PTI 01 Pengenalan Teknik Industri 5 12 Sep 2014

32
 PENGANT AR TEKNIK INDUSTRI PENGENALAN TEKNIK INDUSTRI Kuliah ke-1: Jumat, 5-12 September, 2014 Jam 13.00-14.50; S202 HW #1:  Tugas kelompok (max 5 orang). Mencari video tentang definisi, fungsi, profesi, kegiatan, sasaran/targ et kinerja TI di production/ services. Diputar dan di presentas ikan (point out) di depan kelas.  Baca Chapter 1 dan 2.  Pelajari produktivitas. PTI/Sesi-01-5-12 Sep/2014/yd Textbook: “Introduction to Industrial and Systems Enginee ring”; by Wayne C. turner, Joe H. Mize, Kenneth E. Case, John W. Nazementz; 3 rd Ed. Prentice Hall International.

description

Pengenalan Teknik Industri

Transcript of PTI 01 Pengenalan Teknik Industri 5 12 Sep 2014

  • PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI

    PENGENALAN TEKNIK INDUSTRI

    Kuliah ke-1:Jumat, 5-12 September, 2014Jam 13.00-14.50; S202

    HW #1: Tugas kelompok (max 5 orang). Mencari video tentang definisi,

    fungsi, profesi, kegiatan, sasaran/target kinerja TI di production/services. Diputar dan di presentasikan (point out) di depan kelas.

    Baca Chapter 1 dan 2. Pelajari produktivitas.

    PTI/Sesi-01-5-12 Sep/2014/yd

    Textbook: Introduction to Industrial and Systems Engineering;by Wayne C. turner, Joe H. Mize, Kenneth E. Case, John W. Nazementz;3rd Ed. Prentice Hall International.

  • Pokok Bahasan:I. Sejarah & Kronologi Teknik IndustriII. Definisi Teknik IndustriIII. Profesi & Etika Teknik IndustriIV. Produktivitas (Productivity)

  • Hubungan Teknik Industri Dengan Bidang Rekayasa LainTeknik Industri tidak bisa dipisahkan dari perkembangan bidang teknikatau rekayasa (engineering) yang lain, seperti: Penerapan prinsip-prinsip rekayasa pertama-tama dimulai pada kegiatanmiliter dan civil engineering dalam konstruksi jalan, jembatan, dll.

    Kemajuan dalam bidang matematika dan fisika yang menjadi dasar dariaplikasi praktis prinsip-prinsip mekanikal.

    Temuan-temuan di bidang electrical engineering, antara lain telegramoleh Samuel Morse (1840), dan lampu filamen karbon untuk peneranganoleh Thomas Alva Edison (1880).

    I. Sejarah & Kronologi Teknik Industri

  • Kenapa TI menjadi penting?...Kehadiran pabrik-pabrik dan unit-unit usaha industri besarkecil yang makin kompleks, perkembangan teknologi daninovasi yang cepat dan dramatis, memerlukan sistem manajemendan keilmuan teknik industri untuk pengelolaannya.

    Temuan ilmu kimia menemukan bahan-bahan penting bagiindustri, seperti bahan bakar untuk motor bakar, pelumasuntuk alat-alat mekanik, coating untuk pelapis produk-produkmetal, serta plastik sintetis untuk berbagai kegunaan, dll.

    Teknik Industri muncul menjadi profesi sebagai hasil dariRevolusi Industri, bersama dengan kebutuhan akan tenagaterlatih dalam merencanakan, mengorganisasikan sertamelaksanakan operasi sistem-sistem besar yang kompleks.Kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitasoperasi.

  • Teknik Industri menggunakan cara berbeda:- Perancangan (design)- Sistem (yang terintegrasi)- Teknik/metode- Pemodelan (operations research, simulasi, dst)- Pengukuran (kuantitatif dan kualitatif)- Approach (analisis/sintesis).

