RADAR LAMPUNG | Rabu, 18 Januari 2012

download RADAR LAMPUNG | Rabu, 18 Januari 2012

of 28

  • date post

    24-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    440
  • download

    29

Embed Size (px)

description

Rabu, 18 Januari 2012

Transcript of RADAR LAMPUNG | Rabu, 18 Januari 2012

  • Mengarungi laut sepanjang 27.006 mil atau sekitar 50.015 kilometer jelas butuh stamina prima. Itulah tugas berat yang harus dilakoni para kru KRI Dewaruci yang tengah bermuhibah mengelilingi empat

    benua. Bagaimana mereka menjaga stamina agar tetap oke?

    Laporan Suryo Eko Prasetyo, SELAYAR

    Proyek di DPR Khianati Rakyat

    Parlemen Belanda Menolak RENCANA Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

    RI membeli tank Leopard untuk Mabes TNI Angkatan Darat tidak hanya memicu polemik dalam negeri. Tetapi juga di pemerintahan Belanda. Hingga ke-marin, parlemen Belanda menolak tank dijual ke Indonesia. Alasannya, Indonesia memiliki rekam jejak yang buruk soal hak asasi manusia (HAM).

    Meski menuai protes dari dalam dan luar negeri, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro kukuh melakukan pembelian.

    28 HALAMAN/Rp3.000,-RABU, 18 JANUARI 2012

    SUDAH tiga hari KRI Dewaruci berada di laut lepas. Sejak meninggalkan Dermaga Ujung, Surabaya, Sabtu (14/1), kapal berusia 60 tahun itu kini berada di kawasan perairan Selayar, Sulawesi Selatan. Dewaruci telah menempuh jarak sekitar 505 mil laut. Jarak tersebut hanya sebagian di antara rute menuju per-singgahan pertama di Jayapura, Papua.

    Untuk menuntaskan etape perdana sejauh 1.855 mil tersebut, diperkirakan butuh waktu 10-11 hari. Itu hanya bagian kecil dari perjalanan panjang yang bakal diarungi Dewaruci. Total ada 24 etape dengan

    lama perjalanan yang direncanakan 277 hari.Tentara saja harus siap fi sik dan mental, apalagi

    Anda yang bukan tentara, kata Lettu Laut (K) dr. Bangun Pramujo kepada Jawa Pos (grup Radar Lampung) yang mengikuti muhibah tersebut.

    Untuk membuat tubuh anak buah kapal (ABK) Dewaruci dan pendukungnya selalu sehat dalam pelayaran, pemenuhan kebutuhan makan normal tiga kali sehari tidaklah cukup.

    Kiat Kru KRI Dewaruci Menjaga Stamina di Tengah Pelayaran Panjang

    TANK LEOPARD

    BacaBaca PARLEMEN Hal. 9

    Baca VITAMIN Hal. 9

    Mengadu ke SBY, KapolriMinta Tambah Anggaran

    JAKARTA - Komisi III DPR RI mendesak sejumlah daerah yang potensi konfl ik pertanahannya tinggi untuk mempercepat pembentukan tim terpadu kasus sengketa lahan seperti hasil rekomendasi Tim Ga-bungan Pencari Fakta (TGPF) Tragedi Mesuji.

    Tim tersebut nantinya melibatkan pemerintah provinsi, polda, DPRD, Badan Pertanahan Nasional (BPN), investor perkebunan sawit, termasuk PTPN yang ada di daerah masing-

    masing. Langkah pertama, harus melakukan peredaman. Jika tidak, kasus Mesuji bisa terulang, ujar anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat kepada koran ini kemarin (17/1).

    Dia menyebut sejumlah provinsi yang punya persoalan sengketa tanah adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Politisi Partai Gerindra itu juga menyarankan setiap oknum yang terlibat dalam sengketa harus segera ditindak. Saya minta mafi a tanah ini jangan dikasih hati. Siapa pun yang terlibat, baik itu pejabat, polisi, maupun militer

    Baca SIKAT Hal. 9

    Sikat Mafi a Tanah!

