PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

download PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

of 15

  • date post

    04-Jun-2018
  • Category

    Documents

  • view

    228
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    1/15

    KETAHANAN NASIONALA 6 ARDA PUTRI KURNIATI 1102008042 ADELINE NURUL HASANAH 1102009006 AKMAL NUGRAHA 1102009018 ANANDA INDRAWAN PRABOWO 1102009027 BUYUNG BERLI 1102009058 CINDY PRATIWI TUKAN 1102009063 FAZMIAL RACHMAWATI 1102009110 ICHA SUKMATRIANI 1102009135 ISNAN WAHYUDI 1102009145 IZZA AYUDIA HAKIM 1102009150 KENAZ FAUZIE 1102009152 KHAIRUL RIDWAN LUBIS 1102009153 KUSUMA RAMADHANI 1102009154 LAMIA ADILIA 1102009155

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    2/15

    Ketahanan NasionalKonsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi

    pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan danpenyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang

    serasi dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh danmenyeluruh berlandaskan Pancasila, UUD 45 dan Wasantara.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    3/15

    HAKEKAT KETAHANAN NASIONAL DANKONSEPSI KETAHANAN NASIONAL

    INDONESIA Hakekat Ketahanan Nasional Indonesia = Keuletan dan ketangguhan

    yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasionaluntuk dapat menjamin kelangsungan hidup dan tujuan negara.

    Hakekat Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia = Pengaturan dan

    penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang, serasidan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    4/15

    Asas Asas Ketahanan Nasionala) . Asas kesejahtraan dan keamanan

    Asas ini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan wajib dipenuhi bagi individu maupunmasyarakat atau kelompok. Didalam kehidupan nasional berbangsa dan bernegara, unsur kesejahteraandan keamanan ini biasanya menjadi tolak ukur bagi mantap/tidaknya ketahanan nasional.

    b). Asas komprehensif/menyeluruh terpaduArtinya, ketahanan nasional mencakup seluruh aspek kehidupan. Aspek-aspek tersebut berkaitan dalambentuk persatuan dan perpaduan secara selaras, serasi, dan seimbang.

    c). Asas kekeluargaanAsas ini bersikap keadilan, kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawabdalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal hidup dengan asas kekeluargaanini diakui adanya perbedaan, dan kenyataan real ini dikembangkan secara serasi dalam kehidupankemitraan dan dijaga dari konflik yang bersifat merusak/destruktif.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    5/15

    SIFAT KETAHANANNASIONAL INDONESIA Mandiri : Percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri bertumpu pada

    identitas, integritas dan kepribadian. Kemandirian merupakan prasyaratmenjalin kerjasama yang saling menguntungkan

    Dinamis : Berubah tergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negaraserta kondisi lingkungan strategis.

    Wibawa :Pembinaan ketahanan nasional yang berhasil akan meningkatkankemampuan bangsa dan menjadi faktor yang diperhatikan pihak lain.

    Konsultasi dan Kerjasama : Sikap konsultatif dan kerjasama serta salingmenghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadianbangsa.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    6/15

    Kedudukan dan FungsiKetahanan Nasional Kedudukan

    Suatu ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh bangsa Indonesia serta merupakan caraterbaik yang perlu di implementasikan secara berlanjut dalam rangka membina kondisikehidupan nasional yang ingin diwujudkan, wawasan nusantara dan ketahanan nasionalberkedudukan sebagai landasan konseptual, yang didasari oleh Pancasila sebagai landasan idealdan UUD sebagai landasan konstisional dalam paradigma pembangunan nasional.

    Fungsi1. Sebagai doktrin dasar nasional perlu dipahami untuk menjamin tetap terjadinya pola pikir,pola sikap, pola tindak dan pola kerja dalam menyatukan langkah bangsa yang bersifat inter

    regional (wilayah), inter sektoral maupun multi disiplin.2. Arah dan pedoman dalam pelaksanaan pembangunman nasional disegala bidang dan sektorpembangunan secara terpadu, yang dilaksanakan sesuai dengan rancangan program.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    7/15

    Ketahanan Nasional dan KonsepsiKetahanan Nasional

    1) Ketangguhankekuatan yang menyebabkan seseorang atau sesuatu dapat bertahan, kuat menderita atau dapatmenanggulangi beban yang dipikulnya.

    2) Keuletanusaha secara giat dengan kemampuan yang keras dalam menggunakan kemampuan tersebut diatasuntuk mencapai tujuan.

    3) Identitasciri khas suatu bangsa atau negara dilihat secara keseluruhan. Negara dilihat dalam pengertiansebagai suatu organisasi masyarakat yang dibatasi oleh wilayah dengan penduduk, sejarah,pemerintahan, dan tujuan nasional serta dengan peran internasionalnya.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    8/15

    4. IntegritasYaitu kesatuan menyeluruh dalam kehidupan nasional suatu bangsa baik unsur

    sosial maupun alamiah, baik bersifat potensional maupun fungsional.

    5. AncamanYang dimaksud disini adalah hal/usaha yang bersifat mengubah atau merombakkebijaksanaan dan usaha ini dilakukan secara konseptual, kriminal dan politis.

