Profile Cbi 2010

27
CBI Akademi Informatika & Pariwisata CITRA BUANA INDONESIA Introdu Building careers for the future Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membangun dan meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) menuju era globalisasi yang penuh dengan tantangan, sehingga disadari bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat fundamental bagi setiap individu. Oleh karena itu, kegiatan pendidikan tidak dapat diabaikan begitu saja, terutama dalam memasuki era persaingan yang semakin ketat, tajam, berat pada abad millenium ini. Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam upaya mengoptimalisasikan Sumber Daya Manusia Indonesia melalui pendidikan, Yayasan Buana Pratama menyelengagarakan Perguruan Tinggi Informatika dan Pariwisata Citra Buana Indonesia dengan SK Mendiknas No. 183/D/0/2001 dan SK. Dirjen Dikti No. 3999/D/T/ 2003 yang searah dengan kebijakan pendidikan Nasional. Yayasan Buana Pratama yang di prakarsai oleh Bpk. H. Ade G. Iskandar, SE.,MM. beserta para praktisi dan akademisi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan, membulatkan tekadnya untuk membangun Perguruan Tinggi guna mengembangkan potensi generasi muda Indonesia yang mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan kesejahteraan umat. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka pada tanggal 2 Mei 1992 di dirikanlah Lembaga Pendidikan Profesi Citra Buana Indonesia yang merupakan cikal bakal lahirnya Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) dan Akademi Pariwisata (AKPAR) Citra Buana Indonesia. Sebagai suatu lembaga pendidikan (formal & non formal) CBI mengemban misi mencerdaskan bangsa dan mengembangkan kehidupan bangsa. CBI juga bercita-cita menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu social, dan pariwisata yang unggul dengan menyelenggarakan pendidikan Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMI Web Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Transcript of Profile Cbi 2010

Page 1: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Introduct

Building careers for the future

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membangun dan meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) menuju era

globalisasi yang penuh dengan tantangan, sehingga disadari bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat fundamental bagi setiap individu. Oleh karena itu, kegiatan pendidikan tidak dapat diabaikan begitu saja, terutama dalam memasuki era persaingan yang semakin ketat, tajam, berat pada abad millenium ini.Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam upaya mengoptimalisasikan Sumber Daya Manusia Indonesia melalui pendidikan, Yayasan Buana Pratama menyelengagarakan Perguruan Tinggi Informatika dan Pariwisata Citra Buana Indonesia dengan SK Mendiknas No. 183/D/0/2001 dan SK. Dirjen Dikti No. 3999/D/T/ 2003 yang searah dengan kebijakan pendidikan Nasional.

Yayasan Buana Pratama yang di prakarsai oleh Bpk. H. Ade G. Iskandar, SE.,MM. beserta para praktisi dan akademisi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan, membulatkan tekadnya untuk membangun Perguruan Tinggi guna mengembangkan potensi generasi muda Indonesia yang mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan kesejahteraan umat. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka pada tanggal 2 Mei 1992 di dirikanlah Lembaga Pendidikan Profesi Citra Buana Indonesia yang merupakan cikal bakal lahirnya Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) dan Akademi Pariwisata (AKPAR) Citra Buana Indonesia.

Sebagai suatu lembaga pendidikan (formal & non formal) CBI mengemban misi mencerdaskan bangsa dan mengembangkan kehidupan bangsa. CBI juga bercita-cita menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu social, dan pariwisata yang unggul dengan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, melakukan penelitian dan pengembangan ilmu untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia dan kemaslahatan umat manusia (Harkat Pendidikan Tinggi).

Dalam rangka mengoptimalisasikan peran dan fungsi Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia khususnya dalam aspek aksesibilitas masyarakat, CBI telah membuka 6 (enam) kantor cabang di beberapa kota / kabupaten di wilayah Jawa Barat. Sedangkan pengembangan dalam aspek peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, CBI telah membina jaringan kemitraan (relationship) dengan berbagai instansi, kerjasama tersebut meliputi pengembangan kelembagaan, pendidikan lanjutan, pelaksanaan praktek kerja (on the job training) dan bantuan penyaluran kerja. Demikian halnya upaya peningkatan kualitas proses penyelenggraan pendidikan dilakukan melalui pendidikan lanjutan para dosen dan staff ke jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3).

