Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011 (Online Maret 2012)

7
DAFTAR Publikasi Artikel Oleh: Haris Faozan 1999: Tim Penyusun dan Editor buku: Kebijaksanaan dan Manajemen Pertambangan Berskala Kecil dari Perspektif Peningkatan Pendapatan Masyarakat dan Pembangunan Otonomi Daerah (Rumusan Lokakarya Nasional). Penerbit: Pusat Kajian Manajemen Kebijaksanaan-Lembaga Administrasi Negara Jakarta. 2000: Tim Penyusun buku: Manajemen Utang Luar Negeri: Perkembangan, Permasalahan, dan Kebijaksanaan. Penerbit: Lembaga Administrasi Negara, Jakarta. 2001: Peran Negara dan Birokrasi dalam Ekonomi Politik Baru: suatu telaahan dari perspektif ekonomi politik, dalam Sugiyanto (ed), Menguak Peluang dan Tantangan Administrasi Publik: Bunga Rampai Wacana Administrasi Publik (buku). Penerbit: Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, 2001. Faktor-faktor Penting Dalam Meningkatkan Kualitas Diklat: suatu tinjauan dari perspektif pengembangan sumber daya manusia, dalam Sugiyanto (ed) Menguak Peluang dan Tantangan Administrasi Publik: Bunga Rampai Wacana Administrasi Publik (buku). Penerbit: Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, 2001. Resource-Based Strategy: Pendekatan yang Pantas Diaplikasikan oleh Organisasi di Era Kini, dalam “Jurnal Administrasi Negara”, STIA-LAN

Transcript of Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011 (Online Maret 2012)

Page 1: Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011  (Online Maret 2012)

DDAAFFTTAARR PPuubblliikkaassii AArrttiikkeell

OOlleehh:: HHaarriiss FFaaoozzaann

1999:

Tim Penyusun dan Editor buku: Kebijaksanaan dan Manajemen Pertambangan Berskala Kecil dari Perspektif Peningkatan Pendapatan Masyarakat dan Pembangunan Otonomi Daerah (Rumusan Lokakarya Nasional). Penerbit: Pusat Kajian Manajemen Kebijaksanaan-Lembaga Administrasi Negara Jakarta.

2000:

Tim Penyusun buku: Manajemen Utang Luar Negeri: Perkembangan, Permasalahan, dan Kebijaksanaan. Penerbit: Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

2001:

Peran Negara dan Birokrasi dalam Ekonomi Politik Baru: suatu telaahan dari perspektif ekonomi politik, dalam Sugiyanto (ed), Menguak Peluang dan Tantangan Administrasi Publik: Bunga Rampai Wacana Administrasi Publik (buku). Penerbit: Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, 2001.

Faktor-faktor Penting Dalam Meningkatkan Kualitas Diklat: suatu tinjauan dari perspektif pengembangan sumber daya manusia, dalam Sugiyanto (ed) Menguak Peluang dan Tantangan Administrasi Publik: Bunga Rampai Wacana Administrasi Publik (buku). Penerbit: Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, 2001.

Resource-Based Strategy: Pendekatan yang Pantas Diaplikasikan oleh Organisasi di Era Kini, dalam “Jurnal Administrasi Negara”, STIA-LAN

Page 2: Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011  (Online Maret 2012)

Halaman 2 | P u b l i s h e d A r t i c l e s ( 1 9 9 9 - 2 0 1 1 )

Makassar. Vol. 7.No. 3/Nop. Tahun 2001.

Pelayanan Sektor Publik: Masih Tetap Menjadi Issue Penting, dalam “Jurnal Administrasi Negara”, STIA-LAN Makassar. Vol. 7.No. 4/Nop. Tahun 2001.

Kemelut di Tubuh PT. Semen Gresik Tbk.: Wacana sebuah strategi privatisasi? (Kolaborasi dengan Marsono, SE., MM.) dalam ”Majalah Manajemen Pembangunan”, Lembaga Administrasi Negara, No. 36. Tahun X, Des. 2001

2002:

Menumbuhkan Jejaring Strategik Antar Instansi Pemerintah: Menggalang Kekuatan dan Memposisikan Diri sebagai Instansi Pemerintah Berkinerja Tinggi, dalam Sugiyanto (ed), Mencari Solusi dalam Pemantapan Otonomi Daerah dan Kepemerintahan Yang Baik (buku), Penerbit: Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

2003:

Kolaborasi Strategik Pemerintahan Daerah: Menyiasati Keterbatasan Sumberdaya Alam, dalam ”Jurnal Desentralisasi” Pusat Kajian Kinerja Otonomi Daerah, Lembaga Administrasi Negara. Vol. 2.No. 2/Jan. Tahun 2003.

