Radar Tegal 14 maret 2015

24

description

Radar Tegal 14 maret 2015

Transcript of Radar Tegal 14 maret 2015

  • RADAR TEGAL SABTU, 14 MARET 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comJURNAL GURU2

    BAGI guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected] juga foto dengan pose santai. Terima kasih.

    Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

    Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. Sukron. Pemimpin Umum: Moh. Sukron.Pemimpin Redaksi: M. Sekhun. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy. Koord. Liputan: M. Fathurrohman.Redaktur: Embong Sriyadi, Khikmah Wati, Laela Nurchayati, Adi Mulyadi. Kota Tegal: Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, K. Anam Syahmadani. Brebes:Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), AgusPratikno, M. Ridwan, Siti Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Rizki

    Fauzan. Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Event/Off Print: Wahyu Suroto. Pemasaran:Sunarjo (Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi,Moh. Erlin, Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Manager Cetak Komersil: M. Abduh. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004. Jakarta:Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 3.000/eks. Percetakan: PT Wahana Java SemestaIntermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 33.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 44.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000. Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PTWahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal.

    Percetakan Radar Tegal menerima cetak komersil untuk koran, tabloid, majalah, buku, LKS, dan lain-lain.

    Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 082220810043, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal. Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan bahasa Tegalan. Isi ngresula mutlak menjadi tanggung jawab pengirim SMS, email, dan surat.

    Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerimaimbalan dalam bentuk apapun dari nara sumber.

    MASYARAKAT EkonomiASEAN (MEA) mulai berjalanJanuari 2015. Pelan-pelan pa-sar bebas ASEAN mulai ber-langsung. Tidak ada lagi pasardomestik. Yang justru segerakita jalani adalah pasar tung-gal dan pasar bebas ASEAN.

    Dari segi jumlah, pendudukIndonesia memang paling be-sar jika dibandingkan dengannegara-negara ASEAN lain-nya. Ditambah bonus demo-grafi, jumlah penduduk usiaproduktif Indonesia tidak ter-tandingi.

    Sayangnya, kualitas pendu-duk Indonesia belum sekelasjumlahnya. Indeks human ca-pital Indonesia baru di posisi3,03 dari maksimal nilai 9 yangmungkin diperoleh. Nilai ter-sebut cukup rendah untuk ne-gara Indonesia yang besar ini.

    Dengan indeks human ca-pital di posisi 3,03, Indonesiatidak hanya masih sangat ren-dah. Jika dibandingkan de-ngan Filipina yang mencapai3,60 dan Malaysia yang men-capai 4,30 pun, human capitalmasih lebih rendah.

    Jangan dibandingkan de-ngan Singapura yang humancapital-nya sudah mencapai6,02. Jangan pula dibanding-kan dengan Jepang yang in-deks human capital-nya su-dah mencapai 6,21 atau duakali lipat lebih indeks humancapital Indonesia.TERKAIT KONDISI SOSIAL

    Moh. Nasih

    EKONOMIRendahnya indeks human

    capital Indonesia terkait eratdengan kondisi sosial ekono-mi bangsa. Memang, menurutGlobal Competitiveness In-dex Ranking 20142015, dayasaing Indonesia meningkatdari peringkat ke-38 (GCI20132014) menjadi peringkatke-34 (GCI 20142015). Pe-ningkatan daya saing itumemberikan kontribusi untukmempertahankan momen-tum pertumbuhan ekonomi5,8 persen per tahun sejak2004 (WEF, 2014).

    Perekonomian Indonesiasaat ini juga dipandang memi-liki daya tahan yang lebih baiksehingga mampu melewatigejolak keuangan global se-perti krisis keuangan 20082009.

    Tetapi, menurut laporanWorld Bank (2014), masih ter-dapat risiko yang disebabkanpertumbuhan yang tidak cu-kup inklusif. Yakni, manfaatdan kesempatan yang terse-dia tidak terdistribusi denganmerata kepada seluruh pen-duduk Indonesia.

    Mulai 1999 hingga 2012,tingkat kemiskinan memangberkurang separo dari 24 per-sen menjadi 12 persen. Na-mun, pada 2012, sekitar 65 jutapenduduk masih hidup di an-tara garis kemiskinan nasionaldan 50 persen di atas garis itu.Bersama-sama dengan pen-

    duduk miskin, kelompok ter-sebut masih sangat rentanterhadap peningkatan hargabahan pangan, permasalahankesehatan yang tak terduga,serta bencana alam.

    Produktivitas tenaga kerjasektor pertanian juga masihrendah. Memindahkan peker-ja dari sektor pertanian ke jasatingkat rendah (perdaganganritel, kulakan, dan perorangan;jasa sosial; serta konstruksi)secara rata-rata mengakibat-kan peningkatan produktivi-tas dua kali lipat. Pergerakanitu, pada dekade lalu, menjadipendorong utama pengen-tasan kemiskinan. Tujuh belasdiantara 20 juta pekerjaanyang tercipta pada 20012011berada di sektor jasa-jasa dansebagian besar berada di sek-tor jasa tingkat rendah.

    Saat ini, lebih dari 50 persenbekerja di sektor pertaniandan jasa tingkat rendah. Ma-salah lain yang kita hadapiadalah, pertama, defisit nera-ca sejak triwulan IV 2011 hing-ga saat ini. Kedua, kinerja eks-por masih bergantung padakomoditas berbasis sumberdaya alam (tanpa tambahannilai) dengan komposisi 50persen merupakan primaryproducts dan 49 persen manu-facture products.

    Ketiga, utang luar negeriswasta yang menggunungyang hingga September 2014mencapai angka USD 159,348

    juta. Keempat, Indonesia jugaharus menghadapi berbagaitantangan global dan regional(megatrends). Misalnya, Ko-munitas Ekonomi ASEAN(KEA/MEA) 2015. Selain itu,inovasi teknologi yang sangatcepat; perlambatan ekonomiTiongkok, Eropa, dan Jepang;serta pelemahan harga komo-ditas.MEMPERCEPAT EVOLUSI

    Menghadapi tantanganyang amat berat itu, tidak adajalan lain, Indonesia harusterus-menerus melakukanevolusi yang dipercepat terha-dap pengembangan humancapital. Manusia adalah pusatpemecahan masalah. Humancapital adalah pemicu seka-ligus navigator. Permasalahanyang ada tidak cukup dihada-pi secara konvensional seba-gaimana yang selama ini telahdilakukan.

    Jepang, Singapura, Malay-sia, dan Korea Selatan telahmelakukan percepatan evolu-si pengembangan human ca-pital sekian puluh tahun lalu.Korea Selatan, misalnya, pada1950, adalah negara miskin.Gross domestic product (G-DP) per kapita pada akhir Pe-rang Korea kurang dari USD800.

    Dalam waktu kurang dari 40tahun, GDP per kapita KoreaSelatan meningkat hampirsepuluh kali menjadi USD7.235. Keberhasilan ekonomi

    Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, wakil rektor II Universitas Airlangga

    Human CapitalIndonesia

    EKSEKUSI mati gelom-bang kedua akan dilak-sanakan KejaksaanAgung (Kejagung), sete-lah semua proses hukumyang diajukan terpidana

    mati beres. Beberapa terpi-dana mati bahkan sudah be-

    rada di Pulau Nusakamba-ngan. Di antaranya ada-

    lah duo Bali Nine asalAustralia dan seorangwarga Nigeria. Jaksa

    Agung M. Prasetyo menyatakan, eksekusi segeradilakukan apabila semua terpidana mati sudah terkumpuldi pulau tahanan itu.

    Pro dan kontra memang semakin mengemuka. Bukanhanya dari luar negeri, sikap menentang juga datang daribeberapa pihak di dalam negeri. Aktivis hak asasi manusiamengatakan, hukuman mati melanggar hak hidup.Sebaliknya, aktivis antinarkoba mendorong pemerintahtidak segan mengeksekusi para gembong. Seperti halnyaeksekusi enam terpidana mati gelombang pertama,eksekusi angkatan kedua, semuanya, juga dijatuhkankepada gembong narkoba.

    Melihat sikap yang ditunjukkan pemerintah sejauh ini,pro dan kontra itu tidak akan mengubah nasib paraterpidana mati. Mereka segera menghadapi regu tembak.Namun, ada satu hal yang harus diperhatikan pemerintahmenjelang eksekusi. Para terpidana mati tersebut harusdiperlakukan dengan baik. Ada norma-norma yang harusdijalankan agar eksekusi itu berbeda dengan yangdilakukan jagal.

    Seusai eksekusi gelombang pertama pada 18 Januarilalu, seorang rohaniwan bernama Charles Burrowsmenyatakan bahwa Marco Archer Cardoso tidakmendapatkan haknya menjelang eksekusi. Dia tidakdidampingi rohaniwan. Burrows tidak diperkenankanmenemui pria asal Brasil yang dinyatakan bersalah dalamkasus kepemilikan heroin seberat 7 kg lebih pada 2004tersebut.

    Burrows juga mengungkap bahwa Marco diseret-seret menjelang eksekusi. Dia berontak dan berteriakminta tolong menjelang ditembak mati. Orang dekat Marcojuga mengungkapkan bahwa dia tidak ganti baju selamabeberapa hari sampai dieksekusi. Saat ditemui di LapasBesi, Nusakambangan, Kamis (15/1), tiga hari menjelangeksekusi, si terpidana mati mengenakan kaus putih dancelana kolor hitam. Kaus dan celana itulah yang dikenakansaat dia dieksekusi.

    Menjelang eksekusi gelombang kedua, ada kejadianyang mengindikasikan akan terjadinya lagi pengingkaranterhadap hak terpidana mati. Raheem Agbaje kesulitanuntuk bertemu dengan kekasihnya berinisial A menjelangkepindahannya dari Lapas Madiun menuju Nusakam-bangan.

    Kalau benar eksekusi dilakukan beberapa hari lagi,sudah seharusnya Kejagung memperlakukan para ter-pidana mati dengan sebaik-baiknya. Sebab, itu adalahperiode yang sangat berat bagi mereka. Secara ma-nusiawi mereka harus dibantu untuk melalui masatersebut dengan baik. (*)

    Korea Selatan dapat diraihberkat tersedianya tenagakerja terdidik dan mempunyaikompetensi sehingga mening-katkan produktivitas.

    Indonesia dapat melakukanlangkah yang kurang lebihsama. Beberapa langkah yangperlu mendapat perhatian le-bih adalah, pertama, membe-rikan perhatian serius terha-dap pembangunan pendi-dikan dengan meningkatkanpublic expenditure on educa-tion yang masih rendah.

    Kedua, meningkatkan kua-litas sumber daya manusia me-lalui program pendidikan danpelatihan untuk memperolehtenaga kerja terdidik atau ski-lled labor serta employee train-ing yang memadai, baik jum-lah maupun kualitas; berkom-peten; dan mempunyai dayasaing tinggi.

    Ketiga, mendorong inovasidan pengembangan teknologimelalui penyediaan dana ser-ta anggaran yang cukup bagikegiatan research and devel-opment (R&D), khususnyaR&D yang menghasilkan tek-nologi maupun produk yangbernilai ekonomis.

    Termasuk, pemerintah ber-sedia membeli teknologi yangdihasilkan untuk disebarlu-askan penggunaannya kepa-da masyarakat. Lantas, mem-beli dan memproduksi pro-duk-produk baru hasil pene-litian. (*)

    HormatiHakLebihTerhormat Zuhlifar ArrisandyRedaktur Pelaksana

    Mati Otak sebelum Mati (2)Asra Al Fauzi

    Dokter ahli bedah saraf, dosen FK Unair, Surabaya Neuroscience Institute (SNei)KRITERIA mati otak adalah

    tidak adanya refleks-refleksbatang otak, tes apnea positif(napas berhenti tanpa mesin),dan tes diulang setelah 24 jamlagi dengan hasil sama. Kri-teria yang tetap mengayomikultur masyarakat kita, fungsijantung dan paru ditulis, bu-kan hanya otak.

    Sampai saat ini, belum adakriteria baku yang sama dimasing-masing negara, bah-kan protokol teknis antar ru-mah sakit sering berbeda. DiInggris, hilangnya refleks-re-

    fleks batang otak adalah kri-teria utama. Di Swedia danJepang, MBO harus ditegak-kan dengan pemeriksaan EEG(rekam otak) atau angiografiotak (tes aliran darah otak).

    Di Indonesia, diagnosisMBO ditegakkan secara klinisdengan prasyarat tertentuoleh minimal dua orang spe-sialis yang berkompeten, te-tapi di Amerika Serikat bisadilakukan dokter umum kare-na kebutuhan yang kadangperlu cepat dan efisien. Bah-kan, sertifikat untuk mendiag-

    nosis MBO harus dimiliki seba-gai syarat dokter umum be-kerja di rumah sakit.

    Di Indonesia, kematian dimasyarakat lebih bermaknareligius dan social death.Kita berusaha, tetapi Yang diAtas menentukan. Kriteria IDIcukup fleksibel untuk me-ngayomi hal tersebut, yaknisangat jarang kriteria MBOdilakukan cepat dan kaku. Dilapangan, biasanya penghen-tian mesin dilakukan berta-hap untuk kesan alami ber-hentinya jantung dan napas.

    Bahkan, bila keluarga berke-hendak tetap mempertahan-kan bantuan mesin, biasanyaaspek pendekatan kekeluar-gaan dan penjelasan dari timmedis secara bertahap lebihdikedepankan sampai kelu-arga menerima. Hal itu tentumemerlukan waktu.KONTROVERSI

    Saat MBO ditegakkan, se-benarnya secara legal semuabentuk life support bisa dihen-tikan. Sebagian berpendapat,dokter mempunyai tanggungjawab dan kekuasaan penuh

    untuk menghentikan terapisupportive dan tidak membe-rikan alternatif untuk keluarga.Sebagian berpendapat harusdengan persetujuan keluargauntuk meneruskan ataumenghentikan kehidupan.Kriteria mati masih dalam per-debatan. Mati batang otakadalah suatu biological death.Apakah kematian secara haki-ki ditentukan kegagalan fungsisel di otak? Apakah jiwa (soul)atau roh (spirit) berada di ba-tang otak? Semoga sains bisamenjawabnya. (*)

    Tulung Sacepete DijukutKang Jon aku melu ngresula nemen. Kuwe ning jalingkut ana

    wong edan lanang wuda bral gobal-gabel, terus senenge dongawan kluyuran nang kampung Jl Layang. Melas wong wadon gedekaro cilik, sarune por nemen. Tulung nggo Dinas Sosial, kuwe wongdijukut secepete. Matur suwun Kang Jon.

    +6285640111977

    Jangan Tebang PilihBukan salah yang punya karaoke, tapi semua itu kesalahan yang

    pada datang ke sana. Kalau tidak ada yang datang dengansendirinya, akan tutup. Ini masalah sikap mental.

    +6287749992780

    Gajine Ora Cukup NemenAssalammualaikum wr.wb. Aku pan ngresula ning Yth Bapak

    Bupati Tegal dan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal. Aku penjagasekolah yang masih honorer di SMP Negeri Margasari. Jarene negaraIndonesia negara makmur, tapi kok kenapa aku kerja ning duniapendidikan ora makmur kesejahteraanne. Sedangkan aku wis kerjaliman tahunan, wis duwe anak bojo gaji mung Rp 300 ewu tok. Oracukup nemen kanggo kebutuhan urip. Pak Bupati Tegal dan kepalaDinas Dikpora Kabupaten Tegal. Tulung nemen gajie di UMR-na apadidadikna PNS. Sadurunge minta maaf dan terima kasih.

    +6285842022592

  • JAWA TENGAHRADAR TEGAL SABTU, 14MARET 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 3

    DugaanPenyalahgunaanSejumlah Proyek

    REMBANG KejaksaanTinggi (Kejati) Jawa Tengahmembidik sedikitnya 15 orangterkait dugaan penyalahgu-naan sejumlah proyek di ling-kungan Dinas PekerjaanUmum (DPU) KabupatenRembang. Menurut sumberdari internal kejati yang dite-

    Kejaksaan Tinggi Bidik 15 Orangrima Jawa Pos Radar Kuduskemarin, jumlah tersebut ma-sih ada kemungkinan bakalbertambah seiring masih ber-langsungnya proses penye-lidikan di lapangan yang hi-ngga kini belum rampung.

    Kendati telah menyebutada sekitar 15 orang, tim darikejati enggan membeber lebihjauh terkait nama dan darikalangan mana yang menjadibidikannya. Kami minta du-kungan masyarakat saja. Se-

    moga proses di lapangan inibisa segera rampung, ungkapsalah satu pentolan tim darikejati yang enggan dikoran-kan namanya kemarin.

    Dari sumber ini pula dike-tahui, dugaan proyek berm-asalah yang tersebar di selu-ruh Rembang yang masuk bi-dikan tak hanya proyek ber-nilai kecil, tetapi juga sejumlahproyek yang memiliki nilai fan-tastis.

    Di antaranya, proyek de-

    ngan nilai cukup fantastisyang menjadi bidikan KejatiJateng masing-masing. Proyekdari Cipta Karya tahun ang-garan 2014, pekerjaan pem-bangunan drainase terminalbus di Desa Pandean, Keca-matan Rembang, senilai Rp 2miliar. Kemudian dari proyeksumber daya alam (SDA) ta-hun anggaran 2014, beruparehab bendungan Desa Bogo-rejo Kecamatan Sedan, senilaiRp 1 miliar.

    Proyek dari Bina Marga2014, bantuan provinsi tahun2014, dan beragam proyeklainnya yang nilainya men-capai ratusan juta hingga mi-liaran.

    Data tersebut juga belumtermasuk hasil investigasi dilapangan untuk sejumlahproyek-proyek kecil, yang se-belumnya telah dilakukan pe-ngecekan oleh tim ahli dariUniversitas Negeri Semarang.

    Sebelumnya, Kasi Pidsus

    Kejaksaan Negeri (Kejari)Rembang Eko Yuristiantoyang turut mendampingi timahli yang dibentuk kejati me-ngaku, tak punya kewena-ngan untuk memberikan ke-terangan terkait hasil penye-lidikan yang digelar kejati.

    Seperti diketahui, hasil pe-nyelidikan di lapangan yangdigelar tim Kejati Jawa Tengahterhadap sejumlah proyek diRembang, di antaranya te-muan paling menonjol, yakni

    dugaan adanya pekerjaanyang tak sesuai dengan RAB.

    Kepala Bidang Bina Margapada Dinas Pekerjaan Umum(DPU) Rembang Raharjo yangdikonfirmasi terkait pemerik-saan sejumlah pekerjaan olehKejati Jateng, apakah bakalberdampak terhadap prosespembangunan infrastruktur diRembang, pihaknya memilihuntuk tidak mengomentariaksi turun tangan Kejati Ja-teng tersebut. (ali/lil/ela)

    JEPARA Upaya perbaikanjalan masih terkendala cuaca.Oleh sebab itu, perbaikan digu-nakan dengan sistem klinik jalan.Namun, sistem ini tidak dila-kukan secara merata. Hanyasebagian ruas jalan yang rusak.

    Kepala Bidang (Kabid) BinaMarga pada Dinas Bina MargaPengairan Eenergi SumberDaya Mineral (DBMPESDM)Kabupaten Jepara Hartayamenerangkan, klinik jalan itu

    ABDUL ROCHIM/RADAR KUDUS

    MENDESAK- Ruas jalan yang rusak dilakukan perbaikan dengan sistem klinik jalan. Terutama jalan yang mengalami kerusakan parah, belum merata.

    Terkendala Cuaca, Perbaikan Tak Meratadilakukan di beberapa ruasyang membutuhkan per-baikan yang mendesak. Se-perti beberapa waktu lalu, pi-haknya melakukan di JalanTahunan-Batealit.

    Perbaikan di ruas itu dila-kukan karena dikunjungiMenteri Agama RI beberapawaktu lalu. Pihaknya kini me-lakukan perbaikan denganklinik jalan di Kelurahan Jobo-kuto, Kecamatan Kota.

    Perbaikan jalan di kawasantersebut karena dekat denganflat yang menjadi salah satulokasi penilaian kedua Adipu-ra Kencana, ujar Hartaya ke-pada Jawa Pos Radar Kuduskemarin.

    Pihaknya dalam waktu dekatini merencanakan klinik jalan diDesa Mantingan, KecamatanTahunan dan kawasan wisataPantai Kartini. Klinik jalan diDesa Mantingan karena akan

    digunakan sebagai tempat pe-nyelenggaraan peringatan harijadi Kabupaten Jepara.

    Sedangkan di ruas jalan dikawasan Pantai Kartini diren-canakan akan dikunjungi olehGubernur Jawa Tengah GanjarPranowo. Jadi saat ini yangdapat kami lakukan klinik ja-lan, itu pun tidak menyeluruh.Belum dilakukan perbaikanmaupun klinik jalan secara to-tal, terangnya.

    Anggaran klinik jalan inisekitar Rp 1 miliar. Dana ituberasal dari APBD KabupatenJepara 2015. Pelaksanaan kli-nik jalan ini dapat didasarkandari laporan-laporan masya-rakat.

    Selain klinik jalan, pihaknyamelakukan penutupan lu-bang-luban jalan dengan batukrosok. Upaya itu dilakukansebagai penanganan daruratdi musim hujan. (him/ris/ela)

    LASEM Tiga kapal tong-kang kandas di Perairan Bina-ngun Kecamatan Lasem sete-lah dihantam ombak besar.Hingga Jumat (13/3) pagi, tigatongkang itu belum dievakua-si karena air laut masih surut.

    Sokib, seorang nelayan diDesa Binangun menyebut-kan, kapal tongkang sudahhampir sepekan kandas. Diamemperkirakan kadasnyatongkang akibat ombak ber-

    ALI MAHMUDI/RADAR KUDUS

    KANDAS - Satu dari tiga unit kapal tongkangmasih belumdievakuasi di tepi pantai Binagun.

    Dihantam Ombak Tongkang Kandascampur angin kencang yangterjadi selama sepekan ke-marin.

    Menurutnya, untuk menge-vakuasi tongkang, perlu me-nunggu air pasang dan cuacamembaik. Kami tak tahutongkang itu berasal dari ma-na. Yang jelas, ketiganya barusaja bongkar muatan batu ba-ra di PLTU Sluke, ungkapnya.

    Dia mengaku tak tergangguoleh tongkang yang kandas.

    Padahal, saat ini nelayan se-dang panen rebon. Semen-tara, rebon ditangkap padaperairan tepi, di dekat tong-kang yang kandas.

    Darno, warga Desa BonangKecamatan Lasem menyebut,ketiga tongkang itu sudah kan-das sekitar empat hari. Memangombak tinggi dan angin kencangmenghempaskan tongkang,sehingga kandas ketika air surut,katanya.(ali/hil/ela)

    PEKALONGAN - Dinas So-sial Tenaga Kerja dan Transmi-grasi (Dinsosnakertrans) akanmelacak keberadaan Misroha(26), tenaga kerja wanita(TKW) asal Kelurahan JenggotKecamatan Pekalongan Se-latan yang tak kunjung pulangsetelah lima tahun bekerja diJeddah, Arab Saudi.

    Salah satu upaya yang akandilakukan adalah menyuratiBadan Nasional Penempatandan Perlindungan TenagaKerja Indonesia (BNP2TKI)serta Direktorat PerlindunganWarga Negara Indonesia(WNI) dan Bantuan HukumIndonesia (BHI) KementerianLuar Negeri.

    Kami akan berupaya se-maksimal mungkin untuk me-lacak keberadaan Misroha.Kami akan berkoordinasi de-ngan pihak-pihak terkait, te-rang Kabid Penempatan Te-naga Kerja dan TransmigrasiDinsosnakertrans, BambangSumitro, Jumat (13/3).

    Dikatakan Bambang, pihak-nya akan terlebih dulu me-ngonfirmasi kronologis kasushilangnya Misroha kepadakeluarga. Dinsosnakertransjuga akan meminta nomorMisroha yang dapat dihubu-ngi untuk memastikan kondisiyang bersangkutan.

    Bambang melanjutkan,yang terpenting Dinsosnaker-trans akan memastikan kon-disi TKW tersebut apakah da-lam kondisi baik, dan masihbekerja. Setelah itu, jika me-mang dalam kondisi baik ke-putusan akan diserahkan ke-pada yang bersangkutan dankeluarga. Apakah akan me-minta Misroha pulang atautetap diperbolehkan bekerjadisana.

    Sementara itu, sebelum-nya, Eny dari PT Avida Avia-duta, penyalur tenaga kerjayang memberangkatkan Mis-roha juga sudah datang keDinsosnakertras untuk mela-porkan kasus hilangnya Mis-roha. Menurut Bambang, Enyakan ke kantor pusat PT AvidaAviaduta yang ada di Jakartauntuk menanyakan kebera-

    DinsosnakertransSurati BNP2TKI

    daanMisroha. Di Kota Pekalo-

    ngan, PT Avida Aviaduta me-mang sudah tidak ada. Tapikantor pusat masih ada. Pihakpenyalur akan ke Jakarta un-tuk melacak keberadaan Mis-roha. Pihak penyalur tenagakerja memang harus ikut ber-tanggung jawab atas kasusyang menimpa TKI yang dibe-rangkatkannya, tambahnya.

    Bambang menambahkan,selama kurun waktu 2010 hi-ngga 2015, pihak penyalur te-naga kerja maupun TKI yangbersangkutan tidak melapor-kan keberadaan TKI tersebutke Dinsosnakertrans Kota Pe-kalongan. Padahal seharus-nya, setiap dua tahun sekalipara TKI harus lapor ke Din-sosnakertrans untuk mem-perbarui dokumen.

