PROPOSALTRAININGOFTRAINER(ToT)dikt .1 PROPOSALTRAININGOFTRAINER(ToT) StudiEtnografiCepatdalamKKNPTMA

download PROPOSALTRAININGOFTRAINER(ToT)dikt .1 PROPOSALTRAININGOFTRAINER(ToT) StudiEtnografiCepatdalamKKNPTMA

of 6

  • date post

    05-Jul-2019
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PROPOSALTRAININGOFTRAINER(ToT)dikt .1 PROPOSALTRAININGOFTRAINER(ToT) StudiEtnografiCepatdalamKKNPTMA

  • 1

    PROPOSAL TRAINING OF TRAINER (ToT)Studi Etnografi Cepat dalam KKN PTMA

    (Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah)

    A. PENDAHULUAN

    Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengandung sejumlah fungsi penting.Pertama, program KKN dipandang sebagai sarana bagi mahasiswa untukmempertajam dan mempertebal empati terhadap kehidupan masyarakat yang tingkatkesejahteraannya masih relatif rendah. Dengan hidup bersama masyarakat dalamwaktu yang relatif lama, para mahasiswa belajar untuk memahami keadaanmasyarakat, akan memberikan masukan yang berharga di tempat mereka hidup selamaprogram KKN dilaksanakan. Dengan pemahaman itu, ketika mereka sudah mulaimasuk ke dalam dunia nyata, pengalaman hidup dengan masyarakat yang mungkinberbeda tingkat kesejahteraannya dengan para mahasiswa, dapat meningkatkan rasaempati terhadap kehidupan masyarakat. Kedua, bagi masyarakat penerima, programKKN dapat menjadi sarana bagi tumbuhnya nilai-nilai baru tentang pentingnyakedudukan pendidikan dalam menopang kehidupan masyarakat. Nilai ini sangatstrategis bagi masyarakat setingkat pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan.Ketiga, bagi Muhammadiyah sebenarnya Program KKN dapat menjadi sarana pentingbagi kepentingan pengembangan dakwah yang dilakukan. Selama ini fungsi itu sudahdijalankan, dengan turunnya para mahasiswa dan dosen memberikan pengajian ataumembuka kursus membaca Al-Quran selama program KKN berjalan. Tetapi,sebetulnya fungsi dakwah dari program KKN tentu harus lebih dari itu. Programtersebut dapat dijadikan sarana pengembangan bagi pengembangan Peta Dakwah.

    B. KKN DAN STUDI ETNOGRAFI

    Dilaporkan bahwa mayoritas PTMA melaksanakan kegiatan KKN sertakegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi dari salah satu TriDharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian terhadap Masyarakat. Sebagai agent ofchange lulusan Pendidikan Tinggi dituntut untuk dapat menyaksikan realitaskehidupan masyarakat, terutama masyarakat kelas bawah yang umumnya tinggal didaerah pedesaan atau kawasan perkampungan di kawasan perkotaan.

    Terdapat kesan yang kuat bahwa selama ini kegiatan dakwah yang dilakukanoleh Muhammadiyah tidak atau belum dapat berangkat dari data kehidupan sosial,ekonomi ataupun politik masyarakat yang dijadikan sasaran dakwah. Hal itu terutamakarena tidak tersedianya data yang berkaitan dengan itu dalam system filingMuhammadiyah. Oleh karena itu, sudah waktunya Muhammadiyah memiliki danmengembangkan data yang sering disebut dengan istilah Peta Dakwah. PengembanganPeta Dakwah itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan program KKN denganmenugaskan kepada sejumlah mahasiswa untuk melakukan studi etnografi di kawasanKKN dilaksanakan.

