya senang.

Acara yang berakhir tepatpukul 12 malam itu dihadirikepala Desa Jatilaba, tokohmasyarakat, penikmat seni,ketua II Dewan Kesenian Ka-bupaten Tegal Bidang Ker-jasama dan Kelembagaan ser-ta anggota Seduprak Nusan-tara dari luar Desa Jatilaba-Seduprak Nusantara yang te-lah memiliki anggota 50 orangadalah sebuah paguyubanatau kumpulan orang rantauDesa Jatilaba Kecamatan Mar-gasari di Jabodetabek. Mu-lanya mereka sekedar berkum-pul sebulan sekali sekedarndopok melepas kepenatankerja. Namun pada perkem-bangannya muncul ide dangagasan dari Mirzan Insani,Sukirno, dan Subekti untuklebih menggayengkan Sedup-

rak Nusantara dari kumpulansekedarnya menjadi kumpu-lan yang mempunyai maknadan fungsi yang bermaslahatbagi desanya Jatilaba. Mula-ilah anggota-anggotanya di-wajibkan menabung setiappertemuan, dan obrolan yangmereka lakukan lebih jelasdan mulai menyentuh hal-halyang berkaitan dengan eko-nomi, kemasyarakatan, tradisi(budaya), dan bahkan per-kembangan agama khususnyadi Jatilaba dan umumnya dinusantara.

Maka sejak didirikan padatahun 2006, orang-orang yangtergabung dalam SeduprakNusantara bukan lagi hanyawarga Jatilaba di perantauannamun warga daerah lain yangmemiliki kepentingan yangsama diperkenankan untukbergabung. Warga dari daerahlain seperti Pati, Bandung, Sa-latiga, dan mereka umumnyaadalah pekerja seni atau peng-

giat kesenian dengan berba-gai disiplinnya. Maka jadilahSeduprak Nusantara sebagairumah besar bagi mereka (wargarantau) yang memiliki kege-lisahan yang sama terhadapfenomena moral bangsa ini.

Seduprak Nusantara ber-keyakinan bahwa untuk mem-perhalus akhlak seseorangbukan saja menjadi konsenagama, tetapi kesenian dapatmengambil peranan dima-napun dan kapanpun. Hi-langnya sense of belongingmasyarakat terhadap seni tra-disi menjadi penyebab run-tuhnya moral ketimuran bangsaini. Karenanya target jangkapanjang Seduprak Nusantaraadalah dapat membangun Ga-leri Budaya sebagai rumahuntuk membangun dan me-ngembangkan budaya (ke-senian) sebagai tangan kananagama dalam pembentukankarakter generasi muda. ([email protected])

Seduprak Nusantara

Nguja, Ngaji, lan Ngajeni

DOK.ISTIMEWA

PENTAS SENI - Kegiatan Halal Bil halal yang diselenggarakanSeduprak Nusantara menampilkan pentas seni dan dakwah.

DOK.ISTIMEWA

TEATER GEMBLONG - Teater Gemblong hadir memainkan lakon dengan penghayatan maksimal.

USAI menjalankan ibadahpuasa sebulan penuh di bulanRamadan, umat Islam di se-luruh dunia merayakan IdulFitri pada 1 Syawal. Perayaandiwarnai dengan takbir, tasbihdan tahmid sepanjang hari.Berikutnya setelah melaksa-nakan shalat Id, jamaah salingbertegur sapa dan saling men-doakan. Rona ceria nampakpada wajah setiap orang. Sua-sana seperti ini umum kita te-mui pada momen Idul Fitri.Tapi, ada satu tradisi yang khasdi Indonesia pada momen IdulFitri ini, tradisi halal bi halal.

Sejarah yang paling populermengenai asal-usul tradisi iniyaitu sebuah tradisi yang di-mulai Kanjeng Gusti PangeranAdipati Arya Mangkunegara I,atau dikenal dengan Pange-ran Sambernyawa, yang ketikaitu memimpin Surakarta me-ngumpulkan para punggawadan prajurit di balai istanauntuk melakukan sungkemkepada Sang Raja dan Per-maisuri setelah perayaan IdulFitri. Hal ini dilakukan untukmenghemat tenaga dan biaya.Sejak saat itu, kunjungan ter-hadap orang yang lebih tuaatau berkedudukan lebih tinggiuntuk meminta maaf padaperayaan Idul Fitri menjaditradisi tersendiri.

