Prakarya Kls 8 1415

28
PEMERINTAH KOTA PALU DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMP NEGERI 19 PALU Jalan Untad I Bumi Roviga Tondo 94117 Tlp. ( 0451 ) 4131839 Palu email : [email protected] SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 Mata Pelajaran : Prakarya K e l a s : VIII ( Delapan ) Hari / Tanggal : Jum’at 12 Desember 2014 Waktu : 120 Menit Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dan berilah tanda silang ( X ) 1. Pengertian Limbah Organik adalah........ A. Limbah dari bahan alami yang mudah terurai. B. Limbah dari bahan sintetik yang mudah terurai. C. Limbah dari limbah pabrik yang tidak mudah terurai. D. Lombah dari bahan logam yang mudah terurai. 2. Berikut ini bahan limbah organik yang tidak dapat dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan,yaitu ........ A. Kertas. C. Kayu membusuk B. Pelepah pisang. D. Ranting pohon 3. Teknik konstruksi adalah teknik yang lebih sering digunakan untuk membuat kerajinan dengan menggunakan bahan limbah organik jenis....... A. Almunium.B. Pelepah Pisang. C. Ranting pohon. D. Kayu. 4. Pengertian dari teknik memahat adalah ....... A. Proses mengambil bagian-bagian dari bahan yang tidak diperlukan agar tercipta bentuk yang diinginkan. B. Proses menambah bagian-bagian tertentu pada bahan agar terbentuk desain yang diinginkan. C. Proses menempel dua permukaan menjadi satu kesatuan bidang. D. Proses pembuatan untuk membuat hiasan kaligrafi dalam kuningan. 5. Berikut ini yang bukan bahan dan peralatan utama yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dengan menggunakan bahan pelepah pisang adalah......... A. Gunting. B. Gergaji mesin. C. Kuas. D. Pemotong (cutter). 6. Dalam berbagai kerajinan pelepah pisang,keberadaannya seringkali dapat dibedakan sebagai elemen utama dan pendukung estetik.Pengertian elemen utama adalah ..... A. Pelepah pisang merupakan bahan utama sebuah kerajinan. B. Pelepah pisang hanya berfungsi sebagai hiasan. C. Pelepah pisang lebih diposisikan sebagai penghias ditepi sudut sebuah produk kerajinan. PETUNJUK UMUM : 1. Tulislah terlebih dahulu nama anda pada lembar jawaban yang telah disediakan 2. Periksa dan bacalah soal denagn teliti dan jelas. 3. Tanyakan pada pengawas apabila terdapat tulisan yang

description

soal prakarya

Transcript of Prakarya Kls 8 1415

Page 1: Prakarya Kls 8 1415

PEMERINTAH KOTA PALUDINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 19 PALU

Jalan Untad I Bumi Roviga Tondo 94117 Tlp. ( 0451 ) 4131839 Paluemail : [email protected]

SOAL UJIAN SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran : PrakaryaK e l a s : VIII ( Delapan )Hari / Tanggal : Jum’at 12 Desember 2014

Waktu : 120 Menit

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dan berilah tanda silang ( X )

1. Pengertian Limbah Organik adalah........A. Limbah dari bahan alami yang mudah terurai.B. Limbah dari bahan sintetik yang mudah terurai.C. Limbah dari limbah pabrik yang tidak mudah terurai.D. Lombah dari bahan logam yang mudah terurai.

2. Berikut ini bahan limbah organik yang tidak dapat dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan,yaitu ........A. Kertas. C. Kayu membusukB. Pelepah pisang. D. Ranting pohon

3. Teknik konstruksi adalah teknik yang lebih sering digunakan untuk membuat kerajinan dengan menggunakan bahan limbah organik jenis.......A. Almunium. B. Pelepah Pisang. C. Ranting pohon. D. Kayu.

4. Pengertian dari teknik memahat adalah .......A. Proses mengambil bagian-bagian dari bahan yang tidak diperlukan agar

tercipta bentuk yang diinginkan. B. Proses menambah bagian-bagian tertentu pada bahan agar terbentuk desain yang

diinginkan.C. Proses menempel dua permukaan menjadi satu kesatuan bidang.D. Proses pembuatan untuk membuat hiasan kaligrafi dalam kuningan.

5. Berikut ini yang bukan bahan dan peralatan utama yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dengan menggunakan bahan pelepah pisang adalah.........A. Gunting. B. Gergaji mesin. C. Kuas. D. Pemotong (cutter).

