Presentation1 FANY

download Presentation1 FANY

of 32

  • date post

    04-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    227
  • download

    5

Embed Size (px)

description

skrip

Transcript of Presentation1 FANY

Slide 1

PROPOSAL

STUDI PERENCANAAN PEMASANGAN KABEL FIBER OPTIC DARI REKTORAT KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HALU OLEO JURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS HALU OLEOKENDARI2015FANY INDRIANI POSSUMAH E1D110031

PENDAHULUANBAB1

Untuk memenuhi kebutuhan bandwidth dan kapasitas di masa mendatang berdasarkan pertumbuhan penduduk, maka diperlukan perencanaan jaringan berupa penentuan jalur dan jumlah perangkat yang akan digunakan dalam suatu jaringan akses tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul: STUDI PERENCANAAN PEMASANGAN KABEL FIBER OPTIC DARI REKTORAT KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HALU OLEO Dimana nantinya pada Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai bagaimana perencanaan pemasangan kabel Fiber optic dengan model jaringan FTTH. 1.1 Latar Belakang1.2 Rumusan MasalahMasalah yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah :

Berapa besar panjang kabel Fiber optic yang dibutuhkan dalam perencanaan tersebut ?Berapa besar Redaman total untuk Optical Network Unit (ONU) pada Fakultas Teknik ?

Agar masalah yang akan dibahas menjadi lebih jelas dan tidak banyak menyimpang dari topik, maka dalam penulisan skripsi ini ditekankan pada :

Perencanaan pemasangan kabel Fiber optic dengan model jaringan FTTH untuk kampus Universitas Halu Oleo yang hanya meliputi Fakultas Teknik saja.1.3 Batasan Masalah1.4 Tujuan Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

Untuk mengetahui besar panjang kabel Fiber optic yang dibutuhkan dalam perencanaan tersebut.Untuk mengetahui besar Redaman total untuk Optical Network Unit (ONU) pada Fakultas Teknik.

Bagi penulis sendiri sebagai salah satu syarat dalam rangka penyelesaian studi Strata I (Satu) di Universitas Halu Oleo Kendari, sekaligus menambah pengetahuan akan implementasi teori-teori yang diperoleh selama perkuliahan.Dapat memberikan masukan untuk membantu meningkatkan kinerja dan keamanan dalam sistem Jaringan internet Universitas Halu Oleo khususnya Fakultas Teknik. Bagi pengembangan teori, penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Jurusan Teknik Elektro khususnya bidang Elektronika.Sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya yang lebih baik.1.5 Manfaat1.4 Tujuan Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

Untuk mengetahui besar panjang kabel Fiber optic yang dibutuhkan dalam perencanaan tersebut.Untuk mengetahui besar Redaman total untuk Optical Network Unit (ONU) pada Fakultas Teknik.

TINJAUAN PUSTAKABAB22.1 Penelitian TerdahuluPenelitian terdahulu lain oleh (Dwi Agus Priyanto, 2014) juga melakukan penelitian mengenai perancanga modernisasi jaringan kabel ke fiber optic pada perumahan dian anugerah regency gambut kabupaten banjar, Kalimantan Selatan. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan kabel fiber optic mampu menyalurkan bandwidth sebesar 100 Mbps. Selain itu Layanan yang didapatkan oleh pelanggan akan lebih banyak dan bervariasi karena dengan menggunakan kabel serat optic dapat menyalurkan layanan yang lebih banyak atau yang sekarang dikenal dengan layanan Triple Play.

Fiber Optic atau Serat optik adalah merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar dari pada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi (Dwi Agus, 2014)2.2 Pengertian Fiber Optic2.3 Prinsip Kerja Fiber OpticPrinsip kerja Fiber optik tergantung pada prinsip jumlah refleksi internal. Refleksi cahaya atau dibiaskan berdasarkan sudut yang menyerang permukaan. Prinsip ini berpusat pada cara kerja serat optik membatasi sudut di mana gelombang cahaya dikirim memungkinkan untuk mengontrol secara efisien sampai ketujuan. Gelombang cahaya ditutupi dengan inti dari fiber optik, dalam hal yang sama bahwa frekuensi sinyal radio ditutupi dengan coaxial cable.Gelombang cahaya diarahkan ke ujung serat dengan direfleksikan di dalam inti. Kabel Fiber optik biasanya diaplikasikan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi misalnya pada jaringan telepon dan jaringan komputer (Isra,2015).

