RADAR LAMPUNG | Rabu, 18 Maret 2009

download RADAR LAMPUNG | Rabu, 18 Maret 2009

of 27

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    451
  • download

    0

Embed Size (px)

description

ePaper RadarLampung

Transcript of RADAR LAMPUNG | Rabu, 18 Maret 2009

  • 28 HALAMAN/Rp3.000,-RABU, 18 MARET 2009

    Ingin Berlangganan, Hubungi: (0721) 782306-7410327 www.radarlampung.co.id

    Baca Juju Hal. 6

    Pengusaha dan Caleg yang Masuk Daftar Most Wanted Poltabes Bandarlampung

    Juju Dijuluki Bos Kopi, Tanzie Rajin Kirim SMSDua di antara 10 daftar orang

    paling dicari (most wanted)Poltabes Bandarlampung adalah

    Teguh Heriyanto alias Juju (29)dan Tanzie Feriadi Ronie.

    Satunya pengusaha dan yanglainnya menjadi calon legislator

    (caleg) DPR RI dari PartaiDemokrasi Kebangsaan (PDK).

    Laporan Dina Puspasari/RL,Bandarlampung

    Editor: Ade Yunarso

    TIDAK terlalu sulit menemukankediaman Juju di Perumahan NilakandiJl. Ikan Nila, Kelurahan Pecohraya,Telukbetung Selatan (TbS), Bandarlam-pung. Jalan masuk menuju tempattinggalnya rusak, banyak lubang. Tapi,

    tukang becak yang mang-kal di wilayah itu kemarin.

    Setelah tahu yang ber-tanya adalah wartawan,pembecak berumur 50 ta-hun itu menyarankan me-nemui Misnan (61). Diaadalah penjaga keamanandi kawasan Juju tinggal.

    Kepada Radar Lam-pung, Misnan berceritaJuju adalah orang lama.Dia tinggal di sana sejakumurnya lima tahunan. Ju-ju cukup akrab dengan war-

    ga setempat. Karenanya, ia heran me-ngapa sejak dua bulan ini tidak kelihatan.

    Rumahnya sering kosong. HanyaMinggu yang kadang-kadang dihuniorang tua Juju yang sehari-hari tinggal

    bangunan di tempat Juju tinggal banyakyang mewah dengan pagar dan temboktinggi menjulang.

    Rumah Pak Juju di atas sana, Mas.Emang ada apa nyariin rumahnya PakJuju? Mas ini polisi ya? ujar seorang

    Baca Syekh Puji Hal. 6

    Laporan Wartawan JPNN - Editor: Suprapto

    SEMARANG Pasca penetapan Syekh Puji se-bagai tersangka dan langsung ditahan, kubu Syekh

    Puji memperkuat ba-risan tim kuasa hu-kumnya. Tak tang-gung-tanggung, priakaya raya yang kese-hariannya berpakaiangamis ala Pakistanwarna putih itu me-nambah tujuh penga-cara. Total jumlahnya14 pengacara. Merekaakan mendampingi ko-lektor BMW itu sela-ma kliennya menjalanipemeriksaan.

    Salah satu pengaca-ra baru Syekh Puji, Khairul Anwar, S.H., M.H., me-ngatakan, sembari mendampingi, ia akan mem-pelajari materi pemeriksaan untuk menentukan dasarpijakan langkah yang diambilnya. Materi pemerik-saan yang dijadikan dasar tidak hanya Selasa (17/3) kemarin, namun juga pemeriksaan pertama padaJumat (6/3) dan Senin (16/3) lalu.

    Setelah 1x24 jam ini akan kita ketahuiperkembangan seperti apa dan langkah yang akankita ambil. Soal penangguhan penahanan belumkita ajukan.

    Baca Presiden Hal. 6

    Baca Mendagri Hal. 6

    Baca Polda Hal. 6

    Baca Delapan Hal. 6

    Laporan Segan P.S.Editor: Nizwar

    BANDARLAMPUNG Hari ini

    (18/3) empat semifinalis putra-putrisaling jegal untuk memperebutkan tiketfinal Honda DBL Radar Lampung 2009.Masing-masing suporter tim siap me-madati GOR Saburai, Enggal, Bandar-

    lampung.Delapan semifina-

    lis itu terdiri dari timputra SMAN 2 Bandar-lampung, SMAN 9Bandarlampung, SMAYP Unila, dan SMAN1 Pagelaran, Pring-sewu. Lalu, tim putriSMAN 2 Bandarlam-pung, SMA BPK

    Penabur, SMA Fransiskus Bandarlam-pung, dan SMAN 1 Metro.