  • Hubungan Industrial Engineering denganEngineering dan Disiplin Ilmu Lainnya

    Logic

    Mathematics

    CivilEngineering

    MilitaryEngineering

    ChemicalEngineeringChemistry

    MechanicalEngineering

    ElectricalEngineeringPhysics

    Control Theory

    Quality &ReliabilityStatistics

    IndustrialEngineering

    EconomicsErgonomics

    Early IndustrialEngineering(ScientificManagement)

    ManufacturingEngineering

    Computer & Inf.SciOperationResearch

    Early ManagementPhilosophy

    ProductivitySciencePsychology andSociology

    Physiology

    Lima disiplin engineering

  • Adam Smith (1776). Dengan bukunya Wealth of Nations meletakkan dasarscientific manufacturing melalui konsep division of labor, mencakuppeningkatan keterampilan, time savings, dan penggunaan mesin khusus. James Watt (1864). Dia menemukan mesin uap yang dapat menggerakkanmesin-mesin secara produktif. Temuan ini mengawali Revolusi Industri dankemajuan industri yang lebih kompleks. Charles Babbage (1800s) mengunjungi pabrik-pabrik di Inggris dan AS,serta mencatat semua kegiatan dalam operasi pabrik.

    Dia mengukur biaya tiap operasi. Demikian juga waktu tiap operasi untukmenghasilkan satu pound pin.Dengan mentabulasi tiap operasi tersebut, dapat diketahui mana kegiatanyang sulit atau mudah. Kegiatan yang sulit membutuhkan tenaga terampilyang lebih mahal, sedangkan untuk kegiatan yang mudah dapatdipekerjakan tenaga kurang terampil dengan upah yang murah.

    Eli Whitney, dengan konsep interchangeable parts. Merancang mesin-mesin yang lebih sederhana, sehingga mudan pengoperasiannya.

    Kronologi & Tokoh Teknik Industri:

  • Frederick W. Taylor. Kontribusinya yang utama adalah menganalisa kadarkerja (work content), yaitu engetahui jumlah kegiatan minimum untuk suatupekerjaan, atau merancang suatu pekerjaan untuk mencapai efisiensimaksimum. Contohnya, dia merancang sekop (shovel) yang standar. DianggapBapak Scientific Management dan Teknik Industri.

    Frank B. Gilbreth. Dia melanjutkan Taylor, yaitu mengidentifikasi,menganalisa dan mengukur 17 gerakan dasar dalam melakukan pekerjaan(therbligs).

    Henry L. Gantt. Gantt membuat bagan yang berguna untuk rencana awal,penjadwalan kegiatan, me-review kemajuan, dan meng-update jadwal.

    Dalam rentang waktu 1920 1930-an sangat banyak teknik dan metodedasar yang dikerjakan di bidang Teknik Industri: Pertimbangan aspek ekonomi dalam keputusan manajemen Masalah inventory Masalah tataletak pabrik Masalah material handling Prinsip-prinsip organisasi Insentif bagi karyawan.

  • II. Definisi Teknik IndustriDefinisi Teknik Industri (Industrial Engineering):

    Industrial Engineering is concerned with the design,improvement, and installation of integrated systems ofpeople, materials, information, equipment and energy. Itdraws upon specialized knowledge and skill in themathematical, physical, and social sciences together with theprinciples and methods of engineering analysis and design tospecify, predict, and evaluate the results to be obtained fromsuch system.

    Institute of Industrial Engineers (IIE)

  • Empat point penting dalam definisi Teknik Industri:

    design, improvement, and installation

    integrated systems of people, materials, equipment, and energy

    specialized knowledge and skills in mathematics, physical, and socialsciences together with the principles and methods of engineering analysisand design

    to specify, predict, and evaluate the results to be obtained from suchsystem.

  • Industrial Engineering Topics:1. Operations Research2. Production/Manufacturing Control & Management3. Statistical Analysis4. Human Systems5. System Design

    Engineering Fundamentals Communications, oral and written Mathematical Modeling Statistical Analysis Human Interface Teamwork

    Industrial Engineers Skills:Kemampuan Teknik Industri

  • III. Profesi & Etika Teknik Industri

    Keterlibatan engineers secara umum: Engineers solve problems, but so do mathematicians. Engineers analyze, but so do statisticians and economists. Engineers design systems. Do others?

