presentasi GPS

download presentasi GPS

of 24

  • date post

    01-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    438
  • download

    18

Embed Size (px)

Transcript of presentasi GPS

Pengertian

GPS Sistem GPS Prinsip Kerja GPS Aplikasi GPS Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan GPS

Apakah GPS itu ????... Sistem pemposisian global Sistem navigasi berbasis satelit Navigasi: ilmu yang membawa sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lain; Navigasi: cara untuk menentukan posisi, jalan, jarak yang ditempuh Nama resmi NAVSTAR GPS Dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat di awal 1970 an.

Awalnya untuk keperluan militer Kemudian dibuat juga untuk penggunaan sipil. GPS memberikan informasi waktu dan posisi, dimana saja di dunia dalam berbagai kondisi cuaca Secara resmi diumumkan sepenuhnya beroperasi 17 Juli 1995.

Sistem GPS ada 3 bagian yaitu : 1. Segmen ruang angkasa (space segment) 2. Segmen kendali (control segment) 3. Segmen pengguna (user segment)

1. Space Segment

24 SATELIT , 3 STADBY AKTIF Orbit elipse 6 orbit @ 4 satelit Tinggi rata-rata 20.200 km Periode 11 jam 58 menit Kecepatan + 4 km/det 4 s/d 10 satelit terlihat setiap saat dari setiap tempat di bumi

Space Segment

Satelit Bertugas :Menerima dan menyimpan data yang ditransmisikan oleh stasiun-stasiun pengontrol Menyimpan dan menjaga info waktu dalam satelit. Memancarkan secara kontinyu frekuensi gelombang L1 & L2 yaitu : 1575.42 MHz & 1227.6 Mhz Frekuensi pembawa dan kode, digunakan untuk menentukan jarak dari pesawat penerima dan satelit GPS

Informasi yang dipancarkan berisi jarak, posisi, waktu, pesan-pesan yang lain seperti kelayakan / kondisi satelit. Sinyal yang dipancarkan, dikendalikan oleh jam atom yang sangat akurat di satelit.

2. Control Segment Terdiri dari jaringan kerja stasiun-stasiun penelusur seluruh dunia, dengan stasiun pusat kendali (Master Control Station, MCS) di Colorado Springs, Amerika Serikat.

Control Segment

Control Segment

Skema kerja sistem kontrol GPS

3. User Segment Termasuk pengguna sipil dan militer Dengan pesawat penerima (receiver) terhubung ke antena GPS, pengguna dapat menerima sinyal GPS, yang dapat digunakan untuk menentukan posisinya di mana saja di di bumi. GPS tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia tanpa biaya.

User Segment

Komponen utama Receiver GPS

Tiap satelit mentransmisikan data navigasi dalam sinyal-sinyal. Sinyal tersebut menggunakan kode pada transmisinya agar penerima GPS bisa mengenali sinyal navigasi GPS Satelit-satelit ini dikontrol 5 stasiun Bumi, 4 stasiun bumi bekerja otomatis & satu stasiun bumi pengontrol utama yang berfungsi untuk mengoreksi data navigasi ke satelit-satelit GPS.

Bagian akhir dari sistem GPS ini adalah alat penerima GPS menghitung semua data, melakukan korelasi, dan menampilkan data posisi di layar display.

Secara umum ada 2 macam cara : 1. Absolut / Point Positioning1 Receiver saja Bukan untuk penentuan posisi yang teliti Aplikasi utama (NAVIGASI)

2. Relatif / Differential positioning2 Receiver (1 sebagai referensi) Untuk penentuan posisi teliti Aplikasinya bukan Navigasi, lebih untuk sesuatu yang lebih teliti.

1. Adanya MULTIPATH Sinyal dari satelit diterima oleh receiver dalam 2 jalur (path) atau lebih. Ini dapat terjadi pada lokasi-lokasi pengukuran dekat transmisi tegangan tinggi, benda reflektif, bangunan tinggi / gedung. 2. Karena adanya Selektive Availability (SA). SA ini prinsipnya filtering untuk mengacak sinyal dari SATELIT. Koreksi hanya dapat dilakukan oleh DEPHAN AS dan pihak-pihak yang diberi izin. Dapat direduksi dengan metoda relatif

Merupakan sumber kesalahan terbesar pada metoda ABSOLUT Belakangan ini SA sudah direvisi oleh Pemerintah AS (diturunkan kualitasnya).

3.

Untuk posisi yang akan diplot ke peta, kesalahan karena ketidaksinkrokan antara parameterparameter peta dan parameter dari receiver. Untuk ini maka perlu hati-hati dalam setting parameter receiver (harus sesuai dengan parameter yang ada di peta.

Keperluan Navigasi Sistem

Militer

Informasi Geografis Pelacak Kendaraan Pemantau Gempa Penangkapan Ikan di Perairan Luas Dll.

1. Kelebihan

Keakurasian dari GPS sangat baik Mempermudah perjalanan Dapat di aplikasikan dalam berbagai macam kegiatan Peta yang akurat Keamanan bisnis penyewaan kendaraan dll.

2. KekuranganMembahayakan negara lain Berkurangnya privasi Mengundang kejahatan Mampu membahayakan pengemudi kendaraan Harga yang relatif mahal dll.