Berkat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat Sukabumi pada khususnya dan masyarakat wilayah II Bogor, Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai instansi dengan diraihnya beberapa prestasi baik prestasi kelembagaan maupun prestasi kemahasiswaan. Sebagai perkembangan

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 2: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Vision

Missio

Legal

Building careers for the future

terkini (Agustus 2010) CBI telah selesai membangun kampus mandiri di Kota Tasikmalaya, dan tengah mengembangkan kampus pusat di Kota Sukabumi.

Profile Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia melalui web site ini sebagai upaya mensosialisasikan visi, misi, serta perkembangan yang telah dicapai, dengan harapan berbagai program yang diselenggaran CBI senantiasa selaras dengan harapan stakeholders serta relevan dengan tuntutan dunia industri / masyarakat. Amiin….

Akhirnya kami ucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah turut serta membangun dan membesarkan Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia. Semoga berbagai sumbangsih yang telah diberikan menjadi amal ibadah dan mendapatkan ridha Allah SWT. Amiin…..

Menjadi Perguruan Tinggi Informatika dan Pariwisata yang terpercaya

karena kualitas dan terdepan dalam inovasi.

Mengantarkan mahasiswa untuk sukses berkarir dan mandiri /

berwirausaha di berbagai sektor industri yang relevan, melalui :

a. Pengembangan potensi mahasiswa untuk memiliki kemampuan secara akademik

dan praktis berbasis kreativitas dan inovasi sehingga para lulusan memiliki

kecerdasan intelektual, emosioanal, spiritual, dan sosial.

b. Bekerjasama dengan institusi-institusi strategis nasional dan internasional baik di

bidang magang / penempatan kerja, pengembangan kurikulum, penelitian, dan

pemberian beasiswa bagi mahasiswa.

Perguruan Tinggi Pariwisata / Lembaga Pendidikan

Informatika dan Pariwisata Citra Buana Indonesia merupakan

Lembaga Pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Buana Pratama berkantor

pusat di Jl. KH. Ahmad Sanusi No.52/24 Kota Sukabumi – Jawa Barat.

Yayasan Penyelenggara : Yayasan Buana Pratama

Perguruan Tinggi : 1. Akademi Manajemen Informatika & Komputer Citra Buana Indonesia. (AMIK-CBI). 2. Akademi Pariwisata Citra Buana Indonesia. (AKPAR-CBI).

Legalitas Lembaga : 1. Ijin Penyelenggaraan Prog. D.3 (Ahli Madya)

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 3: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Presta

Struktur Organisa

Building careers for the future

Sk. Mendiknas No. 183/D/0/2001.

Sk. Mendiknas No. 198/D/0/2001.

2. Ijin Penyelenggaraan Prog. Profesi 1 Tahun

Ijin Depdikbud No. 307/102.7.H/C/L/1993

Ijin Depnaker No. 567/W.9/1993

Prog. Studi : Perhotelan dan Kapal Pesiar

3. Bursa Kerja Khusus (BKK) :

Ijin Depnaker No. 05/W.9/K.6/PK/2000.

Berkat kepercayaan dan dukungan dari berbagai pihak, dalam usianya

yang ke 17 Citra Buana Indonesia telah dipercaya sebagai :

1. Terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Peringkat “B” Berdasarkan Keputusan SK. No. : 001/BAN-PT/Ak-VI/Dpl.III/2007.

2. Sebagai tempat Uji Kompetensi Profesi Bidang Komputer Tingkat Perguruan Tinggi Badan Sertifikasi Profesi Cq LSP Telematika. SK . : SKV/00054/LSP-T/II/2007. ( Salah satu dari 7 Perguruan Tinggi di Jawa Barat )

3. Lembaga Pendidikan teladan tingkat Sukabumi dan lembaga teladan harapan I tingkat Propinsi Jawa barat dibidang manajemen pendidikan luar sekolah.

4. Dijadikan Lembaga Percontohan dan tempat Praktek kerja oleh para peserta Diklat Kasie Lantas Depnaker dari 15 Propinsi se Indonesia.

5. Sebagai Lembaga Pendidikan yang pertama di Sukabumi yang diberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan Bursa Kerja Khusus (BKK).

