Presentasi kata baku dan non baku (AKADEMI KEPERAWATAN dr.soedono Madiun)

download Presentasi kata baku dan non baku (AKADEMI KEPERAWATAN dr.soedono Madiun)

of 28

Embed Size (px)

Transcript of Presentasi kata baku dan non baku (AKADEMI KEPERAWATAN dr.soedono Madiun)

KATA BAKU DAN NON BAKU

Diksi,KATA BAKU DANNON BAKUOleh :Kelompok 3Bahar Bintang Kusuma ( 07 )Desmeita Fitria Rosa (12 )Devinta Rose Hartejarini ( 13 )Devita Sekar Ariyanti Permatasari (14 )Devy Septyowati ( 15 )

DIKSIDiksi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pusat bahasa Departemen Pendidikan Indonesia adalah pilihan kata yg tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan).Ciri-ciri DiksiTepat dalam pemilihan kata untuk mengungkapkan gagasan atau hal yang diamanatkanMampu digunakan untuk membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan dan mampu untuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa pembacanyaMenggunakan kosa kata (perbendaharaan kata) yang dimiliki masyarakat bahasanya, serta mampu pula menggerakkan dan mendayagunakan kekayaannya itu menjadi jaring-jaring kalimat yang jelas dan efektifFungsi DiksiMembuat pembaca atau pendengar mengerti secara benar dan tidak salah paham terhadap apa yang disampaikan oleh pembicara atau penulis.Untuk mencapai target komunikasi yang efektif.Melambangkan gagasan yang di ekspresikan secara verbal.Membentuk gaya ekspresi gagasan yang tepat (sangat resmi, resmi, tidak resmi) sehingga menyenangkan pendengar atau pembaca.

Syarat Ketepatan KataMembedakan secara cermat denotasi dan konotasi.Membedakan kata-kata yang mirip ejaannya.Membedakan pemakaian kata penghubung yang berpasangan secara tepat.Memperhatikan perubahan makna yang terjadi pada kata-kata yang sudah dikenal.Membedakan kata umum dan kata khusus secara cermat.

Membedakan dengan cermat kata-kata yang hampir bersinonim.Waspada terhadap penggunaan imbuhan asing.Menggunakan kata abstrak dan kata konkret secara cermat.

Syarat Kesesuaian DiksiHindarilah jargon dalam tulisan untuk pembaca umum.Gunakanlah kata-kata ilmiah dalam situasi yang khusus saja. Dalam situasi yang umum hendaknya penulis dan pembicara mempergunakan kata-kata populer.Dalam penulisan jangan menggunakan kata percakapan.Jauhkan kata-kata atau bahasa yang artfisial.Penulis atau pembicara sejauh mungkin menghindari kata-kata slang.

Jenis Pemilihan KataBerdasarkan MaknaMakna DenotasiMakna Denotasi merupakan makna kata yang sesuai dengan makna yang sebenarnya atau sesuai dengan makna kamus.Contoh :Ani sedang menggulung tikarDede mempunyai seekor kambing hitamMakna KonotasiMakna Konotasi merupakan makna yang bukan sebenarnya dan merujuk pada hal yang lain. Makna Konotasi tidak diketahui oleh semua orang atau dalam artian hanya digunakan oleh suatu komunitas tertentu. Contoh :Doni adalah anak emas dalam keluarganya. (anak emas : anak kesayangan)

KATA BAKU DANNON BAKUKata BakuKata Baku adalah kata yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan, sebagai sumber utama bahasa baku adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata Baku digunakan dalam kalimat resmi, baik lisan maupun tertulis dengan pengungkapan gagasan secara tepat.Kata Non BakuKata non baku adalah ragam bahasa yang cara pengucapannya atau penulisannya tidak memenuhi kaidah -kaidah standart kata baku.Ciri-Ciri Kata Baku :1.Tidak dipengaruhi bahasa daerah.BakuNon bakuSayaGuaMengapaKenapaDilihatDilihatinBertemuKetemu2. Tidak dipengaruhi bahasa asing. Baku Non bakuKantor tempatKantor di manaSudah banyak sarjanaSudah banyak sarjana-sarjanaItu benarItu adalah benarKesempatan lainLain kesempatan3.Bukan merupakan bahasa percakapan.BakuNon bakuDenganSamaMengapaKenapaTidakNggakTetapiTapiMemberiKasih4. Pemakaian imbuhan secara eksplisit (tegas)BakuNon bakuIa bekerja kerasIa kerja kerasTyson menyerang lawannyaTyson serang lawannya

5.Tidak terkontaminasi, tidak rancu.BakuNon bakuMengesampingkan Menyampingkan6.Tidak mengandung arti pleonasme (berlebihan)

BakuNon bakuPara tamuPara tamu-tamuhadirinPara hadirinPada zaman dahuluPada zaman dahulu kalamajuMaju ke depanCiri-ciri Kata Non BakuAda beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kata atau bahasa yang tidak baku, yaitu sebagai berikut:1) Pemakai bahasa tidak mengetahui bentuk penulisan dari kata-kata yang dimaksud2) Pemakai terpengaruh oleh orang yang biasa menggunakan kata tidak baku3) Pemakai bahasa tidak baku akan selalu ada karena tidak mau memperbaiki kesalahannya sendiri.

Penggunaan Ragam Kata Baku:Surat menyurat antarlembagaLaporan keuanganKarangan ilmiahLamaran pekerjaanSurat keputusanPerundanganNota dinasRapat dinasPidato resmiDiskusiPenyampaian pendidikandan lain-lain.

Kata bakuKata non bakuAnalisis AnalisaObjekObyekNomorNomerMoralMorilMetodeMetodaKualitasKwalitas KuantitasKwantitas Jadwal JadualIjazah IjasahIzinIjinContoh Kata Baku dan Non BakuIjin = Izin

Alternative = Alternatif

Stress = stres

Standart = Standar

JAMAN = ZAMANTERIMAKASIH