Kebijakan Pemerintah dan Perusahaan Otomotif Indonesia (Kolaborasi dengan Drs. Rahmat Nuryono), dalam ”Majalah Manajemen Pembangunan”, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, Juni 2003.

PD. Pasar Jaya dan Tantangan Global: Sebuah Tinjauan dari Perspektif Organizational Learning, dalam Dalam “Jurnal Forum Inovasi “ PPSa-Fisip UI, Vol. 7 Juni-Agustus 2003.

Peran Birokrasi, Manajemen Kebijakan, dan Eksistensi Pelayanan Publik (buku). Penerbit Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Mendobrak Budaya Lama Organisasi Birokrasi (buku). Penerbit Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Tim Penyusun buku: Kajian Manajemen Kebijaksanaan Publik (Analisis Proses Perumusan Peraturan Daerah tentang Pajak dan Retribusi). Penerbit Pusat Kajian Manajemen Kebijakan, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Tim Penyusun buku: Kajian Manajemen Proses Perumusan Kebijakan dalam Pembangunan Nasional, Penerbit Pusat Kajian Manajemen Kebijakan, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah: Sebuah Masalah yang Masih Perlu Dikritisi, dalam Jurnal “Desentralisasi” Pusat Kajian Kinerja Otonomi Daerah, Lembaga Administrasi Negara, Vol 4 No. 2, 2003.

Page 3: Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011  (Online Maret 2012)

Halaman 3 | P u b l i s h e d A r t i c l e s ( 1 9 9 9 - 2 0 1 1 )

Mencermati Eksistensi Pelayanan Sektor Publik: Pergeseran Paradigma, Tantangan, Kepemimpinan dan Pemberdayaan, dalam “Jurnal Administrasi Publik”, Center for Public Policy and Management Studies, FISIP Univ. Katolik Parahyangan, Bandung, Vol. 2 No. 2 Oktober 2003.

2004:

Mencermati Aspek-aspek Kritis Standar Pelayanan: Sebuah Panduan Menyikapi Standar Pelayanan Publik, dalam “Jurnal Desentralisasi”, Pusat Kajian Kinerja Otonomi Daerah, Lembaga Administrasi Negara, Vol. 4 No. 3, 2004.

Strategi Menghadapi Pergeseran Paradigma Pelayanan Publik: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik yang Diselenggarakan Pemerintah, dalam “Jurnal Wacana Kinerja” Pusat Kajian dan Diklat Aparatur I, Lembaga Administrasi Negara, Bandung, Vol 7 No. 1/Maret 2004.

Mereposisi Strategi Pendidikan dan Pelatihan Aparatur: sebuah pemikiran untuk mewujudkan kapasitas dan kualitas manajemen instansional birokrasi pemerintah, dalam Jurnal Administrasi Publik”, Center for Public Polici and management Studies, FISIP Univ. Katolik Parahyangan, Bandung, Vol. 2 No. 3 April 2004.

Mengoptimalkan key enablers of innovation sebagai key leverages Reformasi Birokrasi (sebuah tinjauan dari perspektif organization development). Dalam buku bunga rampai Administrasi Publik beberapa Catatan: Mengemban Misi Reformasi Birokrai dan Administrasi Negara Pada Pemerintahan Baru Pasca pemilu 2004, Idup Suhady dan Sugiyanto (Editors). Lembaga Administrasi Negara. 2004.

Menyelaraskan Strategi Diklat Aparatur ke dalam Rencana Stratejik sebagai upaya Menemukan new behaviors dalam rangka Meningkatkan Kinerja Pemerintah. Dalam buku bunga rampai Administrasi Publik beberapa Catatan: Mengemban Misi Reformasi Birokrai dan Administrasi Negara Pada Pemerintahan Baru Pasca pemilu 2004, Idup Suhady dan Sugiyanto (Editors). Lembaga Administrasi Negara. 2004.

Tim Penyusun Buku “Teknik Penyusunan Organisasi Berbasis Kinerja”. Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan, Lembaga Administrasi Negara. Jakarta, 2004. ISBN. 979-3625-58-9.

2005

Mengembangkan Model Kelembagaan Pemerintahan Daerah, Menyikapi Lima Tahun Perjalanan Otonomi Daerah di Indonesia (kolaborasi dengan Eddy Kusponco Wibowo). Dalam Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 2. No. 1, 2005. STIA-LAN Bandung.

Eksistensi dan Esensi Organizational Memory: Sebuah telaah teoritis

Page 4: Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011  (Online Maret 2012)

Halaman 4 | P u b l i s h e d A r t i c l e s ( 1 9 9 9 - 2 0 1 1 )

mengenai knowledge map sebagai rujukan organisasi pemerintah dalam mengarungi samudera good governance. Jurnal Indonesian Public Administration Review Vol 1 No. 1 Tahun 2005, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Etika dan Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Polisi Pamong Praja (Kolaborasi dengan Dadan Sidqul Anwar, SE), dalam “Modul Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Lanjutan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja”. Dinas Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2005. ISBN. 979-25-3811-9.

