Presentasi cloud computing

download Presentasi cloud computing

of 17

  • date post

    09-Aug-2015
  • Category

    Education

  • view

    136
  • download

    13

Embed Size (px)

Transcript of Presentasi cloud computing

  1. 1. Pengertian Cloud ComputingSecara umum, definisi cloud computing (komputasi awan)merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi)dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan)yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melaluikomputer komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi taksemua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuahteknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengeloladata dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan parapengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkanpengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputerdengan akses internet.
  2. 2. Tercatat mulai pada tahun 1960-an. Dimana pada saat itu seorangahli komputer dari MIT memberikan gagasan bahwa kelak pada suatu hariakan lahir infrastruktur publik untuk sebuah komputasi layaknya layanan listrikdan telepon. Lalu pada tahun 1990-an ide itu mulai direalisasikan denganhadirnya konsep ASP atau Application Service Provider yang memungkinkanpengelolaan data secara terpusat oleh suatu perusahaan. Ide-ide tersebutterus berkembang hingga pada tahun 1995 lewat Larry Ellison sang pendiriOracle menggagas ide yang diberinama Network Computing. Larry Ellisonmengatakan bahwa aplikasi seharusnya tidak dipasang dalam sebuahkomputer personal yang berefek buruk pada beban berat yang ditanggung pctersebut, sudah seharusnya konsep tersebut diganti dengan penggunaansebuah terminal utama berupa komputer server.Konsep-konsep dan ide cloud computing memang sudah ada sejaklama, namun cloud computing baru benar-benar lahir pada tahun 2000-andimana saat itu Marc Beniof mantan Vice President Oracle mengumumkanaplikasi CRM dan bentuk Software as a Service yang diberinamasalesforce.com. Lalu pada tahun 2005 banyak bermuncullan fasilitas cloudcomputing seperti yang digunakan Amazon.com dengan Amazon EC2-nya,Google App Engine dari Google, dan Blue Cloud Initiative besutan IBM.
  3. 3. Cloud ComputingKelebihan Kemudahan Akses Fleksibelitas Lebih Hemat
  4. 4. Kekurangan Cloud Computing Service level, artinya kemungkinan service performance yang kurangkonsisten dari provider. Inkonsistensi cloud provider ini meliputi, dataprotection dan data recovery. Privacy, yang berarti adanya resiko data user akan diakses oleh oranglain karena hosting dilakukan secara bersama-sama. Compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan levelcompliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user. Data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan databegitu data disimpan dalam cloud. Data mobility, yang mengacu pada kemungkinan sharedata antar cloudservice dan cara memperoleh kembali data jika suatusaat usermelakukan proses terminasi terhadaplayanan cloud Computing.
  5. 5. Resiko Cloud Computing Ketidakpastian kemampuan penegakan kebijakan keamananpada provider. Kurang memadainya pelatihan dan audit TI. Patut dipertanyakan kendali akses istimewa pada situs provider. Ketidakpastian kemampuan untuk memulihkan data. Kedekatan data pelanggan lain sehingga kemungkinan tertukar. Ketidakpastian kemampuan untuk mengaudit operator. Ketidakpastian keberlanjutan keberadaan provider. Ketidakpastian kepatuhan provider terhadap peraturan.
  6. 6. Karakteristik Cloud Computing On Demand Self Service (pelayanan mandiri diri sendiri saatdiperlukan).Pengguna dapat memesan dan mengelola layanan tanpa interaksimanusia dengan penyedia layanan, misalnya dengan mengguna-kan,sebuah portal web dan manajemen antarmuka. Pengadaan danperlengkapan layanan serta sumber daya yang terkait terjadi secaraotomatis pada penyedia. Broad Network Access (akses jaringan yang besar).Layanan yang tersedia terhubung melalui jaringan pita lebar,terutama untuk dapat diakses secara memadai melalui jaringaninternet, baik menggunakan thin client, thick clien, ataupun medialain seperti smartphone.
  7. 7. Resource Pooling (resourcemenyatu).Penyedia layanan cloud memberikan layanan melaluisumberdaya yang dikelompokkan di satu atau berbagai lokasi datacenter yang terdiri dari sejumlah server dengan mekanisme multi-tenant.Mekanisme multi tenant ini memungkinkan sejumlahsumberdaya komputasi digunakan bersama-sama oleh sejumlah user,dimana sumberdaya tersebut baik yang berbentuk fisik maupunvirtual, dapat dialokasikan secara dinamis untuk kebutuhanpengguna/pelanggan sesuai permintaan. Dengan demikian,pelanggan tidak perlu tahu bagaimana dan darimana permintaanakan sumberdaya komputasinya dipenuhi oleh penyedia layanan.Yang penting, semua permintaan dapat terpenuhi. Sumberdayakomputasi ini meliputi media penyimpanan, memory, processor, pitajaringan, mesin virtual.