6. Dipercaya sebagai tim rekruitmen dan tempat seleksi calon tenaga kerja oleh beberapa Perusahaan Industri wilayah Jabotabek.

7. Dukungan fasilitas magang dari hotel berbintang di luar negeri (Malaysia dan Singapura).

8. Panitia Uji Sertifikasi Profesi dari Badan Sertifikasi Nasional (BNSP).

9. Dan lain-lain.

Organisasi Citra Buana Indonesai dikelola oleh Akademisi dan

Praktisi yang terlatih dan berpengalaman di bidangnya.

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 4: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Kerjasamaantar Instansi

Building careers for the future

Pengembangan struktur kelembagaan disesuaikan dengan arah kebijakan Yayasan

Buana Pratama sebagai penyelenggara Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia.

Pengelola Perguruan Tinggi : Ketua Yayasan : DR(c ). H. Ade G. Iskandar, SE., MMDirektur : Drs. Ipang, M.Si.Ketua Senat Akademik : Nasser Ja’far Seff., M.SiPembantu Direktur I : Khusyairin, S.Pd., M.M. Pembantu Direktur II : Hj. Ira RodiasihPembantu Direktur III : Deni Ariestiandy, S.KomDirektur Jurusan Manajemen Informatika : Wawang Adidharma, ST.Direktur Jurusan Komputerisasi Akuntansi : Dani Ridwan, SE.,MMDirektur Jurusan Pariwisata & Perhotelan : Asep Setia Gunawan, Dipl.Par., SE.Kepala Bagian Pengembangan SDM : Dr. Beni Kurniawan,S.Pd.,MM.Kepala Bagian Biro Adm. Umum : Evi Martasely, A.Md.,SE.Kepala Bagian Biro Adm. Akademik : Tuty Lisnawati, A.Md.,S.Pd.Kepala Bagian Teknologi Informasi / MIS : Iwan Setiawan, Ir., MCSA.,Kepala Bagian Perpustakaan : Iyus Rusmansyah, A.Md.KomKepala Bagian Laboratoium T.I. : Dede Yusuf Budiman, A.Md.Kom., SEKepala Bagian Laboratoium Perhotelan : Heri Sukamto, DS.,Bc.PhKepala Bagian Bursa Kerja Khusus : Drs. H. Dian Permana.Kepala Bagian LP3M : Hamdan Firmansyah,SE.,MMPd Kepala Bagian HUMAS : Roefaidah, S.Pd.

Kerjasama antar Instansi umumnya dilaksanakan dalam

Pengembangan Kelembagaan (Kantor cabang) dan penyaluran

tenga kerja oleh Lembaga Bursa Kerja Khusus (BKK) Citra

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

YAYASAN

DIREKTURSENAT

AKADEMIK

PUKET. I PUKET. II PUKET. III

JURUSAN PERPUS BAAK BAU PSDM LAB BKKMIS LP3M HUMAS

DOSEN

M A H A S I S W A

KARYAWAN

Page 5: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Program Akademik

Building careers for the future

Buana Indonesia. Lembaga ini telah meyalurkan para alumni CBI dan masyarakat

pencari kerja ke berbagai perusahaan / instansi baik di dalam maupun luar negeri.

Program Akademik Perguruan Tinggi Informatika dan

Pariwisata Citra Buana Indonesia memfokuskan program

akademiknya di bidang Ilmu Informatika dan Pariwisata sebagai pusat kajian.

PROGRAM STUDI :

I. Manajemen Informatika

Tujuan Program Studi :

Sasaran Program Studi Manajemen Informatika sesuai dengan tuntutan dan

perkembangan zaman yaitu menyiapkan tenaga profesional yang memahami dan

mampu mengembangkan serta mengaplikasikan Pendekatan solusi berbasis teknologi

informasi bagi permasalahan sistem secara umum, dan sistem informasi manajemen,

secara khusus di dunia usaha melalui kegiatan analisis, perancangan, dan implementasi

sistem.

II. Komputerisasi Akuntansi

Tujuan Program Studi :

Sasaran Program Studi Komputer Akuntansi adalah menyiapkan tenaga profesional

yang memahami dan mampu mengembangkan serta mengaplikasikan pendekatan solusi

berbasis teknologi informasi bagi permasalahan sistem secara umum, dan sistem

informasi akuntansi, secara khusus. Di dunia usaha melalui kegiatan analisis,

perancangan dan implementasi sistem.