6. Dalam berbagai kerajinan pelepah pisang,keberadaannya seringkali dapat dibedakan sebagai elemen utama dan pendukung estetik.Pengertian elemen utama adalah .....A. Pelepah pisang merupakan bahan utama sebuah kerajinan.B. Pelepah pisang hanya berfungsi sebagai hiasan.C. Pelepah pisang lebih diposisikan sebagai penghias ditepi sudut sebuah produk

kerajinan.D. Keindahan kerajinan hanya didapatkan dari pelepah pisang.

7. Berikut yang bukan ciri-ciri bahan pelepah pisang adalah.......A. Memiliki tekstur yang khas dan berwarna kecoklatan.B. Teknik yang digunakan lebih banyak dilakukan dengan cara menempel.C. Mudah dimanfaatkan sebagai pelapis sebuah permukaan.D. Mudah dilakukan teknik konstruksi.

8. Ukirlah bagian-bagian kayu sehingga membentuk hidung,mata,telinga,dan lain sebagainya.Proses langkah tersebut merupakan langkah dalam membuat kerajinan......A. Patung dari logam. C. Patung dari ranting kayuB. Topeng dari kayu. D. Hiasan Lukisan.

9. Suatu proses atau prosedur yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan suatu produk adalah......A. Perencanaan. B. Pembuatan. C. Pengemasan. D. Pengujian.

PETUNJUK UMUM :1. Tulislah terlebih dahulu nama anda pada lembar jawaban yang telah

disediakan2. Periksa dan bacalah soal denagn teliti dan jelas.3. Tanyakan pada pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas.4. Periksa pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas.

Page 2: Prakarya Kls 8 1415

10. Berikut ini yang bukan ciri bahan sampah anorganik adalah......A. Kaca,Plastik,Logam. C. Merupakan Zat mineral.B. Sulit diurai. D. Merupakan Zat Hayati

11. Yang bukan contoh kemasan produk yang terbuat dari bahan plastik adalah.........A. Pewangi pakaian. C. Makanan InstanB. Sabun cair. D. Minuman Bersoda

12. Salah satu bahan limbah anorganik yang memiliki sifat transparan,amorf,dan mudah retak adalah........A. Alumunium. B. Logam. C. Kaca. D. Plastik.

13. Alat atau perkakas yang digunakan untuk menghasilkan suara yang dapat didengar oleh telinga manusia berupa suara atau nada tertentu disebut......A. Alat penghasil bunyi. C. Alat penghasil listrikB. Alat penghasil gerak. D. Alat mekanik

14. Yang termasuk sumber arus listrik DC (Direct Current atau arus listrik searah) adalah........A. Genset. B. Generator AC. C. Sel Surya. D. Listrik dari PLN.

15. Alat penghasil bunyi yang dapat menampilkan gambar dan suara secara bersamaan adalah..........A. Telepon genggam. B. Televisi. C. Radio. D. Alat Musik.

16. Suatu peralatan yang dapat mengeluarkan bunyi atau nada-nada tertentu sesuai dengan input yang diberikan disebut.........A. Telepon genggam. B. Televisi. C. Radio. D. Aalat musik.

17. Komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat arus listrik disebut........A. Dioda. C. Integrated circuitB. Transistor. D. Resistor.

18. Suatu alat atau komponen elektronika yang dapat mengubah getaran listrik menjadi getaran suara adalah........A. Speaker. C. Motor ListrikB. Sensor. D. Generator Listrik.

19. Dibawah ini yang bukan termasuk alat penghasil bunyi adalah......A. Telepon Genggam C. Radio.B. Televisi D. Generator.

20. Suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyiapkam produk agar siap didisribusi,disimpan,dipakai ataupun dipasarkan disebut.......A. Perencanaan. C. Pengemasan.B. Pembuatan. D. Pengujian.

21. Suatu proses atau prosedur yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan suatu produk adalah......A. Perencanaan. C. PengemasanB. Pembuatan. D. Pengujian.

22. Berikut ini gerakan yang tidak ditimbulkan oleh motor listrik yang mengubah energi gerak berupa putaran pada poros motor adalah...... A. Bergeser. B. Berputar. C. Bersuara. D. Berjalan.

23. Peralatan yang menggunakan motor DC sebagai penggerak adalah......A. Pompa Air. C. AC (Pendingin Ruangan) B. Kipas Angin. D. Mikser Roti

24. Motor atau mesin yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak dengan bantuan sumber arus listrik searah adalah......A. Dioda. B. Transistor. C. Saklar. D. Aki.

25. Suatu alat yang dapat mengubah getaran listrik menjadi gerak adalah.......A. Pengeras Suara. C. Bel atau Alarm.B. Sensor. D. Kipas Angin.

