RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

28

Click here to load reader

description

Jumat, 17 Februari 2012

Transcript of RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

Page 1: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

BANDARLAMPUNG – Suratno (40), anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0410/Bandarlampung, tewas akibat luka tusuk di dada kanan setelah dibegal saat

melintas di Jalan Pagar Alam Gang PU, Kedaton, Bandarlam pung, pukul 05.30 WIB Kamis (16/2).

Korban yang berpangkat kopral itu juga

kehilangan satu unit sepeda motor Suzuki Smash BE 5049 Y yang dibawa kabur pelaku yang berjumlah sekitar enam orang.

Pembegalan itu terjadi saat korban

berangkat menuju Markas Kodim 0410 di Cimeng, Tanjungkarang Barat (TkB),

JAKARTA - Program reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mulai terasa dampak-nya terutama bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Kalau tahun-tahun sebelumnya PNS menerima gaji baru plus rapelan pada April, sekarang maju satu bulan.

’’Pembayaran kenaikan gaji PNS tahun 2012 sebesar 10 persen akan dilakukan secara rapel pada Maret mendatang,’’ ungkap Se-kretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin kepada pers di Jakarta kemarin (16/2).

Saat ini, lanjutnya, Kemenkeu sedang memproses pengiriman surat edaran ke kantor perben-

daharaan pemerintah terkait penyesuaian gaji sesuai PP (peraturan pemerintah). ’’Pemba-yaran akan dilakukan tidak lama setelah pembayaran gaji bulan berjalan. Jadi kalau sempat bulan Maret, akan dibayarkan untuk gaji Maret dan dua bulan kemarin akan dirapel,’’ jelasnya.

Wakil Menteri Keuangan Ma-hendra Siregar menambahkan, kenaikan gaji PNS, TNI, dan Polri sudah tercantum dalam struktur APBN 2012.

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012 28 HALAMAN/Rp3.000,-

Selain dermawan, Dedi perampok yang cerdas. Dia

hampir selalu sukses menjalankan aksinya. Namun,

sepandai-pandainya dia berkelit dari kejaran petugas, si

’’Robin Hood’’ itu akhirnya tertangkap juga.

Laporan Galih Adi S., BATAM

ENTAH sudah berapa kali Dedi dan kom-

plotannya menguras isi rumah-rumah mewah di Batam. Polisi menduga lebih dari sepuluh kali. Sasarannya adalah perumahan elite di kawasan Batam Kota Baloi dan Nagoya.

Salah satu aksi kelompok Dedi yang menghebohkan adalah saat mereka merampok rumah di Puri Casablanca dua bulan lalu. Mereka berpura-pura sebagai tukang renovasi in terior rumah. Saat kejadian, hanya ada

pembantu dan dua anak sang pemilik rumah. Hal itu memudahkan Dedi cs dalam beraksi. Setelah mengecoh pembantu rumah, mereka sukses menggondol brankas yang berisi uang tunai dan perhiasan senilai Rp1,8 miliar.

’’Tiap kali beraksi, Dedi selalu membawa mobil sendiri. Agar sulit terdeteksi pergera-kannya, Dedi sengaja menyiapkan pelat nomor palsu,’’ terang Chrisman Panjaitan, Kanitjatanras Polresta Barelang.

Terakhir, kawanan perampok yang diketuai Dedi berhasil mengobok-obok rumah mewah di Perumahan Anggrek Mas II, Selasa (7/2). Peristiwa tersebut terjadi siang bolong, pukul 12.30 WIB. Kali ini mereka berhasil menguras aneka perhiasan.

Sebagai bos, Dedi mendapat jatah bagi hasil rampokan yang paling besar. Separuh jatah untuk Dedi dan sisanya dibagi kepada tiga anggota kelompoknya.

Kisah Petualangan Dedi, ’’Robin Hood’’ dari Batam (2-Habis)

Tak Tega Lihat Orang Miskin, Bidik Rumah Mewah, Sekali Beraksi Rp1 Miliar

Baca TAK Hal. 9

Satu untuk SemuaSatu untuk Semua

Baca KOPRAL Hal. 9

Baca CHRISTIMORE Hal. 9

Baca AYO Hal. 9

Baca GAJI Hal. 9

Baca SIAP Hal. 9

IN MEMORIAM

Christimore MangkatMASYARAKAT Kabupaten Lampung Barat

dan keluarga besar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat berkabung. Sekitar pukul 12.30 WIB kemarin, Hi. Christimore Zainudin, Bc.Kn., S.H., M.P., salah satu putra ter baik Bumi Beguai Jejama Saibetik, berpulang ke rahmatullah. Almarhum sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandarlampung.

Berita duka mangkatnya salah satu wakil rakyat asal daerah pemilihan II dari Partai Golkar itu dalam sekejap langsung menyebar dan mengejutkan seluruh kerabat, rekan sejawatnya di lembaga legislatif, dan jajaran pengurus Partai Golkar Lambar.

AROGANSI PEJABAT

Siap Sumpah Pocong SEGAN Petrus S., wartawan Radar Lampung,

mereaksi bantahan penjabat (Pj.) Bupati Mesuji Albar Hasan Tanjung. Ia menegaskan tidak mungkin memberikan laporan bohong atas pernyataan tak terpuji Albar kepada dirinya.

’’Saya tidak mungkin membuat laporan polisi bohong. Saya siap disumpah apa pun. Sumpah pocong pun siap,” tegas Segan saat ditelepon dalam dialog Aspirasi 48, acara live Radar Lampung TV, tadi malam pukul 19.00 WIB.

Segan lalu menceritakan lagi kronologis kejadiannya. Pada Jumat pagi, tanggal 27 Januari 2012, Albar menelepon dirinya menanyakan kebenaran adanya aksi dari masyarakat Sritanjung yang mendesak pelantikan Khamamik (sebagai bupati Me suji).

FOTO AFP

KARNAVAL TERHEBOHPara penari membawa boneka harimau putih besar untuk memeriahkan Karnaval Sambadrome 2012 di Rio de Janeiro, Brazil. Perayaan ini merupakan salah satu karnaval terheboh di dunia.

BANDARLAMPUNG – Atmosfer GOR Saburai, Ban darlampung, bakal berbeda. Ya, hari ini (17/2), gela ran Honda Development Basketball League (D BL) 2012 Lampung Series dibuka pukul 14.30 WIB.

Honda DBL 2012 Lampung Series adalah seri keempat dalam pelaksanaannya di Lampung. Tahun 2009 sampai 2011, Honda DBL telah menyedot perhatian para pencinta basket di Lampung, khususnya pelajar.

Puncaknya, tahun 2010 silam, penonton Honda DBL hampir menyentuh angka 35.000 orang. Jumlah tersebut adalah yang terbesar di luar Pulau Jawa. Tahun 2011 lalu, jumlahnya pun hampir sama.

Apalagi, SMA YP Unila yang selama ini terkenal dengan suporter fanatiknya bakal mengerahkan seribu lebih siswanya untuk mendukung tim basket kesayangan mereka bertanding di GOR Saburai.

Ayo, CiptakanREKOR BARU!

Gaji PNS Naik, Rapel Cair Maret

Berikan Prestasi, Reward Menanti BANDARLAMPUNG – Wali Kota Bandarlampung

Herman H.N. bersikap fair. Tidak hanya punishment atau sanksi yang melulu dipikirkan. Tetapi juga reward (penghargaan) bagi pegawai berprestasi.

Setelah penandatanganan fakta integritas oleh 164 pejabat, kemarin (16/2) giliran 1.584 pejabat eselon III dan IV yang diwajibkan menandatangani

di ruang Semergou kantor Pemkot Bandarlampung. Pada kesempatan tersebut, wali kota berjanji memberikan reward kepada pegawai berprestasi.

’’Bagi mereka yang mempunyai kinerja jauh lebih baik dari yang lain, pasti saya beri penghargaan.

Kopral Itu Tewas saat Gantikan Rekannya PiketKopral Itu Tewas saat Gantikan Rekannya PiketANGGOTA KODIM DIBEGAL

Institusi Polri Jadi Sorotan

Baca BERIKAN Hal. 9

FOTO JPNN

TERTUNDUK: Dedi (kiri) sang ’’Robin Hood’’ saat diminta menunjukkan barang bukti.

FAKTA INTEGRITAS FAKTA INTEGRITAS JILID II: JILID II: Setelah Setelah penandatanganan penandatanganan fakta integritas oleh fakta integritas oleh 164 pejabat pada Rabu 164 pejabat pada Rabu lalu, kemarin giliran lalu, kemarin giliran 1.584 pejabat eselon III 1.584 pejabat eselon III dan IV yang diwajibkan dan IV yang diwajibkan menandatanganinya.menandatanganinya.

FOTO ARI SURYADIFOTO ARI SURYADI

SELAMAT JALAN PRAJURIT! Jenazah Kopral Suratno saat

akan dipulangkan ke rumah duka.

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

Page 2: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

LOWONGAN KERJASebuah perusahaan yang bergerak di bidang hasilbumi berlokasi di Lampung Selatan,membutuhkanbeberapa karyawan dengan posisi sbb:

1. OPERATOR MESIN PENGERING JAGUNG2. OPERATOR GENSET3. SOPIR LOADER4. SOPIR FUSO DAN COLD DIESEL

Dengan ketentuan Sbb Untuk :POSISI NO. 1 & 2 :l Pria Berpengalaman Min. 1tahun dibidangnyal Pendidikan Min. STM Listrik/Mesin

POSISI NO. 3 & 4 :l Pria Berpengalamanl Memiliki SIM

Lamaran dikirim via pos ke

PO BOX 16 NTR 35362Paling lambat 4 minggu setelah iklan ini dimuat.

PENGUMUMAN1. DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KOMITMEN KAMI UNTUK

MEMBERIKAN LAYANAN TERBAIK KEPADA PARA MITRA BISNIS KAMISERTA SELURUH MASYARAKAT YANG MEBUTUHKAN LAYANANPERBANKAN, MAKA BERDASARKAN PERATURAN BANK INDONESIA(PBI) NO.11/1/PBI/2009 TANGGAL 27 JANUARI 2009 TENTANG BANKUMUM, KAMI MERENCANAKAN MELAKUKAN PEMBUKAANKANTOR BARU DENGAN DATA SEBAGAI BERIKUT :

NAMA KANTOR : KANTOR KAS WAY HALIMALAMAT KANTOR : JL.KI MAJA NO.AA12 KELURAHAN KEDATON

KECAMATAN WAY HALIM PERMAIBANDARLAMPUNG 35141

NO.TELEPON : 0721 – 770000NO.FAX : 0721 – 774246

2. PEMBUKAAN KANTOR KAS WAY HALIM DIMAKSUD AKANDILAKSANAKAN PADA TANGGAL 20 FEBRUARI 2012.

DEMIKIAN AGAR MAKLUM,

PT.BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK.KANTOR CABANG UTAMA TANJUNGKARANG

DTOPEMIMPIN

JUMAT, 17 FEBRUARI 20122

BANDARLAMPUNG – Sem-bilan orang nasabah BRI Syariah Lampung berhasil menjadi peme-nang program undian Hujan Emas BRI Syariah periode II 2011. Secara resmi, kemarin (16/2) hadiah di-se rahkan kepada nasabah pe-menang di kantor BRI Syariah Tanjungkarang. Nasabah yang beruntung adalah Riyadi, Rey-naldo, Meyta Supriyana, Trubus Hartini, Aditya Wulandari, Bety Setiati, dan Irwan Hadi.

Kepala Cabang BRI Syariah Tanjungkarang Ciknan Sawak

Sembilan Nasabah BRI Syariah Raih Logam Mulia

JAKARTA – Pemerintah tengah menjajaki berbagai opsi pengen-dalian BBM bersubsidi. Di antara opsi-opsi yang menge muka, konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas dinilai tidak menarik bagi masyarakat.

’’Ada beberapa opsi yang sudah terbentuk, di antaranya konversi ke gas, kemudian pengalihan ke pertamax dari yang subsidi, kedua opsi tersebut tidak menarik bagi rakyat,’’ ujar Menteri ESDM Jero Wacik dalam keterangan persnya kemarin (16/2).

Itu sebabnya diperlukan opsi lain lagi, yaitu dengan menaikkan harga jual premium. Namun, pe-nentuan opsi-opsi untuk me ngen-

dalikan konsumsi BBM ber subsidi agar tepat volume dan sasaran masih memerlukan perse tujuan DPR RI. Sebab, BBM me nyang kut hajat hidup orang banyak.

’’Untuk menentukan langkah pengendalian pemerintah harus berkonsultasi lebih dahulu dengan DPR. Tidak boleh pemerintah berjalan sendiri tanpa persetujuan DPR,’’ tegasnya.

Konsumsi BBM meningkat seiring meningkatnya pertum-buh an kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. UU APBN 2012 mengamanatkan Pemerintah untuk melakukan pembatasan BBM Bersubsidi secara bertahap dan Pemerintah

tetap berkomitmen untuk menja-lankan amanah UU APBN 2012 tersebut. Pada ayat 6 UU tersebut dinyatakan, Pemerintah tidak boleh menaikkan BBM karena itu jika opsi yang dipilih adalah ke naikan harga BBM maka harus dilakukan perubahan UU APBN.

Sementara itu, Ekonom Uni-versitas Paramadina Didik J. Rachbini menilai, konsumsi BBM kendaraan pribadi menyentuh angka 11 juta kilo liter. Sehingga menghabiskan sekitar Rp45 triliun –Rp50 triliun setahun. Fakta ini sekaligus menunjukkan bahwa pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat telah menyebabkan pem-bo rosan fiskal karena subsidi yang

salah arah. Dirinya mendorong pemerintah

segera mengajukan rancangan perubahan APBN dengan meng-utamakan pola kebijakan pengen-dalian subsidi secara matang dan sejumlah asumsi makro lain. Apalagi, diperkirakan pertum-buhan ekonomi Indonesia hanya akan berada di kisaran 6,1 persen, jauh lebih kecil diban dingkan asumsi pemerintah sebesar 6,7 persen. (jpnn/c3/wan)

SINGAPURA – ’’Indonesia mem butuhkan 1.000 pesawat komersial,’’ kata Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana usai pe-nan datanganan order pesawat ATR di Pavilliun ATR arena Singa-pore Airshow (SAS) 2012 kemarin pagi. ’’Saya belum tahu kapan, tapi itu (1.000 pesawat komersial) kebutuhan Indonesia ke depan,’’ yakinnya.

Indonesia negara yang luas, lebih dari 13.000 pulau, dan punya penduduk lebih dari 250 juta. Pertumbuhan ekonomi beberapa tahun terakhir rata-rata di atas 6%, PDB per kapita sudah di angka USD3.500. Tiga tahun lagi PDB

per kapita Indonesia sudah di atas USD5.000.

’’Itu semua faktor utama yang membuat permintaan penumpang pesawat di Indonesia terus me-ningkat. Lagi pula, pemerintah punya komitmen kuat membangun bandara-bandara baru dan me-ningkatkan yang sudah ada,’’ papar Rusdi. ’’Itu semua menjadi alasan kami (Lion Air dan Wings Air) mem beli 60 pesawat ATR,’’ sahutnya.

Penumpang yang butuh naik pesawat di bagian barat, tengah maupun timur Indonesia terus naik. Tumbuh kota-kota baru sebagai hub, seperti Medan di wilayah barat, Surabaya dan Den-

pasar di wilayah tengah, dan Makassar-Manado di timur.

’’Setiap hub itu butuh pesawat pengumpul (feder). Pesawat ATR yang kami beli ini untuk menjadi pengumpul penumpang ke setiap hub. Lalu diangkut lagi dengan pesawat yang lebih besar (Boeing 737 900ER) ke kota-kota tujuan,’’ jelasnya.

Rusdi dan Filipo Bagnato, chief executive officer of ATR, menan-datangani pembelian 60 pesawat ATR pada hari ketiga SAS 2012 kemarin. Turut hadir pada acara itu Dubes Prancis dan Italia untuk Singapura, Oliviv Caron dan Ana-cleto Felicani; Dirjen Perhu bungan

Dephub Herry Bhakti Gumay; Jusuf Mangga barani; serta Dirut Wings Air Achmad Hasan.

Order kali ini untuk 27 pesawat ATR, setelah sebelumnya sudah dipesan 33 pesawat. Terdiri atas 20 ATR 72-500 dan 40 ATR 72-600. Pesanan ATR pertama sudah tiba Januari 2010, dan akan dikirim bertahap hingga 2015. Total nilai pembelian 27 pesawat ATR ini mencapai USD610 juta, setara Rp5,6 triliun. Kini, Lion Air merupakan operator dan pembeli terbesar ATR, pabrik pesawat anak perusahaan Airbus yang berpusat di Toulouse, Prancis. (jpnn/c3/wan)

8.995

Pilih Opsi Premium Naik

mengatakan, tujuh pemenang merupakan nasabah BRI Syariah Tanjungkarang dan dua pemenang merupakan nasabah BRI Syariah KCP Metro.

’’Alhamdulillah, nasabah-nasabah BRI Syariah di Lampung selalu beruntung mendapatkan hadiah di program undian ini. Ini merupakan penyerahan kali keempatnya,’’ terang dia.

Untuk kali ini, enam nasabah BRI Syariah Tanjungkarang meraih 5 gram emas dan satu nasabah mendapatkan 10 gram.

Diketahui, program ini telah berlangsung sejak dua tahun lalu. Menurut Ciknan, total hadiah di periode lalu 4.500 gram yang di-bagikan ke 500 nasabah ber untung. Untuk periode Januari–Juli 2012, total hadiah akan bertambah menjadi 4.700 gram dan dibagikan untuk 700 nasabah.

’’Dengan diadakannya program ini, produk tabungan BRI Syariah semakin meningkat. Secara nasional meningkat 83 persen dan untuk cabang Tanjungkarang meningkat 85 persen. Ini merupakan kinerja yang sangat

baik. Oleh sebab itu, program ini akan terus dilanjutkan,’’ paparnya.

Bahkan, menurutnya, di pe-riode ini kesempatan nasabah untuk memenangkan emas 5 gram makin banyak. Sebab disediakan untuk 348 nasabah. Lalu masing-masing satu orang untuk hadiah 10 gram, 100 gram, dan 1 kg.

Ciknan menambahkan, tahun ini pihaknya menargetkan DPK dari tabungan sejumlah Rp60 miliar. ’’Kami punya tiga produk tabungan, tabungan BRI Syariah, haji, dan wadiah,’’ serunya.

Kemudian untuk pembiayaan tahun ini ditargetkan meningkat hingga 500 persen. Pada 2011 pembiayaan yang digelontorkan BRI Syariah Tanjungkarang mencapai Rp200 miliaran dan KCP Metro Rp60 miliaran.

Menurutnya, BRI Syariah yakin dapat mencapai target tersebut. Sebab, tahun ini akan menambah jaringan. Yakni di Sribawono, Pringsewu, dan Bandarjaya. Se-belumnya di ketiga tempat tersebut status BRI Syariah baru unit dan tahun ini akan menjadi KCP.(eka/c3/wan)

Rusdi: RI Butuh 1.000 PesawatFOTO EKA YULIANA

NASABAH BERUNTUNG: Kepala Cabang BRI Syariah Ciknan Sawak menyerahkan hadiah emas 10 gram kepada nasabah yang beruntung, Irwan Hadi, kemarin.

Page 3: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012 3

BANDARLAMPUNG - PT Federal International Finance (FIF) mengusung program Kemilau Cinta FIF. Program ini menawarkan cashback Rp500 ribu untuk pembelian motor Honda. Yaitu Supra X 125 cc dan berbagai motor matic seperti BeAT, Scoopy, Spacy Helm In, dan Vario.

Promo ini hanya berlangsung selama tujuh hari, 14-20 Februari

2012. Manfaatkanlah tujuh hari spesial itu untuk menunjukkan kasih sayang Anda. Program ini berlaku khusus untuk wilayah Bandarlampung dan Bandarjaya.

Tidak hanya cashback, angsur-an yang harus dibayarkan pun lebih murah. Untuk Honda BeAT, angsuran per bulannya mulai Rp521 ribu. Begitu juga dengan sepeda motor lainnya, angsuran

akan lebih murah. ’’Sementara uang muka mulai

Rp1,5 jutaan saja. Program ini benar-benar mempermudah ma-syarakat memiliki motor Honda,” sebut Juantara, account officer FIF cabang Lampung, kemarin (16/2).

Perusahaan pembiayaan grup Astra ini ingin memberikan surprise terutama untuk konsumen

yang sudah kerja sama atau belum. Dengan adanya program ini, tentunya jumlah booking diharapkan meningkat.

Target penjualan (booking) di FIF cabang Bandarlampung selama promo sekitar 350 unit. Pihaknya optimistis terget tersebut terpenuhi. Sebab, animo masyarakat yang ingin membeli sepeda motor Honda ini masih

sangat tinggi.Hingga kini, FIF di Lampung

sudah memiliki tujuh cabang. Yaitu di Bandarlampung, Bandar-jaya, Kotabumi, Kalianda, Metro, Pringsewu, dan Tulangbawang. Jadi, jangan lewatkan Kemilau Cinta FIF selama tujuh hari spesial ini. Segera kunjungi diler motor Honda di Bandarlampung maupun di Bandarjaya. (lee/c1/wan)

BANDARLAMPUNG - Per-tumbuhan hotel di Lampung selama tiga tahun terakhir cukup baik. Setidaknya terdapat tiga hotel baru hadir di Lampung. Yaitu Hotel Grand Anugerah yang hadir tahun 2009, serta Hotel Amalia dan Novotel tahun 2010. Seyogianya, pertumbuhan hotel mengikuti perkembangan geliat bisnis di Lampung. Namun hingga saat ini, belum terlihat adanya peningkatan sejumlah aktivitas bisnis. Seperti tumbuhnya industri-industri baru.

Wakil Ketua BPD PHRI Lampung-Bidang Hotel Suprapto, S.E., M.M. menyebutkan, kondisi sekarang yang terjadi, jumlah hotel terus meningkat, sementara aktivitas bisnis belum begitu banyak.

’’Hal ini mengakibatkan tingkat hunian pun semakin rendah. Untuk wilayah Bandarlampung sendiri, regional okupansi atau tingkat hunian kota rata-rata masih berada pada angka 47-50 persen. Idealnya regional okupansi ini sekitar 70 persen, baru dikatakan baik,” ungkap Suprapto kemarin (16/2).

Kendati demikian, per-tumbuhan hotel di Lampung masih akan meningkat tahun ini. Bahkan dua hotel segera dibangun. Sedangkan tahun 2013, satu hotel lagi bakal didirikan.

Pertumbuhan hotel ini dipengaruhi beberapa faktor. Seperti banyaknya aktivitas bisnis, keadaan infrastruktur, kondisi bandara, sejumlah tempat pari-

wisata, dan kuliner. Itulah yang sering menarik sejumlah wisa-tawan lokal maupun asing. Jika faktor-faktor tersebut dapat terpenuhi dengan baik, maka investor asing pun akan lebih tertarik untuk melirik Lampung.

Lampung memiliki potensi yang baik untuk menjadi tempat incaran investor. Terlebih jika Jembatan Selat Sunda (JSS) sudah terealisasi. Diprediksi, ekonomi Lampung semakin meningkat. Sebab di Jakarta, keberadaan industri sudah penuh. Sehingga kegiatan perekonomian ke-mungkinan lebih mengarah ke Lampung.

’’Kenaikan aktivitas ini tentunya akan bersinergi dengan tingkat hunian hotel,” imbuh Suprapto.

Dengan bermunculan hotel baru, tentunya tingkat hunian akan lebih kompetitif. Untuk itu, sejumlah hotel di Bandarlampung pun tengah berbenah untuk menambah atau memperbaiki kondisi hotel. Seperti penambahan fasilitas hiburan, perbaikan kamar, renovasi restoran, dan peningkatan sumber daya karyawan melalui sertifikasi.

Seperti diketahui, jumlah hotel berbintang maupun nonbintang di Bandarlampung terdapat 10. Di antaranya Hotel Sheraton (bintang 5), Novotel (bintang 4), Bukit Randu (bintang 4), Indra Puri, Marcopolo (bintang 3), Sahid (bintang 3), dan Grand Anugrah (bintang 3). Sementara untuk hotel nonbintang ada Amalia dan Nusantara. (lee/c1/wan)

BANDARLAMPUNG - Telkom-sel mendukung Honda Develop-ment Basketball League (DBL) 2012 Lampung Series yang dibuka hari ini di GOR Saburai, Bandar-lampung. Kegiatan yang sama juga diselenggarakan di 24 kota besar seluruh Indonesia. Dan akan diikuti pelajar tingkat SMA yang tergabung sebagai anggota Telkomsel School Community (TSC).

Untuk wilayah Sumatera bagian selatan, Honda DBL kali ini se-belumnya telah dilakukan di dua kota. Yakni Palembang dan Jambi. Sedangkan Lampung merupakan daerah ketiga di Sumbagsel yang meramaikan even ini. Kompetisi di Lampung dilaksanakan pada 17-25 Februari 2012 di GOR Saburai.

Bagi penonton yang telah tergabung dalam anggota TSC, akan mendapatkan diskon pembelian tiket masuk melalui booth Telkomsel sebesar Rp2.000 dari harga normal dengan menggunakan T-Cash. Penonton juga berkesempatan mendapatkan hadiah undian tiga unit iPad 3G sebagai hadiah grand prize. Hadiah tersebut dikhususkan untuk penonton yang melakukan isi ulang pulsa minimal Rp10.000 di booth Telkomsel di 24 kota pertandingan dan akan diundi 9 Juni 2012 di akhir acara DBL di

Surabaya. Pengumuman peme-nang juga dapat dilihat di website Telkomsel dengan alamat http://www.telkomsel.com.

Manager Branch Telkomsel Lampung Iwan K. Satibi menga-takan, selain sebagai benefit menjadi member TSC, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Telkomsel untuk turut serta menjadikan olahraga basket sebagai wadah positif bagi para

pelajar dalam mengembangkan bakat olahraganya.

’’Serta turut memberikan kesempatan bagi pelajar untuk unjuk kebolehan berkompetisi di ajang DBL. Kegiatan ini memiliki output positif dalam menciptakan dan menjaring pelajar yang memiliki talenta terbaik pada olahraga basket,” urainya.

Selain menjaring grup terbaik yang tampil sebagai juara di ajang

olahraga basket tersebut, DBL Indonesia selama tiga hari akan menyelenggarakan world camp di Surabaya. Khusus bagi grup yang menjadi juara di setiap daerah akan mengikuti pelatihan yang dititikberatkan pada teknik bermain basket yang baik.

Kegiatan DBL Student Competi-tion ini juga diramaikan dengan kegiatan roadshow ke beberapa sekolah di setiap kota. Tujuannya

menyosialisasikan penyelenggara-an kompetisi basket antarsekolah kepada pelajar agar ikut meramai-kan kompetisi ini. Dan dalam roadshow itu, Telkomsel memberi-kan games edukasi kepada pelajar yang sekolahnya mendapatkan kesempatan dikunjungi oleh tim DBL Indonesia.

Telkomsel bersama tm DBL telah melakukan roadshow di Lampung. Antara lain di SMA Xa-verius Lampung, Fransiscus Lam-pung, dan SMA YP Unila Lampung. Kegiatan yang dilakukan saat roadshow antara lain basketball three on three contest. Di mana peserta yang boleh mengikuti per-tandingan ini adalah pelajar yang telah terdaftar sebagai anggota Telkomsel School Community saat sekolahnya dikunjungi.

Untuk menjadi salah satu peserta program ini, pelajar SMA yang menjadi pelanggan simPATI atau Kartu As harus mendaftarkan diri menjadi anggota TSC. Cukup dengan kirim SMS, ketik SEKO-LAH<spasi><School ID>, contoh: SEKOLAH 1235456789, lalu kirim ke 2323. Pendaftaran anggota TSC juga dapat dilakukan melalui e-mail: [email protected]. Seko-lah yang ingin mendapatkan school ID dan bergabung ke TSC dapat menghubungi kantor GraPARI Telkomsel terdekat. (ton/c1/wan)

Hotel Bertambah, Tingkat Hunian Turun

Telkomsel Dukung Liga Basket Pelajar Indonesia

Usung Program Kemilau Cinta FIF

FOTO IST

DUKUNGAN PENUH: Telkomsel mendukung Honda DBL 2012 Lampung Series yang dibuka hari ini. Even akbar itu akan diikuti pelajar tingkat SMA yang tergabung sebagai anggota Telkomsel School Community (TSC).

LAYANAN PRIMA: Penjualan sepeda motor

terus mengalami kenaikan. Lembaga pembiayaan

seperti FIF menjadi pilihan utama bagi konsumen

yang ingin kredit sepeda motor.

FOTO LIA APRIANDARI

Page 4: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

4 JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

KEBUTUHAN masyarakat akan layanan komunikasi yang terjangkau dan berkualitas, baik akses internet maupun layanan telepon, terus meningkat. Axis, brand yang mengacu pada produk dan layanan yang terjangkau, inovatif, simpel, dan relevan, men jawab kebutuhan tersebut dengan meluncurkan paket bun-dling Axis–HTC Explorer. Lengkap dengan kartu perdana Axis dan Gratis telepon ke satu nomor Axis favorit, pelanggan dapat mem-per oleh paket bundling Axis–HTC Explorer dengan harga spesial Rp2.199.000 hanya di Axis Shop. De ngan paket bundling ini, pelang-gan juga akan lebih mudah menik-mati layanan internet Axis yang berkualitas dan terjangkau.

’’Memenuhi komitmennya un tuk menghadirkan layanan ko munikasi yang berkualitas dan ter jangkau bagi seluruh masya-ra kat, baik layanan data maupun

suara, Axis tidak hanya melakukan pembangunan jaringan di seluruh wilayah jangkauannya. Tapi juga bekerja sama dengan berbagai vendor ponsel terkemuka untuk menyediakan paket bundling sesuai kebutuhan pelanggan,’’ terang Daniel Horan, chief mar-keting officer Axis.

’’Bekerja sama dengan vendor smartphone terkemuka, HTC, Axis menghadirkan paket bundling istimewa Axis–HTC Explorer. De-ngan paket bundling ini, pelanggan dapat menikmati gratis telepon ke satu nomor Axis favoritnya sepan-jang hari selama 4 minggu. Lebih jauh, pelanggan juga dapat terus menikmati akses internet berkualitas yang ditawarkan Axis,’’ jelas Daniel.

HTC Explorer merupakan smartphone berbasis Android, plat-form ponsel yang semakin di minati masyarakat. Paket bun dling Axis–HTC Exploerer ini di lengkapi dengan kartu perdana Axis dan program

BANDARLAMPUNG – Per ni-kahan biasanya melalui proses yang panjang. Namun, terkadang mencari perlengkapan untuk menikah masih tergolong sulit dan harganya pun relatif lebih ting gi. Bagi Anda yang tengah me ren canakan sebuah pernikahan di bulan ini, jangan lewatkan wed-ding fairs di Central Plaza.

Dalam wedding fairs kali ini, Fuji Supply Owner dan Central Pla za mengusung 5 vendor terpilih. Ke lima vendor tersebut adalah Christ (cake and bread), Maya (tour & travel), L’Vansca (make up), Dimensi Studio (foto), dan Evy (foto & bridal).

Konsep wedding fairs adalah one stop wedding di mana para pengunjung akan disuguhi stan-stan untuk melengkapi pernikahan. Mulai dari foto pra-wedding, liputan ceremony pernikahan, makanan atau kue untuk hidangan tamu undangan, make up dan pakaian wedding, serta liburan

untuk berbulan madu terkemas rapi dalam wedding fairs.

Fuji Supply owner (Ketua Penyelenggara Dan Tim Seleksi Pameran) Iwan Laksamana me-ngata kan, dengan konsep one stop wedding tentunya para konsumen sangat dimudahkan. Tidak perlu jauh-jauh mencari perlengkapan untuk pernikahan.

“Semuanya sudah dihadirkan, dan yang lebih menariknya lagi setiap vendor akan ada diskon sam pai 30 persen. Berani men-co ba? Silakan kunjungi wedding fairs di Central Plaza lantai 2,” ungkapnya kepada Radar Lampung kemarin (16/2).

Wedding fairs ini akan berlang-sung selama 3 hari mulai 17–19 Februari 2012. Untuk itu, jangan le wat kan kesempatan ini dan dapatkan diskon khusus selama pameran.

Untuk foto pra-wedding dapat dilakukan dilokasi yang konsumen inginkan. Bahkan sampai keluar

Paket Bundling Axis–HTC Explorer Memudahkan Komunikasi

gratis telepon ke satu nomor Axis favorit. Untuk menikmati program gratis nelpon ke satu nomor Axis favorit ini, pelanggan dapat men-daf tarkan satu nomor Axis kerabat-

nya de ngan mengirim SMS: ADD<spasi><nomor AXIS> ke 123. Axis memberikan gratis untuk biaya berlangganan selama 4 minggu pertama. (c3/wan)

One Stop Wedding Fairs Central Plazakhusus saat ceremony beserta video shooting pun dihadirkan di wedding fairs ini.

Untuk terlihat berbeda dihari pernikahan L’Vansca telah menyiapkan make up beserta pakaian untuk pengantin. Tidak diragukan lagi kualitasnya. Biaya yang harus dikeluarkan untuk masing-masing vendor di wedding fairs berbeda. Terdapat biaya yang paling murah sampai yang paling mahal. Seperti untuk paket foto mulai dari Rp2 jutaan–Rp40 jutaan juga tersedia, sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Anda perlu liburan setelah menikah atau yang lebih dikenal dengan berbulan madu? Jangan khawatir, Maya Tour & Travel khusus untuk wedding telah disiapkan. Paket liburan keluar kota bahkan keluar negeri sekali-pun. Mengenai biaya, sesuai de-ngan keinginan konsumen. Sebab sudah ada paket-paketnya. (lee/c3/wan)

negeri pun pihak fotografer siap. Tidak hanya untuk foto pra-wedding saja, namun liputan

Page 5: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

BERITA UTAMAJawa Pos News Network 5JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

Ke menkominfo Siap Bongkar Kebohongan Tersangka

JAKARTA – Internal Partai

De mokrat (PD) kembali bergejolak. Ka li ini Susilo Bambang Yu dho-yono (SBY) kembali marah besar mengetahui kebijakan Ketua Fraksi PD Jafar Hafsah yang me min-dahkan Angelina Sondakh ke ko misi III yang membidangi hu-kum.

’’Ketika Pak SBY mendapat in formasi pergeseran anggota FPD, salah satunya menyangkut pergeseran Angie (sapaan Anglina Sondakh) ke komisi III, beliau

marah besar,’’ beber Sekretaris Dewan Pembina Demokrat Andi Mallarangeng kemarin (16/2).

SBY, lanjut Andi, lantas me-merintah ketua umum (Anas Ur-ba ningrum) dan ketua fraksi (Jafar Hafsah) membatalkan per ge seran Angie tersebut. ’’Komentar beliau, itu (pemindahan Angie) sama sekali tidak cerdas,’’ ungkap Andi.

Angie seperti dipingpong. Awal-nya, dia dipindahkan ke ko misi III. Kebijakan itu membuat Ketua KPK Abraham Samad me nyatakan menolak rapat dengan ko misi III bila Angie hadir. Dia khawatir muncul konflik ke pen tingan. Pada satu sisi, Angie adalah tersangka kasus Wisma Atlet, dan di sisi lain mengawasi KPK dalam kapasitas

sebagai anggota komisi III. Lantas muncul pertimbangan

bahwa Angie masuk ke komisi VIII (bidang agama). Namun, se telah SBY marah, Angie di pu-tuskan tetap berada di komisi X yang membidangi pendidikan dan olahraga.

Menurut Andi, fraksi harus segera mengoreksi kebijakan rotasi posisi Angie. ’’Tidak sepatutnya yang sedang bermasalah dengan hukum ditempatkan di komisi yang membidangi hukum,’’ ujar politikus yang juga Menpora itu.

Secara terpisah, Sekretaris FPD Saan Mustopa menyatakan, status Angie saat ini diputuskan masih di komisi yang dia tempati selama ini. ’’Angie tetap di komisi X,’’

ujar Saan.Menurutnya, selama ini tidak

pernah ada SK yang memutuskan Angie digeser ke komisi bidang hukum. Padahal, pada Selasa (14/2) Ketua FPD M. Jafar Hafsah menyampaikan keterangan pers terkait rotasi di internal fraksi yang menyebut Angie pindah dari komisi X ke komisi III.

SK perpindahan Angie ke ko-misi III juga telah ditandatangani Ja far Hafsah. Bahkan, nama Angie sudah secara resmi masuk dalam daftar anggota komisi III. ’’Waktu itu cuma surat pengantar, tidak ada SK,’’ kilah Saan mengomentari surat yang diteken Jafar.

Dibagian lain, sikap berbelit Angelina Sondakh soal ke pe mi-

likan BlackBerry saat menjadi saksi di sidang suap Wisma Atlet, Rabu (15/2) bisa menjadi bu me-rang. Sebab, Kementerian Ko-munikasi dan Informatika (Ke-menkominfo) siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membongkar ke-bohongan Angie tentang ke pe-milikan gadget asal Kanada itu.

Seperti diberitakan sebe lum nya, Angie menyangkal me miliki Black-Berry dengan PIN 20E342D9. Jaksa penuntut umum (JPU) yakin jika smartphone itu ada lah sarana ba-gi Angie dan Min do Rosalina Manu-lang un tuk berkomunikasi. Ter-masuk ko mu nikasi rahasia ke dua-nya dengan kode apel wa shington, dan apel malang. (jpnn/c3/ary)

JAKARTA – Kekhawatiran pe-merintah terhadap nasib 2.500 warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Suriah akhirnya ber-ujung pada upaya evakuasi. Ke-marin (16/2), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Satuan Tugas (Satgas) KBRI Damaskus mengevakuasi 37 WNI dari negara yang didera konflik berdarah itu.

Seluruh WNI yang dievakuasi dari Suriah ini mendarat di Ban-dara Soekarno-Hatta kemarin sore. Mereka diterbangkan meng-gu nakan Emirates EK-356. Direktur Informasi Media (Infomed) Ke-men lu P.L.E. Priatna menuturkan, saat ini ada 98 WNI ditampung di KBRI Damaskus. ’’Mereka siap dipulangkan dalam gelombang evakuasi berikutnya,’’ tutur dia.

Semua WNI yang dievakuasi ini mendarat dengan selamat. Dari seluruh WNI yang di pulang-kan kemarin, 19 di antaranya ma hasiswa beserta keluarganya. Sedangkan 17 lainnya adalah TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Seluruh WNI yang ber status TKI ini selanjutnya

diserahkan ke Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Te naga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Priatna menerangkan, dalam proses evakuasi ini terdapat enam TKI yang tinggal di wilayah konflik. ’’Dua orang tinggal di kawasan Homs, dan empat orang lainnya dari Damascus Countryside,’’ tan dasnya. Dua kawasan tadi, dari pengamatan Kemenlu me-ru pakan wilayah paling sering terjadi baku tembak antara tentara pemerintah dengan gerilyawan.

Kemenlu memastikan, evakuasi 37 WNI dari Suriah ini merupakan bagian dari gelombang evakuasi massal. Ia mengatakan, proses evakuasi ini dikebut untuk meng-hindari adanya WNI yang menjadi korban jiwa di Suriah.

Pada tahap pertama, evakuasi ini difokuskan terlebih dahulu untuk para WNI yang tinggal di kawasan konflik. Selain di Homs dan Damascus Countryside, kawasan konflik lain yang sudah dipetakan Kemenlu adalah di Aleppo, Derra, dan Idlib. (jpnn/c3/ary)

SBY Marah, Angie Masuk Komisi Hukum

WNI di Suriah Mulai Dievakuasi

DENNY PENUHI PANGGILAN BK

Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana memberikan keterangan kepada wartawan usai memenuhi panggilan Badan Kehormatan (BK) DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin (16/2). Panggilan tersebut untuk memberikan penjelasan soal kunjungan anggota Komisi III DPR M. Nasir ke Rutan Cipinang di luar jam besuk.