    Berbagai persiapan dilakukan dela-pan tim tersebut kemarin (17/3). Adayang menjalani latihan teknik, fisik, danpola permainan. Namun, ada juga yangmemilih istirahat total untuk fokus per-tandingan hingga bermain PlayStation.

    Sementara suporter fanatik tengahmenggalang massa agar hadir memberi-kan semangat moril kepada tim kesayang-annya yang bertarung memperjuangkan

    JujuTanzie

    Delapan Semifinalis Berebut Tiket Final

    Mendagri Tetapkan Zainal

    Laporan RNN/WirahadikusumahEditor: Suprapto

    GUNUNGSUGIH Tim Polda Lampungmenyita berkas keuangan Pemkab LampungTengah (Lamteng) kemarin. Penyitaan dilakukansetelah menggeledah Kantor Dinas PengelolaanPendapatan Keuangan Daerah (DPPKD) Lamtengselama sekitar tiga jam. Ini terkait dugaan tindakpidana korupsi penyimpanan kas daerah di BankTripanca Setiadana sebesar Rp28 miliar.

    Penggeledahan dipimpin Wadireskrim PoldaLampung AKBP Edy Suswanto, S.I.K. dengan di-dampingi anggota Kanitipikor Kompol Agus Sudar-no, Panit AKP Donny Hendridunan, dan tiga penyi-dik anggota. Mengendarai Honda CR-V B 1314OG, Kompol Agus Sudarno, AKP Donny Hendri-dunan, dan tiga anggota lainnya tiba di Kantor Pem-kab Lamteng sekitar pukul 13.45. Mereka langsungmenuju kantor DPPKD dengan diantar Kasatres-krim Polres Lamteng AKP Syaiful Wahyudi.

    Wadireskrim yang mengendarai mobil pribadilangsung menuju ruang kerja asisten II PemkabLamteng. Di ruangan tersebut, mantan KapolresLamteng ini bersama Sekkab Lamteng Ir. Musawir

    Polda Sita BerkasKeuangan Lamteng

    Syekh Puji Stres, PolisiJemput Paksa Ayah Ulfa

    Laporan Syaiful A./RNNEditor: Ade Yunarso

    KOTABUMI Menteri DalamNegeri (Mendagri) Mardiyanto akhir-nya menetapkan pasangan Drs. Hi.Zainal Abidin, M.M. dan Drs. Hi. Ro-himat Aslan (ZARA) sebagai bupatidan wakil bupati Lampung Utara. Se-cara resmi, penetapan dituangkan da-lam Surat Keputusan (SK) MendagriNo. 131.18-250 Tahun 2009 dan No.132.18-251 Tahun 2009. Isinya sama,tentang pengesahan, pemberhentian,dan pengesahan pengangkatan bupati

    Lampung Utara Provinsi Lampungperiode 2009-2014.

    Hal itu diketahui setelah KetuaDPRD Lampura Arnold Alam, S.H.menerima SK dimaksud dari GubernurLampung Syamsurya Ryacudu ke-marin. Rabu besok (hari ini) akandilakukan rapim (rapat pimpinan)DPRD Lampura, ujarnya.

    Setelah rapim untuk menyosialisa-sikan SK tersebut, Panitia Musyawa-rah (Panmus) DPRD Lampura meng-gelar rapat untuk menentukan waktupelantikan.

    Kepada semua pihak, saya berha-rap dapat menerima dan mendukung

    keputusan ini, pinta Arnold.Rapat pleno KPU Lampura mene-

    tapkan ZARA sebagai pemenang Pil-bup Lampura yang digelar pada 3 Sep-tember 2008. Namun, tim kandidatlainnya, Bachtiar Basri-Slamet Harya-di (BS) menggugat keputusan itu.

    Pengadilan Tinggi Tanjungkarangmemenangkan gugatan BS. Tidak puasatas putusan PT Tanjungkarang, KPULampura mengajukan PK (peninjauankembali) ke Mahkamah Agung (MA).Pada akhir Desember 2008, MAmengabulkan PK KPU Lampura.

    Hal ini sempat menghangatkan po-litik Lampura. DPRD setempat pecah

    suara menjadi dua kelompok. Kelom-pok pertama yang dipimpin WakilKetua DPRD Royrel (FPDIP) pada 19September 2008 mengusulkan kepadaMendagri untuk mengesahkan ZARA.

