Proposal Pertamina Bandung Go Clean

download Proposal Pertamina Bandung Go Clean

of 37

Embed Size (px)

Transcript of Proposal Pertamina Bandung Go Clean

  • INTRODUCTION

    Sampah sudah menjadi permasalahan yang sangat umum di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia dan khususnya di kota Bandung. Permasalahan yang sering muncul kerap kali dengan meningkatnya egoisme masayarakat yang kurang menyadari dampak negatif yang timbul dari sampah itu sendiri bagi kesehatan, kenyamanan dan keindahan lingkungan sekitar kita yang kelak akan dirasakan dampaknya oleh anak cucu kita dimasa depan. Dampak buruk dari sampah itu sendiri masih sering di rasakan oleh masyarakat di Indonesia khususnya kota Bandung, seperti masih sering terjadinya banjir saat musim penghujan akibat sungai dan solokan yang meluap dikarenakan tertutup oleh gundukan sampah yang tidak dapat di daur ulang kemudian juga tumpukan sampah yang tergeletak di pigiran jalan, tidak sedap dipandang mata dengan bau yang menyengat menjadi hal yang lumrah di jalanan sekitar kota Bandung.

  • INTRODUCTION

    Permasalahan sampah dengan berbagai faktor tidaklah terlepas dari permasalahan sampah secara keseluruhan di kota Bandung. Permasalah tersebut meliputi aspek teknis-operasional, hukum, pendanaan, sosial, dan institusi atau manajemen. Contoh paling populer dari permasalahan tersebut antara lain semakin sulitnya mencari lahan untuk tempat pembuangan akhir (TPA) di daerah perkotaan dan mahalnya biaya transportasi sampah. Sementara itu, biaya operasional dan pemeliharan transportasi mobil sampah menjadi beban faktor volume sampah yang mesti diangkut dan jauhnya jarak dari sumber sampah ke TPA. Bandung merupakan daerah perkotaan besar yang dimana seharusnya berani untuk menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam mengatasi masalah sampah dengan benar, terencana dan menguntungkan.

  • INTRODUCTION

    Maka daripada itu salah satu upaya Pertamina dalam mengatasi permasalahan sampah antara lain dengan mendorong seluruh kalangannya untuk mengurangi volume sampah dengan membuat TPA khusus dengan spesifikasi sampah daur ulang tertentu sebagai usaha pengurangan atau minimalisasi volume sampah yang diangkut ke TPA central, antara lain dengan mendirikan gudang alternatif di SPBU Pertamina sebagai penampungan sampah daur ulang, yang di dalamnya termasuk sampah seperti kertas, plastik, besi dan lain-lain. Dengan berdirinya gudang-gudang penampungan sampah daur ulang di SPBU, diharapkan Pertamina dapat membantu pemerintah mengatasi permasalahan sampah dan juga membantu memberikan lapangan pekerjaan dengan memperdayakan masyarakat sekitar.

  • AWARNES

    Memperkenalkan dan mendekatkan kepada kalayak public, umumnya kotamadya Bandung dan kepelosok kabupaten dan kecamatan kota Bandung mengenai Program Pertamina Bandung Go Clean di setiap SPBU Pertamina, serta memperkenalkan program-program yang sangat menarik dan beragam dalam Program Pertamina Bandung Go Clean, dengan pendekatan sosialisasi penyuluhan di setiap pemukiman warga yang mengitari titik SPBU. Dan juga melalui kegiatan sosialisasi-event dan launching event diharapkan menjadi ajang penarik masa sehingga memudahkan penyampaian informasi tentang Program Pertamina Bandung Go Clean kepada masyarakat luas.

    SALES

    Mengajak masyarakat umum untuk menjadi anggota di Program Pertamina Bandung Go Clean, dari semua kalangan untuk sering bertransaksi di SPBU dalam Program Pertamina Bandung Go Clean, dengan menukarkan limbah sampah daur ulang berupa kertas dan plastik yang ditimbang dan di akumulatif menjadi point pembelian pertamax seharga 1 litter. Dilain hal Pertamina dapat meningkatkan target penjualan pertamax di setiap titik SPBU melalui Program Pertamina Bandung Go Clean ini.