FOTO MOHAMAD QORI/JPNN

Page 6: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

6 Waahhh..sudah laku!!!JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

MOTOR DIJUAL • HONDA •

TIGER GL 200R ’06 HTM KONDOK S.PKI PJK BRU HRG 14JTNEGO HB.08197945001

SUPRA FIT TH 2006 HITAM RP5.7JT NEGO;HUB 0721.9958588/08127982979

HONDA KIRANA WRN HITAM A/NSENDIRI TH 2003, STATER, MESINBAGUS, SURT LENGKAP HRG 3,9JT HUB 0857 888 22253

SCOOPY 2011 PLAT PSWARANMLS KM 3RBUAN PJK BR 11JTNG HUB.081369439111

BU NEW ABSOLUTE FIT 2011KDY MSN OK BODY BG 8.4JT;HB081379964800/085366887052

REVO ABSOLUT TH 2010 BUJUAL CPT BE TGN1 GA KCWA H7,6JT HB.085292525299

JUAL SALAH 1 TIGER CW 2010/2011 KOND 90% NGO ;7553245/081369100428

TIGER ’08 HITAM HRG 18JT NG;0721.9927733/081281525933

REVO ABSOLUD 2001 BU DJUALCPT BE KODYA MSN HLS BGS085292525299

REVO ABSOLUT ’10 BE KDY PJKTLAT VR 6,8JT NG HUB.7377888

JUAL GRAND 97 MULUS 4,5JTHB.7165566 / 085369434343

JUAL CPT SUPRA X125 TH 2006HB.081220002224

JUPITER MX 2007 AN SNDRI 8JTNG :081957144202-08976154666 TP

REVO SPOKE 110 PROVIT BRDPT HDIAH HRG 10,5JT SDHAN.SNDRI;07217902468

• KAWASAKI •

NINJA 250CC 4TAK BE KDY THPMBUTN 2010 PMKIAN 2011 PJKBRU BYR W.HTM 081369790360

NINJA R ’04 CAT BARU TRWATHRG.14,5JT NG HB.082176425666

• SUZUKI •

SATRIA FU ’05 KONDISI GRESOK MERAH HITAM MULUS HRG10.2JT HUB 082181433450

SMASH ’03 BE KDY PJK BARUMLS HRG 3,2JT NG ;0721.3641859

• YAMAHA •

BYSON ’10 WR,ABU2 KOND 98%MLS BRU 17,5JT BNS SIRINE+BRACKET BOX;081379183888

JUAL SLH 1 MTR MIO SPORTY’08 HRG 8,5JT, VEGA R ’05 HRG5JT NGO; 07219360471

ANTR 1.JUAL MIO 11 BR PKI 3BLNDAN VEGA ZR CAK 11 PJK BRU082176411966-7585987

YAMAHA BYSON ABU2MET,KM4RB,AN DR BRU,ANSDRI,BE,16JT,HUB.081369333304

JUPITER MX MERH MRUN CW’07 BLN9 BAN L/D BARU /AKI /GIR,8,3JT TG1;081369660343

JUAL YAMAHA 125Z KONDISIBARU 14JT NGO HUB ;082181961098

JUPITER ’03 PLAT BE WR.MERAHHRG 5JT NGO ;085381116574

JUAL CPT VIXION ’08 HTM STDRBE KDY 15,8JT HUB ;0813288 89559

VIXION 2011 HITAM 19JT NGTP;081272899007

JUPITER ’08 BIRU 97,5JT ,SATRIA’03 4JT,MIO ’05 6,3JT HUB ;7434353

VEGA ZR ’09 BE KDY 8JT /NG;082269043921

MIO SOUL ’11 GRESS 10,5JT NG;0721.9341612

MOBIL

VELG MOBIL5 BUAH VELG 15 REPLIKA JAZZVTEC BRONZE+BAN BS HRG3.5JT NG;085269680000

CHEVROLETZAFIRA ’02 M/T BE SLVR VR PS PWDVD TV SOUND SSTM JOK KLT FULLVAR 75JT BU NG;0812 7230091

TAVERA 02 ISTMW SPRT TOURINGJUAL CPT NG;0852690 82227,PIN BB2311A7DD

BMWBMW 530I AT ’01 BIRU MET B TG1KNDS STNDR GRESS S.PKI PJKBRU HRG NG ;081272763467

BMW 318I ’00 AHR SLVR B KONISTMW PJK HDP ACPSVR TRIPTONIK ORS 130JT NG 08127996222

BMW 318I ’00 AHR SLVR B KONISTMW PJK HDP ACPSVRTRIPTONIK ORS 130JT NG081279753222

DAIHATSUDAIHATSU ESPASS MB.’05, GOLD,BE,CD POWER,JOK KULIT, SIAPPAKAI, HUB 0813 690 14 088GRAN MAX MB,1.5 OPTIMA,HITAM, BE KODYA,RMT,R/TAPEHUB. 0821 806 83088XENIA LI SPORTY’08 HTM BE TGN1ORI 115JT/DP 28JT 3.198X35 HUB081272617070 G_T MOTORROCKY ’93 4X4 AC DVD CL BAN31 BE KDY ;7527519PKT KREDIT SPR MURH; XENIA1.0 D DP 23JT ANG 3,2JT-AN 4TH,XENIA 1.0 D DP 20% ADDM FIX &CAP ANG 2,1JT-AN 5TH,XENIA1.3X DP 26JT ANG 3,6JT-AN4TH,XENIA 1.3 X DP 20% ADDMFIX & CAP ANGS 2,4JT-AN 5TH,GRTS JS SRVS 2TH,PRSSCPT,SRT MDH, BS LR KOTAHB.MAS ANTO ASTRA MBL;0811721578 / 7333100XENIA 1000CC 2009 AKHRSPORTY MRH MRUN VR15 BRVARIASI KMPLT BRG ISTMW SKLIKM 23RB HRG 114JT NGHB.085320922977TAFT ROCKY ’95 BE KDY PJKPJG AC TAPE VR BAN31 BRIDSTONE MLS JRG PKI SGT TRWT4X4 AKTF OPEN PRICE 85JT NG.082178131569XENIA LI 06 J.KARPET MSH SPTBR VR TV DVD CAT MLS KKI2 OK103NG; 081369188181FEROZA ’95 HIJAU AC PS PW CLCD OVR KRDT 14BLNX2,47JTBLIKIN DP 30JT ;081369474718XENIA LI FAMILY PLUS ’04 HTMBE VELG 14BR,BAN BR,PLG DP53JT ,ANG 2,428X23 HUB;085279116883TERIOS TX ADVENTURE SLVR’10 BLN6 AN.SDRI BRG DIKALIANDA LAMSEL 170JTNG;082179183333ESPASS PU CARGO TH 2005 BEORISINIL HRG 43.5JT NG;HUB085283144198HILINE LONG F70 TH 96 4X4 AKTIF SOUND SYST FULL OPTIONSIAP OFFROAD;0856938 88080TERIOS TX MDL ADV 2011 MERHMET TG1 PJK BRU AC DBL PWPS ORI 081379228679XENIA LI VVTI FMLY 08 HTM BEKDY TG1 ASS ALLRISKHUB.08127254420FEROZA SE ’95 BE KDY AC PWDVD VR CEBRA BAN BRU SMWISTMW FULL ORI;787062TAFT HI LINE 94 4X4 AKTF BEAN.SNDRI AC PS CD VR S.PKAI80JT NG;08127912260TARUNA 02 SILVER VR BR EFI1.5 PWR STERING BE ORI L/D82JT NG;081369084747DI JUAL XENIA XI SPORTY WRSILVER MULUS TGN PERTAMA130JT NEGO 085279960033ESPASS 96 BE AC RT VRBR SLID-ING DOOR SILVER S.PKI TDKKCW 37JT NG;081379062772XENIA LI VVTI+BE AC RT PWPSRPM RMT COKLAT MUDA TGN IH.111JT NG;07217568541GRAND MX MN BS ’08 BE TGN1SLVER ASRANSI ALLRISK 1.5THVR BR ORI L/D;081369378950CHARADE ’86 BODI MLS BANBGS MSN OK BS TT MBL/MTR;081369113317 TANGGAMUSESPAS 1600CC 97,BE GOLD,VR,AC DINGIN SIAP PKAI 37,5JT NG085279633885CALSSY SE SLOON ’94 HTM BEKDY AC PW PS DVD ORS ISTMWBU 36JT NG ;7913842ROCKY’93,AC,DVD,BAN SAVERD 31,BDY KLG,BE ABU2MET,75JT 0721-7527519

GRAND FEROZA 97 HIJAUMETALIK AC TAPE BAN 31BARU;081379567708XENIA LI ’10 MERH BE KDY VRAC PS SPION BESR KM 19000;081279427235LI VVTI FAMILI 2011 BE KDY SLVRMBL TRWT KM RDH ;081272424444GRAN MAX PU TH 2009 W.HITAMAC TAPE BE KDY;HUB 08127968179CLASSY ’90 AN SNDRI W.PUTIH34JT HUB.081326853087/085813404425TAFT GT 4X4 ’90 PUTIH BE PJKPJG BAN 31, 60JT NG HB.07217558488XENIA LI PLUS 2009 HITAM BEAC PW PS EM HRG NG;081540999300TARUNA FGX 03 BE SILVER ORIL/D 99JT NG;082181930814XENIA XI 1.3 07 VVTI BE KDYHITAM 108JT NG;0811793357XENIA LI FAMLY ’04 SLVER, BEMULUS SEKALI, NO POL PILIHAN;081328465444XENIA ’11 WR.GREY DP 55JTANG 2.609.700X36 NGO ;085764970033

FORDRANGER 08/08 BAN33 HTM 4X4SHT S.PKI KRJA/KMPNYE ALLRISK 185JT ;085369950888

TELSTAR 91 BE KDY/BISA TTPHANTER/KIJANG 94/96 HB08127901327

SEDAN FORD LASER ’96 HUB ;082180474366

ISUZUPANTHER TOURING ’01,B,PJKSEPT ’12 CKLT MUDA MET,KONDPRIMA DAN ISTMW NG KHS PMKI082177150347 TP NO SMSPANTHER MB LS BE 2004SILVERSTONE BRG SIAP PAKAIHRG NEGO;HUB 0721.7426733PANTHER TOURING ’04 B CKLTTUA ,CKLT MUDA AC DB TV BANBR KOND ISTMW NG 082177150347 TP NO SMSPANTHER LV 02 B.BRU,AC,DB,PS PW,TR,VR,BR,MLS L/D,PLG.DP 385JT ANGS 29X31JTAN 081369596112PANTHER GRAND DELUX ’96 BEKDY SLVR AC DB PW PS VR RTPJK BR 59JT NG;085369816222PHANTER 06 LS TURBO HTM BEKDY AC DB VR BR PW PS CL CDORI L/D;081369363298PHANTER ROYAL TH 96 AKHRPS PW CL REMOT DP 32JT ANG2JT X 23BLN;082181927177PANTHER GRAND ROYAL ’97HRG 72JT NG ;082181086828PHANTER LV 2003 BIRU ORISINILL/D BAN BARU PJK BARU;0721744 5277PANTHER GRAND ROYAL2500CC ’96 HIJAU MET BRG BGS;081279054303PANTHER BONET ’94 BE KDYMERAH AC DB PW PS 40.5JT /NG07217903960PANTHER ESCUDO ’94 AC PWRMT TV TAPE B RD H 44JT;08127947139PANTHER ’96 GRAND ROYALBIRU MET HRG 62JT NG BE KDY;0813 69653234PANTHER PU ’01 AKHR BE BIRUCARGO ;082183772895

HYUNDAIYET ’04 W.SILVER BE KDY ORIHRG NGO HUB ; 082176659230

JEEPGRAND CHEROKEE 20004700CC SILVER BE VELG LORENZO SANGAT BAIK;081369100891CHEROKE 2,5CC HIJAU ’99 AKHRMNL 4X4 BAN BR MAXIS 3I FUL AUDIO ISTMW 129JT NG 08180 8532777CHEEROKE 94 FULL SOUNDOFFROAD S.PKAI SGT TRWATHUB.081272407744

MOBIL DIJUALL300 ’96 PICK UP , C/LUX ’92PICK UP HUB ;08127918908

HONDACRV 2.0 AT’10 URBAN TITAN BE3 ANKA AUDIO VKOOL 315JTNG/80 JT 8.645X35 HUB 081272617070 G_T MOTORCIELO 94 MT VIOLET AUDIO VELG18 PJK BR 68 JT NG/DP 20 JT 2.2RTS TQ HUB 081272617070 G_TMOTORSTREAM 05 SILVERSTON BE MTV18 BAN BR (VLG+BAND ASLIMSH ADA) BODY KIT JOK KLTVKOOL SGT MLS SPRT BR:085658944272NEW CITY 08 VTECH M/T SILVERBE KNDSI 95% HRG NEGOJL.MAWAR GG.ABDULLAH VIII/26;TELP.708933/0811721638HONDA CIVIC’01,BE,KM 65RB,INTERIOR RAPI,M/T,ISTIMEWA,GOLD(STIKER UNGU) H 125 NG081933592011ALL NEW JAZZ ’10 SILVERSTONE JOK KLT ASS ALL RISKEX.WANITA MSH MLS SPT BRU185JT ;085367007111ALL NEW CIVIC ’07 M/T HTMHID+KF BARU KM 60RBAN MLS250JT NG ;081929949200NEW CITY 08 BLN7 VTECH M/THTM BE KDY TGN1 KM 41RB150JT HB.085381160666CIELO ’96 PTH BDI KIT,JOK KLTFULL S.SISTEM TV DVD VR19MLS 70JT NG 085266634554CRV ’05 HTM MET PJK PJG BANBAN BR BGS SKLI JUAL CPT BUHUB.08127203229CRV 00 SILVER MET 100% ORSHRG 115JT TDP 33JT 4.555RBX23BLN PRS CPT;081273384488JAZZ ’05 IDSI SLVR STONE A/TBE KDY PJK BLN1 BRG ISTMWBU 123JT NG 08127926272CIVIC WONDER 86 BIRU ACVRBR MSN BODY BAIK;HUB085669621993/0721.9324991JAZZ NEW 07 B IDSI SLVER FULORS TNP CCT EX.WNT TG1RWTN HND;081379788382JAZZ IDSI MATIC ’06 SLVRSTONE PLATB PJK BLN1 SIAPPKI 128JT NG ;08127954834CR-V ’00 SILVER MET 100% ORITDP 30JT ANGS 3.544RB X35;081273384488CITY Z (SX 8 AT) ’04 PJK PJG,ABU2 MDA MET. KHSS YG CRIMBL BGS. 082179769969JAZZ ’08 SLVER IDSI,B,AC DVDTV ,PWER AUDIO FULL VARSI145JT NG 08139089456,PKAISDRI TPCIVIC WONDER 86 W.MERAH BEKDY AC VRBR RT BODY MESINMULUS;HB 082181324002NEW CITY ’05 VTECH BE KDYCOKLT MD MET BODI MLS MSNOK HRG 130JT NG 085366160122STREAM ’02 BIRU MET B,CD,TAPE, AC HUB ;08163290701/0815 4180691CIELO ’94 HITAM BE KDY HRG65JT NG ;081278393579NEW CITY ’06 VTEC COKLAT METM/T BE KDY S.PKI 130JT NG;081929992071JAZZ IDSI 04 M/T HTM BE PJKPNJG OKT HRG 118JT HB.082181727880CITY ’06 V-TEC B SILVER PJKBARU HRG NGO ;081272884444JAZZ IDSI ’05 SILVER STONE BEKDY WANITA ;0816408775JAZZ IDSI ’07 M/T HTM MET MLSDAN TRWT S.PKI B PMKI ;085378045777JAZZ TH2004 WRN BIRU ORSCAT HRG 112JT NG. TLP.082183253660CIVIC WONDER ’85 B HIJAU 23JTNG HB ; 085260021864ALL NEW JAZZ RS MATIK ’09 HITB DVD ASS H 189JT NG 081379633735

JAZZ VTEC MATIC ’07 SLVRSTONE AN.SDR BE JOK KLT PJKPJG 147JT NG ;7411016CRV ’04 HTM MT PLAT B PKI SDRTRWT HRG NGO TP ;085379677722JAZZ VTECH ’05 M/T SILVERPLAT BE MLS PEMAKAI ;085269677635

HONDA ACCORD VTI.L 2001 SIL-VER B. BAGUS HUB 085269172345MAESTRO ’90 BE KDY TV DVDVR17 KOND ISTMW BU CPT 45JTNG ;7913842NEW CITY ’07 VTEC SILVR KONDBGS MET HUB ; 085269302232STREAM 1,7 M/T 07 ABU2 TUABE PAJAK BRU 081287688989CRV 01 A/T SLVER BE KODYA085888338989

MAZDAMAZDA 323 ELITE TH 86 PW ACTAPE RC RD W.MERAH MAROONHRG 17JT NG;081379763300MAZDA 323 HACDBACK ’87 MLSSKL MRH MRUN PJK BRU JOKKLT RAPI 24,5JT NG 081272857324E2000 BE AN.SNDR INT RPI BDMLS MSN HLS AC PS CD PW VRISTMW 62,5JT NG;08127912260INTERPLAY ’90 BE PS PW CL ACRMT RT MLS SKL BU 085368290545

MITSUBISHIMITSUBISHI PRMO,TRITON,LNCER GRNDS SERBA 9JT,TSS PU3JTN,L300 4JTN,COLT DSL 5JTN,HENDRA 7365003/085369003888KUDA DIAMOND’05,BENSIN,M/T,S I L V E R , 1 6 0 0 C C , M E S I NTERAWAT, BAN BARU,H 90JT NG081933592011KUDA GLS 2000/2001 DISEL,MERAH SILVER PAJAK BLN12HRG 81JT NGO ;081369702015COLT DSL PS120 ’92 BE KDY MSNOK SASISMLS BAK BRU 82JTNG;085366490542COLT DIESEL 2006 AKHIR BEKDY BAK BESI BRG ISTIMEWAHRG LIHAT BRG;08127276123NEW LANCER 88 GOLD MET BVFRBR AC RT BODY KALENGORSINIL;082183085401LANCER GLX ’90 BLN9 BE KDYHTM PW PS CL EM RT VR BR ACTAPE 32,5JT TP;081279771999/0813 79699960PAJERO SPORT MATIC EXCEED’10 HTM MET BE KDY KFVKOOLKM 20RB MLS TRWT;081367572075KUDA GRANDIA 16 BNSIN ’02HTM SLVR DAN T120SS PU ’09NGO ;085268978839LANCER GLX ’88 BE KDY AUDIOS.SYSTEM AC RMOTE PS HTMHUB.081379713636LANCER DANGAN ’92 HIJAU METPW PS VR AC DGN CD CL RMTBE 33JT ;08127923903KUDA DIAMOND ’03 BRG MACANBNR2 ISTMW AC DGN PS PWRMT CAT MRH MT 081369142909NO SMSMITSHUBISI NEW GRANDIA OGPLAT BE BIRU SLVER ORI KM80RB 081957237598L300 BOX ALUMUNIUM ’02 BEKDY PJK BRU MSN CASIS ISTMWBU 80JT NG ;7913842KUDA 99 SPR EXCEED 1.6BENSIN BE BIRU ACDB VR PWPSFULL VARIASI;081272041707COLT EGKEL ’96 JL.RATUDIBALAU DPN CHANDRA MINIMRKT TJ.SENEG HERUCOLT DSL PS 120 BOX ’04 AKHIRBE KDY TG1 MINAT ;08117210105COLT DSL PS100 KUNING BEHRG NG BS TT MB 081272801999EVO 4 SEI BE FULL SOUND JOKMB VR15 MBL CKEP HUB.081272407744L.300 PU TH2005 BE KODYA MSHORS 91,5JT HUB.081369637550L300 PU BE KODYA TH 2006MULUS HRG 93.5JT NEGO;HUB085279241950L300 PU 2005 BE W.HTM HRG85JT NG HB.081279127771

TRUCKFUSO ’90 BE 190PS PJK BRU BAN,MSN,KAKI2 OK;0812 7915072/7376967

JUAL & OVR KRDT PUSO ’04 BEKUNING BAK KMBG BESI MSNOK BRG SIAP JLN HRG 345JT NG;081379154567

MERCEDESMERCY E CLASS 200 KOMPRESOR’04, HTM,VELG AVANT GARDE R16, PJK PJG, DP 100 JT,ANG: 7.200.000X44 085382240903.

MERCI C180 TH’95 MATIC SIL-VER VELG RECING FR18 NEGOHUB 081369410889

MERCY 280 1975 CLASSIC ANTIKPUTIH SUSU BE KDY KOND ORSBGS RAPI SIAP JLN 40JT NG.08127906316

SUZUKITS. PU ‘07 BE, HITAM SIAP PAKAINEGO HUB 7315 747 / 0812 724 9447KATANA 90 BLITZ BE KDYVR,BR,AC,TAPE SNGT MLS BANBR HRG NEGO HB 081279256600PROMO 2012 APV DP 20JT PUDP 14JT SWIFT DP 30JT SX4 DP35 JT VTR DP 50JT KARIMUN DP15 JT M.C DP 18JT PROSS CPTIGNAL ;081369358204/0721.3663841BALENO ’00 BE 1610 AKWR,BERGUNDI TV DVD VCDFULL SOUND SYS,PW RT PS SOKBREKER,PER BRU DEALER,JOKKLT PRESS,KHS PMKI H 85JT NG;7444477/082175666684KATANA 90 BLITZ BE KDYVR,BR,AC,TAPE SNGT MLS BANBR HRG NEGO HB 081279256600GRAND VITARA ’07 TIPE JLXACESORIS COMPLIT WR,SLVRMET BE AN.SDR ;08127916565KATANA LONG 91 AC AUDIOSOUND SYSTEM S.PAKAI 34JTNG;082178688968BU DIJUAL PICK-UP CARRY TH1993, PLAT D, WRN BIRU, HRGNEGO,HB.0811727265ESCUDO GRAND ’02 2000-CCPLAT B ,BIRU MET HRG 105JTTGN KE2 HB;081272888773BALENO 97 HIJAU TV SOUNDS.SYST S. PAKAI 69JT NG;7145217/085279190978JIMNY COUNTRY 96/97 AC VRNDPS ASLI MODEL OFF/R S.PKIKOND MLS ;085377112719CARRY 1.0 EXTRA ’98 CAT MLSINT BARU AC DGN S.PKI TDKKCW 29JT NG .87822206988FUTURA MB GRV TH2000 BIRUBE KDY AC DGN BODY KLGS.PKAI;081379722754KATANA ’86 JUMBO ’90 BE ACVRBR BE PJK BARU BODI MLS27JT NG 081369636254GRAND VITARA 07 HTM BE KDYPJG.VAR KMPLIT V.18 BAN BRS.SYSTEM;08127902398FUTURA 2006 BE KDY TANGAN 1BIRU MET MULUS VR/BR AC DGNNEGO;081379177272ESTEEM ’94 MRH MRUN BE PWPS AC TAPE TV ORI L/D HRGNGO ;085366314442

AMENITY 2 PINTU ’90 WRNMERAH PLAT BE, AC, TAPE RE-MOTE CONTROL 32JT NG;0721785137

FUTURA PICK UP ’01 BE BIRUSPRT BRU, MSN OK, PJK BR,SIAP KERJA; 081272120055

ESSTEM 16 TH 93 L/D RAPIPS,PW,BAN BRU 35JT NG082183550044

FUTURA ’00 BIRU MLS BE AC VRBR ORS PSTI COCOK DP 25JT2THX1.3JT 082181312930

KARIMUN ESTILO TH07/08 BEVELG RACING 14" KNDSI GRESSHB 081379492222

FORSA GLX 90,PW,VR,BR,BIRU,PJK BARU,FULL MUSIK,ACDINGIN,HRG NGHUB;082185063714

JIMMY SJ410 4X4 AKTIF ’84,BIRU,MSN BGS,BDY KLG,PJKHDP,H NG 08127229471

CARRY BOX 1,0 ’07 BS BANTUKRDT DP 9JT 08127922541APV X ’06 HTM 108JT NG;082178233339 PAKAI SENDRIJIMNY ’83 BE DOUBLE AKTIF MSNKRG BODI OK NGO HUB ;08197970077FUTURA MB ’01 AKHR MERAHDRV HRG HRG 50JT ;085268978839

FUTURA PU 1,5 TH08 BE KDY KM5200 75JT NG;082179742442 USHJAMURKARIMUN 2001 BIRU MET HRGNG HUB.085380580008SIDEKICK 2000 BE TG1 SILVERKONDSI ISTIMWA NGO HB;082182020198KATANA GX ’95 AC TAPE DVDVELG RAC 45JT ;081381747478JIMNY 92 AC RT MSN STDS.PAKAI TDK KCEWA MLS 38.5JTNG;07217463071JIMNY ’93 W.BIRU BE VR BR ACHUB ;085367072822 NEGOBALENO 2000 ACESORILENGKAP, WARNA BIRU HB 082185215319

TOYOTATOYOTA AVANZA ‘04, BE,GOLD,RMT, R/TAPE, SIAP PKAI HUB.0813 690 14088TUNAS TOYOTA READY STOCKAVANZA WHITE,RUSH WHITE,FORTUNER WHITE HUB;082181960999/081802741761(LILIK)LGX 1.8’03 ABU2 BE TGN1VKOOL ORI 137JT/DP 35JT3.922X35 HUB 081272617070G_T MOTORKJNG PU TH’89 & 91 BE KDYCAT BARU HRG NEGO HB081279256600YARIS E 2008 MTC HTM MET MLSKM RNDH BE KDY SS TOUCHSREEN PIONEER HB.0813795700 77/081279215060KJNG PU TH’89 & 91 BE KDY CATBR HRG NEGO HB 081279256 600LGX 1.8 NEW MODEL 2002/2003BE BIRU MET CAT MLS MSH ASLIBAWAAN DEALER KM 107RB SPTBARU 130JT/DP 33JT ANG3.8JTX35;085279120010JUAL SLH SATU KJG SPR ’88BE,MERAH MARUN H 36,5JTNG,KJG ’86 BE KDY,HIJAU H25.5JT NG HB;08127980418LGX DIESEL 2000 BIRU MET BEKODYA ACDB/PW/PS/VR/CDMULUS ISTIMEWA;HUB 081367572075ALL NEW COROLLA SEG ’97BIRU MET 100% ORI TDP 22JTANGS 2.215RB X 35 PRSSCPT;081273384488AVANZA G ’05 HTM SERVICERECORD ASTRA DR 0-70KM BANBARU TGN 1 ISTMWA TDK KCWA113JT NG;085758516866AVANZA ’10 TYPE S ABU2 METKM 17800 TG1 BE KDY NGO HB;081272680555AVANZA G ’10 BLN12 KM 15RBBE KDY HTM MLS TRWT PMKI;7529161/085357954321KJG GRAND EX ’96,PS,PW,ACDB,VR,BE PJK BLN12,ABU2MET;08127923446LX UP 03 HITAM ACDB PS JOKBLKG HDP DPN SIAP PAKAINEGO;085378709022RUSH ’10 AKHR TIPE S,SILVERMLS SPT BARU HRG NG;081272391122/085383565499VIOS ’05 BE KDY GOLD MET ASSALL RISK BAN BRU FULL VAR128JT NG HB;085378422000/081369488638BU AVANZA VVTI G ’10 BE KDYPJK BRU (BLN 3 SDH BYR) TVLYR SNTH ACDB VR16 MLS SPTBRU ;0811799398 TPI N N O V A . G 0 4 . B S N . B . B RMTLC.KM 88RB.TV.CD.S.PKI.MLS.ISTMW H.143JT;081272083265KJG LGX 01 HITAM BE KDY TVPSPW BAN BGS SMUA INT ORSCAT MLS;085279888355KJG LX UP NEW MDL ’03 AC PWPS CL RT VR BR JOK HDP DPNSMW NG;081379476917COROLLA DX’81 ABU2 AC DGNBE AN.SDR PJK BARU ORS 25JTNG;081279733178 NO SMSNEW ALTIS TP G A/T MARET 2010HITAM LOW KM (14.000);HB0721.7544574 SPT BARUKJG GRAND ROVER TH 95 HITAMLENGKAP VRBR AC SIAPPAKAI;HUB 081272874254KJG LX MDIF LGX ’03 BRU BEKDY PJK&BAN BR VRBR ACPSK.PMK C/K BS TT 0811790211 NOSMS

KJG LGX BNSN’97 HJAU METPS,ACDB,USB,DVD,TV,CL, S.PKI;082183811430KJG SPR 92 MDLFULGRENDABU2 BE KDY AC,TP,VR,BB4,MP3 JOK BR 55JT;081369613900SOLUNA 03 HITAM REMOT CDAC DGN PJK PJG MESIN BODYOK NG; 085366599889INNOVA G 2011 BE ABU2 MET DP75JT NG ANG 6.100RBX34;085383555580 DP BS TT MBLRUSH ’08 TIPE S, NOPIL BE, SIL-VER, DVD, TV, MP3 HRG 175JTNGO HB; 082183566699YARIS .S LIMITED ’07 MATIC,HITAM, BE KDY, HRG 142JT NGO,HUB: 081379023223STARLET KOTAK 1.3 SE 89HITAM AC CD VR (RETRO) MLS37JT;HUB 081219362772 TPKJG SPR ASTRA ’91 6SPED BEKDY AC TIP BRG MLS SIAP PKI47JT NG 081369649260KJG INNOVA ’10 TIPE G 2.0BENSIN MNUAL W.ABU2 ORSTG1, B,PJK BRU NGO;081279154321/08194831208LGX TH 2001 SILVER BE 1800CCBARANG BAGUS SIAP PAKAI;08127265999INOVA 2006 AKHR G A/T SLVRJOK KLT BE KOND.TRWT SGTBGS NG HB.081808700808SOLUNA ’02 BE,BIRU MET,ACDGN, JOK KULIT,PJK PJG,REMOT, SSYS; 081379459016LX ’03 BNSIN BE ORI LUAR DLMVR BR ADA TV FULL SOUNDPEMAKAI; 081369378950KJG KAPSUL LX ’99 AKHR BIRUMET, PS, CL, AC DBL, RT, H 84 JTHB 082177560521AVANZA G ’05 BE KDY, AN SDRIPJK BRU, PAKAI SDRI, 111JT NGHB 081977183219AVANZA ’07 VVTI VR BR CL WPRBLK HTAM BEKDY PKE SDRI111JT NG HB. 081369439904INNOVA G ’05 M/T SILVER TG1EXT&INT ORS MLS ISTMW H148,5 JT HB ;0811796461INNOVA V DSL ’05,HTM BE PJKPJG AC DGTAL ABS,GOOD CON-DITION ;081378130799JUAL CPT HARI INI KJG SX ’03PSAC RT VR MLS 93JT PAS AN.TG1 ;081279585499INNOVA G’05 BE M/T SLVR METTG1 EX&INT ORS PJK BRU153,5JT ;081272892007KJG SPR GRAND ’95 B VR16 ACDB PW TAPE CD MRH MET INTFULLLT ISTMW 085357 109696KIJANG SPER ASTRA 90 BEKDY,VR,AC DINGIN SIAP PKAI46JT NG 081279543377KJG ROVER ’89 BE KDY ACDBPS CD VR MSN CDI 45JT;0853 78767258 JL.WAYRAREM 21 PHMNSGX 01/02 MRH ACDB/PS/VR/DVD-TV/BAN BR PLAT BR MLSBU;07217902468JUAL CPT AVANZA 1.3 TP W.KUNING MET HRG NGO ;07219785656/08154037479AVANZA G SLVR’09 KM 44RB PJKBLN 5 BE KDY TRWT KHSUSPMKAI HRG NG 08127210199KJG KPSL SX ’97 BIRU AC CD BDIFUL KLG DLM FUL ORI 77,5JT NG085214080909STARLET KPSL ’91 MRH METB,AC,RT,VCD,CL RMT PS BR 48JT;081279144119CAMRY 2,4 G ’04 MNL HTM D,FULL ORI DP 70JT NG ANG 4,5 X25;081379528989/0857680 26488INOVA’05,HTM,G,MATIC,B,SIAPPAKAI,HUB.0721-7468000/087899535569LSX’01,BIRU,BE,DBL BLWR,TV,SYD.STM,VR,S.PAKAI,HUB.0721-7468000/087899535569AVANZA G’04,B,GOLD,M/T,PJKBR,KOND.PRIMA,H 108 NG081933592011RUSH G DES’07,KM58,BE,HTM,MLS,TGN 1,165JT NG 7360404/0812 72512777KJG PU ’90 JL.RATU DIBALAUDPN CHANDRA MINI MARKETTJ.SENENG HERUCROWN ’93 M/T ORI BODI ISTMWPJK PJG KHS PMKI ;08127934085

Page 7: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

Waahhh..sudah laku!!!JUMAT, 17 FEBRUARI 2012 7

AVANZA SLVR MET ’11 BLN7 KM6000 ;085378708734VIOS ’03 MNUAL GOLD MET PJKBRU BRG BGS 114JT NG;085366022939/7308612VIOS MATIC 2004 B SILVER PJKBLN4 KOND ISTMWA 123JTHB;081369000250JUAL CPT LGX ’02 DSL BE WR.MERH MET PRBDI HRG 128JT TP7160888KJG GRAND ’96 HIJAU 75JT MLSISTMW ;082178233339 PKI SDRIKJG KPSL ’01 EX BANK JL.RATUDIBALAU GG.KASBUN 14B08127922541LGX 1,8 ’01 HTM BE VAR CD DVDTV BAN BGS MLS L/D HUB;085669734488KJG ROVER ’94 BE AC PW PS CDDVD TV S.PKI 55JT NG ;08127907738KJG KPSL SOLAR ’97 HRG 87JTHUB ;085229044502STARLET KAPSUL TH 90 BELAMP BIRU MET MULUS 43JT;HUB 085368333137GRAND EXTRA 96 BE LONGORSINIL CAT MLUS HRG 73.5JTNG;HUB 081272078707KJG JTN ’90 BE 5PINTU HTM FULLGRAND LKP ;0816409495JUAL KJG LGX ’03 AT BG 110JTNG BRG BGS HUB ;08127271117KJG PU TH03 BE ORI/KLG MLS85JT NG HUB.082179742442

KJG KPSUL DISEL PU 97 BIRUMLM BE KDY AC PS 67JTNG;081279767561KJG LSX 2003 ABU2 MET BE HRGNG HUB.081271807769AVANZA G ’08 SLVR BE KDY MLS134JT NG HB.081272801999KJG SX ’99 BIRU PJK BRU BEKDY TG1 DR BRU ORSNIL CATMLS 085267468888KJG PU DISEL ’01 BE KDY PJKBRU AC VR PS MLS BUNGET;081366 9 604741KJG KPSL LGX ’03 SILVER KONDMLS PLAT B,NOPIL ,HB ;081379149188 L.PKJG SPR ’96 PJK BRU HRG 67JTNG ;081279239808KJG 92 ASTRA 6 SPD ABU2 BEAC VR CD ORS 54JT HUB.082185390876KJG ’90 HIJAU BE KDY PJK PJGAC BR VR AN.SDR NGO ;08153059377COROLLA DX ’81 AC DGN INTE-RIOR ORI VELG RACING 18JTNEGO; 082185567915TWINCAM ’91 AC TAPE VRBR PSPW MIROR HRG 47,5JT ;085369430949INNOVA ’08 PLAT B,SLVR METEX.WANITA HUB ;085279848540/081320129922LGX ’97 BNSIN ,HIJAU BE KDYBODI CAT MLS INT RAPI ;08127924740

KJG LSX 97/98 BNSIN BE KDYSILVER ACDB PW;085269082227KJG ’90 ASTRA AC TAPE REMOTVR BR SIAP PKI;081379713636KJG ROVER ’92 BE ACDB VR RT6SPEED 36JT NGO;0721.9011449AVANZA G 08 HTM ORISINIL,ISTMEWA KM RNDH PMKAI HB085269359292 TPKJG LX SOLAR ’97 MERH MLSORS AC VRBR PASTI COCOK;082181312930JUAL CPT STARLET ’91, 1.3 BEKDY ;082180537161LGX ’97 HIJAU MODIF KUSUSP’HOBBY ’93JT ;081278377714INOVA G LUXURY 08 BE SILVERKM 30RB BAGUS;081369014088INOVA G 2,0 TH 05 SILVR BE JOKKLT,KF,V-KOOL 081287688989INOVA V.2,0.08 BE PJK BRULIGHT GREEN 085888338989INOVA G.2,0 09 AKHIR HITAM KM

RNDH 081287688989

TIMORTIMOR 2000 BE KDY HIJAU AN.SDRI, SDN OPEL OPTIMA SPORT 97 BE KDY HTM,CARRY 1.0MB 89 BE KDY BIRU,HND CIVICEXCELLENT 81 BE KDY MRH,NG;0811726094/08127912801DOHC ’00,BE,CKLAT MUDA MET,MLS SPRTI BR,PJK BR,BAN BR,DVD USB,ISTMW,53JT/DP19 JTANG 1,55X35 HUB.085269 680000

DOHC97 BE KDY HJ PJK HDPPRBD VRBR PW PS SL AC DGNMLS NG;081369185858TIMOR PMKIN ’99 HIJAU PJK BRUDVD ISTMW CAS 45JT/DP 15JT ANG1.3000X35/1,646.000X23 ;7913842DOHC 97 BIRU TOSCA ORS TDP17JT ANG 1.315RBX35 BLN;PH.0812 7 3384488SOHC BE KDY MRH HATI AC VRBR CD S.SYS ORSNIL L/D NGO08127903581SEDAN TIMOR ’96 AKHR S.515IHIJAU BE PW PS RT AC H 37JTHB 082176802829DOHC ’02 SILVER 57,5JT NGISTMW HB;082178233339 PKAISDRI

OPELBLAZER MONTERA 00 MERAHMET 100% ORS DP 15JT ANG 1.818RBX35 PRS CPT;08127 3384488

BLAZER DOHC ’01 BIRU TUA METBE KM RDH AN.SDRI ISTMWANG ;081393596666

BLAZER MONTERA 00 MERAHMET 100% ORS DP 15JT ANG1.818 RBX35 PRSS CPT;081273384488

ANGKUTANLESTARI JAYA EXP.MLYNIPGRMN BRG/PINDHAN ARMADABOX BDL-JKT-BDG PP HB;7449595/08117210105

KIACARNIVAL’00 M/T ABU2 B ORIS.PKI CAS 59JT/CRDT TDP 45JTANG2,5JTX7 082185393581

CARNIVAL ’00 B MTIC ABU2 MLSAC DB VR RT 2 AIRBAG JOK KLTINT MWH 54JT; 085369816004

SHUMA AT 2000 PUTIH SUNROOF S.SYST DBL AIRBAG ORICPT DPT;085269172345

NISSANINFO NISSAN BR/2ND LIVINA,XTRAIL JUKE DP.15% BNGRDH,CPT HRG MNGKT HB.MIRZA7410333-08127975725

SERENA ’04 COKLAT ABU2 A/TTV3 ,CAMERA PARKIR,ELEKTCDOOR TP ;085664701994

JUAL CPT TERANO S2 TH04 BEHTM FW AUDIO BAN GENDONG117JT NG 081369146311

NISSAN TERANO’03,HITAM,FULLAUDIO,BE KDY,HUB.7358637

TERANO SPIRIT ’01 AKHR SIL-VER PJK BRU MLS ORI 105JT NG;081369123128

JUAL CPT GRAND LIVINA 1,5 XV MANUAL BRG ISTMWA ;08157750571

GRAND LIVINA XV’08,BE.M/T,HTM,BRG BGS,KM RENDAH,081933592011

X-TRAIL XT TH 09 HITAM BEKODYA 081287688989

OVER KREDITOVER KREDIT TIMOR ‘97.SOHIJAU, PLAT B, PAJK HIDUP. AC.MULS BAGUS, DP 18 JT HUB.0721 7167902 , 0852 13856129PHANTER NEW HIGRADE 2000GOLD BE KDY MSN SHT PJK BRUOVER KRDT DP 39JT 16BLNX3, 085JT HB.081271865030/081369999666FORD RANGER 07/08 BAN33 MSNSHT S.PKI DP 70JT ANG 4,8X30;085369950888BALENO ’04 NEXG BE MLS DP 36NG ANS 2.170RB X 40BLN;0816409917-081379451111TERANO KINGSROAD F1/K2 ’05HTM SLVR GNTI DP 80JT NG ANG3,7JTX30 BLN ASS ALL RISK;081957232567FUSO 2004 BE KUNING BAKKEMBANG BESI PLG DP 150JTSISA 24X8.667RB;081379154567ISUZU NKR 71 HD E2 ’11,MITSCOLT DSL FE74 ’08 HRG NGOHB;081279242012/082185185631SIRION DRIFT AT HTM ’11 OVERKRDT CCLN 8,CKP GNTI DP;08154160743/082175980974AVANZA 05 HTM BE 83JT NGSISA AGS 17X2.510.500 ASRSIALL RISK;085366885364TERANO KINGSROAD ’07 BE SVRSDH12BLN ANG 2,4JT 38JT NG;08127921509BMW 318I ’97 KONDSI S.PKI MLSANG 1,9X25 BLN ;081368038388

