Ppt urine persentaion

download Ppt urine persentaion

of 15

Embed Size (px)

Transcript of Ppt urine persentaion

PENANGANAN BAHAN PEMERIKSAAN

PENANGANAN BAHAN PEMERIKSAAN (URINE)NAMA KELOMPOK:

Ade Lina CahyaningsihDenda Febyana Rosadi I Nyoman Bagus Aji KresnapatiNopita Anjani

PENGERTIAN URINEUrine merupakan cairan sisa yang diekskresikan ginjal kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi,Proses terbentuknya urine ada 3 yaitu Filtrasi (penyaringan),reabsorbsi (penyerapan kembali) ,dan Augmentasi.

CARA MENDAPATKAN SAMPEL URINEPengambilan urine secara sendiriUrine katerterUrine porsi tengahUrine aspirasi suprapubik

Jenis sampel urineUrine sewaktu/urine acak (random)Urine pagi pengumpulan sampel pada pagi hari setelah bangun tidur.Urine tampung 24 jam adalah urine yang dikeluarkan selama 24 jam terus-menerus.

Cara PengumpulanCara pengumpulan urine 24 jam adalah :Pada hari pengumpulan, pasien harus membuang urin pagi pertama. Catat tanggal dan waktunya. Semua urine yang dikeluarkan pada periode selanjutnya ditampung. Jika pasien ingin buang air besar, kandung kemih harus dikosongkan terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan air seni dan kontaminasi feses pada sampel urin wanita. Keesokan paginya tepat 24 jam setelah waktu yang tercatat pada wadah, pengumpulan urin dihentikan. Spesimen urine sebaiknya didinginkan selama periode pengumpulan

Cara pengambilan sampel urine clean-catch pada pasien wanita :

Pasien harus mencuci tangannya dengan memakai sabun lalu mengeringkannya dengan handuk, kain yang bersih atau tissue.Tanggalkan pakaian dalam, lebarkan labia dengan satu tanganBersihkan labia dan vulva menggunakan kasa steril dengan arah dari depan ke belakangBilas dengan air bersih dan keringkan dengan kasa steril yang lain.

LANJUTAN....Selama proses ini berlangsung, labia harus tetap terbuka dan jari tangan jangan menyentuh daerah yang telah dibersihkan.Keluarkan urine, aliran urine yang pertama dibuang. Aliran urine selanjutnya ditampung dalam wadah steril yang telah disediakan. Pengumpulan urine selesai sebelum aliran urine habis. Diusahakan agar urine tidak membasahi bagian luar wadah.Wadah ditutup rapat dan segera dikirim ke laboratorium.

Cara pengambilan urine clean-catch pada pasien pria :

Pasien harus mencuci tangannya dengan memakai sabun lalu mengeringkannya dengan handuk, kain yang bersih atau tissue.Jika tidak disunat, tarik preputium ke belakang. Keluarkan urine, aliran urine yang pertama dibuang. Aliran urine selanjutnya ditampung dalam wadah steril yang telah disediakan. Pengumpulan urine selesai sebelum aliran urine habis. Diusahakan agar urine tidak membasahi bagian luar wadah.Wadah ditutup rapat dan segera dikirim ke laboratorium

Cara pengamanan sampel urineDalam pengambilan sampel perlu diperhatikan juga untuk apa sampel tersebut dan wadah yang steril untuk menampung sampel, serta berapa banyak urine yang diperlukan.

pengiriman

Untuk pengiriman perlu diperhitungkan jarak antara lokasi pengambilan dengan laboratorium .

BAHAN PENGAWET URINE Sodium FloridaFormalinHCLBoric Acid .Sodium Carbonate ToluenaThymolNatrium Carbonate

-Asam Sulfat Pekat -Formaldehyde, mercury, benzoate Macam-macam Pemeriksaan Sampel UrinPemeriksaan laboratoriumPemeriksaan urinalisis dilakukan untuk menentukan dua parameter penting ISK yaitu leukosit dan bakteri. Pemeriksaan rutin lainnya seperti Pemerikssaan warna urine,kejernihan, berat jenis urine,derajat keasaman ,sedimen urine,protein,bilirubin urine,reduksi urine,tes kehamilan imunologik.dll

LANJUTAN...PEMERIKSAAN DIPSTIKpemeriksaan leukosit dan bakteri di urin dengan cepatPEMERIKSAAN MIKROKOPIIS URINEmenentukan jumlah leukosit dan bakteri dalam urinPEMERIKSAAN KULTUR merupakan baku emas untuk diagnosis ISK

Pelakuan Terhadap Sisa Sampel Urine

Sampel Urine yang sudah selesei diperiksa di buang ke tempat sampah infeksius yang umumnya berwarna merah, adapula yang dibuang langsung ke wastafel yang pembuangannya mengalir khusus ke tempat sampah infeksius.untuk pemeriksaan urine yang tidak menggunakan bahan kimia, sampel urine dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

TRIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT