PRISMA TEGAK SEGITIGA

download PRISMA TEGAK SEGITIGA

of 8

  • date post

    16-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    391
  • download

    54

Embed Size (px)

description

Mata kuliah matematika

Transcript of PRISMA TEGAK SEGITIGA

PRISMA TEGAK SEGITIGA

PRISMA TEGAK SEGITIGAMK. PENGENALAN KOMPUTER

UNIVERSITAS MATARAMJAISYUL USRO (E1R114028)Pengertian Prisma Tegak SegitigaPrisma tegak segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup yang berbentuk segitiga dan sisi-sisi tegak berbentuk segiempat. Unsur yang dimiliki prisma segitiga ABC.DEF adalah sebagai berikut :Sisi / bidang = memiliki 5 sisi atau bidang yaitu sisi alas ( ABC), sisi atas (DEF), dan tiga sisi tegak (ABED, BCFE, ACFD).Rusuk= memiliki 9 rusuk yaitu rusuk alas (AB, BC, AC), rusuk atas (DE,EF,DF), dan rusuk tegak (AD, BE,CF).Titik sudut = memiliki di titik sudut yaitu titik sudut A, B, C, D, E, dan F.ABCDEFPembuktian Rumus Luas Permukaan dan Volume Prisma Tegak SegitigaLuas PermukaanDalam menentukan luas permukaan prisma, sama caranya seperti menentukan luas permukaan balok dan kubus, yaitu dengan menggunakan jaring-jaringnya. Luas permukaan prisma juga dapat ditentukan dengan menggunakan jaring-jaring prisma. Berikut gambar prisma :

ABCDEFLuas PermukaanFCABDECCFF12345Dari gambar jarring-jarring prisma tegak segitiga di atas terlihat bahwa prisma tegak segitiga ABC.DEF memiliki sepasang segitiga yang identik dan tiga buah persegi panjang sebagai sisi tegak. Dengan demikian luas permukaan prisma tegak segitiga tersebut adalah :L. Permukaan = L.ABC + L.DEF + L.ACDF + L.ABDE + L.BCEFL.Permukaan = 2 L.ABC + L.ACDF + L.ABDE + L.BCEFL. Permukaan = (2 luas alas) + (jumlah luas bidang tegak)

Jumlah luas bidang tegak dapat dicari dengan cara mengalikan keliling alas dengan tinggi prisma, yakni :L.bidang tegak = keliling alas x tinggiMaka secara umum, luas permukaan prisma tegak segitiga dapat dihitung dengan rumus :

L = (2 x luas alas) + (keliling alas x tinggi)ABDEFHCGContoh Soal

THANKS