RUMAH DIJUALANDA BLM PUNYA ?RAGU DGKUALITAS RMH?BINGGUNGPLIH LOKSI ?KPR RUMIT?KMISIAP MMBNTU ANDA BNTUKHRG RMH ANDA YG DITENTUKAN ;082179193222DJL RUMAH BARU 2 TNGKT CITRAGARDEN OLIVINE TNH 90 M2/ BGN100M2. 3KT,2KM,AC 2X 1/2 PK. 1X3/4 PK AD KT PMBNTU+ KM R.MKN,R.TAMU, DAPUR SRTFKT,IMB AIRPOM. LSTRK 3500W, CANNOPYHRG 500 JT NEGO 0811 723818DIJUAL RMH KOMPLEK JAYAPERMAI C-16 JL.P.MOROTAILGKP DGN ISINY, LT/LB.150/100,4K,2KM, 3AC, PEMANAS AIR HUB.081379358133RMH JL UNTUNG SUROPATIPERUM PANORAMA ALAM BLOKE1 NO 2 TYPE 90/150 2KT DLLKRMIK LSTRK TLP AIR AC NG;085366129694DI JUAL/DKNTRKN RMH 2LT JLA.RAHMAN HAKIM NO TR 7 WHPLOK PGR JLN 2JLR WHP LT/LB243/190 SHM; 08127912838/08154074237RMH SIAP HUNI,LT-LB 400M2,JL.PURNAWIRAWAN GG.SWADAYA 10A GUNTER,HRG 550JTNEGO,HUB.085279320850RMH JL.KAMBOJA 3 LAB.DALAM,LT.900/ LB.260M2 5KT 3KM S.BORLIST 1300W GRSI PISAH RMHINDUK ;MINAT HB 085383844422RMH TINGKAT MEWAH BARU4KT SGT MMUASKN JL.SUKARDIHAMDANI PALAPA VC.LABUHANRATU;HB 081379454457/081541512903

LT.140 PERLUASAN TP 36 SHM,2KT,BOR, 1300W, JOGLO,FULLKR MIK, 2 LMP GTUNG H.NG; BINTARA 2 BLK D/1 SKARAME7350971RMH T.36 PAS POJOK PRUMK.SEPANG INDAH BLK D 2/5,KDTON BL,3KM,RT,2KM,LIST1,3,S.BOR,GRSI AMAN ;0721.771697/7528800RMH BARU GRIYA SEJAHTERAGG.PU/LABUHAN RATU DKTSKLH RAIHAN INTRNSIONL T.75LT.140 MNIMLIS STRTGS ;082183839594/085279786362RMH LT.700M BGUNN 156M,SRTFIKT JL.P.DAMAR GG.MADRA SA H BLKG PRUMBOUGENVILLE 1 ;081369695538RMH PRUM KORPRI LETAKSTRTAGIS LT;600/LB;350 HUB;081369347755/081369347766PERUM GRIYA ISLAMI BLOK A/5BLPP RJBS T.45 LT/LB 195/75M22KT 3KM;085319560202RMH PRUM PURI SEJAHTERA H.MENA BLOK R 5-6 LT.130 LB. 100M2 SDH REHAB TTL NG 7373757RMH SIAP HUNI 3KT,2KM,S.BOR,LT FULL KRMK ,KEC,RJ.BASA 245JT NG ;081272499499RMH BARU TIPE 85/127 MINMALIS PRUM PALEM2 JL.R.GUNAWAN2 R.BASA HRG NG ;082178972009/081379093609 TPRMH PRUM SERVITIA TAMANKOTA BARU JL.H.SAID2 NO21 ATJ.KRG BDL ;081280528855RMH 4KT,2KM,GRSI,S.BOR 2LT,JL.KOPI SLTN3 NO95,DKT PSRPRMNAS WYHLM.0853 78708734

TP RMH SHM LT/LB 1.465/400JL.WAY UMPU NO1 PAHOMANSTRTGS 08129401382RMH LT.309M/LB 200M 4KT,2KM,GRSI 2MBL JL.HARIMAU KESATON NGO ;081369020740RMH SHM JL.PAGAR ALAM GG.KELINCI NO,16 BDL LT.633 HB ;081957410875/082183147575RMH TKT2 BTN III W.HALIM.1.JL.RAMIN TR1-6A LT/LB 90/84.JL.AGATHIS TR1-6B LT/LB 154/144 HUB ;0721.788538

RMH VILLA BKT TRTYS CA3-6DKT WATERBOOM, U/INVSTSI;085377951652/7503766

RMH BR MNMLIS TIPE 65 LT90M2PRUM METRO INDAH STRTGIS250JT NG BS KRDIT;085378060158

RMH ,3KT,2KM,FULL KRMIK,S.BOR,T.PRASANTI B8/4SUKRME ;0816409495

JUAL CPT BU RMH + KOSJL.CENGKEH LT823 LB.500 SMRBOR HRG NG;085384413350

RMH LT/LB 150/110 3KT 2KM ACBOR S.HUNI GRIYA SUKARAMEBLOK B ;085366623303

RMH 6KM,LT/LB 126/114SIDODADI ASRI KEC.JT.AGUNGLS. H 55JT /085669209077DIJUAL RMH BEDENG 7PINTU,FASLITAS KOMPLIT,LT;360M2 HB;085268200202/085357911154RMH JL.P.U GG.LAMBANG NO 40HUB ;082176433262RMH LT,284M SHM PSR.TUGUBDL 2LT BS TT MBL ;081379228679

RMH JL.KS.TUBUN PAHOMAN L430M 925JT ,2KT,1KM ;081387780123RMH BKP KEMILING BLOK 1 L160PAM ;081387780123

RUMAH DIKONTRAKKANDIKONTRAKKAN 3 KT,PGR KLLNG,GRASI,2 TRAS DI JATI MULYO 7,5JT081272012201 ,085313502998RUKO BRU 3LT JL.KIMAJAWYHLIM SPG BANK CIMB NIAGAMIKRO LAJU/DPN SKLH TKALAZHAR,AIR,LIST; HB CHANDRA08128330693/081279741877/242717RMH STRTGS 2KT,GRSI HNY 8JT/TH(TRMSUK LIST+PAM) PERUMWN.ASRI JL.W.KMBAS;082180541143RMH 3KT.1KM,JL.T.UMAR GG.KANCIL NO38 KDTN ;08217804090 4/07213640904RMH 3KT,3KM,DPR,R. KEL.R.TMU, LOK PRUM PAGAR ALAMRESIDEN/GG.PU;081271100716RMH 3KT,2KM,RT,RK,FAS TLP,JRT PUMP,HAL LUAS,JL SULTANHAJI KDTON 081384251125RMH JL.IMAM BONJOL GG.NANGKA NO.20 B.LAMPUNG HUB;081369075004RMH JL. PROF.M.YAMIN RAWALAUT FASILITAS LNGKAP HB.081272789000DSWKN RUKO 3LT JL.G.MADA90E DPN INDOMARET ;081278377714RMH 2KT,1KM,JL.WAYKANANNO53 PAHOMAN ;081387780123

RUKODJAUL RUKO 3LNTAI JL.SRIWIJAYA DPN GOR SABURAI UKR4X16 SISA BLKNG 3M & RUKO2STGH LNTAI JL.CUT MUTIANO.3D SMPG ALFAMART UKR7,5X14 HUB.081369792222RUKO BU 3UNIT 3LT SHM,(@5X10) H.WURUK KEDAMAIAN;255833/08129348681 NO SMSRUKO 2LT PERUM PERMATAASRI KARANG ANYAR LT/LB 80/150M2 125JT NGO 081369085692DSWKN 3PINTU 2,1/2LANTAIJL.TEUKU UMAR NO 300BSMPING PTPN7 ;0811724031D KNTRKAN RUKO 4X15M 2THN26JT, JLKAMBOJA NO 50 DRETAN BUDILUHUR HB ZAINUDIN; 08136 9051112,

TANAHJUAL TNH LS 4.772M2 AJB AN SDRIJL.W RAHAMN SPG PT.TRIPANCABATU PUTU BDL ;7527519TNH LS;5000M2 SHM,ADA RMHNYA 70M2 & KOLM PMNCINGAN2500M2,LTK PGR JL.RAYALINTAS SUMATERA DESA LUBUKLUAR KLIANDA,LAMSEL,H 200RB/M2 NGO HB;081369488004DJUAL TNH PRUM VILLA MARINA- SUKABUMI BDL 300M DRPOLSEK SKBMI LT 200M SRTFKTLOK SGT STRTGS HOEK&SMPGGRBG MSK PRUM (GRTS AJB,BBN,& BPHTB).087899361398DJUAL TNH +/- 1600M2 JL.AMDTIRTA RIA GG.ROSO WY KNDSRP.125/M2 NG TP HUB HERMAN;7553576/085789602008 NO SMS

DIJUAL TNH DI PGGIR JL.RAYAJL.SOEKARNO HATTA BYPASSKEL.RAJABASA RAYA SHMLS.1050 M2 CCK U/USAHA;HUB085269609326JUAL TNH SRTFKT 12X36.5M=165JT,12X33,5M=145JT JL.MATAAIR KEL.PINANG JAYA ;087899229772/08127247827TNH PEKARANGAN LS.325 M2 DESASIDOSARI KEC.NATAR KAB.LAMSEL,SURAT2 AKTA JUAL BELIHRG 40JT NG;HB 082179745541TNH BEKAS SWH UK;40X25M=1000M2 SHM DIKOMPT PRASANTI SKRME NGO TP;082180535549/081369020093TNH SHM 3000M2 VIEW DKTL.PURA &KBN JATI 9TH 3200M2DKT BLBONG NG ;082184290342TNH SIAP TNM 4HA,SDH DTNMIJABON 300BTG,DS.GEBANGPDG CERMIN NG ;085764647494DJUAL TNH 3450M2 JL.RASUNASAID DKT BANK BUKOPIN HRG1,75/M SGT STRTGS;08536 9950888DIJUAL TNH SHM LUAS 360,5 DIJL.ANTASARI GG.WARU 1 HUB0721.3524115 RUDI

TNH LS ;520M2 SHM/LETAKSTRTGS PGGR JLN (DKT UBL)HRG NG 081272414323TANAH 400M ADA 3TEMPATLOKASI TJ.SENENG HB;08526820 0202/085357911154JUAL TNH DI CITRA GARDENLOK .BRENTWOOD 8X15M C11NO3 ;0721.9787878 SANTITNH 400M2 POS HUX SIAP BNGNJL.PERSADA II LWT JLR2 PRUMKEMILING PERMAI;0812724 14977JUAL CPT TNH BKS SWH 226M2SHM KT.SPG DKT GANESHA ,IN-VEST 55JT NG 08127912260DIJUAL BEBERAPA KAV BID.TANAH UK 10X15=@25JT;600M2=55JT; 1000M2=155JTHB.085841460033DJUAL TNH 400M H.100RB/M NGLOK. KARANG SARI/KR. ANYARLAMSEL;HUB 081272229192DJUAL TNH 680M2 15 KAUMANMETRO STRTGIS BRSRTFKATHRG.160JT NG. HB.085378060158TNH DIJUAL L.40X15M SHMJL,NUSANTARA7 (BLKG RDARLPG) 150JT MINAT;085269123835

TNH LS 2200M,LOK T.SENENGBLKG POLSEK T.SENENG 650JYNG ;08127921509JUAL TNH LS 6000/M2 JL P.ANTASARI DKT CUCIAN X BLOKHRG 1,5JT/M2 HUB 0811799899DJUAL TNH KBUN SHM LS 3,3HALOK DPN PLSEK TNJNGANLAMSEL PNGGR JALINSUM HRGNG;7902468JUAL TNH LS;1000M SHMKORPRI BLOK A HUB ;TINA081272706792JUAL TNH 300M2 LOKASI WAYHUI LAMSEL HUB ;081631 4386JUAL TNH DI BATANG WANGITJ.SENENG LS.300M2 NGO;085273932489JUAL TNH 186M2 JL.WARTAWANGN.SULAH HUB ;082180489727

TOKO DIJUALJUAL CPT TOKO+RMH+KMRKOS BLKG UNILA JL.BUMI MANTINO 36/37 KOMERSIL SHM;085769462195/085721021800

OVER KREDITRMH PRUM INDAH SEJAHTERA IVTIPE 36,LT.120M2 ,TP ;0812728 99007

TARUNACSX ’99 DP33JT NGSISA31BLNXRP.2165RB HB.HERMAN;085789602008NOSMS

COLT T120SS ’01 MB BE KDYHIJAU MET PJK PJG PLG DP 13JT33X1.150 ;081369724723

CITY 2003 HITAM ISTIMEWA,PLAT B,DP 35JT,ANGS 2.8JT X42 BLN. HUB 081272466604

APV DLX ’10 AKHR BE ABU2 METTRWT MLS S.PKI PJK HDP HUB;085269999971

PANTHER HIGRADE 5 BG PLGDP 15JT ANG 2.171RBX30;082180683088

BENGKEL MOBILNEW STAR AUTO PENGERJAANSTANDAR DEALER MNERIMA SER-VICE MOBIL EROPA, JEPANG, KO-REA. O/H ENGINE, C.LOCK,P .WIN-DOW, GANTI OLI, AC, PERSENELLING ,GARDAN, SPAREPART, KOMPUTER DIAG NOSIS,ALAMAT JL MR GELE HARUNNO.10 R.LAUT PAHOMAN; TELP.263959, EMAIL: [email protected], EMERGENCYCALL:263959 (HOME SERVICE)

MOBIL DISEWAKANCV.SRIKANDI SEWA HARIAN/B L N N , A V N Z A , I N O V A ,FORTUNER,PAJERO, DOUBLECABIN,CAMRY,A LPHAR D,MBLPGNTN;08136 9695051

MOROTAI RENT CAR INOVADSL,AVNZA,EX TRWT 0812720353 41/08154010341/0721.7444382

PUTRI RENTAL SEWA KJG04,AVANZA 07,INNOVA 07;HUB786074-706332- 081369228648

RIN’NIE RENTAL, XNIA,INV,APV,KJL KPSL,PHNTR200-300RB7470530 / 08127930144

PONDOK INAP ANTASARI/PGNPN& HOMESTAY &KOST;HARIAN/MIGGUAN/BULNN,FAS;AC,TV,KM DDLM,PRKRLUAS,AMAN ;082183437171/0721-3651116 JL.P.ANTASARINO171 BANDAR LAMPUNG HRGMULAI DARI RP 75.000/HARI

ANGKOTJUAL CPT ANGKOT TRACKT.BTG FUTURA 15 ’02 MSN BODIBGS 25JT NG;7503690/780368

MOBIL PENGANTINDSWKN MBL MERCY NEW EYESW.SILVER,DPT DISEWA HARIAN.MINAT HUB.0721-7361700/0811728 117

DSWKN MBL CAMRY U/ MBLPGNTN HB;081379366669/0813690 86666

DISWKN MBL MERCY E CLASS’06,HTM, DPT DISWKAN HARIAN:085382240903.

Page 8: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

Waahhh..sudah laku!!!Waahhh..sudah laku!!!8 KAMIS, 16 FEBRUARI 2012

ANEKA KEBUTUHAN

ASPALJUAL ASPAL ESSO SHELL PRTAMINA ARAB ANTR ALMT HUB0721-709520/0811790620

PIJAT TRADISIONALVIVI URUT TRDSIONL,RFLKESIDLL,TRMA PANGGILAN; 085267904681/081933591789/7179066

PIJAT RFLEKSI URUT TRDSIONLJL.P.ALAM (GG.PU)PRUM GRIYASJHTERA BLOK B/1 ;082184703889

PIJAT, URUT, LULUR PERWATANBISA PANGGIL HB NISA;082181823301

TIARA URUT TRADISIONAL REFLEXI DLL HB.085377953500 TRIMA PGGILAN

PARTISI PAMERANDSEWAKAN PARTISI U/ PAMERAN /EXPO BRBGI UKU RAN;0721.7188776/08127271087 6

SCAFFOLDINGRENTAL SCAFFOLDING : MAIN/LADDER FRAME,CA TWALK,RODA TANGGA J BASE U HEADPIPA STOOD, SUPPORT,CLAMHB.082183331155/7140828

MESIN PENTOL BAKSOMESIN & BODY FULL STAINLESS,BISA CETAK BAKSO 18RB PENTOL/JAM UK.BAKSO DIAMETER1.5-3CM HRG 7.5JT NG;085383555580

PLAFONSPESIALIS PLAFON PVC HUB;081369095817

AQIQAHSEDIA KAMBING AQIQAH+MASAK ;7448380/081272354984/081540802586

NUGGET SAYURNASAPLUS NONMSG,TNPPGWT, (WRTL,BYM, DLL) 12RB,SIAP ANTR,081379483250

BEAUTY SKIN CARE 085789944804,CREAM DOKTER&PRWTN(WHITENING,ACNE,DLL)DLM 10HARI WAJAHMU KMBLI CANTIKDG HRG TRJGKAU

KUNCI & RELKUNCI DN REL GRSI,PLGMURAH! BNDGKN DLU BRU BELIKN CI KMPLIT 65RB,ENGSL JNDLA 8RB,ENGSL PNTU 10RB,ENGSL STENLIS MLAI 15RB,GRADINO 60RB,BDY SOLID 90RB,RELTIKUNG 550RB,P.BESI 2JT/DAUN;081369229729/085379688829/268399

FOGGING DEMAM BERDARAHDEMAM BERDARAH? HUB KAMI;MOZA REST CONTROL ;0721.7884 76/0721.7475036/08137 9693789/081929998885

WALLPAPERSEDIA MOTIF TRBRU MNIMLISKLSIK DAN ANAK CITRA INTE-RIOR 482435 LAKS .MALAHAYATI26 T.BTG

CCTVCV.KARYA JAYASECURITY SPESIALISTCCTV & SECURITY SYS-TEM MURH BRGRNSI JL.RA. KARTINI 52;257209/081279131444

BADUTHIBURAN BADUT TUNAS JAYABADUT, SPONGBOB,PETRIK,HRG DR 150RB MC,DEKORHB:7505935/081279322335

ACPRATAMA AC MNRIMA CUCI ACSRV CE RPAIR BNGKR PSG ACRMH/KNTR; 7469778/081379601095ROMA AC;MNRIMA BGKRPSG,SRVIS,CUCI,BRGRNSI;3616596/081279499011

OBATOBAT TELAT BULAN, ANDATELAT BULAN?? PRODUK IM-PORT UNTUK TELAT BULANAMAN DAN BERGARANSI HUBUNGI APOTIK SINAR FAJAR JL.AMPERA 88 B. TANGERANG TLP085330091112, GARANSI LUAR KOTA, OBAT DIPAKAI BARU DILUNASI

LANGSING DAN SEHATHERBAL JUZ RASA ESKRIM,NAIK/TRN BRT BDN 5-30KG,GRNSI 30HR UANG KMBLI ;AIZ085781300401/7914423 KNSLTSIGRTS

AYAM BANGKOKPUSAT BUDIDAYA AYAM BANG KOKJUAL BIBIT & JAGO TELP. 7552388

ARSITEKTURPIRNANDO ARCH BANGUNANKOMERSIL, KANTOR, RUMAHDLL 2D,3D,ANIMASI, MAKETRAB;082181433450/9792303

GRIYA ARCH ,MRNCG BGUNNRMH TINGGAL ,KNTOR, R.USAHA,2D&3D RAB ;0721.268931/08531410405 TARIF NEGO

TRM JASA BORONGAN (UPAH+MATERIAL) PEMBNGUNAN RMH& RUKO DESAIN GRTS ;085382791799

STUDIO ARSITEKTUR DESAINBNGUNN GBR VISUAL 3D,GBRKRJ ,RAB 082178691657/08197112017

OASE ARSITEK,BRPGLMN MERAN CANG BGUNAN RMH TGGL,KANTOR DSB;HB 081272634488

@ARSITEK MERNCANG BAGUNAN RMH & KANTOR DLL HUB;085658405328

BIRO JASAADILA PRIVAT MENGEMUDIDIANTAR JEMPUT HARI MINGGUBISA;3663463

COMPUTERROY KOMPUTER JUAL/BELI&SERVICE ;085273881562,ALMTDPN KTR IMIGRASI KLS 1 TELUK

KURSUSKURSUS LUKIS DGN TNGAP R O F E S I O N L & B R P G L M NNSIONL&INTRNSIONL,BKA KLSTRBTS 7335255/08197906735

PRIVAT AVICENA SMW PLJRN,MNGJI,TK-SD-SMP-SMA, UMUM,GRU DTG KRMH HMT&BRKWLTSSIAP UN ,SMSTR ;7503406/081539472637

BINTANG EDUCATION SMWPLJRN TK,SD,SMP,SMA,UMMMGJI,GRU DTG KRMH PROFSNL&SBR SIAP UN SMSTR ;3667558/081369277269

PRIVAT PIANO/KEYBOARD/DRUM GURU DTNG KE RUMAHHUB. DAVID 7530201/081933592114

HEWANJUAL ANJING CIHUAHUA WRNAUNIK TATO&SURAT ;081369600098

JUAL AYAM KETAWA DAN AYAMSERAMA HUB ;085669789111

JUAL AYAM KETAWA DEWASADAN ANAKAN HUB ;085366888885

SALONSARAH SALON CLEOPATRALULUR MASSAGE URUT OILREMPAH BOREH BAGIAN INTIMPRIA WNT JL ANTASARI DPNPOM BENSIN LAMA GG TOBARI081957194666/07217367676

DEBBY AYU,RIAS PNGANTIN,DKORASI, TENDA,CATERING,SOUVENIR: 085382240903.

WEBSITETERIMA BIKIN WEBSITE HUB;081378322207

LOWONGAN

FOTOCOPYPOLIM FC.(CV.HCJ)JL.P.EMIRM.NOOR BLOK B/10 T.KRNGJUAL MSN PHOTO COPY MERKCANON BRBGI TYPE&SPAREPART TRKOMPLIT,RENTAL, TEKNISI PURNA JUAL GRANSI SERVIS ;07217443777/08137967177

JUAL USAHA FOTOKOPIAN (LKPDG PRALATNYA) LOK JL.LEMBAYUNG KODYA METRO (DKTKMPUS) HUB ;082185376767

RUPA-RUPADJUAL CPT!BEKAS PERALATANKANTOR, MEJA BIRO,RAPAT,KURSI DIREKTUR,SOFA,KNDSI80%;0811722709/082126567985

JUAL POHON KURMA TINGGI /+2M ADA 20BTANG HUB;085279900609

KEHILANGANSTNK R4 BE 9241 BO NOKAMHFC1JU4050018325 NOSINWO4DJJ27736 AN. MITRAMAKMUR SEJATI

STNK R2 BE 8944 AC NOKA MH1MC21167KO45089 NOSIN MC21E1045679 AN. AP.SUHARYOKO

STNK R4 BE 1439 LC NOKAF50RV926570 NOSIN 408179 AN.LOEDI RATRIANTO

STNK R4 BE 2144DN NOKAMHKV1AA2JB101174 NOSINDP45330 AN ACHMAD GANI

STNK R2 BE 5462 YE NOKAMH8CF48NA9J114488 NOSINF4A9ID114431 AN. LEO NARDO

STNK R2 5781 AG NOKA MH1HB61137K230129 NOSIN HB61E1223070 AN. ABDUL WAHID

STNK R4 BE 1552 LP NOKA954231 NOSIN 936219 AN.IR,K.CAHYO UTOMO

STNK R4 BE 4907 GA NOKA4030007508 NOSIN 16763 A/NAHMAD SUTIKNO

STNK R2 BE 5751 YD NOKAD61469 NOSIN 1060572 A/NRESDAWATI

STNK R2 BE 6309 EC NOKA430736 NOSIN 430185 A/N WIWINSAPUTRI

PENGOBATANWIDI MANDIRI MELAYANI TERAPIMENTAL, INSTAL OTAK, TRAUMA, STRES, TAKUT, CEMAS,HALU SINASI,KURANG PD,PROBLEM SEX,HOMO/LESBI,KEBIASAAN BURUK, KECNDUAN, SULITN TIDUR/JODOH,ASMA, MAAG,JANTUNG,D ARAHTIN GGI,STROKE, MANDUL+999PROBLEM LAINNYA;HB 081272002000/7477333

ANDA TELAT BLN&LNCR HAIDKINI ADA SOLUSI CPT&TPT,CKP1XPKAI DLM WKT 3JAM DJMNLGSG LNCR 100%,TNP EFEKSMPNG.082169071222

AKUPRESUR,TERAPI SEGALAPENYAKIT DTG KERUMH,HUB;UMI 08972650055

GENSETJENSET MEREK FIRMAN, BENSIN,TIPE 8800,KONDSI 95% HB;0721.7544574

ELEKTRONIKSCOND FREZER PNSONIC 1PNTUBRU 2BLN+KULKAS SHARP 1PNTU:082181684111/7174870

TOP TVBRLANGGNN BERBYRBRKWLITS TOP TV, OK VSION,INDOVISION DLL;085378772004/0816407612

ANDA BUTUH DANA CEPATSIAP DANA 5JT-1M U/ JAMINANBPKB MBL-MTR / JUAL BELI MBLSECOND CASH CREDIT BUNGAMURAH 4%-7% / TH,HB; 3611356-0811721452 BANK RESMI

SERVICEJIMIN SRVICE PNGGL SLSAI DTMPT, EX TEKNISI PABRIK, GRANSI TV, KULKAS, FREEZER, M.CUCI,DLL,TLP 7412242, 7362224

CUNCUN SERVCE AHLI KULKASAC,SPLIT,MSN CUCI DLL;7488505/081933581650 GRNSI 5 BLN

MAKMUR SEVICE PGGL KULKAS, FREEZER,MSN CUCI, P.AIR,DSPNSER;0721.7534603 GRNSI

CAHAYA SERVICE PGGL; KULKAS,MSN CUCI,FREZER, DISPENSER,TV ;7506579 GRS 6BLN

SURYA SERVICE PNGGL POMPAAIR MSN CUCI KULKAS DIS-PENSER HUB; 07217387402

PUTRA SOLO SERVICE TV,PARABOLA PASANG BARU DLL.HU.07213699988

AGUS SERVICE PGGL ;TV HUB;0721.7506579 GRS 6BLN

SERVICE ACSPESIALIS AC,BGKAR,PASG,SER VCE,JUAL / BELI SECND HB:KARUNIA AC 081369550834 /7147771

ANUGERAH TEHNIK SERVICECUCI AC BGKR PSG PRBIKNBRGRNSI ;0721.7599255/475638

BERKAH AC TRM CUCI AC BGKRPSG SRVICE BRGRNSI TRMURH;3680787/082184911473

GLOBAL TEHNIK CUCI AC BGKR/PSG AC PRBIKN TRMRH BRGRNSI ;7557836/082185000062

SERVICE TVSALIM TV SERVICE TV WRNASMW MERK SELESI DI TMPT DANBELI TV RUSAK 9983488 BDL

MALADY SERVICE TV PGLMN25TH HB;081379416468/771201SERVICE P.AIR & MESIN CUCI

SPESIALIS SERVICE PGGL ,P.AIRM.CUCI ,KLKAS ,GENSET ,K.GAS HB081279544991/07217641093 GRNSI

SANGGAR BUNGALAMPUNG FLORIST HRG 150RBDPT MMESAN BNGA PA2N MEDAN(SW);085279714488 JL.ANTASARI SMPG XBALOK BYPAS, JL IM BONJOL LEBAK BUDI

LIDYA FLORIST TRM PSNAN BGAPPN MEDAN (SW) DISC.25%;082181684111/ 07217174870

ATASI MAMPETASMPRO ATASI WC MMPT,SALAIR,WESTAFEL,DLL ,TNP BNGKR, GRNSI,085378709970

AHLI MAPET ATASI WC MMPET,SAL AIR, WASTAFEL DLL TP,BGKR GRNSI 082178790789

PAKAR MMPET ATSI WC MAMPET,SAL.AIR,WSTFEL DLL TP.BGKR GRNSI;085279256330

P.MAMPET MGTASI WC MMPT,SLRN AIR WSTFEL DLL TNP BGKR HB 085279230782/0721788376

DEPOT AIR MINUMSPESIALIS DEPOT AIR ISI ULANG16JTAN, RO RMH TNGGA &INDSTRI 2JTAN,SEDIA TU2P,TISU, GALON, MEMBRANE, ME-DIA DLL “SINAR TIRTA” JLSOEKARNO HATTA RUKO DCCSIMP. WYHLM WYKNDS TLP/FAX.0721.784287/08156032838

SPESIAL PEMBUATN DEPOT AIRMINUM HRG BISA 10JT,PMSNGNFILTER AIR RMH TGGA,TUTUP,TISU,GALON CATRIDGE HRGDIJAMIN TDK MAHAL HB081322262181/9979950

FILTER AIR:ATASI AIR KUNING,BAU LUMPUR,MINYAK; 0721.784287-08156032838

OBAT KHUSUS WANITAOBAT TELAT BULAN!SOLUSICPT&PST AMAN LNCR TNP EFEKSMPING HB081260046783(NO.SMS)

BIBIT IKANBIBIT LELE+PATIN+GURAME+BAWAL+NILA MERAH HB;0721.7502030

BAHAN FIBERRESIN, MAT, KATALIS, AIROSIL,COBALT, TALK, MIROR, PIGMEN,DLL. ECERAN / PARTAI BSR HUB:RAMA SWARA 0721-251652

SUMUR BORTOPAN SERVICE PNGGIL SLSAIDTMPAT,PGLMN GRNSI SIAP 24JAM P.AIR,TT P.AIR,PLYN SMRBOR,M.CUCI DLL;081272832578

RESTU IBU BOR MLYNI PEMB.S/BOR DAN MNJUAL ALAT2 BORMRH BRGRNSI ;082178328328

KENCANA BOR AHLI BUATS.BOR/S.SIBEL SMPI 150 M,GARANSI JUAL ALAT2 BOR 08136956 8885/081957377716

FARSYA BOR AHLI BUAT S.BORMSN MURAH GRNSI HB ;081279182857/7532257

SALEH BOR,PMBUATAN SMURBOR MSIN,SRVS PMPA AIR,SIBLE; 0816403495

S.U UTOMO BOR MSN SRVIS P.AIR LSTRIK. SUBMERCIBLE.08 1379186720/085269730554

RIZKY AIR BOR SPESILIS BTS.BOR MSN/MNUAL SRVS P.AIR/SIBLE DLL ;085380251983

PIJAT KEBUGARANPIJAT KHUSUS PRIA HUB ;0721-9018971 RONY

SEDOT WCSDOT WC & ATSI MMPET 0721-7400060, 08197973162 BISAKURAS SMUR

BENGKELBGKL MBL WAWAI MTR EROPA,KOREA,JAPAN DPN SAMSAT RJ.BASA BKP O/H ENGINE, TRANSMISI MNL&MATIC P.STRG GARDAN G.OLI TINE UP DLL 081379292493

BGKEL LAS “RIDHO” MNRMAPSNAN TRALIS,PGR KNOPI DLL(STNLISS/TEMPA) JL.SETARANATAR;081369046346

AIRLINES TIKETCARA BARU BELI TIKET PES AWAT MURAH & MUDAH,RE SERVASI VIA SMS/CALL/EMAIL; 085257200944 www.nasionaltravel.com

TKET MRH GRDA,SRWJYABTV,MR.PT.LION AIR ASIA,TKETD.ANTR,GEMA TOUR HB: 0721486100/7467967

TKET MRH GRDA,SRWJYA BTV,MR.PT.LION AIR ASIA,TKET D.ANTR,GEMA TOUR HB: 0721486100/7467967

JUAL TIKET MURAH PESAWATGARUDA & SRIWIJAYA INFO HUB;CV.ARAHMAN;0721-241190

ALAT PEMADAM KEBAKARANPNGDAAN & PNGISIAN JL.I.BNJOL GRIYA I.BONJOL BLK A/NO.5 BDL;260320- 7532433- 0816411233

ALAT BANTU DENGAROPTIK SENTRAL MENYEDIAKANALAT BANTU DENGAR (IMPORT)HRG TERJANGKAU, JL.PEMUDANO. 45(DPN PHOTO INDAH)BDLTLP.252286

DANA TUNAIJMINN BPKB KENDRAAN MBLMULAI DRI TH ’87 KEATAS/MTR’03 KEATAS BUNGA MULAIDARI 4,9% HB;AAN ITEM082579963693/0721.7634040SINARMAS MULTIFINANCE OR-ANG PINTER PILIH SINARMASDANA TUNAI 1M-250M,NO BICHECKING,SHM, INSTRMNBANK/TRM AGEN,082113082185,081904 408705,08211 3082186,082113082184,082113082182

MEKANIK MOBIL MIN STM/SMK,MAX 30TH,HUB ;BENGKEL STARAUTO 0721.263959 PAHOMAN

DCRI PKRJA U/ PRTENKN&PRKBUNAN DI PNDK PSNTREN(BRSEDIA TGL (LAMTENG)SUPIR TRUK COLT DISEL SIM B1MAX 35TH, MIN SMP /TSANWIYAH YG SOLAT 5WAKTU (LBHDISUKAI YG TLH BRKLUARGA&ISTRI BISA MGJR TPA/USTADZ)MINAT SERIUS DTG LSG KEPRUM BUKIT KNCANA KALIBALOK BDL (WWNCRA MINGGU/SENIN) HB ;08154030846

PSNGN SUAMI ISTRI(JUJUR,AMANAH& SOLAT 5WKTU) U/DPKRJKN MGURUS PTERNKNSAPI/AYM POTG.SYRT SUAMI;PKRJA KRS,ISTRI;BS MGJR TPA(USTADZAH),BRSDIA TGL DI LAMTENG MINAT SERIUS ;08154030846,WAWANCRA (HRI MI NGGU/SENIN)DI PRUM BUKIT KNCANA3 KALIBALOK BDL (JANJIAN)

BTH ORG DI DIDIK SBG KONSULTAN NUTRISI,POTENSI PGHSLN1-5JT/BLN P/W FC.KTP+BWALMRN LSG INTERVIEW SABTU18-01-2012 JAM 14.00 WIB,JL.PURI MENANTI NO1,WAYHALIM BDL KTMU IBU TITIK(08159585513)CV.MAKMUR JAYA MULIA MNRMKRYWTI U/ POSISI ADM,KRYWNU/ POSISI SALESMAN TO & MO-TORIST SOPIR (B1/UMUM)&HELPER LMRN ANTR LSG KEJL.CHAIRIL ANWAR NO9 DURIANPAYUNG BDL

DBTHKN TNG PGKS PGLMN HUB;081283653666/07217443534

KONTRAKTOR DERMAGAMEREKRUT LULSAN S1 TEKNIKSIPIL & D3 AKUNTANSI,SYARAT:DOMISILI LAMPUNG,BARULULUS. KIRIM CV,IJAZAH,KTPKE:[email protected]

DBTHKN PRAMU&KASIR P/WMAX 23TH PDDK SMU;SUPIRPRIA MAX 38TH,SIM B1,PDDKSMP;SECURITY PRIA MAX 30THPDDK SMU,LMRN LKP DTG LSGKE JL.TEMBESU 8 CAMPANGRAYA-BDL

PELATIHAN MASSAL ADVANCEHIPNOTIS (HYPNO PARENTING,HYPNO METAFISIKA & KESAKTIAN MAHA DAHSYAT) DI HOTELAMALIA 3-4 MARET 2012HB.085768627777-085377977779

PERSH BTH ;SURVEYOR(CI), COLECTOR(CA)SYRT;PDDK MINSMU SDRJT,MAX 30TH,PNY SIMC, LMRN ANTR LSG KE TK.SKMJL.H.WURUK NO37A KMPNG SWH

DBTHKN HRD (D3),SPV,CS,LUNDRY,DRVER LAM KRM KEPT.CINDE GLOBAL MANDIRIJL.P.ANTASARI GG.WARU1NO59 SKBUMI;784181

DBTHKN 2ORG KRYWTI JRUSANADM & AKUNTNSI BRPGLMNPDDK MIN D1 SINGLE DMSLIT.BTUNG BDL ;0721.480307/485013

UD PATAS JAYA MBTHKN ADML/P S.AKUN,S.KOM,SMK, TKJ, PGLMN 1TH,KRM VIA POS JL.D. MENTANA NO.21 KDTN BDL;705642

DBTHKN KRYWTI SALONDUTMKN PNG.PRWTAN TUBUH;085769831455

DBTHKN STAFF NOTARIS,PRIA,JJR,SPN,RPH,BLM

MNKH,MIN SMA/SDRJT,PNYKNDRAANMTR PRBDI&MMLIKISIM;07217903953

DIBUTUHKAN U/ SPG,PENJAHIT,OB, LAMARAN ANTAR LSG KEJL.P.KEMERDEKMAAN NO.5KOTABARU;252805

DBTHKN SGR 1ORG KASIRDUTMKN BRPGLMN ANTR LMRNKE THE COFFE JL.WAY SUNGKAINO9 PAHOMAN BDL ;484758

DBTHKN MRKTG BID PROPETYP/W,PNY KEND,KRM CV KE POBOX 888/BDLTK/35211A

DBTHKN SATFF HUMAS COWOKBUJNGAN PUNYA MTR LLSNSMA DAN GURU SENI ;085228883606

DBTHKN KRYWN LAUNDRY/CAFE,JL. PURNAWIRAWANNO.11 (ICHAN.COM) TLP.7503766

AGEN PROPERTI NO.1 DI IND,MNCRI MARKETING ,P/W PUNYAKEND ,INCOME TAK TRBTSHUB;257000DBTHKN DRAFTER BRPGLMNMIN 3TH,ANTR SRT LMRN KE PT,JUANINDO PERKASA JL.JENDSUDIRMAN NO 3B ENGGAL BDLPT PLANET INDO ARTA SRNATAR MBTHKN TNG MRKTG,PEND MIN SMP,BRMINAT HB082181897447DBTHKN KRYWN PRIA BUATTOKO HARAPAN JL.SIBOLGA NO43 PSR.TENGAHDBTHKAN TKG OBRAS WNTAHUB.EVA BUSANA TLP.085269282261

JASA UKUR TANAHJASA UKUR TANAH TRM UKURTNH LUAS, KAVLING ,PEMETAAN;081382441872

KESEHATANMAKAN ICE CREAM BISATURUN/NAIK BRT BDN 3-5KG/BLN TNP DIET KTAT&OLHRGABRT,SEHAT 100% HB;MYA 085767799977

HORDENGV E R T I C A L & H O R I Z O N T A LBLINDS KASA NYAMUK U/KNTR&RMH CITRA JAYA 482435T.BTG MLHYTI 26

PERLENGKAPAN PESTABU JUAL PRALTN RESTO DEPRE YER,H ORSNACK ,PRIZER,KURSI,MEJA DLL MINAT HB;081369766000

MARMER GRANITMARMER GRANIT,PEMA SANGAN GRANIT KITCHEN SET,WASTAFEL,TANGGA ,LANTAI, COUNTER,PRASASTI,HB 082178119977

LANTAI KAYUPARQUET&LANTAI KAYUWRN&TYPE TRBR MRH GRNSICITRA INTERIOR LAKS MLHYTITB 482435

Page 9: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

Kenaikan itu juga merupakan lanjutan program reformasi birokrasi. Kenaikan tersebut berlaku untuk semua tingkat golongan. ’’Itu sudah dihitung dalam kese-pakatan APBN,’’ paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Tasdik Kinanto mengatakan, kenaikan gaji pegawai selalu diupayakan pemerintah setiap tahunnya. Meski besarannya hanya 10 persen, diharapkan kenaikan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan PNS.