    OBJECTIVE

  • LOYALTY

    Mengajak masyarakat umum yang sudah menjadi anggota Program Pertamina Bandung Go Clean untuk selalu setia menukarkan sampah daur ulang ke SPBU terdekat dan bertransaksi membeli pertamax menggunakan E-Card Program Pertamina Bandung Go Clean.

    REWARDING

    Memberikan hadiah berupa hiburan dan bazzar rakyat kepada daerah pemukiman warga yang selalu setia mengikuti dan mendukung Program Pertamina Bandung Go Clean, sebagai tanda terimakasih Pertamina kepada masyarakat sekitar.

    CHARITY

    Pihak SPBU setempat bersama dengan Pertamina bersama-sama dengan regular mengadakan acara bakti sosial dengan mengajak para masyarakat setempat untuk bergotong royong membersihkan area lingkungan sekitar pemukiman warga, yang dikemas dalam bentuk acara hiburan dan bazzar rakyat yang merangkul sumber daya masyarakat setempat. Kegiatan ini didukung sepenuhnnya oleh pihak Pertamina secara regular dengan waktu yang akan ditentukan .

    OBJECTIVE

  • DATA BASE

    Pertamina Bandung Go Clean sebagai sarana pengumpulan data base, agar dapat mengetahui berapa banyak masyarakat yang peduli dan mendukung Program Pertamina Bandung Go Clean di setiap titik SPBU di kota Bandung.

    OBJECTIVE

    AWARNES

    SOSIALISASI

    SALES

    PENGUMPULAN

    POINT DI E-CARD

    LOYALTY

    MENGGUNAKAN

    PERTAMAX

    REWARDING

    BAZZAR HIBURAN &

    KULINER

    CHARITY

    AKSI GOTONG ROYONG

    DATABASE

    ANGGOTA

  • CONCEPT

    Pertamina Bandung Go Clean melalui program ini Pertamina bersama SPBU mengajak masyarakat kota Bandung untuk ikut serta berpastisipasi dalam mendukung aksi Gerakan Pungut Sampah yang dicanangkan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil menuju Bandung yang lebih bersih dan Menuju Bandung Juara. Memberikan informasi dan solusi kepada masyarakat Bandung bahwa sampah daur ulang bisa menjadi bermanfaat dan menguntungkan secara finacial. Program Pertamina Bandung Go Clean membantu Pertamina dalam mensosialisasikan penggunaan BBM non bersubsidi kepada masyarakat dengan mengkonversi sampah daur ulang ke bentuk point dalam bentuk E-Card yang akan dapat ditukarkan untuk pembelian pertamax di SPBU di seluruh kota Bandung.

  • CONCEPT

    MASYARAKAT

    PERUMAHAN

    PASAR

    KANTOR

    KAMPUS & SEKOLAH

    PABRIK

    USAHA

    RUMAH SAKIT

    RESTORAN & CAFE

    MALL & MINI MARKET

    DLL

    SAMPAH ORGANIK

    TPA CENTRAL

    SAMPAH NON ORGANIK

    (SAMPAH DAUR ULANG)

    LAHAN

    TPA TIDAK

    MENCUKUPI ?

    SO

    LU

    SI

    POINT

    E-CARD

    PERTAMAX

    SPBU PERTAMINA

    BANDUNG GO CLEAN

  • CONCEPT

    01 MASYARAKAT MENGUMPULKAN SAMPAH

    STAND PENUKARAN SAMPAH DI

    SPBU TERDEKAT

    PROSES PILAH SESUAI TIPE

    SAMPAH

    TIMBANG UNTUK MENENTUKAN

    HARGA TIPE SAMPAH

    PENGISIAN POINT HASIL TIMBANG

    UNTUK PEMBELIAN PERTAMAX

    TRANSAKSI BELI PERTAMAX

    MENGGUNAKAN E-CARD

    02

    03 04

    05 06

  • CONCEPT

    KERTAS

    KATEGORI

    A

    KERTAS

    KATEGORI

    B

    HVS/ARSIP KORAN

    KARDUS KERTAS

    SEMEN

    MAJALAH BUNGKUS

    ROKOK

    KATEGORI SAMPAH

    Syarat & Ketentuan : Barang yang dapat ditukarkan hanya berupa kertas kering Penukaran kertas bekas hanya dapat dilakukan pada : Senin - Sabtu, 10.00 - 15.00 WIB Kertas yang ditukarkan akan ditimbang dan dimasukan dalam bentuk point yang akan di masukan dalam E-Card oleh operator spbu yang berwenang.