26. Komponen Elektronika yang dapat mengubah besaran mekanis,magnetis,panas,sinar,dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik adalah.......A. Kapasitor. B. Resistor C. Sensor. D. Transistor.

27. Suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyiapkan produk agar siap didistribusi,disimpan,dipakai,ataupun dipasarkan disebut.......A. Perencanaan. C. Pengemasan.B. Pembuatan. D. Pengujian.

28. Suatu proses atau prosedur yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan suatu produk adalah.......A. Perencanaan. B. Pembuatan. C. Pengemasan. D. Pengujian.

Page 3: Prakarya Kls 8 1415

29. Disajikan data : 1. Bekatul 4. Cacing. 2. Larva. 5. Serangga Air3. Pelet.Berdasarkan Data tersebut yang termasuk makanan alami ikan lele adalah....A. 1,2,dan 3. B. 1,3,dan 4. C. 2,3,dan 4. D. 2,4,dan 5.

30. Perhatikan Gambar berikut !1. 2.

3. 4.

Tanaman kelompok Serealia ditunjukkan oleh gambar.....A. 1 dan 2. B. 1 dan 4. C. 2 dan 3. D. 3 dan 4.

31. Perhatikan Gambar berikut !

1. 2.

Jenis tepung yang dihasilkan oleh gambar 1 dan 2 secara berturut-turut adalah......A. Maizena dan Tapioka. C. Maizena dan SaguB. Tapioka dan Maizena. D. Gandum dan Tapioka

32. Perhatikan Pernyataan Berikut :1. Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.2. Memiliki kandungan protein yang tinggi.3. Dapat disimpan dalam bentuk tepung dan pati.4. Mudah ditanam disegala tempat.5. Sulit untuk diolah.Keunggulan Umbi-umbian ditunjukkan oleh nomor......A. 1,2,3 B. 1,3,4 C. 2,3,4 D. 3,4,5

33. Bagian yang sangat penting pada padi sebagai sumber makanan adalah......A. Sekam. B. Benih. C. Dedak. D. Endosperma.

34. Perhatikan data berikut.1. Sekam. 3. Benih.2. Dedak. 4. EndospermaSecara berurutan,anatomi biji serealia terdiri atas......A. 1,2,3,dan 4. C. 2,3,4,dan1B. 1,2,4,dan 3. D. 2,1,3,dan 4

35. Hasil pengolahan Serealia dan Umbi-umbian menjadi produk makanan setengah jadi adalah.......A. Tape,tepung,dan lemet singkong. C. Gaplek,kacang telor,dan maizenaB. Tapioka,gaplek,dan beras cepat tanak. D. Terigu,susu kedelai,dan tape

36. Hasil pengolahan serealia dan umbi-umbian menjadi produk makanan jadi adalah .........A. Tape,tepung,dan lemet singkong.B. Tapioka,gaplek,dan beras cepat tanak.C. Gaplek,kacang telor,dan maizena.D. Kacang telor,susu kedelai dan tape.

37. Tepung yang berasal dari umbi singkong adalah.......A. Terigu. B. Tapioka. C. Maizena. D. Hunkue.

Page 4: Prakarya Kls 8 1415

38. Perhatikan data berikut.1. Biskuit. 3. Kue kering2. Donat. 4. Mie.Produk olahan makanan tersebut bahan dasarnya adalah......A. Terigu. B. Tapioka. C. Maizena. D. Hunkue.

39. Bahan Pengental susu,puding,dan makanan ringan adalah......A. Terigu. B. Tapioka. C. Tepung ketan. D. Hunkue.

40. Hasil samping usaha pertanian berupa tangkai dan batang tanaman serealia yang telah kering,setelah biji-bijiannya dipisahkan disebut.....A. Klobot. B. Jerami. C. Serealia. D. Limbah Pertanian.

41. Hasil olahan kulit luar buah jagung yang biasanya dibuang disebut......A. Klobot jagung. C. Limbah jagungB. Bonggol jagung. D. Tongkol jagung

42. Sebelum digunakan untuk produk kerajinan,agar kulit jagung bisa lentur dan tahan lama perlu dilakukan proses pengolahan dengan cara........A. Dijemur sampai kering diterik matahari.B. Direbus selama 3-4 jam selanjutnya dijemur diterik matahari.C. Dipanggang hingga kering.D. Dikeringkan dengan pengasapan.

43. Persyaratan teknis yang harus diperhatikan untuk membuat keramba jaring apung agar mempunyai masa pakai yang lama adalah sebagai berikut,kecuali.........A. Arus air. C. Bebas dari pencemaranB. Jenis ikan. D. Kualitas air

44. Yang termasuk jenis-jenis ikan konsumsi adalah......A. Ikan mas,Nila,Lele,Patin.B. Bandeng,Udang Windu,Kakap Putih,Ikan Koi.C. Ikan cupang,Ikan Mas,Bandeng,Kakap putih.D. Bandeng,Udang Windu,Patin,Ikan Koi.

