Presentation1 mikrotik

download Presentation1 mikrotik

of 21

Embed Size (px)

Transcript of Presentation1 mikrotik

  1. 1. Pengertian Mikrotik Mikrotik merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway.
  2. 2. Mikrotik RouterOS Sebuah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. Untuk instalasi Mikrotik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain.
  3. 3. Mikrotik Router Board Merupakan router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.
  4. 4. Sejarah Mikrotik Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia). Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia
  5. 5. Ketika ditanya siapa saja pesaing Mikrotik, Arnis tersenyum dan enggan mengatakannya. Sewaktu saya simpulkan tidak ada pesaing, Arnis dengan sedikit tertawa menyebut satu nama yang memang sudah lumayan terkenal sebagai produsen perangkat keras khusus untuk teknologi W-LAN, yaitu Soekris dari Amerika.
  6. 6. kepopuleran Mikrotik menyebar juga ke Indonesia. Pertama kali masuk tahun 2001 ke Jogja melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan, lalu meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN.
  7. 7. Sistem Level Lisensi Mikrotik Level 0 (gratis) Tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan. Level 1 (demo) Pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
  8. 8. Level 3 Pada level ini sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien. Level 4 Pada level ini sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.
  9. 9. Level 5 Level 5 Pada level ini mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak. Level 6 Pada level ini sudah mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.
  10. 10. Jenis-Jenis Mikrotik Mikrotik RouterOS Adalah versi Mikrotik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer rumahan (PC) melalui CD. File image Mikrotik RouterOS dapat diunduh dari website resmi Mikrotik. Namun file image ini merupakan versi trial Mikrotik yang hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja
  11. 11. Built In Hardware Mikrotik Merupakan Mikrotik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang di dalamnya sudah terinstal Mikrotik RouterOS. Untuk versi ini, lisensi sudah termasuk dalam harga router board Mikrotik. Contoh Mikrotik dalam bentuk perangkat keras adalah RouterBoard 433 2 Access Point Indoor. Berikut spesifikasi dari RB 433
  12. 12. Fitur-Fitur Mikrotik Router OS Address List: Pengelompokan IP Address berdasarkan nama Asynchronous: Mendukung serial PPP dial-in / dial-out, dengan otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports. Bonding: Mendukung dalam pengkombinasian beberapa antarmuka ethernet ke dalam 1 pipa pada koneksi cepat
  13. 13. Bridge: Mendukung fungsi bridge spinning tree, multiple bridge interface, bridging firewalling. Data Rate Management: QoS berbasis HTB dengan penggunaan burst, PCQ, RED, SFQ, FIFO queue, CIR, MIR, limit antar peer to peer DHCP: Mendukung DHCP tiap antarmuka; DHCP Relay; DHCP Client, multiple network DHCP; static and dynamic DHCP leases.
  14. 14. Firewall dan NAT: Mendukung pemfilteran koneksi peer to peer, source NAT dan destination NAT. Mampu memfilter berdasarkan MAC, IP address, range port, protokol IP, pemilihan opsi protokol seperti ICMP, TCP Flags dan MSS. Hotspot: Hotspot gateway dengan otentikasi RADIUS. Mendukung limit data rate, SSL ,HTTPS.
  15. 15. Poin to Point Tunneling Protocol: PPTP, PPPoE dan L2TP Access Consentrator; protokol otentikasi menggunakan PAP, CHAP, MSCHAPv1, MSCHAPv2; otentikasi dan laporan Radius; enkripsi MPPE; kompresi untuk PPoE; limit data rate. Routing: Routing statik dan dinamik; RIP v1/v2, OSPF v2, BGP v4.
  16. 16. WinBox: Aplikasi mode GUI untuk meremote dan mengkonfigurasi MikroTik RouterOS. Synchronous: V.35, V.24, E1/T1, X21, DS3 (T3) media ttypes; sync-PPP, Cisco HDLC; Frame Relay line protokol; ANSI-617d (ANDI atau annex D) dan Q933a (CCITT atau annex A); Frame Relay jenis LMI.
  17. 17. Simple Tunnel: Tunnel IPIP dan EoIP (Ethernet over IP). SNMP: Simple Network Monitoring Protocol mode akses read-only. VoIP: Mendukung aplikasi voice over IP. Dan masih banyak lainya.
  18. 18. Kelebihan Router OS Spek komputer yang digunakan untuk instal Mikrotik RouterOS bisa lebih tinggi daripada spek Router board Memory (RAM) bisa ditambah dengan mudah Ruang penyimpanan hardisk bisa diatur besarnya sesuai keinginan Kalau ada kerusakan di hardware lebih mudah mengantinya dan juga bisa ganti lisensi Mikrotik RouterOS walau menggunakan PC yang sama.
  19. 19. Kekurangan Router OS Spek hardwarenya terbatas (CPU, Main Storage/NAND,RAM) Kurang bagus bila digunakan sebagai Web Proxy Internal Bila ada kerusakan di hardware yang tidak parah masih bisa di perbaiki tapi kalau parah terpaksa beli yang baru dan Tidak bisa upgarde hardware.
  20. 20. Thank you for Watting