III. Perhotelan & Pariwisata

Sesuai dengan informasi dari World Trade Organization, bahwa pada tahun 2010

diramalkan 1,6 milyar wisatawan akan berkunjung  ke seluruh dunia yang memiliki

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 6: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

destinasi pariwisata yang prima. Dengan kondisi dunia yang tanpa batas ini  sangatlah

dibutuhkan tenaga kerja dan ahli profesional yang berkualitas untuk ditempatkan pada

sektor-sektor andalan pariwisata.

Menjawab tantangan ini, maka Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia dengan SK Mendiknas No. 183/D/0/2001 dan SK. Dirjen Dikti No. 3999 / D / T / 2003 menyelenggarakan Sekolah Pariwisata yang searah dengan kebijakan pendidikan nasional.

Sejalan dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan akan jasa pendidikan, Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia telah mengembangan jaringan kemitraan (relationship) dengan berbagai instansi baik di dalam maupun luar ngeri dalam penyelenggaraan Pendidikan Perhotelan dan Kapal Pesiar.

Tujuan Program Studi :

Tujuan dari program studi Perhotelan & Pariwisata adalah mengoptimalisasikan potensi

mahasiswa untuk menjadi tenaga profesional yang memiliki kemampuan dan keahlian

di bidang perhotelan yang meliputi kemampuan manajerial, serta keterampilan teknis di

bidang pariwisata, khususnya perhotelan.

Nilai tambah yang diperoleh mahasiswa adalah di samping dibekali dengan kemampuan

hotel secara umum juga dibekali dengan pengetahuan Basic of Marine Operation,

sehingga mampu bekerja sebagai crew Floating Hotel (Kapal pesiar).

Konsentrasi F & B Service :

Keahlian yang akan didapat oleh para mahasiswa adalah selain memiliki kemampuan di

bidang manajerial hotel. Juga memilki keahlian yang optimal di bidang teknik dan

prosedur pelayanan (service).

Konsentrasi Room Division :

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 7: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Perkembangan

Building careers for the future

Keahlian yang akan didapat oleh para mahasiswa adalah selain memiliki kemampuan di

bidang manajerial hotel, juga memiliki keahlian yang optimal dalam hal menghasilkan/

memproduksi fasilitas kamar hotel/restoran.

Perkuliahan :

Perkuliahan kelas regular dilaksanakan 5 hari seminggu dari jam 08.30 hingga jam 16.15 WIB.

Kelas Eksekutif : Sabtu : Pk. 10. S.d Pk. 18.00. Minggu Pk. 08.00 s.d Pk. 20.00. Wib.

Kelas Karyawan : Lima hari per minggu dari jam 16.00 s.d jam 21.00 WIB.

Metode Belajar mengajar integratif dan partisipatif, dengan memanfaatkan berbagai teknik seperti : Diskusi kelompok, pembahasan kasus, tugas kelompk, dan tugas individu.

Khusus Program Perhotelan dilakukan Praktek Mingguan (casual) setiap Sabtu dan Minggu di Hotelan Salabintana *** Sukabumi

Lama Studi :

Program Diploma 3 terdiri dari enam semester (1 semester = 5 bulan), sehingga

mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan sekitar 32 bulan.

Perkembangan Mahasiswa Citra Buana Indonesia tiga tahun

terakhir (TA. 2007/2008 s.d 2009/2010) dari lima kampus CBI

disajikan dalam tabel berikut :

Rekapitulasi data Mahasiswa CBIPeriode T.A. 2007/2008 s.d 2009/2010

A. Mahasiswa Kampus I. Pusat

NO KELAS SEMESTER JURUSAN PROGRAMJUMLAH AKTIF

KETERANGANAKTIF

TDK AKTIF TOTAL

1 C4 1 MI D3 48 - 48  2 C3 1 MI D3 54 - 54  3 A20 1 HOTEL D3 17 - 17  4 A19 1 KA D3 35 - 35  5 A19 1 MI D3 39 4 43  6 A18 1 MI + KA D3 53 - 53  7 A17 1 MI + KA D3 31 - 31  

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 8: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

