Ppt materi 3 (ngaku mukmin)

download

of 17

  • date post

    01-Dec-2014
  • Category

    Spiritual
  • view

    88
  • download

    2

Embed Size (px)

description

tentang keimanan yang akan diuji dan tips menjaga keimanan

transcript

  • 1. Ngaku Mukmin? Akan Diuji, Lho! TDS-2014
  • 2. Intro Disini pada mau masuk surga? Kalau kita ingin masuk surga, Kita harus jadi muslim yang sesungguhnya yang sesuai dengan teladan kita Rosulullah SAW. Jangan sampai muslimnya Cuma ikut-ikutan aja, mending yang kita ikuti bener, nah klo sesat, bahaya tuh!
  • 3. Melewati ujian iman Setiap orang pasti mengalami ujian kalau dia mau naik tingkatannya, ya gak? Contohnya aja, kenaikan kelas, pasti ada ujiannya kan?? Atau kenaikan level di taekondow, pramuka, pasti ada tes untuk membuktikan kita pantas gak naik ketingkatan yg lebih tinggi. Begitu pula degan IMAN Ramadhan adalah bulan tes keimanan kita.
  • 4. Contoh Godaan di bulan ramadhan
  • 5. Ujian Keimanan di bulan Ramadhan Di bulan ini keimanan kita diuji. Seberapa besar ketundukan dan kepatuhan kita terhadap aturan Allah Swt. dan RasulNya. Sebab, iman yang benar seharusnya mau menjalani semua perintahNya dan menjauhi apa yang dilarang olehNya. Allah Swt. berfirman (yang artinya): Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi?. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (QS al-Ankabuut [29]: 2-3)
  • 6. Contoh para Sahabat Ada yang pernah denger sahabat Rosulullah bilal bin rabah? Bilal bukanlah sahabat rosulullah yang kaya, yang memiliki jabatan, Bilal hanya anak seorang budak kulit hitam, karna ibunya seorang budak maka anaknya pun menjadi budak. Tidak ada kelebihan yang dimiliki bilal secara materi Tetapi bilal memiliki keutamaan-keutamaan seperti abu bakar ra., Umar bin khatab, Ustman bin affan , musab bin umair, dan para sahabat rasul lainya Taukah kenapa??? Karna bilal mampu melewati ujian keimanan.
  • 7. Ujian Keimanan Bilal bin Rabah
  • 8. Ujian Keimanan Bilal bin Rabah Bilal al Habsyi yang disiksa oleh majikannya yang bernama Umyyah bin Khalaf. Umayyah menyiksa Bilal dengan meletakan sebuah batu yang sangat besar di dadanya sehingga Bilal tidak dapat bergerak, bisa saja waktu itu Bilal selamat dari siksaan tersebut, dengan syarat Bilal harus meninggalkan Islam, tetapi Bilal hanya berkata Ahad, Ahad ( hanya satunya berhak disembah ). Siksaan yang diberikan kepada Bilal bukan hanya itu saja. Pada malam hari ia dirantai dan dicambuk terus menerus sehingga badannya penuh luka.dan pada esok harinya dengan luka itu dijemur kembali di padang pasir yang panas sehingga lukanya semakin parah, Tuannya berharap ia akan meninggalkan Islam atau mati pelahan dengan cara tersebut. Orang yang menyiksak Bilal r.a. silih berganti, kadangkala Abu Jalal atau Umayyah bin Khalaf, bahkan orang lainpun ikut menyiksanya. Setiap orang berusaha menyiksanya dengan lebih berat. Ketika Abu Bakar r.a. melihat hal itu ia menebusnya dan segera memerdekakannya
  • 9. Ujian Keimanan Sahabat lainnya
  • 10. Contoh dari kita Ada yang mau share pengalaman ujian keimanan? Mungkin ada di antara kita yang mualaf? Atau mungkin yang mencoba memakai kerudung tetapi ditenang orang tua? Itulah ujian keimanan kita Tetapi harus Kita ingat bahwa Allah memberikan ujian sesuai dengan Kemampuan kita, Dan tentu saja siapa saja yang lulus ujian keimanan maka pahala besar yang Allah berikan pada hambaNya
  • 11. Tips dalam ngadepin ujian keimanan 1 2 3 4
  • 12. Tips 1 Pertama, sering baca. Yang jelas bukan baca komik. Ribuan komik elo baca juga gak bakal berpengaruh pada keimanan. Bacaan-bacaan tentang islam tentunya. Entah itu tetang apa saja yang berkaitan dengan Islam. Kalo males buat ke toko buku terus beli bukunya, bisa juga download digibook atau ebooknya dari internet. BTW, di blog blog juga ada lho: www.sisigelapotak.blogspot.com Atau website gaulislam: www.gaulislam.com. Insya Allah banyak manfaatnya.
  • 13. Tips 2 Kedua, nonton video Kalo malas baca, nonton video bisa jadi alternatif. Yang jelas video tentang islam, bukan music video, anime apalagi Kdrama. Ada banyak serinya, mau yg agak berat seperti harun yahya, Atau yang seri anak seperti diva, syamil, Atau bias juga film seperti the massage, omar, dsbg.
  • 14. Tips 3 Ketiga, yang jelas mah NGAJI deh. Di tempat ngaji kita bisa banyak nanya tuh sama gurunya. Mungkin dari situ juga nanti ada masukan-masukan yang bermanfaat. Ngaji disini bukan hanya Baca Al-Quran, tapi ikut forum-forum kajian, diskusi dengan orang-orang yang di anggap mengerti agama. Di forum-forum kajian selain dapat ilmu kita juga bisa curhat masalah, kita bisa dapat solusi dan juga wawasan lainya yang jelas akan membuat kita semakin matang menghadapi Ujian Keimanan
  • 15. Tips 4 Terakhir Yakinlah apa yang direncanakan oleh Allah Taala itu adalah yang terbaik untuk kita dan yang kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita. Allah Swt. berfirman (yang artinya): Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui. (QS al-Baqarah [2]: 216)
  • 16. Kesimpulan So, jangan pernah salah dalam bertindak dan mengambil keputusan jika yang sedang dipertaruhkan itu adalah keimanan kita. Sebab, Iman itu mahal harganya. Jangan sampai menukarkan iman kita dengan sekardus mie instan, cinta gombal dari laki-laki , harta, jabatan, atau iming-iming kenikmatan duniawi lainnya. Semoga kita semua dianugerahkan kesabaran dan kekuatan oleh Allah Swt. untuk menghadapi ujian keimanan yang mungkin saja sedang dan akan kita alami. Jangan menyerah. Semoga kita tetap istiqomah bersama Islam sampai akhir hayat kita
  • 17. Tanya - jawab