Pupuk Asam Amino Cair

download Pupuk Asam Amino Cair

of 6

  • date post

    14-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    28
  • download

    4

Embed Size (px)

description

Pupuk

Transcript of Pupuk Asam Amino Cair

Pupuk Asam Amino Cairherusidik / April 12, 2014 Seorang sahabat saya, Bpk. Endang Supriatna, yg tinggal di Lombok, berbagi resep pembuatan Pupuk Asam Amino Cair dengan uraian sbb:Membuat Asam Amino cair Dari bahan Limbah di sekitar kitaAsam amino adalah sembarang senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (biasanya -NH2). Dalam biokimia seringkali pengertiannya dipersempit: keduanya terikat pada satu atom karbon (C) yang sama (disebut atom C alfa atau ). Gugus karboksil memberikan sifat asam dan gugus amina memberikan sifatbasa. Dalam bentuk larutan, asam amino bersifat amfoterik: cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan asam. Perilaku ini terjadi karena asam amino mampu menjadi zwitter-ion. Asam amino termasuk golongan senyawa yang paling banyak dipelajari karena salah satu fungsinya sangat penting dalam organisme, yaitu sebagai penyusun protein.Fungsi asam amino untuk tanaman:1. Meningkatkan imunitas akibat stress ( pasca serangan hama, suhu ekstrim, pemindahan/pengiriman bibit)2. Membantu meningkatkan jumlah klorofil dan proses photosinthesis3. Mengautkan daun muda dan membantu pembukaan stomata (mulut daun) ;4. Sumber utama untuk mengikat unsur mikro ;5. Mempercepat pertumbuhan hormon;6. Membantu polinasi dan fruit set , meningkatkan kualitas buah (isi, aroma, dan ketahanan)7. Membantu mikroba tanah untuk mengubah unsur2 mentah menjadi unsure yg diserap tanaman.8. Meningkatkan produktifitas tanaman dan tanah.

Cara pembuatan Asam amino untuk tanaman dan ikan ( untuk 10 kg bekicot/siput sawah):1. Hancurkan bahan yang mengandung protein (ikan, bekicot, cacing, kedele), perbandingan dnegan air 1:1.2. Panaskan dengan suhu 60 derajat Celcius selama 2 menit.3. Dinginkan dan atur pH mencapai 5.4. Potong2 kecil 2 ons daun/batang/papaya muda, atau nenas, dan haluskan dengan blender.5. Campurkan dg bahan yg mengandung protein dalam media plastik6. Tuangkan larutan IM4 yg sudah di kultur sebanyak 1000 cc.7. Simpan di media tertutup. buka-tutup wadah setiap hari untuk menghilangkan gas.8. Seminggu kemudian sudah bisa digunakan.Note: Cara membuat kultur bakteri dengan EM 41 liter EM 4 dicampur dengan 20 liter larutan air gula, dan biarkan selama 2 minggu di media plastic yg terlindung dari panas matahari. ( campuran air gula tergiri dari 20 liter air dg 2 kg gula) Aplikasi Asam amino pada tanaman:1. Untuk tanaman muda dibawah usia 1 tahun: 4 cc asam amino buatan dilarutkan dengan 5 liter air. Setiap penambahan usia tanaman per 1 tahun, tambahkan 4 cc asam amnino; kemudian di corkan ke seluruh area akar tanaman.2. Untuk aplikasi semprot: 4 cc untuk setiap 1 liter air.3. Aplikasikan setiap 2 minggu 1x atau sesuai kebutuhan (saat pemindahan bibit, pasca serangan hama)4. Asam Amino buatan bisa diaplikasikan pada saat menanam bibit di polibag atau pot. Dicampur air dan disiramkan pada media tanam, 4 cc untuk polibag sebesar 30cm.5. Asam amino buatan ini juga bisa berfungsi sebagai decomposer pada proses pembuatan pupuk organicAplikasi Asam amino pada ikan di kolam:Empat cc asam amino buatan dilarutka dg 50 cc air, dicampur dengan 1 kg pakan. Diaduk rata, di angin2kan selama 10 menit. Hindari dari panas matahari.

EM4 itu adalah sebuah merek dagang dari Produk Bokasi, isinya adalah cairan yang mengandung bakteri pengurai, jenis bakterinya adalah jenis bakteri yg menguntungkan yang mampu membunuh bakteri jahatberfungsi sebagai pengurai proteindan meneral lain menjadi unsur2 yg dibutuhkan tanaman, sebenarnya masih ada produk lain selain EM4 dari pabrik yg berbeda. Harga per liter biasanya RP.20rb. Asam amino cenderung bersifat membantu tanaman dan memprosesnya menjadi unsur2 yang dibutuhkan tanaman.Semoga bermanfaat, dan mohon saran dan masukannya

Asam amino ada yang terbuat dari bahan-bahan hewani dan ada juga yang bisa kita buat menggunakan bahan-bahan nabati. Kali ini kita akan belajar membuat asam amino dari bahan bahan hewani.Fungsi asam amino untuk tanaman diantaranya adalahMembantu proses sintesis protein, Meningkatkan ketahanan terhadap stres akibat suhu tinggi, kelembaban rendah, kekeringan, serangan hama penyakit tanaman, kebanjiran dll, Meningkatkan kandungan klorofil, Mengatur pembukaan stomata (mulut daun), Agen pengkhelat (pengikat) unsur mikro, Bahan baku hormon, Membantu polinasi dan fruit set dan Meningkatkan aktivitas mikroba tanah.Cara membuatnya yaitu dengan bahan bahan yang mengandung protein seperti ikan, keong atau cacing. Sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sekitar 1 3 menit lalu di hancurkan/blender dan campur dengan air dengan perbandingan 1:1. Cari pelunak daging atau bisa juga menggunakan getah pepaya dengan perbandingan untuk 1 kg bahan gunakan 5 sdm getah pepaya. Tambahkan gula 3 5 sdm dan kalau ada boleh ditambahkan susu (susu kental manis juga bisa). Setelah itu campur dan aduk sampai merata dan tempatkan pada tempat yang tertutup rapat (anaerob) selama dua minggu. Setelah dua minggu asam amino sudah siap dipergunakan dengan dosis cukup 1 sendok makan untuk 1 liter air, aplikasi 2 minggu sekali, kalau cuaca agak ektrim bisa seminggu sekali.Semoga bermanfaat.