PPT Hepatoma

download PPT Hepatoma

If you can't read please download the document

  • date post

    18-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    39
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Referat KATARAK.pptUwi Dwi Chandra Mulyani

Transcript of PPT Hepatoma

Slide 1

Oleh : Grathia NanlohyPembimbing : dr. H. Nikijuluw, Sp.B-KBDHepatoseluller CarcinomaPendahuluanAnatomiHati adalah organ parenkim terbesar dalam tubuh dan sekitar 4% sampai 5% dari total berat badan.

FisiologiHati memiliki beberapa fungsi yang kompleks, termasuk sintesis glikogen, protein, empedu, dan kolesterol; ruang dan transformasi produk limbah dan racun; dan penyimpanan glikogen, vitamin yang larut dalam lemak, dan mineral. Hati menerima suplai darah, dengan 75 % dari aliran vena portal dan 25% dari arteri hepatikDisfungsi hati dapat memiliki efek untuk koagulasi dengan penurunan produksi protein koagulasi, atau dlm kasus ikterus obstruktif.PembahasanDefinisiHepatoseluler Karsinoma (HCC) adalah salah satu jenis keganasan hati primer yang paling sering ditemukan dan banyak menyebabkan kematian.

Epidemiologi Salah satu keganasan yang paling umum di seluruh dunia.Distribusi geografis HCC jelas terkait dengan kejadian infeksi hepatitis B virus (HBV). Laki-laki > perempuan EtiologiInfeksi virus hati, penggunaan alkohol, merokok, penyakit metabolik genetik, sirosis, afloxtoxin, bahan kimia termasuk nitrit, hidrokarbon, vinil klorida,75% -80% kasus HCC terkait dengan infeksi HBV (50% -55%) atau HCV (25% -30%).

PatofisiologiFaktor penyebab HCC ada infeksi kronis HBV.HCC tipe Hanging yang dapat tumbuh ke ukuran besar tanpa melibatkan banyak jaringan hati yang normalTipe pushing HCC yang dibatasi dengan baik dan sering berisi kapsul fibrosa.Jenis infiltratif HCC menyerang struktur pembuluh darah bahkan pada ukuran kecilHCC dapat menghasilkan tumor berupa massa, multinodular.

Pada saat diagnosis, metastasis telah terjadi di lebih dari dua-pertiga pasien.Tempat yang paling umum terjadinya metastasis adalah node pada hilus hati dan celiacmetastasis dapat juga terjadi di paru-paru.

Gambar 1. Hepatoma. (A) Yang besar, sebagian dikemas, hepatoma multinodular dengan bidang perdarahan yang melibatkan banyak lobus kanan (B). Mikroskopis, sel-sel tumor tersebut diatur dalam suatu pola trabecullar dengan gambaran yang luas, kadang-kadang memberikan kesan pulau terapung. (Courtesy of Linda D. Ferrell, MD.)2

Manifestasi KlinisUsia 50-60 tahun yang mengeluh nyeri perut kanan bawah dan penurunan berat badan dan teraba massa. Pada stadium lanjut sering dengan nyeri perut kuadran kanan yang samar-samar yang kadang-kadang menjalar ke bahu kanan.

Gejala nonspesifik keganasan seperti anoreksia, mual, lesu, dan penurunan berat badan yang umum.Klinis lain yang jarang terjadi yaitu dapat pecah dengan tiba-tiba dan menimbulkan sakit perut diikuti oleh syok hipovolemik serta perdarahan intraperitoneal.Kurang dari 1% kasus HCC hadir paling sering hiperkalsemia, hipoglikemia, dan erythrocytosis. Diagnosis

PenatalaksanaanReseksiKriteria reseksi adalah: Tumor dengan margin 1 cm pada hati normal dapat dilakukan dengan eksisi lokal, lobektomi, atau trisegmentectomy. Parenkim Residual dilakukan pasa fungsi hati yang masih baik. Dengan demikian, jika hati residual sirosis, hati cadangan mungkin tidak memadai. Terdapat Hati dan vena Portal invasi.Terdapat Ekstrahepatik ekstensi dan metastasis jauh

Jenis Reseksi dapat berupa Wedge Reseksi, Segmentectomy, lobektomi, dan trisegmentectomy

Wedge Reseksi

Segmentectomi

Lobectomi

Trisegtomi

Teknik reksesi hati. Beberapa langkah-langkah dalam melakukan reseksi hatiInsisi

Gambar . Insisi untuk reseksi hati. A. chevron insisi sering digunakan. Jika perlu, insisi dapat diperpanjang sampai ke dada, seperti sternotomi median atau torakotomi lateral kanan.

Mobilisasi

Gambar. Mobilisasi hati. Sejauh mana hati harus dimobilisasi tergantung pada jenis reseksi yang akan dilakukan. (A-C) Trisegmentectomy membutuhkan mobilisasi seluruh bagian hati, yang melibatkan pembagian ligamen segitiga dan koroner, ligamentum teres dan falsiforme. (D) hati tersebut kemudian diputar ke kiri dan bagian posterior yang dibedah untuk mengekspos vena cava inferior dan vena hepatika (Sumber: Blumgart LH, ed. Bedah Hati dan saluran bilier. 3rd ed. London: W.B. Saunders Company Ltd .; 2000)3

Portal diseksi

Gambar 10. Diseksi Portal. (A) arteri hepatik, vena portal dan saluran empedu yang dibedah dalam ligamen hepatoduodenal. (B) Pemotongan dilakukan pada parenkim hati sehingga kanan dan kiri divisi struktur ini dapat diidentifikasi.

USG intraoperatifParenkim diseksi

Gambar 11. Parenchymal dan diseksi vena hati. (A) Struktur vaskular pada porta hepatis dijepit dan kapsula hati diinsisi dengan scalpel atau elektrokauter sepanjang bidang yang akan dibedah. Bidang yang akan bedah dilakukan diseksi tumpul menggunakan pegangan scalpel atau dengan teknik fraktur jari. Bidang dan struktur duktus empedu dijepit dan diikat (B). Pada akhir divisi parenkim hati, kanan, tengah, dan kiri vena hepatik dapat diisolasi dan tepat pada pembuluh darah vena akan di klem dan (C) proksimal ditutup dengan jahitan kontinu.

Divisi vena hepatikaDrainaseHepatectomy dan Transplantasi Hati Transplantasi hati lesi kurang dari 5 cm, tiga atau lebih sedikit lesi, dan dengan sirosis terkait. Terapi non bedahPercutaneous ethanol injection (PEI)ChemoembolismKemoterapi sistemikKemoterapi intra-arterial (transcatheter arterial chemotherapy)RadiasiTamofixen Injeksi asam asetat perkutaneus

PrognosisPada umumnya prognosis karsinoma hati adalah jelek.Dengan pengobatan, hidup penderita dapat diperpanjang sekitar 11- 12 bulan.

Penutup Kesimpulan : Hepatocelluler Carcinoma (HCC) adalah penyakit yang sulit diobati dan disembuhkan.Upaya pengobatan, baik secara bedah maupun non-bedah, telah banyak diteliti, namun hasilnya masih tidak memuaskan.

Terima Kasih