45. Jenis pengolahan hasil samping serealia jenis biji-bijian jenis padi yang dapat digunakan untuk kerajinan adalah.......A. Topi. B. Lampu hias. C. Bunga. D. Tumpeng.

46. Cara yang dilakukan untuk mengetahui besarnya seluruh biaya produksi yang telah dikeluarkan,serta besarnya keuntungan yang dapat diperoleh dari penjualan yang dihasilkan disebut.........A. Analisis pembuatan. C. Analisis konsumenB. Analisis pasar. D. Analisis ekonomi

47. Yang bukan merupakan kelebihan kertas aluminium untuk digunakan sebagai bahan kerajinan adalah........A. Ulet. B. Mengkilap. C. Tahan Lama. D. Pecah.

48. Fungsi dari Resistor adalah........A. Menyimpan energi listrik. C. Penyearah arus listrik bolak balikB. Menghambat arus listrik. D. Menyimpan energi listrik

49. Peralatan yang digunakan untuk membuat produk rekayasa penghasil bunyi kecuali.........A. Bor. B. Gergaji. C. Tang. D. Obeng.

50. Yang termasuk komponen elektronik pasif adalah........A. Resistor. B. IC. C. Transistor. D. Dioda.

@@@ Selamat Bekerja Semoga Sukses @@@

Page 5: Prakarya Kls 8 1415
Page 6: Prakarya Kls 8 1415

ULANGAN HARIAN SEMESTER 1

KELAS VIII

SMP NEGERI 19 PALUULANGAN HARIAN 1

MATA PELAJARAN : IPAKELAS/SEMESTER : VIII / 1 (SATU)

I. SOAL PILIHAN GANDA.

1. Satuan Gaya adalah ……

a. Joule.

b. Newton.

c. Kilogram.

d. Newtonmeter.

2. Ketika pesawat terbang bergerak naik…..

a. Massanya bertambah.

b. Massanya berkurang.

c. Beratnya bertambah.

d. Beratnya berkurang.

3. Resultan ketiga gaya pada gambar dibawah adalah…….

a. 15 N ke kiri.

b. 15 N ke kanan.

c. 30 N ke kanan.

d. 20 N ke kanan.

4. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar tentang berat,kecuali….

a. Berat adalah massa benda dikali gravitasi disuatu tempat.

Page 7: Prakarya Kls 8 1415

b. Berat benda ditempat yang mempunyai gravitasi yang berbeda akan berlainan.

c. Berat benda didaerah kutub lebih kecil daripada dikhatulistiwa.

d. Makin jauh dari bumi berat benda makin kecil.

5. Jika sebuah benda mempunyai massa 20 kg maka berat benda tersebut dibumi Indonesia adalah…..

a. 196 N b. 178 N c. 180 N d. 156 N

6. Gaya yang menyebabkan daun jatuh ke tanah disebut…..

a. Gaya gravitasi bumi. c. Gaya berat bumi.

b. Gaya dorong bumi. d. Gaya magnet bumi.

7. Seorang astronot memiliki berat 900 N ketika ditimbang dibumi. Jika percepatan gravitasi bulan 1/6 kali percepatan gravitasi bumi,maka berat astronot ketika dibulan…..

a. 900 N b. 400 N c. 150 N d. 75 N

8. Gaya adalah suatu besaran yang selain memiliki besar juga memiliki arah.Besaran seperti ini termasuk….

a. Besaran pokok. c. Besaran Skalar.

b. Besaran Turunan. d. Besaran Vektor.

9. Alat untuk mengukur gaya adalah …..

a. Neraca. c. Manometer.

b. Dinamometer. d. Spidometer.

10.Sebuah gaya 2000 N bekerja pada sebuah batang kayu yang sedang terapung di sungai.Batang kayu mengalami percepatan 4 m/s2.Massa batang kayu adalah……

a. 500 kg b. 800 kg c. 5000 kg d. 8000kg

II. KUNCI JAWABAN.

1. (a). Newton.

2. (d). * Massa merupakan jumlah materi yang dikandung suatu

benda.

* Massa tidak dipengaruhi gravitasi.

* Massa tetap.

Berat adalah gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda.

* Berat dipengaruhi gravitasi.

* Berat,besarnya dapat berubah.

Semakin jauh dengan pusat bumi,semakin kecil gaya

gravitasi sehingga berat semakin berkurang.