’’Kalau kenaikan gaji sebe-narnya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup PNS. Tetapi itu harus dibarengi kinerja yang

baik, apalagi dengan adanya reformasi birokrasi,’’ tukasnya.

Mengenai majunya jadwal pencairan, Tasdik mengatakan, itu kebijakan yang bagus. ’’Kan bagus maju satu bulan. Berarti ada bukti kalau reformasi birokrasi memang membawa perubahan pada sistem birokrasi di pemerin-tahan terutama masalah waktu pencairan,’’ katanya.

Diketahui, Presiden Susilo Bam-bang Yudhoyono secara serentak pada 6 Februari lalu telah menan-datangani PP Nomor 15, 16, dan 17 Tahun 2012 tentang Perubahan Gaji Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dengan PP baru itu, kini gaji pokok terendah PNS sebelum remunerasi adalah Rp1.260.000 (untuk golongan 1a masa kerja 0 tahun). Sedangkan anggota TNI dan Polri adalah Rp1.325.000 (untuk prajurit satu dan bhayang kara dua dengan masa kerja 0 tahun).

Gaji tersebut di luar tunjangan keluarga yang besarnya untuk istri/suami 10 persen dari gaji pokok dan anak dua persen dari gaji pokok, tunjangan pangan sebesar nilai beras per 10 kg/orang, tunjangan jabatan untuk pejabat struktural maupun fung sional, serta tunjangan umum untuk yang tidak memegang jabatan struktural maupun fung sional.

Terpisah, naiknya rapelan gaji

ini mendapat reaksi sejumlah elemen. Utamanya untuk institusi Polri. Dalam PP No. 16/2012, gaji tertinggi anggota TNI dan Polri hanya berkisar Rp4.717.500. Ditambah berbagai tunjangan pun, para pengamat kepolisian memprediksi gaji yang diterima para petinggi polisi sekitar Rp15 juta/bulan. Mungkinkah mereka memiliki motor besar dan rumah mewah?

Nah, kondisi ini dinilai berten-tangan dengan kenyataan yang ada. Beberapa polisi terlihat ada yang hidup mewah, bahkan cenderung glamor. ’’Polisi banyak yang mengeluhkan gajinya kecil, tetapi justru kita lihat kekayaan polisi luar biasa. Banyak jenderal

yang tinggal di rumah mewah, punya motor gede, bahkan punya asosiasi motor gede, kok bisa?’’ sentil pengamat kepolisian dari Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane kemarin.

Neta menilai kenaikan gaji polisi tidak akan berpengaruh banyak pada integritas mereka. Pungutan liar dan perilaku korup bakal tetap ada selama fungsi pengawasan belum berjalan maksimal.

’’Gaji itu harus dibarengi sistem kontrol yang tepat, ada reward and punishment yang jelas, selama ini sistem kontrol yang tidak jalan. Polisi-polisi yang melakukan kesalahan korupsi, pungli, tidak pernah ada upaya untuk mem prosesnya,’’ papar Neta.(jpnn/c1/ary)

Ayo.. Sambungan dari Hal. 1

Berikan.. Sambungan dari Hal. 1

Kopral.. Sambungan dari Hal. 1

Tak.. Sambungan dari Hal. 1

Christimore.. Sambungan dari Hal. 1

Siap.. Sambungan dari Hal. 1

Gaji.. Sambungan dari Hal. 1

SAMBUNGANJUMAT, 17 FEBRUARI 2012 9

Uang haram itu digunakan Dedi untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Dia tinggal bersama istri dan dua anaknya di sebuah perumahan di Batam Kota. Selain untuk mencukupi kebutuhan pribadi, Dedi menggunakan uang hasil jarahan tersebut untuk kegiatan sosial di kantor LSM Lintas Nusantara.

Dedi tidak hanya beraksi di Batam. Belakangan terungkap fakta bahwa dia juga menjalankan aksinya di Johor (Malaysia), Bangkok (Thailand), Hongkong, dan Singapura. Selama dua tahun di Malaysia (1998-2000), Dedi berhasil menghimpun tujuh orang dari berbagai negara, seperti India dan Tiongkok, untuk merampok nasabah bank.

’’Saya lama di Malaysia. Saya mengajak orang-orang pengang-guran merampok nasabah bank. Sama seperti di Batam, semua saya yang merancang dan mengoordinasi tim yang saya buat. Saya dapat kenalan preman di Malaysia dari kawan satu kampung yang tinggal di sana dan merampok juga,’’ ungkap Dedi.

’’Saya sering kena tangkap bersama komplotan di Johor. Namun, tidak pernah lama di penjara. Saya jaminkan beberapa ribu ringgit ke Polisi Diraja Malaysia dan mereka langsung melepas saya,’’ sambungnya.

Dari sejumlah aksi di luar negeri, Dedi merasakan tantangan

yang begitu berat saat di Singapura. Sebab, sistem keamanan di negeri mungil nan kaya itu sangat ketat. Baik di dalam maupun di luar bank. ’’Saya sekali saja merampok nasabah bank di Singapura dan berhasil lolos. Saya tak mau lagi seandainya bebas nanti disuruh merampok ke Singapura. Sama juga bunuh diri,’’ katanya.

Dedi masuk ke Singapura pada 2006. Dari hasil merampok nasabah bank asing, dia meraup Rp1,5 miliar. ’’Sekali beraksi, saya tidak pernah mendapatkan hasil di bawah Rp1 miliar, pasti lebih,’’ ujarnya.

Dari hasil merampok di luar negeri itu, Dedi kini punya tiga rumah di Batam. Dia juga membeli mobil Toyota Avanza yang dipakainya untuk operasional pembobolan rumah mewah di Batam.

’’Selain rumah dan mobil, saya punya simpanan di bank yang jumlahnya lumayan untuk menyekolahkan empat anak saya. Sebagian saya niatkan buat sedekah. Saya tak tega lihat orang miskin yang kesusahan. Saya tak pernah merampok atau membobol rumah orang yang pas-pasan ekonominya. Itu pedoman saya. Target saya hanya orang yang benar-benar kaya tingkat ekono-minya,’’ terang dia.

Dedi mengaku tak pernah membawa senjata api (senpi) saat beraksi. Dia hanya membawa pisau kecil yang diselipkan di pinggang. Saking sering merampok

dan membobol rumah mewah, dia mengaku tidak hafal berapa kali menjalankan aksinya.

Pada 2003, Dedi bersama tujuh anggota komplotannya merampok tempat penukaran uang di Johor. Hasilnya, dia mendapatkan Rp2,5 miliar. Namun, aksinya tersebut tercium oleh polisi Malaysia. Dalam sebuah penggerebekan, perut Dedi terkena tembakan dua timah panas. Satu peluru lainnya bersarang di paha kanan. Tetapi, dia pantang menyerah. Dedi berhasil lolos dari sergapan polisi. Dengan menyewa kapal, dia akhirnya sampai ke Tanjung Pinang dan mendapatkan perawatan di RS Angkatan Laut (RSAL).

Dedi tak menyadari bahwa aksinya di Malaysia dan kebera-daannya di RSAL diketahui petugas Polresta Tanjung Pinang. Setelah tiga timah panas yang bersarang di dalam tubuhnya dikeluarkan, Dedi langsung ditangkap petugas dari Polres Tanjung Pinang. Dia dibawa ke Batam sebelum akhirnya menjalani sidang di Jakarta. Dedi divonis penjara enam bulan dan bebas pada 2004.

Dedi kembali ke Batam setelah aksinya di negara tetangga terde-sak. Pada 2010, Dedi ditahan di Polresta Barelang selama empat bulan karena menikam orang di Diskotek Pacific.

Yang menarik, Dedi mengaku tidak pernah menggunakan uang hasil kejahatannya untuk hal-hal maksiat seperti main perempuan

atau berjudi. ’’Uang itu saya ma-suk kan ke rekening untuk masa depan anak istri saya,’’ katanya. ’’Selain itu, saya punya anggaran tersendiri yang saya namakan anggaran wajib untuk aparat. Jumlahnya lumayan besar, hampir 50 persen dari hasil rampokan,’’ sambungnya.

Polisi menduga, sifat murah hati Dedi adalah bentuk pencucian uang dari hasil kejahatannya. Namun, hal itu dibantah Dedi. ’’Saya sendiri bingung. Orang punya niat baik ingin bantu warga tak mampu, malah saya dituduh pencucian uang. Niat baik saja masih dicurigai yang bukan-bukan, apalagi kalau saya tak berbuat sama sekali. Bingung saya jadinya, ’’ katanya.

Dia juga membantah telah menjadi mata-mata polisi. ’’Saya paling anti mengkhianati kawan maupun anggota saya. Saya meram-pok murni keinginan saya sendiri. Daripada disuruh mengkhianati atau menjebloskan kawan sendiri, lebih baik pecah di perut, ’’ tegas Dedi.

Setelah tertangkap, apakah masih berencana merampok lagi? ’’Bisa saja saya berhenti. Namun, bisa saja timbul niat lagi. Saya rindu kepada kawan-kawan di Malaysia dan merampok di sana,’’ terang Dedi. Dia mengaku betah tinggal di Malaysia karena di sana jarang ada razia.

Dedi ditangkap polisi dalam perjalanan menuju Kantor LSM

Peduli Nusantara setelah mem-bobol rumah di kawasan Anggrek Mas Selasa (7/2). Setelah dilakukan pengembangan penyidikan, Dedi menyatakan bahwa tiga kawannya berada di Kantor LSM Peduli Nusantara.

’’Mereka langsung kita sergap. Satu orang, yaitu Suep, bisa kabur. Sedangkan, dua lainnya, yaitu Bambang dan Rusli, mencoba melawan kita dengan melempar meja. Mereka mengacungkan pisau. Terpaksa mereka kita tembak di betis kanan. Sedangkan, Dedi tidak kita tembak karena tak melawan,’’ terang Chrisman.

Dalam penyergapan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa perhiasan emas yang disimpan di bawah bantal, uang ringgit Malaysia, serta barang berharga lainnya. Tim buser juga mendapati tiga paspor. Polisi bergerak cepat dengan memblokir rekening Dedi di sejumlah bank nasional.

Meski Dedi mendapatkan sim pati warga karena sikap dermawannya, polisi tidak peduli. ’’Biar orang bilang pelaku adalah sosok yang baik, tapi dia tetap pelaku kejahatan. Hukum tetaplah hukum yang harus dijalankan, siapa pun orangnya,’’ tegas Kapolresta Barelang Kombespol Karyoto. Dedi dan tiga tersangka kawannya terancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara. (ary)

dengan menggunakan motor Suzuki Smash.Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP), enam

pelaku yang menggunakan tiga sepeda motor dan berboncengan memepet korban. Tanpa ba bi bu, salah satu pelaku langsung me nusukkan pisau ke bagian dada. Korban terjatuh. Pelaku langsung mem bawa kabur motor korban.

Dari informasi yang dihimpun, suami dari Sri Maryuni (33) ini masih sempat berjalan kaki sejauh 200 meter ke arah rumahnya di kompleks Asrama Kodim 0410 di Segalamider, TkB. Namun tiba di depan kios keripik Askha Jaya, korban terjatuh. Hingga akhirnya ditemukan oleh Widayanto (26).

’’Saat itu saya mau pergi mencari bensin ke SPBU yang ada di depan UBL (Universitas Bandar Lampung). Sampai di kios keripik Askha Jaya, saya melihat orang berbaju putih meminta tolong. Karena takut, saya terus melaju. Setelah bertemu dengan dua warga yang hendak pergi ke masjid, baru saya balik lagi,’’ ungkap Widayanto.

Ketika itu, ia sempat menanyai korban. Korban bahkan sempat memintanya mengambilkan dompet. ’’Kemudian meminta saya melapor ke korem mengenai kejadian yang menimpanya. Korban mengaku habis dibegal. Setelah itu sebuah mobil melintas, kami pun menyetopnya dan membawa korban ke rumah sakit,’’ paparnya.

Sementara istri korban, Sri Maryuni, tak henti-hentinya menangis begitu tahu musibah yang menimpa suaminya. ’’Saya benar-benar terpukul saat kali pertama mendapat telepon dari intel korem, yang mengatakan kalau suami saya mengalami musibah dan telah dibawa ke rumah sakit,” tuturnya.

Memang, lanjut dia, setiap hari suaminya berangkat kerja pukul 04.30 WIB. ’’Suami saya memang selalu pergi pagi karena ia bekerja di bagian TUUD (tata usaha urusan dalam) kodim, yang memiliki tugas menyiapkan perlengkapan-perlengkapan sebelum apel pagi dimulai. Ia menggantikan piket rekannya yang kebetulan sedang cuti,” urai Sri.

Di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM), tim medis menyebutkan bahwa korban mengalami pendarahan yang hebat di bagian dada bawah. Ada lubang tusukan senjata tajam sedalam 18 sentimeter yang menembuas sampai bagian hati dan ginjalnya.

’’Pasien sudah kami autopsi. Dan dari hasilnya kita dapati kalau dia meninggal karena mengalami pendarahan berat pada bagian dada, yang disertai rusaknya organ vital,” ungkap dr. Efy Dianapitri, Sp.P. yang menanganinya.

Terpisah, Kapolsek Tanjungkarang Barat AKP Jumadi Sembiring mengatakan kalau pihaknya masih menyelidiki kasus ini. ’’Jadi, saya belum dapat mengatakan informasi apa-apa terkait masalah ini,” ucapnya saat dihubungi lewat telepon kemarin.

Komandan Kodim 0410 Letkol S.D.M. Tampubolon me-nyatakan, pihaknya merasa sangat kehilangan dan terpukul atas kejadian yang menimpa salah satu anggotanya tersebut. ’’Dia (korban) adalah orang baik. Dia juga memiliki kepribadian yang religius. Kami benar-benar sangat terpukul atas kejadian ini,’’ tuturnya. (and/c1/ary)

Kemudian, SMAN 2 Bandarlampung yang juga turut mengerahkan ratusan suporter setia mereka saat tim kesayangannya turun.

Belum lagi, SMAN 1 Terbanggibesar yang tahun lalu sampai mengerahkan belasan bus, belasan mobil pribadi, dan puluhan sepeda motor untuk mendukung tim basket putrinya yang bertanding di final melawan SMAN 2 Bandarlampung.

Antusiasme penonton itulah yang membuat Honda DBL Lampung Series selalu menjadi pusat perhatian. Di level nasional pun, penonton Honda DBL Lampung sangat dikenal dengan loyalitas dan kesetiaannya. Tidak heran, rekor demi rekor terus dicetak.

Dengan 54 peserta, 48 laga, dan 8 hari pertandingan, Lampung tampaknya akan kembali memecahkan rekor. Ratusan siswa selalu memenuhi lapangan saat kedatangan tim Roadshow Honda DBL Lampung. Lihat saja bagaimana antusiasme sekolah-sekolah yang menjadi tujuan roadshow. Sambutan luar biasa mereka sanjungkan kepada Honda DBL.

’’Setiap tim yang bertanding tentu sangat membutuhkan dukungan suporter. Kehadiran suporter ibarat suntikan moral. Terkadang, suporter juga membuat pertandingan lebih seru. Di sinilah gengsi sekolah dan prestisiusnya pertandingan dibuktikan,” ujar Eko Nugroho, ketua pelaksana Honda DBL 2012 Lampung Series.

Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DBL 2012, tidak hanya memberikan hadiah untuk para peserta. Tetapi, pasukan pendukung alias suporter pun bisa menikmati banyak fasilitas dan hadiah selama penyelenggaraan liga basket terbesar juga terheboh di Kota Bandarlampung. Salah satunya gelar Supporter Award untuk suporter terbaik.

’’Kreativitas, kekompakan, dan ketertiban adalah kriteria yang akan kami nilai untuk menentukan gelar suporter terbaik di Honda DBL 2012 Lampung Series,’’ imbuh Donny Rahardian, event senior manager PT DBL Indonesia.

Donny juga menegaskan, Honda DBL menganggap suporter sebagai bagian tak terpisahkan dari pertandingan. Bahkan, di banyak pertandingan, sering muncul aksi tak terduga dari penonton. ’’Pernah pada salah satu seri, ada seribu lebih siswa membuat kaus seragam. Mereka memakai kaus itu saat timnya bertanding. Ini luar biasa,’’ jelasnya.

Selain gelar suporter terbaik, para pendukung tim juga mempunyai kesempatan dipilih menjadi suporter favorit pilihan pengunjung. Di arena pertandingan nanti, setiap pengunjung akan mengisi balot suporter favorit. Pemenang bakal diumumkan di akhir penyelenggaraan seri dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai.

Jadi, di Honda DBL, bukan hanya pemain yang bisa bikin bangga. Penonton di tribun pun bisa berprestasi. Ayo hebohkan Honda DBL 2012 Lampung Series. Datang ke arena, dukung tim kesayanganmu bertanding dengan gaya paling seru dan heboh. (ton/c1/ary)

Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk motivasi untuk para pegawai negeri sipil di Kota Tapis Berseri. Bentuknya apa? Itu rahasia. Yang pasti, saya minta mereka untuk bekerja baik dahulu. Dan ini adalah waktu penilaian bagi mereka,” ujarnya.

Semuanya, lanjut Herman, akan terungkap di HUT Kota Bandarlam-pung nanti. ’’Di hari itu, akan saya sebutkan mereka-mereka yang mempunyai kinerja baik,” tuturnya.

Diketahui, sehari sebelumnya (15/2), Herman membuktikan sebagai kepala daerah visioner. Idenya agar pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandarlampung menandatangani fakta integritas pada pertengahan tahun 2011 silam, ’’diadopsi’’ pemerintah pusat.

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 17 Tahun 2011 tentang Aksi Pen cegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2012. Inpres dikeluarkan pada 19 Desember 2011.

Dalam catatan Radar Lampung, sejak memimpin Kota Tapis Berseri, Herman H.N. memang sangat berkomitmen mewujudkan good governance dan pelayanan prima kepada masyarakat. Tidak hanya pejabat. Penandatanganan fakta integritas diterapkan hingga kepala sekolah negeri di Ban-darlampung. Momen pada 27 Juli 2011 silam di Hotel Marco-polo itu diapresiasi Komite Antikorupsi (KoAk) Lampung.

Meski sudah lebih dahulu memulainya, Herman H.N. tetap menindaklanjuti inpres tersebut. Rabu (15/2) di ruang Semergou, 164 pejabat di lingkungan pemkot kembali menandatangani fakta integritas. Itu juga sesuai Surat Gubernur Lampung Nomor 800/0281/11/2012 tanggal 30 Januari 2012 perihal Penandata nganan Dokumen Fakta Integritas bagi Seluruh Pejabat/Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemkot Bandarlampung. (sur/c1/ary)

’’Saya katakan benar. Lalu, Albar memutuskan sambungan telepon seluler. Kemudian, Albar menelepon lagi, mengeluarkan pernyataan tidak terpuji itu, dan seketika memutu skan sambungan telepon lagi. Saya kaget. Saya lalu mengirimkan SMS (short message service) berisi ’Terima kasih telah mencaci maki saya’. Dan sampai saat ini tidak ada pernyataan maaf dia kepada saya,” cerita Segan.

Karenanya, Segan berpendapat bahwa Albar telah memberikan keterangan palsu di hadapan penyidik. Begitu pula dengan ajudan dan sopir Albar. ’’Jelas semuanya memberikan keterangan palsu. Saya minta polisi bergerak cepat mengungkap kasus pelecehan ini. Penyidik juga harus sesegera mungkin meminta transkip rekaman pembicaraan dari pihak Telkomsel, sehingga kasus ini tidak berlarut-larut,’’ tegasnya.

Pemimpin Redaksi Radar Lampung Nizwar yang hadir di studio Aspirasi 48 mengaku sangat terkejut pada bantahan Albar saat penyidik Polda Lampung memeriksanya Jumat lalu (10/2). ’’Sangat menggelikan jika Albar membantah. Kenapa bantahan

tidak dia sampaikan saat Radar Lampung memberikan ruang untuk itu sebelum meneruskan kasus ini ke ranah hukum,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Nizwar, Radar Lampung sangat mengerti bila Albar mau mengakui terus te rang. Bisa jadi, Albar salah me-nerima laporan dari stafnya saat menanyakan ada atau tidaknya aksi masyarakat Sritan jung, se-hingga langsung emosional. ’’Tetapi memang ruang toleransi yang kami berikan tidak dia manfaatkan. Tak ada iktikad baik darinya,” sambung Nizwar.

Senada dengan penuturan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Lampung Supriyadi Alfian Arzad. ’’Persoalan ini tidak akan sampai ke ranah hukum apabila kedua belah pihak (Albar dan Radar Lampung) bisa duduk bersama untuk menuntaskannya. Radar Lampung sudah menunjukkan hal itu, tetapi Pak Albar tidak,’’ tuturnya.

Dalam penandatanganan perkara ini, Supriyadi juga berharap penyidik Polda Lampung bersikap profesional dan transparan. ’’Jangan menutup-nutupi pemeriksaan, seperti pada

perkara ini. Tidak ada wartawan yang tahu, padahal ada pemeriksaan terhadap Pak Albar. Hal ini justru berdampak pada berkembanganya opini negatif terhadap penyidik,’’ tandasnya.

Rojali, kuasa hukum Segan dari Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum PWI Lampung, pun sempat memberikan keterangan pada acara live Aspirasi 48. ’’Sah saja Albar membantah, tetapi juga menjadi tugas penyidik menghadirkan bukti untuk membuktikan kebenarannya. Kita berharap perkara ini dapat segera tuntas,’’ tuturnya.

Pada bagian lain, pengamat hukum Heni Siswanto, S.H., M.H. menyikapi sikap Polda Lampung yang terkesan menutupi perkara Albar. Dosen hukum pidana ini menjelaskan, dalam suatu proses penyelidikan, sepanjang proses tersebut tidak menghambat penyelidikan aparat, polda harus dapat memberikan informasi itu ke publik, kecuali informasi tersebut menghambat proses penyelidikan.

’’Saya rasa dalam kasus yang Anda (Radar Lampung) alami, bahwa menanyakan perkara Albar dipanggil ke Polda Lampung pada

hari Jumat, tidak menghambat proses penyelidikan. Info itu berhak diberitahukan,’’ ujarnya kemarin.

Sementara, Ketua Lampung Police Watch (LPW) M.D. Rizani mengatakan, dirinya sangat menyayangkan sikap Polda Lampung yang tidak proaktif dalam memberikan informasi dalam suatu perkara yang seharus-nya menjadi ranah keterbukaan informasi.

’’Proses suatu penyelidikan yang dilakukan oleh polisi itu harus diketahui masyarakat. Jika polda tidak memberikan informasi secara lengkap kepada wartawan, berarti perlu dipertanyakan ada apa di balik semua ini,’’ ucap Rizani.

Dalam suatu perkara hukum, lanjut dia, tidak ada yang dibeda-bedakan. Di mata hukum se-muanya sama. Sehingga Polda Lampung dalam proses penye-lidikannya harus disamakan perlakuannya dengan yang lain, meski terlapor merupakan pejabat negara.

’’Pers ini kan perpanjangan tangan dari masyarakat agar masyarakat mengetahui bagai_mana kondisi sebenarnya dalam

proses penyelidikan suatu perkara. Jika pers saja tidak diberi tahu proses penyelidikan, bagai mana dengan masyarakat awam,’’ tukasnya.

Terkait ketidakterbukaan informasi publik yang dilakukan polda terhadap perkara Segan, sambung Rizani, dirinya sangat menyayangkan pembangunan Gedung PPID (Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi) Polda Lampung yang seharusnya berguna menyampaikan informasi publik suatu perkara, justru tidak dipergunakan keberlanjutan proses perkaranya. Bahkan tidak ada perkembangan suatu kasus perkara yang ada di PPID Polda Lampung.

’’Ini sama saja sia-sia. Gedung PPID itu katanya berguna melihat perkembangan suatu kasus perkara, buktinya mana? Saya pernah lihat informasi di PPID itu tidak up to date. Apakah me-mang sengaja untuk menyem-bunyikan beberapa kasus perkara? Saya minta tolonglah Polda Lampung itu harus ditingkatkan lagi keterbukaan informasi pu-bliknya, biar masyarakat menge-tahui semua prosesnya,’’ pintanya. (yud/c1/niz)

Wakil Ketua I DPRD Lambar Heri Gunawan, S.T. saat dikon-firmasi kemarin membenarkan jika almarhum yang selama ini dikenal sangat periang dan tenang serta dekat dengan semua kalangan itu pergi untuk selamanya karena sakit. Bahkan, kader Partai Demokrat ini mengaku sangat terkejut serta merasa sangat kehilangan setelah mendapat informasi jika kader terbaik PG yang telah tiga periode duduk di lembaga legislatif tersebut berpulang.

’’Beliau selain rekan kerja di dewan ini, juga senior sekaligus guru bagi kami. Sebab beliau sama-sama kita ketahui adalah sosok yang periang, tenang, dan tipe pekerja yang selalu mampu memberikan solusi dalam berbagai hal yang berkaitan dengan tugas di lembaga ini,’’ kata dia.

Menurut Heri, setelah men-dapat berita duka itu, dirinya langsung berkoordinasi dengan Ketua DPRD Lambar Dadang Sumpena, untuk mengutus Sekwan (sekretaris dewan) dan beberapa staf di lembaga itu menuju rumah duka di Kecamatan Pesisir Tengah. Selain menyampaikan rasa bela sungkawa, pihaknya juga mela-

kukan koordinasi dengan keluarga almarhum dalam prosesi pe-makaman dilakukan layaknya pejabat daerah.

’’Kita ingin dalam prosesi pemakaman beliau besok (hari ini, Red) dilakukan layaknya seorang pejabat. Karena ba-gaimanapun juga, Pak Chris itu pejabat daerah,’’ imbuhnya.

Dijelaskannya, almarhum yang lahir di Tanjung Akar, 2 Desember 1959, itu meninggalkan seorang istri, yakni Hj. Gusnaini, dan empat orang anak masing-masing Bobby Christiawan, S.E., Vicky Fernando, Edo Saputra, dan Ela Apriani, serta satu menantu yaitu Nisa Cendana dan satu cucu Winona.

’’Sesuai informasi yang kita terima bahwa almarhum akan dimakamkan di TPU Pepulau Tengah, Kelurahan Pasar Kota, Kecamatan Pesisir Tengah, pukul 10.00 WIB besok (hari ini),” jelasnya.

Masih menurut Heri yang juga diamini Suaidi Damhuri, secara kelembagaan maupun pribadi, pihaknya sangat merasa kehilangan dan turut berbela sungkawa atas mangkatnya almarhum yang telah menjadi anggota DPRD tiga periode

berturut-turut itu. ’’Banyak hal yang beliau ajarkan

ke kami. Apalagi beliau adalah senior kami di dewan ini. Bahkan, beliau juga pernah menjabat wakil ketua DPRD dua periode. Dengan kepergian beliau, kami sangat kehilangan,” katanya dengan nada sedih.

Dilanjutkannya, Hi. Christimore duduk di lembaga legislatif sejak tahun 1999-2002 sebagai anggota, kemudian periode 2002-2004 menduduki jabatan wakil ketua I, lalu periode 2004-2009 kembali terpilih sebagai wakil rakyat dan menduduki jabatan wakil ketua I di DPRD Lambar. Pada Pemilu Legislatif 2009 lalu kembali mencalonkan diri dan duduk sebagai anggota DPRD hingga sekarang.

Di tempat terpisah, Ketua DPD II Partai Golkar Lambar Mirzalie, S.S., S.H. usai deklarasi koalisi partainya dengan PPP kemarin membenarkan informasi me-ninggalnya salah satu kader terbaik PG Lambar itu. Bahkan, dirinya mengaku sangat terkejut setelah mendapat informasi dari beberapa pengurus yang lebih awal menerima berita duka tersebut.

Mirzalie atas nama Partai

Golkar dan seluruh pengurus, kader, dan simpatisan menyatakan turut berbela sungkawa atas meninggalnya salah satu sesepuh PG Lambar itu. Karenanya, usai

kegiatan partai, dirinya bersama seluruh pengurus akan melayat ke rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum. (rnn/c1/ary)

Page 10: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

SOCIETY10 JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

MUSYAWARAH Anak Cabang (Musancab) Partai Demokrat (PD) Kecamatan Gunungsugih, Punggur, dan Kotagajah digelar di Kampung Astomulyo, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah, kemarin. Hadir Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD Lampung M. Ridho Ficardo dan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Lamteng Hi. Syamsir Firdaus. Lalu, Kapolsek Punggur AKP Oscar, Danramil Punggur Kapten Heri, dan kader PD. Hadir juga Ketua Fraksi Demok-rat DPRD Lampung Toto Herwan-toko serta sejumlah pengurus DPD PD Lampung, seperti Fajrun Najah Ahmad dan lainnya.

Syamsir mengatakan, konsoli-dasi PD yang dilakukan adalah struktural. Artinya, bukan hanya memilih pengurus, tapi juga mengevaluasi apa yang telah dilakukan dan target ke depan.

’’Kami mengapresiasi pengurus yang telah melaksanakan tugas partai. Baik itu pilkada maupun pilpres yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Kami berikan kendaraan inventaris untuk Kecamatan Gunungsugih yang telah melaksanakan tugas dengan baik,” ujar Syamsir.

Ia berpesan kepada pengurus yang terpilih bahwa tugas ke depan tidak mudah dan harus tangguh.

Syamsir meminta agar melakukan penggalangan internal. Setelah itu, melakukan pembinaan dan pemantapan untuk pemenangan.

Syamsir juga sempat me-nyinggung mengenai keberhasilan Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono dalam merealisasikan berbagai program. Di antaranya program kredit usaha rakyat (KUR), jaminan persalinan (jampersal) untuk melahirkan, dan program keluarga harapan (PKH). ’’Itu semua program yang digelontorkan ketua Dewan Pembina PD,” kata Syamsir.

Menurut dia, ada tiga agenda penting ke depan. Yakni Pilgub

2013 serta Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014. ’’Terkait pilgub, semua kader mendaulat ketua DPD PD Lampung menjadi calon gubernur. Karena ketua merupakan simbol PD,” katanya.

Sementara, Ridho mengatakan bahwa musancab kali pertama di-laksanakan di Lamteng yang menga-wali musancab se-Lampung. Ia mengaku akan menghadiri 100 titik musancab. Kepada pengurus yang terpilih, ia meminta terus melakukan konsolidasi ke ranting dan menjalin kerja sama yang baik. Ketika pelantikan PAC nanti, ia juga akan turun untuk memastikan konsolidasi berjalan dengan baik.

Ia meminta seluruh kader PD menjaga persatuan dan kesatuan. ’’Kita harus menjaga nama baik partai di tengah tekanan-tekanan. Justru dengan tekanan-tekanan inilah, kita menjaga. PD berusaha mewujudkan masyarakat adil dan makmur, tapi itu tidak bisa dilakukan dengan sendiri. Perlu sinergi semua pihak,” ungkapnya.

Kepada seluruh fraksi, ia mene-gaskan agar terus mendampingi musyawarah cabang dan ranting. Pada kegiatan di Punggur, juga digelar program KTA-nisasi dan pasar murah yang tidak hanya dilaksanakan di Punggur, tapi juga di seluruh Lampung. (adv)

Musancab Partai Demokrat Tiga Kecamatan di Lampung Tengah

Kader Demokrat Lamteng Minta Ridho Maju Pilgub

Ketua DPD Partai Demokrat Lampung M. Ridho Ficardo menyerahkan paket sembako pada acara pasar murah.

M. Ridho Ficardo meninjau KTA-nisasi di lokasi musancab.

Ratusan warga memadati kegiatan pasar murah yang digelar Partai Demokrat.

M. Ridho Ficardo memukul gong tanda dimulainya musancab di Punggur, Lampung Tengah.

Tampak para peserta pelatihan sedang mendengarkan narasumber menyampaikan materinya.

KOMUNITAS Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Tanggamus menggelar pelatihan training of trainer (ToT) di aula Bumi Kedaton Resort selama empat hari, 14–17 Februari 2012. Pelatihan ini diikuti 30 dari 38 pengurus RBM sebagai peserta yang direncanakan.

Zulkarnaen, fasilitator Tanggamus, mengatakan, ToT ini bertujuan meningkatkan penguasaan dan pemantapan bagi para peserta tentang organizing committee; kebutuhan sebuah organisasi dan even kegiatan (needs assessment); serta peningkatan kapasitas kelembagaan pengurus RBM Tanggamus.

Kemudian untuk menciptakan kader-kader RBM dan PNPM Mandiri Perdesaan agar bisa menjadi tim pelatih masyarakat (TPM) yang nantinya membantu PNPM Mandiri Perdesaan dalam menjalankan program kerjanya. Sekaligus penopang dan

kelengkapan kader untuk memfasilitasi kegiatan dalam ruang lingkup PNPM Mandiri Perdesaan Integrasi se-Tanggamus.

Narasumber yang bertindak sebagai pemateri adalah Zulkarnain, S.T.P. yang merupakan fasilitator kabupaten PNPM Mandiri Perdesaan Tanggamus dan A. Agus Wahyudi sebagai fasilitator keuangan PNPM Mandiri Perdesaan Tanggamus.

Kemudian M. Iqbal, S.T., M.M. dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Tanggamus dan Ir. Amir Machmud Hasan yang merupakan spesialis trainer RMC 2 Lampung.

Penyampaian materi ToT ini menggunakan metode klasikal dan outbound untuk membangun kerja tim (teamwork) dan capacity build. Dengan metode ini diharapkan memberikan suasana baru kepada peserta dengan tidak mengurangi muatan-muatannya.

Ketua Panitia Hi. Tohiri Alam menyatakan bahwa ToT ini sangat penting dan menjadi kewajiban bagi para peserta untuk memahami semua materi yang disampaikan seluruh narasumber. Ini mengingat begitu banyak agenda kegiatan yang sudah terjadwal serta tertuang dalam Rencana Kerja dan Tindak Lanjut (RKTL) RBM Tanggamus.

Sementara salah seorang peserta, Diados Simanrai, S.H., mengemukakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan karena bidang advokasi hukum RBM Tanggamus segera meluncurkan suatu paket latihan tentang kader hukum masyarakat Tanggamus. Yaitu pelatihan paralegal yang difasilitasi oleh Bank Dunia (World Bank) melalui Kantor Bantuan Hukum (KBH) Bandarlampung.

Dalam hal ini dibutuhkan kader-kader untuk menjadi pelatih dan pendamping pelatih dalam kegiatan itu. (adv)

RBM Tanggamus Gelar Pelatihan ToT

Pemberian selamat kepada para wisudawan.

UNIVERSITAS Terbuka (UT) Lampung menggelar upacara penyerahan ijazah (UPI) 1.538 mahasiswa program pendidikan dasar (pendas) dan nonpendas Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Lampung kemarin.

Kepala UT Lampung Drs. Irlan Soelaiman, M.Ed. mengatakan, UPI merupakan pembagian ijazah sarjana yang telah diwisuda pada Oktober 2011. Irlan juga mengucapkan selamat atas kelulusan yang telah diraih di setiap bidang ilmu.

’’Mereka sudah layak menyandang gelar itu setelah menempuh perjalanan panjang menuntut ilmu di UT. Para lulusan nantinya dapat mengembangkan pendidikan berbasis budaya yang berdasar filosofis Lampung dan mengangkat seni budaya kearifan lokal,” urai Irlan.

Sementara itu, rektor UT Lampung yang diwakili Dekan FISIP Daryono, S.H., M.H. menjelaskan, salah satu kekuatan dan karak-ter tangguh yakni salah satunya dengan membangun karakter. Dengan begitu, maka akan mampu mendongkrak integritas.

’’Wisuda 1.538 mahasiswa ini sebagai upaya membangun Lampung dan menjadi generasi penerus untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkapnya. (adv)

UT Serahkan 1.538 Ijazah Mahasiswa

Kepala UPBJJ UT Lampung Drs. Irlan Soelaiman, M.Ed. memberikan selamat kepada wisudawan terbaik.

Agus Iskandar, S.H., M.H. membacakan SK UPI wisudawan UPBJJ UT Lampung.Berikan Premi Ringan

KANTOR AIA Financial Fortune Agency resmi dibuka kemarin. AIA Financial Fortune Agency Lampung merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia yang memiliki agen profesional dan berpengalaman.

AIA Financial Fortune Agency merupakan pelopor distribusi banc assurance. Yakni kerja sama antara perusahaan asuransi jiwa dengan pihak bank untuk memasarkan produk-produk asuransi. AIA juga mempunyai program unggulan dengan produk luar biasa yang dapat menjangkau semua kalangan.

Agency Director Ir. Hj. Yusronida Suralaga, A.A.A.I.J. mengatakan, selama ini anggapan masyarakat bahwa asuransi hanya untuk orang mampu dan mempunyai

banyak uang. Namun, di AIA, nasabah yang hanya membayar premi Rp188 ribu per tahun akan mendapatkan asuransi kecelakaan, rumah sakit, rawat jalan, dan asuransi jiwa.

Ia menguraikan, premi yang sangat ringan ini mampu menjangkau semua kalangan untuk melindungi masa depan. ’’Dengan dibukanya AIA Financial Fortune Agency akan menambah keberadaan pemasaran AIA, khususnya di Lampung,” ujar Yusronida di sela-sela grand opening AIA Financial Fortune Agency di Jl. Dr. Susilo No. 25, Bandarlampung.

Selain itu, kata dia, AIA juga akan meluncurkan produk Family First pada Senin (20/2). ’’Asuransi ini dapat mengurangi risiko kecelakaan, hari tua, sakit, kritis, atau cacat total,” ungkap financial principal AIA dari Jakarta, Djati Sutanto. (adv)

Sambutan oleh senior financial principal dari Jakarta, Normantan.

Grand Opening Kantor AIA Financial Fortune Agency

Ir. Hj. Yusronida Suralaga, A.A.A.I.J. sebagai agency director memotong tumpeng pada peresmian kantor AIA Financial Fortune Agency.

Pengguntingan pita kantor AIA Financial Fortune Agency.

Page 11: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

11 JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

BALIKBUKIT – Masyarakat Kabupaten Lampung Barat, khu-sus nya para kader Partai Golkar (PG) dan Partai Persatuan Pem-bangunan (PPP), nampaknya, ma sih harus bersabar untuk menge-tahui siapa sosok yang bakal diusung koalisi dua partai besar ini. Pasalnya, kedua partai masih sepakat me-nyem bunyikan nama tokoh yang akan mereka dukung pada Pilkada 27 September 2012.