    Sebelumnya, Sadiyah (52),warga RT 02/ RW 08 KelurahanJenggot, cemas menunggukabar dari Misroha, anak per-tamanya yang bekerja sebagaitukang jahit di Jeddah, ArabSaudi. Misroha mengatakanakan pulang ke Tanah Air se-telah Idul Adha tahun 2013.(nul/ela)

    AKI-AKBNaik 100 PersenTEMANGGUNGDalamkurunwaktuduatahunterakhir,angka

    kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) pada saatproseskelahiransemakinmemperihatinkan.Bahkan tahun2014lalu angka kematian meningkat 100 persen dari tahunsebelumnya.KepalaDinasKesehatanKabupatenTemanggung,drSupardjo

    mengatakan, berdasarkan catatan Dinas Kesehatan, angkakematian ibudanbayipada2014mencapai14orang.Sedangkanpada2013 tercatat7orang. Ini adapeningkatansangatsignifikan.Pada2010 tingkat kematianmencapai14orang,pada2011 turunmenjadi 11 orang, dan pada 2012mencapai 9 orang.Datamenunjukkanpeningkatkan. Inisangatmemperihatinkan,

    katanya usaimenghadiri MusyawarahCabang IkatanBidan In-donesia (IBI) KabupatenTemanggung di Graha Bhumi Phala,Jumat (13/3).Untuk itu, pihaknya meminta kepada bidan-bidan di

    Temanggungagarmeningkatkanpelayanankesehatan terhadapmasyarakat, terutamapada pasien yang akanmelahirkan.Pelayanan harus ditingkatkan. Ini untuk mencegah angka

    kematian ibudanbayi saatmenjalani proses kelahiran,katanya.Selain itu lanjutnya, untukmenekan angka kematian ibu dan

    bayi yakni dengan meningkatkan kualitas sumberdaya bidandan peningkatan peralatan dalampelayanan persalinan.Sumber daya bidan sangat penting. Karena ini juga sangat

    menentukan tentunya juga harus disertai dengan fasilitaspenunjangyangumpuni, tegasnya.Suparjomeminta, parabidanselaku garda depanpelayanan kesehatan ibu hamil diharapkanmeningkatkan kemampuandan kualitas pelayanan.Agar tujuanmenyehatkanmasyarakat benar-benar terwujud.Sementara ituWakil Bupati Temanggung, IrawanPrasetyadi,

    jugameminta kepada bidan untukmeningkatkan kualitas danpelayananpadamasyarakat. Sebab selama ini tidak sedikit darimasyarakat yangmengeluhkan kinerja dari bidan.Sayaseringmendapatkan laporandarimasyarakat.Adabidan

    yang kinerja tidak bagus. Saya berharap kedepan tidak ada lagiwarga yang laporan seperti itu, katanya.(set/ela)

    Kos-kosanMesumMarakKAJEN -Maraknyakos-kosanyangdisinyalir dijadikan tempat

    mesumolehpenggunanya, semakindiresahkansejumlahwargadiDesaTanjungKulonKecamatanKajenKabupatenPekalongan.Kepala Dusun Tanjung Kulon, Sugarwo mengaku, banyak

    warga yang resah dengan keberadaan kos-kosan yangdisinyalir disalahgunakan penyewanya. Sebab, banyak tamulaki-laki datang pagi hari dan pulangmalamhari, seakan bebaskeluarmasuk kamar kos begitu saja.Kejadian ini sering terjadi, dan tak ada laporan ke tokoh

    masyarakat atau pihak desa. Maka tak heran, banyak wargamenyebutnya sebagai kos-kosanmesum, kata Sugarwo.Ia menuturkan, para penyewa kos-kosan itu, kebanyakan

    berasal dari luar daerah dan dari berbagai macam profesi.Menurutnya, pemilik kos, hanya berpikir tentang nilai ekonomisemata. Oleh karena itu, ia merasa khawatir, jika tidak segeraditangani, dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Jujur, saya kualahan dalammengawasi. Saya bingungmau

    mengambil tindakan apa ketika ada laporan dari warga. Makadari itu, saya minta masukan kepada pihak kepolisian terkaitpermasalahan ini, keluhnya dihadapan timPolres Pekalongansaat acaraSambangDesadi balai desa setempat baru-baru ini.Menanggapi hal itu, Kasat ReskrimPolres PekalonganAKP

    Berrymenuturkan, pihaknyasiapmembantuberbagai persoalankamtibmasyang terjadidi tengahmasyarakat. Takperlukhawatir,kita siapbantu.Namun, hinggakini laporansecara resmi kepadapihak kepolisian belumada, terangnya.Sebelum melakukan tindakan, kata dia, ada baiknya

    berkoordinasi denganpihak terkait, seperti PerizinandanSatpolPP.Dengankoordinasi,akandiketahuiapakahkos-kosan tersebutberizin atau tidak, serta adakah terjadi penyalahgunaan.Jika ada penyimpangan, bisa dilaporkan untuk dilakukan

    tindak lanjut. Namun, jangan sampai informasi yang diberikanmengandungunsur fitnah.Kami akanminta kepadapemerintahdaerah, agar dilakukan pendataan serta pembinaan, ucapnya.Sementara, Kasat Binmas Polres Pekalongan AKP Ardie

    Demastyomenambahkan,untukmendukungkondusivitasdaerah,Polres Pekalonganmelakukan berbagai inovasi, salah satunyayakni sambang desa yang dilakukan setiap seminggu sekali,serta menempatkan Bhabinkamtibmas di desa-desa. Bha-binkamtibmas ini dapat menjadi fasilitator masyarakat kepadaaparat kepolisian tentang berbagai permasalahan kamtibmas.Jika ada gangguan, dapat lapor ke Bhabinkamtibmas dan olehBhabinkamtibmas, akan ditindaklanjuti ke Polres Pekalongan,tandasnya. (yan/ela)

    DOK.RATEG

    SERIUS - Sejumlah bidan serius mendengarkan arahan.

    KESEHATAN

    HUKUM

  • RADAR TEGALSABTU, 14 MARET 2015

    website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

    4

    TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran

    (0283) 3254292. Pelayanan Gangguan PLN

    (0283) 3422453. Polresta Tegal

    (0283) 3561154. Rumah Sakit Umum Kardinah

    (0283) 356067 / 3419385. Pelayanan Gangguan PDAM

    (0283) 356175 / 3583166. Stasiun Besar Tegal

    (0283) 3530187. Terminal Bis Tegal

    (0283) 354696 / 3546958. Rumah Sakit Amanah Mahmudah(0283) 61835049. Pelayanan 24 Jam

    (0283) 340999, 340399,RS Mitra Keluarga Tegal

    3390390UGD, Laboratorium, Radiologi, Apotek,AmbulanceJl. Sipelem No. 4 Kemandungan Tegal

    Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399Hotel Karlita (0283) 358050Orange Karaoke (0283) 322022Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon

    (0283) 342330 (0283) 342331

    - dPOSO resto (0283) 6144277- Anggraeni Hotel (0283) 881011 Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes- Dian Hotel (0283) 877216JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

    AGENDA HOTELHOTEL KARLITARabu dan Sabtu, Show DJ and DancerPerformance pukul 23.00-03.00 WIB diZodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

    HOTEL BAHARI INN Tegal- Setiap Senin & JumatLive Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam19.00 WIB

    - SabtuHappy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00- 03.00 WIB

    Cocok dengan PekerjaanSETELAH lama vakum dari pekerjaan

    sebagai host di televisi, Maudy Koes-naedi merasa senang kembali menjadipemandu acara Curahan Hati Perem-puan, di Trans TV.

    Dia mengaku senang lantaran sudahlama vakum dari pekerjaan sebagaipemandu acara di televisi.

    Senang akhirnya kembali nge-hostlagi di televisi. Soalnya, selama ini pro-gram yang ditawarkan kepada sayaenggak cocok. Kemarin-kemarin cumajadi bintang tamu, ungkap Maudy.

    Artis 39 tahun tersebut menyatakankali ini memandu program tentang pe-rempuan yang mengalami pengalamanpahit dalam hidupnya.

    Menurut dia, program itu sangat se-

    suai dengan keinginannya selama ini.Perempuan yang dikenal kalem terse-but mengaku kerap merasa iba setiapmendengarkan kisah kaumnya yangditindas.

    Ada beberapa momen yang mem-buat saya trenyuh. (Dalam acara terse-but, Red) ada kisah tentang ibu yangmembesarkan sendiri tujuh anaknya,namun mengalami KDRT (kekerasandalam rumah tangga), bebernya.

    Selain itu, Maudy memang senangjika ada yang mencurahkan isi hatikepadanya. Saya pikir tadinya ceritayang menyeramkan untuk perempuantersebut cuma ada di film. Tapi, setelahdicurhatin, ternyata hal-hal seperti itumemang ada di kehidupan nyata, jelas-

    nya.Dengan menjadi host dalam acara

    tersebut, Maudy juga merasa dapatsemakin bersyukur atas kehi-dupannya sebagai seorang pe-rempuan. Alasannya, ternya-ta masih banyak perempuanyang memiliki kisah hiduptragis.Jadi, saya merasa ber-syukur karena kesulitanhidup yang sering sayaalami ternyata enggakada apa-apanya di-banding mereka,ujarnya. (dod/c9/sof/hun)

    MaudyKoesnaedi

    DHINI AMINARTI

    Tertarik Tutup Aurat

    Klik

    THE AGE OF ADALINE adalahkisah drama romantis yang pe-nuh fantasi.

    Blake Lively berperan sebagaiAdaline Bowman, wanita cantikyang berusia 27 tahun selama 8dekade! Untuk menjaga raha-sianya, ia harus menjauhi be-berapa orang, termasuk orangtuanya.

    Namun, suatu ketika dia ber-temu dengan filantropis yangmampu meluluhkan keteguhanhatinya.

    Saat menghabiskan waktuweekend bersama kedua orangtua sang kekasih, Adaline merasaterancam dan memutuskan un-tuk melakukan sesuatu yang ba-kal mengubah hidupnya. Saksi-kan kelanjutannya pada 24 April2015 mendatang. (kpl/tch/hun)

    The AgeOf Adaline

    WULAN GURITNO

    Butuh Ratusan Miliar

    ISI account Instagram milik DhiniAminarti terlihat makin religius. Penuhdengan foto istri Dimas Seto ini ber-pose sambil mengenakan hijab. Bukanhanya tiba-tiba, rupanya sudah lamaDhini tertarik ingin menutup aurat.

    Aku nggak mau berhijab karenabuat orang lain. Niat (berhijab) sudahlama, tapi belum sempat sekarang. Tapidoakan saja mudah-mudahan bisasecepatnya berhijab, kata Dhini.

    Selain butuh persiapan yangmatang, ia tak mau jika ber-hijab pengaruh teman sesa-ma seleb, tren ataupun fa-shion.

    Aku nggak mau ber-hijab karena teman satuprofesi pada pakai. Akumau karena diri sendiri,ucap pesinetron Kem-bang Surga, Tante So-nya dan Kita NikahYuk ini.

    BahkanDhini

    masih berhati-hati mengambil kepu-tusan meski suami terus memberikandukungan.

    Dimas seneng banget. Dia sangatmendukung aku untuk berhijab. Dianggak mau memaksakan, tapi ya ha-rus, tukasnya.

    Usia pernikahan Dhini dan Dimasudah 6 tahun. Pertanyaan yang samadiajukan, kapan hamil nih Ah sudahbasi, ah nanyanya itu mulu, jawab

    Dhini sekenanya.Tampak suasana hati bin-tang film Dunia Lain ini beru-

    bah. Padahal sebelumnya ialancar bercerita mengenaikanker payudara.

    Kebetulan aku di sini se-bagai duta dari YayasanKanker Payudara Indone-sia. Kita launching logo ba-

    ru dan bertemu dengan te-man media. Kita mau so-

    sialisasi juga. Karena diIndonesia kanker pa-

    yudara ini sudah sa-ngat memprihatin-kan. Aku mau bantuuntuk sosialisasi itu,jelas Dhini.

    Meski belum dika-runiai momongan, ru-

    mahtangga Dhini danDimas relatif masih har-monis. Di Instagram,Dhini kerap berbagi fo-

    to dan cerita roman-tis bareng Dimas.

    TGIF (ThankGod Its Friday)# b l u m b s m o -veon, tulis Dhini.

    (MER/hun)

    Untuk RestorasiFilm-film Lawas

    WULAN Guritno punya kegiatan baru. Diakini rajin membongkar-bongkar arsip film-filmlawas produksi dalam negeri. Yang dipilihtentu yang berkualitas.

    Film-film lama yang berkualitas itu nanti-nya akan direstorasi, katanya di kantor Ke-menterian Pendidikan dan Kebudayaan (Ke-mendikbud), kemarin.

    Perempuan bernama asli Wulan LorraineGuritno itu berada di kantor Kemendikbuduntuk mengumumkan rangkaian programHari Film Nasional 2015. Salah satu film yangbakal direstorasi adalah Tiga Dara (1956).

    Menurut Wulan, film musikal itu sangatfenomenal. Film besutan sutradara UsmarIsmail yang menghadirkan Chitra Dewi, MiekeWijaya, dan Indriati Iskak itu, menurut dia, diluar mainstream.

    Jika berhasil direstorasi dan ditayangkan dibioskop secara luas, Tiga Dara bisa menye-garkan perfilman tanah air.

    Namun, ongkos merestorasi film-film lawastersebut tidak murah. Wulan memperkirakanbutuh anggaran hingga Rp 2 miliar untukmerestorasi satu judul film jadul.

    Padahal, film lawas Indonesia yang layakdirestorasi mencapai 200 judul. Di antara

    sumber daya yang diharapkan adalah ban-tuan dari para dermawan dan pemerintah.

    Bagi perempuan kelahiran London, 14 April1980 tersebut, film merupakan bagian pentingdari sejarah suatu bangsa. Apabila ada filmyang hilang, hilanglah salah satu bagian darisejarah bangsa, katanya. (wan/c15/sof/hun)

  • SABTU, 14 MARET 2015 5

    MENGETAHUI Irma Taniahobi merajut, calon iparnyamembawakan oleh-oleh be-nang yang unik. Ukurannyacukup besar sehingga mem-persingkat waktu perajutan.Ketagihan, Irma memproduk-si sendiri benang itu. Tak di-sangka laku keras saat dijual.Dia pun kini berbisnis tarnalias T-shirt yarn. Benang oleh-oleh itu berukuran cukup be-sar seperti mi spaghetti. Awalmelihatnya merasa aneh danbingung cara mengguna-kannya.