3. (b). Resultan Gaya (R) = F2 + F3 – F1 = 20 + 10 – 15 = 15 N kearah

kanan.

4. (c).

5. (a). Dik : m = 20 kg

g = 9,8 m/s2

Dit : w........?

Peny : w = m . g

= 20 kg x 9,8 m/s2 = 196 N

6. (a).

Page 8: Prakarya Kls 8 1415

7. (c). Dik : wdibumi = 900 N

gdibumi = 10 m/s2

Dit : wdibulan .........?

Peny : w = mg

m = w / g = 900 / 10 = 90 kg

8. (d).

9. (b).

10. (a). Dik : F = 2000 N

a = 4 m/s2

Dit : m ....... ?

Peny : F = m a

m = F / a = 2000 / 4 = 500 kg.

III. SOAL ESSAY TES.

1. a. Apa yang dimaksud dengan gaya?

b. Apa yang dimaksud dengan gaya sentuh dan gaya tak

sentuh?Berikan contohnya !

2. Sebutkan bunyi hukum I,II dan III Newton !

3. Sebutkan 3 macam perbedaan antara berat dan massa !

4. a. Berat 500 gr mie adalah .......(g = 9,8 m/s2).

b. Sebuah mobil mainan bermassa 0,75 kg ditarik dengan gaya

sebesar 1,5 N hingga bergerak. Bila gesekan antara ban dan lantai

diabaikan,berapakah percepatan yang dialami mobil tersebut ?

5. Resultan ketiga gaya pada gambar di bawah ini adalah ......

IV. KUNCI JAWABAN SOAL ESSAY TES.

1. a. Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang dilakukan pada

suatu benda.

b. Gaya Sentuh adalah gaya yang timbul karena persentuhan

langsung secara fisik antara dua benda.

Contohnya : gaya otot dan gaya gesekan.

Gaya Tak Sentuh adalah gaya yang timbul walaupun dua benda

tidak bersentuhan secara langsung.

Contoh : gaya gravitasi bumi, gaya listrik dan gaya magnet.

2. Hukum I Newton berbunyi : ”Setiap benda cenderung mempertahankan keadaannya,yaitu tetap diam atau tetap bergerak dengan kecepatan konstan.”

Hukum II Newton berbunyi : “Gaya yang diberikan pada sebuah benda sebanding dengan massa dan percepatan yang dialami benda tersebut.”

Page 9: Prakarya Kls 8 1415

Hukum III Newton berbunyi : “Untuk setiap aksi maka terdapat reaksi yang besarnya sama,tapi arahnya berlawanan.”

3. Perbedaan antara berat dan massa :No. Massa Berat1. Menyatakan banyaknya

materi didalam suatu zat.Menyatakan besarnya gaya gravitasi yang bekerja pada benda.

2. Nilainya selalu tetap di setiap lokasi.

Bergantung pada percepatan gravitasi bumi.

3. Merupakan besaran skalar. Merupakan besaran vektor.4. Diukur dengan satuan

kilogram (kg)Diukur dengan satuan newton (N).

5. Tidak mungkin bernilai nol. Dapat bernilai nol.

4. a. Dik : m = 500 gr = 0,5 kg

g = 9,8 m/s2

Dit : w .......?

Peny : w = m g = 0,5 x 9,8 = 4,9 N

b. Dik : F = 1,5 N

m = 0,75 kg

Dit : a ......?

Peny : Menurut hukum II Newton :

F = m a

a = F / m = 1,5 / 0,75 = 2 m/s2

5. Resultan gaya (R) = F2 + F3 – F1 = 20 + 10 – 15

= 15 N arah ke kanan.

IV. Cara Penilaian Soal Essay Tes.

No. Soal

Keterangan Skor

1. Jawaban benar 52. Jawaban benar 33. Jawaban benar 34. Jawaban benar 65. Jawaban benar 3

Jumlah 20

Nilai =Skor Jawaban benar

X 100Skor keseluruhan soal

Palu, 14 JULI 2011

Guru Mata Pelajaran

Page 10: Prakarya Kls 8 1415

Nurhayati,S.Pd

SMP NEGERI 19 PALUULANGAN HARIAN 2

MATA PELAJARAN : IPA FISIKAKELAS/SEMESTER : VIII / 1 (SATU)

I. SOAL PILIHAN GANDA.

1. Dalam Satuan Internasional (SI) ,satuan energy adalah……a. erg. b. Kalori. c. Kilokalori. d. Joule

2. Sebuah benda meluncur dari titik P melalui Q,R dan S.Benda memiliki energy potensial gravitasi paling kecil saat berada di titik…..a. P. b. Q. c. R. d. S

3. Energi Potensial gravitasi adalah energy yang dimiliki benda karena…..a. Ketinggiannya. c. Kemiringannya.b. Kecepatannya. d. Kemagnetannya.

