Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

download Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

of 50

  • date post

    07-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    229
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

dr Prita Muliarini SpOG(K)

`

`

Puasa diambil dari bahasa Arab ,shiyam yang berarti menahan dan tenang, lawan kata dari bergerakoleh karena itu Allah SWT mengiringkan puasa dengan shalat sebab shalat merupakan gerakan menuju al-Haq ,sedangkan puasa berarti menahan diri dari syahwat. Ibnu Abdil Barr ra mengatakan puasa dalam sudut pandang syariat ialah menahan diri dari makan,minum,berhubungan intim pada siang hari apabila orang yang meninggalkan perkara itu niatnya adalah mencari wajah Allah dan pahalaNya .

`

`

QS an-Nisa 65..Maka demi Tuhanmu,mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan,kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan dan mereka menerima dengan sepenuhnya . Hikmah berasal dari hakim, mengetahui hikmah sesuatu adalah tidak mudah dan merupakan sesuatu yang di luar batas kemampuan akal manusia,hanya dengan hidayah Allah SWT maka seseorang akan mengetahui hikmah sesuatu.

` `

Melatih jiwa untuk taat kepada Allah Bagi ibu hamil,melatih jiwa dengan puasa ini (jika sanggup dilakukan) merupakan sarana yang sangat baik sebagai santapan jiwa ibu dan janin. Tidak ada yang sanggup mengerjakannya kecuali orang-orang yang benar-benar beriman ,suci jiwanya dan tulus cintanya untuk taat kepada Allah SWT.

` `

` ` `

`

Menumbuhkan sifat sabar Puasa ialah jihad melawan hawa nafsu dan melatih kesabaran (sabar dalam ketaatan, sabar dalam meninggalkan kemaksiatan dan sabar menerima takdir) Meredam syahwat Mensyukuri nikmat Allah SWT Solidaritas pada sesama..sesungguhnya tatkala orang yang puasa itu merasakan sakitnya rasa lapar pada sebagian waktu ,hal ini akan mengingatkannya pada seluruh keadaan dan waktu yang akan membawanya bersegera untuk peduli kepada orang yang kurang mampu ( Ibnu Humam ra). Puasa akan mengingatkan keberadaan orang-orang kelaparan dari kalangan orang miskin ( Ibnul Qayyim)

` `

`

Sebab meraih derajad takwa Qs al Baqarah 183..Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa Ibnu Qayyim..Puasa mempunyai pengaruh yang sangat menakjubkan dalam menjaga anggota tubuh lahiriah dan kekuatan batiniah. Puasa menjaga dari segala campuran yang membahayakan yang apabila dibiarkan akan merusak seluruh tubuh dan membersihkan dari dzat-dzat yang merusak kesehatan. Puasa dapat menjaga kesehatan hati dan anggota badan dan mengembalikan dari kerusakan syahwat. Ia adalah sarana yang paling besar dalam mewujudkan ketakwaan pada Allah SWT.

` `

`

Menjernihkan hati dan pikiran Ibrahim bin Adham..barang siapa mampu menahan perutnya akan mampu menjaga agamanya .barangsiapa dapat menguasai lapar akan meraih akhlak mulia,karena maksiat kepada Allah sangat jauh bagi orang yang lapar dan sangat dekat bagi orang yang kenyang. Kenyang dapat mematikan hati karena orang yang kenyang akan banyak senang ,gembira dan tertawa. Inilah hikmah yang jarang diketahui manusia. Dengan meninggalkan berbagai kenikmatan dan keinginan jiwa ketika berpuasa maka pikiran dan hati akan menjadi jernih dan bersih. Hati dan pikiran akan terpusat untuk dzikir dan beribadah. Sebaliknya banyak makan minum atau banyak usaha membuat dapat makan minum (selama kehamilan) dapat membuat hati lalai dan sibuk mengurusi urusan fisik tetapi lupa memberikan makanan bagi jiwa ibu dan janin, padahal makanan jiwa merupakan hal penting yang dibutuhkan ibu hamil dan janinnya.

`

`

Puasa dapat menyehatkan tubuh manusia dan menyembuhkan dari berbagai penyakit ganas. Dengan sedikit makan ,anggota pencernaan dapat istirahat ,cairan-cairan dan kotoran yang membahayakan tidak bertumpuk. Puasa merupakan cara pengobatan sejak dulu. Cara ini dikenal dari riwayat di zaman Yunani kuno untuk mengobati penyakitpenyakit yang tidak bisa diatasi dengan obat. Puasa dikenal sebagai teknik mengatasi obesitas,gangguan pola makan,gangguan metabolisme tubuh,gangguan pembekuan darah,gangguan pembuluh darah dan tekanan darah serta kekejangan otot, mengembalikan vitalitas tubuh dan kebugarannya, memperbaiki fungsi adaptasi organ-organ tubuh, perombakan unsur gula dan lemak di bawah kulit.

` ` `

` ` ` ` ` ` ` `

Dr Thahir Ismail dalam bukunya Kembali Sehat dengan Puasa Puasa ialah bentuk relaksasi tubuh agar dapat melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi dalam anggota tubuh. Puasa dapat menghentikan proses penyerapan sisa-sisa makanan di dalam usus lalu membuangnya. Tanpa adanya puasa maka sisa sari makanan ini akan menumpuk dan menjadi racun. Puasa dapat menstimulasi fungsi pembuangan racun di dalam tubuh ( dilakukan pemeriksaan air liur terhadap adanya racun) Penghancuran bahan berlebih. Puasa akan meremajakan dan mengembalikan vitalitas . Menjamin terjaganya energi dalam tubuh juga dapat mengatur dengan baik pembagian energi sesuai kebutuhan masing-masing organ. Melancarkan proses pencernaan dan penyerapan sari makanan serta menstabilkan proses masuknya makanan secara berlebihan. Menambah kemampuan berfikir. Mempengaruhi keindahan kulit Meringankan beban sirkulasi ,menurunkan kadar lemak dan asam urat.

