PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA YANG TERCANTUM DALAM PROSPEKTUS INI. PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA...

download PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA YANG TERCANTUM DALAM PROSPEKTUS INI. PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA Tbk…

of 268

  • date post

    23-Apr-2019
  • Category

    Documents

  • view

    219
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA YANG TERCANTUM DALAM PROSPEKTUS INI. PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA...

Tanggal Efektif : 28 Juni 2016 Periode Awal Perdagangan Waran Seri I : 19 Juli 2016Masa Penawaran Umum : 29 Juni 12 Juli 2016 Periode Akhir Perdagangan Waran Seri ITanggal Penjatahan : 14 Juli 2016 - Pasar Reguler & Negosiasi : 13 Juli 2021Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 18 Juli 2016 - Pasar Tunai : 16 Juli 2021Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan (Refund) : 18 Juli 2016 Periode Awal Pelaksanaan Waran Seri I : 10 Januari 2017Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I Pada Bursa Efek Indonesia

: 19 Juli 2016 Periode Akhir Pelaksanaan Waran Seri I : 19 Juli 2021

OJK TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN ISI PROSPEKTUS INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL-HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM.

PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA TBK (PERSEROAN) DAN PENJAMIN PELAKSANA EMISI EFEK BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI ATAU FAKTA MATERIAL, SERTA KEJUJURAN PENDAPAT YANG TERCANTUM DALAM PROSPEKTUS INI.

PT CAPITAL FINANCIAL INDONESIA TbkKegiatan Usaha Utama :

Bergerak dalam Bidang Jasa dan Investasi

KANTOR PUSAT :Gedung Sona Topas Tower Lt. 18

Jl. Jendral Sudirman Kav. 26, Jakarta Selatan 12920Telepon : (62) (21) 250 6280Faksimili : (62) (21) 250 6220

Website : www.capitalfinancial.co.idEmail : corporate@capitalfinancial.co.id

PENAWARAN UMUM PERDANA SAHAM

Sebanyak 5.500.000.000 (lima miliar lima ratus juta) Saham Biasa Atas Nama atau sebanyak 47,61% (empat puluh tujuh koma enam satu persen) dari total modal ditempatkan dan disetor penuh setelah pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Perseroan, dengan nilai nominal Rp100,- (seratus Rupiah) per Saham yang akan ditawarkan dengan harga Rp130,- (seratus tiga puluh Rupiah) setiap Saham, yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan Formulir Pemesanan Pembelian Saham. Nilai Penawaran Umum Perdana Saham adalah Rp715.000.000.000,- (tujuh ratus lima belas miliar Rupiah).

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak 2.000.000.000 (dua miliar) Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 33,06% (tiga puluh tiga koma nol enam persen) dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan. Setiap pemegang 11 (sebelas) Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 4 (empat) Waran Seri I dimana setiap 1 (satu) Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 (satu) saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Waran Seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 5 (lima) tahun.

Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melakukan pembelian Saham Biasa Atas Nama yang bernilai nominal Rp 100,- (seratus Rupiah) setiap sahamnya dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp135,- (seratus tiga puluh lima Rupiah) yang dapat dilakukan selama masa berlakunya pelaksanaan yaitu 6 (enam) bulan sejak tanggal pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia, yang berlaku mulai tanggal 10 Januari 2017 sampai dengan 19 Juli 2021. Pemegang Waran Seri I tidak mempunyai hak sebagai pemegang saham termasuk hak dividen selama Waran Seri I tersebut belum dilaksanakan menjadi saham. Apabila Waran Seri I tidak dilaksanakan sampai habis masa berlakunya, maka Waran Seri I tersebut menjadi kadaluarsa, tidak bernilai dan tidak berlaku. Masa berlaku Waran Seri I tidak dapat diperpanjang lagi.

Saham Biasa Atas Nama yang ditawarkan seluruhnya terdiri dari saham baru yang berasal dari portepel Perseroan, serta akan memberikan kepada pemegangnya hak yang sama dan sederajat dalam segala hal dengan Saham Biasa Atas Nama lainnya dari Perseroan yang telah ditempatkan dan disetor penuh, termasuk antara lain hak atas pembagian dividen, hak untuk mengeluarkan suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham, hak atas pembagian Saham Bonus dan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu.

RISIKO UTAMA YANG DIHADAPI PERSEROAN ADALAH RISIKO SEBAGAI PERUSAHAAN INDUK YANG MEMILIKI KETERGANTUNGAN TERHADAP PENDAPATAN DARI ENTITAS ANAK.

RISIKO TERKAIT DENGAN KEPEMILIKAN ATAS SAHAM PERSEROAN YAITU TIDAK LIKUIDNYA SAHAM YANG DITAWARKAN ANTARA LAIN DISEBABKAN OLEH JUMLAH PEMEGANG SAHAM PERSEROAN YANG TERBATAS DAN/ATAU TUJUAN PEMBELIAN SAHAM SEBAGAI INVESTASI JANGKA PANJANG.