4. Alat yang dapat merubah energy listrik menjadi energy cahaya adalah…..a. Lampu Petromak. c. Lilin.b. Lampu pijar. d. Obor.

5. Setiap benda yang bergerak memiliki energy …..a. Elektrik. c. Mekanik.b. Potensial. d. Kinetik.

6. Perhatikan gambar berikut ini.Massa bola 0,5 kg berada pada ketinggian 2 meter dan percepatan gravitasi 9,8 N/kg. Maka energy kinetik yang dimiliki bola adalah….a. 19,6 Joule.b. 9,8 Joule.c. 4,9 Joule. d. 1 Joule.

7.

II. KUNCI JAWABAN.

1. 2.

Page 11: Prakarya Kls 8 1415

IV. Cara Penilaian

No. Soal Keterangan Skor1. Jawaban benar2. Jawaban benar3. Jawaban benar4. Jawaban benar5. Jawaban benar

Jumlah

Nilai =Skor jawaban benar

X 100Skor keseluruhan soal

Palu, 14 Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Nurhayati,S.Pd

SMP NEGERI 19 PALUULANGAN HARIAN 3

MATA PELAJARAN : IPA FISIKAKELAS/SEMESTER : VIII / 1 (SATU)

I. SOAL PILIHAN GANDA.

1. Dua komponen yang terdapat pada besaran usaha adalah...........a. Gaya dan Perpindahan.b. Gaya dan Kecepatan.c. Gaya dan Waktu.d. Gaya dan daya.

2. Dalam Satuan Internasional (SI) satuan usaha dapat juga dinyatakan dalam.......a. kg m/sb. Nmc. kg m2/s2

d. kg m2 s2

3. Salah satu contoh usaha yang dilakukan seseorang adalah.......a. Mendorong meja hingga bergeser.b. Mendorong anak tangga.c. Mendorong dinding yang kokoh.d. Menekan lantai hingga berkeringat.

4. Gaya yang tidak menghasilkan usaha dibawah ini adalah.......a. Gaya yang searah dengan perpindahan.b. Gaya yang berlawanan arah dengan perpindahannya.c. Gaya yang membentuk sudut dengan perpindahannya.d. Gaya yang tegak lurus dengan perpindahannya.

Page 12: Prakarya Kls 8 1415

5. Usaha yang dilakukan untuk mengangkat benda berat sebesar 50 N seringgi 1,5 m adalah......a. 25 Joule.b. 50 Joule.c. 75 Joule.d. 100 Joule.

6. Daya tidak bergantung pada......a. Gaya.b. Jarak.c. Waktu.d. Arah gaya.

7. Satuan daya adalah .........a. Joule.b. Newton.c. Watt.d. kg.

8. Besarnya daya sebuah mesin yang melakukan usaha 700 Joule selama 5 sekon adalah......a. 3500 watt.b. 1400 watt.c. 350 watt.d. 140 watt.

9. Sebuah gaya melakukan usaha 60 joule pada suatu benda sehingga benda berpindah sejauh 5 m searah gaya. Besar gaya tersebut adalah....a. 6 Newton.b. 12 Newton.c. 30 Newton.d. 300 Newton.

10. Seorang anak dengan berat 350 N menaiki tangga setinggi 7 m dalam waktu 40 sekon. Daya yang dilakukan anak tersebut adalah.......a. 2000 watt.b. 125 watt.c. 61,25 watt.d. 12,5 watt.

II. KUNCI JAWABAN.

1. (a).2. (b).3. (a).4. (d).5. (c).

Pembahasan :Dik : F = 50 N. s = 1,5 meter.

Dit : W ......?

Ket : W = Fs = 50 N x 1,5 meter = 75 Joule.6. (d). 7. (c).8. (d).

Pembahasan :Dik : W = 700 Joule.t = 5 sekon.

Dit : P.......?

Ket : P = W / t = 700 / 5 = 140 watt.9. (b).

Pembahasan : Dik : W = 60 Joule.s = 5 meter.

Dit : F ......?

Ket : W = Fs

Page 13: Prakarya Kls 8 1415

F = W / s = 60 / 5 = 12 N

10. (c).Pembahasan :Dik : F = 350 N

s = 7 mt = 40 sekon

Dit : P ......?

Ket : P = W / t

W = F.s = 350 x 7 = 2450 Joule.

P = 2450 / 40 = 61,25 watt.

