Presentasi Bakat

download Presentasi Bakat

of 12

  • date post

    22-Jan-2018
  • Category

    Documents

  • view

    88
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Presentasi Bakat

  1. 1. Bab VI Bakat Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Yang Dibina Oleh Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd Tahun 2013 Oleh : 1. Ghossi Fafengki 2. Siswanto 3. Tatok Risanggalih Wijayanto 4. Tofan Tri Prasetyo 5. Wasis Susilo
  2. 2. BAKAT PENGERTIAN CIRI-CIRI JENIS KLASIFIKASI FAKTOR UPAYA TES
  3. 3. PENGERTIAN Apakah Bakat itu ? Bakat merupakan salah satu karunia yang diberikan Allah kepada seluruh hambanya, masing-masing orang mempunyai bakat ataupun kemampuan yang berbeda. Bakat (aptitude) adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi (potensial ability) yang masih perlu dikembangkan atau dilatih agar dapat terwujud. Bakat berbeda dengan kemampuan (ability), kemampuan adalah daya untuk melakukan sesuatu, sebagai hasil dari pembawaan dan latihan. Bakat juga berbada dengan kapasitas (capacity) dengan sinonimnya, yaitu kemampuan yang dapat dikembangkan di masa yang akan datang apabila latihan dilakukan secara optimal. Jadi bakat adalah kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan atau keterampilan, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus. Bakat umum apabila kemampuan yang berupa potensi tersebut bersifat umum.
  4. 4. CIRI CIRI BAKAT 1. Membaca pada usia lebih muda 2. Membaca lebih cepat dan lebih banyak 3. Memiliki perbendaharaan yang luas 4. Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat 5. Mempunyai minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa 6. Mempunyai inisiatif dan dapat bekerja sendiri 7. Menunjukan keaslian dalam ungkapan variable 8. Memberi jawaban jawaban yang baik 9. Dapat memberikan banyak gagasan 10. Luwes dalam berfikir
  5. 5. KLASIFIKASI BAKAT 1. Genius IQ berkisar antara 140 sampai 200 2. Gifted IQ antara 125 sampai dengan 140 3. Superior IQ antara 110 sampai dengan 125
  6. 6. JENIS JENIS BAKAT Sri Suriati Amal (Muhammad, 2010) mengemukakan bahwa ada lima jenis bakat, yaitu: 1. Kinetik fisik (Bodily Kinetic). Jenis bakat ini adalah bakat dalam menggunakan badan untuk memecahkan masalah dan mengekspresikan ide serta perasaan. Ciri-ciri anak bakat jenis ini dapat diterangkan dalam pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah anak menonjol dalam olahraga tertentu? Apakah anak tidak bisa duduk diam untuk waktu yang lama? Apakah anak pandai menirukan gerakan badan atau wajah orang lain? Apakah anak tangkas dalam kegiatan yang membutuhkan keterampilan tangan, seperti origami, membuat pesawat dari kertas atau merajut? Apakah anak dapat menggunakan badannya dengan baik untuk mengekspresikan dirinya?
  7. 7. 2. Bahasa, Bakat jenis ini adalah bakat dalam mengunakan kata-kata, baik oral maupun verbal, secara efektif. Ciri-ciri anak bakat jenis ini dapat diterangkan dalam pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah anak bisa menulis lebih baik dari anak seusianya? Sukakah anak bercerita atau membuat lelucon? Sukakah anak membaca buku? Apakah anak bisa mengeja lebih baik dari anak seusianya? Apakah anak dapat mengomunikasikan pikiran, perasaan, dan idenya secara baik? 3. Logika dan Matematis, Bakat jenis ini adalah bakat untuk mengerti dan menggunakan angka secara efektif, termasuk mempunyai kemampuan kuat untuk mengerti logika. Ciri-ciri anak bakat jenis ini dapat diterangkan dalam pertanyaan- pertanyaan berikut: Apakah anak tidak hentinya ingin tahu bagaimana alam dan benda-benda bekerja? Apakah anak suka bermain dengan angka? Apakah anak suka dengan pelajaran matematika? Sukakah anak bermain dengan permainan asah otak seperti catur? Sukakah ia mengelompokkan benda-benda?