  8. 8. Rapid Elasticity (elastisitas cepat).Kapasitas komputasi yang disediakan dapat secara elastis dancepat disediakan, baik itu dalam bentuk penambahan ataupengurangan kapasitas yang diperlukan. Measured Service (layanan pengukuran).Sumber daya cloud yang tersedia harus dapat diatur dandioptimasi penggunaannya, dengan suatu sistem pengukuran yangdapat mengukur penggunaan dari setiap sumberdaya komputasi yangdigunakan (penyimpanan,memory,processor,lebar pita, dan aktivitasuser, dan lainnya). Dengan demikian, jumlah sumber daya yangdigunakan dapat secara transparan diukur yang akan menjadi dasarbagi user untuk membayar biaya penggunaan layanan.
  9. 9. Jenis Layanan Cloud Computing Software as a Service (SaaS).SaaS ini merupakan layanan Cloud Computing yang paling dahulu populer.Software as a Service ini merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP(Application Service Provider). Sesuai namanya, SaaS memberikan kemudahanbagi pengguna untuk bisa memanfaatkan sumberdaya perangkat lunak dengan caraberlangganan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan investasi baik untuk in housedevelopment ataupun pembelian lisensi.Dengan cara berlangganan via web, pengguna dapat langsung menggunakanberbagai fitur yang disediakan oleh penyedia layanan. Hanya saja dengan konsepSaaS ini, pelanggan tidak memiliki kendali penuh atas aplikasi yang mereka sewa.Hanya fitur-fitur aplikasi yang telah disediakan oleh penyedia saja yang dapatdisewa oleh pelanggan.
  10. 10. Untuk contoh layanan SaaS, tentu saja kita harus menyebut layanan CRMonline Salesforce.comyang dikomandai Marc Benioff dan telah menjadi ikon SaaSini.Selain itu Zoho.com, dengan harga yang sangat terjangkau, menyediakanlayanan SaaS yang cukup beragam, dari mulai layanan word processor seperti GoogleDocs, project management, hingga invoicing online. Layanan akunting online puntersedia, seperti yang diberikan oleh Xero.com dan masih banyak lagi. IBM denganLotuslive.com nya dapat dijadikan contoh untuk layanan SaaS di areakolaborasi/unified communication. Platform as a Service (PaaS)Seperti namanya, PaaS adalah layanan yang menyediakan modul-modul siappakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi, yang tentu sajahanya bisa berjalan diatas platform tersebut.
  11. 11. Seperti juga layanan SaaS, pengguna PaaS tidak memiliki kendaliterhadap sumber daya komputasi dasar seperti memory, media penyimpanan,processing power dan lain-lain, yang semuanya diatur oleh provider layananini. Pionir di area ini adalah Google AppEngine, yang menyediakan berbagaitools untuk mengembangkan aplikasi di atas platform Google, denganmenggunakan bahasa pemrograman Phyton dan Django.Kemudian Salesforce juga menyediakan layanan PaaS melaluiForce.com, menyediakan modul-modul untuk mengembangkan aplikasi diatasplatform Salesforce yang menggunakan bahasa Apex. Dan mungkin yangjarang sekali kita ketahui, bahwa Facebook juga bisa dianggap menyediakanlayanan PaaS, yang memungkinkan kita untuk membuat aplikasi diatasnya.Salah satu yang berhasil menangguk untung besar dari layanan PaaS Facebookadalah perusahaan bernama Zynga, yang tahun lalu saja berhasil meraupkeuntungan bersih lebih dari US$ 100 juta, lebih besar dari keuntungan yangdidapat oleh Facebook sendiri.
  12. 12. Anda mungkin akan sedikit terkejut kalau saya beritahu bahwaZynga ini bisa untung besar dari aplikasi yang sama sekali tidak serius,tapi mengandung zat adiktif luar biasa yaitu: Farmville, yang hinggakini telah berhasil menjadikan 80 juta lebih penduduk Facebookmenjadi petani yang rajin mencangkul, menanam dan panen sertamemerah susu sapi demi keuntungan mereka. Infrastructure as a Service (IaaS).IaaS terletak satu level lebih rendah dibanding PaaS. Ini adalahsebuah layanan yang menyewakan sumberdaya teknologi informasidasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory,sistem operasi, kapasitas jaringan dan lain-lain, yang dapat digunakanoleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya.
  13. 13. Aplikasi Atau Layanan Yang DalamCloud Computing Gmail dan Yahoo mailSebenarnya kita sudah lama menggunakan teknologi cloudcomputing, hanya saja kita tidak sadar tentang teknologi tersebut. salahsatu contohnya adalah layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail yangsering kita gunakan.Dengan menggunakan layanan email kita tidak perlu lagimenginstall software email seperti outlook. kita dapat mengakses emaildimana pun kita berada.
  14. 14. Google Docs dan Office 365jika dulu untuk membuat dokumen kita harus menggunakan softwareword processing seperti Microsoft Office yang harganya lumayan mahal, kinikita dapat membuat dokumen dengan mudah dan gratis, yaitu denganmenggunakan Google Docs. Google Docs merupakan layanan cloudcomputing milik google yang berfungsi untuk membuat berbagai jenisdokumen. kita dapat menyimpan dokumen-dokumen kita pada server danmengaksesnya dimana pun kita berada.Contoh lain dari layanan seperti ini adalah Office 365 milik Microsoft.aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dengan fitur-fitur yang sangatmembantu bagi para pengusaha. fitur yang tersedia diantaranyaadalah SharePoint Online, Exchange Online, Lync Online dan OfficeProfessional Plus.