II. SOAL ESSAY.1. A. Apa yang dimaksud dengan usaha ?

B. Apa yang dimaksud dengan Daya ?

2. Sebutkan macam-macam usaha !3. Tuliskan Rumus Umum Usaha dan Daya !4. Dua buah gaya bekerja kearah yang sama sehingga benda berpindah sejauh

2 meter. Bila gaya resultan 60 N,berapakah usaha yang dilakukan kedua gaya tersebut ?

5. Seorang anak mengangkat beban yang massanya 10 kg setinggi 1 meter. Bila waktu yang diperlukan anak tersebut hanya 2 sekon,berapakah dayanya ?

III. KUNCI JAWABAN.1. A. Usaha adalah hasil kali gaya dengan perpindahan.

B. Daya adalah kecepatan melakukan usaha.

2. Macam-macam Usaha :* Usaha bernilai positif.* Usaha bernilai negatif.* Usaha bernilai nol.* Usaha bersama.

3. Rumus Umum Usaha :W = F s

W = Usaha (Joule).F = Gaya (Newton).s = Perpindahan benda (meter).

Rumus Umum Daya :P = W / t

P = Daya (watt).W = Usaha (Joule).t = Waktu (sekon).

Page 14: Prakarya Kls 8 1415

4. Dik : s = 2 meter. F = 60 Newton.

Dit : F .....?Peny : W = Fs = 60 x 2 = 120 Joule.

5. Dik : m = 10 kg h = 1 meter t = 2 sekon.

Dit : P .....?

Peny : P = W / t

P = Fs / t

F = mgh = 10 x 10 x 1 = 100 Newton.

P = 100 x 1 / 2 = 100 / 2 = 50 watt.

IV. Cara PenilaianNo. Soal Keterangan Skor

1. Jawaban benar 22. Jawaban benar 23. Jawaban benar 24. Jawaban benar 35. Jawaban benar 3

Jumlah 12

Nilai =Skor jawaban benar

X 100Skor keseluruhan soal

Palu, 14 Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Nurhayati,S.Pd

Page 15: Prakarya Kls 8 1415

SMK MANDALASILA PALUULANGAN HARIAN 4

MATA DIKLAT : IPAKELAS/SEMESTER : X / 1 (SATU)

I. SOAL

1. Jelaskan pengertian atom menurut Thomson ?

2. Jelaskan pengertian atom menurut Dalton ?

3. Sebutkan partikel dasar pembentuk atom !

4. Berapa jumlah Proton, elektron dan neutron dari :a. 40

C20

b. 39

K+

19

c. 35

Cl-

17

5. Jelaskan pengertian molekul dan berikan 5 contohnya ?

6. Jelaskan pengertian Ion dan berikan 5 contohnya ?

II. KUNCI JAWABAN.

1. Menurut Thomson, atom berupa bola pejal (tidak berongga) yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif tersebar di segala tempat dalam bola pejal tersebut.

2. Menurut Dalton, atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang sudah tidak bisa dibagi lagi,yang masih mempunyai sifat yang sama dengan unsur tersebut.

3. Partiekel dasar pembentuk atom adalah elektron, proton, dan neutron.

Page 16: Prakarya Kls 8 1415

4. a. 40

C20

Jumlah Proton = 20Jumlah Elektron = 20Jumlah Neutron = 40 – 20 = 20

b. 39

K+

19

Jumlah Proton = 19Jumlah Elektron = 19 – 1 = 18Jumlah Neutron = 39 – 19 = 20

c. 35

Cl-

17

Jumlah Proton = 17Jumlah Elektron = 17 + 1 = 18Jumlah Neutron = 35 – 17 = 18

5. Molekul adalah gabungan dari 2 atau atau lebih,baik atom – atom yang sama maupun atom – atom yang berbeda.Contoh Molekul :- Molekul gas nitrogen ditulis N2.- Molekul asam klorida ditulis HCl.- Molekul gas hidrogen ditulis H2.- Molekul gas bromin ditulis Br2.- Molekul amonia ditulis NH3.

6. Ion adalah atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik.- Ion natrium- Ion magnesium- Ion kalsium.- Ion hidroksida.- Ion klorida.