    Tidak ada hakpenyang cukup besar un-tuk mengaitkannya,kenang Irma. Tetapi,perempuan 30 ter-sebut penasaran.Sebab, kata si ca-lon ipar yang ber-

    kewarganegaraan Australia,benang itu booming sekali.

    Dia pun memesan hakpenjumbo kepada perajin. Semen-

    tara itu, Irma mencari ta-hu di internet ten-

    tang benang ter-sebut.

    Ternyatadi luar ne-geri sudahb a n y a km e r e k -nya, Fet-t u c i ay a r n ,Zpagettiy a r n ,s a m p a iTrapillo.Kreasi-

    nya beragam, ungkapnya.Bahan rajut itu sebenarnyaadalah kain bahan kaus yangdipotong tipis-tipis meman-jang, kemudian ditarik, se-hingga timbul efek melingkar.

    Sifat bahan kaus lemas, te-tapi padat. Diameternya yangbesar membuat Irma sangatcepat dalam merajut. Itu yangbikin ketagihan. Karena besar-besar, rajutnya cepet jadi,jelasnya. Bagi perajut pemula,tarn akan sangat membantudan membuat hati senang.Sebab, bentuk rajutannya se-gera terlihat.

    Buat perajut seperti saya,sekalinya pakai tarn, pakaibenang lagi rasanya malas, haha, katanya.

    Ketika itu, Irma hanya pu-nya tiga gulung tarn. Dia

    merasa sayang jika harusmenghabiskan oleh-

    oleh dari calon ipar-nya tersebut. Selainharganya mahal,benang itu tidakdijual di Indone-sia. Saya bikinsaja sendiri. La-lu, tebersit juga

    menjadikan pe-luang bisnis, ungkap

    ibu rumah tanggadengan dua anak

    itu.Mulailah per-

    buruan Irmameriset cara

    pembuatan-

    nya. Dia berkeliling pabrikkain kaus, merancang mesin-nya, dan mencari pekerjanya.Irma kemudian resmi men-dirikan BOs_Tarn (T-shirt Yarn)Februari 2014. Dia memilihbisnis rumahan dengan mem-berdayakan ibu-ibu rumahtangga di sekitar lingkungan-nya.

    Saya beri mesin, saya ajari.Nanti upahnya sesuai denganberapa banyak yarn yang di-berikan ke saya, ceritanya.

    Awalnya, Irma mengguna-kan kain kaus polyester de-ngan 40 macam warna. Untukyang lebih padat, Irma meng-gunakan kain jersey dengan 10macam warna. Baru-baru inidia bereksperimen dengancorak dan motif.

    Benang berbahan katundiwarnai dengan teknik jum-put. Jadinya warna tie die gi-ni, ujarnya sambil menunjukgulungan benang warna-war-ni.

    Menurut dia, benang ter-sebut tidak bisa persis satusama lain. Jadi, terkesan un-ik. Untuk motif pabrikan,Irma sedang mengembang-kan bahan kain kaus span-dex.

    Tapi, ini masih belum sayajual. Masih dicoba dulu, layakatau tidak, jelasnya. Untukhakpen, dia juga mempro-duksi sendiri karena belumdijual bebas di pasaran.

    Irma juga membuat tas,

    dompet, clutch, topi, keset,kantong, tatakan, dan karyalainnya untuk memenuhi hobimerajutnya. Sekaligus, men-jadi contoh hasil jadi tarn.Saat ditanya alasan tidak men-jual bahan jadinya saja, diamenjawab lebih senang jikaorang lain juga berkreasi. Inikan benar-benar baru di Indo-nesia. Saya yang pertama. Jadi,biarlah menciptakan banyaklapangan kerja baru, ungkap-nya.

    Berat satu gulung benangBOs_Tarn mencapai 1 kg danpanjangnya bisa mencapai200 meter. Satu benang di-banderol Rp 40 ribu hingga Rp100 ribu, bergantung jenisnya.Satu tahun bisnis itu berjalandengan basis UKM, sebulanIrma bisa memproduksi lebihdari 500 gulung benang. Ca-bangnya pun sudah ada, yaknidi Depok, Jawa Barat.PAKET KHUSUS JADI BISNISTAMBAHAN

    Tidak mudah memasarkanbarang yang benar-benar ba-ru. Selain harus bersedia men-jawab banyak pertanyaanyang sama, penjual perlu me-nunjukkan manfaat produktersebut kepada konsumen.Irma yang memasarkannya diFacebook sudah memberi ke-terangan sejak awal, tetapitetap saja orang tergelitik ber-tanya.

    Ribuan pertanyaan yangsama mendarat di handpho-

    ne, ya dijawab aja sabar satu-satu. Sebab, mereka belumkebayang, ini benda apa sih,jelas perempuan yang tinggaldi Surabaya tersebut. Setelahitu, calon pembeli juga me-nanyakan caranya, ada teknikkhusus atau tidak, dan lain-lain. Irma pun mulai meng-upload hasil karyanya di Fac-ebook.

    Dari situ, dia terpikir soalstrategi pemasaran sekaligustambahan penghasilan lagi.Kalau teknik dasar rajut, yasaya punya sih materinya. Ta-pi, biasanya saya arahkan un-tuk lihat YouTube. Kalau yangsudah bisa, saya menjual pa-ket-paket pembuatan karyatertentu, ungkapnya. Misal-nya, Irma membuat tas de-ngan dua kombinasi warnabenang dan kulit. Hasil jadi-nya lantas dipotret dan di-unggah.

    Bagi mereka yang inginmembuat tas serupa, Irmamembuatkan paketnya. Yak-ni, terdiri atas buku tutorialdengan foto, benang yang di-butuhkan, alas, kulit yangsudang diplong, handle tas,dan segala macam pernak-pernik lainnya.

    Ketika kesulitan pun sayatuntun lewat chatting di HP,tuturnya. Ternyata, itu cu-kup laris. Setelah berhasil,konsumen rata-rata mintadibuatkan lagi paket modellainnya.

    Produk BOs_Tarn pun kinisangat diminati. Pengiriman-nya dilakukan ke seluruh In-donesia. Karena barangnyaberat, biar nggak rugi ongkoskirim, biasanya orang-orangpesan banyak sekalian, ucap-nya. (puz/c19/c20/jan/ela)

    Bisnis Benang Kaus

    Irma Tania

    AKTIVITAS yang padat se-jalan dengan kondisi fisik. Ba-nyaknya kegiatan membuatbadan lemas. Tak jarang, halitu bisa menimbulkan kele-lahan adrenal. Yakni, sindromringan di mana kelenjar adre-nal menjadi lambat sepertikomputer macet.

    Kelelahan adrenal umum-nya dapat diobati denganobat naturopati, nutrisi yangbaik dan banyak perawatandiri, kata James Wilson, ND,PhD, penulis Adrenal Fatigue:The 21st Century Stress Syn-drome (Smart Publications,2001) seperti dilansir lamanCare2, Rabu (11/3).Berikut cara untuk menjagastamina:1. Hindari makanan manisdan bertepung

    Gula dan makanan berte-pung bisa menyebabkan guladarah meningkat dengan ce-pat karena makanan ini di-cerna begitu cepat. Hati, pan-kreas dan adrenal bekerja lebihkeras lagi, berusaha untukmeratakan gula darah Anda,memasok kortisol ekstra un-tuk mendapatkan level guladarah kembali dan memberi-kan kontribusi untuk tingkatstres.

    Untuk itu sebaiknya pilihmakanan yang memetabo-lisme lebih lambat. Misalnya

    makanan yang mengandungprotein yang sehat, biji-bijiandan sayuran seperti brokolinonstarchy.2. Batasi kafein

    Seperti gula, tubuh Andamerespon kafein dengan le-dakan cepat energi. Pada akhi-rnya, kopi, teh berkafein, sodadan minuman energi akanmeng-overstimulate kelenjaradrenal dan membuat Andabangun di malam hari. Tiduryang terganggu selanjutnyamerusak energi, imunitas dankapasitas penyembuhan.3. Istirahat yang cukup

    Banyak orang yang men-derita kelelahan adrenal me-ngalami kesulitan mendapat-kan cukup tidur. Anda dapatmeningkatkan kualitas tidurdengan beberapa cara ter-masuk mandi air panas se-belum tidur. Selain itu bisa

    pula mengambil dosis L-the-anine yang membantu men-ciptakan gamma aminobut-yric acid, sebuah neurotrans-mitter yang penting untuktidur. Selain itu Anda bisamenjaga kamar tidur tetap se-juk. Sebab, suhu yang lebihrendah mendorong produksihormon tidur. Kamar Andajuga harus gelap atau mema-kai masker mata untuk men-dorong produksi melatoninterus-menerus. Juga, matikansemua ponsel, komputer dantelevisi sebelum tidur untukmembatasi radiasi EMF danstimulasi otak.4. Konsumsi multivitaminyang baik.

    Berbagai nutrisi, terutamavitamin C dan vitamin B kom-pleks, sangat penting untukkesehatan adrenal. (fny/jpnn/ela)

    Agar Stamina Tetap Terjaga

    KEHAMILAN di tahapawal bisa diketahui bukanhanya dari test pack. Be-berapa gejala kehamilan mi-rip dengan kondisi ketikawanita akan datang bulan.Hal ini lah yang membuattanda-tanda tersebut jadisering diabaikan. Agar tidaksemakin bingung, lakukantes dan periksa ke dokter.Setelah Anda merasa yakindengan menemukan tanda-tanda kehamilan di bawahini.1. Bercak dan pendarahan

    Setiap kali ada penda-rahan pada kehamilan, An-da harus tahu di mana sum-bernya, kata dr FrancisChang, seperti dilansir la-man Fox News, Kamis (12/3). Selama 8 minggu per-tama kehamilan, bercakbiasanya pertanda normaldimana embrio mena-namkan diri mereka

    di dalam rahim. Pendarahanjuga bisa dari air mata va-gina jika Anda baru berhu-bungan seks yang tidak ber-bahaya bagi kehamilanAnda. Jika Anda memilikibercak dan nyeri, mungkinberarti anda memiliki ke-hamilan ektopik. Penda-rahan juga bisa menunjuk-kan bahwa leher rahim Andasemakin pendek atau mem-buka diri, Anda mengalamikeguguran atau tanda pe-

    ringatan plasenta previa.2. Kontraksi

    Banyak bumil khawatirtentang kontraksi BraxtonHicks, merupakan kontrak-si yang sepert nyeri saatkram haid. Kontraksi ini ti-dak terjadi lama dan kemu-dian intervalnya semakinmemendek dan tidak ber-tambah kuat.3. Gerakan bayi Anda telahdiperlambat

    Antara 17 dan 18 minggu,Anda akan mulai merasakangerakan bayi Anda, meskipunmungkin akan merasa se-

    perti bergetar. Gerakanbayi Anda akan terasa le-bih kuat disekitar mingguke-24, Anda mungkin me-lihat bahwa bayi Anda te-nang di siang hari dan lebih

    aktif di malam hari.Jika gerakan bayi Anda

    telah melambat, minum se-cangkir air es atau jus jeruk.Perubahan suhu atau gulaakan menyebabkan bayi

    untuk bergerak.4. Nyeri kaki

    Kehamilan mening-katkan peluang Andauntuk menderita deepvein t h r ombos is ,suatu kondisi yangm e n y e b a b k a npembekuan darahdi pembuluh da-rah kaki dan dapat

    mengancam ji-wa.

    5. DepresiAntara 14 hingga 23 per-

    sen wanita menderita dep-resi selama kehamilan, me-nurut American College ofObstetricians dan Gyne-cologists. Jika Anda memi-liki depresi saat hamil makakesempatan Anda mende-rita depresi postpartum le-bih tinggi juga.6. Bengkak

    Sekitar 70 sampai 80 per-sen wanita akan mengalamipembengkakan pada kaki,wajah dan tangan selamakehamilan.

    Jika Anda juga memilikitekanan darah tinggi atausakit kepala, anda bisajadi mengalami preek-lamsia.7. Menggigil dengan demam.

    Setiap jenis demam de-ngan nyeri harus dianggapserius. Tergantung di manarasa sakit, anda bisa me-miliki infeksi ginjal, listeriaatau pneumonia yang se-muanya serius selama ke-hamilan.8. Sakit kepala

    Sakit kepala adalah ke-luhan yang sangat umumselama kehamilan dan bia-sanya disebabkan oleh pe-rubahan hormon yangd r a s tis dan peningkatanvolume darah tubuh Anda.Kurang tidur, stres atau me-ngurangi kafein dapat mem-buat mereka lebih buruk.(fny/jpnn/ela)

    Jangan Abaikan Gejala Hamil Ini

  • RADAR TEGAL SABTU, 14MARET 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com6 NASIONAL

    MENTERI Pendidikan danKebudayaan (Mendikbud),Anies Baswedan meminta ke-pala sekolah, guru, orang tuadan masyarakat umum untukmelaporkan adanya temuanjembatan rusak. Pengaduanmasyarakat bisa dilaporkan kesitus Kemendikbud yaituwww.sahabat.kemdikbud.go.id.

