Prosedur Penelitian Ks

download Prosedur Penelitian Ks

If you can't read please download the document

  • date post

    26-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    24
  • download

    1

Embed Size (px)

description

PEDEKATAN KUALITATIF, KUANTITATIF DAN MIXED

Transcript of Prosedur Penelitian Ks

Prosedur prosedur kualitatif

Prosedur prosedur memiliki pendekatan yang lebih beragam dalam penelitian akademik ketimabang metode-metode kuantitatif. penelitian kualitatif memiliki asumsi flosofis, srtategi-strategi penelitian, dan metode pengumpulan, analisis, dan interpretasi data yang beragam, meskipun prosesnya sama, prosedur- prosedur kualitatif tetap mengandalkan data berupa teks dan gambar, memiliki langkah langkah yang nik dalam menganalisis datanya, dan bersumber dari strategi strategi peelitian yang berbeda beda.

Karakteristik-karakteristik penelitian kualitatif

Lingkungan alamiah (natural setting)

Topik penelitian kualitatif diarahkan pada kondisi asli apa adanya, sesuai dengan di mana, dan kapan subjek penelitian berada. Dengan demikian sasaran penelitian berada dalam posisi kondisi asli seperti apa adanya secara alami tanpa rekayasa penelitian.

Peneliti sebagai intrumen kunci (resercher as key instrument)

para peneliti kualitatif mengumkan sendiri data melalui dokumentasi, observasi pelaku, atau wawancara dengan cara partisipan.

Beragam sumnber data (multiple sources of data)

mengumpulkan data daru berbagai sumber , seperti wawancara, observasi, dokumnetasai.

Analisis data induktif ( inductive data analysis ), para peneliti kualitatif membangun pola-pola, kategori-kategori, dan tema-temanya dari bawah ke atas (induktif), dengan mengolah data kedalam unit-unit informasi yang lebih abstrak.Makna dari para partisipasi ( participants meaning ) dalam keseluruhan proses penelitian kualitatif.Rancangan yang berkembang (emergent design)Perspektif teoris (theoretical lens)Bersifat penafsiran ( interpretive )Pandangan menyeluruh (holistic account)

Strategi strategi Penelitian

Selain karakteristik karakteristik utama diatas, penelitian kualitatif juga memiliki strategi strategi penelitian yang spesifik. Dalam menulis prosedur penelitian untuk proposal kualitatif, pertimbangankan tips tips penelitian berikut ini :

Jelaskan pendekatan spesifk yang akan anda gunakanSajikan sejumlah informasi historis mengenai strategi penelitian yang akan anda terapkan, seperti asal mulanya, penerapannya, dan definisi ringkasnya Jelaskan mengapa strtegi tersebut dianggap sesuai untuk anda gunakan dalam penelitian andaJabarkan pula bagaimana penggunaan strategi tersebut dapat menentukan jenis jenis pertanyaan yang diajukan.

Peran Peneliti

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, penelitian kualitatif merupakan penelitian interpretof, yang didalamnya peneliti terlibat dalam pengalaman yang berkelanjutan dan terus menerus dengan para partisipan. Para peneliti kualitatif juga berperan memperoleh entri dalam lokasi penelitian dan masalah masalah etis yang bias saja muncul tiba tiba.

Prosedur prosedur pengumpulan data

Penjelasan tentang peran penelitan akan turut menentukan penjelasan tentang masalah masalah yang mungkin muncul dalam proeses pengumpulan data. Langkah pengumpulan data meliputi usaha membatasi penelitian, pengumpulan data meliputi usaha membatsi penelitian, mengumpulkan informasi melalui observasi dan wawancara, baik yang terstruktur maupun tidak, dokumentasi, materi materi visual, serta uasah merancang protocol untuk merekam / mencatat informasi.

Indentifikasi lokasi lokasi atau individu individu yang sengaja dipilih dalam proposal penelitian.Jelaskan jenis jenis data yang akan dikumpulkan. Peneliti dalam kebanyakan penelitian kualitatif mengumpulakn beragam jenis data dan memanfaatkan waktu seefektif mungkin untuk mengumpulkan informasi dilokasi penelitian. Prosedur prosedur pengumpulan data dalam penelitian kualitatif melibatkan empat jenis strategi :Observasi kualitatif merupakan observasi yang didalamnya peneliti langsung turun ke lapangan untuk mengamati perilaku dan aktivitas individu individu di lokasi penelitian.Dalam wawancara kualitatif, penelitian dapat melakukan face to face interview dengan partisipan, mewawancarai mereka dengan telepon, atau terlibat dalam focus grup interview.Selama prose penelitan, peneliti juga bias mengumpulkan dokumen dokumen kualitatif.Kategori terakhir dari data kualitatif adalah materi audio dan visual.Dalam membahas pengumpulan data, tentukanlah jenis jenis strategi dan argumentasi mengenai kekuatan dan kelemahan masing masing strategi tersebut.Sertakan pula strategi strategi pengumpulan data lain di luar observasi dan wawancara yang biasa.

Prosedur prosedur perekaman data

Sebelum terjun kelapangan , penelitian kualitatif merencanakan pendekatan untu merekam data penelitian. Prosedur prosedur apa yang akan digunakan untuk merekam data tersebut :

Gunakanlah protokol untuk merekam data observasional.Gunakan protokol wawancara ketika mengajukan pertanyaan dan merekam jawaban jawaban selama wawancara kualitatif.Peneliti merekam informasi dari partisipan dengan menggunakan catatan catatan, dengan audio tipe atau video tipe.Untuk dokumen dan materi materi visual, dapat direkam/ dicatat sesuai keinginan peneliti.Peneliti juga perlu memberikan komentar tentang mlai dan reliabilitas sumber sumber data.