Pada deklarasi koalisi yang dilangsungkan di aula Rumah Makan Sahabat Utama kemarin, kedua partai sepakat berbagi po-sisi. PG mendapat porsi lebih besar dengan mendapat jatah memajukan kadernya sebagai balonbup, se mentara PPP men-dapat jatah me ngajukan balon-wabup.

Ketua DPC PPP Lambar Hi. Darussamin H.B. mengatakan, proses koalisi kedua partai telah

final hingga tataran pusat. Semua keputusan juga telah mantap untuk bersama mengusung calon yang nantinya diharapkan mem-bawa perubahan bagi masyarakat.

’’Dengan koalisi yang didukung oleh mesin partai dari tingkat ba wah hingga pusat ini, kami yakin calon yang akan kami usung nantinya benar-benar dapat memenuhi harapan masyarakat Lambar,” kata dia dalam acara yang dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan PG Drs. Hi. Piterson Syukri, M.Si., Ketua DPD PG Lam-bar Mirzalie, S.S., S.H., serta jajaran pengurus kedua partai mulai tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan dan pekon.

Mantan wakil ketua DPRD Lambar era 1997–2002 ini juga mengajak seluruh pengurus, kader, serta simpatisan PPP dan PG un-tuk bekerja maksimal meme-nangkan pasangan calon yang

nanti akan diusung kedua partai. Pada kesempatan itu, Darus-

samin juga mengimbau seluruh kader PPP dan PG serta warga Lambar untuk tidak mudah ter-provokasi oleh isu-isu menye satkan. Terutama menjelang pilkada.

Sementara Mirzalie dalam orasi politiknya mengatakan, deklarasi koalisi itu merupakan jawaban kepada masyarakat di Bumi Beguai Jejama bahwa kedua partai siap mengusung calon se bagai pilihan alternatif untuk membawa peru-bahan di Lambar ke arah yang lebih baik. Deklarasi ini juga untuk menepis isu yang beredar bahwa kedua partai tidak siap mengusung calon karena tidak memenuhi syarat menjadi satu perahu.

”Untuk calon baru akan diten-tukan nanti setelah melalui taha-pan-tahapan dan mekanisme yang ada di kedua partai ini,” kata dia yang langsung mendapat tepuk

tangan dari seluruh pengurus PG dan PPP yang hadir.

Diakuinya, sesuai hasil komu-nikasi yang telah dilakukan, kedua partai sepakat bahwa PG akan mengusung balonbup dan PPP akan menggadang balon wabup. ’’Untuk penetapan siapa balon yang akan kita usung, insya Allah Maret 2012 sudah bisa kita dekla rasikan. Nama balon belum bisa kita ungkapkan di sini. Sebab, masih ada tahapan-tahapan lan jutan antara PG dan PPP sesuai hasil keputusan masing-masing partai setelah penjaringan nanti,” tegasnya.

Mirzalie mengatakan, koalisi itu tidak menutup peluang parpol lain yang akan bergabung guna memenangkan pilkada. ’’Kami tetap membuka kesempatan kepada parpol lain yang ingin be r ga bung dalam koalisi ini untuk meme-nangkan balon yang akan diusung nanti,” ujarnya.(rnn/c2/fik)

KOTAAGUNG – Bakal calon kepala daerah dari kalangan muda mulai muncul. Ini setelah Sekre-taris DPD PAN Tanggamus Hi. Tedi Kurniawan, S.E. mem bulatkan tekad mendaftarkan diri sebagai balon wakil bupati (balonwabup) di partainya kemarin.

Pria yang juga menjabat Ketum BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tanggamus ini tiba di sekretariat panitia pen-jaringan balon bupati-wakil bupati PAN di Jl. Raya Kotaagung, Keca-matan Gisting, pukul 13.00 WIB. Tedi langsung disambut jajaran pa nitia penjaringan dan pen-daftaran balon.

Menurut Tedi, ada beberapa hal yang mendasari mengapa dirinya merasa terpanggil untuk ikut mendaftar sebagai balon-wabup. Sebagai warga Tanggamus, ia berkeinginan membangun kabupaten yang berada di pesisir Teluk Semaka ini bersama masyarakat ke arah yang lebih

baik lagi. Tedi menilai, Tanggamus

memiliki beragam potensi alam yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Potensi itu meliputi wisata, tambang, perta-nian, perkebunan, kelautan, per-ikanan, maupun beragam potensi usaha lainnya.

Karena itu, di daerah yang kaya akan potensi ini, kenyamanan da lam berusaha dan berniaga harus terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi. Ini penting agar para investor berminat me-nanamkan atau menambah mo-dalnya di Tanggamus.

Sebab, lanjut Tedi, dengan semakin banyaknya investasi yang masuk, perekonomian masyarakat dan PAD dapat lebih terdongkrak. ’’Karena itu, jika nanti saya diper-caya memimpin Tanggamus ber-sama bupati, salah satu yang akan dilakukan adalah menciptakan iklim kondusif untuk para investor berusaha,” tutur Tedi yang juga

tercatat sebagai ketua Fraksi PAN DPRD Tanggamus ini.

Selain berbagai pertimbangan itu, Tedi juga menyatakan pen-calonan dirinya beranjak kondisi yang ada sekarang. Di mana nama-nama balon bupati yang muncul sebagian telah berumur. ’’Nah, dari kondisi ini, saya merasa para balon bupati itu perlu didam pingi balon-wabup yang masih muda. Ini supaya dapat lebih si ner gi dalam melak-sanakan berbagai program pem-bangunan,” ungkapnya.

Diketahui, jadwal pendaftaran dan pengambilan formulir balon dibuka hingga hari ini (17/2). Hing ga kemarin, telah ada empat balonbup yang telah mendaftar dan mengambil formulir di PAN. Yakni Drs. Rusli Shoheh, M.M., Drs. Hi. Fauzan Sya’ie, Zubir-mansyah, dan Rizal Umar. Sedang-kan posisi balonwabup baru ter catat dua orang, yakni Hi. Heri Iswahyudi, M.Ag. dan Hi. Tedi Kurniawan, S.E. (ehl/c2/fik)

Ketua Hipmi Daftar PAN

PG-PPP Berbagi Posisi

WAKILI KAUM MUDA

Ketua Hipmi Tanggamus Hi. Tedi Kurniawan, S.E. saat mendaftar

posisi balonwabup di sekretariat PAN kemarin.

FOTO EDI HERLIANSYAH

Page 12: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

JUMAT, 17 FEBRUARI 201212

Catatan: Karena keterbatasan space dan jumlah tokoh yang dicalonkan terlalu banyak, mulai Selasa (8/11) nama-nama calon dengan dukungan SMS kurang dari 500 dengan sangat menyesal tidak kami tampilkan. Adanya masukan dari berbagai pihak, mulai edisi Rabu (9/11), dalam sehari satu nomor ponsel dihitung satu dukungan (bukan berdasarkan jumlah SMS). Demikian harap maklum.

HASIL KIRIMAN SMS DUKUNGANBakal Calon Gubernur Lampung 2013hingga Pukul 16.36 WIB Kamis (16/2)

NAMA PROFESI/JABATAN DUKUNGAN

Berlian Tihang Sekprov Lampung 90.425

Riswan Tony D.K. Anggota DPR RI 44.908

Marwan Cik Asan Ketua DPRD Lampung 32.942

Gufron Azis Fuadi Ketua DPW PKS Lampung 30.198

Haidar Tayib Pengusaha 28.912

Abdurachman Sarbini Bupati Tuba 26.845

Fikri Yasin Politisi/Kader PAN 12.095

Indra Mustain Aktivis 11.075

Andi Surya Anggota DPRD Lampung 8.840

Fandi Tjandra Politisi 6.229

Zainudin Hasan Politisi/Kader PAN 5.728

Taufik Hendro Rusmono Pengusaha 5.368

Rycko Menoza Bupati Lamsel 5.107

M. Ridho Ficardo Ketua DPD PD Lampung 4.850

Ahmad Jajuli Anggota DPD RI 4.677

Hendarto PNS Lampura 4.377

M. Nasir Hasyim Pengawas Guru SMP/SMA Tanggamus 4.344

Andi Haryanto - 4.132

Sugeng P. Hariyanto Rektor Unila 3.870

Hartarto Lojaya Anggota DPRD Lampung 3.786

Nazarudin Togak Ratu Politisi/Kader PAN 3.784

Mardlian Shah Aktivis/Pengusaha 3.730

Basuki Aktivis 3.240

Zulkifli Anwar Anggota DPR RI 2.639

Tamanuri Mantan Bupati Waykanan 2.466

Faizal Kurniawan Pengusaha di Waykanan 2.464

Haris Fadillah Mantan Pj. Bupati Pesawaran 2.319

Winarti Ketua DPRD Tuba 2.216

Agus Apriyanto Aktivis/Tokoh Pemuda 2.165

Dahta Gautama Pengusaha Lamsel 1.953

Herman H.N. Wali Kota Bandarlampung 1.676

Iwan Nisa Putra Profesional/Tokoh Pemuda Sungkai 1.593

BANDARLAMPUNG – Ko mi si Pemilihan Umum (KPU) Lam-pung akan melayangkan surat ke KPU Pusat dan Kementerian Da lam Negeri (Kemendagri) ter kait pelaksanaan pemilihan gu bernur (pilgub). Pengiriman su rat ini guna memastikan waktu pelaksanaan Pilgub Lampung, apa kah digelar pada 2013 atau 2014.

’’Konsultasi ini kami la ku kan karena ada pihak yang me ng-inginkan pilgub digelar pada 2014. Sehingga ada niat tidak meng anggarkan pelaksanaan pil gub ini pada APBD Perubahan 2012 atau 2013,” kata Ketua KPU Lam pung Edwin Hanibal, S.H., M.H. kepada Radar Lampung di ruang kerjanya kemarin.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Pe merintahan Setprov Lampung Tar mizi Nawawi berpendapat pe laksanaan Pilgub Lampung la yaknya digelar pada 2 Mei 2014. Alasannya, masa jabatan

Gu bernur-Wakil Gubernur Lam-pung Sjachroedin Z.P.-M.S. Joko Umar Said baru berakhir pada 2 Ju ni 2014.

Sementara, pada 2014 akan di-gelar pemilu legislatif dan pemilu pre siden. Merujuk Pemilu 2009, bagi kepala daerah yang masa tu-gasnya berakhir pada tahun itu, pelaksanaan pilkada dimajukan. Ar tinya, pada pemilu tak di per ke-nankan digelar pilkada atau pilgub.

’’Kami meminta pendapat ke KPU Pusat maupun Kemendagri, ba gaimana langkah yang ha rus ditempuh jika pemprov ti dak mau menganggarkan pe lak sa-naan pilgub pada APBD 2012 atau 2013,” tegasnya.

Harapannya, lanjut mantan di rektur Lembaga Bantuan Hu-kum (LBH) Bandarlampung ini, Kemendagri dan/atau KPU Pu sat menyurati Pemprov Lam pung agar anggaran pil gub bisa dimasukkan pada APBD Perubahan 2012 dan/atau 2013. Sesuai draf rencana ker-

ja anggaran (RKA) pilgub yang disusun sekretariat KPU Lam pung, anggaran pilgub Rp198 miliar.

Untuk memuluskan harapan ini, selain menyurati KPU dan Ke-men dagri, KPU Lampung tetap akan menyampaikan usulan ang garan pilgub ke pemprov dan DPRD setempat.

’’Draf RKA pilgub dalam waktu de kat akan kita bahas bersama ko misioner. Anggaran dalam draf itu masih bisa berkurang atau ber tambah,” ungkapnya.

Diketahui, sebelumnya sek-re tariat KPU Lampung telah me -ram pungkan penyusunan draf RKA Pilgub 2013. Draf ini te lah disampaikan kepada para ko-misioner dan dalam waktu dekat akan segera dibahas. Dalam RKA itu tercatat besarnya anggaran pil gub mencapai Rp198 miliar.

Namun, besaran anggaran ini masih memungkinkan un-tuk berubah. Pasalnya, draf RKA baru akan dibahas oleh

pa ra komisioner mulai pekan de pan. Draf RKA ini sudah mem p erhitungkan penambahan pen duduk dibandingkan Pilgub 1998. Termasuk penambahan pe mekaran kecamatan dan ke-lurahan di seluruh kabupaten di Lampung. Tercatat jumlah pen duduk Lampung per 12 Sep-tember 2011 sebanyak 9.071.825 jiwa. Jumlah ini tersebar di 14 kabupaten/kota dan 214 ke ca-matan.

Dibandingkan anggaran Pil-gub 1998 dengan draf RKA itu, me ng alami peningkatan. Jumlah ang garan pilgub ketika itu Rp136 miliar dan hanya terserap sekitar Rp90 miliar.

Peningkatan anggaran pilgub da lam draf RKA itu, selain di-pengaruhi penambahan pen -duduk, kecamatan, dan ke lu-rahan/desa di Lampung, ju ga bertambahnya honor pe nye-leng gara di tingkat bawah. (een/c2/fi k)

Konsultasi Waktu Pilgub, KPU Surati Kemendagri

Pattimura Politisi/Kader Gerindra 1.232

Mukri M.Z. Guru Besar Paku Banten 998

B. Mofaje S. Caropeboka Ketua PKNU Lampung 917

Desson Musni Kadis PU Lamtim 839

Bustami Zainuddin Bupati Waykanan 808

Ryamizard Ryacudu Purn. Kepala Staf TNI-AD 785

M. Ridho Maridho Fikrie Pengusaha 746

Selvi Lestari Rahman Advokat di Tanggamus 695

M. Arthur Danadyaksa Pengusaha di Jakarta/Pesawaran 676

Satono Bupati (nonaktif) Lamtim 588

Kol. (Pur.) Sunardi Anggota DPRD Lampung 535

Irwantara Pengusaha di Jakarta/ Tokoh Pemuda Sungkai 515

Page 13: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

vSMAN 5 SMAN 15SMAN 5

vSMAN 2 SMA Persada

vSMAN 14 SMA Perintis 2

1313JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

B A N D A R -LAM PUNG – Laga pem buka Honda De velop-ment Bas ketball League (DBL) 2012 Lam pung Series hari ini di GOR Saburai,

Bandarlampung, pukul 14.30 WIB, bakal menyajikan pertan-dingan superseru.

Ya, dua tim dengan kekuatan seimbang akan saling ber-hadapan. Juara bertahan tim basket putra SMAN 2 Ban-darlampung akan ditantang SMA Persada Bandar lampung.

SMA Persada bukanlah tim kelas kacang. Mereka adalah tim yang berhasil menembus babak perempat final pada Honda DBL 2011 Lampung Series. Bahkan, mereka pun justru sangat senang ketika dari hasil drawing bertemu dengan juara bertahan SMAN 2 Bandarlampung. ’’Kita justru senang bertemu mereka (SMAN 2 Bandarlampung, Red). Itu yang kita tunggu,’’ ujar Wangga Eko Mariska, guard SMA Persada.

Sementara itu, sang kapten Rusdianto Dwi A. menegaskan bah wa teman-temannya akan mene kan dari awal tim lawan. Apalagi, mereka sangat menge-nal karakter Smanda, sebutan SMAN 2 Bandarlampung. Smanda pas tinya sangat ber-harap keme nangan saat bersua SMA Persada. Status juara bertahan itulah yang dinilai akan menjadi motivasi Smanda merebut kemenangan.

’’Kita akan melawan. Tidak akan mudah memperoleh keme nangan dari kami. Atau justru sebaliknya, kita yang akan menang. Kita sudah sangat siap menghadapi mere-ka. Pertandingan nanti seperti laga final bagi kami,’’ ungkap pemain bertubuh raksasa itu.

Sang pelatih M. Roby Ar-maicha pun mengaku timnya sama sekali tidak gentar melawan nama besar Smanda. Baginya, semua tim memiliki kemampuan dan kesem patan yang sama untuk menang. ’’Lawan-lawan saja. Kalah menang urusan belakang. Yang penting, tim punya mental,’’ ujarnya.

Oby –sapaan M. Roby Ar-maicha– akan menginstruk-sikan pemainnya menjaga ketat per gerakan anak-anak Smanda. Dengan bermain memainkan bola-bola cepat, Oby berharap bisa membuat para pemain Sman da frustrasi. ’’Fisik pemain kita tidak perlu ditanya lagi. Sudah oke! Sudah siap menjalankan instruksi pelatih untuk bermain cepat,’’ katanya.

Sebaliknya, Smanda pun

tidak akan mele-paskan begitu saja gelar yang mereka dapatkan dengan susah payah tahun lalu. Meski sadar dengan beban sebagai juara bertahan, Smanda pun sudah siap memperoleh ke-menangan pada laga pembuka.

’’Juara bertahan memang berat. Mungkin memper ta-hankannya lebih sulit. Tapi, kita akan berusaha sekeras mungkin menjaga peluang kembali juara,’’ tutur Andika Syamsul Hudha, manajer Smanda.

Dia menilai, SMA Persada memang bukanlah lawan yang mudah. Siapa pun lawan yang akan dihadapi Smanda, tentunya memiliki motivasi lebih untuk bisa mengalah kan juara berta-han. Hal itu yang cukup dikha-watirkan Smanda sebagai juara bertahan. ’’Kita tetap opti mistis. Anak-anak sudah melakukan persiapan yang maksimal untuk Honda DBL tahun ini,’’ katanya.

Sang kapten Nanda Kusuma Yudha pun mengaku cukup siap menjajal kekuatan SMA Persada. Pemain berposisi guard itu akan menjadi tembok tangguh Smanda meng ha dapi serangan ngotot anak-anak SMA Persada. ’’Kita siap bertanding. Mudah-mu-dahan tidak grogi. Itu saja,’’ ungkapnya. (ton/c2/ary)

SUPERSERUBANDARLAMPUNG – Tota-

litas. Itulah yang dilakukan tim basket putra SMAN 14 Bandar-lampung menghadapi laga per-dana melawan SMA Perintis 2 Bandarlampung hari ini di GOR Saburai, Bandarlampung.

Betapa tidak, para pemain mendapatkan dispensasi khusus

dari sekolah untuk melakukan persiapan tim menghadapi Honda Development Bas-ketball League (DBL) 2012 Lampung Series.

Mereka menggelar la-tihan pada pagi dan sore hari. ’’Khusus untuk latihan pagi hari, anak-anak men-dapatkan dispensasi khusus dari pihak sekolah. Kita memang mendapatkan dukungan dari pihak sekolah. Untuk latihan pada pagi hari, kita dapat dispensasi dari sekolah. Kesempatan itu yang kita manfaatkan sebaik mungkin,’’ ujar Delli Anhar, pelatih tim basket putra SMAN 14, kemarin.

Mang Udel –sa-paan Delli Anhar– mengatakan, selain pemantapan pola,

dia juga mem-berikan motivasi bagi para pe-mainnya. Dia khawatir para p e m a i n n y a justru akan ka-

ku dalam ber-main. Maklum

saja, kebanyakan materi pemain SMAN

14 adalah materi-materi baru.Pemain-pemain andalan

mereka, seperti Normen, Hiprant, dan Maula Yusuf, sudah dipastikan absen karena sudah duduk di kelas XII. ’’Kita mendapatkan suntikan pemain baru. Selain Dafril, ada Gogor yang meng-gantikan posisi Hiprant. Selain itu, Danni, Rizky, dan Berlin akan dimainkan sebagai starter,” ungkap Mang Udel.

Tiga nama terakhir itu adalah skuad inti SMAN 14 pada Honda DBL 2011 Lampung Series.

Mang Udel pun tetap tidak mau se sumbar. Dia tidak ingin kesalahan-kesalahan yang terjadi justru akan membuat semifinalis Honda DBL 2010 dan 2011 Lampung Series itu terjungkal.

’’Asal jangan buat kesalahan, kita yakin menang. Kita justru mem pertimbangkan lawan jika sean dainya menang lawan SMA Perintis 2. Kita akan menghadapi SMAN 10 Bandarlampung,’’ tuturnya.

Sementara Jaka Darmawan, pelatih tim basket SMA Perintis 2, menganggap laga perdana menghadapi SMAN 14 adalah laga penting. Dia pun tentu akan mempersiapkan tim dengan matang. Hanya, memang kemam-puan yang kurang merata dalam skuadnya bisa menjadi celah untuk SMAN 14 meraup angka.

’’Mereka tim bagus. Tapi, kita tidak khawatir bertemu mereka. Semua sekolah sama. Tinggal sia pa paling disiplin dalam bermain, dia yang akan menang. Kita akan manfaatkan kesempatan untuk membenahi kekurangan tim,’’ ungkapnya. (ton/c2/ary)

Jamin Tampil Total

BANDARLAMPUNG –Tim basket putri SMAN 5 Ban-darlampung yakin mampu mengatasi perlawanan SMAN

15 Bandarlampung pada laga perdana hari ini

di GOR Saburai, Ban dar lam-

pung. Ber-bekal ma-teri pe-m a i n -

p e m a i n kelas XII dan XI, pelatih Ab dul Rochim optimistis meraih kemenangan.

’’Kalau melihat materi pemain-nya, kita optimistis menang. Ada beberapa pemain yang sudah pernah turun pada Honda DBL

Modal Pemain Berpengalaman

2011. Mereka akan menjadi per-paduan yang tepat saat meladeni permainan lawan,’’ ujar pelatih yang juga akrab disapa Oim itu.

Untuk penerapan pola pertan-dingan, Oim akan menekankan pola defense kepada anak asuhnya. Hal itu dia lakukan karena menu-rutnya dalam penerapan pola offense, para pemainnya sudah cukup mengetahui. ’’Mere ka sudah tahu apa yang akan mereka lakukan ketika turun bertanding. Kans kita untuk menang ada,’’ ungkapnya.

Sementara Reza Maroza, pe-main tim putri SMAN 5, mengaku masalah mental yang belum cukup merata di dalam tim justru dikha-watirkan bisa menjadi batu san-dungan. Mengingat ada beberapa pemain-pemain baru, dikhawatir-kan akan nervous ketika turun pada Honda DBL.

’’Ya, kalau saya sudah pernah main pada Honda DBL. Ada beberapa pemain yang belum pernah ikut. Nanti bisa grogi. Tahu sendiri kan banyak yang nonton,’’ kata dia.

Meski begitu, Reza tetap yakin timnya mampu mengatasi SMAN 15. Meskipun belum pernah bertemu sebelumnya, Reza yakin dengan kekompakan timnya. ’’Kita tetap yakin untuk bertanding nanti,’’ tuturnya.

Sementara Aditya Bayu Rinjani, pelatih SMAN 15, mengaku, timnya akan tampil sebaik mungkin. Meskipun, timnya tidak begitu berambisi juara pada Honda DBL 2012 Lampung Series. ’’Sekolah kita adalah sekolah baru. Kita hanya ingin memperkenalkan nama SMAN 15. Tapi, kita juga tidak ingin tampil biasa,’’ ung kapnya. (ton/c2/ary)

Eko Mariska Nan

da K

usum

a

Sebagai seorang pemain basket, Pungki Novianto tidak pernah

melupakan peran orang tua. Baginya, orang tua adalah suporter sejati yang

sesungguhnya. Apa yang dilakukannya?

MENGHADAPI putaran final Honda Development Basketball League (DBL) 2012 Lampung Series, hanya satu yang dilakukan Pungki menjelang laga. Yakni meminta restu kepada ibunda tercinta.

Pungki menilai, even sebesar Honda DBL 2012 Lampung Series adalah sebuah even dengan pertandingan yang sangat prestisius. Di sana pun, dia dan teman-temannya yang tergabung dalam tim basket SMA YP Unila

akan menemui lawan-lawan berat. Sebut saja SMA Xaverius Pahoman. ’’Bagi saya, orang tua adalah motivator,’’ ujarnya usai menjalani latihan di lapangan basket SMA YP Unila.

Anak pertama dari pasangan Sutrisno dan Mujiati itu berharap pada tahun ini, timnya bisa menjadi juara. Itu setelah pada Honda DBL 2011 silam, SMA YP Unila terpaksa menyerah di tangan SMA Xaverius Pahoman. Saat ini, dia tidak ingin timnya harus kembali kalah. Siapa pun lawannya, Pungki dkk. siap meladeni.

Bermain basket sejak usia 13 tahun, Pungki bertekad pada tahun ini bisa menorehkan prestasi. Apalagi, dukungan dari sang pelatih pun mengalir deras. ’’Kalau Om Ichon (Sony Ichon, pelatih SMA YP Unila, Red) selalu memberikan motivasi. Jangan takut lawan siapa saja. Habisi saja,” tegas dia. (ton/ary)

Harapkan Restu Ibunda sebagai Motivator Sejati

Page 14: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

JUMAT, 17 FEBRUARI 201214

SEPAK BOLA

Merindukan Persil LAMPUNG pernah memiliki klub hebat pada era

1960-an, yakni Persatuan Sepak Bola Indonesia Lam pung (Per sil). Yang kemudian berganti menjadi tim Jaka Utama.

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. pun melontarkan usulan agar klub ini kembali dihidupkan. Keinginan ini di tang kap Dispora Lampung dengan menggelar diskusi ber te ma ’’Menyoal Sepak Bola Lampung’’ di Cafe Diggers kemarin (16/2).

Diskusi tersebut dihadiri elemen pencinta sepak bola se perti Prof Dr. Syarifudin Basyar, Endro Subroto, dan Heri Ch Burmelli. Ada juga mantan pemain Persil era 70-an Herman; Ketua SIWO Lampung Rusidi; serta Okta Rijaya, anggota DPRD Lampung Komisi V.

’’Kesimpulannya, Persil harus dihidupkan kembali, dan terbebas dari kepentingan politik, dan yang ter ak-hir melakukan penggalian dana de ngan trans paransi serta akuntabilitas yang dapat dipertang gungja wabkan. Sedangkan PSBL tidak dibubarkan dan dikem balikan ke Bandarlampung, ’’ tutur Endro Subroto. (nur/c3/ary)

RAKOR DISPORA

Gandeng Semua Lini DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung

akan menggelar rapat koordinasi (rakor) yang diikuti berbagai institusi olahraga di Lampung.

Pesertanya berasal dari Dispora, KONI, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Kwartir Daerah (Kwarda), perguruan tinggi, Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI, Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Lampung, serta Bapomi dan Bapopsi Lampung di seluruh kabupaten/kota.

Menurut Kadispora Lampung Sugiarto, rakor akan digelar pada 21-22 Februari 2012 di Pondok Rimbawan, Bandarlampung. Nantinya, kuota peserta diperkirakan mencapai 60 orang lebih. (ton/c3/ary)

VOLI PANTAI

Tambah Pilar SendiriHANYA mendapat kuota tiga tim tak membuat timnas

voli pantai Indonesia kehabisan akal menatap Olimpiade 2012. Mereka memilih berkorban dengan menambah pasukan secara swadaya. Konsekuensinya, mereka mesti merogoh kocek sendiri untuk membiayai tiga tim tambahan yang kini juga menghuni pelatnas.

Tiga tim tambahan itu ialah Fahriansyah/Bustomi, Ni Putu Dini/Astri Veyzathi, serta Eva Susilowati/Fitri Wijayanti. Mereka bergabung dengan pemain yang terlebih dahulu menghuni pelatnas. Yakni, Andy Ardiansyah/Koko Prasetyo Darkuncoro, Ade Chandra Rachmawan/Dian Putra Sentosa, serta Ayu Chayaningsiam/Dita Juliana. Kini, mereka berlatih di Solo. ’’Kami memang harus mengeluarkan dana sendiri. Tapi ini memang sebuah konsekuensi yang harus kami terima. Kalau tidak begini, tim tidak akan sehat,’’ terang Slamet Mulyanto, head coach timnas voli pantai Indonesia proyeksi Olimpiade 2012, kemarin. (jpnn/c3/ary)

Via Toreh Hasil PositifBANDARLAMPUNG – Via Las-

tiningtyas menorehkan catatan manis di babak pertama Turnamen Catur Perang Bintang Best of the Best Tahap I di Resort Multi Makmur Community Center Sawangan, Jakarta.

Pecatur Putri Lampung yang akan turun di PON XVIII Riau, September 2012, ini berhasil mengalahkan master catur Jawa Barat Diajeng Singgih pada agenda tahunan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia

(Percasi) yang berlangsung sejak 16 Januari itu.

Even ini memang sengaja dijadi-kan sebagai ajang tryout bagi Via. Mengingat, pada turnamen tersebut ikut serta juga pecatur-pecatur nasional yang kemungkinan besar akan jadi lawan Via pada PON nanti.

’’Pesertanya dari seluruh Indo-nesia. Pecatur yang turun meru pakan pecatur-pecatur nasional yang akan turun di PON nanti. Jelas keikut-sertaan Via ada manfaatnya. Via

bisa menambah jam terbang dari sini. Dia bertemu dengan lawan yang sepadan, bahkan mungkin ada yang di atasnya. Ini yang akan jadi bekal bagi Via. Saat ini (kemarin, Red) sedang melawan Yemi Jelsen dari Riau,’’ papar Jolly Sanggam, sekretaris umum Pengprov Percasi Lampung, kemarin (16/2).

Meski berhadapan dengan peca tur-pecatur na-s i o n a l ,

Jolly mengaku tetap optimistis Via dapat menca tatkan hasil yang memuaskan. Apa lagi, Via yang sempat finis di peringkat ke-15 Pra-PON 2011 itu dalam kondisi bagus.

’’Kita tetap berharap Via bisa memperoleh hasil yang bagus.

Setidaknya, hasil dari turnamen ini bisa

jadi tolok ukur, se jauh ma-

na ke-mam-

puan Via dibandingkan pecatur-pecatur nasional lain yang juga ikut serta. Kalau ada keku rangan, pasti akan kita benahi,’’ tambah Jolly.

Via memang menjalani pemu-satan latihan di Depok. ’’Via juga sekolah di Depok. Yakni sekolah catur Utut Adiyanto. Kalau di Lampung, kita bingung mencari lawan tanding untuk dia. Mudah-mudahan, turnamen ini bisa dijadikan pengalaman bagi dia,’’ ungkap Jolly. (ton/c3/ary)

gpLampung, kemarin (16/2).

Meski berhadapan dengan peca tur-pecatur na-s i o n a l ,

y ,turnamen ini bisa

jadi tolok ukur, se jauh ma-

na ke-mam-

NEW YORK – Jeremy Lin sudah jadi topskor, sudah jadi penyelamat detik terakhir untuk New York Knicks. Rabu malam (15/2, kemarin WIB), pemain 23 tahun itu berganti peran sebagai distributor.

Melawan Sacramento Kings di kandang sendiri, Lin hanya menembak enam kali sepanjang pertandingan. Dia memasukkan empat tembakan, menambah dua free throw untuk mencetak total sepuluh poin. Tapi, dia juga membagikan 13 assist.

Meski beda peran, hasil tetap sama. Knicks menang 100-85. Itu kemenangan ketujuh berturut-turut sejak Lin menjadi motor utama tim.

Sebelum pertandingan ini, Lin merupakan mesin poin utama Knicks, mencetak rata-rata 27 poin per pertan-dingan. Kemarin, Lin bilang kalau itu belum tentu terus baik untuk tim.

’’Sebagai point guard, tembakan saya selama ini banyak sekali. Saya pikir itu belum tentu baik. Saya pikir lebih baik lagi bila saya bekerja sebagai distributor bola, mengajak pemain-pemain lain untuk

menemukan ritme,’’ tuturnya seperti dilansir Associated Press.

’’Minimnya’’ poin Lin itu mung-kin tidak memenuhi harapan tinggi ribuan penggemar yang menonton di Madison Square Garden. Tapi, mereka tetap menunjukkan dukung-an luar biasa. Membawa poster-poster dukungan, mene riakkan ’’MVP’’, dan memakai topeng Lin.

Berbagai julukan baru juga mereka tunjukkan. Antara lain ’’Lin Your Face’’ dan ’’Linderella’’. Sama seperti sebelumnya, Lin hanya bisa geleng-geleng kepala. ’’Ini gila. Tapi terima kasih atas energi yang selalu kalian tunjukkan,’’ tutur Lin kepada penonton.

Sampai kapan Knicks akan menang terus? Tanda-tandanya, winning streak ini akan berlanjut hingga 17 Februari nanti, ketika Knicks menjamu New Orleans Hornets. Di atas kertas, Knicks menang. Mengingat Hornets merupakan salah satu tim dengan rekor terburuk di NBA saat ini. (jpnn/c3/ary)

NBA

Lin dan Knicks Masih Meraja

Jeremy Lin

Page 15: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

15JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

17 - 25 FEBRUARI 2012

BANDARLAMPUNG - Men jelang dibukanya Honda De ve lop ment Basketball League (DBL) 2012 Lampung Series hari ini (17/2), beberapa perwakilan tim yang tampil di laga pembuka ber kesempatan on air di OZ 94,4 Radio Bandarlampung.

Mereka adalah kapten tim bas ket putra SMAN 2 Bandar lam pung Nanda Kusuma Yudha, kapten tim basket putra SMA Per-sada Rusdianto Dwi A., kapten tim basket putri SMAN 5 Bandar lampung Rina Safitri, dan pelatih SMAN 15 Bandarlampung Aditya Ba yu Rinjani.

Mereka berkesempatan untuk me -nyampaikan bagaimana per sia pan mereka saat akan turun di even bola basket prestisius itu. Satu per satu, mereka mem per ke nalkan diri dan memberikan pen dapat. Seperti Nanda Kusuma Yudha, yang berharap dia dan tim nya tidak grogi saat akan tampil di laga pembuka. ’’Ya mudah-mu dahan saja enggak nervous,’’ ha rap nya.

Sementara itu, Rusdianto Dwi A. justru sebaliknya. Dia tidak me miliki perasaan grogi saat akan turun di laga pembuka. Maklum saja, Rusdianto adalah pemain yang juga ikut turun pada Honda DBL 2011 Lampung Series.

’’Kalau sa ya sih sudah siap untuk turun

ber tanding. Sudah enggak sabar la gi mau turun,” kata dia.

Sedangkan Rina Safitri me ngaku optimistis saat timnya me mulai laga melawan tim basket pu tri SMAN 15 Bandarlampung. Rina bahkan berharap dukungan dari suporter saat dia dan teman-te mannya turun bertanding. ’’Ya doakan saja supaya kita bisa me nang. Kita sudah siap kalau harus bertanding,’’ katanya.

Aditya Bayu Rinjani, pelatih yang mewakili SMAN 15 Bandar lampung, berharap pada kes em patan Honda DBL 2012 Lampung Se ries ini, tim yang dibawanya bisa tampil lebih baik lagi. Dia pun mengaku senang timnya di berikan kesempatan bertanding di laga pembuka. ’’Kita main di la ga pembuka. Itu hal yang me nye nangkan,” ucap dia.

Arif Rahman Hakim dari DBL Indonesia mengatakan, Lampung ter kenal dengan fanatisme su por ter setiap perhelatan Honda DBL. Tahun 2010 saja, jumlah pe non tonnya hampir mencapai 35.000 orang. Begitu juga tahun 2011, ham pir menyamai. ’’Mudah-mu dahan saja, tahun ini jumlah pe no n-tonnya bisa lebih banyak. Lam pung penontonnya selalu ba nyak,” ungkap dia. (ton/c1/ary)

FOTO ANTON ADI WIJAYA

TALKSHOW: Kapten tim basket putra SMAN 2 Bandarlampung Nanda Kusuma Yudha (paling kiri), kapten tim basket putra SMA Persada Rusdianto Dwi A., kapten tim basket putri SMAN 5 Bandarlampung Rina Safitri, pelatih SMAN 15 Bandarlampung Aditya Bayu Rinjani, serta perwakilan DBL Indonesia Arif Rahman Hakim saat on air di OZ Radio 94,4 FM Bandarlampung.

TAK SABAR LAGI UNTUK BERTANDINGTAK SABAR LAGI UNTUK BERTANDING

Page 16: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012LAMPUNG RAYA

16 Lamsel-Tanggamus-Pesawaran-Pringsewu

KALIANDA – Sembilan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) di Lampung Selatan aktif beroperasi. Sementara jumlah yang terdaftar di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dissosnakertrans) setempat mencapai 30 PPTKIS.

Kesembilan PPTKIS itu adalah PT Graha Ayu Karsa, PT Hasrat Insani Nurani, PT Bahana Mega Prestasi, PT Agrelia Putra, PT Hasamuri Abadi, PT Amri Margatama, PT Fista City, PT Sabrina Paramita, dan PT Darma Karya Putra.

Kasi Perluasan Kesempatan Kerja Dissosnakertrans Lamsel Harianto mengatakan, sebagian besar PPTKIS merupakan cabang. Satuan kerja itu sendiri belum mengetahui secara pasti penyebab banyaknya PPTKIS yang tidak aktif.

’’Kami hanya mengawasi pemberangkatan TKI,” kata Harianto mewakili Kadissosnakertrans Lamsel Zubaidi kemarin.

Dilanjutkan, PPTKIS itu tersebar di seluruh kabupaten. ’’Ada juga perusahaan yang tidak mendaftarkan diri ke kita. Kebanyakan perusahaan hanya cabang dari pusat,” ujarnya.

Karena itu, Harianto berharap perusahaan yang bergerak di jasa pemberangkatan TKI dapat berkoordinasi dengan Dissosnakertrans. Hal ini untuk mempermudah pengawasan dan pembinaan. Terutama jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan terhadap TKI yang berangkat.

’’Tidak hanya perusahaan yang kami harapkan. Masyarakat dan aparat terkait juga dapat berperan aktif melaporkan identitas diri atau administrasi lainnya jika ada niat untuk bekerja di luar negeri. Jangan ketika ada masalah baru melapor,” ungkapnya.

Harianto mengatakan, hal ini harus diperhatikan. Sebab, minat masyarakat untuk bekerja di luar negeri ini terhitung tinggi. Berdasarkan data yang ada di Dissosnakertrans, hingga Februari 2012 tercatat 59 TKI.

Sementara tahun lalu, ada 156 TKI yang berangkat dari kabupaten ini. Rinciannya, 149 tenaga kerja wanita dengan tujuan Malaysia, Arab Saudi, Taiwan, Syiria, Hongkong, dan Singapura. Sisanya laki-laki dengan negara tujuan Malaysia, Arab Saudi, dan Taiwan. (rif/c2/ais)

Puluhan Terdaftar, Hanya Sembilan PPTKIS yang Aktif KOTAAGUNG – Pembayaran

kenaikan gaji PNS di Kabupaten Tanggamus sebesar sepuluh per-sen masih menunggu terbitnya peraturan pemerintah (PP). Anggaran itu sudah dialokasikan dalam APBD 2012.

Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (DP2KAD) Tanggamus Drs. Hilman Yoscar mengatakan, PP penetapan gaji PNS dan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara tentang Penyesuaian Besaran Gaji Pokok PNS belum diterbitkan pemerintah pusat. Peraturan itu merupakan acuan untuk membayar kenaikan gaji tersebut.

’’Untuk pembayarannya, kita masih menunggu petunjuk dari pusat. Begitu petunjuk pembayaran kenaikan gaji terbit, langsung diproses,” tutur Hilman.

Dilanjutkan, jika mengacu pada tahun lalu, pembayaran kenaikan gaji itu dilakukan paling lambat Mei 2012.

Terkait hal ini, sebelumnya sejumlah PNS di Pemkab Tang-gamus mempertanyakan kapan waktu pembayaran kenaikan gaji sebesar sepuluh persen itu.

Seperti diungkapkan Rohaya, salah seorang PNS. Menurutnya, kini ia memiliki beban cukup berat karena harus membiaya anak sekolah yang duduk di bangku SMP dan SMA.

