ppt pleno blok 7

download ppt pleno blok 7

of 22

  • date post

    29-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    26
  • download

    3

Embed Size (px)

description

struktur dan mekanisme pernapasan

Transcript of ppt pleno blok 7

Struktur Pernapasan dan Mekanisme Pernapasan

Struktur Pernapasan dan Mekanisme Pernapasan

Skenario 4Seorang polwan umur 37 tahun diusulkan untuk menerima kenaikan pangkat. Untuk melengkapi persyaratan ia diwajibkan menjalani pemeriksaan kesehatan. Oleh dokter ia diminta untuk menjalani pemeriksaan antara lain spirometri.

Langkah 1 Identifikasi masalah yang tidak di ketahui : Spirometri : Spirometri adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur secara obyektif kapasitas/fungsi paru (ventilasi) pada pasien dengan indikasi medis.

Langkah 2Rumusan masalah :Polwan berumur 37 tahun diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan salah satunya adalah spirometri.

Langkah 3 Analisis Masalah

Polwan 37 tahun melakukan pemeriksaan kesehatan spirometriStruktur Pernapasan Mekanisme PernapasanMekanisme Kerja SpirometriMakroMikroLangkah 4 Hipotesis :Polwan yang melakukan pemeriksaan spirometri untuk mengetahui kesehatan pernapasan.

Langkah 5 Menentukan sasaran Pembelajaran :Mengetahui struktur pernapasan makro dan mikroMengetahui mekanisme pernapasanMengetahui kerja spirometri Pembahasan Struktur Pernapasan

Struktur Pernapasan

Struktur Pernapasan

Struktur pernapasan

Fungsi PernapasanFungsi utama pernapasan adalah untuk memperoleh O2 agar dapat digunakan oleh sel-sel tubuh dan mengeliminasi CO2 yang dihasilkan oleh sel.

Jalur Pernapasan Rongga hidung faring laring trakea bronkus bronkiolus alveolus sel-sel tubuh.

Pusat Pengendalian Pernapasan

Mekanisme Pernapasan

Otot-otot Pernapasan

Volume dan Kapasitas Pernapasan

Keseimbangan Asam BasaMempertahankan agar PCO2 selalu konstan. Keseimbangan asam basa respirasi bergantung pada keseimbangan produksi dan ekskresi CO2. Jumlah CO2 yang berada di dalam darah tergantung pada laju metabolisme sedangkan proses ekskresi CO2 tergantung pada fungsi paru.

Spirometri

SpirometriUntuk mengukur kapasitas vital (KV) dan subdivisinya serta kecepatan aliran ekspirasi atau inspirasi. Pengukuran kapasitas pernapasan (kapasitas paru-paru), seperti pada saat uji fungsi paru. Untuk mengukur kapasitas pernapasan pada paru-paru. Mendeteksi adanya gangguan keluar masuknya udara dan kelainan pada saluran pernapasan (misalnya penyumbatan).

Kesimpulan Respirasi adalah suatu proses mulai dari pengambilan oksigen, pengeluaran karbondioksida hingga penggunaan energi di dalam tubuh. Alat-alat respirasi pada manusia adalah rongga hidung, faring, laring, trakea, paru-paru, bronkus, bronkiolus dan alveolus. Pernapasan pada seseorang dapat diketahui berapa besar kemampuan menghirup udara, mengeluarkan serta berapa besar kapasitas total paru untuk dapat menampung oksigen.