Gambar 2.1 Struktur Kabel Fiber Optic(Sumber: Dwi Agus, 2014)2.4 Struktur Kabel Fiber Optic

2.5 Jenis-Jenis Kabel Fiber Optic Gambar 2.2 Single-mode fibers(Sumber : Ryan Novel, 2009)

Gambar 2.3 Multi-mode fibers(Sumber : Ryan Novel, 2009)

Dalam penggunaan serat optic ini, terdapat beberapa keuntungan antara lain :Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan.Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi.Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang..Tidak berkarat.2.6 Keunggulan Kabel Fiber Optic2.7 Konfigurasi FTTX Gambar 2.4 Konfigurasi FTTX (Sumber : www.Optiviel.com)

Gambar 2.5 Konsep FTTH(Sumber : R.K Gangwar.website of BSNL)2.8 Konsep FTTH

2.9 Teknologi Arsitektur FTTHGambar 2.6 Arsitektur Home Run Fiber [R.K Gangwar,website of BSNL]

Gambar 2.12 Optical Line Terminal[Nugroho, Adi. (2009). Tegnologi GPON Sebagai Triple Play Services.]2.10 Perangkat FTTH

lanjutanGambar 2.13 Optical Distribution Cabinet

Gambar 2.14 Macam-Macam Connectorlanjutan

lanjutanGambar 2.15 Optical Distribution Point

Gambar 2.16 Optical Network Unitlanjutan

2.11 Perhitungan RedamanRumus yang digunakan untuk menghitung redaman total adalah sebagai berikut :

Redaman TOTAL = A + B + C + D + E

Keterangan : A = Redaman Kabel ODC ODP B = Redaman Kabel ODP UNO C = Redaman Splitter ODCD = Redaman Slitter ODPE = Redaman Splice Total

METODE PENELITIANBAB33.1 Objek PenelitianObjek penelitian dalam tugas akhir ini adalah Perencanaan Pemasangan Kabel Fiber Optic dari Rektorat ke Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Berdasarkan rencana maka jadwal pembuatan Tugas Akhir ini dimulai akhir Juli 2015 dan berakhir Oktober 2015. Dengan lokasi penelitian dari Rektorat ke Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo. 3.2 Waktu dan Tempat Penelitian3.3 Metode Pengumpulan DataAdapun metode untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menunjang pembahasan tugas akhir ini, maka penulis menggunakan prosedur sebagai berikut:

Metode Konsultasi / WawancaraUntuk memperoleh Informasi yang lebih jelas mengenai judul yang akan dibahas, penulis mengadakan suatu metode tukar pendapat dan konsultasi dengan Dosen Pembimbing dan Pembimbing Lapangan.Metode Observasi / PeninjauanMelakukan pengamatan langsung di lokasi perencanaan yaitu dari Rektorat ke Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo

Adapun data yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

Data primerData primer adalah data yang diperoleh dengan cara observasi lansung di lapangan dengan melakukan penelitian penjumlahan pada objek yang diteliti.

2. Data sekunderData ini merupakan penunjang dari hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan, pengumpulan data sekunder diperoleh dari perusahaan atau instansiterkait berupa buku-buku, makalah, laporan, serta dari pustaka yangrelevan dengan penelitian.3.4 Jenis Data Yang Dibutuhkan3.5 AnalisisAdapun Teknik Analisis yaitu meliputi analisis jarak dari Rektorat ke Fakultas Teknik serta Kabel Fiber Optic yang dibutuhkan. Perhitungan jarak dilakukan dengan menggunakan software google earth.

Analisis besar Redaman total untuk Optical Network Unit (ONU) pada Fakultas Teknik. Perthitungan besar Redaman total untuk Optical Network Unit (ONU) dilakukan sebagai berikut:

Redaman TOTAL = (Redaman Kabel ODC ODP) + (Redamal Kabel ODP ONU) + (Redaman Splitter ODC) + (Redaman Splitter ODP) + (Redaman Splice Total).

3.6 Langkah-langkah Penelitian

DAFTAR PUSTAKATERLAMPIR

Wassalamualaikum Wr. Wb.SEKIAN&TERIMA KASIH