    Banyak lintasan beresikotinggi yang ditempuh anak-anak kita menuju ke sekolah.Kita salut dan bangga melihatkeberaniaan dan determinasianak-anak kita melewati lin-tasan seperti itu, tapi resikoseperti itu tidak boleh (lagi)terjadi, ujar Anies dalam jum-pa pers mengenai putusnyajembatan yang menjadi aksessekolah, di gedung Kemen-dikbud, Jakarta Pusat, Jumat(13/3).

    Ditambahkan mantan Rek-tor Universitas Paramadina ini,sekolah yang mengalami ak-ses kesulitan ketika berangkatke sekolah hampir terjadi diseluruh Indonesia, terutamadaerah yang berada dekat lin-tasan sungai besar. Total jem-batan rusak yang ada di se-luruh Kabupaten sekitar 510jembatan, ungkap Anies.

    Hanya saja, kata Anies, Ke-mendikbud bertanggung ja-wab untuk dunia pendidikansaja seperti pembangunanruang kelas baru, ruang la-boratorium dan perbaikan fa-silitas sekolah lainnya. Tapi,dalam kenyataannya anak-anak sekolah di Indonesiamenghadapi resiko ketika be-rangkat sekolah, terutama ba-gi siswa-siswi Sekolah Dasar(SD yang hampir berada dipelosok Indonesia.

    Sedangkan untuk anggaranpembiayaan pembangunanjembatan ada pada Kemen-terian Pekerjaan Umum dan

    Jembatan Rusak, Laporkan

    Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR). Tetapi, kita akan ber-koordinasi untuk pembangu-nan tersebut. Yang pentingketika ada laporan akan dive-rifikasi dan dikerjakan bersamadengan Kemen-PUPR, tan-dasnya.

    Sementara, terkait tidakadanya tindakan dari peme-rintah daerah (Pemda) yangmemperbaiki atau memba-ngun jembatan tersebut,Anies mengaku bukan perma-salahan itu yang terpenting

    sekarang. Yang penting anak-anak kita terjamin keselama-tannya, ketika berangkat kesekolah. Jadi, fokusnya bukansiapa yang bertanggung ja-wab, tapi fokus hari ini anak-anak kita selamat berangkatke sekolah, selorohnya.

    Anies melanjutkan, sesuairencana lima tahun kedepanpemerintah akan membangunsistem pendidikan yang baikmeliputi sekolah, siswa, danorang tuanya wali murid sertalingkungan sekolah itu sen-

    diri. Selain itu, pihaknya akanbekerja sama dengan para pe-giat-pegiat pendidikan untukmerealisasikan sistem terse-but. Sistem ini kan masih ba-ru, sambil berjalan (akan kitaperbaiki), kata dia.

    Terpisah, Pengamat Pen-didikan Darmanigtyas menga-takan tindakan Kemendikbuddengan meluncurkan websitetersebut adalah langkah yangbagus. Untuk itu, Kepala seko-lah dan masyarakat secepat-nya dapat melapor langsung

    terkait siswa-siswi yang kesu-litan berangkat ke sekolahkarena akses jembatan yangrusak.

    Tapi, Kemendikbud kan si-fatnya hanya menerima usulan.Jadi ,nanti Kementerian terkatiseperti Kemen PUPR dan DinasPendidikan Daerah yang me-nangani ketika ada jembatanyang rusak menuju ke sekolah,kata Darmaningtyas. Semen-tara, Ia menambahkan, Kemen-dikbud hanya mengurusi seko-lah saja. (her/RP/ela)

    KEMENTERIAN Perindus-trian (Kemenperin) menye-butkan bahwa dampak ter-besar atas terjadinya pelema-han nilai tukar mata uang ru-piah terhadap dolar AmerikaSerikat (AS) saat ini, sangatdirasakan serius khususnyabagi industri di sektor manu-faktur. Pasalnya, hampir 50%kebutuhan bahan baku in-dustri tersebut masih dipe-nuhi oleh impor

    Direktur Jenderal Basis In-dustri Manufaktur (Kemen-perin) Harjanto mengatakan,terpukulnya sektor industrimanufaktur dalam negeri saatini dikarenakan 50-60% masihbergantung pada bahan bakuimpor. Menurut dia, dampaktersebut mulai terasa karenatidak adanya kepastian kursyang akhirnya dapat mempe-ngaruhi kinerja industri.

    Industri sektor manufakturkita masih lemah dalam pro-duksi bahan baku. Jadi keter-gantungan kita terhadap ba-han baku impor masih tinggisekitar 60%, ditambah rupiahmelemah sekarang. Jadi se-makin berat kata Harjanto,Jumat, (13/3).

    Tidak hanya pengaruh kurs.Persoalan kenaikan bahanbakar minyak bersubsidi jugamempengaruhi industri. Tapiitu hanya permasalahan logis-tik, kata Harjanto. Hal lainjuga mempengaruhi. Misal-nya, persoalan beban listrikdan pasokan energi gas terha-dap industri.

    Menurut Harjanto, ting-ginya kebutuhan impor karenaperkembangan industri hilirtidak diikuti oleh industri hulu.Hal itu menyebabkan banyakindustri hilir cenderung me-milih bahan baku impor. Salah

    Industri Manufaktur Paling Terpukulsatu contoh, industri baja se-bagai mother of industry masihmengandalkan bahan bakuimpor sebesar 80%.

    Industri kita dari hulu kehilir belum terintegrasi. In-dustri hulu belum kompetitifsehingga di industri hilir adakecenderungan impor bahanbaku. Di sisi lain juga untukbiaya energi juga mahal, ujarHarjanto.

    Menurut Harjanto, pe-nguatan dolar AS ini semes-tinya dapat dijadikan kesempa-tan untuk mendorong industrimenggunakan bahan baku da-lam negeri. Terlebih untukmendorong daya saing di in-dustri hulu, sektor energi harusdibenahi. Dengan demikiansecara perlahan ketergantu-ngan impor akan berkurang.

    Untuk beberapa produk,memang masih banyak yangbisa menggunakan bahan bakudalam negeri. Akan tetapi adapula industri yang tidak memi-liki pilihan dan harus mengim-por karena bahan bakunya sa-ma sekali tidak diproduksi didalam negeri, kata Harjanto.

    Sementara, upaya memben-dung produk impor dalam kon-disi pelemahan rupiah seka-rang ini, pemerintah dan BankIndonesia(BI) tengah menyiap-kan sejumlah langkah strategis.Di antaranya memberikan in-sentif fiskal kepada para ekspor-tir, menerapkan bea masuk an-tidumping (BMAD) dan me-ningkatkan penggunaan bio-disel untuk mengurangi imporbahan bakar minyak (BBM).(Derry/RP/ela)

    DOK.RATEG

    ANJLOK - Anjloknya nilai mata uang rupiah sangat berimbas pada industri manufaktur.

    Tarif Batas Bawah Pesawat DiprotesASOSIASIPenerbangan Internasional atau InternationalAir

    TransportAssociation (IATA)memprotes kebijakan pemerintahyangmengatur tarif bawah di industri penerbangan TanahAir.Pasalnya, aturan yang tertuang dalam Peraturan MenteriPerhubungan (Permenhub)Nomor 91Tahun2014 itu dinilainyahanya akanmengurangi daya kompetitif maskapai.Mengingat kuatnya kompetisi di industri penerbangan

    seharusnya pemerintah tidak perlumengatur harga, demikiandikatakanDirekturUmumdanCEOIATAAntonyTyler, di Jakarta,Jumat (13/3).Tyler juga menilai peraturan Kementerian Perhubungan

    (Kemenhub) yang mengatur batas normal tarif serendah-rendahnya 40%dari tarif batas atas tersebut sangat aneh dantidak ada di negara lain. Menurutnya, negara lain memangmengatur tarif maksimum tapi tidak tarif terbawah. Di sinipendekatannya berbeda, cetusnya.Menurutnya, aturan penetapan tarif Menteri Perhubungan

    Ignasius Jonan adalah suatu pendekatan yang mulia karenalatarbelakangdiberlakukannyaaturan tersebutuntukmemberikanruang finansial yang lebih. Khususnya bagi maskapai bertarifrendah (lowcost carrier/ LCC)agar dapatmeningkatkan standarkeselamatan operasionalnya. Tapi, ia tidak setuju apabilamaskapai yang ruang finansialnya sempit berarti tidak aman.Untukmenjaminkeselamatanbukandisebabkanoleh lebarnya

    ruang finansial tetapibagaimanacaramaskapaimengoperasikankegiatannya, jelasnya.Karena itu, ia mengaku skeptis adanya peraturan tersebut

    akanberdampakpadameningkatnyakeselamatandankeamananpenerbangan Indonesia.Ketimbangmengatur tarif batasbawah,sarannya, pemerintah sebaiknya mengawasi industripenerbangan agar kegiatan operasionalnya dapat berjalandengan baik dan mendorong maskapai memenuhi standarinternasional keamanandankeselamatan. Ia jugapercayapadaakhirnyakekuatanpasarlahyangakanmenentukan tarif tersebut.Karena sangat sulit untuk mengenakan tarif lebih untuk

    layanan. Jikaorang tidakmaumembayarharga tersebut,merekatidakakanmembayar.Mereka tidakakanmembayar tiket,merekatidak akanmembayar harga yang tinggi, danmereka tidak akanbepergian, pungkasnya.Hal senada disampaikan Ketua Komite Tetap Kadin Bidang

    KerjasamaPerdagangan Internasional Ratna Sari Loppies. Iamenilai kebijakanmenteri kabinet kerja yang gemarmelakukanintervensi harga tersebut melanggar Undang-Undang (UU)Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli danPersainganUsaha Tidak Sehat. (tedi/RP/ela)

    Noke Kiroyan

    Manfaatkan KAA Gaet InvestasiKONFERENSIAsiaAfrika (KAA) yangakandilaksanakan22-

    26April 2015mendatangmerupakanmomenyangstrategisuntukmenjalin komunikasi dan kerja sama antarnegara. Indonesiasebagai tuan rumahakanmenyampaikan isu-isu strategis yangdapat menarik simpati dari negara-negara anggota, terutamaterkait dengan kerja sama perdagangan dan investasi.Hal-halyangakandisampaikandalamkegiatan tersebutadalah

    soal infrastruktur, industri strategis, kemaritiman dan agribisnis.Sasaranutama Indonesiadalam forumekonomi tersebut adalahnegara-negara di daratanAfrika.Keempat sektor tersebutmerupakan programekonomi yang

    saat ini sedang digarap serius oleh pemerintah dalam 5 tahunmendatang.Namunsejumlah kendala termasuk dari sisi financ-ing atau investasimenjadikan Indonesia harusmampumencarisumber pendanaan alternatif. Diyakini melalui forum tersebut,potensi investasi masuk ke Indonesia akan terbuka lebar darinegaraAsiamaupunAfrika.Ketua Panitia Asia Africa Business Summit Noke Kiroyan

    menjelaskan, pihaknya meminta Kamar Dagang dan Industri(Kadin) Indonesia untuk dapat merumuskan dan mengkajipermasalahan isu strategis ekonomi di Indonesia, terutamadari4 sektor tersebut.Melalui datadananalisis dariKadindiharapkandapat tersusun paper yang baik untuk disampaikan dalamKAAnanti. Tantangan dan potensi investasi di Indonesia diharapkandapat diketahui oleh negara-negara anggota sehinggamerekadapatmengetahuinya.Dalamrangkamempersiapkannya (AsiaAfricaSummit), kami

    melakukanserangkaiandiskusi poin-poinyangakandimasukkankedeklarasi. Soal infrastrukturmenjadi pilihanutamakarenakitasudahmendapatkan gambaran penuh soalmasalah di Indone-sia.Gambaran ini dapatmembukapeluangpeluangkerja sama,ungkapNoke saat ditemui diMenaraKadin, Jumat (13/3).Menurut Noke, selain peluang investasi masuk di In-

    donesia khususnya di sektor infra-struktur, peluang kerja sama perda-gangandengannegaraAfrika di sektorkemaritiman jugapotensial.Menurutnya, industri perikanan In-

    donesiamemilikipeluangyangsangatbesar untuk bisa masuk ke pasarAfrika dimana selama ini ekspormasihdidominasi keEropadanAmerika.Peranduniaakade-misi dan industri dalampemetaan potensi kerjasama di sektor perdaga-ngan dan investasi, lan-jutnya, sangat diperlu-kan khususnya ke ne-gara-negara anggotakonferensi.Afrika dipilih ka-

    rena wilayah inibelumbanyakmela-kukan kegiatan eko-nomi. Potensinya sa-ngat besar dan pertum-buhan ekonominya jugabaik.(Marjudin/RP/ela) WNI Ditangkap di Turki

    Berangkat MandiriKEMENTERIAN Luar

    Negeri (Kemenlu) Indone-sia memastikan 16 WargaNegara Indonesia (WNI)yang diamankan otoritasTurki bukanlah WNI yanghilang saat bersama rom-bongan wisata.

    Direktur PerlindunganWarga Negara Indonesiadan Badan Hukum Indo-nesia Kementerian LuarNegeri, Lalu MuhammadIqbal mengatakan, ke 16WNI yang ditangkap olehotoritas Turki berasal darikelompok yang berbeda.Diduga mereka berangkatke Turki secara mandiri ti-dak menggunakan biroperjalanan wisata.