Adapun asal-usul istilah ha-lal bi halal memiliki beragamversi. Halal bi halal sendirimerupakan istilah bahasa In-donesia yang menggunakankata berbahasa Arab. Di ne-gara Arab sendiri, baik katamaupun tradisinya, tidak adasama sekali. Ini betul-betul

khas Indonesia. Karena ke-unikannya, sehingga seorangdubes Belanda untuk Indone-sia yang juga ahli sastra Arab,Nikolaos Van Dam, mengirabahwa halal bi halal adalahkata berbahasa Arab. Namun,setelah mencari referensi li-teratur Arab, ternyata dia tidakmenemukan sama sekali katamaupun tradisi yang dimak-sud.

Sebelum dibakukan men-jadi kata dalam bahasa Indone-sia, halalbihalal (ditulis sebagaisatu kata tanpa spasi) sudahditemukan dalam kamus ba-hasa Jawa-Belanda kumpulanDr. Th. Pigeaud terbitan tahun1938 yang persiapannya di-mulai di Surakarta pada tahun1926 atas perintah GubernurJenderal Hindia-Belanda padatahun 1925. Halalbihalal dalamkamus tersebut terdapat padaentri huruf ‘A’ dengan kata ‘alalbehalal’ dengan arti yang samadengan arti ‘halalbihalal’ yangdibakukan dalam Kamus BesarBahasa Indonesia, yaitu acaramaaf-memaafkan pada hariLebaran dan merupakan sua-

tu kebiasaan yang khas Indo-nesia.

Salah satu versi menyebut-kan bahwa kata halalbihalalsudah ada sejak tahun 1935-1936. Diceritakan bahwa padasetiap hari Lebaran, ada pen-jual martabak berkebangsaanIndia yang berjualan di ger-bang Taman Sriwedari, Sura-karta. Ia dibantu oleh seorangpribumi untuk mendoronggerobak dan mengurus apipenggorengan. Untuk me-narik para pembeli, Si Pem-bantu tadi berteriak-teriak,“Martabak Malabar, halal bin

Asal-usul Istilah dan Tradisi Halal bi Halalhalal, halal bin halal!” Kemu-dian anak-anak menirukan uca-pannya dengan “halal beha-lal”. Sejak saat itu, istilah halalbehalal menjadi populer dikalangan masyarakat di Sura-karta.

Versi lain menyebutkan bah-wa halalbihalal merupakangabungan kata berbahasa Arab.Ada dua kata halal yang berarti‘boleh’ atau ‘diizinkan’ diga-bungkan dengan kata peng-hubung bi yang berarti ‘de-ngan’. Sehingga berarti halaldengan halal, artinya salingmenghapus segala hal yangdilarang, seperti dosa dan ke-salahan terhadap orang lain.Meskipun ketiga kata ini be-rasal dari bahasa Arab, tidakdikenal penggabungan kataseperti itu dalam bahasa Arab.

Versi berikutnya menyebut-kan bahwa kata halalbihalalberawal dari keterbatasan bang-sa Indonesia dalam berbahasaArab ketika menunaikan iba-dah haji. Ketika terjadi tawar-menawar harga barang, jamaahIndonesia hanya berkata “halal?”.(buntetpesantren.org)

UNTUK mempererat talisilaturahmi para penghuniperumahan Tamanindo Kali-wadas Adiwerna Kabupa-ten Tegal, Forum Komu-nitas Warga Tamaindo, Ming-gu (3/8) mengadakan Halalbi Halal.

Bertempat di Masjid Ta-manindo, ratusan warga peng-huni perumahan nampakhadir dalam acara tersebut.Ketua panitia setempat me-ngatakan, acara ini rutindigelar setiap bulan Sya-wal.

Di samping ajang untuksaling memaafkan setelahhari raya juga untuk me-nambah akrab jalinan sila-turahmi antar warga. WargaTamanindo sendiri keba-nyakan pendatang. Ka-renanya ini juga sebagaisarana saling kenal antartetangga sehingga terjalinkeakraban antar warga Ta-

manindo.Perumahan Tamanindo

dihuni sekitar 300 KK yangterbagi dalam 3 RT. Seba-gian masuk Desa PesareanAdiwerna. Mereka terga-bung dalam Forum Komu-nikasi Warga Tamanindo.Acara Halal bi Halal jugadiisi dengan tausiyah mak-

na Idul Fitri dan Halal biHalal oleh Ustadz TeguhRusyanto dari Slawi.

Nampak warga sangatantusias menghadiri acaratersebut. Selesai acara se-mua warga saling bermaaf-maafan serta ditutup de-ngan makan bersama. ([email protected])

Warga Perumahan TamanindoAdakan Halal bi Halal

CMYK

CMYK