    Satu ciri terpenting yang membedakan profesi engineerstermasuk Teknik Industri dari profesi non-engineer, adalahpenekanan pada perancangan sistem-sistem (design ofsystems)

  • Pengertian perancangan sistemPerancangan tidak bisa dipisahkan dari pengertian analisisdan sintesis dari sistem: Analisis sistem memecah barang atau sistem kedalamelemen atau bagian-bagiannya, sedangkan sintesismenggabungkan elemen-elemen tersebut dalam suatukesatuan. Analisis berhubungan dengan keadaan saat ini (existingsystem), sedangkan sintesis biasanya berhubungan denganperbaikan sistem atau membangun sistem yang baru. Suatu perancangan pada engineering process melibatkananalisis dan sintesis sistem secara iteratif guna dapatmemberikan beberapa alternatif solusi yang terbaik (lihatFlowchart Engineering Process).

  • Basic Engineering Process

  • Empat karakteristik profesi Teknik Industri

    Profesi Teknik Industri tidak berbeda dari profesi medis,hukum, arsitektur, atau bidang-bidang teknik lainnya.

    Ada empat karakteristik dari suatu profesi:Memiliki body of knowledge yang khusus. Adanya persiapan profesi, berupa magang atau internshipdiluar pendidikan formal yang didapat.

    Memiliki standar profesi dan kode etik. Setiap anggota profesi bertanggungjawab pada masyarakatdiatas kepentingan klien maupun anggota profesi lainnya.

  • Etika sering dihubungkan orang dengan moralitas. Baik buruk,benar salah, dst. Etika profesi bagi sarjana teknik industripenting karena keputusan yang dia lakukan berdampak padamasyarakat. Demikian juga dari rancangan (design) produk danjasa yang dihasilkan.Desain yang dibuat bisa berbahaya bagi penggunanya (safety),berdampak bagi lingkungannya (environment), dst. Contohnyapolusi udara, kerusakan lingkungan, penempatan lokasi pabrikyang salah, hasil rancangan rute kendaraan yang menimbulkankemacetan, rancangan saluran air yang menyebabkan banjir,rancangan konstruksi bangunan atau jembatan yang tidak kuatsehingga roboh dan berbahaya bagi pengguna, dll.

    Contoh Etika Profesi

    Contoh lain, design produk yang murah tapi tidak aman, atauproduk yang tidak terjangkau harganya karena terlalu mahal, dst.

  • Prinsip-prinsip Dasar Etika Profesi Teknik Industri

    Engineers menghormati kebenaran, kehormatan, dan nama baikprofesi dengan cara:1. Menggunakan Ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk

    kebaikan umat manusia2. Bersikap jujur dan netral, serta memberikan layanan dengan

    loyalitas pada publik, pemberi kerja dan klien3. Berusaha untuk selalu meningkatkan kompetensi, prestise

    dan kehormatan profesi4. Meningkatkan disiplin masyarakat profesi teknik.

  • ASEAN Economic Community 2015 (Pasar Bebas ASEAN)

    The AEC area of cooperation include human resourcesdevelopment and capacity building; ..

    .recognition of professional qualifications; ...free movement of goods, services, investments, skilled

    labor, and freer flow of capital.

  • Organisasi Profesional Teknik Industri

    Institute for Supply Management (ISM) Project Management Institute (PMI) Council of Supply Chain Management Professionals Charter Institute of Purchasing and Supply (CIPS).

  • Lisensi/Sertifikasi Profesional

    1. Lisensi utama: Professional Engineer (PE), sesuaibidang masing-masing

    2. Sertifikasi lainnya : Production & Inventory Control (CPIM CertificateProduction and Inventory Management)

    Supply Chain Management APICS Supply Chain Implementation ORACLE Institute for Supply Management (ISM) Project Management (PMI-Project ManagementInstitute)

    Six Sigma (ASQ-American Society for Quality) ISO.