    Ke- 16 WNI tersebut di-duga masuk ke Suriah me-lalui Turki, tapi saat akanmelintasi perbatasan. Ka-mi masih mendalami ke-perluan mereka di Turki,beber Iqbal kepada warta-wan di Jakarta, Jumat (13/3).

    Dari informasi yang di-peroleh Kemenlu, 16 WNIyang diamankan tersebutterdiri atas satu laki-lakidewasa, empat perem-puan dewasa, tiga anakperempuan dan delapananak laki-laki.

    Ke-16 orang tersebut be-rasal dari tiga keluarga.Hanya lima orang yang

    saja yang memiliki paspor,sedangkan sisanya tidakmempunyai, jelasnya. Ke-16 WNI tersebut ditangkapdi Kota Gaziantep yangterletak di dekat perba-tasan Turki-Suriah.

    Selanjutnya mereka di-jerat undang-undang ke-imigrasian otoritas Turki.Mereka masih dalam pe-meriksaan dan masihmencari tahu identitasmereka, tuturnya.

    Sementara itu, Waka-polri Komjen Pol BadrodinHaiti membenarkan ke 16WNI yang ditahan Tukirmemang bukan dari ke-lompok biro jasa perja-lanan Smailing Tour. Untukitu pihaknya masih terusberkoordinasi dengan Ke-menterian Luar Negeridan Badan Nasional Pe-nanggulangan Terorisme(BNPT)untuk mendapat-kan data WNI tersebut.

    Kami akan menerjun-kan personel untuk ke Tur-ki langsung, ujar Badrodin.Diketahui, sebanyak 16WNI dinyatakan hilang diTurki setelah memisahkandiri dari rombongan wisatapada 25 Februari lalu.

    Mereka diduga menye-brang ke Suriah lalu berga-bung bersama dengan Ke-lompok teroris ISIS.(Agung maryana/ela)

    DOK.RATEG

    BAHAYA - Sejumlah siswa rela menyeberangi jembatan rusak yang berbahaya demi mendapatkan pendidikan.

    EKONOMI

    PENERBANGAN

    DOK.RATEG

    DIPROTES - Tarif batas bawah pesawat diprotes.

  • SABTU, 14 MARET 2015 8

    PenjualanMotor Naik 11 PersenASOSIASI Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI)

    memperkirakan kondisi penjualan sepeda motor didalam negeri baru akan normal pertengahan tahunnanti. Di bulan Februari lalu, penjualan sepeda mo-tor sudah mulai merangkak naik 11 persen dibandingbulan sebelumnya.

    BisnisPLNTerancamPROYEK pembangunan pembangkit listrik 35 ribu

    Mega Watt (MW) menjadi pertaruhan bagi PT PLN(Persero). Kalau gagal, bisa-bisa perusahaan yangdipimpin Sofyan Basir itu menjadi penjual jasa saja.Tidak lagi memiliki kewajiban utama untuk membangunpembangkit karena dialihkan ke swasta.

    Jenis Hrg Dasar Buyback5 Gr 2.570.000 010 Gr 5.090.000 025 Gr 12.650.000 050 Gr 25.250.000 0100 Gr 50.450.000 0250 Gr 126.000.000 01 Kg 503.000.000 0

    13-3-2015

    BISNISCMYK

    Mensyukuri relokasi ketempat baru yang lebih luas

    dan nyaman, Mie Pasar BaruTegal yang merupakancabang dari PringsewuRestaurant Group me-

    nyelenggarakan tasyakuran,diikuti oleh jajaran

    manajemen dan segenapkaryawan. Tasyakuran,

    diselenggarakan Jumat (13/3), di Upper Floor 12B-14

    Rita Super Mall Tegal, yangkini menjadi tempat baru

    Mie Pasar Baru Tegal.

    DIREKTUR Utama PTPringsewu Cemerlang Ir H Bambang

    Riyadi MM mengatakan, du-nia bisnis selalu mengalamiperubahan. Konsekuensinya,persaingan dalam dunia bisnisakan semakin ketat. Jika tidakmelakukan perubahan, makaakan kalah dalam persaingan.Karena itu, Mie Pasar Baru

    Tegal berkomitmen terus me-ningkatkan pelayanan kepadapelanggan, salah satunya de-ngan relokasi ke tempat baruyang lebih luas dan nyaman.

    Bambang menambahkan,dengan relokasi ke tempatyang lebih luas dan nyaman,harus diikuti dengan pela-yanan yang lebih baik, denganmenu yang lebih enak danberagam. Ini, untuk tetapmenjaga loyalitas pelangganyang selama ini telah setiapada Mie Pasar Baru Tegal.

    Saya mengucapkan sela-mat atas relokasi Mie PasarBaru Tegal ke tempat yang ba-ru. Dengan ruangan yang le-bih luas, nyaman dan indahini, jangan sampai, kemudianmelorot pelayanannya. MiePasar Baru Tegal harus bisamemberikan pelayanan danvariasi menu yang lebih. Mu-dah-mudahan, ke depan bisamenjadi yang terbaik, kata-

    nya.Diutarakan Bambang, se-

    lain meningkatkan pelaya-nan, pihaknya berkomitmen

    untuk terus memberikan per-lindungan kepada pelanggan.Yakni, dengan tetap menye-diakan menu-menu yang ha-

    The New Mie Pasar Baru

    K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    TUMPENG - Direktur Utama PT Pringsewu Cemerlang Ir HBambang Riyadi MM (kiri) menyerahkan tumpeng keManajer Mie Pasar Baru Tegal Supriyanto, Jumat (13/3).

    lal, aman, dan higienis. Ke-mudian, di samping itu tidaklupa untuk memperhatikankesejahteraan karyawan. Se-bab, hal itu menjadi kuncipeningkatan pelayanan ke-pada pelanggan.

    Manajer Mie Pasar BaruTegal Supriyanto menambah-kan, relokasi ke tempat baru,juga merupakan respon MiePasar Baru Tegal terhadap per-mintaan pelanggan yang me-ninginginkan tempat lebihluas dan nyaman. Pihaknyaberharap, relokasi ini bisamemberikan fasilitas, sepertiyang diingingkan pelanggan.

    Ini merupakan amanah.Dengan tempat baru yang le-bih luas dan nyaman, makaharus diikuti dengan pening-katan pelayanan. Sehingga,pelanggan bisa mendapatkankepuasan di tempat baru MiePasar Baru Tegal, tandasnya.(nam/hun)

    BUMIAYU - PT AstraHonda Motor (AHM) yangdinobatkan sebagai peru-sahaan sepeda motor yangmampu memberikan ke-puasan pelanggan terbaikdi Indonesia, seiring de-ngan diterimanya peng-hargaan Indonesian Cus-tomer Satisfaction Award(ICSA) 2014. Kini hadir diBumiayu untuk melayanikebutuhan konsumen.

    SO Head AHM Bumi-ayu, Aris Setyaji SE me-nyampaikan, keberadaanAHM di Bumiayu ini diha-rapkan akan dapat me-menuhi layanan masya-rakat sebagai konsumenyang ada di wilayah sela-tan Kabupaten Brebes me-liputi enam Kecamatan.

    Untuk saat ini kita me-

    layani konsumen untukpembelian, baik dilakukansecara cash maupun kredit,ungkap Ars, kemarin.

    Sebagai gebrakan awal,AHM Bumiayu yang mem-buka dialernya di JalanDiponegoro depan Kan-tor Cabang BRI Bumiayuini, menggelar promo ba-gi calon pelanggan me-lalui program Family Trip.Dimana bagi masyarakatyang melakukan pembe-lian unit sepeda motor diAHM Bumiayu, diajak un-tuk berlibur ke Bali.

    Kita buka kesempatanbagi 45 pembeli, yang me-lakukan transaksi hingga31 Maret mendatang se-cara langsung ikut men-jadi peserta liburan keBali. (pri/hun)

    KedepankanPelayanan One Heart

  • K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

    MENGECIL Ukuran tahu di Pasar Pagi kini mengecil seiringmelemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

    Satu Vespa Sejuta SaudaraSEPEDA motor Vespa antik adalah kendaraan

    yang sulit, unik sekaligus keren. Disebutsulit, karena sulit mendapatkannya.

    SABTU, 14 MARET 2015 9BACA HAL. 16

    METROPOLISRADAR TEGAL

    website: radartegal.com,epaper: epaper.radartegal.com

    HOT LINE BERLANGGANAN(0283) 323383, 400500Hp. 0854323231234

    Periksa Anggota PolresTIM Pengawas dan Pemeriksaan (Wasrik)

    Itwasda Polda Jateng kini sedang gencar-gencarnya melakukan pemeriksaan.

    Kado Buat Bu WaliOLEH: LANANG SETIAWAN

    INI hanya kadokecil buat Bu Wali.Apa bener seorangwalikota menjadimomok bagi parapejabat dan bawa-hannya? Ini perta-nyaan cukup kru-sial yang berputar-putar dalam batokkepala kami: Akudan Atik Apriyanti.Senyampang pas-cahelat Lomba

    Nyanyi Tegalan, Album Orkestra TitisanBintang kami geber dua hari berturut-turutdari Rabu hingga Kamis (11 12 Maret) lalu diPerpustakaan Daerah Kota Tegal.

    Bilakah seorang kepala daerah, notabenesebagai figur panutan rakyak memiliki sifatadigang-adigung semacam itu? Kami tidakhabis pikir dan tidak ingin berburuk sangkauntuk mencitrakan dia sebagai jelmaansesuatu yang menakutkan.

    Penumpang Ancang-ancang

    Bagi juru parkir (jukir)yang masih bandel(memasang tarif di luar

    ketentuan Perda), akandijatuhi sanksi terberat

    yakni pencabutan izin sebagai juruparkir...

    KOMARU ZAMANKepala Bidang Lalu Lintas dan

    Kelaikan Kendaraan

    SARAPAN PAGI ALA METROPOLIS

    Maring Jatirokeh mlaku dewek-dewek...

    Undian bodong akeh, awas mbokanenteng ayam enteng bebek...

    DI Kota Tegal, terdapat bangunantua peninggalan Belanda, salah sa-tunya gedung Pengadilan Negeri(PN) Tegal yang berada di Jalan Ma-yor Jenderal Sutoyo Nomor 9.

    Bangunan tersebut memiliki luas

    mencapai 1.836 meter persegi, ber-diri di atas tanah seluas 6.830 meterpersegi, dengan panjang 40 meterpersegi, lebar 30 meter persegi, dantinggi 12 meter persegi.

    Gedung ini sangat kental dengan

    nuansa gaya arsitektur Eropa klasik.Pintu dan jendela dibuat menjulang

    Belanda yang menjajah Indonesia selama 350 tahun ternyatameninggalkan banyak bangunan bersejarah yang memiliki segudang

    cerita perjalanan panjang bangsa pribumi melawan kolonialisme.

    DEDE NADIAYANAHWartawan Radar Tegal

    DEDE NADIYANAH/RATEG

    BACA HAL. 23

    CATATAN

    Para produsen ataupenjual tahu dan

    tempe di Kota Tegalmemutar otak seiring

    terus melemahnyanilai tukar rupiah

    terhadap dolarAmerika Serikat (AS).

    Sebab, kondisitersebut sedikit

    banyak berpengaruhterhadap ongkos

    produksi tahu dantempe.

    LAPORAN: K. ANAMSYAHMADANI

    Imbas Melemahnya Nilai Tukar Rupiah

    Pedagang Tahu dan Tempe Terpaksa Putar Otak

    Tarif Baru KADipasang

    PEMBERLAKUAN tarif baru keretaapi kelas ekonomi jarak jauh tinggalmenunggu waktu. Meski begitu pihakPT KAI sudah melakukan sosialisasikepada penumpang dengan mema-sang tarif baru di papan pengumumandengan tujuan para penumpang bisa

    mengambil ancang-

    ancang. Pasalnya, penyesuaian tarifbaru tersebut tergolong cukup tinggi,berkisar antara 25 hingga 40 persen.

    Wakil Kepala (Waka) Stasiun BesarKota Tegal Murdiono mengungkap-kan, memasuki pekan ketiga dan ke-empat pada akhir bulan Maret 2015pihaknya mengaku sudah mema-sang tarif baru yang akan diberla-kukan mulai tanggal 1 April 2015mendatang.

    Dengan begitu, pihaknya berharap

    agar penumpang bisa lebih dini untukmengantisipasi kenaikan tarif KA ke-las ekonomi jarak jauh tersebut.

    Untuk mempermudah dan mem-berikan penjelasan kepada calonpenumpang, kami sengaja memasangtarif lama dan tarif baru pada papanpengumuman sebagai perbandingan.Tujuannya, agar calon penumpangtidak kaget dengan pemberlakuan tarifyang baru, jelasnya, kemarin.

    MENINDAKLANJUTI infor-masi dan keluhan dari masya-rakat, terkait adanya pember-lakuan tarif parkir di sejumlahkantong parkir yang tidak se-

    suai Perda, Dinas Perhubu-ngan Komunikasi Informasidan Komunikasi Kota Tegalberencana mengambil tindak-an tegas.

    SYAMSUL FALAK/RATEG

    PARKIR - Juru parkir sedang memarkirkan sepeda motormilik pengendara di tepi jalan dengan tarif sesuai Perda.

    Ancam CabutIzin Jukir Bandel

    Kapolres: Jangan Berbuat Kriminalitas

    Harga Tiket KA Ekonomi yang Naik

    AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

    MAULID NABI - Kapolres Tegal Kota AKBP BharataIndrayana SIK bersama para ulama dan habib.