8 A16 2 MI + KA D3 41 - 41  9 A15 2 MI + KA D3 28 - 28  

10 A14 2 MI + KA D3 46 - 46  11 A13 2 MI + KA D3 42 - 42  12 A12 2 HOTEL D3 17 - 17  13 A11 3 MI + KA D3 57 - 57  14 A10 3 MI + KA D3 40 - 40  15 A9 3 MI + KA D3 40 - 40  16 A8 3 MI + KA D3 39 - 39  17 A6 4 MI + KA D3 30 - 30  18 A5 4 KA D3 35 7 42  19 A4 4 MI D3 35 - 35  20 A3 4 KA + MI D3 27 - 27  21 A2 4 MI D3 21 - 21  22 A2 4 KA D3 14 - 14  23 A1 4 KA D3 22 - 22  24 A1 4 MI D3 19 - 19  25 Z 6 KA D3 13 - 13  26 Z 6 MI D3 29 - 29  27 Y 6 KA D3 16 - 16  28 X 6 HOTEL D3 35 - 35  29 W 6 MI D3 32 - 32  30 V 6 KA D3 18 - 18  31 V2 5 MI D3 24 - 24  32 M 6 MI D3 49 - 49  33 P 6 MI D3 26 - 26  

                 TOTAL 1.072 11 1.083  

B. Mahasiswa Kampus II. Jampang Surade

NO KELAS SEMESTER JURUSAN PROGRAMJUMLAH AKTIF

KETERANGANAKTIF

TDK AKTIF TOTAL

1 A 3 MI D3 20 - 20  2 B 3 KA D3 22 - 22  3 C 1 MI D3 32 2 32  4 D 1 KA D3 21 - 21  

                 TOTAL 95 2 95  

C. Mahasiswa Kampus III. Palabuhan Ratu

NO KELAS SEMESTER JURUSAN PROGRAMJUMLAH AKTIF

KETERANGANAKTIF

TDK AKTIF

TOTAL

1 A 4 MI D3 19 - 19  2 B 4 KA D3 15 - 15  3 C 2 MI D3 17 - 17  4 D 2 HOTEL D1 22 1 22  

                 TOTAL 73 1 73  

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 9: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Fasilitas Kampus

Building careers for the future

D. Mahasiswa Kampus IV. Cicurug

NO KELAS SEMESTER JURUSAN PROGRAMJUMLAH AKTIF

KETERANGANAKTIF

TDK AKTIF

TOTAL

1 A 3 MI D3 20 - 20  2 B 3 KA D3 16 - 16  3 C 1 MI D3 21 - 21  4 D 1 KA D3 19 - 19  

                 TOTAL 76 0 76  

E. Mahasiswa Kampus V. Tasikmalaya

NO KELAS SEMESTER JURUSAN PROGRAMJUMLAH AKTIF

KETERANGANAKTIF

TDK AKTIF

TOTAL

1 A 4 MI D3 17 - 17  2 B 4 KA D3 23 - 23  3 C 2 MI D3 31 - 31  4 D 2 HOTEL D1 24 - 24  

                 TOTAL 95 0 95  

Jumlah Total Mahasiswa CBI per Januari 2010 1.422

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, Akademi Citra

Buana Indonesia memiliki berbagai sarana dan prasarana,

yaitu :

1. Kelas

Untuk kenyamanan proses belajar mengajar semua ruangan kelas dilengkapi

fasilitas LCD Viewer, AC, Over Head Projector, Penerangan cukup,

2. Laboratorium Komputer.

a. Laboratorium Dasar Berbasis DOS dan Windows (Lab. I)

Berkapasitas 25 orang dan dilengkapi dengan perangkat keras sejumlah 26 unit

dengan 25 unit sebagai client menggunakan Prosessor Intel Dualcore 2,13 Ghz, serta

1 unit sebagai server dengan Prosessor Intel Pentium Dualcore 2,7 Ghz.

Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai program aplikasi Windows dan Dos,

dengan sistem operasi Windows Xp Profesional. Dan Windows 2000 Server.

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 10: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

Koneksi jaringan menggunakan TCP/IP, IPX/SPX dan linux. Laboratorium ini juga

di lengkapi fasilitas penunjang lainnya.

b. Laboratorium Multimedia (Lab. II)

Berkapasitas 21 orang dan dilengkapi dengan 20 komputer client dengan spesifikasi

Pentium Dualcore 2,4 GHz, AGP 225 MB, RAM 1GB dan hardisk 120 GB.

