Radar JOgja 26 Maret 2011

download Radar JOgja 26 Maret 2011

of 24

  • date post

    06-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    565
  • download

    56

Embed Size (px)

description

Koran Pilihan Masyarakat Jogja

Transcript of Radar JOgja 26 Maret 2011

  • email: redaksi@radarjogja.co.id, radaryogya@yahoo.comTelp/Faks Redaksi: 0274-4477785 www.radarjogja.co.id

    SABTU 26 MARET 2011 ECERAN Rp 3.000

    BATIK

    Ketika gempa dan tsunami terjadi di Miyagi, Jepang, 11 Maret lalu,

    banyak WNI di sana yang berbon-dong-bondong pulang ke tanah air. Tapi, hal itu tak dilakukan Rita Ret-

    naningtyas. Perawat asal Semarang tersebut lebih memilih merawat

    pasien yang menjadi tanggung jaw-abnya meski Miyagi porak-poranda. Pemerintah Jepang pun memuji dia.

    PRATONO, Semarang

    PETANG itu, Jumat (11/3) sekitar pukul 14.46 waktu Miyagi, Jepang, Rita sedang bersantai di apartemennya. Sudah sejak

    13 November 2009 perempuan 35 tahun tersebut berada di Miyagi untuk menjadi perawat di Miyagi National Hospital.

    Rita merupakan salah seorang pera-wat dari Indonesia yang dikirim Badan Nasional Penempatan dan Perlindun-gan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui program kerja sama antar pe-merintah RI dan Jepang.

    Peristiwa yang terjadi saat itu pasti tidak akan hilang dalam ingatan perempuan kelahiran Semarang, 15 September 1975, tersebut

    Rita, Perawat yang Diapresiasi Pemerintah Jepang karena Tangani Korban Gempa-Tsunami

    Memilih Terisolasi, Makan Nasi dan Kecap Asin

    Suara RakyatBaca Halaman 6

    SMS WAE

    Listrik Mati Saat Buka TokoPak PLN tolong pemadaman di degolan,

    jalan kaliurang km 15 jangan jam jam buka toko...gak dapat duit pak, gmana bayar listriknya? +6281904088208

    PAK Rachmad Ali yang saya hormati, saya seorang pensiunan. Umur saya 65 tahun lebih dan sudah bercucu. Saya jadi sadar bahwa hidup tanpa ada k e g i a t a n y a n g b e r a r t i m e m -buat hidup tak bergairah. Oleh karena itu, saya terus mengikuti rubrik ini. Saya kira rubrik ini pen-ting lho, Pak! Tapi terus terang, saya bingung har us bisnis apa? Saya ingin buka usaha jualan snack, kebetulan anak saya yang putri pintar buat snack

    Oleh: Rahmad Ali*

    Usaha Tak Ada Batas Usia

    Baca Usaha... Hal 7

    MOTIVASI BISNIS

    Baca Memilih... Hal 11

    04:27 11:46 15:01 17:49 18:58

    JADWAL SALAT

    Hari Ini, Honda DBL Dibuka di GOR UNY

    JOGJA - Dua tahun berturut-turut, Jogjakarta terus menjadi tuan rumah terheboh untuk kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda Development Basketball League (DBL). Tahun sebelumnya, penonton di Jogja

    menjadi yang terbanyak di luar Jawa Timur. Tahun lalu, Jogja kembali menempati ran king teratas pengumpul jumlah penonton

    Siap Pecahkan Rekor Penonton

    PASTI HEBOH: Para pemain SMAN 3 Pabmanaba Jogja (kostum merah) dan SMAN 1 Depok Sleman melakukan gladi resik pembukaan Honda DBL 2011 di GOR UNY kemarin.

    DWI AGUS/RADAR JOGJA

    Baca Siap... Hal 11

    Tak Bangun Jembatan Permanen

    Trailer Nyasar Masuk Pasar, 7 Tewas BREBES - Kecelakaan maut

    yang merenggut nyawa beberapa orang biasanya terjadi di jalan raya. Tapi, kali ini hal itu terjadi di pasar. Kemarin (25/3) sekitar pukul 05.00 sebuah truk trailer tiba-tiba me-nyasar masuk ke area Pasar Induk Brebes, Jawa Tengah.