`

`

Larangan minum air pada puasa syari memiliki faedah yaitu bertambahnya produksi hormon ADH sehingga tubuh tidak mengalami kekurangan cairan yang keluar melalui urine. Selanjutnya proses ini juga akan meminimalisir hilangnya unsur mnieral penting yang bisa hilang. Qs al-Ahzab 36..Dan tidaklah patur bagi laki-laki yang mukmin dan tidak pula bagi perempuan yang mukmin,apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan (yg lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan RasulNya maka sungguh dia telah sesat,sesat yang nyata.

`

`

`

` `

Luqman al Hakim kepada anaknya..wahai anakku,apabila lambungmu penuh maka fikiranmu akan tidur dan engkau sulit menjadi bijak,serta tubuhmu pun malas beribadah Komposisi sel berubah,asam amino alanine dan oxoacids (hasil dari puasa medis) tidak terbentuk,karena dalam puasa syari juga dilakukan puasa air. Nutrisi yang ideal untuk meningkatkan kualitas kerja hati ,memberi suply asam lemak dan asam amino essensial yg baru ,mencegah sirosis hati dan tidak terbentuknya VLDL dalam puasa syarI Peningkatan unsur kolesterol HDL meningkat sampai 20% sehingga mencegah penyakit jantung koroner. Cara berbuka puasa dengan beberapa butir kurma (seperti yang dicontohkan Rasulullah saw) sangat tepat untuk mencegah obesitas dan mempercepat rasa kenyang.

`

`

Rasulullah saw..puasa adalah perlindungan yaitu perlindungan yang diberikan saat ia menjalankan puasa. Dimana saat berpuasa seseorang dijadikan berhasarat untuk memanfaatkan waktunya untuk membaca al Quran ,mengerjakan shalat ,menunaikan zakat ,bersedekah,bersikap baik,lemah lembut,pemaaf ,tidak emosional,selalu mengingat allah ,suka beribadah dan pandai bersyukur atas nikmat Allah SWT. Diharapkan saat berpuasa terjadi level dimana seseorang mampu mereduksi stimulasi yang berasal dari salah satu atau beberapa indranya. Kemampuan tersebut sangat berpengaruh meningkatkan aktivitas berfikir dan mencari ide.

`

`

Kemampuan dalam menahan sabar akan meningkatkan kualitas serotonin dan zat penenang alami yaitu endorphin ( yang mampu mengurangi rasa sakit sampai 10 kali) dan zat enkepalin yang terdapat di ujung syaraf. Puasa merupakan teknik melatih manusia dalam merubah pola pikir dan perilakunya,mencakup teknik mengatur.mengontrol titik-titik sataf yang berhubungan dengan keinginan biologis,hasrat manusia berupa makan dan seks. Puasa juga dapat mengontrol jaringan dalam otak yang mengatur aktivitas mengkhayal ,berfikir maupun pencetus perilaku. Rasulullah saw..hendaklah kalian mengerjakan puasa karena ia dapat menahan nafsu dan menghilangkan kesombongan

`

Rasulullah saw..barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan mengerjakannya,serta melakukan kebodohan,maka ia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanyajika seseorang dari kalian sedang berpuasa maka janganlah ia berkata kotor dan berbuat kejahatan,dan perbuatan bodoh. Jika ada orang yang menghinanya,maka hendaklah ia berkata,sesungguhnya aku sedang berpuasahendaknyalah kalian mengerjakan puasa karena ia dapat menahan nafsu kamu dan menghilangkan kesombongan

`

`

Berpuasa menghambat pertumbuhan mekanisme mental (trik bawah sadar untuk menutupi fakta yg tidak diinginkan yang berupa memendam emosi,pembelaan diri dan trik pengingkaran)..ditemukan bahwa semua trik yang menghambat pertumbuhan mental menjadi tidak efektif apalagi jika menjalankan puasanya dengan khusyuk dan baik. Dimana saat berpuasa ditemukan adanya hubungan yang terjasdi antara fungsi berfikir sadar otak dengan batin manusia yang disebut sebagai information processing yaitu pengulangan koordinasi terhadap informasi yang diterima melalui proses otak yang bermacam macam yaitu suatu proses yang serupa dengan pengulangan program otak. Puasa dapat membantu proses terapi mental sehingga seseorang bisa cepat keluar dari konflik.

`

`

`

Pada saat berpuasa di dalam dirinya terdapat perubahan dialog jiwa secara terus menerus yaitu ungkapan perasaan yang diucapkan oleh seseorang dalam alam pikirannya yang berpengaruh pada pikiran dan emosinya. Puasa merupakan kesempatan bagi seseorang untuk menumbuhkan dalam dirinya hal-hal positif yang terjadinya dengan dzikir,doa dan ibadah yang teratur. Dr Abdul basith Muhammad as Sayyid berpendapat bahwa seseorang yang berpuasa harus dapat menahan marah dan emosinya karena dalam darah orang puasa terjadi peningkatan hormon adrenalin 20-30 kali lipat dari kondisi normal ,jika terjadi emosi maka akan terjadi kekacauan pada proses pencernaan ,penyerapan,peredar