    JIKA masing-masing individu sudah mema-hami serta dapat menjalankan ajaran Rasulullah,otomatis tidak mungkin melakukan kejahatanatau tindakan yang bertentangan dengan aturankarena dalam dirinya sudah terbentuk bentengkeimanan yang kuat.

    Kami mengharapkan seluruh warga dan ja-maah yang hadir dapat mengikuti ajaran-ajaranRasulullah, diantaranya menjauhi tindakanmungkar atau tidak berbuat kejahatan (krimina-litas) dengan mentaati aturan yang telah ditetap-kan, termasuk tidak menjadi korban dari keja-

    hatan itu sendiri, ungkap Kapolres Tegal KotaAKBP Bharata Indrayana SIK saat memberikansambutan dan pesan Kamtibmas di depan ratus-an Jamaah, Kamis(12/03) malam,dalam peri-ngatan MaulidNabi Muham-mad SAWyang digelar

    ke hal 15 kol 5

    ke hal 15kol 5

    ke hal 15 kol 5

    ke hal 15 kol 1

    ke hal 15 kol 5

    ke hal 15 kol 1

    SALAH satu yang merasakanitu adalah Husaini (38), produ-sen tahu yang juga berjualan diPasar Pagi Kota Tegal.

    Husaini mengatakan, seiringmelemahnya nilai tukar rupiah,dia enggan untuk menaikkanharga tahu. Sebab, jika hargatahu dinaikkan, dapat dipas-tikan bisa kehilangan pelanggan.Untuk mensiasati agar tidak me-ngalami kerugian, sekaligus ti-dak kehilangan pelanggan, Hu-saini memilih untuk memper-kecil komposisi atau memperke-cil bentuk tahu yang dia jual.

    Rupiah melemah, tapi pe-langgan nggak mau harga tahu

    naik. Makanya, paling saya ha-nya bisa merubah komposisitahu. Ini agar pelanggan tidakkabur, dan saya tidak mengalamikerugian, kata Husaini, ketikaditemui disela-sela berjualantahu di salah satu Kios PasarPagi, kemarin (12/3).

    Dijelaskan, harga per buahtahu saat ini masih tetap. Dariukuran terkecil, tahu dijual mu-lai Rp 300 sampai Rp 500. Denganmerubah komposisi tahu, diabersyukur penjualan cukup sta-bil sampai saat ini. Dalam satuhari, bisa menjual 70 kilogramsampai 80 kilogram.

  • RADAR TEGAL SABTU, 14 MARET 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comPEMALANG10

    NGENDONG

    Ahmad RousulAmir Al Malik

    Blusukan JaringAspirasiANGGOTA DPRD Kabupaten Pemalang saat ini sedang

    disibukan dengan kegiatan reses. Mereka semua turun kelapangan untuk melakukan penjaringan aspirasi masyarakat.Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Anggota DPRD dariFraksi PPP Ahmad Rousul Amir Al Malik. Anggota dewan termudadari Dapil 2 ini, dalam melakukan kegiatan reses mengambilsejumlah desa yang menjadi daerah pemilihannya. Diantaranyadi Desa Kabunan, Wanarejan Utara dan Desa Taman di Ke-camatan Taman.

    Sejumlah persoalan yang muncul di tengah masyarakat telahberhasil ditampung oleh Ahmad Rousul Amir Al Malik.

    Menurutnya, persoalan warga masyarakat yang saat inimembutuhkan banyak perhatian yaitu masalah perbaikan jalandan drainase. Mengingat saat ini sedang musim hujan, sehinggawarga banyak berharap infrastruktur jalan dan saluranpembuangan air segera lekas diperbaiki.

    Berdasarkan hasil penjaringan aspirasi yang dilakukanAhmad Rousul untuk Desa Kabunan dan Wanarejan Utara yaituusulan perbaikan jalan desa dan drainase. Selain itu wargamasyarakat di desa desa itu juga mengusulkan agar ada bantuandi bidang pertanian berupa pemberian pupuk.

    Sebab saat sedang musim tanam, warga petani seringmengalami kesulitan untuk mendapatkan pupuk,katanya,kemarin.

    Ahmad Rousul menjelaskan, dalam usulan masyarakat DesaWanarejan Utara yang menginginkan adanya perbaikan jalandan drainase punya alasan bahwa Desa Wanarejan Utara yangwilayahnya masuk perkotaan. Namun jalan-jalan yang ada didesanya terkesan dibiarkan rusak begitu saja bahkan sudahdua tahun lamanya kondisi jalan yang rusak belum juga diper-baiki. Sementara usulan dari masyarakat Desa Taman juga tidakjauh dengan persoalan-persoalan yang ada di desa lain yaitumasih seputar usulan perbaikan jalan, karena jalan yang ada didesanya sebagai askes mayarakat.

    Disamping itu juga, keluhan masyarakat yaitu mengenai BPJS,terkait pelaksanaan program ini masyarakat banyak mengeluhkarena proses kepesertaannya sangatribet. Sehingga dalam proses pengu-rusannya terkesan menyulitkanwarga.

    Untuk itu warga berharapadanya kemudahan dalam layananini, sehingga kebutuhan layanankesehatan masyarakat akan berja-lan dengan baik,ujarnya.

    Dari berbagi usulan berhasilditampung, Ahmad Rousul, seba-gai wakil masyarakat yangduduk di kursi dewanakan berusahadan menyam-p a i k a n n y akepada peme-rintah daerahmelalui rapatp e m b a h a s a nprogram pemba-ngunan yang ada didewan. (apt/sri)

    Koramil 10/MogaBuat JalanWARUNGPRING - Koramil 10/Moga bersama dengan warga

    masyarakat Desa Datar Kecamatan Warungpring, melakukankerjabakti pembuatan dan pelebaran jalan, yang semulamerupakan jalan setapak sepanjang 125 meter menjadi lebar 2meter dan bisa dimanfaatkan warga sebagai jalan penghu-bung antar Rt di Dukuh Krajan Desa Datar.

    Kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut pertemuan wargayang dilakukan sebelumnya, dalam rangka menyelamatkan asetdesa berupa jalan yang semula kurang berfungsi, dan didukungoleh keinginan warga untuk memiliki akses jalan yang lebihlebar. Oleh karena itu hal tersebut kemudian ditindaklanjutidengan melakukan pengukuran untuk mengembalikan aset tanahdesa.

    Dimana yang sebagian sudah digunakan warga untuk tempattinggal, akan dikembalikan ke fungsi semula dengan pengerjaanpelebaran, dan selanjutnya akan ditingkatkan lagi ke pengerasandengan rabat beton pada kesempatan selanjutnya.

    Kegiatan ini sebagai aplikasi pembinaan teritorial melaluikegiatan karya bhakti. Dengan maksud membantu mengatasikesulitan warga dan demi terciptanya kemanunggalan TNI rakyatuntuk mempercepat pembangunan daerah Ungkap Danramil10/Moga Kapten Arm Andumiyanta, Jumat (13/3).

    Koramil sendiri melibatkan 10 anggotanya untuk membantudalam menyelesaikan pembuatan jalan, yang diharapkan akansecepatnya dinikmati oleh warga masyarakat. Sehingga aksesjalan yang diinginkan dapat dilalui dengan mudah serta menjadipenghubung antar RT. Dengan kondisi jalan yang lebih baik danyang semula adalah jalan setapak, kini berubah menjadi jalanyang lebih lebar dan menjadi lalu lintas yang ramai karena mudahdilalui.

    Kepala Desa Datar M Jeri mengucapkan terima kasihnyaatas kehadiran TNI pada kegiatan ini. Karena bisa memberikansemangat bagi warga masyarakat dalam bergotong royongmembangun desa. Terimakasih kepada TNI Koramil 10/Moga,yang sudah membantu desa dalam melakukan pembuatan danpelebaran jalan. Sehingga bisa aman dan dapat diselesaikandengan lancar ungkapnya.

    Jalan tersebut memang sangat diharapkan oleh warga agardapat menjadi lalu lintas. Sehingga asset desa berfungsi denganbaik, yaitu untuk kepentingan umum. (maf/sri)

    PENTHOL RAH

    Keluarga ABK Tes DNARencana Hari Ini

    PEMALANG - Besok (hariini-red), Sabtu (14/03) hari ini,seluruh keluarga ABK kapalikan berbendera Taiwan,Hsiang Fu Chuen yang hilangkontak di Samudera Atlantikatau di kepulauan FalklandInggris Raya akan menjalanites DNA. Tes DNA rencananyadilakukan di satu tempat agarlebih mudah dan efisien.

    Informasi yang diperolehdari Dinas Sosial Tenaga Kerjadan Transmigrasi (Dinsos-nakertrans) Kabupaten Pe-malang menyampaikan, bah-wa sesuai permintaan dari Ke-menterian Luar Negeri (Ke-

    menlu) RI maka tes DNA ke-pada orang tua ABK akan dila-kukan di satu tempat denganmaksud agar lebih efektif. Se-luruh keluarga ABK sudah di-beritahu (diundang) agar be-sok datang ke kantor Dinsos-nakertrans Pemalang untukmenjalani tes DNA, kata Na-jih Nur Fauzi, Kasi Pengerahandan Penempatan Tenaga Ker-ja mewakili kepala Dinsosna-kertrans Pemalang AkhmadFatah.

    Disampaikan oleh Najih,bahwa sesuai daftar yang dite-rima ada empat ABK asal Pe-malang yang saat ini kapalyang ditempatinya bekerjamengalami hilang kontak per

    26/03 lalu. Keempatnya ada-lah Didi Nur Efendi asal WiduriPemalang, Abdul Sony dariWanarejan Utara RT.01 RW.01Kecamatan taman, Jimi Ma-nopo asal Mengori RT.03RW.01 Pemalang dan RuwahSantoso warga Dukuh SuwiyuRT.13 RW.01 Desa Loning Ke-camatan Petarukan. Keem-pat keluarga ABK tersebut su-dah dihubungi dan besokakan datang kesini, terang-nya.

    Sementara itu Kapolres Pe-malang, AKBP Dedi Wiratmomelalui Kasubag Humas AKPHarsono menyampaikan,bahwa untuk melakukan tesDNA (Deoxyribose Nucleic

    Acid) akan dilakukan olehteam DVI (Disaster VictimIdentification) Polda JawaTengah. Tim berangkat pukul09.00 dan direncakan akan tibadi Pemalang pukul 11.00,ujarnya.

    Menurut Harsono, tes un-tuk mengetahui unsur asamnukleat yang mampu me-nyimpan setiap informasi me-ngenai genetika yang nan-tinya akan dicocokkan de-ngan DNA ABK tersebut dila-kukan tidak seperti saat me-lakukan tes DNA pada ABKkapal di Desa LimbanganKecamatan Ulujami bebe-rapa bulan lalu.

    Saat itu jumlah ABK hanya

    satu sehingga tim yang da-tang ke rumahnya, akan te-tapi karena saat sekarangjumlahnya empat, maka pi-hak keluarga yang datang dantim akan melakukan tessecara bergantian.

    Disampaikan pula, bah-wa proses tes DNA belumada kepastian apakah dila-kukan di kantor Dinsos-nakertrans apakah di Pol-res Pemalang, yang jelasdapat dipastikan Sabtu inisekitar jam 12.00 keluargaatau orang tua ABK akanmenjalani tes DNA yangnantinya hasi lnya akandicocokkan dengan DNAmilik para ABK. (rid/sri)

    Kades-Perangkat DesaDukung Bupati Junaedi

    COMAL - Kepala Desa danPerangkat Desa se KecamatanComal mendukung Bupati Pe-malang A. Junaedi untuk me-lanjutkan pembangunan yangakan ikut dalam Pilkada yangdigelar Desember mendatang.Dukungan tersebut dibukti-kan dengan dibentuknyapengurus Forum Bersama Pe-rangkat dan Kepala Desa Ke-camatan Comal di PendopoKelurahan Purwoharjo Keca-matan Comal, Kamis (12/03).Pembentukan forum tersebutdihadiri langsung oleh BupatiPemalang yang disambut olehCamat Comal, didampingi olehbeberapa kepala SKPD daninstansi tingkat kecamatan.

    Camat Comal Slamet Su-wito dalam sambutannya me-nyampaikan, bahwa terben-tuknya forum tersebut dida-sari, belum maksimalnya soli-ditas dan solidaritas dalamarah pembangunan desa, jugakesejahteraan kepala desa danperangkat yang harus diting-

    katkan yang selama ini belumsepenuhnya dipenuhi.

    Namun demikian CamatComal juga menyampaikanrasa terimakasihnya kepadabupati terkait kebijakannyayang telah mengabulkan be-berapa permintaan kesejah-teraan bagi kepala desa danperangkatnya.

    Diantaranya adalah tanahbengkok yang ditarik dan dike-lola oleh pemerintah terkaitdengan Undang undang desa,akan dikembalikan lagi ke ke-pala desa dan perangkat dalamrangka tunjangan kesejahtera-an.Saya tegaskan bahwa forumini telah membulatkan tekaduntuk mendukung sepenuhnyaBupati A.Junaedi untuk me-lanjutkan pembangunan kedepan, ujarnya.