    Akibatnya pun fatal. Tujuh orang tewas dan delapan orang me-ngalami luka berat dan ringan. Mereka adalah pembeli serta penjual di pasar itu. Berdasar informasi yang dihimpun di tem-pat kejadian perkara (TKP), truk yang mengangkut semen Holcim

    yang dikemudikan Syamsuri alias Eman, 30, itu melaju kencang dari arah timur di jalur pantura, te-patnya di Jalan Raya Brebes, Jawa Tengah. Tepat di depan terminal angkot (angkutan kota), tiba-tiba truk menyelonong ke kanan

    PANUTAN: Rita Retnaningtyas saat menerima penghargaan dari Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah Edy Nuryanto, Jumat (25/3).

    PRATONO/JPNN

    195 Rumah Rusak, Lahar Dingin Terjang 16 Dusun

    J O G JA - G u b e r n u r D I J Hamengku Buwono X me-negaskan selama masa tang-gap darurat pascaerupsi Merapi Pemprov DIJ tidak akan ber-pikir membangun infrastruktur jalan seperti jembatan secara permanen. Alasannya, HB X tak ingin ditertawakan orang.

    Kalau kita bangun permanen akan dadal (bobol) semua. Daripada digeguyu orang (diter-tawakan) lebih baik seperti jembatan dan infrastruktur lainnya kita buat darurat, kilah HB X usai membuka Rapat Ang-gota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ di Radyo Suyoso Bappeda Komplek Kepatihan kemarin (25/3).

    Melihat kondisi lapangan la-har dingin Merapi terus terjadi bahkan akhir-akhir ini telah menghanyurkan 34 rumah

    warga di tepi Sungai Gendol tepatnya Dusun Plumbon Sin-dumartani Ngemplak Sleman, gubernur memutuskan untuk memperpanjang masa tanggap darurat.

    Masa tanggap darurat diper-panjang lagi hingga 30 hari ke depan atau hingga akhir April 2011. Keputusan itu didasar-kan kenyataan saat ini musim hujan masih berlangsung se-hingga lahar dingin akan terus terjadi

    GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

    RESIK-RESIK: Warga yang tinggal di sekitar Sungai Code membersihkan rumah yang tergenang akibat luapan sungai tersebut, kemarin.

    EWN/MANADO POS/JPNN

    NAHAS: Evakuasi penumpang speedboat Putra Tunggal yang tenggelam di perairan Sidangoli, Halmahera Barat, kemarin.

    Speed Boat Tenggelam, Lima TewasTERNATE - Kecelakaan di laut

    kembali terjadi. Satu unit speed boat reguler rute Jailolo, Halma-hera Barat, tujuan Dufa-Dufa, Ternate, tenggelam di perairan Si-

    dangoli sekikar pukul 10.00 WIT kemarin

    (25/3).

    Speed boat KM Putra Tunggal yang berpenumpang 25 orang plus tiga anak buah kapal (ABK) itu tenggelam setelah dihantam ombak besar. Selain karena hantaman ombak, jumlah pe-numpang yang melebihi kapa-sitas diyakini ikut memperparah

    keadaan. Speed boat tersebut normalnya berkapsitas 16 orang. Namun, kemarin perahu motor itu berpenumpang 25 orang.

    Akibat musibah tersebut, lima penumpang tewas dan seorang belum ditemukan

    GRAFIS: JPNN

    Hamengku Buwono X

    Baca Tak Bangun... Hal 11

    Baca Speed Boat... Hal 11

    Baca Trailer... Hal 11

    Hadiah Lomba Foto dan Rekor Muri

    JOGJA - Penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Foto Pesona Batik 2010 bakal dilaksanakan hari ini (26/3) di Ball-room Hotel Phoenix Jogja.