’’Saya berharap kenaikan gaji itu segera dibayar. Itu sangat mem bantu memenuhi kebutuhan se hari-hari,” ungkapnya. (ehl/c2/ais)

Tunggu Petunjuk Pusat

FOTO HUMAS PEMKAB LAMSEL

SEGERA TERWUJUD: Pembangunan Dermaga Canti di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, segera terealisasi. Ini menyusul dihibahkannya tanah adat sebagai lahan pembangunan dermaga itu. Hal itu ditandai dengan penandatanganan surat hibah tanah untuk pembangunan Dermaga Pelabuhan Canti seluas 220 meter persegi dari tokoh masyarakat, Juherrudin gelar Dalam Kekhatun Marga Rajabasa, kemarin. Penandatanganan dilakukan Bupati Lamsel Rycko Menoza S.Z.P. pada rapat koordinasi bulanan Pemkab Lamsel di Desa Batubalak, Kecamatan Rajabasa.

Page 17: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012 17 LAMPUNG RAYA

Tuba-Tuba Barat-Mesuji

Warga Rencanakan UnrasTERUNGKAPNYA kejanggalan hak guna usaha

(HGU) milik PT Umas Jaya Agrotama (UJA) langsung memantik reaksi keras dari masyarakat Kampung Gunungkatun Tanjungan dan Gunungkatun Malai, Kecamatan Tulangbawang Udik, Tuba Barat.

Guna mendesak Pemkab Tuba Barat ikut turun tangan dalam penyelesaian sengketa lahan warga dengan perusahaan, ratusan masyarakat dari dua kampung itu akan menggelar unjuk rasa (unras). Aksi direncanakan digelar di kantor Pemkab Tuba Barat, Senin (20/2).

Paridi, warga Kampung Gunungkatun Tanjungan, mengatakan, unras mereka gelar lantaran hingga kini belum ada bentuk penyelesaian sengketa lahan yang dilakukan pemkab setempat.

Senada, tokoh masyarakat lainnya, Abdul Hakim, mengakui bahwa pihaknya kini tengah membahas langkah apa saja yang akan dilakukan dalam rangka pengambilalihan lahan seluas 1.100 hektare (ha) tersebut. ’’Tanah ini berada di 14 umbulan. Kami berharap pihak perusahaan bersedia menyelesaikan masalah ini agar tidak berlarut-larut dan berpotensi mengakibatkan benturan fisik,’’ ucapnya kemarin. (fei/c3/fik)

SENGKETA LAHAN

Pendemo Sasar KKPAKSI demonstrasi warga dan petambak eks PT Aruna

Wijaya Sakti (AWS) terus berlanjut. Kali ini giliran Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) yang menjadi sasaran unjuk rasa mereka. Dalam aksinya, para petambak yang terhimpun dalam Perhimpunan Petambak Plasma Udang Windu (P3UW) itu meminta kepada Menteri Kelauatan dan Perikanan Syarif Tjitjip Sutarjo mengambil langkah nyata dalam menuntaskan penderitaan ribuan petambak Bumi Dipasena.

Dalam orasinya, para pendemo menuding belum ada langkah konkret penyelesaian kasus di Bumi Dipasena semenjak Tjitjip –sapaan akrab Syarif Tjitjip Sutarjo– menjabat sebagai menteri. Untuk itu, petambak berharap agar Tjitjip dapat mempelajari dan memahami realisasi program revitalisasi yang diamanatkan DPR, KKSK, dan Presiden SBY.

Warga juga mendesak Tjitjip bersikap tegas menyikapi kegagalan revitalisasi perusahaan terhadap plasma dan masyarakat petambak. Sebab, jika masalah ini terus dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan juga berimbas terhadap potensi devisa yang ada dan memengaruhi hajat hidup orang banyak. (wdi/c3/fik)

KONFLIK DIPASENA

205 Eselon IV Kosong

MESUJI – Analisis jabatan

(an jab) dan analisis beban kerja (ABK) di Mesuji belum dapat ber jalan maksimal. Pasalnya, ka-bupaten ini masih mem butuhkan 205 pegawai negeri sipil (PNS) yang sudah berpangkat cukup guna menduduki sebuah posisi di eselon IV.

Kepala Bagian Organisasi Pem-kab Mesuji Harun Kurniadi men-

jelaskan, kondisi eselon IV yang dibutuhkan sesuai jumlah satuan kerja (satker) dan kecamatan men-capai 308 PNS. ’’Sesuai dengan struktural yang ada di masing-masing satker dan kecamatan, Mesuji masih butuh 205 PNS mi-nimal golongan III b. Yang baru terisi hanya 103 sampai saat ini,’’ tuturnya kepada harian ini ke marin.

Melihat kondisi tersebut, Harun menambahkan, pihaknya tidak bisa maksimal melakukan anjab-ABK seperti yang dituangkan da lam Permendagri No. 4/2005 ten tang Pedoman Anjab dan

Permendagri No. 12/2008 tentang Pe doman ABK.

’’Untuk anjab-ABK belum bisa sempurna. Hal ini karena ke bu-tuhan PNS, khususnya eselon IV, belum terisi secara menyeluruh di masing-masing satker dan ke-camatan,’’ urai mantan sekretaris KPU Mesuji ini.

Kendati demikian, ia men je-laskan, satker yang di pimpinnya telah melakukan anjab untuk kali pertamanya pada akhir Desember 2011 di Batuputu, Telukbetung Utara, Bandarlampung. ’’Pen di-dikan dan latihan (diklat) sebagai

salah satu upaya dari anjab. Ke depan kita melanjutkan proses anjab secara rutin. Tahun ini sudah dianggarkan dalam APBD 2012,’’ terangnya.

Harun mengungkapkan, anjab dilakukan untuk menentukan ca ra-cara seseorang bisa men-duduki sebuah jabatan struktural sesuai gelar akademisi, masa kerja, dan golongannya. ’’Namun, hal ini tidak dapat dilakukan maksimal karena jumlah PNS di Mesuji be-lum ideal. Masih banyak yang kosong,’’ ujarnya.

Ia membeberkan, sejumlah

alasan kenapa PNS dari provinsi dan kabupaten/kota lain enggan mutasi ke Mesuji. ’’Yang pertama karena biaya hidup dan ope ra-sional sehari-hari di Mesuji sa-n gat tinggi. Untuk sewa/me-ngo ntrak satu kamar saja mem-butuhkan biaya minimal Rp3,5 juta per ta hun. Belum lagi biaya makan se tiap harinya,’’ urai dia.

Bahkan, tambah Harun, Pem-kab Mesuji sudah melakukan so sialisasi berbentuk promosi kepada PNS yang berada di pro-vinsi maupun kabupaten/kota agar bersedia bertugas di ka bu-

paten pecahan Tuba tersebut. ’’Tapi mereka lagi-lagi berpikir ulang dan menolak untuk pindah ke Mesuji,’’ katanya.

Ditegaskan, pengisian jabatan struktural eselon IV harus di la-kukan secara bertahap dengan cara rekrutmen CPNS setiap ta-hunnya. ’’Kalau mengharapkan mutasi dari daerah lain, hal itu tidak mungkin,’’ tandasnya.

Mengenai ABK, Harun me-ngakui, penetapannya ber dasarkan anggaran yang tersedia. ’’Setiap pegawai yang memegang jabatan struktural akan mendapatkan

tun jangan beban kerja seperti yang diatur dalam Permendagri No. 12/2008. Namun, nominalnya bervariasi bergantung beban kerja masing-masing,’’ ungkapnya.

Hasil pendataan Bagian Or-ganisasi pada Oktober 2011, jum lah PNS baik fungsional maupun struktural di ling ku-ngan Pemkab Mesuji men capai 2.157 orang. Rin ciannya fung-sional sebanyak 1.481 dan struk tural 676 orang. ’’Idealnya, kabupaten ini mem butuhkan 2.469 PNS,’’ tutup Harun. (gan/c3/fik)

MESUJI – Pembuatan siring gajah di sepanjang jalan lintas timur (ja-lintim), mulai Simpang Gedungaji Baru hingga Kampung Agungbatin, Mesuji, diam-diam menyita perhatian DP RD setempat. Lembaga legislatif ini akan meminta per tang gung-jawaban PT Silva In hu tani Lampung selaku pihak yang membuat galian berbahaya tersebut.

DPRD Mesuji melalui komisi C berencana memanggil PT Silva In-hutani Lampung sebagai pemegang hak pengelolaan hutan tanaman industri (HPHTI) kawasan Register 45 Sungaibuaya. ’’Ya benar, kami akan menyikapi persoalan siring gajah ini pekan depan,’’ tutur Sek-retaris Komisi C DPRD Mesuji Derajat kemarin.

Menurutnya, pembuatan siring gajah sudah banyak menelan korban jiwa saat pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil melintas di ruas jalan negara tersebut. ’’Kami terus memantau pemberitaan me-nge nai banyaknya kecelakaan lalu lintas pasca keberadaan siring gajah. Galian yang dibuat sangat dekat dengan badan jalan,’’ tutur legislator asal partai Hanura ini.

Penggalian siring di sepanjang jalintim untuk menjaga keutuhan kawasan Register 45 Sungaibuaya seluas 43.100 hektare itu sudah ber-ulangkali menimbulkan korban jiwa. Mulai dari luka-luka hingga me ninggal dunia. ’’Belum lagi adanya kendaraan yang sering nyungsep dan terbalik di siring tersebut,’’ ujar Derajat.

PT Silva Inhutani Lampung mem-buat siring gajah sedalam 2–3 meter dengan lebar mencapai 2 meter. ’’Kami langsung bahas, meski belum secara resmi menjadi sikap DPRD. Tapi, saya pribadi waktu itu langsung merespons. Kalau sekarang, ya kita sudah sepakati untuk memanggil PT Silva,’’ bilangnya.

Derajat menegaskan, yang dila-kukan PT Silva Inhutani Lampung itu sangat merugikan dan mem-bahayakan pengguna jalan. ’’Sebab, jarak galian dengan badan jalan sangat dekat. Jika sewaktu-waktu si pengemudi menghindari tabrakan dari arah berlawanan, maka ken-daraan itu pasti terjun bebas ke si ring,’’ jelasnya.

Selain itu, Derajat menambahkan, aktivitas itu dinilainya melanggar UU No. 13/1980 tentang Jalan yang terinci dalam pasal 5 ayat 2 dan 3. Galian ini juga telah melanggar Peraturan Pe me-rintah (PP) No. 34/2006 tentang Jalan.

Sebelumnya, sejumlah tokoh ma syarakat Mesuji menyesalkan adanya siring pengaman di sepanjang jalintim. (gan/c3/fik)

Kekurangan PNS Jadi Kendala Anjab-ABK di Kabupaten Mesuji

FOTO IST

BENTUK KEKECEWAAN: Para petambak eks PT AWS menggelar aksi teatrikal dengan menyerahkan hasil panennya ke ’’Menteri Kelauatan dan Perikanan’’ saat menggelar aksi di Kementerian Kelauatan dan Perikanan, di Jakarta kemarin.

Dewan Soroti Siring ’’Maut’’

Pendemo Klaim tanpa Muatan Politis

MENGGALA – Gubernur Lam-pung Sjachroedin Z.P. dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (For-kopimda) Lampung mengajak semua elemen masyarakat di provinsi ini khususnya Tulangbawang untuk tetap menjaga persatuan dan ke-satuan.

Oedin –sapaan akrab Sjachroedin Z.P.– menuturkan, masyarakat jangan sampai terpecah belah serta mau diprovokasi oleh oknum-oknum tertentu yang dapat merusak ke-utuhan berbangsa dan bernegara.

Sebab, lanjut orang nomor satu di Provinsi Lampung ini, majunya sebuah provinsi tidak lepas dari kemajuan yang berhasil diraih ka-bupaten-kabupaten di dalamnya. Kemudian, majunya kabupaten juga sebagai imbas perkembangan pem-bangunan di level kecamatan yang ada di dalam kabupaten setempat.

Pria yang juga menjabat sebagai

Ketua DPD PDIP Lampung ini me-ngatakan, kehadiran dirinya dan For kopimda Lampung untuk melihat secara serius kondisi Tuba guna me-mastikan keamanan warga se ka ligus memberikan rasa aman ke pada in-vestor di kabupaten se tempat.

’’Jangan sampai PT Sugar Group Companies (SGC) mengalami nasib seperti PT Aruna Wijaya Sakti (AWS). Kalau sudah begini, kan kasihan tenaga kerja yang menggantungkan hidupnya pada perusahaan. Data yang kita peroleh ada sekitar 21 ribu masyarakat yang telantar karena tutupnya PT AWS. Lalu apakah nasib PT SGC harus sama seperti PT AWS? Nah, ini yang harus kita jaga,’’ urai Oedin usai me-lakukan bakti sosial di Kampung Gedung meneng dan Ge dung bandar-rejo, Ke ca matan Gedungmeneng, kemarin.

Atas nama Pemprov Lampung, Oe din memberikan penghargaan dan apresiasi kepada PT SGC yang telah menyalurkan bantuan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.

Pada kesempatan itu, gubernur

juga menegaskan kedatangannya ke Kecamatan Gedungmeneng dan Denteteladas bukan lantaran ingin membela perusahaan. tapi ia pun ingin berpijak pada hal-hal yang pasti dengan berlandaskan peraturan perundang-undangan.

Oedin juga mengatakan, aparat ha rus bertindak tegas terhadap pen-demo yang tidak sesuai aturan dan ber tindak anarkis. ’’Boleh saja me-nyampaikan aspirasi, namun harus melalui prosedur. Warga me miliki per wakilan yakni anggota DPRD. Warga harus memberdayakan DPRD,’’ tukas gubernur dua periode ini sembari me nga takan, dia tidak akan bisa ditekan dan tidak akan mundur terhadap siapa pun yang menggelar demo.

Dalam kesempatan tersebut, gu bernur mengaku kecewa dengan ketidakhadiran camat dan Kakam saat kunjungan kerjanya. ’’Siapa bilang gubernur tidak punya wilayah. Wilayah gubernur adalah seluruh wilayah di Provinsi Lampung. Perlu belajar lagi Kakam dan camat ter-sebut,’’ sentil Oedin.

Senada, Danrem 043/Garuda Hitam Kol. (CZI) Amalsyah Tarmizi juga me-nga jak semua warga menjaga per satuan dan jangan mau diadu domba. ’’Kami siap membantu ma syarakat. Mari jaga persatuan dan kesatuan,’’ ajaknya.

Sementara, Direktur Utama PT SGC Fauzi Toha mengaku, pihaknya hingga kini sudah mengeluarkan corporate social responsibility (CSR) lebih dari Rp20 miliar kepada ma syarakat di sekitar perusahaan ter masuk halnya warga Kecamatan Gedungmeneng dan Den-teteladas.

Sementara, Yunizar K.S. yang merupakan perwakilan Badan Per-musyawaratan Kampung (BPK) me nolak jika warga di tujuh kampung yang ada di dua kecamatan diklaim sebagai bagian dari pendemo. ’’Yang melakukan demo adalah segelintir oknum-oknum warga bukan me-wakili masyarakat. Itu yang benar,’’ tandas Yulizar. 

Sementara itu, koordinator la-pa ngan unjuk rasa, Payakun Alba, menyangkal aksi yang dilakukan pihaknya memiliki unsur politis. (fei/wdi/rnn/c3/fik)

Oedin Ajak Jaga PersatuanFOTO RNN

TERPAKSA: Karena minimnya fasilitas angkutan umum meski cukup berbahaya, sebagian pelajar terpaksa menumpang kendaraan bak terbuka ketika hendak berangkat dan pulang sekolah.

DPRD WAYKANAN

Page 18: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

SOCIETY18 JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

Danlanal Lampung Kol. (L) S. Andreas bersama Danrem 043 Gatam Kol. CZI. Amalsyah Tarmizi, Wakil Bupati Tulangbawang Hi. Agus Mardihartono, M.H., anggota DPRD Lampung Hi. Dedi Afrizal, dan masyarakat berjoget bersama setelah pemandu acara menyanyikan sebuah lagu.

FORKOPIMDA ERATKAN KEBERSAMAAN MASYARAKAT-PERUSAHAAN

Vice President Sugar Group Companies (SGC) Lee Chou Hoult menggendong Bambang Sumardi (5), warga Gedung Bandarrejo, Gedungmeneng, Tulangbawang, yang menderita tunawicara. Bocah ini akan diobati Lee di tempat pengobatan pekan depan.

Gubernur Lampung Hi. Sjachroedin Z.P., S.H. memberikan bantuan sembako kepada masyarakat di Gedung Bandarrejo, Gedungmeneng, Tulangbawang.

Gubernur Lampung Hi. Sjachroedin Z.P., S.H. meminta masyarakat dari Gedungmeneng dan Denteteladas untuk tidak mudah diprovokasi. Sebab, keberadaan perusahaan akan sangat membantu pembangunan wilayah sekitar.

Danrem 043 Garuda Hitam Kolonel CZI. Amalsyah Tarmizi meminta masyarakat bersatu guna membangun kampung halamannya. TNI dari Korem 043 siap membantu suksesnya pengembangan kecamatan dan kampung yang ada di Lampung.

Jajaran anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung bersama jajaran pimpinan PT Sugar Group Companies menyaksikan arahan Gubernur Lampung Hi. Sjachroedin Z.P., S.H. di Gedungmeneng, Kecamatan Gedungmeneng, Tulangbawang.

Forkopimda Lampung menyaksikan penyataan sikap yang dibacakan Yunizar K.S. sebagai perwakilan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) dan warga 7 kampung di Denteteladas dan Gedungmeneng. Ia menyatakan bahwa hingga kini belum ada musyawarah apa pun terkait dengan aksi unjuk rasa beberapa waktu lalu.

Vice President PT SGC Lee Chou Hoult memastikan isi bungkusan sembako bantuan perusahaan yang akan diberikan ke masyarakat sekitar perusahaan.

Ribuan warga dari Kecamatan Gedungmeneng dan Denteteladas menghadiri kunjungan kerja gubernur dan Forkopimda Lampung ke daerah setempat.

Ribuan masyarakat Kampung Gedungmeneng (induk), Tulangbawang, menghadiri kunjungan kerja gubernur dan Forkopimda. Dalam acara ini, PT SGC juga membagikan sembako kepada masyarakat setempat.

Lee Chou Hoult memeriksa kesehatan mata seorang nenek di Kampung Gedung Bandarrejo sembari menggendong Bambang Sumardi, bocah tunawicara yang segera diterapi agar dapat berkomunikasi.

Yunizar K.S. membacakan penyataan sikap bahwa selama ini belum ada musyawarah terkait dengan adanya aksi unjuk rasa beberapa waktu lalu.

Antusiasme masyarakat Kampung Gedungmeneng, Tulangbawang, mengikuti acara kunjungan kerja Gubernur Lampung Hi. Sjachroedin Z.P., S.H. Meski di bawah terik matahari dalam tenda, ibu-ibu, bapak-bapak, dan anak-anak setia menyaksikan arahan gubernur.

Lee Chou Hoult berdialog dengan masyarakat Kampung Gedungmeneng, Kecamatan Gedungmeneng, Tulangbawang.

Administration Manager PT SIL Ir. Hi. Heru Sapto Handoko menjelaskan bahwa bantuan dari perusahaan merupakan bentuk kepedulian dengan warga sekitar.

Page 19: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

LAMPUNG RAYA19JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

Lamteng-Lamtim-Metro

LEGISLATIF

Berharap Program Tak BerubahFRAKSI Partai Amanat Nasional (FPAN) DPRD

Lampung Timur berharap Pemerintah Provinsi Lampung tidak mengubah program kegiatan yang direncanakan melalui APBD 2012.

Ketua FPAN DPRD Lamtim Khusnul Mufakhir menjelaskan, program kegiatan yang tertuang dalam APBD 2012 merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui musyawarah pembangunan (musrenbang) dari tingkat desa hingga kabupaten. Kemudian setelah melalui pembahasan antara panitia anggaran eksekutif dan legislatif, RAPBD 2012 disahkan pada 27 Desember 2011.

Ternyata lanjut Khusnul, setelah dievaluasi di Pemprov Lampung terjadi banyak perubahan kegiatan. Misalnya perubahan pekerjaan pembangunan jalan di sejumlah wilayah Lamtim yang ada di Dinas Pekerjaan Umum.

Dalam pengesahan sebelumnya, pembangunan jalan di sejumlah wilayah Lamtim menggunakan lapisan penetrasi (lapen). Ternyata, berubah menjadi pembangunan jalan menggunakan lapisan atas pasir (latasir). Padahal, pambangunan jalan menggunakan lapen lebih baik kwalitasnya dibanding latasir. “Kami menyayangkan perubahan tersebut,” papar Khusnul.

Sebenarnya, terus Khusnul, FPAN tidak keberatan jika terjadi perubahan, sepanjang menuju lebih baik dan tidak sebaliknya. ”Kalu berubah menjadi lebih baik kami setuju. Kalu berubah lebih tidak baik, kami keberatan. Pasalnya, pembangunan tersebut lanhsung dirasakan pemanfaatannnya oleh masyarakat Lampung Timur,”sesalnya. (wid/c1/adi)

SUKADANA - DPRD Lampung Timur kembali mendesak eksekutif menertibkan perusahaan tambang pasir ilegal dan perusahan legal yang tidak membayar pajak. Anggota Komisi D Komang Hariawan men-je laskan, berdasarkan data dari Dinas Pertambangan dan Energi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pendapatan Penge-lo laan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD), Badan Lingkungan Hidup dan Pol. PP, serta Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, di

wilayah Kecamatan Pasirsakti terdapat 17 perusahaan yang telah mengantongi izin.

Sementara dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukan komisi D, perusahaan yang beroperasi di wilayah Pasirsakti lebih dari 17. ’’Kami telah berkali-kali mendesak eksekutif untuk menertibkan peru-sahaan tambang pasir ilegal, namun belum juga mendapat respons,” kata Komang mendampingi Ketua Komisi D Andri.

Kemudian berdasarkan data dari

17 perusahaan yang telah mengan-tongi izin tersebut, baru 4 yang telah melunasi pajak. Sementara lainnya, hingga kemarin belum melunasinya. Namun dari hasil peninjauan lapa-ngan yang dilakukan komisi D, ke-17 perusahan tersebut mengaku telah melunasi pajak. Karenanya, Komang mendesak DP2KAD serta pihak terkait untuk mengevaluasi kembali pembayaran pajak seluruh perusahaan tambang pasir.

Keterangan tersebut diperkuat Wakil Ketua DPRD Azwar Hadi

selaku koordinator komisi D. Me-nurutnya, DPRD sudah  lelah me-ngeluarkan rekomendasi agar aktivitas penambangan pasir tersebut segera ditutup. Namun, sampai saat ini tidak pernah direalisasikan oleh pemerintah setempat.

’’Kami sudah berkali-kali mem-berikan rekomendasi agar eksekutif menutup perusahan tambang pasir ilegal dan yang merusak lingkungan. Na mun, tidak pernah mendapat tang gapan,” sesal Azwar. (wid/c1/adi)

Pengendara Motor Luka SeriusKECELAKAAN lalu lintas terjadi di jalan lintas

pantai timur (jalinpantim) kemarin (16/2). Peristiwa yang terjadi di Desa Jepara, Kecamatan Wayjepara, Lampung Timur, tersebut mengakibatkan dua pengendara sepeda motor yang bertabrakan mengalami luka serius.

Masing-masing Heri (22), warga Dusun Plangkawati Desa Labuhanratu 7 Kecamatan Labuhanratu dan Sanimin (40), warga Dusun III Desa Srimenanti Kecamatan Bandarsribhawono. Akibat luka yang dialaminya, Heri hingga kemarin masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam Kota Metro. Sementara, Sanimin mendapat perawatan di Puskesmas Kecamatan Wayjepara.

Santo, salah seorang saksi mata, menjelaskan, kejadian tersebut berawal ketika Sanimin yang mengendarai sepeda motor Honda Megapro bernomor polilis BE 4948 ND meluncur dengan kecepatan tinggi dari arah Wayjepara menuju Matarambaru. Namun, ketika Sanimin berniat mendahului mobil yang ada di depannya, dari arah berlawanan meluncur sepeda motor Honda Revo BE 5826 PL yang dikendarai Heri. Karena kecepatan ke dua sepeda motor sama-sama tinggi, mengakibatkan terjadinya tabrakan. ”Motor Megapro menyalip mobil, tiba-tiba dari arah berlawanan ada motor Honda Revo, ketika itu juga langsung bertabrakan,” terang Santo. (rnn/wid/c1/adi)

LAKALANTAS

SEPUTIHRAMAN – Citra pen-di dik tercoreng dengan adanya du gaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oknum guru SD berinisial Tkr (49). Mirisnya, tak hanya satu korban yang telah dikelabui tersangka, melainkan belasan. Dan kerugiannya pun mencapai ratusan juta rupiah. Kini, Tkr diamankan di Mapolsek Seputihraman, Lampung Tengah.

Kapolres Lamteng AKBP Heri Setyawan melalui Kanitreskrim Aip tu Turmuji mengatakan, ter-sangka merupakan warga Kam-pung Ramaindera, Kecamatan Seputihraman. Dipaparkan, modus yang digunakan untutk menipu para korbannya cukup menarik. Dari belasan korbannya, modus yang digunakan sama. Awalnya tersangka membeli sapi milik korban dengan harga yang telah disepakati bersama. Tetapi setelah akad jual-beli terjadi, tersangka tidak membayar sesuai dengan harga yang disepakati.

’’Misalnya harga seekor sapi Rp10 juta, tetapi hanya dibayar Rp1 juta, atau bahkan tidak dibayar sama sekali,” terangnya kemarin.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Turmuji, saat ini sudah dua berkas korban yang masuk. Mereka adalah I Nengah Sebeg (66), warga Kampung Ramayana (RY) 3, Kecamatan Seputihraman. Kepada korban ini, tersangka membeli dua ekor sapi seharga Rp10 juta pada 20 November 2007 lalu. Dari Rp10 juta tersebut, sampai saat ini belum ada sepeser pun yang dibayar oleh tersangka. Dengan korban ini, pelaku tersandung pasal 378 KUHP murni.

’’Sementara korban lainnya adalah Askuri (38), warga Dusun IV, Kampung Ramaindera. Kepada korban ini, tersangka membeli se-ekor sapi dengan harga Rp6.100.000. Namun, dalam perjalanan waktu dari 2007 hingga 2008, tersangka hanya membayar Rp1 juta. Sedang-kan sisanya sam pai sekarang belum dibayar. Saat ditagih korban, sama seperti lain nya, tersangka hanya memberikan janji-janji yang tidak pasti,” tambah Kanitreskrim.

Akibat perbuatan tersangka, korban Nengah Sebeg menderita keru gian Rp10 juta dan Askuri Rp5.100.000. Jadi total kerugian kedua korban adalah Rp15.100.000. Belum lagi ditambah kerugian dari korban yang lain. Jika dikal ku lasi, kerugian para korban diper kirakan mencapai Rp170 juta.

Kapolsek Seputihraman AKP M. Irwan menambahkan, belum la ma ini pihaknya juga menda pat kan surat dari camat dan kepala UPTD Pen-di dikan Seputihraman untuk tidak melanjutkan proses pe meriksaan kepada tersangka. Dengan alasan bahwa tersangka adalah seorang guru dan sebentar lagi para siswa melaksanakan ujian nasional.

’’Namun, proses pemeriksaan kepada tersangka ini terus berjalan. dia terancam dijerat pasal pengecua-lian berlapis, yakni pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP subsider pasal 379 a KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan dengan ancaman kurungan empat tahun penjara. Ke pada para korban lain yang mera-sa ditipu dengan modus serupa, di harapkan segera melapor ke Pol sek Seputihraman,” pungkas Irwan. (rnn/c1/adi)

Penipuan, Oknum Guru Ditangkap

Lagi, Desak Tutup Tambang Liar

Begitu memprihatinkan hidup seorang A. Yatin.

Perempuan renta berusia 70 tahun ini hanya hidup ditemani satu anak tiri

perempuan. Usianya juga masih sangat belia, baru

delapan tahun.

Laporan Fajar Aditya, METRO

SAAT Radar Lampung mengun-jungi kediamannya di Jalan Lam-bau RT 6/RW 1 Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, Rabu (15/2), ia duduk di lantai beralas-kan tembikar usang. Hanya diam membisu seorang diri.

Setelah wartawan koran ini yang ditemani kawan-kawan Ika tan Mahasiswa Metro (Ikam) me ngu-cap kan salam, barulah wa nita itu menjawabnya. ’’Wa alai kum salam.

Silakan masuk Nak,” ucapnya dengan mata yang sudah berwarna putih susu itu dua hari lalu.

Rupanya, ia mengenali se jum-lah suara anggota Ikam yang sudah beberapa kali mengunjungi kedia-man A. Yatin yang secara jujur di ka takan tak layak huni itu guna memberikan perawatan ala kadar-nya. Maklum, kakinya lumpuh dan kedua matanya terjangkit ka tarak akut yang menyebabkannya tidak bisa melihat lagi.

Setelah berbasa-basi sejenak, di dalam ruang yang hanya ber uku ran 4 x 4 meter dengan ditera ngi lampu temaram berkekuatan 5 watt itu, ia mulai menuturkan bahwa sejak ditinggal mati suami nya lima tahun lalu, kini dirinya hanya ditemani oleh putri tiri se mata wayangnya yang sempat dirawat di RSUDAY karena epilepsi, Karwati. Meski anak

Potret Kemiskinan Warga Kota Metro

Janda Tua Lumpuh, Hidup dengan Bocah Epilepsi

tiri, Yatin begitu menyayanginya.’’Saya sudah tidak bisa bekerja

lagi Nak. Saya sudah nggak bisa

jalan, mata juga seperti ini. Jadi se lama ini saya bisa makan dan minum karena dikasih tetangga.

Kadang-kadang Karwati yang masih kecil terpaksa harus masak sendiri,” tuturnya dengan air mata merembes dari dua kelopak matanya.

Wanita yang telah 30 tahun ting gal di rumah kecil itu menu-tur kan, untuk bisa sembuh dari lumpuh dan katarak akut yang di deritanya, dia sudah berkali-kali berobat, disuntik, dan segala ma-camnya. ’’Tapi tetap saja tidak sem buh. Saya tidak tau Nak, apa penyebab saya lumpuh. Terus terang sekarang saya pasrah. Yang saya pikirkan adalah nasib anak saya itu. Perjalanan hidupnya m a sih panjang. Sekarang baru kelas 2 madrasah ibtidaiah (seting kat SD). Bapaknya juga sudah me ninggal dunia karena ditabrak motor lima tahun yang lalu. Dan sampai sekarang, Karwati tidak tahu kalau bapaknya sudah meninggal. Kalau

dia sedang kangen, pasti selalu menanyakan di mana bapak. Akhirnya selalu saya bohongi bahwa bapaknya sedang bekerja di Jakarta,” tuturnya.

Di bagian lain, tempat tinggal wanita yang dulunya berprofesi se bagai pedagang itu sungguh mem prihatinkan. Bagaimana tidak, rumah petak yang ditingga-linya ter bagi menjadi dua bagian. Satu ruang tamu dan satu tempat tidur. Kondisinya pun sangat memprihatinkan.

Kamar tidur misalnya, hanya berukuran 4 x 4 meter tanpa plafon dan ditutupi terpal berwarna biru. Ranjangnya pun hanya dibalut kasur tipis dengan kelambu putih yang sudah robek di sana-sini. Be-lum lagi baju-baju kumal yang bertebaran di berbagai sudut kamar-nya. (bersambung/c1/adi)

FOTO FAJAR ADITYA

MEMPRIHATINKAN: A. Yatin (tengah) yang lumpuh dan katarak akut.

FOTO DOK.

TAK TERKENDALI: Penggalian pasir di Kecamatan Pasirsakti semakin tak terkendali dan sudah merambah ke komplek pemukiman penduduk.

Page 20: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

LAMPUNG RAYA20 Lampura-Lambar-Waykanan

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

MTQ

TUNJANGAN BERAS

Resmi DigelarPEMBUKAAN Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)

Ka bupaten Lampung Barat diawali dengan pawai ha ri ini. Kegiatan ini melibatkan semua peserta dan war ga Kecamatan Balikbukit.

’’Kini (kemarin) berbagai persiapan masih dilakukan, ter utama untuk pawai kendaraan hias. Selain itu, ju ga terus mempersiapkan home stay bagi para ka filah,” kata Camat Balikbukit Agustina Handayani, S.Sos. kemarin.

Untuk penginapan, ujar dia, dilakukan pen dis-tri busian kasur ke lokasi-lokasi penginapan sehingga ke tika peserta datang tinggal ditempatkan di penginapan ma sing-masing. Dia merinci, untuk home stay disiapkan se banyak 200 tempat yang tersebar di lima pekon dan satu kelurahan. Yakni Pekon Watas, Gunungsugih, Se barus, Wayempulau Ulu, dan Padangdalom, serta Kelurahan Waymengaku.

Dia juga berharap pawai serta persiapan tempat tinggal bagi kafilah berjalan lancar dan membuat pe serta nyaman. ’’Diharapkan pawai berjalan sukses. Kita juga mengajak semua masyarakat di kecamatan ini untuk berpartisipasi, terutama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kafilah nyaman berlomba,” ung kapnya. (rnn/c2/tru)

Dibayar Bertahap PEMKAB Lampung Utara memastikan akan

mem bayarkan rapel tunjangan beras hanya bagi PNS yang bertugas sebelum 2009. Itu karena ke-ter batasan anggaran, sehingga PNS yang diangkat di atas 2009 tidak menerimanya.

Sesuai surat edaran bupati yang ditandatangani Sek kab Lampura No. 900/63/19-LU/IV/2012 tanggal 6 Februari 2012 perihal pembayaran rapel beras, pem kab meminta setiap kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mengajukan pengusulan SPP, SPM, dan daftar rapel kenaikan tunjangan beras 2009 yang akan dibayar pada Maret. Sedangkan ra pel untuk 2010 dan 2011 akan dibayarkan setelah APBDP 2012.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Kekayaan, dan Aset (DP2KA) Lampura Hi. Dedi Alfani mem-be narkan hal itu. Menurutnya, yang akan dibayarkan terlebih dahulu adalah rapel kenaikan tunjangan beras 2009.

Terkait anggaran yang sudah dialokasikan sebesar Rp5,1 miliar, Dedi membenarkan, namun jumlahnya ti dak cukup untuk dua tahapan rapel kenaikan harga beras. ’’Jadi dibayarkan untuk rapel tunjangan beras 2009 terlebih dahulu,” kata dia. (rnn/c2/tru)

FOTO NURMAN AGUNG/RNN

TERBAKARMobil angkot BE 2790 JU hangus di jalan alternatif, tepatnya di Satonas, Desa Kalicinta, Kecamatan Kotabumi Utara,

Lampung Utara, pukul 11.30 WIB kemarin.

FOTO IST.

KERJA SAMA: Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri menandatangani MoU tentang penetapan kinerja Pemkab Lambar 2012 kemarin.

FOTO RNN

BERLUBANG: Warga meletakkan sebuah tong sampah di tengah jalan Lampung Barat yang rusak parah sebagai penanda agar pengendara berhati-hati.

BALIKBUKIT – Laporan se-jumlah perangkat Pekon Man di-ri sejati, Kecamatan Krui Selatan, Lam pung Barat, yang dilayangkan empat hari lalu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Liwa masih di-pelajari. Laporan itu terkait de-sakan agar peratin setempat, Azhari Safe'i, mundur dari ja ba-tan nya.

Menurut Kasi Pidana Umum Tri anro, S.H., kini pihaknya masih mem pelajari berkas laporan itu dan belum mengambil kesimpulan. ’’Dalam laporan memang tidak ada bukti konkret yang dilampir-kan. Hanya ada beberapa poin yang tertera dengan ditandatangani be berapa perangkat pekon dan warga," kata dia kemarin.

Pada Minggu (12/2), lima pe-rangkat Pekon Mandirisejati me-nyatakan permintaan agar Azhari Safe'i yang dinilai tidak becus da lam bekerja mundur dari ja-batannya. Pasalnya, selama ini se mua perangkat pekon dan ma-syarakat tidak setuju lagi dengan kepemimpinan peratin itu.

’’Beberapa waktu lalu, kita su-dah mencarikan solusi terkait ki nerja peratin kita yang tidak trans paran dalam bekerja dengan men datangi Camat Krui Selatan A. Zulkoini Syarif, S.H. dan me-minta agar peratin itu di ber hen-tikan,” ungkap perwakilan pe-rang kat pekon, Harton, yang di amini Nurkholis, Rohili, M. Tam rin, dan M. Razi.

Namun, tambah Harton, hal itu hingga kini belum di tin dak-lan juti camat.

’’Padahal, kami ber harap ma-sa lah ini tidak sampai ke jalur hu kum karena masih bisa di se-lesaikan di tingkat bawah. Ta pi, niat itu tidak tersampaikan. Kita terpaksa melaporkan peratin ke Kejari Liwa," ujarnya.

Beberapa poin yang dituntut pe rangkat pekon, yakni agar nasib ma syarakat pekon setempat di-perhatikan. Khususnya yang men jadi tenaga upahan pemagaran ta nah milik Turis dengan bambu, namun hasil upahan itu diambil pe ratin setempat. (rnn/c2/tru)

SKPD Wajib Terapkan SAKIPLIWA – Meningkatnya tuntutan

ma syarakat terhadap pe nye leng-garaan pemerintahan yang baik dan bersih dijawab Pemkab Lam-pung Barat dengan memberlakukan sis tem akuntabilitas kinerja ins-tansi pemerintah (SAKIP).

Karena itu, Pemkab Lambar ke marin menandatangani pe ne-tapan kinerja Satuan Kerja Pe-rangkat Daerah (SKPD) Lambar 2012 yang disaksikan Badan Peng-awasan Keuangan dan Pem ba-ngunan (BPKP) Perwakilan Pro-vinsi Lampung.

Menurut Bupati Lambar Drs. Hi. Mukhlis Basri, M.M., per kem-bangan dinamika penyelenggaraan pe merintahan telah mendorong pe ngembangan serta penerapan sistem pertanggungjawaban yang je las, tepat, teratur, dan efektif. ’’Itu dikenal dengan SAKIP serta se suai Peraturan Menteri Pen-da ya gunaan Aparatur Negara dan Re formasi Birokrasi RI No. 29/2010,” kata dia.

Ditegaskan, dengan penerapan SA KIP, setiap instansi wajib mem-buat dokumen penetapan  kinerja yang merupakan suatu dokumen per nyataan kinerja atau  perjanjian kinerja antara atasan-bawahan un tuk mewujudkan target kinerja tertentu yang berdasarkan sumber daya yang dimiliki oleh instansi. ’’Karena itu, penyusunan pe ne-ta pan kinerja merupakan realisasi dari peraturan tersebut di atas,” ujarnya.

Penetapan kinerja, tambahnya, me rupakan tekad dan janji rencana ki nerja tahunan yang akan dicapai serta disepakati antara pihak yang menerima amanah dan pe nang-gung jawab kinerja dengan pihak yang memberi amanah maupun tanggung jawab kinerja.

Penetapan kinerja itu juga men jadi kontrak kinerja yang harus diwujudkan oleh pejabat SKPD sebagai penerima amanah. Pada akhir tahun akan dijadikan ba han evaluasi kinerja dan pe-

ni laian terhadap pejabat yang ber sangkutan.

Pada dasarnya, ujar politisi asal PDIP itu, penetapan kinerja me rupakan suatu kesepakatan pen capaian kinerja antara pe-

nerima mandat dengan pemberi man dat. Penetapan kinerja juga me rupakan suatu kesanggupan dari penerima mandat untuk me-wujudkan suatu capaian kinerja ter tentu dengan sumber dana

ter tentu pula dan kesanggupan ini disetujui oleh pemberi mandat.

’’Dengan demikian, kita ketahui bah wa penetapan kinerja ini me-rupakan salah satu komponen da lam suatu sistem manajemen

yang berbasis kinerja. Sehingga pe netapan kinerja bukan me ru-pa kan penetapan kinerja individu pe jabat, tapi merupakan wujud akuntabilitas dari para pemimpin unit organisasi terhadap pe ren-ca naan kinerja organisasi,” tu-tur nya.