    Bupati Pemalang A. Junaedidalam sambutannya mem-berikan apresiasi atas terben-tuknya forum tersebut. Duku-ngan yang diberikan oleh fo-rum, Junaedi berharap duku-

    ngan itu hendaknya munculdari dalam hati yang palingdalam. Janji mendukung inijuga disaksikan oleh AllahSWT dan malaikat. Makanyajangan sembarangan mengu-capkan janji apabila tidakmuncul dari niat dalam hati.Kalau tidak ada niat dalamhati, lebih baik jangan mengu-capkan janji, daripada akandilaknat pada akhirnya, tegasJunaedi.

    Disampaikannya, bahwaapa yang menjadi keluhan pa-ra kepala desa dan perangkatsudah diperjuangkannya.Pembangunan desa, terma-suk infrastruktur juga sudahberjalan. Bupati menepis ang-gapan bahwa apa yang dilaku-kannya karena kepentingandengan pilkada pada tahunini. Isu-isu seperti itu sudahbiasa, ada pihak-pihak yangmenggunakan kesempatanuntuk kepentingan kelompokmaupun pribadi, jelasnya.(rid/sri)

    M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

    DEKLARASI - Forum Kades-perangkat desa membacakan deklarasi dihadapan bupati.

    Film DokumenterDesa Pulosari

    PULOSARI - Untuk membe-rikan informasi tentang bagai-mana sejarah Desa PulosariKecamatan Pulosari, KarangTaruna Argo Rahayu Pulosarimembuat sebuah film doku-menter tentang sejarah desatersebut dalam Sendaren Cin-ema> Film ini menceritakantentang berdirinya Desa Pulo-sari dan perjuangan para to-koh-tokohnya, yang didalam-nya mengandung unsur pe-ngetahuan, pendidikan, ke-agamaan, kebudayaan danlain sebagainya.

    Menurut Kepala Desa Pu-losari Teguh Setyo Widodo,film tersebut dibuat berda-sarkan informasi yang dida-patkan dari beberapa sumber,seperti tokoh masyarakat,tokoh agama dan warga ma-syarakat yang mengetahuitentang sejarah desa jamandahulu. Pembutanya berloka-si di lingkungan desa denganmelibatkan sekitar 50 orangyang semuanya adalah wargaDesa Pulosari, mulai darianak-anak, remaja hingga or-ang tua. Mereka memakai pa-kaian lengkap dengan akse-soris yang ada dijaman da-hulu, terlebih dengan suasanapedesaan yang masih asri, danakting para pemeran yangbaik. Sehingga membuat filmtersebut semakin menarik un-tuk ditonton. Dan ini meru-pakan hasil kreatifitas KarangTaruna Argo Rahayu dengandidukung oleh semua wargamasyarakat Desa Pulosari.

    Ini juga bertujuan untukmembentuk karakter wargamasyarakat, keramahtama-han, lebih mementingkan ke-pentingan umum, dan terins-pirasi untuk kembalikan jatidiri masyarakat, semuanyaakan ditumbuhkan di film ter-sebut Ungkapnya, Jumat.

    Rencananya setiap sekolahyang ada di Desa Pulosari,

    agar dapat memiliki kaset darifilm tersebut dan akan dilihatoleh semua siswa. Karena me-ngandung banyak sekali pe-ngetahuan kaitanya denganDesa Pulosari, yang mungkinuntuk anak jaman sekarangtidak mengetahuinya. Disanajuga ada pengetahuan ten-tang budaya di Pulosari sejakjaman dahulu, bagaimanakondisi masyarakat yang wa-laupun sederhana akan tetapiterlihat sekali jiwa sosial me-reka, dan selalu bergotong-royong dengan semua warga,dalam berjuang menghadapisemua persoalan temasukdengan para penjajah, hinggasemakin berkembang sepertisekarang.

    Film tersebut dibuat berda-sarkan sejarah yang ada se-kitar Tahun 1800, walaupunsebenarnya sebelum tahuntersebut juga masih banyaksejarah yang dapat digali.Akan tetapi itu dibuat berda-sarkan keterangan sumberyang mengetahui, dan sum-ber tersebut hanya menge-tahui sejarahnya sekitar tahuntersebut.

    Sedangkan menurut EkoDony Purwanto, yang meru-pakan sutradara sekaligus edi-tor film tersebut mengatakan,untuk durasi film dari awalsampai selesai sekitar 1,5 jamdan sudah tergarap selamasetengah jam. Selanjutnya ma-sih dilakukan syuting agar filmtersebut dapat diselesaikan.

    Pembuatan film tersebutmemang masih sederhana,dengan keterbatasan pera-latan dan pemain. Apalagiuntuk memerankan tokohagak sulit, dan harus mem-punyai bakat agar aktingnyabisa maksimal dan menarik,dan walaupun belum semua-nya tergarap namun masya-rakat bisa melihatnya di YouTube. (maf/sri)

    SITI MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG

    FILM - Kepala Desa Pulosari Teguh Setyo Widodomenunjukan film dokumenter tentang sejarah Pulosari.

  • BREBES BERHIASRADAR TEGAL SABTU, 14 MARET 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 11

    olahan pertanian organik. Ba-han utamanya terdiri dari jahe,serai dan beras hitam. Ketigabahan itulah yang merangkaiakronim Jahe Saritem.

    Sodikin mengungkapkan,jahe saritem tidak memilikiefek samping negatif, karenaa n o r -ga-

    Manfaat dan Khasiat Beras Hitam Organik Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Memperbaiki kerusakan sel hati (HEPATITIS dan CHIRROSIS). Mencegah gangguan fungsi GINJAL. Mencegah Kanker dan Tumor. Memperlambat penuaan. Membersihkan Kolesterol dalam darah.

    Mencegah Anemia.

    Jahe Saritem Produk Khas Brebes

    Nikmat dan SehatSELAIN telur asin dan ba-

    wang merah, satu lagi oleh-oleh khas Brebes yang layakdijadikan buah tangan, yakniJahe Saritem. Meski relatifbaru dikenal, pesanan dariberbagai daerah sudah terusberdatangan. Setelah diikut-kan dalam berbagai kegiatanpameran regional maupunnasional, sekarang banyakyang pesan untuk keperluanekonomi maupun kesehatan.Bahkan ada dokter di Ban-dung yang rutin pesan untukpengobatan kepada pasien-nya, tutur Kepala Bidang Agri-bisnis Dinas Pertanian, Tana-man Pangan dan Holtikultura(DPTPH) Kabupaten BrebesSodikin saat menjamu di kan-tin kantornya, kemarin.

    Selain nikmat diminum,jahe saritem adalahminuman kese-hatan hasilp r o d u k

    nik dan tradisional.Kandungan zat kar-

    bohidrat, vitaminnyajuga tinggi. Tak heran se-

    lain menjaga kebugaran,Jahe Saritem juga diper-

    caya dapat menjaga meta-bolisme tubuh dan menam-

    bah vitalitas. Di dalam berashitam, terkandung unsur ka-

    lori, protein, lemak,phospor, karbo-

    hidrat, kalsium,zat besi dan vi-

    tamin B,s e r t akandu-

    ngan terbesar antosiamin.Manfaatnya diyakini bisa me-ningkatkan daya tahan tubuhdan memulihkan stamina saatkelehan. Juga bisa memper-baiki sel hati dan kelainanfungsi ginjal. Karenanya sa-ngat baik untuk penderita dia-bet. Selain itu, sebagai antioksidan dan membersihkankolesterol dalam darah. Pro-duk olahan ini bisa menjadikomoditas utama di Brebesselain bawang merahd a ntelurasin.

    Saya yakin, jahe saritem bisalaris manis dan bakal

    mendapatkan tempatdihati masyarakatBrebes maupun luardaerah, ujar dia.

    Sementara itu, berashitam dalam jahe saritem

    ini merupakan produk khasKecamatan Sirampog. Salahsatunya berada di Desa Kali-giri yang memiliki ketinggian1000-1500 DPL. Bagi wargaDesa Kaligiri, beras hitam ti-dak asing lagi karena sejak ber-tahun-tahun yang silam berasini sudah ditanam dan dikon-sumsi warga setempat. Na-mun tidak ditanam secarabesar-besaran karena tidaklaku dipasaranumum danbelum dike-tahui man-faatnya. Be-ras hitam

    saat itu hanya dijadikan cam-puran jagung bagi masyarakatyang mengkonsumsi jagung,karena bisa menambah rasadan aroma. Kalau paceklik,orang-orang pada makan ja-gung, nah beras hitam inilahcampurannya, jadi enak, lezat,dan nikmat, terang petani be-ras hitam asal Desa KaligiriSlamet Yuwono, 50.

    Slamet sen-diri tidak ta-hu man-faat darik e -

    unggulan beras hitam. Diamerasa tertantang untuk me-nanam dan mengembangkanberas hitam setelah menda-patkan penyuluhan dari Pe-tugas Penyuluh Lapangan(PPL) dari Dinas Pertanian.Sejak saat itu, warga Sirampogbanyak yang tidak berminatmenanam beras hitam karenamasa panennya lama, meski-

    pun cara penanamandan ongkos produk-

    sinya sama. Se-jak tiga tahunyang lalu, sayananam terusberas hitam,kenang suamidari Suparti.

    Data DinasP e r t a n i a nmenyebut-

    kan luas ham-paran beras hi-

    tam di Keca-matan Sirampog

    mencapai 15 hek-tare. (ism/adi)

    1. MENGATASI PROB-LEM PENCERNAAN

    Ketika Anda merasamual, susah buang airbesar, disarankan un-tuk mengonsumsi we-dang jahe setelah ma-kan. Wedang jahe se-lain meningkatkan

    kembali nafsu makan ju-ga dapat membuat metabo-

    lisme pencernaan jadi lebihbaik.

    2. MENGATASI SAKIT PERUTSakit perut akibat susah buang

    angin ini sepele tetapi sangatmengganggu. Perut terasa begahdan tidak nyaman sehingga ke-giatan Andapun jadi terganggu.Salah satu cara ampuh mengatasihal ini adalah dengan minumwedang jahe hangat dan tunggusaja dalam beberapa menit reak-sinya akan instant.3. MENGATASI RASA MUAL

    Penelitian membuktikan bah-

    wa jahe dapat membantu mere-dakan perut yang mual dan mera-sa tidak nyaman. Minum wedangjahe dalam kondisi ini akanmembantu meredakan rasa mualtersebut dan membuat perutkembali nyaman.4. MENINGKATKAN IMMUNETUBUH

    Setelah minum wedang jahebiasanya Anda akan mulai berke-ringat. Nah, peningkatan suhutubuh dan keringat yang diha-

    silkan ini akan membantumengeluarkan racun di dalamtubuh sehingga tubuh jadi lebihkebal terhadap mikroba penye-bab batuk, flu atau demam.5. MENCEGAH PERADANGAN

    Peradangan di dalam perut bisadicegah dengan mengonsumsiwedang jahe. Selain itu, ia jugamenyuntikkan energi yang mem-buat Anda jadi lebih bersema-ngat menghadapi hari-hari Anda.(sumber: www.vemale.com)

    5 Manfaat Wedang Jahe

    BREBES Meski secaraumum jumlah produksi garamdi wilayah pesisir KabupatenBrebes mengalami penurun-an, namun kualitas hasil pa-nennya kini mengalami pe-ningkatan cukup siknifikan.Hal itu setelah petani tambakgaram mulai menggunakanteknologi baru, yakni ulir filterdalam proses produksi garam.Peningkatan kualitas garamjuga mulai mendapat responpositif dari pasar. Sejumlahperusahan nasional sudahmulai menerima hasil produk-si garam asal Kabupaten Bre-bes.

    Sanusi, penemu teknologiulir filter mengaku, untuk me-ningkatkan kualitas dan pro-

    duksi garam petani bisa meng-gunakan media kristal ataubatu alam. Namun karenaharganya yang cukup mahalmaka dicari media lain yanglebih murah yaitu plastik DPE.Dengan media itu, air yang adaditambak akan cepat tua danproduksi garam akan semakincepat.

    Disamping itu, denganmenggunakan media plas-tik, hasil produksi garamakan lebih bersih karena ti-dak tercampur dengan ta-nah. Dia menambahkan,adanya alih teknologi telahberdampak pada pening-katan hasil produksi garamtiap hektarnya.

    Dimana untuk satu hektar

    lahan tambak kini mampumemproduksi sekitar 120 tongaram. Jumlah itu dua kalilipat lebih tinggi dibandingproduksi sebelumnya yanghanya berkisar 60 hingga 80ton.

    Selain itu untuk hargayang sebelumnya hanya dijualsenilai Rp 200/Kg kini sudahnaik menjadi Rp 400 hingga500 per kilogram, terang Sa-nusi ditemui di Desa SawojajarKecamatan Wanasari belumlama ini.

    Selain kualitasnya yang se-makin baik, sambung dia, de-ngan pemanfaatan teknologibaru petani juga bisa mema-nen garam lebih cepat diban-ding sebelumnya. Untuk pe-

    masaran sendiri, lanjut dia,sebelumnya juga telah ditan-datangi kesepakatan denganpihak perusahaan akan me-nampung hasil produksi ga-ram asal Kabupaten Brebes.

    Terkait dengan harga sen-diri, sebelumnya petani me-mang sempat dihadapkan de-ngan harga yang tidak menen-tu. Namun setelah diterapkan-nya teknologi ini harga jual ga-ram saat ini sudah mulai me-ningkat dan stabil, ujarnya.(har/adi)

    Kualit