  8. 8. 4. Musikalitas, Bakat jenis ini adalah bakat untuk memahami musik melalui berbagai cara. Ciri-ciri anak bakat jenis ini dapat diterangkan dalam pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah anak pandai dalam menghafal lagu dan menyanyikannya? Dapatkah anak bermain alat musik? Apakah anak sensitif terhadap suara-suara di sekitarnya? Apakah anak suka bersiul atau menggumam lagu? 5. Pemahaman Alam, Bakat jenis ini adalah bakat untuk mengenali dan menggolongkan dunia tumbuhan dan binatang, termasuk dalam memahami fenomena alam. Ciri-ciri anak bakat jenis ini dapat diterangkan dalam pertanyaan-pertanyaan berikut: Sukakah anak berceloteh mengenai binatang kesayangannya atau tempat- tempat yang disukainya? Sukakah anak bermain air? Apakah anak suka ke kebun binatang/kebun raya? Apakah anak bermain dengan binatang peliharaannya? Apakah anak mengoleksi kumbang, bunga, daun, atau benda alam lainnya?
  9. 9. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BAKAT 1. Pengaruh unsur genetik, khususnya yang berkaitan dengan fungsi otak bila dominan otak sebelah kiri, bakatnya sangat berhubungan dengan masalah verbal, intelektual, teratur, dan logis dan bila dominan dengan otak kanan berhubungan dengan masalah spasial, non verbal, estetik, artistik serta atletis. 2. Latihan : Bakat adalah sesuatu yang sudah dimiliki secara alamiah, yang mutlak memerlukan latihan untuk membangkitkan dan mengembangkannya. 3. Lingkungan : Lingkungan mempengaruhi motivasi untuk mengembangkan bakat. 4. Struktur tubuh mempengaruhi bakat seseorang. Seseorang yang bertubuh atletis akan memudahkannya menggeluti bidang olahraga atletik.
  10. 10. UPAYA MENGEMBANGKAN BAKAT 1. Sejak usia dini cermati berbagai kelebihan, keterampilan dan kemampuan yang tampak menonjol pada anak 2. Bantu anak meyakini dan fokus pada kelebihan dirinya 3. Kembangkan konsep diri positif pada anak 4. Perkaya anak dengan berbagai wawasan, pengetahuan serta pengalaman di berbagai bidang 5. Usahakan berbagai cara untuk meningkatkan minat anak untuk belajar dan menekuni bidang keunggulannya serta bidang-bidang lain yang berkaitan 6. Tingkatkan motivasi anak untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya 7. Stimulasi anak untuk meluaskan kemampuannya dari satu bakat ke bakat yang lain 8. Berikan penghargaan dan pujian untuk setiap usaha yang dilakukan anak 9. Sediakan dan fasilitasi sarana bagi pengembangan bakat 10. Dukung anak untuk mengatasi berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengembangkan bakatnya 11. Jalin hubungan baik serta akrab antara orang tua / guru dengan anak dan remaja.
  11. 11. TES BAKAT Saat yang tepat untuk melakukan tes bakat adalah ketika siswa, orang tua dan pihak sekolah bersama sama membuat keputusan mengenai pendidikan anak. Terutama waktu penentuan siswa untuk kenaikan ke tingkat yang lebih lanjut, atau penentuan bidang bidang tertentu, dimana penentuan tidak hanya berdasarkan usia atau penampilan atau lamanya belajar. Saat yang tepat itu antara lain : 1. Waktu anak akan masuk kelas 1 SD, untuk mengetes apakah ada kesiapan dalam pengajaran angka angka, menulis dan sebagainya. 2. Waktu penjurusan di kelas SMA, untuk menentukan jurusan IPA, IPS dan Bahasa. 3. Untuk pendidikan pascasarjana atau spesialisasi. 4. Untuk pendidikan khusus, seperti ke sekolah musik.
  12. 12. SEKIAN TERIMA KASIH.....