    Kesimpulan BK:Langgar Kepatutan

    JAKARTA Proyek-proyek pengadaan barang di DPR selama ini selalu memantik perhatian publik. Terlebih lagi karena proyek-

    proyek DPR itu tidak hanya terkesan fan-

    tastis dari segi anggaran, tetapi juga mengun-dang kontroversial.

    Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan, proyek di DPR yang sarat kontroversi seperti perawatan gedung, renovasi ruang rapat, papan selamat datang, renovasi parkir motor, toilet, kalender, dan makanan rusa itu merupakan tindakan yang keterlaluan. Itu menghina intelektualitas dan pengkhianat-

    an terhadap rakyat, tegasnya kemarin (17/1).

    Menurut dia, pimpinan DPR harus bertang-gung jawab penuh. Termasuk dalam hal proyek ruang baru Badan Anggaran (Banang) DPR, Fadli menengarai pimpinan DPR dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) telah lalai. Jika mereka tahu, berarti memang ada kola-borasi. Jika tak tahu, berarti pimpinan DPR dikerjai oleh Sekjen DPR, ulasnya.

    Untuk itu, Fadli mendesak agar Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Nining Indra Saleh dikenai sanksi.

    Jika perlu dicopot. Harus ada sanksi pada Sekjen dengan mengganti atau malah mem-perkarakan secara hukum, de saknya.

    Untuk itu pula, katanya, sudah saatnya KPK masuk guna melakukan penyelidikan atas proyek-proyek DPR.

    Berlangganan, Hubungi: (0721) 782306-7410327http/www.radarlampung.co.id

    Ada Tersangka Baru

    KPK mengapresiasi dan berjanji menggunakan keterangan Mindo Rosalina Manulang di pengadilan sebagai alat bukti. Ketua KPK Abraham Samad pun menegaskan penetapan tersangka baru dalam kasus wisma atlet tinggal menunggu waktu.

    Kasus wisma atlet sudah ada calon tersangka, ujarnya di gedung KPK, Jakarta, kemarin.

    Pria asal Makassar itu menegaskan, pihaknya sudah mempunyai bukti-bukti yang mengarah pada keterlibatan tersangka baru selain tiga orang yang sudah disidangkan (Rosa, El Idris, dan Muhammad Nazaruddin).

    KORUPSI NAZARUDDIN

    BacaBaca ADA Hal. 9

    MADRID - Tidak ada yang favorit pada el clasico. Barcelona memang sangat dominan sejak era Josep Guardiola, tetapi Real Madrid bermain di hadapan

    ribuan pendukung fanatiknya di stadion kebang gaannya,

    Santiago Ber nabeu.Masalahnya, Real

    menghadapi el clasico dengan beberapa

    pe main penting

    yang absen. Ini bisa menjadi batu sandungan dalam membendung dominasi Barcelona saat bersua pada fi rst leg perempat fi nal Copa del Rey dini hari nanti. (Siaran langsung TV One pukul 04.00 WIB)

    Entrenador Real Jose Mourinho dipastikan kehilangan Angel Di Maria, Sami Khedira,

    Banyak Celah MengangaBanyak Celah Menganga

    Vitamin setiap Hari, Minta Soft Copy Berita untuk Hiburan

    FOTO ABROR RIZKI/RUMGAPRES

    EVALUASI POLRI: Presiden SBY menyampaikan pengarahan dan evaluasi kepada perwira tinggi dan komisaris besar polisi saat membuka Rapim Polri di Jakarta kemarin.

    BacaBaca BANYAK Hal. 9

    FOTO TIM CHONG /REUTERS

    KARYA SENI UNIKSeorang pengunjung melihat karya seni seniman Tiongkok Zhu Jinshi yang berjudul Sepeda di Marina Bay Sands Convention dan Exhibition Centre di Singapura.

    FOTO JPNN

    MEMBUNUH KEBOSANAN

    Aktivitas para kadet dan taruna

    AL di atas KRI Dewaruci untuk menghilangkan

    jenuh.

    Baca PROYEK Hal. 9

  • 9.208

    2 RABU, 18 JANUARI 2012

    JAKARTA Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo berharap konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas untuk ken-daraan roda empat bisa di lakukan sebelum pembatasan BBM dimulai 1 April 2012. Pengalihan dari BBM ke gas harus lebih dahulu siap di Jawa dan Bali sebelum tenggat pembatasan premium dimulai.