    Sementara, kelompok kedua yangdipimpin Ketua DPRD Arnold Alam(FPG) dan Wakil Ketua Mardani Umar(FPKS) juga mengajukan usulan se-rupa pada 25 November 2008. Namun,dua pimpinan DPRD itu mengajukanpasangan BS.

    Untuk mengisi kekosongan peme-rintahan di Lampura, Syam sapaanakrab gubernur Lampungmenunjuk

    Syekh Puji

    Laporan Rtr/JPNNEditor: Ade Yunarso

    NTANANARIVO Presiden MadagaskarMarc Ravalomanana(59) dipaksa meletak-kan jabatannya akibatdikudeta militer kema-rin. Dia dikabarkan me-nandatangani dokumen

    penyerahan kekuasaan atas pulau di SamuderaHindia tersebut kepada dewan pejabat tinggimiliter.

    Hal itu sekaligus menandai kemenangandramatis Wali Kota Antananarivo AndryRajoelina yang dipecat Ravalomanana.

    PresidenDikudeta

    VICTORY: Pemimpin oposisiMadagascar Andry Rajoelina (berjas)dalam arak-arakan merayakankeberhasilan militer mengudeta PresidenMarc Ravalomanana kemarin.

    FOTO AFP

    Marc Ravalomanana

    EKSTASI RP2 MILIAREKSTASI RP2 MILIAREKSTASI RP2 MILIAREKSTASI RP2 MILIAREKSTASI RP2 MILIAR Pengedar ekstasi Susanti dan Benny Kurniawanditangkap Polres Metro, Jakarta Pusat, kemarin.Barang bukti yang disita 15.760 butir ekstasiberbagai merek; 1.250 butir pil Happy Five; satualat cetak ekstasi; sebungkus plastik psikotropikajenis sabu; 30 kilogram serbuk pembuat ekstasi;tiga botol kecil berisi bahan pewarna; dan tiga pakplastik pembungkus. Diperkirakan ekstasi tersebutbernilai Rp2 miliar.

    FOTO

    JPN

    N

    FOTO ERWIN SAJJAH

    MAKIN SERU: DBL hari ini akan menampilkan game-game baru yang lebih seru. Anta-ra lain, Blade Team Challenge, Relaxa Skill Contest, dan BNI Taplus Half-Court Shot.

  • METRO BISNISRABU, 18 MARET 20092

    Laporan Nurlaila YantiEditor: Irwansa

    BANDARLAMPUNG Da-namon Simpan Pinjam (DSP)Wayhalim memberikan apresiasikepada debiturnya. Salah satunya,memberikan hadiah undian kategoridebitur yang angsurannya lancardan tepat waktu. Selain mem-berikan solusi modal bagi para pe-ngusaha, DSP juga memberikan

    pelayanan khusus. Seperti laya-nan setoran bulanan nasabah yangbisa dilakukan langsung di tempatusaha masing-masing. Sehinggadebitur tidak perlu datang atau me-ngantre di bank. Karena ada pe-tugas teller cash pick up yang akanmenjemput angsuran di tempatusaha.

    Dengan demikian, debitur ti-dak perlu meninggalkan tempatusahanya. Sehingga waktunyaakan termanfaatkan dengan baik

    dan efisien, ungkap Unit Ma-nager DSP Wayhalim Irna Pus-pasari S.

    Ia menerangkan, selain mem-berikan pelayanan prima, DSP jugamewujudkan kepeduliannya ke-pada para debitur yang rajin dantepat waktu dalam hal angsurandengan memberikan hadiah. Se-perti yang diberikan kepada pe-milik Toko Amanah Ramayana,salah satu pemenang dalam pe-ngundian debitur lancar berupa

    televisi.Kegiatan ini terus dilaksanakan

    dan ditingkatkan kualitas hadiah-nya. Karena ini merupakan tandapenghargaan sekaligus ucapanterima kasih DSP kepada seluruhdebitur.

    Penghargaan ini kami berikankepada debitur yang telah bekerjasama dengan baik dan memberikankepercayaan kepada kami sebagaipenambah modal dalam mening-katkan usahanya, ungkap Irna. (*)

    Apresiasi Debitur, DSP Beri Hadiah

    Laporan Nurlaila YantiEditor: Irwansa

    BANDARLAMPUNG Pro-duktivitas pertanian yang meru-pakan basis perekonomian Lam-pung masih rendah. Hal itu bisadilihat dari lahirnya industri per-tanian besar yang dikuasai pihakketiga, bukan oleh petani. Menu-rut pengamat ekonomi LampungAsrian Hendy Caya,