Laboratorium ini didukung 1 unit Server dengan spesifikasi Core to duo 2 GHz,

RAM 2 GB, Hardisk 350 GB, DVD Writer dan menggunakan koneksi dengan

kecepatan 1000 MBps. Laboratorium ini dilengkapi software-software yang biasa

digunakan untuk desain grafis, pembuatan iklan, animasi.

3. Laboratorium Perhotelan

a. Lab. Restaurant

Laboratoirum restaurant dilengkapi dengan peralatan utama dan pendukung untuk

praktek Mata Kuliah F & B Service dengan standar restaurant International.

b. Lab Room Division

Laboratoirum room division dilengkapi dengan peralatan utama dan pendukung

untuk praktek Mata Kuliah House Keeping dengan standar kamar hotel berbintang.

4. Hotspot

Menyadari pentingnya media informasi, CBI telah membangun jaringan Hotsopt.

Sehingga akses internet dapat di akses setiap waktu secara bebas menggunakan

Laptop pribadi, bagi mahasiswa yang belum memiliki Laptop, telah disediakan

Personal Computer yang terkoneksi ke jaringan interNet dan dapat digunakan secara

gratis di luar jam kuliah.

5. Perpustakaan

Perpustakaan Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia merupakan perpustakaan

dengan koleksi buku dan CD / DVD. Sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki

komitmen penuh dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk mendukung misi

tersebut dialokasikan untuk pengadaan buku yang merupakan sumber pemgetahuan

dan menjadi sumber utama bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 11: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

6. Ruang Tunggu Dosen

Ruang tunggu disediakan bagi dosen yang menunggu jam kuliah dan dapat juga

digunakan untuk ruang baca, konsultasi dan diskusi.

7. Masjid

Masjid disediakan untuk mahasiswa, karyawan dan dosen yang beragama Islam

untuk beribadah dan kegiatan-kegiatan kerokhanian.

8. Ruang Pengabdian pada Masyarakat.

Sebagai wujud kegiatan Tridhama Perguruan Tinggi, CBI selalu aktif dalam

berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Saat ini CBI dipercaya sebagai

Koordinator Pengurus Panti Asuhan se Kota Sukabumi. Kegiatan sosial lainnya

diantaranya Pembina pedagang usaha kecil. Setiap tahunnya CBI membuka program

khusus untuk menerima mahasiswa dari keluarga yatim / panti, dan sebagian

keuangan dari DSP mahasiswa telah disalurkan untuk membantu pedagang usaha

kecil.

9. Aula dan Ruang Seminar

Aula dan ruang seminar disediakan untuk kegiatan-kegiatan ilmiah.

10. Ruang Kegiatan Mahasiswa

Ruang ini adalah ruang yang digunakan untuk kegiatan Senat Mahasiswa, Himpunan

Mahasiswa Jurusan, Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya.

11. Koperasi dan Kantin

Koperasi menyediakan barang-barang kebutuhan mahasiswa, karyawan dan dosen

dengan harga khusus.

Selain sarana dan prasarana di atas, mahasiswa Citra Buana Indonesia juga diberikan

fasilitas non fisik, yaitu:

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 12: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

1. Asuransi Mahasiswa

Asuransi ini bertujuan untuk memberikan Dana Perlindungan Mahasiswa atas

musibah kecelakaan, rawat inap, kematian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Syarat mengajukan klaim adalah mengambil formulir di Sekretariat Wadir. III.

2. Beasiswa

Beasiswa berasal dari Yayasan Buana Pratama, Pemerintah, dan instansi /

perusahaan Swasta.

a). Beasiswa dari Yayasan Buana Pratama

Setiap semester Citra Buana Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa

Program D3 maupun D1 beasiswa mahasiswa berprestasi sejumlah SPP tetap

selama 1 (satu) semester.

b). Beasiswa dari Pemerintah, meliputi :

1. Beasiswa Supersemar

2. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBBM)

3. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA)

4. Dan masih ada Beasiswa yang lain.

3. Tenaga Pengajar

Sebagai Perguruan Tinggi di bidang Informatika dan Pariwisata, proses belajar

mengajar di CBI di dukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas. Adapun tenaga

pengajar yang berperan didalam proses belajar mengajar terdiri dari Dosen dan

Asisten.