    Kegiatan KKN sebagai bagian dari proses pembelajaran mahasiswa danpemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian,pengabdian kepada masyarakat dan dakwah amar makruf nahi munkar telah

  • 2

    dilaksanakan oleh PTMA. Dalam pelaksanaan KKNMu yang diselenggarakan olehLembaga Seni Budaya dan Olah Raga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah untukkali pertama di Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian danPengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mencobamenerapkan model Pelaksanaan Etnografi Cepat yang bertujuan menghimpun data dilapangan, membaca realitas sosial dan keagamaan yang ada di lokasi KKNMu yangdilaksanakan secara partisipatoris. Dalam uji coba itu telah dipilih secara acak kuranglebih 10 (sepuluh) kelompok yang berbeda untuk mulai mencoba menerapkan modelKKN Etnografi Cepat. Hasil Etnografi Cepat yang dilaporkan cukup baik walaupundiperlukan sejumlah perbaikan.

    Untuk mengembangkan peta dakwah melalui kegiatan KKN denganmengaplikasikan penelitian etnografi cepat dirasakan memerlukan sejumlah persiapanyang cukup matang, antara lain: kesiapan pembimbing untuk mengawasi danmembimbing kelompok mahasiswa yang akan melakukan studi etnografi cepat padakegiatan KKN. Dirasakan bahwa tanpa pengawasan dan bimbingan dari DosenPembimbing Lapangan (DPL) kemungkinan hasil studi etnografi tidak sesuai denganyang diharapkan. Untuk mengatasi hal itu Majelis Diktilitbang Pimpinan PusatMuhammadiyah akan menyelanggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT ) bagiDosen PTMA yang dapat menjadi DPL bagi kegiatan studi itu.

    Pelaksanaan Studi Etnografi Cepat diselenggarakan di UniversitasMuhammadiyah Riau (UMRI) dengan mengundang 2 (dua) orang terdiri dariPimpinan LPPM dan 1 (satu) orang utusan dosen dari PTMA masing-masing yangberminat untuk mendalami studi etnografi ini.

    C. TANGGAL DAN TEMPAT KEGIATAN

    Hari/Tanggal : Jumat - Ahad, 14-16 Desember 2018Tempat : Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Pekanbaru

    D. PANITIA. NARASUMBER, DAN FASILITATOR

    Penanggung Jawab : Prof. Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D.Panitia Pengarah : 1. Prof. Dr. Chairil Anwar

    2. Prof. Dr. Sjafri Sairin, MA.3. Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D.

    Ketua : Dr. Robby H. Abror, M.Hum.Narasumber : 1. Prof. Dr. Sjafri Sairin, MA.

    2. Prof. Dr. Amri Marzali3. Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si.4. Dr. Robby H. Abror, M.Hum.5. Drs. Daniel Fernandez, M.Si.

    Panitia Teknis : Staf Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah

  • 3

    E. PENDAFTARAN & NARAHUBUNG

    Peserta mendaftar melalui link yang disediakan oleh panitia. Apabila ada hal yangingin dikonfirmasi tentang detail kegiatan dapat menghubungi kontak panitia diSekretariat Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah sebagai berikut:1. Kontak person : Sunaryo MD. (081 668 3907)2. E-mail : diktilitbang@muhammadiyah.id3. Telp./Fax : (0274) 376336 / 389485

    F. PESERTAa. Pimpinan LPPM, 1 (satu) orangb. Dosen yang berminat dengan studi etnografi, 1 (satu) orang

    G. LAIN-LAIN

    a. Peserta menanggung sendiri biaya transportasi dari tempat masing-masingpergi-pulang.

    b. Biaya Kegiatan ditetapkan sebesar Rp. 2.000.000,- per pesertac. Akomodasi dan konsumsi selama kegiatan disediakan oleh Majelis

    Diktilitbang PP Muhammadiyah.d. Peserta wajib mengikuti dengan tertib semua agenda sesuai jadwal yang

    ditentukan.e. Kepanitiaan dilaksanakan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan

    dibantu oleh Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru

    mailto:diktilitbang@muhammadiyah.id
  • 4

    H. DAFTAR YANG DIUNDANG

    1. Majelis Diktilitbang PP Muh. (2 orang)2. Majelis Dikti PP Aisyiyah (2 orang)3. ITB Ahmad Dahlan Jakarta (2 orang)4. STIKES 'Aisyiyah Surakarta (2 orang)5. STIKES M Ciamis (2 orang)6. STIKES M Klaten (2 orang)7. STIKES M Palembang (2 orang)8. STIKES M Pringsewu (2 orang)9. UHAMKA (2 orang)10. UM Aceh (2 orang)11. UM Bandung (2 orang)12. UM Bengkulu (2 orang)13. UM Cirebon (2 orang)14. UM Gresik (2 orang)15. UM Jakarta (2 orang)16. UM Jember (2 orang)17. UM Kudus (2 orang)18. UM Lampung (2 orang)19. UM Magelang (2 orang)20. UM Metro Lampung (2 orang)21. UM Palembang (2 orang)22. UM Ponorogo (2 orang)23. UM Purwokerto (2 orang)24. UM Purworejo (2 orang)25. UM Riau (2 orang)26. UM Semarang (2 orang)27. UM Sidoarjo (2 orang)28. UM Sukabumi (2 orang)29. UM Sumatera Barat (2 orang)30. UM Sumatera Utara (2 orang)31. UM Surakarta (2 orang)32. UM Tangerang (2 orang)33. UM Tapanuli Selatan (2 orang)34. UM Tasikmalaya (2 orang)35. UM Yogyakarta (2 orang)36. UNISA Yogyakarta (2 orang)37. Universitas Ahmad Dahlan (2 orang)

  • 5

    AGENDA KEGIATAN TOT

    Studi Etnografi Cepat dalam KKN PTMA(Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiah)UMRI Pekanbaru, Riau, 14-16 Desember 2018

    Tanggal Jam Acara Fasilitator TempatJumat, 14Des 2018

    12.00 - 14.00 Registrasi peserta Panitia UMRI UMRIPekanbaru

    14.00 - 15.00 Pembukaan:1. Sambutan Rektor UMRI Pekanbaru2. Sambtan Majelis Diktilitbang PPMuhammadiyah

    Panitia UMRI UMRIPekanbaru

    15.00 - 15.30 Break Panitia UMRI15.30 - 17.30 Diskusi Panel:

    1. Data Etnografi Ranting dan CabangMuhammadiyah, Narasumber : LPCRPPM

    2. Data Etnografi untuk DakwahMuhammadiyah,Narasumber : Majelis Tabligh PPM

    Fasilitator UMRIPekanbaru

    17.30 - 19.00 Ishoma Panitia UMRI19.00 - 20.30 Pengantar Program Peta Dakwah dan

    Kegiatan KKNOleh: Prof. Dr. H. Sjafri Sairin, M.A.(Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah)

    Fasilitator UMRIPekanbaru

    20.30 - 21.00 1. Perjalanan menuju hotel2. Check in Hotel dan istirahat

    Panitia UMRI

    Sabtu, 15Des. 2018

    06.00 - 08.00 Makan pagi dan Persiapan Panitia UMRI Hotel

    08.00 - 10.00

    10.00 - 12.00

    MATERI POKOK1. Metode Penelitian Etnografi Cepat

    Prof. Dr. Amri Marzali2. Metode Pengumpulan Data

    (Pengumpulan Dokumen dan ObservasiProf. Dr. Sjafri Sairin

    Fasilitator Hotel

    12.00 - 13.30 ISHOMA Panitia UMRI Hotel13.30 - 15.30

    15.30 - 16.0016.00 - 18.00

    3. Wawancara MendalamProf. Dr. Amri Marzali

    Break4. Laporan Studi Etnografi

    Dr. Robby H. Abror, M.Hum.

    Fasilitator Hotel

    18.00 - 19.00 ISHOMA Panitia UMRI Hotel19.00 - 21.00 DISKUSI

    Sumbangsaran tentang Pelaksanaan StudiEtnografi Cepat dan Persiapan KKNDr. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si.Drs. Daniel Fernandez, M.Si.

    Fasilitator Hotel

    Ahad, 16Des. 2018

    06.00 - 08.00 Makan pagi Panitia UMRI Hotel08.00 - 09.30 Rencana tindak lanjut Fasilitator Hotel09.30 - 10.30 Penutupan Panitia UMRI Hotel