Analisis dan Interprestasi data

Proses analisis data secara keseluruhan melibatkan usaha memaknai data yang berupa teks atau gambar. Untuk itu peneliti perlu mempersiapkan data tersebut untuk dianalisis, melakukan analisis analisis yang berbeda, memperdakan pemahaman akan data tersebut ( sejumlah penelitian kualitatif lebih suka membayangkan tugas ini layaknya menguliti lapisan bawang ), menyajikan data dan membuat interprestasi makna yang lebih luas akan data tersebut.

Relabilitas, Validitas, dan Generalisabilitas

Dalam penelitian kualitatif, validitas ini tidak memiliki konotasi yang sama dengan validitas dalam penelitian kuantitatif, tidak pula yang sam dengan reliabilitas (yang berarti stabilitas dan konsistensi respons ) ataupun dengan generalisabilitas ( yang berarti validitas eksternal atas hasil penelitian yang dapat diterapkan pada setting, orang, atau sampel yang baru ) dalam penelitian kuantitatif. Validitas kualitatif merupakan upaya pemeriksaan terhadap akurasi hasil penelitian dengan menerapkan prosedur prosedur tertentu, sementara reliabilitas kualitatif mengindikasikan bahwa pendekatan yang digunakan peneliti konsisten jika diterapkan oleh peneliti peneliti lain.

Bagaimana para peneliti kualitatif mengetahui bahwa pendekatan mereka konsisten dan relibel ??, rincian prosedur reliabilitas sebagai berikut :

Ceklah hasil transkripsi untuk memastikan tidak adanya kesalahan yang dibuat selama proses trankripsi.Pastikan tidak ada definisi dan makna yang mengembang mengenai kode kode selama proses coding. Untuk penelitian yang berbentuk tim, diskusikan kode kode yang dibuat bersama patner satu tim dalam pertemuan pertemuan rutin atau sharing analisis.Lakukan cross check dan bandingkan kode kode yang dibuat oleh peneliti lain dengan kode kode yang telah dibuat sendiri.

Prosedur lain yang direkomendasikan untuk disertakan dalam proposal penelitian adlah mengidentifikasi dan membahas satu atau lebih strategi yang ada untuk memeriksa akurasi hasil penelitian. Peneliti perlu menjelaskan strategi strategi validitas kedalam proposalnya. Berikut ini adalah delapan strategi validitas yang disusun mulai dari yang paling sering dan mudah digunakan hingga jarang dan sulit diterapkan :

Mentriagulasi (triagulate) sumber sumber data yang berbeda dengan memeriksa bukti bukti yang berasal dari sumber sumber tersebut dan menggunakannya untuk membangun justifikasi tema tema secara koheren.Menerapkan member checking untuk mengetahui akurasi hasil penelitian.Membuta deskripsi yang kaya dan padat tentang hasil penelitian.Mengklarifikasi bias yang mugkin dibawa peneliti kedalam penelitian.Menyajikan informasi yang berbeda atau negative yang dapat memberikan perlawanan pada tema tema tertentu.Memanfaatkan waktu yang relative lama dilapangan atau lokasi penelitian Melakukan tanyak jawab dengan sesame rekan peneliti untuk meningkatkan keakuratan hasil penelitian.Mengajak seseorang auditor keseluruh proyek penelitian.

Generalisasi kualitatif merupakan suatu istilah yang jarang digunakan dalam penelitian kualitatif karena istilah generalisasi lebih banyak diterapkan untuk penelitian kuantitatif. Tujuan generalisasi dalam penelitian kualitatif sendiri bukan untuk mengeneralisasi hasil penemuan pada individu individu, lokasi lokasi, atau tempet tempat diluar objek penelitian, sebagaimana banyak ditemui di penelitian kuantitatif.

Menulis Kualitatif

Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa prosedur dasar dalam melaporkan hasil penelitian kualitatif adalah membuat deskripsi deskripsi dan tema tema yang berasal dari data penelitian , khususnya deskripsi atau tema yang mengandung beragam persepektif dari partisipan atau gambaran detail tentang setting dan individu individu. Setiap stratego penelitian kualitatif pada hakikatnya memiliki prosedur narasinya masing masing, misalnya narsi kronologis mengenai kehidupan individu , deskripsi detail mengenai pengalaman mereka sebuah teori yang dihasilkan dari data penelitian, potret detail mengenai kelompok culture sharing atau analisis mendalam tentang satu atau beberapa kasus.

Pada tingkat tertentu, strategi/ menulis dua bagian proposal diatas (hasil penelitian dan interprestasi data) dapat dilakukan dengan teknik teknik berikut ini :

Gunaknlah cuplikan cuplikan dan variasikan panjang pendeknya cuplikan tersebut dengan tepat dan sesuai keperluan.Catatlah percakapan percakapan yang terjadi selama penelitian dan sajikan percakapan percakapan ini dalam bahasa yang beda untuk merefleksikan sensitivitas cultural.Sajikan informasi tekstual dalam bentuk tabel ( seperti matriks, tabel tabel perbandingan untuk kode kode yang berbeda ).Gunakan pernyataan dari partisipan