1. Dosen

Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia Sukabumi memiliki Dosen Tetap dan

Tidak Tetap. Dosen tetap yang saat ini bergabung di Perguruan Tinggi Citra Buana

Indonesia berjumlah 34 orang, dan dosen tidak tetap (dosen luar biasa) berjumlah

52 orang dengan latar belakang pendidikan S1, S2 dan S3. Dosen tidak tetap /

dosen luar biasa berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 13: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA

Admisi Program

Building careers for the future

2. Asisten

Untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar terutama di laboratorium

dosen di bantu oleh asisten. Asisten bertugas membantu para mahasiswa peserta

praktikum untuk memahami materi praktikum secara teknis di laboratorium.

Asisten berasal dari alumni berprestasi yang belum bekerja dengan persyaratan

tertentu yang ditentukan oleh jurusan masing masing.

Untuk menjaga kualitas asisten maka setiap awal semester dilakukan rekruitmen

asisten dengan serangkaian seleksi yang terdiri dari seleksi administratif, seleksi

penguasaan materi, Microteaching, Wawancara dan seleksi kemampuan

membimbing peserta praktikum.

Program Pendidikan di Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia

di diselenggarakan dalam dua angkatan per tahun. Program

berlangsung dalam satuan kredit semester (SKS). Di buka kelas reguler dan kelas

eksekutif / kelas karyawan.

PENERIMAAN MAHASISWAProgram Pendidikan di Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia menerimaan

pendaftaran dilakukan setiap awal bulan. Perkuliahan di buka setiap awal semester

tahun berjalan.

PROSES PENDAFTARANFormulir pendaftaran dapat diambil di kampus Citra Buana Indonesia atau tempat –

tempat pendaftaran di daerah yang di tunjuk. Pendaftaran dapat dilakukan dengan

melengkapi formulir pendaftaran dan berkas pendukung.

Biaya pendaftaran dapat Anda bayarkan langsung kepada panitia pendaftaran. Bukti

pembayaran dilampirkan dalam berkas pendaftaran. Untuk dapat diterima di Perguruan

Tinggi Citra Buana Indonesia, beberapa syarat penerimaan harus dipenuhi antara lain :

PERSYARATAN MASUK• Lulusan sarjana SLTA atau sederajat,

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 14: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

• Mengisi Formulir pendaftaran yang telah dilengkapi berkas-berkas pendukung,

• Mengikuti tes seleksi sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan meliputi Tes Potensi

Akademik (TPA), Bahasa Inggris, dan Wawancara.

PELAYANAN ADM. KEUANGAN

Pembayaran administrasi keuangan dapat langsung dilakukan di kampus CBI, atau

melalui transfer Bank BCA dan Bank Mandiri. No Rekening Bank bisa didapatkan di

Sekretariat Pendaftaran. Untuk memudahkan mahasiswa melakukan administrasi di

CBI Sukabumi, berikut gambaran grafis alur yang harus ditempuh mahasiswa:

A. Administrasi Keuangan

Informasi biaya yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut :

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

MAHASISWA

Ambil Surat Cuti ke Wadir III

Pengesahan Cuti di Loket BAUAKTI

F ?

Bayar DSP Tetap/ Administrasi

Isi KRSLoket BAAK

MAU PERUBAHAN ?

Cuti Kuliah :Max 2 Smt (D3)Max 1 Smt (D1)

Perubahan KRSLoket BAAK

Bayar DSP Variabel /

Pendadaran

Ambil KRS Ujian

Ujian / Pendadaran

Pendaftaran Pendadaran

TIDAK

YA

YA

TIDAK

SELAMAT !SEMOGA SUKSES

Page 15: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

1. Dana Sumbangan Pendidikan (DSP)

DSP merupakan sumber pembiayaan dalam proses belajar mengajar yang dibayar

Per semester terdiri dari :

a). DSP Tetap

• Besarnya sama selama masa studi

• Dibayarkan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk dinyatakan sebagai

mahasiswa Aktif Kuliah.

• Wajib dibayarkan selama masih mengambil mata kuliah.