  • IV. Produktivitas (Productivity)

    Produktivitas adalah ukuran seberapa baiksumberdaya digunakan, atau ukuran dari efektivitaspenggunaan sumberdaya yang dinyatakan denganoutput terhadap input.

    Productivity = OutputInput

  • Produktivitas yang tinggi terkait dengan standarhidup yang tinggi.

    Produktivitas yang tinggi relatif terhadappersaingan menunjukkan daya saing pasar.

    Bagi suatu industri, produktivitas yang tinggisecara relatif tidak kalah bersaing denganindustri di luar negeri.

    Pentingnya Produktivitas

  • Pengaruh Produktivitas

    Parts per man hour

    95100105110115

    Year A Year B Year C

    Cost per unit decreased

    $1.50

    $1.75

    $2.00

    $2.25

    Year A Year B Year C

    Average worker's annualcash compensation

    increased

    24000250002600027000

    Year A Year B Year C

    Produktivitas meningkat Biaya menurun Upah meningkat

  • Pengukuran Produktivitas

    Partial Output Output Output Outputmeasures Labor Machine Capital Energy

    Multifactor Output Outputmeasures Labor + Machine Labor + Capital + Energy

    Total Goods or Services Producedmeasure All inputs used to produce them

  • Contoh Partial Productivity Measures (1)

    Units of output per kilowatt-hourDollar value of output per kilowatt-hour

    EnergyProductivity

    Units of output per dollar inputDollar value of output per dollar input

    CapitalProductivity

    Units of output per machine hourValue-added per machine hour

    MachineProductivity

    Units of output per labor hourUnits of output per shiftValue-added per labor hour

    Labor Productivity

  • Restaurant Customers (meals) per labor hour

    Retail store Sales per square foot

    Chicken farm Lbs of meat per lb. of feed

    Utility plant Kilowatts per ton of coal

    Paper mill Tons of paper per cord of wood

    Contoh Partial Productivity Measures (2)

  • 7040 Units ProducedSold for $1.10/unitCost of labor : $1,000Cost of materials: $520Cost of overhead: $2000

    Which productivitymeasures can becalculated?What is themultifactorproductivity?

    Contoh 1:

    MFP = OutputLabor + Materials + Overhead

    = (7040 units)*($1.10)$1000 + $520 + $2000

    = 2.20

  • Contoh 2:5,500 Units ProducedSold for $35/unit500 labor hours are usedCost of labor: $25/hrCost of raw material: $5,000Cost of overhead: 2 x labor cost

    What is the labor productivity?What is the multifactor productivity?

  • Solusi 2: Labor Productivity 5,500 units/500 hours = 11 units/hour

    Or we can arrive at a unitless figure: (5,500 units*$35/unit)/(500 hours * $25/hr) =15.4

    MFP = OutputLabor + Materials + Overhead

    Solusi 2: Multifactor Productivity

    = (5,500 units)*($35)(500hrs.)*$25/hr. + ($5000) + 2*(500hrs.)*$25/hr.= 4.52

  • You have just determined that your serviceemployees have used a total of 2400 hours of laborthis week to process 560 insurance forms. Last weekthe same crew used only 2000 hours of labor toprocess 480 forms.Which productivity measure should be used?Answer: Could be classified as a Partial Measure.

    Is productivity increasing or decreasing?Answer: Last weeks productivity = 480/2000 = 0.24,and this weeks productivity is = 560/2400 = 0.23.So, productivity has decreased slightly.

    Contoh 3:

  • Labor productivity on the ABC assembly line was25 units per hour in 2006. In 2007, laborproductivity was 23 units per hour. What was theproductivity growth from 2006 to 2007?

    Contoh 4: Productivity Growth

    %100typroductiviPrevious

    typroductiviPrevious-typroductiviCurrent=GrowthtyProductivi

    Productivity Growth is a key factor in a contrys rateof inflation and the standard of living of its people

    %8%10025

    25-23=GrowthtyProductivi

  • Sekian dan Terimakasih