PPT Fenomena Astronomi Bumi, Bulan, dan Matahari

download PPT Fenomena Astronomi Bumi, Bulan, dan Matahari

of 19

  • date post

    24-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    193
  • download

    41

Embed Size (px)

description

Disusun untuk memenuhi tugas Astronomi dosen pengampu Muhammad Taufiq, M.Pd.semoga bermanfaat :)

Transcript of PPT Fenomena Astronomi Bumi, Bulan, dan Matahari

Fenomena astronomi bumi, bulan, matahari

Fenomena astronomi bumi, bulan, matahariMARETHA FITRIA4001412019PENDIDIKAN IPA 2012FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

1. gerhana bulanGerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Gerhana disebabkan oleh bayangan bumi atau bayangan bulan. Kedua benda angkasa ini merupakan suatu benda yang gelap, artinya tidak memancarkan cahaya sendiri. apabila ia disinari oleh matahari, ia membentangkan bayangan di dalam angkasa menjauhi matahari.Bayangan yang ditimbulkan oleh bumi dan bulan terdiri dari beberapa bagian.

Daerah dengan Bayangan penuh disebut UMBRA. Karena bumi dan bulan bentuknya lebih kecil dari matahari, maka umbra dari setiap bayangan berbentuk kerucut. Tidak ada cahaya yang datang dari matahari secara langsung ke dalam umbra.Di sekeliling bayangan yang terbentuk kerucut terdapat bagian bayangan sebagian, yaitu PENUMBRA. Setiap titik pada penumbra menerima cahaya dari sebagian matahari.Panjang bayangan yang terbentuk tergantung dari diameter bumi, bulan, dan matahari. Juga jaraknya.Panjang rata2 umbra bumi 1373000 km dan umbra bulan 371000 km.

Jenis-jenis Gerhana Bulan

Gerhana bulan totalbulan akan tepat berada pada daerah umbra.Gerhana bulan sebagiantidak seluruh bagian bulan terhalangi dari Matahari oleh bumi. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan bulan.Gerhana bulan penumbraPada gerhana ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Fenomena Terkait Gerhana Bulan Pasang surut air laut saat terjadi gerhana bulan, posisi Bulan-bumi-matahari sejajar maka akan ada titik dimana gravitasi bumi, bulan dan matahari sejajar, kekuatan gravitasi dari ketiga benda langit tersebut berbeda tergantung jarak ketika ketiganya berjajar. Pengaruh dari gaya gravitasi bulan-bumi-matahari inilah yang ikut mempengaruhi naik dan surutnya air laut.2. Gerhana matahariterjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 km dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 km.

3. Gerhana Cincin

Jenis-jenis gerhana matahariGerhana Mataharidapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu:Gerhana matahari total

2. Gerhana Matahari Sebagian

3. AURORAAurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis, yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah Matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April.Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.4. sUPERMOONSupermoon (Lunar Perigee) merupakan fenomena bulan penuh yang kelihatan lebih besar dan terang. Bulan akan dilihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih cerah daripada biasanya.Istilah supermoon pertama kali dikemukakan oleh ahli astronomi, Richard Nolle pada tahun 1979.Supermoon hanya terjadi sekali dalam setahun

Supermoon menyebabkan kedudukan bulan menjadi lebih dekat dengan bumi. Bulan sebenarnya berputar dalam paksinya yang berbentuk bujur , bukan bulat. Ada masanya bulan akan berada dekat dengan bumi.

TERIMA KASIH