Teknik Negosiasi (Kolaborasi dengan Dewi Oktaviani, S.IP. dan Evi Maya Savira, S.Sos.), dalam “Modul Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Lanjutan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja”. Dinas Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2005. ISBN. 979-25-3811-9.

Kepemimpinan (Kolaborasi dengan Marsono, SE., MM. dan Yogi Suwarno, S.IP., MA.), dalam “Modul Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Lanjutan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja”. Dinas Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2005. ISBN. 979-25-3811-9.

Sistem Pemerintahan Daerah, dalam ”Modul Pendidikan dan Pelatihan SUSKALAK LINMAS”. Dinas Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2005. ISBN. 979-25-3810-0.

Struktur Organisasi Dinas Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Kolaborasi dengan Marsono, SE., MM.), dalam ”Modul Pendidikan dan Pelatihan SUSKALAK LINMAS”. Dinas Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2005. ISBN. 979-25-3810-0.

Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 1988 dan Peraturan Daerah Lainnya (Kolaborasi dengan Yogi Suwarno, S.IP., MA.), dalam ”Modul Pendidikan dan Pelatihan SUSKALAK LINMAS”. Dinas Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2005. ISBN. 979-25-3810-0.

Penguatan Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Pemerintah dalam ”Majalah Manajemen Pembangunan”, Lembaga Administrasi Negara, No. 51/III/Tahun XIV. 2005.

Bureaucratic Structure Perestroika: Memperbarui Lahan Bagi Pertumbuhan Kinerja Kelembagaan Pemerintah. Dalam Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 2. No. 4, 2005. STIA-LAN Bandung.

Page 5: Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011  (Online Maret 2012)

Halaman 5 | P u b l i s h e d A r t i c l e s ( 1 9 9 9 - 2 0 1 1 )

2006

Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pemerintah Daerah Sebagai Agenda Utama Optimasi Pengelolaan Daerah Perbatasan. Dalam Jurnal Borneo Administrator, Vol 2 No. 2, 2006. PKP2A III, Lembaga Administrasi Negara, Samarinda.

2007

Menyikapi Isu Kelembagaan Kerjasama Antar Daerah di Tengah Lompatan Kolaborasi Stratejik Global: Sebuah Prognosa Awal. Dalam Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 4. No. 1, 2007. LPA STIA-LAN Bandung.

Konsep Dasar Desain Organisasi Perangkat Daerah, 2007, dalam ”Prospek Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Pasca PP No. 38 & 41 Tahun 2007“, Tri Widodo W. Utomo et al. (editors), Samarinda: PKP2A III-LAN.

Perspektif Historis Kebijakan Organisasi Perangkat Daerah, 2007, dalam ”Prospek Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Pasca PP No. 38 & 41 Tahun 2007“, Tri Widodo W. Utomo et al. (editors), Samarinda: PKP2A III-LAN

Tim Penyusun Buku “Reaktualisasi Peran LAN di Masa Mendatang: Pokok-Pokok Pikiran LAN Menjawab Tantangan Perubahan“, Samarinda: PKP2A III-LAN

Reformasi Kebijakan dan manajemen Pelayanan Menuju Terwujudnya Daya Saing Birokrasi, 2007, dalam “Reaktualisasi Peran LAN di Masa Mendatang: Pokok-Pokok Pikiran LAN Menjawab Tantangan Perubahan“, Samarinda: PKP2A III, Lembaga Administrasi Negara.

2008

Lingkungan Pemerintahan Daerah, 2008, dalam ”Manajemen Pemerintahan Daerah”, Adi Suryanto (editor), Jakarta: PKKOD-LAN

Organisasi Pemerintahan Daerah (kolaborasi dengan Muzani M. Mansoer), 2008, dalam “Manajemen Pemerintahan Daerah”, Adi Suryanto (editor), Jakarta: PKKOD-LAN.

Don’t Go Alone: Pentingnya Menggalang Kolaborasi Stratejik Pemerintah Daerah Dan DPRD Sebagai Langkah Mewujudkan Tujuan Desentralisasi, dalam “Jurnal Wacana Kinerja” Vol 11, No. 4, Desember 2008, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I, Lembaga Administrasi Negara, Bandung.

Pengelolaan Barang Miliki Daerah (Buku Hasil Kajian). Tulisan bersama dengan Zulpikar, S.Sos., MM., Drs. Ayat Suryatna, M.Si., Agus Wahyu Adianto, S.Psi., SE), 2008, Bandung: PKP2A I LAN.