• Karena sesuatu hal tidak dapat melanjutkan kuliah pada semester tersebut maka DSP

tetap yang telah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.

b). DPP Variabel

• Besar DSP variabel adalah sama selama masa studi.

• dibayarkan setelah mahasiswa mengisi KRS yang akan ditempuh pada semester yang

bersangkutan.

• Dihitung dengan mengalikan tarif DSP Variabel per SKS dengan total SKS.

c). Apabila seorang mahasiswa melebihi batas studi dan diberi ijin untuk melanjutkan

studi, maka besarnya SPP Tetap dan SPP Variabel yang harus dibayarkan sama

dengan angkatan terbaru pada saat itu.

d). Uang yang telah disetor tidak dapat ditarik kembali.

DSP Tetap menurut Angkatan dan Jurusan

AngkatanTahun

DSP tetap per semester

Diploma 3 Diploma 1

MI KA HOTEL MI KA HOTEL

1997 950.000 950.000 1.000.000 1.000.000 1.000.000 2.000.000

1998 950.000 950.000 1.100.000 1.100.000 1.100.000 2.100.000

1999 975.000 975.000 1.150.000 1.150.000 1.150.000 2.100.000

2010 1.000.000 1.000.000 1.250.000 1.250.000 1.250.000 2.150.000

DSP Variabel menurut Angkatan dan Jurusan

Angkatan DSP variabel per semester

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 16: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

Tahun Diploma 3 Diploma 1

MI KA HOTEL MI KA HOTEL

1997 25.000 25.000 35.000 25.000 25.000 35.000

1998 25.000 25.000 35.000 25.000 25.000 35.000

1999 27.500 27.500 37.500 27.500 27.500 37.500

2010 27.500 27.500 37.500 27.500 27.500 37.500

2. BIAYA SARANA

Dipungut satu kali selama masa studi yang besar dan ketentuan pembayarannya sudah

diatur pada saat penerimaan mahasiswa baru.

Biaya sarana menurut angkatan

AngkatanTahun

DSP tetap per semester

Diploma 3 Diploma 1

1997 1.250.000,- 1.550.000,-

1998 1.250.000,- 1.550.000,-

1999 1.500.000,- 2.500.000,-

2010 1.525.000,- 2.525.000,-

Biaya sarana dapat dibayarkan dua kali :

1. 50% pembayaran pertama bersamaan pada saat herregistrasi mahasiswa baru.

2. 50% pembayaran menjelang Ujian Tengah Semester (UTS) pertama.

3. BIAYA LAIN-LAIN

b. Biaya Pendadaran

Dibayarkan setiap kali melakukan pendadaran besarnya sesuai dengan ketentuan yang

telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

c. Biaya Wisuda

Mahasiswa yang telah lulus dan akan diwisuda dibebani biaya wisuda yang besarnya

ditentukan berdasarkan keputusan Direktur. Biaya wisuda yang dipungut dari

mahasiswa digunakan untuk membiayai pelaksanaan upacara wisuda beserta atributnya.

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]

Page 17: Profile Cbi 2010

CBICBI

Akademi Informatika & Pariwisata

CITRA BUANA INDONESIA Building careers for the future

PENUTUP

Demikianlah informasi yang dapat kami sajikan sekitar Perguruan Tinggi Citra Buana

Indonesia, semoga bisa digunakan sebagai pedoman/acuan bagi seluruh civitas

akademika khususnya para mahasiswa selama menempuh studi di Citra Buana

Indonesia.

Tentu kita sadari bahwa tidak semua yang ada dan terjadi di lapangan bisa tertuang

dalam buku ini, Hal ini karena semata-mata perkembangan Citra Buana Indonesia yang

selalu dinamis sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan mahasiswa.

Oleh karena itu apabila dalam hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada bagian-

bagian yang terkait. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Amiin…

Mengetahui,Ketua Yayasan Buana Pratama,

H. Ade G. Iskandar, SE., MM.

Sukabumi, Januri 2010

Direktur Akademi Citra Buana Indonesia,

Drs. I p a n g, M.Si

DOKUMENTASI :

Kantor Pusat : Jl. KH. Ahmad Sanusi No. 24 Phone : (0266)225920 SUKABUMIWeb Site : http://www.cbi.ac.id - e_mail : [email protected]