    Selain itu, bakal ada pula penyerahan piagam penghargaan Rekor Museum Rekor Dunia-In-donesia (Muri). Selain itu, digelar pula fashion show batik karya warna dalam aplikasinya. Kegiatan ini diselenggarakan Sidiq Manajemen dan didukung RADAR JOGJA. (*)

  • 2 RADAR JOGJA Sabtu Pon 26 Maret 2011PKB

    Golkar Tak Akan Jadi Penurut di Koalisi

    JAKARTA Partai Golkar memberikan sinyal tak akan menghilangkan sikap bandel dalam koalisi. Partai berlam-bang beringin itu menegas-kan akan tetap kritis kepada pemerintah sebagaimana se-belumnya.

    Dalam koalisi, kami tetap berada dalam koridor partner kerja yang kritis, kata Ketua Umum DPP Partai Golkar Abu-rizal Bakrie di sela-sela perin-gatan hari ulang tahun Fraksi Partai Golkar di Jakarta Islamic Centre kemarin (25/3).

    Walau menjadi bagian koalisi pemerintahan SBY-Boediono, Golkar selama ini memang sering menyulitkan pemerintah. Misalnya, menjadi motor hak angket mafi a pajak dan hak ang-ket Century. Selain itu, sejumlah politisi Golkar selalu mengkritik

    pemerintah. Sempat dikabarkan bahwa Golkar dan PKS akan diceraikan dari koalisi. Namun, isu tersebut hilang setelah Set-gab yang menjadi wadah koalisi diformat ulang.

    Aburizal yang akrab disapa Ical itu menyatakan, koalisi bisa dii-

    baratkan sebuah persahabatan. Dalam persahabatan, tidak mungkin setiap hubungan di-lakukan dengan saling memuji secara sepihak. Dalam hal ini, Golkar mendukung pemerintah dengan berperan aktif menyam-paikan apa yang tidak hanya

    baik, tapi juga benar. Sahabat yang baik adalah

    sahabat yang memberitahukan yang baik dan juga yang benar. Itu yang akan kami lakukan, jelasnya.

    Bukan hanya Golkar, lanjut-nya, partai koalisi yang lain pun sebaiknya melakukan hal yang sama. Golkar mengajak seluruh partai koalisi untuk benar-benar bekerja efektif dengan berpihak kepada ma-syarakat. Seluruh suara partai koalisi bisa berpihak kepada masyarakat, pintanya.

    Secara terpisah, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengingatkan bahwa sikap kritis partai-partai koalisi harus berbeda dengan sikap kritis partai oposisi. Jadi, kritis itu hal biasa saja. Yang penting, bukan waton suloyo (asal mencela, Red), kata Anas saat dihubungi kemarin.

    Menurut dia, sikap kritis parpol anggota koalisi harus diarahkan agar bisa menjadi

    bahan untuk memperkaya perumusan kebijakan di sek-retariat gabungan maupun di pemerintahan. Tujuan akh-irnya adalah lahirnya kebi-jakan yang makin baik. Bukan kritis dalam konteks berbeda dan menyerang pemerintah, ingatnya kembali.

    Ketua Fraksi Partai Demokrat Jafar Hafsah menambahkan, Golkar ataupun partai lain agar tetap memegang teguh kesepakatan koalisi. Yaitu, berkoalisi bukan hanya di eksekutif, tapi juga di par-lemen. Kritis boleh, tapi prin-sip-prinsip koalisi harus tetap disepakati, tutur Jafar.

    Dia juga mengingatkan, salah satu kesepakatan tera-khir yang telah dicapai inter-nal koalisi ialah tidak saling serang antaranggota koalisi. Intinya, semua harus ber-sama-sama memastikan agar pemerintahan dapat bekerja secara baik dan efektif, im-buhnya. (jpnn)

    JPNN

    TAK BERUBAH: Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dan para pengurus partai Beringin dalam peringatan hari ulang tahun Fraksi Partai Golkar di Jakarta Islamic Centre kemarin (25/3).

    Ical Tegaskan Tetap Kritis

    Sebelas Perusahaan Ikut Tender

    JAKARTA Derasnya suara agar pembangunan gedung baru DPR berlantau 36 dihenti-kan, tidak membuat para wakil rakya surut. Proyek bernilai Rp 1,1 triliun tetap jalan. Kema-rin, Sekretariat DPR mengu-mumkan telah menerima 11 proposal kontraktor pelamar prakualifi kasi te