    6. Hambatan dan gangguanAdalah hal atau usaha yang berasal dari luar dan dari diri sendiri yangbersifat dan bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak

    konsepsional.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    9/15

    PENGARUH ASPEK KETAHANAN NASIONAL PADAKEHIDUPAN BERNEGARAKonsepsi ketahanan nasional akan menyangkut hubungan antar aspek yang mendukung kehidupan, yaitu:

    Aspek alamiah Statis)a. Geografi

    b. Kependudukanc. Sumber kekayaan alam Aspek sosial Dinamis)

    Ideologi Politik

    Ekonomi Sosial budaya Ketahanan keamanan

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    10/15

    Aspek sosial Dinamis)A. Ideologi

    1. IDEOLOGI DUNIA Liberalisme(Individualisme)

    Komunisme(ClassTheory) PahamAgama

    2. IDEOLOGI PANCASILAKetahanan ideologi diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan ideologi bangsa Indonesia yang berisi

    keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan kekuatan nasional dalam menghadapi danmengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan yang dari luar/dalam, langsung/tidaklangsung dalam rangka menjamin kelangsungan kehidupan ideologi bangsa dan negara Indonesia.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    11/15

    B. PolitikPolitik di Indonesia: DalamNegeri

    kehidupan politik dan kenegaraan berdasarkan Pancasila dan UUD 45 yang mampu menyerap aspirasidan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam satu system yang unsur-unsurnya:

    a.StrukturPolitikb.ProsesPolitikc.BudayaPolitikd.KomunikasiPolitik

    LuarNegeriPolitik Luar Negeri Indonesia:1. Bebas =Indonesia tidak memihak pada kekuatan-kekuatan yang pada dasarnya tidak sesuai dengankepribadian bangsa.2. Aktif =Indonesia dalam percayuran internasional tidak bersifat reaktif dan tidak menjadi obyek,tetapi berperan atas dasar cita-citanya.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    12/15

    C. EkonomiUntuk mencapai tingkat ketahanan ekonomi perlu pertahanan terhadap berbagai hal yang

    menunjang, antara lain:

    1. Sistem ekonomi Indonesia harus mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata.2. Ekonomi Kerakyatan, Menghindari:

    a. Sistem free fight liberalism: Menguntungkan pelaku ekonomi yang kuat.b. Sistem Etastisme: Mematikan potensi unit-unit ekonomi diluar sektor negara.c. Monopoli: Merugikan masyarakat dan bertentangan dengan cita-cita keadilan sosial.

    3. Struktur ekonomi dimantapkan secara seimbang antara sektor pertanian, perindustrian dan jasa.4. Pembangunan ekonomi dilaksanakan sebagai usaha bersama dibawah pengawasan anggota masyarakat

    memotivasi dan mendorong peran serta masyarakat secara aktif.5. Pemerataan pembangunan.6. Kemampuan bersaing.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    13/15

    D. Sosial-BudayaWujud ketahanan sosial budaya tercermin dalam kondisi

    kehidupan sosial budaya bangsa yang dijiwai kepribadian nasional,yang mengandung kemampuan membentuk dan mengembangkan

    kehidupan sosial budaya manusia dan masyarakat Indonesia yangberiman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, bersatu,cinta tanah air, berkualitas, maju dan sejahtera dalam kehidupanyang serba selaras, serasi dan seimbang serta kemampuanmenangkal penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengankebudayaan nasional.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    14/15

    E. HANKAM Pertahanan dan Keamanan)Ketahanan pada Aspek Pertahanan Keamanan1. Mewujudkan kesiapsiagaan dan upaya bela negara melalui penyelenggaraan SISKAMNAS.2. Indonesia adalah bangsa cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan dan kedaulatan.3. Pembangunan pertahanan keamanan ditujukan untuk menjamin perdamaian dan stabilitas keamanan.4. Potensi nasional dan hasil-hasil pembangunan harus dilindungi.

    5. Mampu membuat perlengkapan dan peralatan pertahanan keamanan.6. Pembangunan dan penggunaan kekuatan pertahanan keamanan diselenggarakan oleh manusia-manusia

    yang berbudi luhur, arif, bijaksana, menghormati HAM, menghayati nilai perang dan damai.7. TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang berpedoman pada Sapta Marga.8. Polri sebagai kekuatan inti KAMTIBMAS berpedoman pada Tri Brata dan Catur Prasetya.

  • 8/14/2019 PPT KETAHANAN NASIONAL A6.ppt

    15/15

    Kesimpulan

    Negara Indonesia adalah negara yang solid terdiri dariberbagai suku dan bangsa, terdiri dari banyak pulau-pulau danlautan yang luas. Jika kita sebagai warga negara ingin

    mempertahankan daerah kita dari ganguan bangsa/negara lain,maka kita harus memperkuat ketahanan nasional kita. Ketahanannasional adalah cara paling ampuh, karena mencakup banyaklandasan seperti : Pancasila sebagai landasan ideal, UUD 1945

    sebagai landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara seba