PENCATATAN SAHAM-SAHAM YANG DITAWARKAN DALAM PENAWARAN UMUM PERDANA INI AKAN DILAKUKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

EMISI EFEK INI DIJAMIN SECARA KESANGGUPAN PENUH (FULL COMMITMENT)

PENJAMIN PELAKSANA EMISI EFEK

PT SINARMAS SEKURITAS

PENJAMIN EMISI EFEK

PT JASA UTAMA CAPITAL PT PHILLIP SECURITIES INDONESIA PT VALBURY ASIA SECURITIES PT YULIE SEKURINDO TBK PT PANIN SEKURITAS TBK PT ERDIKHA ELIT SEKURITAS

PERSEROAN TIDAK MENERBITKAN SAHAM HASIL PENAWARAN UMUM INI DALAM BENTUK SURAT KOLEKTIF SAHAM, TETAPI SAHAM-SAHAM TERSEBUT AKAN DIDISTRIBUSIKAN DALAM BENTUK ELEKTRONIK YANG DIADMINISTRASIKAN DALAM PENITIPAN KOLEKTIF PT KUSTODIAN SENTRAL EFEK INDONESIA (KSEI).

Prospektus ini diterbitkan di Jakarta pada tanggal 29 Juni 2016

Perseroan telah menyampaikan Pernyataan Pendaftaran Emisi Efek Bersifat Ekuitas sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana Saham kepada Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta pada tanggal 29 April 2016 dengan surat No. 23/Dir-CFI/IV/2016, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tanggal 10 November 1995 tentang Pasar Modal, Lembaran Negara Republik Indonesia No. 64 Tahun 1995, Tambahan No. 3608 beserta peraturan-peraturan pelaksanaannya (UUPM).

Perseroan merencanakan akan mencatatkan saham-saham yang ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana ini pada PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sesuai dengan Perjanjian Pendahuluan Pencatatan Efek tanggal 29 April 2016 yang telah dibuat antara Perseroan dengan BEI. Apabila syarat-syarat pencatatan Saham di BEI tidak terpenuhi, maka Penawaran Umum batal demi hukum dan pembayaran pesanan Saham tersebut wajib dikembalikan kepada para pemesan sesuai ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian Penjaminan Emisi Efek dan dan Peraturan No. IX.A.2, Lampiran Keputusan Ketua Bapepam dan LK No. Kep-122/BL/2009 tanggal 29 Mei 2009.

Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal yang disebut dalam Prospektus ini bertanggung jawab sepenuhnya atas data yang disajikan sesuai dengan fungsi mereka, sesuai dengan peraturan yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia dan kode etik, norma serta standar profesi masing-masing.

Sehubungan dengan Penawaran Umum, setiap pihak terafiliasi dilarang memberikan keterangan atau pernyataan mengenai data yang tidak diungkapkan dalam Prospektus tanpa persetujuan tertulis dari Perseroan dan Penjamin Pelaksana Emisi.

Penjamin Pelaksana Emisi dan Para Penjamin Emisi serta Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal dengan tegas menyatakan tidak terafiliasi dengan Perseroan, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebagaimana didefinisikan dalam UUPM. Selanjutnya penjelasan mengenai hubungan afiliasi dapat dilihat pada Bab XIII tentang Penjaminan Emisi Efek dan Bab XIV tentang Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal.

Penawaran Umum Perdana Saham ini tidak didaftarkan berdasarkan peraturan perundang-undangan atau peraturan lain selain yang berlaku di Indonesia. Barang siapa di luar wilayah Indonesia menerima Prospektus ini, maka dokumen ini tidak dimaksudkan sebagai penawaran untuk membeli Saham ini, kecuali bila penawaran dan pembelian Saham ini tidak bertentangan atau bukan merupakan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan serta ketentuan-ketentuan bursa efek yang berlaku di negara atau yuridiksi di luar Indonesia tersebut.

Perseroan telah mengungkapkan semua informasi yang wajib diketahui oleh publik dan tidak ada fakta penting dan relevan yang tidak dikemukakan yang menyebabkan informasi atau fakta material dalam Prospektus ini menjadi tidak benar dan/atau menyesatkan.

i

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI ............................................................................................................................................. i

DEFINISI DAN SINGKATAN ................................................................................................................. iii

RINGKASAN .......................................................................................................................................... x

I. PENAWARAN UMUM .................................................................................................................. 1

II. RENCANA PENGGUNAAN DANA ........................................................................................... 11

III. PERNYATAAN UTANG .............................................................................................................. 14

IV. ANALISIS DAN PEMBAHASAN OLEH MANAJEMEN ............................................................ 17

V. RISIKO USAHA ......................................................................................................................... 26

VI. KEJADIAN PENTING SETELAH TANGGAL LAPORAN AUDITOR INDEPENDEN ............... 31

VII. KETERANGAN TENTANG PERSEROAN DAN ENTITAS ANAK ............................................ 32 1. RIWAYAT SINGKAT PERSEROAN ..................................................................................... 32 2. IJIN USAHA ........................................................................................................................ 34 3. PERKEMBANGAN PERMODALAN DAN KEPEMILIKAN SAHAM PERSEROAN ............. 35 4. PENGURUSAN DAN PENGAWASAN ...