Mukhlis mengatakan, pe-nyusunan data penetapan kinerja ini bukanlah merupakan suatu sim bolis saja. ’’Tapi, merupakan ke wajiban oleh kepala SKPD untuk dapat melaksanakan dan mencapai target kinerja yang telah di ten-tukan,” tegasnya.

Hal itu, menurut dia, bukanlah hal yang mudah. Tapi, untuk me-lakukan suatu perubahan dan guna mencapai dari setiap misi yang telah ditetapkan pada do-kumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Se hingga, lanjut dia, rencana ki-nerja tahunan dan dokumen pe-laksanaan anggaran diperlukan pemikiran, pemahaman, ke sa-

da ran, berbagai upaya, strategi, ker ja keras, juga keikhlasan bekerja dari setiap kepala SKPD beserta jaj arannya.

Penyelenggaraan penyusunan pe netapan kinerja SKPD di ling-kungan Lambar ini memiliki mo-mentum yang strategis dan me-rupakan langkah maju untuk mem bangun serta mewujudkan pe merintahan yang baik dan ber-sih. Juga mampu menjamin ke-berhasilan pelaksanaan tugas pe merintahan dan pembangunan,” ung kapnya.

Mukhlis berharap para peserta yang mengikuti bimbingan teknis memiliki pemahaman, pe nge-tahuan, dan wawasan dalam ap-likasi penyusunan penetapan ki nerja SKPD.

Ini agar nantinya da pat men-cer minkan sistem ca paian kinerja secara benar dalam rang ka pe-ning katan pelayanan kepada masyarakat yang akuntabel dan transparan. (gyp/c2/tru)

KOTABUMI – Satu unit mobil ang-kutan kota (angkot) warna hijau jenis Su zuki Carry BE 2790 JU hangus ter-bakar di jalan alternatif, tepatnya di Satonas, Desa Kalicinta, Kecamatan Ko tabumi Utara, Lampung Utar, pukul 11.30 WIB kemarin.

Akibat insiden itu, arus lalu lintas ma cet selama satu jam. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka-lu ka akibat musibah itu. Supriyanto (25), pengemudi angkot, mengatakan, ia membawa seorang penumpang da ri Negararatu, Sungkai Utara, hendak

ke Kotabumi.’’Di mobil hanya ada saya dan se-

orang penumpang,” kata warga Ke-lurahan Sindangsari, Kecamatan Ko ta bumi, di tempat kejadian perkara (TKP) kemarin.

Menurutnya, angkot terbakar diduga ka rena rotap mobil mengalami kor-sleting sehingga mengeluarkan percikan api yang menyambar tangki minyak. ’’Saya mengerem mendadak di pinggir ja lan. Lalu, saya dan penumpang keluar dari dalam mobil untuk menyelamatkan diri,” ucapnya.

Akibat kejadian itu, ia mengalami ke rugian. Sebab, angkot yang di ke-mu dikannya tidak dapat lagi dibawa untuk sehari-hari. ’’Saya sudah lama men jadi sopir dan dengan angkot inilah saya bisa mencari nafkah,” aku Su priyanto.

Terpisah, Kapolsek Kotabumi Utara AKP Suharto membenarkan adanya ke jadian itu. ’’Mobil angkot sudah kita amankan dan kita sudah menerjunkan ang gota polantas untuk mengatur lalu lintas yang macet di jalan itu,” ung-kap nya. (rnn/c2/tru)

Terbakar, Angkot Macetkan Jalan

Kejari Pelajari Laporan Perangkat Pekon

Page 21: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012 21Bukan Sekadar Berita!

TPA Geribik Sudah BolongSAYA guru ngaji di Kelurahan Kedaung, sarana dan

prasarana TPA yang saya kelola tidak layak. Geribiknya sudah bolong. Luas bangunan 5 x 4 meter. Jumlah anak didik 41 orang. Mohon kepedulian. (085758903239)

Perumahan Dijadikan GudangTOLONG ditindak tegas, sejumlah perumahan sekarang

ini banyak disalahgunakan. Bukan dijadikan tempat tinggal, malah dijadikan gudang untuk menyimpan barang. Jadi, banyak jalan perumahan yang rusak akibat truk yang masuk. (087899197753)

Warga P. Bawean Minta Pengasapan KAMI minta dilakukan pengasapan di Jl. P. Bawean,

Sukarame, untuk mengantisipasi agar tidak terkena DBD. (085768456588)

Minta Penambahan RaskinSAYA ketua RT di salah satu kelurahan di Kecamatan

Tanjungkarang Timur, mau tanya bagaimana cara pengajuan penambahan raskin, sebab di wilayah saya banyak yang sangat membutuhkan Terima kasih. (085268024447)

Bagi perempuan pada umumnya, pekerjaan ini sangat jarang dilakoni.

Tetapi tidak dengan Yusniar Ahmiati. Pekerjaan

berat yang biasanya digeluti oleh laki-laki, tak

menghalangi dirinya untuk terus menjadi mekanik

sepeda motor. Bagaimana dia menjalani

pekerjaannya?

Laporan Yuda Pranata, BANDARLAMPUNG

MESKI terlhat cukup lelah memperbaiki salah satu motor milik pelanggannya kemarin siang, Yusniar tetap ceria. Ta-

ngannya terampil mengutak-atik mesin motor yang tengah ia perbaiki.

’’Silakan masuk Mas. Kita ngobrol di dalam saja,” ungkap me kanik perempuan ini men-dampingi Yayan Fitri, Bagian Pro mosi Supervisor Yamaha Jalan Ikan Tenggiri No. 24, Telukbetung Selatan (TbS), Bandarlampung.

Perempuan berusia 18 tahun yang beralamat di Perum Bukit Kemiling Permai (BKP) Blok U, Kemiling, Bandarlampung, ini menceritakan, dirinya sudah sekitar enam bulan bekerja di Yamaha Lautan Teduh, TbS, sebagai mekanik sepeda motor.

Baca BERAWAL Hal. 22

Yusniar, Mekanik Perempuan di Yamaha Lautan Teduh

Berawal dari Hobi, Sehari Servis sampai 8 Motor

BANDARLAMPUNG - Belum rampungnya pembangunan Pasar Bambu Kuning (BK) membuat Wali Kota Herman H.N. geram. Orang nomor satu di Bandar-lam pung ini meminta pihak pengembang Pasar BK, yaitu PT Sanjaya Rezeki Mas (SRM), segera menyelesaikan pembangunan pasar legendaris tersebut.

Bahkan jika sampai Juni 2012 pembangunan belum juga selesai, ma ka pihaknya akan memutus kon trak. ’’Saya minta secepatnya di selesaikan, terutama bagian par kirnya. Tetapi kalau sampai bulan Mei atau Juni belum selesai, saya akan ambil tindakan pemutu san kontrak,” tegas Herman saat meninjau Pasar BK kemarin (16/2).

Bangunan pasar tersebut, me nurut dia, terdiri empat lantai. Na mun hingga saat ini belum ter lihat hasilnya. Padahal, pem-bangunan sudah dimulai sejak dirinya belum menjabat wali kota.

’’Pembangunan Bambu Ku-ning ini sejak Wali Kota Eddy Sut risno. Tetapi sampai sekarang tidak selesai. Pengembang harus ingat, ini proyek pemerintah bersama swasta, tentunya ada

PT SRM Di-deadline JuniPembangunan Pasar BK Harus Selesai

BANDARLAMPUNG – Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. siap memperjuangkan serti-fikasi lahan yang ditempati warga pesisir, asalkan tanah yang ditem-pati adalah tanah tak bertuan.

’’Kalau tanah yang ditempati

tidak ada pemiliknya, maka akan saya perjuangkan sertifikasi lahannya. Tetapi kalau ada pe-miliknya, ya tidak bisa kita me-nyertifikasi tanah milik orang lain,” tegas Herman saat menang-gapi tuntutan sekitar 50 warga

pesisir kota yang menggelar aksi demonstrasi di depan kantor wali kota kemarin.

Namun faktanya, sambung Her man, banyak tanah yang di-tem pati warga pesisir adalah milik orang lain atau pengusaha.

Nah solusinya, kata dia, warga meminta pemilik lahan untuk melepaskan haknya, sehingga lahan yang ditempati bisa disertifikasi.

Wali Kota Perjuangkan Sertifi kasi Lahan

Baca WALI Hal. 22 Baca PT Hal. 22

FOTO ARI SURYANTO

MERAKYAT: Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. begitu merakyat. Saat kunjungan ke Pasar Bambu Kuning kemarin, wali kota menyempatkan untuk menyantap pecel yang dijual di pasar legendaris tersebut.

TERAMPIL:Tangan Yusniar Ahmiati terlihat

terampil menangani sepeda motor yang

tengah diservis.

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

Page 22: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

Bukan Sekadar Berita!22 JUMAT, 17 FEBRUARI 2012METROPOLIS

Berawal... Sambungan dari Hal. 21

PT... Sambungan dari Hal. 21

Sudah banyak pelanggan yang puas dengan sentuhannya mem-perbaiki motor Yamaha. Bahkan, beberapa pelanggan tidak mau diperbaiki oleh siapa pun kecuali dirinya.

’’Selama enam bulan ini, pe langgan saya lumayan banyak Mas. Bahkan pernah waktu saya me layani pelanggan, ada pelang gan lain yang ingin memperbaiki mo tornya, Dia rela menunggu saya selesai mem per baiki motor yang saya pegang, pa dahal ada mekanik lain yang siap untuk

memperbaiki motornya. Dia mau saya yang memperbaikinya,” ke nang wanita lulusan STM 2 Mei Ban darlampung Jurusan Otomotif ini.

Anak pertama dari pasangan Ahmad Soleh (33) dan Istiqomah (30) itu melanjutkan, setelah lulus dari STM 2 Mei pada Juni 2011, se kitar bulan Agustus ia langsung diterima bekerja di Yamaha Lautan Teduh.

’’Saya dilatih dulu di Yamaha Engineering School di sini selama empat bulan dua minggu. Setelah

lulus, baru saya bekerja mem per-baiki motor pelanggan,” ujarnya.

Perempuan yang lulus di SMPN 28 Bandarlampung ini menje-laskan, awal mula dirinya senang dengan pekerjaan itu sejak umur 12 tahun saat membantu pekerjaan bapaknya di salah satu bengkel tak jauh dari kediamannya.

’’Waktu itu saya kelas satu SMP. Kali pertama saya membantu bapak mengambilkan kunci saja. Melihat bapak memperbaiki motor orang, dari situ ada keinginan

saya untuk bisa memperbaiki motor. Makanya setelah lulus SMP, saya langsung masuk STM 2 Mei,” ujar anak per tama dari dua bersaudara itu.

Kakak dari Niluh Dwi Murni (5) ini mengatakan, pekerjaan yang ia lakoni bukan karena pak-saan siapa pun. Melainkan meru-pa kan hobi yang dijalankan untuk memuaskan hatinya.

’’Saya kerja ini nggak ada yang memaksa, murni keinginan saya. Memang saya ini sangat senang

mengutak-atik mesin. Kalau sehari nggak kerja, rasanya ada yang beda,” tuturnya.

Dalam sehari, lanjut wanita yang pernah bersekolah di SDN 2 Kemiling ini, dirinya menda-pat kan pelanggan sebanyak 7-8 motor dari pukul 08.00-16.00 WIB. ’’Gajinya saya pakai untuk ditabung dan kasih orang tua. Kadang-kadang saya membelikan susu adik saya yang masih umur lima tahun,” ujarnya.

Sementara Yayan Fitri menga-

takan, dirinya memang melihat bakat yang dimiliki oleh Yusniar untuk mampu menangani masalah yang terjadi dalam motor Yamaha.

’’Dia (Yusniar, Red) memang punya bakat. Mungkin memang dari kecil dia diajarkan oleh ba-paknya sehingga mampu meme-cahkan masalah dalam sepeda motor,” ungkapnya.

Untuk lebih yakinnya, sambung Yayan, sebelum diterjunkan me-nangani pelanggan, para mekanik disekolahkan untuk belajar praktik

selama empat bulan dua minggu yang diadakan Yamaha Lautan Teduh.

’’Nanti dalam sekolah itu dinilai, mana yang layak menjadi montir melayani pelanggan dan mana yang tidak. Jika lulus, baru mereka dipekerjakan melayani pelanggan. Dan jika tidak lulus, mereka harus mengulang kembali hingga mereka lulus. Hal ini juga untuk menjaga agar pelanggan puas dengan pelayanan yang kami berikan,” ujarnya. (c1/adi)

kontrak kerja. Kalau bangunan pribadi terserah saja mau dibangun 20 tahun juga tidak masalah,” tandasnya.

Herman juga meminta Dinas Pasar terus melakukan peman-tau an dan meminta pihak pengem-bang bisa menyelesaikan sece-

pat nya. ’’Ini kan ada ketentuan batas waktunya,” tukasnya.

Wali kota juga menanyakan terkait pembanguan di lantai em-pat. ’’Janjinya sampai lantai empat. Mana (pembangunan) lantai empatnya. Minimal apanya yang harus sudah ada,” ujar dia.

Herman pun menyoroti drai-nase di sekelilingnya. Dilihatnya terdapat beberapa saluran drainase penuh dengan tanah. ’’Segera hubungi Dinas PU. Minta mereka segera memperbaiki ini,” katanya dengan tegas.

Saat ditanyakan terkait ba-

tasan waktu penyelesaian, Her-man menyatakan jangka wak-tunya belum jelas.

’’Nanti kita lihatlah. Saya tidak bisa asal bicara. Tetapi pembo-rongnya jangan main-main menger ja kannya, harus segera disele saikan,” tandas wali kota

yang didampingi Kepala Dinas Pe ngelolaan Pasar Khasrian Anwar.

Terkait hal tersebut, General Manager PT SRM R.H. Sihombing menyambut baik apa yang ditegas-kan wali kota. Dan itu merupakan suatu motivasi bagi pihaknya

un tuk segera menyelesaikan pekerjaan.

Walaupun disadari, aktivitas bekerja sedikit mengalami kendala pada siang hari karena adanya aktivitas berjualan dan pengunjung pasar.

’’Kami menilai positif apa

yang disampaikan wali kota, apa lagi ke bijakan saat ini se-hingga kami juga bisa bekerja pada siang hari. Kalau dulu kan tidak bisa, harus kerja malam hari. Untuk itu, kami akan upa-yakan selesai sesuai harapan,” kata dia. (rnn/sur/c1/adi)

Wali... Sambungan dari Hal. 21

’’Nanti pemerintah membantu sertifikasi, asal diizinkan oleh pemilik lahan,” tegasnya lagi.

Aksi unjuk rasa itu digelar massa yang tergabung dalam Ja-ri ngan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Lampung. Mereka menuntut sertifikasi lahan yang mereka tempati serta jaminan hidup.

Menariknya, dalam aksi terse-but, massa mengambil tema Stop

Bunuh Diri, Berikan Hak Rakyat Miskin. Tema tersebut diambil karena pada 8 Februari 2012 lalu, seorang warga pesisir bernama Hayati (30) bunuh diri karena kemiskinan.

’’Jangan sampai ada lagi warga pesisir yang bunuh diri. Maka beri-kan hak-hak warga miskin sehingga mereka bisa hidup de ngan layak,” ujar Khairil, koor dinator aksi.

Pada intinya, dalam aksi terse-but massa berharap kepada pe-merintah pusat, pemerintah pro v insi, serta Pemkot Ban dar-lampung agar memperjuangkan sertifikasi lahan yang mereka tempati. Sehingga warga memiliki jaminan hak kepemilikan tanah.

Setelah mendapat penjelasan dari wali kota, akhirnya massa mem- bubarkan diri. (bay/rnn/c1/adi)

BANDARLAMPUNG – Terkait pungutan di wilayah e-parking, mantan Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Bandarlam-pung Andy Umbara menegaskan hal tersebut tak ada sangkut paut dengan dirinya.

’’Selaku mantan kepala UPT Per parkiran, saya tidak pernah mencantumkan kewajiban kepada juru parkir di lokasi e-parking di Jl. Suprapto, Jl. Pemuda, dan Jl. Pang kal Pinang untuk membayar atau menyetor ret-ribusi,” ujarnya.

Sebab, menurut dia, pungutan ret ri-busi parkir dilakukan di pos/pintu masuk lo kasi parkir. ’’Saya tidak pernah meme-rin tahkan kepada juru parkir menarik retribusi. Karena saya mengerti peraturan. Mana yang benar dan mana yang salah,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Andy, SK yang ia tanda tangani pun tidak bisa dikatakan menjadi alasan untuk memungut parkir. ’’Saya telah diberhentikan dari kepala UPT Perparkiran Dishub Bandar lam-pung. Dan jarak dikeluarkannya SK sampai saat ini kurang lebih 15 bulan,” paparnya.

SPT (surat perintah tugas) ter-hadap juru parkir (seragam kuning) yang pernah ia keluarkan, me-nu rutnya hanya berlaku enam bulan. ’’Terhitung mulai tanggal 22 Juli 2010 s.d. 22 Januari 2011. Untuk itu, saat ini memang sudah nggak bisa diberlakukan,” ucapnya.

Selain itu, tambah dia, dalam poinnya pun tak ada yang bisa menjadi patokan untuk mele-gal kan pungutan. Dan ia pun menjelas kan nya satu per satu.

Pertama, berpakaian dinas lengkap sesuai keten tuan yang ber-laku. Kedua, mela-por kan kepada pe-ngelola wilayah yang ber sang kutan. ’’Dan yang menjadi poin penting, petugas

ter se but harus melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk pengelola serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diperin-tahkan Kadishub Bandarlampung melalui kepala UPT Perparkiran,” tukasnya.

Diketahui, beroperasinya prog-ram e-parking atau parkir elek-tro nik seminggu ini tak serta-merta berjalan mulus. Berdasar pantauan Radar Lampung serta laporan dari sebagian pengguna jasa

e-parking di Jl. Pemuda, Jl. Pangkal Pinang, dan Jl. Suprapto, Tanjungkarang Pusat, masih terjadi pungutan dari petugas penata kendaraan parkir.

Salah satunya dialami Jani (24). Dia mengaku harus mem-bayar dua kali di tempat itu. ’’Saya bayar dobel. Selain mem-bayar Rp1.500 di pintu parkir keluar ini, tadi saya pun tetap harus membayar Rp1.000 kepada petugas penata parkir di tempat saya parkir,” ungkapnya.

Hal yang sama dialami Ita (21). Salah satu mahasiswi ini pun harus membayar dua kali untuk mem-ba wa motornya keluar dari tempat itu. ’’Pertama di tempat motor saya perkir. Kedua di boks keluar ini. Tadi saya sudah tanya kok bayar, padahal kan bayarnya cukup di pintu keluar. Jawabannya sih itu uang penjagaan motor saya,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan, oknum yang melakukan pungutan tersebut memakai seragam petugas parkir dari Dishub. Terkait hal ini, Kepala Dishub Bandarlampung Nor man-syah tak memungkirinya.

’’Dari hasil penugasan saya ke pegawai, memang ditemukan bererapa oknum yang melakukan itu,” jawabnya. (sur/c1/adi)

Pelindo Harus Hindari Konfl ik di Pelabuhan

BANDARLAMPUNG – Peme-rintah Provinsi (Pemprov) Lam-pung mendukung sepenuhnya pe nerapan modernisasi peralatan dan fasilitas di Pelabuhan Panjang. Namun dalam penerapannya, seluruh pihak yang berkepentingan harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya konflik sosial di pelabuhan.

Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said menyadari bahwa dengan modernisasi yang dila-kukan, pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Panjang dapat lebih ditingkatkan. Sehingga, antrean kapal dan lamanya waktu bongkar muat barang di pelabuhan ter-utama pupuk dapat teratasi.

’’Hal ini akan memberikan kepastian dan kemudahan ke-pada seluruh petani di Lampung yang jumlahnya mencapai jutaan orang,” kata Joko yang memberi sambutan dalam rapat kerja PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan anak perusa-haan tahun 2012 di Graha Wang sa kemarin.

Menurut Joko, pada tahun ini, Pemprov Lampung menargetkan tercapainya swasembada beras dan bahan pangan lainnya. Untuk itu, dengan modernisasi peralatan pelabuhan, dia berharap kelang-kaan pupuk yang selama ini meru-pakan permasalahan strategis dapat teratasi.

Dalam waktu dekat, pemprov akan menerbitkan peraturan daerah dan instruksi gubernur untuk menjamin penyebaran

pupuk bersubsidi sampai di tangan petani secara cepat dan merata. Demikian halnya dalam pelayanan

pelabuhan agar pupuk men da-patkan prioritas penyandaran dengan penanganan menggunakan

teknologi modern.’’Kita telah mengetahui bersa-

ma bahwa antara Pemprov Lam-pung dengan PT Pelindo II sudah menandatangani MoU (nota ke-sepahaman) dalam rangka penye-diaan fasilitas sarana pendukung dan pengembangan pelabuhan (lihat grafis, Red),” kata Joko.

Ia memaparkan bahwa kebera-daan Pelabuhan Panjang meru-pa kan salah satu penggerak dan pendorong peningkatan pereko-no mian di Lampung karena trans-portasi merupakan urat nadi per ekonomian. Untuk itu, PT Pe lindo II Panjang diminta selalu be rinovasi dan mengantisipasi dengan mengubah pola operasi dan pelayanan sehingga tuntutan pe langgan terhadap kualitas pela-yanan menjadi lebih diutamakan.

’’Hal tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh pelabuhan-pelabuhan strategis yang berkelas dunia atau world class port,” tan-dasnya.

Ia melanjutkan, pada umumnya pelabuhan-pelabuhan tersebut mempunyai ciri dalam pelayanan dan pengelolaan pelabuhan yang berorientasi pada pendekatan the marketing mix to service. Ciri-cirinya yaitu biaya jasa pelabuhan yang wajar, sistem dan prosedur pelayanan yang sederhana, serta kemudahan dalam transaksi bisnis di pelabuhan.

’’Selanjutnya kelancaran dalam kegiatan transshipment dan re-export, serta mampu menawarkan jasa pelayanan lainnya yang lebih menarik,” urai Joko. (dna/c1/adi)

Tak Pernah Wajibkan Juru Parkir Setor

Page 23: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012 23METROPOLIS

Bukan Sekadar Berita!

BANDARLAMPUNG – Banyak cara bisa dilakukan untuk men-cegah penyebaran penyakit de-mam berdarah dengue (DBD) seperti halnya yang dilakukan Relawan Muda Indonesia (RMI) kemarin. Mereka menggandeng siswa-siswi SMA Adiguna Bandar-lampung untuk melakukan ke-giatan bersih-bersih di lingkungan sekolah dan sekitar rumah warga.

Kegiatan yang diikuti 65 siswa-siswi SMA Adiguna dan 15 ma-hasiswa yang menjadi tim RMI ini bergerak ke semua sudut di areal sekolah serta sekitar rumah-rumah warga. Tujuannya untuk memungut sampah yang berse rakan dan

membersihkan saluran air. Koordinator Tim Relawan Mu-

da Indonesia Lampung Herma-wan, S.Hi. mengatakan, kegiatan bersih-bersih yang mereka lakukan ini bukan hanya semata-mata untuk mencegah penyakit DBD. Tapi juga diadakan untuk mem-berikan pelajaran mengenai man-faat kebersihan kepada semua anggota tim relawan yang rata-rata masih menjadi siswa ini.

Mengingat kebersihan ling-kungan dan diri sendiri sangatlah penting untuk mencegah dari berbagai penyakit, maka kegiatan yang melibatkan para siswa ini kami adakan. ’’Dengan harapan,

me reka kaum muda nantinya dapat mengerti dan terus melaku-kan upaya menjaga kebersihan,’’ ungkapnya.

Hermawan menambahkan, kita semua tahu dengan lingkungan yang bersih, maka akan sangat bermanfaat bagi kita dan warga sekitar tempat tinggal kita. Apalagi jika melihat keadaan saat ini yang banyak masyarakat terkena DBD karena lingkungan tidak bersih. Jadi, akan sangat perlu mem-berikan para siswa ini pengertian untuk terus menjaga lingkungan sekitar agar mereka dapat ter-hindar dari segala macam pe-nyakit. (and/c3/adi)

RMI Ajak Cegah DBD

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

BERSIHKAN LINGKUNGAN: Kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekolah dan sekitar rumah warga yang digelar RMI dengan menggandeng siswa-siswi SMA Adiguna Bandarlampung kemarin.

BANDARLAMPUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung menjajaki rute dari Lampung ke Singapura. Saat ini tengah dila-kukan survei jumlah penumpang ke negara tersebut untuk melewati jalur penerbangan internasional tersebut.

’’Itu rencana, kami lagi survei, berapa banyak sih masyarakat Lampung yang ke luar negeri dalam sebulan? Karena ada per-mintaan dari gubernur, minimal satu minggu (sekali) untuk men-coba penerbangan Lampung–Singa pura,’’ ujar Kadishub Lam-pung M. Ishak kemarin.

Dia menguraikan, kemampuan Ban dara Radin Inten II dengan beban yang ada sekarang dianggap tidak ada persoalan. Kecuali ditam bah dengan beban pesawat yang lebih besar seperti Boeing 747. Keadaan saat ini, Batavia Air sudah mampu menyediakan rute

Lampung–Batam dengan jadwal penerbangan tiga kali sepekan.

’’Dan itu selalu penuh. Ter-utama untuk masyarakat kita yang TKI dan TKW yang bekerja di seputaran Asia,’’ ujar mantan Kadiskoperindag Lampung ini.

Ishak memaparkan, pada 2011 tenaga kerja Lampung yang bekerja di luar negeri sebanyak lebih dari 15 ribu orang. ’’Kenapa itu nggak dimanfaatkan? Artinya efisiensi waktu, efisiensi biaya, kemudian kita bantu pemerintah pusat untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Bandara Soekarno-Hatta,’’ beber Ishak.

Pria yang pernah menjabat sebagai asisten III Pemkot Bandar-lampung ini menjelaskan, pihak-nya sudah melakukan survei ke Kanwil Kemenkumham Lam pung. Survei terkait urusan imigrasi dan bea cukai. Di mana, saat ini juga tengah dilakukan penataan di

ruang tunggu Bandara Radin Inten II terkait administrasi penumpang.

Setelah melakukan survei, Pemprov Lampung akan menjajaki maskapai penerbangan yang akan mengangkut penumpang dari Lampung ke Singapura. Terkait mekanisme survei, sambung Ishak, Dishub meminta catatan imigrasi dari Kanwil Kemenkumham.

Metode kedua dengan berkoor-dinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Yakni menginventarisasi masya rakat maupun birokrat yang mengambil pendidikan ke luar negeri dan menggunakan jalur Singapura. Termasuk menghitung perkiraan masyarakat Lampung yang berobat ke Singapura. ’’Itu jadi potensi kita, sejauh mana peluang kita untuk mengadakan penerangan. Surveinya sedang berjalan, Maret sudah ada gambarannya. Pener-bangan tahun ini Insya Allah,’’

pungkasnya.Sementara, rencana pem-

bangunan Bandara Radin Inten II dengan fungsi yang setara Ban-dara Internasional Kuala Namu, Medan, oleh pemprov didukung DPRD Lampung. Menurut Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan, peningkatan kelas Bandara Radin Inten II memang hal yang mendesak. ’’Mengingat, kebutuhan masyarakat Lampung maupun dari luar yang hendak ke sini memang semakin menunjukkan kebutuhan terhadap angkutan udara,’’ tutur dia kepada Radar Lampung kemarin.

Terkait dukungan DPRD terha-dap rencana percepatan pem-bangunan bandara tersebut yang mengadopsi bandara internasional di Medan, wakil rakyat juga menunjukkan komitmen dengan menyetujui anggaran dalam APBD 2012. (dna/tru/c3/adi)

Jajaki Rute Lampung-Singapura

Page 24: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

24 METROPOLIS

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012Bukan Sekadar Berita!

BANDARLAMPUNG – Tinda-kan Mirza Budiman benar-benar keterlaluan! Gara-gara keinginan-nya tidak dipenuhi, lelaki 37 tahun itu tega menganiaya ibu kan dung-nya, Zulyana (57).

Kemudian Mirza dilaporkan ke polisi dengan tuduhan mela kukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Kemarin, Mirza menjalani sidang perdana di Pe nga dilan Negeri Kelas IA Tan jungkarang.

Dalam sidang itu, jaksa penun tut umum (JPU) Eka Septiana, S.H. mendakwa Mirza melanggar pasal 44 ayat 2 UU No. 23/2004 ten tang KDRT.

Perbuatan Mirza dilakukan pada Kamis (3/11/2011) sekitar pukul 14.00 WIB. Awalnya, warga Jl. Z.A. Pagaralam Gg. Keramat, Kelurahan Labuhanratu, Kedaton, Bandarlampung, itu meminta uang Rp500 ribu kepada ibunya.

’’Namun, korban mengatakan

uang itu sudah dipakai membayar uang semester adik terdakwa. Lalu, ia memberi terdakwa uang Rp100 ribu,” kata JPU di hadapan majelis hakim yang diketuai Sri Suharini.

Tidak terima diberi uang Rp100 ribu, terdakwa marah. Kemudian ia memukul kepala bagian bela-kang ibunya. Tidak hanya itu. Terdakwa kemudian mengam bil potongan besi sepanjang satu me ter. Lalu, ia memukul perge-

la ngan tangan kiri ibunya.’’Perbuatan terdakwa menye-

babkan korban mengalami luka robek dan mengeluarkan banyak darah,” ungkap JPU.

Berdasar hasil visum Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSDUAM) oleh dr. Alfia Rifandi pada Kamis (1/12/2011), terdapat luka-luka di kepala korban.

Kemudian ditemukan luka lecet ukuran 0,5 cm dan luka

terbuka di punggung tangan kiri. ’’Akibat perbuatan terdakwa, korban tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari,” papar JPU.

Sementara dalam persidangan itu, terdakwa hanya tertunduk. Wajahnya terlihat tanpa ekspresi. Terdakwa yang mengenakan baju koko putih dilapisi rompi tahanan hanya menatap ke bawah sambil mendengarkan JPU membacakan dakwaan. (esa/c2/ais)

Gara-Gara Rp100 Ribu, Ibu Kandung Dipukul

BANDARLAMPUNG – Asma-niar alias Devi (31) akhirnya me-ngaku telah menjual An (15), re maja yang kabur dari rumahnya, Kamis (2/2). Warga Jl. Agus Salim, Tanjungkarang Pusat (TkP), Ban-darlampung, ini juga mengakui hal itu dilakukan lantaran terdesak ke butuhan ekonomi.

’’Saya terpaksa melakukan ini, Mas. Saya butuh uang untuk susu anak saya. Rencananya, uang itu saya bagi dua dengan dia (An, Red),” kata Devi di Mapolresta Bandarlampung kemarin.

Ibu dua anak ini melanjutkan, awalnya ia menawari An kepada lelaki hidung belang di kawasan Lapangan Saburai seharga Rp500 ribu. Namun, setelah tawar-mena-war disepakati lelaki tersebut mengintimi ABG (anak baru gede) itu dengan memberikan uang Rp200 ribu.

’’Laki-laki itu memberikan uang itu kepada An. Tapi, waktu saya tanya kepada An, dia bilang dikasih Rp200 ribu. Uang itu dibe-rikan kepada saya,” aku Devi.

Sementara Kapolresta Ban-darlampung Kombes M. Nuroch-man mengatakan, An mengenal Devi melalui mantan kekasihnya. Oleh Devi, remaja yang tinggal di Rajabasa, Bandarlampung, itu kemudian diajak ke Lapangan Saburai.

Sekitar 20 menit di sana, ada seorang lelaki yang mengajak An berhubungan intim. ’’Korban disetubuhi di sebuah hotel di Jl. Wolter Mongonsidi. Korban tidak mendapat sepeser pun karena uang itu dikuasai Devi,” kata M. Nurochman dalam ekspose di Mapolresta Bandarlampung.

Diketahui, terungkapnya kasus ini berawal dari razia kendaraan yang dilakukan Polresta Ban-

darlampung, Selasa malam (14/2). Ketika itu, polisi meng amankan motor tanpa pelat yang dikendarai tiga orang di Jl. Raden Intan, Tanjungkarang.

Saat ditelusuri, motor itu milik ibu An. Polisi kemudian meng-hubungi ibu An. Ketika itulah, diketahui bahwa An sudah hilang sejak Kamis (2/2). An sendiri dite-mukan di daerah Pasar Bawah.

Berdasar hasil pemeriksaan terhadap An terungkap bahwa ia disuruh Devi untuk melayani lelaki hidung belang. Kemudian Devi diamankan di Lapangan Saburai.

Polisi Kesulitan Lacak Angkot Petugas Polresta Ban dar-

lampung masih kesulitan meng-ungkap kasus pemerkosaan yang dialami Bunga (16), Senin (6/2). Pasalnya, korban hanya mengingat jurusan dan nomor mobil yang membawanya.

’’Kami terus menyelidikinya. Anggota sudah menunggu mobil itu lewat di pinggir jalan. Hingga hari ini (kemarin), mobil itu tidak ada. Namun, kami berupaya me-ngejar pelaku,” kata Kasat reskrim Polresta Bandarlampung Kompol Syaiful Wahyudi.

Diketahui, peristiwa yang dialami Bunga terjadi ketika ia hendak menemui ayahnya di Gunungsari, TkP. Namun, ketika naik angkutan, warga Jl. Sam Ratulangi ini salah jurusan.

Bunga yang seharusnya naik mobil jurusan Rajabasa malah menumpang angkot Sukarame. Gadis itu kemudian dibawa berkeliling oleh sopir angkot. Ke-mu dian ia diajak ke sebuah hotel di Jl. Soekarno–Hatta. Di sana, Bunga disekap dan dicemari lima lelaki bergantian. (yud/c2/ais)

ABG Dijual Rp200 Ribu

EKSPOSE internal kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) proyek ganti kerugian tanam tumbuh jalan lintas pantai timur (jalinpantim) sudah dilakukan. Namun, penyidik Kejati Lampung belum bersedia membeber hasil ekspose itu.

’’Ekspose sudah dilakukan hari ini (kemarin). Tapi, hasilnya be-lum bisa diberitahukan,” kata Kasipenkum Kejati Lampung M. Serry Senaswary kemarin.

Sebelumnya, Asisten Pidana Khusus M. Teguh, S.H., M.H. me-ngatakan, selain kasus proyek ganti kerugian tanam tumbuh jalin pantim, ada beberapa kasus yang juga akan diekspos. Namun, Te guh tidak menjelaskan secara detail kasus-kasus itu. ’’Tapi, yang diprioritaskan perkara jalinpantim,” sebut Teguh beberapa waktu lalu.

Diketahui, proyek jalinpantim mendapatkan kucuran dana Rp51 miliar yang digunakan untuk mengganti tanam tumbuh di sepanjang jalan yang terkena pengerjaan proyek. Dana itu dibagi dalam dua tahun anggaran.

Pada pelaksanaannya diduga ada penyimpangan berupa indikasi fi ktif dan markup realisasi pembebasan lahan. (esa/c2/ais)

Kejati Ekspose Internal

JALINPANTIM

BANDARLAMPUNG – Sidang lanjutan dugaan penyalahgunaan narkotika dan kepemilikan senjata api (senpi) dengan terdakwa Rusdi Efendi (42) di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungkarang kemarin tertunda. Pasalnya, oknum anggota DPRD Lampung Utara itu tidak hadir dengan alasan sakit.

Penasihat hukum (PH) Rusdi

Efendi, M. Faisal, S.H., mengatakan, kliennya sedang tidak sehat. Me-nurutnya, air seni Rusdi menge-luarkan darah dan seperti sperma. ’’Dulu, penyakitnya ini sudah pernah diobati. Kita sudah pernah mengajukan pembantaran untuk pengobatan, namun tidak dika-bulkan waktu di kejaksaan,” kata Faisal di PN Kelas IA Tan jung-karang kemarin.

Hal sama disampaikan jaksa penuntut umum (JPU) S. Batubara, S.H. Ia mengatakan, PH Rusdi menelepon dan memberi tahu kliennya sakit. ’’Saya juga tadi sudah lapor dengan majelis hakim bahwa terdakwa sakit. Sidang ditunda selama sepekan,” ujarnya.

Diketahui, dalam sidang sebe-lumnya, Rusdi dijerat dengan dua pasal. Yakni pasal 114 ayat 2 UU

RI No. 35/2009 tentang Narkotika serta pasal 1 ayat 1 UU Darurat RI No. 12/1951 tentang Senpi dan Bahan Peledak.

Menurut JPU S. Batubara, Rusdi menjadi pesakitan setelah ditang-kap anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, Sabtu (26/11/2011).

Dalam penangkapan itu, polisi menemukan barang bukti tiga

paket sabu-sabu dengan berat kotor 24,7 gram yang berada di atas meja kerja terdakwa.

Polisi juga menemukan sepu-cuk senpi jenis FN Cal 9 mm beserta magazine, tiga butir amu-nisi aktif Cal 9 mm, dan sepucuk soft gun jenis revolver. Senpi disimpan di dalam lemari kecil dekat meja komputer terdakwa. (esa/c2/ais)

Disidang Sekali, Oknum Anggota Dewan Sakit

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

MEMBAIK: Kondisi Abbase (29), salah seorang staf umum Dinas Kesehatan Kota Metro, yang menjadi korban kecelakaan pada Selasa (14/2) mulai membaik. Sebelumnya, kondisi warga Perumahan Korpri Blok A6 No. 16, Kecamatan Sukarame, Bandarlampung, ini sempat memburuk setelah tertabrak mobil di Jl. Perintis 16 C, Banjarasri, Kota Metro. Abbase yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Bumi Waras mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika ia akan pergi ke daerah 16 C. Ketika itu, mobil yang datang dari arah berlawanan hendak berbelok ke sebuah gang tanpa menghidupkan lampu sign. Abbase mengatakan, ia sudah menghidupkan klakson sebagai tanda, namun mobil terus melaju hingga terjadi tabrakan. (and/c2/ais)

Page 25: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

PADAHAL, jika kita cermati dan telusuri lebih dalam lagi, bukanlah sebuah kesia-siaan seorang nasabah lebih memilih untuk membuka rekening maupun bertransaksi di perbankan syariah dibandingkan di bank konvensional.

Setiap melaksanakan aktivitas, maka kita akan cenderung untuk memilih sesuatu yang paling banyak memberikan keuntung-an dengan risiko sekecil mungkin. Tapi, keuntungan saja tidaklah cukup! Ada hal-hal lain yang lebih penting diban-dingkan sekadar mendapatkan keuntungan semata.

Sebagai pelopor perbankan syariah di Indonesia, Bank Muamalat Indonesia (BMI) sebagai bank pertama murni syariah yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), dan pemerintah Indonesia. Namun, kini ada cukup banyak

bank-bank konvensional yang juga turut serta berbondong-bondong untuk mendiri-kan bank syariah. Hal tersebut merupakan hal yang patut untuk diapresiasi.

Karena ternyata, perbankan syariah juga memberikan prospek yang menjanjikan, dan tidak lagi sekadar menjadi tren semata. Ada beberapa keunggulan bank syariah yang belum diketahui banyak orang.

Banyak orang yang berasumsi bahwa karena perbankan syariah masih baru, maka jenis transaksi yang dapat dilakukan juga hanya sedikit dan terbatas. Namun, saat ini anggapan tersebut sama sekali tidaklah benar.

Bank syariah kini sangat modern. Semua jenis transaksi mulai dari tabungan, deposito, giro, kredit usaha, kredit rumah, kliring, dan sebagainya dapat dilakukan dengan nyaman.