Page 6: Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011  (Online Maret 2012)

Halaman 6 | P u b l i s h e d A r t i c l e s ( 1 9 9 9 - 2 0 1 1 )

2009

Memaduselaraskan Konsep Birokrasi Weber dalam Perestroika Birokrasi Pemerintah di Indonesia, dalam Eris Yustiono et al. (editor), Aktualisasi Konsep Birokrasi Max Weber dalam Menjawab Tantangan Reformasi Birokrasi di Indonesia, 2009, Bandung: STIA-LAN Bandung Press.

Mentransformasi Organisasi dengan Menggunakan Congruence Model: Mengantisipasi Tuntutan Kekinian Organisasi Pemerintah Pusat dan Daerah. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. VI. No. 1, Maret 2009. LPA STIA-LAN Bandung.

Analisis Beban Kerja dan Arah Penataan Organisasi Perangkat Daerah: Studi pada tiga satuan kerja perangkat daerah kabupaten Musi Rawas (tulisan bersama dengan Zulpikar, S.Sos., MM.), Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. VI. No. 2, Juni 2009. LPA STIA-LAN Bandung.

Arti Penting Organizational Learning dan Berbagai Hambatannya: Sebuah wawasan fundamental untuk meningkatkan kinerja organisasi perangkat daerah, 2009, dalam Suryanto, Agustinus Sulistyo, dan kawan-kawan, Accelerating Performance: Konsep dan Aplikasi, Jakarta: PKKOD-LAN.

Restrukturisasi Organisasi Perangkat Daerah Berdasarkan PP Nomor 41 Tahun 2007: Studi tentang Penataan Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Murung Raya (tulisan bersama dengan Zulpikar, S.Sos., MM.), Jurnal Wacana Kinerja Vol. 12, No. 1, Juli 2009, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I, Lembaga Administrasi Negara, Bandung.

Mengarahkan Eksistensi Standard Operating Procedures pada proses Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Daerah (Tulisan bersama dengan Agus Wahyuadianto), Jurnal Borneo Administrator, Vol. No. , 2009, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III, Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN), Samarinda.

Evaluasi Kinerja Kebijakan Pendayagunaan Aparatur Negara pada Era Kabinet Indonesia Bersatu: Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Buku Hasil Kajian). Tulisan bersama dengan Zulpikar, Susy Ella, Putri Wulandari, dan Agus Wahyuadianto, 2009, Bandung: Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I, Lembaga Administrasi Negara.

Efektivitas Fungsi Auxiliary Service di Pemerintah Daerah: Fokus Pada Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota Daerah (Buku Hasil Kajian). Tulisan bersama dengan Yudiantarti Safitri, RR. Harida Indraswari, Wuri Indri Pramesti, dan Joni Dawud, 2009, Bandung: Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I, Lembaga Administrasi Negara.

Page 7: Publikasi Haris Faozan 1999 - 2011  (Online Maret 2012)

Halaman 7 | P u b l i s h e d A r t i c l e s ( 1 9 9 9 - 2 0 1 1 )

2010

The Implementation of Government Regulation on Regional Apparatus Organization: Case study in the Local Government of the Provincial of South-East Sulawesi (Tulisan bersama dengan Zulpikar). Jurnal Administrasi Negara, Vol. 16 No. 3/September 2010. STIA-LAN Makassar.

Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang baik dan Pertumbuhan Ekonomi Lokal yang Menimbulkan Pembangunan Daerah. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol VII. No. 4, September 2010. LPA STIA-LAN Bandung.

Pentingnya Mengoptimalkan Pembelajaran Organisasi dalam rangka Mengembangkan Kinerja Pemerintah Daerah di Indonesia. Indonesian Public Administration Review” Vol. 5, No.1 (Jan-Mar 2010), pp. 175-196.

Antara Harapan dan Realita: Implementasi Kebijakan Organisasi Perangkat Daerah (Tulisan bersama dengan Zulpikar). Jurnal Ilmu Administrasi, Vol VII. No. 3, September 2010. LPA STIA-LAN Bandung.

Pengembangan Kelembagaan Kecamatan (Buku Hasil Kajian). Tulisan bersama dengan Yudiantarti Safitri, Rosita Novita Indri, Rr. Harida Indraswari, Agus Wahyuadianto, Shafiera Amalia, Joni Dawud, Zulpikar, dan Gering Supriyadi, 2010, Bandung: Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I, Lembaga Administrasi Negara.

2011

Studi Proses Penyusunan Indikator Kinerja Utama Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Z. Jurnal Administrasi Publik, Juni 2011. PKP2A II, Lembaga Administrasi Negara, Makassar.

Meta Case Study of Public Services Based Sub-District Organization Model: Context of Indonesia. International Journal of Policy Studies, Vol. 2 No. 1 (July 2011).

Jakarta, 21 Maret 2012

Haris Faozan