Page 17: Prakarya Kls 8 1415

III. Cara PenilaianNo. Soal Keterangan Skor

1. Jawaban benar 52. Jawaban benar 53. Jawaban benar 54. Jawaban benar 155. Jawaban benar 106. Jawaban benar 10

Jumlah 50

Nilai =Skor jawaban benar

X 100Skor keseluruhan soal

Mengetahui,Wakasek Kurikulum

Sherly Tampang,S.PdNip.197326 07 200501 2 008

Palu, 12 November 2008

Guru Mata Pelajaran

Nurhayati,S.Pd

Mengetahui,Kepala Sekolah

J. Sinaga

Page 18: Prakarya Kls 8 1415

SMK MANDALASILA PALUULANGAN HARIAN 5

MATA DIKLAT : IPAKELAS/SEMESTER : X / 1 (SATU)

I. SOAL

1. Jelaskan pengertian konfigurasi elektron ?

2. Dengan berpatokan pada cara penyusunan elektron pada contoh di atas, cobalah kamu tentukan bagaimana susunan elektron untuk atom – atom :a. 4Beb. 11Nac. 36Kr

3. Apa yang dimaksud dengan elektron valensi ?

4. Tentukan elektron valensi dari atom – atom berikut ini :a. 11Na

b. 17Cl

c. 12Mg

5. Tentukan letak unsur berikut dalam sistem periodik :a. 6C

b. 13Al

c. 19K

6. Tentukan konfigurasi elektron dari unsur – unsur berikut bila diketahui (dalam sistem periodik) unsur tersebut terletak pada periode dan golongan sebagai berikut :a. Periode 2 golongan VIAb. Periode 3 golongan VA.c. Periode 4 golongan VIIA.

7. Sebutkan dan jelaskan sifat – sifat periodik unsur ?

II. KUNCI JAWABAN.

1. Konfigurasi elektron adalah susunan elektron dalam tiap kulit atom.

Page 19: Prakarya Kls 8 1415

2. Susunan elektron untuk atom – atom berikut adalah :

a. 4Be

b. 11Na

c. 36Kr

3. Elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit terluar.

4. Elektron valensi dari atom – atom berikut adalah :

a. 4Be

Konfigurasi elektronnya = 2, 2Elektron valensinya = 2 (unsur golongan 2A).

b. 11Na

Konfigurasi elektronnya = 2, 8, 1Elektron valensinya = 1 (unsur golongan 1A)

c. 36Kr

Konfigurasi elektronnya = 2, 8, 18, 8Elektron valensinya = 8 (unsur golongan 8A).

5. Konfigurasi elektron dari :a. 6C = 2 4

b. 13Al = 2 8 3

c. 19K = 2 8 8 1

Letak unsur dalam sistem periodik :a. 6C : periode 2 golongan IVA

b. 13Al : periode 3 golongan IIIA

c. 19K : periode 4 golongan IA

6. a. Periode 2 = jumlah kulit = 2 ( K, L)Golongan VIA = jumlah elektron valensi 6Konfigurasi elektron : 2, 6

b. Periode 3 = jumlah kulit = 3 (K, L, M)Golongan VA = jumlah elektron valensi 5Konfigurasi elektron : 2, 8, 5

c. Periode 4 = jumlah kulit = 4 (K, L, M, N)Golongan VIIA= jumlah elektron valensi 7Konfigurasi elektron : 2, 8, 8, 7

Page 20: Prakarya Kls 8 1415

7. Sifat – sifat periodik unsur adalah :- Jari – jari atom.

Jari – jari atom adalah jarak dari inti atom sampai elektron pada kulit terluar.

- Energi Ionisasi.Energi Ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan sebuah elektron yang terikat paling lemah dari suatu atom yang berfase gas.

- Afinitas Elektron.Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dilepaskan apabila atom suatu unsur dalam wujud gas menangkap sebuah elektron.

- Keelektonegatifan.Keelektronegatifan adalah kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap atau menarik elektron dari atom lain.

- Sifat Logam dan Nonlogam.Unsur logam cenderung melepaskan elektron terluarnya,sedangkan unsur non logam cenderung menangkap elektronnya.

- Sifat Basa dan Sifat Asam.Sifat Basa merupakan kecenderungan untuk melepaskan ion OH- dalam larutan. Sifat Asam merupakan kecenderungan untuk melepaskan ion H+ dalam larutan.

III. Cara PenilaianNo. Soal Keterangan Skor

1. Jawaban benar 52. Jawaban benar 153. Jawaban benar 54. Jawaban benar 55. Jawaban benar 156 Jawaban benar 157. Jawaban benar 10

Jumlah 40

Nilai =Skor jawaban benar

X 100Skor keseluruhan soal

Mengetahui,Wakasek Kurikulum

Sherly Tampang,S.PdNip.197326 07 200501 2 008

Palu, 10 Desember 2008

Guru Mata Pelajaran

Nurhayati,S.Pd

Mengetahui,Kepala Sekolah

J. Sinaga

Page 21: Prakarya Kls 8 1415
Page 22: Prakarya Kls 8 1415