Mayoritas bank syariah terhubung dengan jaringan online ATM bersama, sehingga Anda dapat tarik tunai dan transfer realtime dari dan ke bank lain dengan mudah. Bahkan, di Bank Muamalat, untuk penarikan di ATM BCA maupun ATM Bersama menggratis-kan biaya untuk ini. Selain itu, Bank Syariah juga memberikan layanan internet banking, SMS banking, dan mobile banking.

Tragedi finansial kredit subprime 2007 nyaris tidak menggoyahkan investasi yang berbasis syariah. Sebab, ternyata di suasana krisis tersebut justru ada banyak Bank Syariah baru yang bermunculan atau membuka cabang.

Padahal, ketika itu ada banyak bank investasi dan bank-bank besar konvensional yang bangkrut maupun membutuhkan kucuran dana dari pihak luar/pemerintah.

Bank konvensional menentukan sendiri suku bunga pinjaman maupun simpanan berdasarkan ketetapan Bank Indonesia. Ada kemungkinan meski kondisi bank ku-rang baik, tetap dapat ’’memberikan’’ bunga simpanan tinggi serta bunga kredit rendah. Hal ini dapat membahayakan bank tersebut.

Sedangkan bank syariah memberikan nisbah (’’bunga’’ simpanan/bagi hasil) berdasarkan perkembangan finansial perusahaan. Sehingga, secara tidak langsung Anda menjadi ’’pemegang saham’’ di bank syariah yang digunakan. Setiap simpanan

akan memperkuat investasi bank. Setiap pinjaman, nasabah akan memper-

kuat keuntungan bank. Semakin usaha nasabah berkembang, bank juga semakin berkembang karena kredit yang diberikan menggunakan skema bagi-hasil. Semakin maju bank, semakin banyak pula keuntungan bank yang dapat dibagikan sebagai nisbah kepada para nasabah.

Perlu diketahui, bank syariah mengeluar-kan 2,5 persen dari keuntungan tahunannya untuk dizakatkan. Tentunya, muslim masih harus berzakat, namun bank konvensional tidak mempunyai kewajiban berzakat. De-ngan menggunakan layanan bank syariah, secara tidak langsung juga turut berzakat dan membantu mereka yang membutuhkan.

Syarat wajib yang harus dimiliki pihak yang ingin mengajukan kredit di bank syariah adalah dengan digunakannya dana kredit tersebut pada usaha yang halal. Bisnis yang dibiayai bank syariah, juga tidak boleh berisiko mengandung kegiatan yang diharamkan agama Islam.

Hal ini sama sekali tidak membatasi nasabah bank syariah harus muslim, justru agama apa pun boleh, asalkan halal pemakaiannya meski nasabah tersebut muslim. Akan tetapi jika pemakaian dana atau usaha yang dijalankannya tidak halal, maka dia tidak diperkenankan untuk mengambil kredit di bank syariah. (*)

JUMAT, 17 FEBRUARI 2012 25OPINI

TAJUK

ANYAK bencana alam maupun konflik terjadi di negeri ini, terutama Provinsi

Lampung. Pada awal tahun ini saja, bencana serta konflik antarwarga menyebabkan kerusakan berbagai sarana infrastruktur, pemukiman

warga, dan fasilitas umum lainnya. Terakhir adalah konflik antarwarga

di Sidomulyo, Lampung Selatan, yang mengakibatkan kerusakan rumah-rumah warga

serta fasilitas umum seperti pasar, sekolah, dan tempat ibadah. Semua itu membutuhkan penanganan yang segera. Bantuan memang ada dari pemda. Namun, leading sector-nya yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adalah pengelola bantuan tersebut yang seharusnya paling depan.

Sayangnya, sarana pendukung instansi ini juga masih sangat lemah. Padahal, sebagai ujung tombak, BPBD memegang peranan penting dalam pengelolaan bencana di daerah. Baik saat pra bencana, tanggap darurat, maupun pasca bencana. Namun, kapasitas BPBD saat ini masih sangat terbatas.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahkan mengakui, dari 389 BPBD yang sudah terbentuk saat ini kondisinya masih cukup terbatas kapasitasnya. Meliputi, SDM, logistik, peralatan, dan pendanaan. Bahkan, banyak BPBD yang belum memiliki personel cukup dan kantor sehingga berpengaruh terhadap penanggulangan bencana di daerahnya.

Karenanya, BNPB terus membantu BPBD. Selama 2011, BNPB memberikan bantuan 200 peralatan. Seperti, kendaraan, tenda, dan paket makanan saji. Kebijakan BNPB akan terus meningkatkan kapasitas daerah.

Leadership merupakan faktor yang penting dalam penanggulangan bencana. Bencana bukan hanya soal angka-angka atau statistik korban. Tapi hal itu pun menjadi tragedi bagi keluarga yang anggotanya menjadi korban. Untuk itu, BPBD harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Untuk menanggulangi kebakaran lahan dan hutan tahun lalu, BNPB juga memberikan dana tanggap darurat Rp1,45 miliar. Sedangkan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana BNPB mengucurkan dana Rp54,5 miliar untuk beberapa daerah. Diharapkan pembangunan di Sumatera Selatan terus berlanjut dan menuju arah yang lebih baik. (*)

Membangun Perekonomian Bangsa dengan Bank Syariah

Oleh SUKMAWATI, S.E.(Karyawati Bank Muamalat Indonesia KCP Pringsewu, Lampung)

Pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia cukup pesat. Namun, dalam perkembangannya belumlah terlihat secara signifikan. Hal

tersebut dibuktikan dengan masih kecilnya nilai persentase perbankan syariah dalam menguasai pangsa pasar perbankan di

tanah air.

RUANG ini khusus bagi Anda yang berjiwa merdeka. Kirimkan apa pun pendapat Anda tentang apa saja. Baik berupa komentar, kritik, atau sa-ran. Setiap pendapat yang masuk sedapat mungkin tidak akan diedit. Pendapat bisa dikirim lewat surat ke alamat redaksi, fax. di nomor (0721) 789752, e-mail: redaksi@ radarlampung.co.id atau [email protected]. Sertakan identitas yang masih berlaku. Atau kirimkan Podium Rakyat Anda melalui SMS. Caranya, ketik: POD (Isi Podium). Contoh: POD Mohon pembangunan jalan. Lalu kirim ke No. Matrix: 08154056789. Podium melalui SMS diutamakan yang menyangkut persoalan-persoalan pelayanan publik.

Polisi Pungli KEPADA Kapolda Lampung, tolong tindak anggota yang

berjaga di Bundaran Kotabumi. Pada 21 Januari lalu, saat saya tersesat jalan dan bertanya, dia malah menilang Rp100 ribu. Terima kasih. (085669605xxx)

Citra PolisiYTH. Kapolda Lampung. Kegagalan Polri dalam menangani

berbagai konflik di Lampung khususnya dan Indonesia pada umumnya semakin memperburuk citra polisi. Untuk itu, perlu koreksi ke dalam termasuk sistem rekrutmen calon anggotanya yang tidak transparan dan marak KKN. Terima kasih. (082181233xxx)

Judi Koprok KAMI adalah warga Dusun Cidadi Barat, Desa Cipadang,

Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran. Di wilayah kami ada perjudian koprok, harap pihak Kapolda Lampung untuk menindaknya. Terima kasih. (081541026xxx)

Veteran Gadungan SEORANG warga Desa Kartajaya, Kecamatan Negarabatin,

Waykanan, dan rekannya telah menarik uang dari masyarakat sebesar Rp1,5 juta per orang untuk didaftarkan menjadi anggota veteran RI, difoto dan diberi kartu anggota. Ia juga menjanjikan akan memberi tanah untuk masing-masing anggota veteran seluas 2 hektare dan tanahnya diambil dari lahan Register 44 Waykanan. Kepada aparat kepolisian dan TNI, mohon menangkap dan memproses hukum kedua warga tersebut. Sebab, korban pembodohan sudah 200 orang. Jika tidak, persoalan akan tambah ruwet. Dan, kepada pimpinan LVRI Lampung agar melakukan tindakan tegas. Sebab, aksi ini telah menodai citra Veteran Pejuang ’45 RI. (085267993xxx)

Bantuan untuk PTS KEPADA Pemkot Bandarlampung. Pantaskah jika pemkot

memberikan bantuan kepada perguruan tinggi swasta (PTS) Rp800 juta? Dan bagaimana pertanggungjawabannya sebab PTS adalah kampus yang berbiaya mahal? Ini jelas permainan mafia anggaran. Apa DPRD kota tidak tahu? Dana sebesar itu bisa untuk membangun gedung SD akan lebih bermanfaat. Semoga anggota dewan dan pemkot terketuk hatinya dan menjelaskan ke publik. Terima kasih. (085766785xxx)

Sertifi kasi Guru Depag KAMI guru-guru Kemenag yang sudah lulus sertifikasi

menanti pencairan tunjangan sertifikasi tapi ternyata penantian panjang kami itu hanya dibayar 1 bulan. Kapan pencairan selanjutnya? Kami menantikan itu. Kenapa berbeda dengan guru Disdik yang selalu dibayar tepat waktu? Terima kasih. (085383534xxx)

Formasi Pustakawan KEPADA Bupati Pringsewu, sehubungan akan adanya

rekrutmen CPNSD, mohon dibuka formasi untuk lulusan D-2 perpustakaan. Sebab, sekarang banyak sekolah yang memiliki gedung perpustakaan tapi tidak ada tenaga pustakawannya. Terima kasih. (085841071xxx)

Perbaiki Jalan 1KEPADA Dinas PU Lampung, mohon perbaiki jalan raya

dari Seputihraman sampai Seputihbanyak, Lampung Tengah. Karena, jalan tersebut rusak parah dan membahayakan pengguna jalan. (082179762xxx)

Perbaiki Jalan 2 TOLONG jalan lintas Gunungsugih-Kotagajah diperbaiki,

terutama di daerah Buyutilir yang sangat parah. Jalur itu rawan kecelakaan, jadi tolong jangan hanya ditambal-sulam. (085384272xxx)

Perbaiki Jalan 3 MOHON pembangunan jalan 2 jalur dari Tegineneng ke

Metro dan penambahan lampu jalan. Sebab, saat ini kondisi jalan sudah tidak layak lagi mengingat kepadatan kendaraan tiap hari semakin bertambah dan sering terjadi pembegalan serta kecelakaan di malam hari karena tidak adanya lampu jalan. Terima kasih. (082180795xxx)

Desa Jadi MajuYTH. Bupati Pringsewu, kami warga Desa Kediri, Kecamatan

Gadingrejo, ingin berterima kasih kepada bupati dan wakil bupati. Kami tidak salah pilih karena Anda telah menjalankan program pembangunan terutama di pedesaan yang bermanfaat. Tepatnya sejak di desa kami ada jalan menuju kebun produksi. Sebelumnya, kondisi jalan setapak yang ada sangat becek bahkan untuk jalan kaki saja susah apalagi berkendaraan. Terima kasih pula kepada Dinas Pertanian Pringsewu serta

pelaksana pekerjaan. Kami juga mohon bupati memikirkan nasib petani. Semoga semua ini mendapatkan balasan berlipat dari Tuhan. Amin. (082181926xxx)

Motor RacingDI Tanggamus marak pengguna motor berknalpot racing

yang sering ngebut-ngebutan di jalan dan suaranya memekakkan telinga. Mohon partisipasi polisi untuk menertibkannya seperti di kota-kota lain. (087797881xxx)

Pemadaman Listrik KEPADA manajemen PT PLN Lampung, mengapa

listrik selalu padam mulai pukul 18.00–23.00 WIB di Batanghari Nuban, Lampung Timur? Mohon segera diatasi. (082179762xxx)

Pikirkan PPGKEPADA Dinas Pendidikan Provinsi, bila ingin

memperharikan nasib guru, tolong jangan membuat peraturan yang merumitkan kami. Seperti persyaratan PPG. Apakah itu tidak memberatkan kami? Kami dituntut selalu profesional. Tapi, bila mengajar tanpa fasilitas lengkap rasanya juga sulit. Kami sudah rumit dengan syarat sertifikasi, kini masih ditambah pula dengan rencana PPG. Bisa-bisa kami hanya memikirkan kompetensi dan anak didik terabaikan. Kenyataannya, kalau sarjana lulusan non kependidikan bisa ikut PPG, untuk apa ada FKIP. Kami mohon pertimbangkan kembali rencana itu. Turun ke lapangan terutama ke desa-desa dan jangan hanya ke kota sebagai bahan penentuan keputusan. Terima kasih. (081997554xxx)

Ukur Ulang HGUKEPADA semua pihak yang terkait dengan bidang

pertanahan dan perkebunan di Provinsi Lampung, kami masyarakat adat Megow Pak Tulangbawang memohon agar izin PT Garuda Panca Arta tidak diperpanjang jika semua tuntutan masyarakat adat mengenai pengukuran ulang areal lahan HGU tidak dilaksanakan. Sebab, ini akan jadi persoalan antara masyarakat adat dengan perusahaan yang akan menimbulkan pelanggaran HAM. (081279104xxx)

Tolong DibantuKEPADA dinas terkait, tolong memberikan bantuan

kepada penyandang cacat mata di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, karena tidak ada biaya untuk pengobatan. (081541484xxx)

ISI DI LUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

Pemimpin Redaksi:Nizwar

Dewan Redaksi:Ardiansyah, Ade Yunarso, Nizwar, Eko Nugroho, Adi Pranoto, Irwansa

Redaktur Pelaksana: Ary Mistanto

Redaktur Senior: Eko Nugroho

Redaktur:Adi Pranoto, Irwansa, Alam Islam, Taufik Wijaya

Asisten Redaktur:Senen, Trufi Murdiani, Abdul Karim

Staf Redaksi:Syaiful Amri, Nurlaila Yanti, Eka Yuliana, Yuda Pranata, Dina Puspasari (Bandarlampung)

Dwi Prihantono (Lamtim)Kohar Mega (Lampura)Edy Herliansyah (Tanggamus)Agus Suwignyo (Pringsewu-Pesawaran)Yusuf A,S. (Tulangbawang)Gede Putu Kristanto (Lamteng)Abdurahman (Lamsel)Hermansyah (Waykanan)Segan P.S (Mesuji)Wirahadikusumah (Pesawaran) Widisandika (Tulang Bawang)Muhammad Ma’ruf (nonaktif)Fajar Arifin (Metro)Gatra Yuda (Lampung Barat)

Wartawan Jakarta : Kusumayuda

Copy Editor:Rudy Saputra, Syaiful Mahrum

Sekretaris Redaksi :Masriani

Kabag Pracetak:Riswadi Pracetak: Ripto D., Helmi Jaya, Nopriyadi, Farabi Lincoln, Hendrawan Poerbantara, Asep Supriyadi, Iwan N, Heru, Arya BayuAlamat: Jalan Sultan Agung No. 18Kedaton, Bandarlampung, Telp. (0721) 789750-782306, Faks. (0721)BNI Cabang TanjungkarangNo. Rek. 007.149.0467BCA Cabang TelukbetungNo Rek 0200.721.799Bank atas nama PT Wahana Semesta LampungEmail: [email protected]: www.radarlampung.co.id

General Manager:Purna Wirawan

Pimpinan Perusahaan:Ismail Komar (non aktif)

Manager Iklan: Desti Mulyati Staf Iklan: Leny Hartanti (Administrasi), M. Shahib

(Design iklan)

Iklan Perwakilan Jakarta: Aspandar Nasution (kepala), Falma

Manager Event Organizer (EO) Liris Vawina

Staf Event Organizer Indah Sumaputri,

Erwin Sajjah, Maria Ulfa

Manager PemasaranMarlinda (pjs)

Staf Pemasaran: Hery,Agus,

Supriyadi, Adi Irawan

Manager Keuangan: Sarri Octarini, Anna Susanti (kasir) ,Pas Irvanus (akunting)

Manager Personalia dan Umum: Faradiba

Staf Manager Personalia dan Umum:Roby Junasari, Aris, Didik S, Hary

Dewan Pengawas: Ardiansyah (Koordinator)

Anggota Dewan Pengawas:Taswin Hasbullah,

Abdurrahman, Ibnu Khalid

Penerbit: PT Wahana Semesta LampungKomisaris Utama: Alwi HamuKomisaris: Lukman Setiawan,

Dwi Nurmawan

Direktur Utama: Suparno Wonokromo

Direktur: Ardiansyah

Percetakan: PT Lampung Intermedia

Pencetak: Budi S.(kabag) Suparman,

Z. Arifin, Pujianto, Jenianto, Alim, Joko

Badan Penanggulangan Bencana

BB

Page 26: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

26 RADAR LAMPUNG 17 FEBRUARI 17 FEBRUARI 20122012

Bergantung Pengamalannya

SEBENARNYA semua surat dalam Alquran itu selalu ada manfaatnya. Sebab, memang diturunkan untuk menjadi pedoman hi dup manusia. Namun, man faat yang dirasakan itu bergantung tingkat penga ma lan yang dilakukan tiap in-dividu. Se makin ting gi ting k at amalannya, se ma-kin te rasa manfaat dan hikmah dari ayat-ayat Allah SWT itu.

Manfaat mem-baca Surat Yasin sangatlah banyak, tidak bisa kita ung-kapkan dengan kata-kata. Salah satu manfaat mem baca Surat Yasin dengan khusyuk, nis caya Allah SWT menulis pahala kepadanya seperti pahalanya orang yang membaca Alquran 10 kali.

Dengan setingkat para alim ulama dan ahli zikir, maka pengamalan yang dirasakan pun akan berbeda dengan yang dirasakan kita yang biasa saja. Kita sebagai khalifah mempunyai tugas mengkaji, mempelajari, dan mengamalkan ayat suci Alquran maupun hadis.

Mempelajari ilmu agama dan me-ngamalkan tidak pernah berpatokan usia manusia. Sebab, ketakwaan se-seorang tidak bisa disamakan dengan usia. Yang menilai kita sebagai alim ulama bukanlah diri kita, melainkan orang lain. Untuk me rasakan manfaat dan hikmah membaca Surat Yasin itu bergantung keyakinan diri kita sendiri serta bagaimana kedekatan kita kepada Allah SWT.

Untuk remaja dan semua yang ingin mempelajari tentang agama maupun ayat suci Alquran, belajarlah dengan ahlinya. Jangan hanya belajar dari buku! Ke tika ada kejanggalan, kita bisa bertanya dan men dapatkan jawaban yang tepat. (lydia mawar/irfa)

Rudi Irawan, S.Pd.I., M.Si.

Guru Agama Islam SMA Perintis 1 Bandarlampung

KALO kita ngedenger seseorang membaca Surat Yasin, pasti bawaannya ngeri or merinding. Sebab, biasanya dibacakan kepada orang yang sedang sakaratul maut atau mengirim doa kepada orang yang udah meninggal dunia.

Jangan salah, X-readers! Katanya sih membaca Surat Yasin juga bermanfaat menahan atau menghilangkan rasa lapar. Waduh, bener nggak tuh?

Menurut Mutia Risky, mahasiswi Unila, dia pernah merasakannya ketika lagi bokek. ’’Secara, gue kan anak kos. Waktu itu, duit gue

sedang krisis. Dengan baca Surat Yasin dan pastinya berniat, rasa laper hilang,” tutur cewek manis berjilbab ini.

Beda lagi kalau dari teman kita yang ditemui kru X-presi sedang asyik makan di kantin. ’’Ya, percaya nggak percaya sih kalau gue. Denger-denger sih emang iya. Tapi, gue sendiri belum pernah mempraktikkannya. Yang gue tahu kalau Surat Yasin itu dibacakan untuk orang yang sudah

meninggal atau yang sedang dalam sakaratul maut,” ungkap Ririn Dwi Sari.

Nah X-readers, penasaran bukan dengan manfaat membaca Surat Yasin itu? Rasulullah SAW bersabda kalau Surat Yasin itu memang mengandung keberkatan. Yakni apabila orang lapar membaca Surat Yasin, ia boleh menjadi kenyang. Jika orang tiada pakaian, boleh mendapat pakaian; jika orang belum mendapatkan jodoh akan mendapat jodoh; jika dalam ketakutan, boleh hilang perasaan takut; jika musafir membacanya akan mendapat

kesenangan apa yang dilihatnya; jika tersesat akan sampai ke tempat yang ditujunya; jika dibacakan kepada orang yang telah meninggal dunia, Allah meringankan siksanya; jika orang yang dahaga membacanya, hilang rasa hausnya; dan jika dibacakan kepada orang yang sakit, terhindar dari penyakitnya.

Wah X-readers, super sekali bukan manfaat membaca Surat Yasin itu buat sehari-hari kita? Secara, semua ayat-ayat di Alquran itu memiliki keajaiban yang benar-benar menakjubkan! (pensi/irfa)

setelah Baca Surat Yasinsetelah Baca Surat YasinRasa Laper Gue Hilang

KITAB suci Alquran yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan disebarkan ke semua umat Islam, salah satu isi di dalamnya adalah Surat Yasin.

Kalau ngomongin tentang manfaat membaca Surat Yasin, biasanya kita mendengar untuk dibacakan kepada orang yang sudah meninggal atau

yang sakaratul maut. Menurut gue, manfaat dan khasiatnya banyak banget. Tapi, untuk menahan dan mengurangi rasa lapar itu, bagi gue benar. Sebab, gue pernah membaca kebenarannya dari Surat Yasin itu sendiri.

Dalam hal ini, gue pernah mempraktikkannya dan itu memang

bener-bener gue rasain. Rasa lapar itu sedikit demi sedikit hilang dengan sendirinya. Memang sih di luar dugaan gue.

Dari keluarga gue sendiri sering membaca Surat Yasin setiap malam Jumat, tapi dengan niatnya untuk dikirimkan kepada keluarga yang sudah meninggal.

Kesimpulannya, membaca Surat Yasin itu banyak banget manfaat dan khasiatnya. Sering-sering aja baca Surat Yasin. Apalagi buat teman-teman yang kos dan jauh dari orang tuanya atau yang belum dapat kiriman supaya bisa nahan laper. He...he... (pensi/irfa) DERRY KHARISMADERRY KHARISMA

Siswa SMAN 10 BandarlampungSiswa SMAN 10 Bandarlampung

Banyak Manfaatnya Dalam Kehidupan Sehari-hariBanyak Manfaatnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Khasiat Membaca Surat YasinBARANG siapa membaca Surat Yasin dengan khusyuk,

niscaya Allah SWT akan menulis pahala kepadanya seperti pahalanya orang yang membaca Alquran 10 kali.

Pada masa 1000 tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi, para malaikat sering mendengar Allah SWT

membaca Surat Yasin serta Surat Thoha. Berarti, 1000 tahun sebelum kejadian penciptaan langit dan bumi, Allah SWT

telah menciptakan kedua surat itu serta sering dibaca oleh-Nya. Para malaikat berkata: ’’Bagus benar susunan ayat demi ayat itu. Ya Allah, kepada siapa akan diturunkan kedua

surat itu?’’ Allah berfirman: ’’Untuk umat nabi akhir zaman (yakni umat

Nabi Muhammad SAW).’’Yassin lamaa quri’at lahu, artinya Yasin itu menurut tujuan

hajat pembacanya (Surat Yasin itu dibaca menurut tujuan (hajat) orang yang membacanya. Jadi kalau ada hajat yang ingin diraih

dengan baca surat ini sebanyak-banyaknya, insya Allah degan izin Allah SWT akan terkabul).

Sebagai bukti sudah sering terjadi. Contohnya, seseorang menyatakan pernah membaca Surat Yasin sebanyak 47 kali pas

malam hari, Subhanallah segala hajatnya terkabul dan segala kesusahan hilang. (berbagai sumber/irfa)

DID YOU KNOW?

Page 27: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

PENDIDIKANCerdas Berkualitas 27JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

GERBANG UNILA

Imbau Guru Tak PanikDEKAN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

(FKIP) Universitas Lampung Dr. Bujang Rahman, M.Si. mengimbau para guru di Lampung yang akan mengikuti uji kompetensi pada 25 Februari mendatang tidak panik. Pasalnya yang diujikan kepada guru, menurutnya, adalah materi bersumber dari bahan ajar yang mereka (guru) sampaikan kepada siswa sehari-hari. Sehingga tidak memerlukan persiapan khusus. ’’Hanya menguji dua pokok bahasan, yakni kompetensi profesional dan pedagogik guru. Keduanya adalah makanan sehari-hari para guru kok. Jadi tidak perlu ada persiapan khusus. Kisi-kisinya juga sudah kami berikan,” terangnya kemarin.

Proses uji kompetensi tersebut, lanjutnya, dilakukan secara manual dengan memberi materi tertentu yang berkaitan bidang studi masing-masing. Termasuk penguasaan dan wawasan yang didasarkan pada perkembangan ilmu pendidikan dewasa ini.

Dalam pelaksanaan uji kompetensi, masih menurutnya, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Untuk itu, guru diminta mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menguasai materi di bidang studi dan pengetahuan umum yang terkait pendidikan.

Adapun Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK), dalam hal ini FKIP Unila, menurut dia, tidak terlibat langsung dalam pelaksanaan uji kompetensi guru. LPTK hanya terlibat dalam penyusunan soal.

Dijelaskannya, kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. ’’Kompetensi ini dapat dilihat dari kemampuan merencanakan program belajar mengajar, melaksanakan interaksi atau mengelola proses belajar mengajar, serta melakukan penilaian,” katanya.

Sementara, kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Kompetensi profesional adalah berbagai kemampuan yang diperlukan agar dapat mewujudkan dirinya sebagai guru profesional.

Disebutkannya juga bahwa kompetensi profesional meliputi kepakaran atau keahlian dalam bidangnya. ’’Di antaranya penguasaan bahan yang harus diajarkan beserta metodenya, rasa tanggung jawab akan tugasnya, dan rasa kebersamaan dengan sejawat guru lainnya,” tukas dia.

Terkait hal itulah, menurutnya para guru yang benar-benar menjalankan profesi dan menerapkan keduanya dalam kehidupan sehari-hari tak perlu panik dan melakukan persiapan khusus dalam menghadapi uji kompetesi di akhir Februari mendatang. (ist/c1/rim)

Rubrik kerja sama Radar Lampung dengan Universitas Lampung (Unila) ini khusus menyampaikan informasi-informasi penting di lingkungan Unila. Kirimkan saran dan kritik melalui SMS ke 081272349777, atau 08127911443/Email [email protected]

Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S.

Rektor Unila

JAKARTA – Ada 3.150 kampus swasta di bawah bendera Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) terang-terangan memboikot aturan calon sarjana harus menulis karya ilmiah di jurnal ilmiah. Mereka tetap memilih meluluskan calon sarjana meski tidak menuruti aturan tersebut.

Penolakan massal terhadap ke-bijakan yang tertuang dalam surat edaran Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu disampaikan Ketua Umum Aptisi Edy Suandi Hamid di Jakarta kemarin (16/2). Dia mengatakan, kebijakan penolakan ini merupakan hasil dari rapat pleno seluruh anggota Aptisi dari Sabang hingga Merauke.

Edy yang juga rektor Universitas Islam Indonesia (UII) itu tetap pada pendiriannya. Dia menyebut secara filosofi ketentuan yang wajib di jalankan

untuk wisuda setelah Agu stus depan itu baik. Tetapi pada ta taran pe ne-rapannya tidak logis. Dia masih ke-beratan karena jumlah jurnal ilmiah yang menampung kar ya ilmiah para calon sarjana tidak cukup.

Dia memperkirakan setiap tahun ada 800 ribu mahasiswa yang di-wisuda jadi sarjana di kampus swasta. Sedangkan, jumlah jurnal ilmiah saat ini hanya mampu menampung puluhan ribu karya setiap tahunnya. ’’Kami tetap menuntut kebijakan ini dikaji ulang,” kata dia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aptisi Suyatno menambahkan, deklarasi menolak surat edaran Ditjen Dikti Kemendikbud sudah telanjur di-kumandangkan. Itu artinya, se banyak 2,5 juta mahasiswa yang saat ini be lajar di 3.150 kampus swasta tidak perlu resah. “Karena kami memang menolak aturan karya ilmiah itu,”

tandasnya. Rektor Universitas Muham ma-

diyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) itu juga menjelaskan kampus swasta memiliki wewenang untuk menolak aturan tersebut. Sebab selama ini, kelulusan mahasiswa di kampus swasta ditentukan sendiri masing-masing pengelola kampus. “Sejak zaman Malik Fajar (mantan Men-dikbud, Red), kami boleh me luluskan mahasiswa sendiri tanpa persetujuan Kemendikbud,” kata dia.

Menurut Suyatno, aturan me-wajibkan menulis karya ilmiah di jurnal ilmiah sebagai syarat men-dapatkan gelar sarjana bisa berujung pada penyusunan jurnal asal-asalan. Dia menekankan jika Kemendikbud perlu mengkaji ulang kebijakan ini. Minimal sampai ada perbaikan sistem dan dukungan peralatan penunjang keberadaan karya ilmiah mahasiswa.

“Bagi kampus swasta di Papua, kom-puter itu masih sangat terbatas,” kata dia.

Selain alasan belum siapnya jum lah jurnal ilmiah, Suyatno juga me ngatakan aturan ini bisa meng hambat kelulusan sarjana baru. Sebab, selama ini kelulusan program sarjana cukup dengan me-menuhi jumlah SKS (sa tuan kredit se mester) dan pembuatan skripsi.

Sempat muncul dugaan, kebijakan ini sengaja diterbitkan untuk me-nyiasati jumlah lulusan sarjana baru. Motivasi di balik upaya ini adalah menekan angka pengangguran ter-buka lulusan S1. Seperti diketahui, jumlah pengangguran di Indonesia saat ini sekitar 8,32 juta jiwa. Dimana pengangguran bertitel sarjana men-capai 1 juta.

Di bagian lain, Direktur Jenderal (Dirjen) Dikti Kemendikbud Djoko Santoso menegaskan aturan ini jalan

terus. “Kalau memang ada kampus yang menolak silakan,” kata dia. Toh pada akhirnya, menurut Djoko, ma-syarakat bisa menilai ternyata sarjana jebolan kampus negeri lebih unggul ketimbang kampus swasta. Alasannya, sar jana jebolan kampus negeri mam-pu menulis karya ilmiah yang dimuat di jurnal ilmiah. Penilaian masyarakat ini bisa berpengaruh pada akses pekerjaan para sarjana.

Mantan rektor ITB itu mengatakan, se jatinya ketentuan calon sarjana wajib menulis jurnal tidak perlu sam-pai diatur dalam sebuah surat edaran. ’’Menulis karya ilmiah itu sudah ke-wajiban mahasiswa calon sarjana,” katanya. Terkait aksi boikot massal kampus swasta ini, Djoko enggan berpolemik panjang. Sebab, dia telah mengunjungi beberapa kampus swasta yang akhirnya menerima kebijakan ini. (jpnn/c1/rim)

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mo-hammad Nuh mengungkapkan ke pu tusan pemerintah untuk me-wajibkan para mahasiswa S1 mem-buat jurnal ilmiah guna melatih ma hasiswa bertanggung jawab atas apa yang dibuatnya. Dengan adanya jurnal ilmiah itu, lanjut Nuh, pihaknya juga bertujuan melatih berpikir sis-

tematis dan mengembangkan me-to delogi dalam menyelesaikan per-soalan serta menunjukkan hasil yang telah dikerjakan semuanya.

’’Karena itu dengan adanya tulisan mahasiswa itulah, sang mahasiswa harus berhati-hati. Artinya, dia harus dilatih untuk bertanggung jawab, ter-masuk juga pembimbingnya,” ung kap Nuh di Jakarta kemarin (16/2).

Mantan rektor ITS ini me nam bahkan, jurnal ilmiah ini ke depannya juga di-jadikan suatu tradisi dalam pendidikan di jenjang perguruan ting gi. Maka dari itu, penetapan jur nal ilmiah ini harus masuk dalam sistem pendidikan. ’’Kita ingin mem bangun baik dosen atau mahasiswa masuk dalam wilayah aka-demik dan budaya ilmiah itu. Dengan syarat menulis tersebut, maka dosennya

dituntut untuk membimbing. Mereka akan mejadi teman. Sehingga, ke duanya bisa sama-sama me ning katkan mutu dan kualitasnya masing-masing,” pa-parnya.

Nuh menambahkan, pihaknya juga tidak ambil pusing dengan ba-nyaknya anggapan publik bahwa penetapan jurnal ilmiah ini dinilai tidak logis dan tak realistis. ’’Jurnal

ilmiah itu kan isinya apa yang ma-ha siswa ketahui, lalu dituliskan. Ma sak sekolah di perguruan tinggi selama 4 tahun tidak dapat ilmu apa-apa? Toh juga bukan 100 hala-man, hanya 1 sampai 4 halaman. Jadi intinya ada kemauan dari maha-siswa itu sendiri atau tidak. Karena kemauan dengan tidak bisa itu ber-beda,” tukasnya. (jpnn/c1/rim)

3.150 Kampus Tolak Aturan Karya Ilmiah

Membuat Jurnal Latih Tanggung Jawab Mahasiswa

FOTO IST

TANAMKAN JIWA KEPEMIMPINAN: Guru salah satu SMP Islam Terpadu di Bandarlampung tampak menanamkan jiwa kepemimpinan kepada siswa-siswinya di sekolah setempat.

FOTO IST

MALU AH!: Sarjana jangan sampai tidak mampu menulis karya ilmiah.

Page 28: RADAR LAMPUNG | Jumat, 17 Februari 2012

28 JUMAT, 17 FEBRUARI 2012

TIPS

JUMJUMJUMJUMUMUMJUMUMUMUMUMJUMMJUMJUMUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUJUMUUUUUUUUUMUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUMUUUUUUUU ATATAT,AT,AT,AT,AT,AT,T,TAT,AT,AT,ATAT,T,AT,AT,AT,AT,TATT,AT,AT,TTT,TTTTTATATATTATAT,ATTTTTTAT,,,,,,,,,,, 1717171771777777777777777777777777777777777777777777777777777777777777777777177 FEFEFEFEFEFEEFFFEFEEFEEFFFEF BBBBBBRBRUBBBBBBBBBBRBBBBRBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBB ARI 2012

MEMBELI alat masak baru bisa le bih sulit daripada yang Anda pikir. Ada banyak tingkat harga, merek, dan jenis peralatan masak untuk di pertimbangkan sebelum dibeli.

Anda juga bisa membeli secara ter pisah maupun satu set lengkap. Harga seharusnya tidak menjadi perhatian utama jika Anda mencari alat masak yang dapat bertahan lama.

Kepala Koki Restoran Kam-poeng Kelapa Iskan mengatakan, yang harus diperhatikan dalam me milih peralatan masak yang te pat adalah hasil yang baik dan hi gienis. Bahan peralatan masak juga menjadi unsur penting saat me milih sebelum membeli.

’’Peralatan yang terbuat dari stain less steel lebih aman di-gunakan karena berbahan

a n tilengket, tidak menempel di ma kanan, dan lebih cepat panas se perti teflon,” ujar Iskan kepada Radar Lampung kemarin.

Iskan menambahkan, cara yang pa ling mudah untuk mengetahui kua litas baik dari peralatan masak adalah lebih cepat panas. Selain stainless steel, bahan lain yang juga cepat panas adalah besi putih. Se lain penggorengan, sutil juga se baiknya terbuat dari bahan itu. ’’Jika menggunakan besi akan ce pat karatan. Dampak jangka pan jangnya pada gangguan pencernaan,” imbuhnya.

Tidak hanya selesai dalam me milih peralatan masak, Anda juga harus mengerti cara me rawatnya. Utamanya merawat per alatan yang terbuat dari logam, se perti panci, penggorengan, sen dok, garpu, dan

lainnya. Ba han-bahan logam yang biasa digunakan adalah stainless steel, alu minium, tembaga, kuningan, dan perak.

Untuk peralatan masak atau da pur yang terbuat dari stainless steel, bahan ini mengilap namun se makin lama akan memudar. Untuk menjaga peralatan dari ba han ini, hindari cairan asam se perti cuka yang bisa merusak ba gian dalam lapisan bahan itu.

Sedangkan bahan aluminium gam pang bernoda dan mudah ha ngus, seperti panci maupun pe nggorengan. Cara mem-bersihkan nodanya adalah dengan merendam di dalam air panas se lama beberapa waktu atau bisa ju ga dilap menggunakan larutan pen cuci noda.

Selain itu, peralatan masak

yang terbuat dari tembaga yang se ring digunakan juga bisa ber ubah menjadi kehitaman karena noda. Cara membersihkannya ada lah menggosoknya dengan cam puran air jeruk di bagian yang berubah warna itu.

Untuk menjaga agar tetap awet dan menjaga kebersihan dapur, se-telah selesai digunakan, peralatan masak sebaiknya langsung dicuci. Se lanjutnya peralatan jangan lang sung digantung, namun di tiriskan dahulu supaya tidak berkarat.

’’Untuk mengeringkannya, lebih baik ditiriskan saja daripada dilap karena pengelapan dapat menimbulkan bintik-bintik dan goresan di peralatan masak sehingga tidak mengilat,” ungkap Iskan. (nur/c2/dna)

AMANKAHAMANKAHPeralatan Masak Peralatan Masak ANDAANDA??

Hati-Hati Kimia Beracun!MEMILIH bahan peralatan

masak juga harus berhati-hati. Jangan sembarangan! Apabila kitchen equipment yang dipakai untuk memasak mengandung bahan kimia beracun, dapat memengaruhi kesehatan. Berikut tips untuk peralatan masak.

LAPISAN ANTILENGKET

Peralatan masak berlapis bahan antilengket adalah

penemuan yang sangat menyenangkan bagi para ibu rumah tangga. Tak ada lagi ikan gosong dan lengket di penggorengan. Tak ada lagi susah payah membersihkan wajan yang penuh masakan lengket.

Dengan peralatan masak antilengket, Anda juga bisa menggunakan lebih sedikit minyak goreng. Artinya, lebih sedikit kolesterol saat memasak. Tapi, bukan berarti bahan ini aman untuk kesehatan. Bahan yang awalnya banyak digunakan dalam peralatan militer ini juga menyimpan zat berbahaya.

Studi kesehatan menunjukkan peralatan memasak antilengket bisa

melepas bahan kimia seperti

perfluoropropionic dan benzena. Bahan-bahan yang

bisa menyebabkan gangguan kesehatan itu muncul bila lapisanantilengket mengelupas karena tergores benda tajam atau karena penggunaan yang tidak benar. Misalkan, dipanaskan dengan suhu di atas 200 derajat Celsius.

PLASTIK

Wadah plastik adalah pilihan praktis untuk menyimpan makanan. Baik bahan mentah maupun matang. Tapi, bahan plastik terdiri atas berbagai macam komponen kimia yang berbahaya. Terutama bila Anda menggunakan peralatan plastik yang murah meriah.

Sebaiknya Anda pilih peralatan plastik yang sudah terbukti aman melalui uji kualitas. Perhatikan label aman untuk kesehatan pada produk plastik. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, asalkan kesehatan Anda dan keluarga terjamin. Bahan murahan yang belum tentu aman bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar. (dbs/c2/dna)

ENAMEL

Alat masak berbahan enamel tampilannya sangat menggoda mata. Bahan enamel ini memungkinkan peralatan masak tampil dalam berbagai warna cerah dan motif menarik.

Tapi, bahan pewarna yang digunakan itu mengandung zat kimia. Misalnya, mangan, kadmium, dan sebagainya. Bila terjadi goresan di lapisan berwarna, bisa menyebabkan terlepasnya ion di bahan metal.

Begitu pula jika dipanaskan pada suhu melebihi 100 derajat Celsius. Solusinya, saat menggunakan bahan ini, Anda harus lebih berhati-hati. Jangan sampai peralatan masak berbahan enamel tergores!

TELITI: Iin Apriani, PNS di Dinas Pendapatan Daerah Bandarlampung, memilih

bahan peralatan masak berkualitas di Chandra

Superstore Tanjungkarang.

FOTO WAHYU SYAIFULLAH