    Kertas yang ditukar akan ditimbang dan dinilai sesuai jenis kertas : Kertas kategori A : Rp. 1.200,- / Kg Kertas kategori B : Rp. 600,- / Kg *harga dapat berubah sewaktu-waktu

    Akumulasi nilai kertas bekas hanya dapat ditukarkan dengan Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamina DEX, tidak dapat diuangkan. Penukaran Pertamax berlaku di seluruh SPBU kota Bandung. Pada saat penukaran Pertamax wajib membawa E-Card Pertamina Bandung Go Clean.

  • CONCEPT

    01

    KURIR ANGKUT MELAMPIRKAN DO

    SPBU DARI PAPERLICOUS

    KURIR MENGANGKUT SAMPAH

    PACKING

    SPBU MENCATAT DALAM BUKU

    REKAPITASI

    KURIR MEMBAWA SAMPAH KE

    GUDANG PAPERLIICOUS

    SAMPAH SAMPAI KE GUDANG

    PAPERLICIOUS

    02

    03 04

    06

  • PROGRAM EVENT

    ACTIVTY PHASE

    PROMO ACT / EVENT

    TIME PERIODE

    APRIL MEI 2015

    EVENT MAINTENANCE

    TIME PERIOD AFTER

    LAUNCHING EVENT

  • EVENT SPEC

    SPESIFIKASI TEKNIS PELAKSANAAN EVENT JUDUL EVENT : PERTAMINA BANDUNG GO CLEAN HARI / TANGGAL : APRIL-MEI 2015 VENUE / KOTA : AREA SPBU KOTA BANDUNG

    PROGRAM : SOSIALISASI-EVENT

    WAKTU : 09.00 16.00 WIB (1 SPOT/ AREA WARGA SEKITAR SPBU) - PERTAMINA MOBILE BRANDING - BOOTH EXHIBITION PERTAMINA BANDUNG GO CLEAN - FLYERING & INFO EVENT (SPG/SPB) - CUSTOMER DATABASE (QUESTIONER) - GAMES INTERACTIVE BY MC - ENTERTAIMENT BACKSOUND MUSIC

  • EVENT SPEC

    SPESIFIKASI TEKNIS PELAKSANAAN EVENT

    PROGRAM : LAUNCHING -EVENT

    WAKTU : 09.00 16.00 WIB (SPBU PERTAMINA) - LAUNCHING PERTAMINA BANDUNG GO CLEAN - PRESS CONFERENCE - PENAMPILAN KESENIAN MASYARAKAT SETEMPAT - GAMES INTERACTIVE & KUIS BERHADIAH OLEH PERTAMINA - PENAMPILAN AKUSTIK BAND & ORGAN TUNGGAL - BAZAAR RAKYAT (CULINARY & UKM) - AKSI DONOR DARAH

  • PROJECT TIMELINE

    PENJADWALAN SELURUH PROSES KEGIATAN PROJECT MULAI DARI PERSIAPAN AWAL, MEETING KOORDINASI, PRODUKSI, PROMOSI, PERSIAPAN AKHIR HINGGAPELAKSANAAN KEGIATAN

    APRIL MEI

    SOSIALIASI EVENT & LAUNCHING EVENT

    SOSIALISASI EVENT LAUNCHING EVENT

    MATERI PROMOSI MOBILE BRANDING, FLYER, SPANDUK, BALIGHO, NEWS-ADS, T BANNER, RADIO ADDS, BILLBOARD, SMS BLAST, ETC

    PRODUKSI & DISTRIBUSI

    ONLINE MEDIA WEBSITE, FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM

    AKTIVASI WEBSITE/SOCIAL MEDIA

    SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU MINGGU

    1 SPOT/ AREA SEKITAR SPBU

    1 SPOT/ AREA SEKITAR SPBU

    1 SPOT/ AREA SEK