    Jadi, kalau dikatakan mulai 1 April, mungkin malah dari Ja-nuariFebruari ini bisa dilakukan konversi, ucap Agus di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, kemarin.

    Ia mengatakan, pemerintah ber harap agar program konversi

    ke gas tersosialisasikan lebih da-hulu. Sehingga, masyarakat tahu apa manfaatnya kalau melakukan konversi dari BBM ke gas. Ma sya-rakat juga tahu bagaimana tekn-ologinya, bagaimana ke ama nannya, sehingga tidak sa ja man faat eko-nominya bisa di ra sakan ke ama nan dan operasionalnya, ujar dia.

    Menkeu mengatakan, dana dukungan dana untuk program konversi sudah disediakan. Kini, pemerintah telah menyiapkan Rp965 miliar anggaran untuk kon versi BBM ke gas. Pemerintah juga berencana menambah hingga Rp3 triliun.

    Dilanjutkannya, pembatasan

    premium yang dimulai 1 April di Jawa dan Bali sudah mem per-hitungkan kapasitas fiskal pe me-rintah. Jadi kalau sekarang Ja-nuari, kita masih cukup waktu. Malah kalau ada inisiatif ini di-mulai lebih awal, itu baik dan sesuai harapan kami, tuturnya.

    Untuk mobil pribadi yang tidak meng gunakan Pertamax, bisa me milih alternatif memasang con verter kit untuk penggunaan bahan bakar gas. Dengan pemb-erlakuan pembatasan, Men keu berharap konsumsi BBM ber-subsidi tidak melampaui jatah di APBN 2012 yang dipatok 40 juta kilo liter. Jika pembatasan

    gagal, penggunaan BBM bersubsidi bisa menembus 43 juta kilo liter. Subsidi BBM tahun ini dianggarkan Rp123,559 triliun.

    Larangan penggunaan pre-mium bagi kendaraan roda empat pelat hitam di Pulau Jawa dan Bali akan diberlakukan mulai Ap ril. Pulau Sumatera dan Kali-mantan akan dimulai 2013. Se-mentara pelaksanaan di Pulau Sulawesi dan wilayah Papua ma-sing-masing akan dilakukan pada Januari dan Juli 2014. Untuk la-rangan penggunaan solar bagi mobil pribadi di Jawa dan Bali, baru akan dimulai pertengahan 2013. (jpnn/c3/wan)

    Konversi Gas Harus Siap sebelum 1 April

    BANDARLAMPUNG Untuk mem bang-kitkan kesadaran dan kepedulian ling kungan kepada siswa sekolah, PT Bakrie Telecom Tbk. (BTEL) melakukan kegiatan corporate social

    responsibility (CSR) di Yayasan Al bad riyah, De sa Cijengkol, Sukabumi. Kelas Hijau Esia melakukan aksi memanfaatkan sampah sebagai aksi mencintai lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

    Kelas Hijau Esia yang merupakan bagian dari Hijau untuk Negeri tidak hanya dipandang sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Kami ingin Kelas Hijau Esia dapat menjadi gerakan peduli lingkungan bagi baik bagi siswa sekolah termasuk guru dan wali murid siswa, ucap Fau ziah Syafarina, GM PR & CSR BTEL.

    Dalam kegiatan Kelas Hijau Esia ini, BTEL mendapat dukungan bantuan dari Sanken dan rekan-rekan World Bank dalam mem berikan bantuan alat-alat elektronik. Seperti, TV, DVD, dan notebook beserta modem untuk menikmati layanan gratis Internet dari BTEL.

    Dukungan yang kami dapatkan dari pihak Sanken dan rekan-rekan World Bank me rupakan kejutan dan penghormatan bagi kami. Ketertarikan mereka terhadap pe lak sanaan program Kelas Hijau Esia yang membuat me reka ingin turut serta dalam kegiatan di Yayasan Berbagai kegiatan dilakukan di Al badriyah, jelasnya.

    Ya